Sunday, April 30, 2017

Naskah Drama: Uang Rara & Mimpi Yang Istimewa

Berkarya merupakan ciri insan yang kreatif dan produktif. Ketika berkarya tersebut mampu mengasah bakat dan potensi maka hal ini menjadi keunggulan dan kelebihan tersendiri. Begitupun seorang siswa yang mampu meningkatkan kemampuan akademik dan non akademiknya, juga termasuk wujud dari kemampuannya dalam mengoptimalkan yang Allah anugerahkan padanya berupa otak (akal), hati (rasa & jiwa) serta kelengkapan fisik jasmani. Murid saya kelas VIII MTs Hasbullah Karanganyar beberapa waktu yang lalu yakni sekitar awal bulan April, mereka mencoba menyusun naskah drama hasil orisinalitas ide mereka dengan tambahan referensi sumber lain yang mereka peroleh. Nah, drama ini akan dipentaskan disaat pelepasan kelas akhir tanggal 11 Mei 2017 sebagai wujud persembahan dan kenangan buat kakak tingkat. Sebetulnya dalam proses latihannya mengalami sedikit masalah hingga akhirnya pemain pun diperbantukan dari kakak-kakak OSIS MA Hasbullah. Berikut naskah dramanya;
Judul Drama:
“Uang Rara & Mimpi Yang Istimewa”
Durasi: dimainkan sekitar 60 menit
Genre: Fiksi & Action, Misteri
Tokoh:
Rara (pendiam)
Bu Dhyta (ibunya rara/ cerewet)
Pak rendy (Bijak)
Samy (Ketua Kelas/tegas)
Dio (anak nakal/pemarah)
Sena (anak pintar & cerdas)
Desi (cantik)
Rena (anak nakal/galak)
ADEGAN 1
Narrator: Di dalam kelas hari sabtu tanggal 7 Mei 2017 jam 10.00 ketika istirahat pertama, tinggalah 2 orang siswa di dalam yaitu Samy dan Dio. Mereka sedang berdebat tentang masalah uang yang hilang dikelas.
Samy: Hei kau Dio, dari sekian banyak siswa di kelas ini kamulah yang menjadi tersangkanya atas hilangnya uang milik Rara.
Dito: (memegang kerah baju Samy sambil mendorong ke tembok) Apa-apaan kamu main tuduh! Loe jangan belagu ya, mentang-mentang jadi ketua kelas, loe sok otoriter. Emang loe punya bukti apa nuduh gue?
Samy: (terdiam sambil berusaha melepaskan cengkraman tangan Dio) Udah ah, saya tidak mau berurusan dengan anak nakal sepertimu. Saya akan laporkan ke pak guru.
Dio: (langsung menampar pipi Samy dan mendorong tubuhnya hingga terjungkal kebelakang) Prraak!! Nih pelajaran dari gue.. (bergegas pergi meninggalkan kelas)
Narrator: Suara keributan itu terdengar hingga keluar ruangan, Desi dan Rara pun langsung menuju ke ruang kelas.
Desi: Kamu kenapa Samy, pasti berantem sama Dio ya?
Samy: Ah gak apa-apa kok cuma masalah kecil.
Rara: Hmm.. Pasti terkait dengan uang ku yang hilang ya? Tidak usah dibikin rebut, gak apa-apa kok, saya sudah ikhlas uangnya hilang .
Desi: Wah bibirmu berdarah, oppa Samy. Sebentar saya ambilkan obat merah dan kapas di UKS.
Samy: Jangan, tidak usah (mencegah desi sambil memegang tangannya)
Narrator: Dipintu kelas Rena telah sejak lama berdiri mengawasi mereka bertiga.
Rena: Ehmmm.. ehh tidak boleh pegang-pegang tangan ya, bukan muhrim tauu!! (sedikit cemburu pada desi)
Narrator: Kemudian Desi dan Rara langsung menyingkir begitu tau Rena dating.
Rena: Nih saya bawain tisu buat kamu, lap bibirmu! Jadi cowok kok lembek sekali sih. (sambil menyerahkan tisu kepada samy)
Samy: Thanks ya. (dengan tersipu malu)
Narrator: Tak lama kemudian bel masuk pelajaran berbunyi, siswa yang lain pun berdatangan kedalam kelas kecuali Dio. Proses pembelajaran pada hari dimulai sebagaimana biasanya hingga jadwal jam terakhir.
ADEGAN 2
Narrator: Dirumah Rara ketika keesokan harinya yaitu hari Ahad tanggal 8 Mei 2017, terlihat Rara hendak berangkat sekolah, ibunya yang bernama Bu Dhyta bertanya padanya tentang uang untuk iuran karyawisata madrasah.
Bu Dhyta: Nduk, kemarin ibu memberimu uang Rp 500.000 untuk kegiatan karyawisata madrasah. Nah, sudah disetorkan belum?
Rara: (bingung bercampur gemetar) Emm anuu... bu, belum distorkan. Rencananya hari ini saya setorkan ke Pak Rendy.
Bu Dhyta: Ya udah, gak apa-apa, hati-hati di jalan ya. Ini uang saku hari ini (menyerahkan uang saku sambil menepuk pundak Rara dan mengusap kepalanya)
Rara: Nggih, bu. (sambil mencium tangan ibunya)
Narrator: Sesampainya dikelas, Rara masih memikirkan bagaimana caranya menemukan uang yang hilang tersebut.
Rara: Duh gimana ya?? Kalau ibu ngecek ke madrasah dan tahu kalo uangnya hilang maka akan menjadi masalah yang rumit nanti. Sedangkan saya tidak ingin menuduh teman sekelas saya.
Narrator: Tidak lama kemudian, datanglah Samy dan Dio berjalan berdampingan di ikuti di belakangnya Rena.
Rena: Nah.. gitu dong akurr, eh ngomong-ngomong kalian kemaren berantem karena masalah apa ya??
Samy: Enggak kok, cuma salah paham, ya kan Dio...??
Dio: Iya. Saya juga udah minta maaf, karena kemaren memukul bibirnya hingga berdarah. Tuh gara-gara dia. (sambil menunjuk Rara)
Rara:  (tertunduk ketakutan, diam membisu)
Rena: Oh, gara-gara anak mami ini ya… kalian juga tolol masak memperebutkan gadis seperti Rara (sambil membuli Rara dengan menjitak kepalanya)
Dio: Hei, Rara. Hari ini gue lupa gak bawa uang, pinjem dong!
Rara: Iya. Ini uang buat kamu. (gemeteran)
Samy: Sudahlah teman-teman, jangan terlalu kasar kepadanya. Lebih baik kita mengerjakan PR Matematika dari Pak Rendy, kalian belum mengerjakannya kan?? Tuh si anak pintar datang kesini. (sambil menunjuk Sena)
Sena: Hai semua, kalian nungguin saya ya??? Tenang saja PR-nya sudah komplit dikerjakan semua nomer. Asal kembalikan ya buku saya.
Dio: Eits, gue duluan, kamu Samy dan Rena nanti aja nulisnya, atau kalian pinjem milik Rara tuh..
Sena: Kalian tadi malam sudah belajar belum??? Ga lupa kan kalau hari ini ulangan Matematika dari Pak Rendy?
Rena: Tenang aja, meskipun saya gak belajar, saya punya yang bisa diandalkan buat di contek, perkenalkan nih si Rara.
ADEGAN 3
Narrator: Di hari yang sama Ahad 8 Mei 2017, bersamaan dengan bel masuk berbunyi datanglah Pak rendy dengan penuh wibawa.
Pak Rendy:  Assalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak-anak. Bersiaplah hari ini ulangan matematika!
Sena: Siap! Saya Sena sudah belajar, karena saya anak pintar.
Pak Rendy: Sena, tolong bagikan soal pada temanmu.
Sena: Siap! Saya bantu anda pak.
Narrator: 15 menit berlalu,  Pak Rendy memberi kode bahwa waktu ulangan selesai.
Pak Rendy: Waktu habis, kumpulkan!
Sena: Siap! 5 nomer sudah selesai semua. Karena Sena anak pintar.
Pak Rendy: Coba, saya lihat pekerjaanmu Sena. Kamu yang paling pintar dan biasanya mendapat nilai 100.
Pak Rendy: Saya akan baca pekerjaan milikmu, Sena.
  1. 1x1 = 2
  2. 2x2 = 4
  3. 4x4 = 16
  4. 5x5 = 25
  5. 25 x 25 = 625
Rena: Sena sombong tapi bloon. Aku saja tahu kalo 1x1 itu jawabannya 1. Hahahahaha (sambil mendorong bahu Sena)
Pak Rendy: Hush, diam semua. Yang lain tolong kumpulkan juga. Kalian semua dengarkan nasehat bapak ya. Lihatlah Sena, si anak pintar. Sena hanya salah 1 nomer yakni di nomer 1 dan kalian menertawakannya, padahal nomer 2-5 dia betul. Begitulah nantinya hidup di masyarakat. Orang lain hanya melihat kesalahan kita saja. Sebaliknya melupakan hal benar yang kita lakukan meskipun jumlahnya lebih banyak. Maka dari itu buatlah diri kalian orang yang selalu belajar dari kesalahan. Sena itu murid pintar dan rajin belajar namun tidak menutup kemungkinan dia melakukan kesalahan. Apalagi kalian yang sering salah dan jarang benar. Jadi jika kalian ingin dihargai orang lain, maka belajarlah dari kesalahan dan terus gigih berusaha.
Narrator: Setelah mendengar nasehat dari Pak Rendy, semua siswa hanya terdiam termasuk Sena yang hasil pekerjaannya saat itu dijadikan topik pembahasan.
ADEGAN 4
Narrator: Hari berikutnya yakni Senin tanggal 9 Mei 2017, terlihat sebuah keributan didepan kantor, Bu Dhyta datang ke madrasah.
Bu Dhyta: Pokoknya saya tidak mau tau!! Uang Rara yang hilang itu sangat banyak. Pak guru harus mengusut dan mencari pelakunya.
Pak Rendy: Sabar Bu..
Bu Dhyta: Saya sudah bersabar 3 hari kok.  Kalo hari ini, pelakunya tidak ketemu maka uang 500 rb tersebut saya anggap sudah disetorkan madrasah.
Pak Rendy: Baiklah, tapi ibu bisa ikut saya ke ruang kelas enggak?
Bu Dhyta: Tidak mau, karena saya sudah bukan murid madrasah lagi pak.
Pak Rendy: Ya, saya sudah tau bu.
Bu Dhyta: Makanya saya sudah tau, jadi saya tidak mau ke kelas.Ditambah lagi, saya juga tidak membawa buku dan bolpen.
Pak Rendy: Ya udah bu, bawakan buku saya saja.
Bu Dhyta: Nah kalo kayak gitu, sekarang saya mau pak.
Narrator: Akhirnya pak rendy dan Bu Dhyta masuk ke kelas VIII. Di kelas VIII hanya terlihat Rara duduk seorang diri.
Rara: Oh mama, kenapa datang ke kelasku.
Bu Dhyta: Ini pak guru mu lho, yang mengajak mama kesini.
Rara: Benarkah Pak Rendy??
Pak Rendy: Iya, betul Rara apa yang diucapkan mama kamu itu.
Bu Dhyta: Sebetulnya mama sudah menolak tapi pak gurumu memaksa mama untuk membawakan bukunya 
Rara: Tapi kan saya malu ma, pasti nanti teman2 ku mencemooh dan mengejekku.
Bu Dhyta: Tidak usah takut, kalo mereka mengejekmu mama akan tuntut mereka .
Narrator: Ditengah-tengah percakapan Pak Rendy, Bu Dhyta dan Rara datanglah murid2 yang lain.
Dio: Wah ada murid baru nih, tapi kok udah tua ya. Hahahaha!
Rara: Dia itu mama saya, Dio.
Dio: Ohh.. kirain ibu mertua ku, Desi sayang, aku lega dia bukan mamamu soalnya dia jelek sih. Hahahaha.
Desi: Ih apaan sih, aku kan udah ada yang punya. Iya kan, Oppa Samy?
Dio: Oh Desi, hatiku hancur.
Desi: Maaf ya bukan urusanku, maaf Pak Rendy kenapa mamanya Rara ada disini.
Narrator: Tiba2 suasana di dalam kelas menjadi hening, tak seorang pun yang berbicara hanya dlm pikiran mereka yang saling mencurigai satu sama lain.
Pak Rendy: Ini lo tentang uang Rara yang hilang.
Samy: Sebenarnya saya sudah menyelidiki kasus ini pak tapi saya berhentikan karena adanya salah paham antara aku dan Dio.
Pak Rendy: Salah paham gimana.
Samy: Saya terlanjur menuduh dio, padahal saya tdk memiliki bukti.
Pak Rendy: Mungkin memang benar Dio yang ngambil karena Dio anak yang paling nakal di kelas.
Dio: Eh Samy kemaren kan udah beres keapa diungkit lagi.
Pak Rendy: Semakin kamu mengelak kamu semakin dicurigai.
Dio: Aku bukan mengelak tapi membela diri.
Samy: Tapi rasanya orang yang membela diri itu merasa bersalah.
Dio: (mendekat dan mencekik Samy) Dasar kamu bermuka dua.
Samy: Tapi emang kamu kok.
Dio: (langsung menendang samy) Dasar ketua kelas egois.
Narrator: Akhirnya Samy dan dio terlibat perkelahiansengit, meskipun Pak Rendy dan Bu Dhyta di kelas tsb bahkan Pak Rendy tidak melerainya, hanya menonton saja.
ADEGAN 5
Narrator: Kembalinya dari sekolah Bu Dhyta masih penuh tanda tanya tentang hilangmya uang Rara.
Bu Dhyta: Rara kenapa tidak bilang ke Mama kalau uang nya hilang, sejak awal.
Rara: Takutnya rara menambah beban pikiran mama, lagian mama lagi kurang sehat (Bu Dhyta batuk)
tiba2 Bu Dhyta jatuh pingsan.
Rara: (mencoba mencari kotak P3K dirumahnya) Aduh aku harus bagaimana, kira2 obat apa ya (mengambil sesuatu dari kotak tersebut).
Narrator: Tiba2 terdengar suara handphone berbunyi dan ternyata Rara mendapat pesan singkat dari Pak Rendy.
Rara: Oh ada sms dari Pak Rendy (membaca pesan): Rara ini Pak Rendy mau tanya buku paket Matematika terbawa ibumu tidak? Waduh... (menuju kea rah mamanya untuk mencari buku Pak Rendy) Mama kan nggak bawa tas masak iya sih, bukunya terbawa. Telepon Pak Rendy aja (menelpon Pak Rendy dan terdengar suara: Maaf pulsa anda tidak mencukupi untuk melakukan panggilan ini).
Narrator: Begitu tahu tidak bisa melakukan panggilan tersebut maka Rara pun bertambah panik.
Pak Rendy: Asalamualaikum...
Rara: Kok ada suaranya Pak Rendy, oh ya waalaikumsalam (bergegas membuka pintu).
Pak Rendy: Ada tidak bukunya Rara? 
Rara: Maaf Pak, saya tidak tahu yang tau Mama saya.
Pak Rendy: Tanyakan ke Mama kamu dulu.
Rara: Iya Pak (masuk kedalam rumah dan kembali ke pintu).
Pak Rendy: Sudah ditanyakan Rara?
Rara: Saya lupa Pak.
Pak Rendy: Sana tanyakan lagi (menangis dan jongkook).
Rara: Aduh, saya lupa Pak.
Pak Rendy: (kaget, panik dan ketakutan) Kamu kenapa?
Narrator: Tangisan Rara bertambah kencang bahkan pertanyaan Pak Rendy tidak dihiraukanya.
Pak Rendy: Wah gawat (tengok kanan kiri dan meninggalkan rumah Rara)
Rara: Pak Rendy, Mama tidak bisa menjawab pertanyaan itu.
Narrator: Rara berhenti menangis dan mencari pak randy rarapun sibuk ,mencari Pak Rendy ia bergegas memakai sepatu dan bersiap2 mencari Pak Rendy, Rara hendak berdiri dan rupanya Desi, Rena Dan Sena datang ke rumahnya.
Rara: Oh maaf Pak Rendy sudah pergi.
Desi: (kebingungan) Pak Rendy.
Rara: Iya kalian mencari pak Rendy kan? Aku juga sedang mencarinya.
Rena: (menjitak Rara) Dasar bloon! Gue, Desi dan Sena mau minta maaf, Sena kamu aja yang ngomong.
Rara: Iya aku maafkan, tapi kalian salah apa ya?
Sena: Gini rara sebetulnya ini idenya desi yang ngambil uang kamu itu aku, tapi aku hanya ikut intruksinya Desi (menunjuk Desi)
Desi: Maaf ya, soalnya aku diancam Rena (menunjuk Rena) 
Rara: Oh iya tidak apa2.
Desi: (celingukan dan bingung, terus mengambil uang 500rb milik Rara yang disimpan di tasnya) Kami nggak liat Pak Rendy. Ini uangnya masih utuh.
Rara: (masih tengok kanan kiri mencari Pak Rendy) 
Narrator: Ketika rara masih mencari-cari Pak Rendy tengok kanan kiri, Desi menyerahkan uang milik Rara sejumlah 500 ribu.
Desi: Emmm…. Kami minta maaf Rara, ini uangnya.
Rena: Nih anak lambat banget sih!! Gue mau cabut dulu ! (mengambil uang dari Desi, kemudian menyerahkannya kepada Rara)
Desi: Rena, kamu kok ambil uangnya Rara?
Rena: Diem aja lo! Lagian berkat gue, uang ini kembali! Anggap aja, ini uang balas jasa.
Desi: (bingung) Balas jasa dari mana?!
Rena: Dengerin ya lo semua. Rara nggak jadi kehilangan uangnya berkat gue ngajak kamu kesini! Emang sih, gue ngancam Desi agar ngambil uang milik Rara. Berhubung Desi nggak punya nyali, dia minta bantuan Sena. Sebetulnya nggak ada kaitanya sama kamu, rara. Hanya saja, gue benci sama Desi karena dia ngejar2 gebetan gue. Ya udah, gue bosen disini. Gue cabut dulu ya.
Narrator: Rena pergi begitu saja sambil membawa uang 100rb milik Rara.
Rara: (menghitung uang) Kok cuma 400rb ya? Bukannya 500rb!?
Sena:  Aduh... tadikan Desi udah bilang kalo Rena ngutil uang 100rb milik kamu. Saya kasihan sama kamu (memegang bahu Rara)
Desi: Eh Sena!! Jangan pegang2 bukan muhrim tau, yuk kita pulang aja!
Sena: Pulang saja dulu! Masih ada yang mau aku omongkan ke Rara.
Desi: Ok, baik lah. Kalian berdua yang akur ya.
Sena: Don't worry be happy!
Narrator: Desi pun pergi, maka sekarang tinggallah mereka berdua, yakni Rara dan Sena. Mereka melangkah masuk ke dalam rumah Rara. Dan tiba-tiba berteriak.
Sena & Rara: Aaaaaaaaaaaaaa!!!!! (bersamaan dilanjutkan menangis)
Narrator: Tangisan Rara & Sena semakin lama semakin keras. Hingga mereka kelelahan dan akhirnya berhenti.
Sena: Rara, udah berhenti menangisnya!
Rara: Lha kenapa?
Sena: capek tau! Kamu gimana, merasa capek nggak??
Rara: Iya, saya berhenti menangis aja deh.
Narrator: Keheningan pun meliputi rumah Rara.
ADEGAN 6
Narrator: Akhirnya Rara dan Sena memutuskan untuk berhenti menangis dan mencari ide untuk membuat Bu Dhyta sadarkan diri dari pingsan.
Rara: Sena, aku lupa kalo mama itu sedang pingsan.
Sena: Iya sih, kamu gak bilang sejak awal.
Rara: Maaf, terus gimana dong solusinya?
Sena: Kita cari benda apa ya, buat bangunin mama kamu?
Rara: (sambil mencari sesuatu yang dapat membangunkan mamanya) Apa yaa?
Sena: (melihat kanan-kiri, atas-bawah) ahaaa, I have a god idea. Kita pake kaos kakiku aja udah sebulan belom di cuci lhoo
Rara: iya juga sih, tapi manjur apa engga?
Sena: pasti bisa kok, tenang aja aku kan anak pintar ( mencopot kaos kaki yang dipakainya)
Rara: (sambil memegang kaos kaki milik sena) Ayoo kita taruh di hidung mama..
Narrator: Setelah Rara melakukan perbuatan yang kurang sopan itu ternyata mamanya juga belum siuman mereka berdua bertambah panik.
Sena: Sebentar Rara, saya pegang denyut nadinya dileher, wah bahaya tidak ada denyut nadinya.
Rara: (hanya menangis)
Narrator: Rara tertunduk sangat sedih, menagis tersedu-sedu, ternyata ibu Rara memiliki penyakit jantung, dan telah meninggal, suasana menjadi sedih.
Sena: Rara ibumu sudah meninggal, ikhlaskan saja
Rara: (tetap menangis)
Narrator: Rara tetap menagis hingga tidak lama kemudian rombongan Pak Rendy, Desy, Samy, Dio dan Rena datang, mereka ikut berbela sungkawa atas meninggalnya Bu Dhyta.
Pak Rendy:  Rara tadi saya mendengar percakapan kalian berdua sebelum masuk kesini
Desi: Iya benar, yang dikatakan pak rendy, kami ikut sedih, yang tabah ya Rara (sambil mendekap tubuh Rara)
Narrator: Desi memeluk Rara, suasana duka menyelimuti rumah Rara.
Rara: (sambil memejamkan mata) Mama..jangan tinggalkan Rara
Bu Dhyta: Rara bangun… Rara bangun..
Rara: (perlahan membuka mata) Mama.... (langsung memeluk ibunya)
Bu Dhyta: Kamu kenapa menangis? Pasti mimpi buruk yaa?
Narrator: Bu Dhyta mencoba membangunkan dan menyadarkan Rara yang sedang mengigau dari tidurnya. Di sisi lain Rara terlihat bingung. Dia masih belum benar-benar sadar antara mimpi dan alam nyata.
Rara: Maafkan Rara ma, rara senang mama hidup kembali
Bu Dhyta:  Kapan mama meninggal??
Rara: (terdiam masih bingung) Maafkan rara mah sudah menghilangkan uang 500 ribu.
Bu Dhyta: Rara… kamu jangan ngaco ibu tidak pernah ngasihkan kamu uang 500 ribu. Ayo buruan mandi sudah jam 06.00 berangkat sekolah, inikan hari sabtu tgl 7 mei 2017. Katanya hari ini setelah solat duha ada kegiatan ziaroh makam bersama.

Narrator: Rara kaget namun bercampur bahagia karena kejadian sedih yang dialaminya hanyalah sebuah mimpi.



Related Posts:

Wednesday, April 19, 2017

Cuaca, Udara Tercemar dan Penyakit Kulit (Contoh Teks Report)

Sepakat gak kalo saat ini cuacanya ekstrim, bro? Ekstrim gimana sih? Pas cuaca panas bikin keringat mengalir deras, ketika hujan bisa semaleman turun bercampur petir menggelegar. Pergantian cuaca cukup tak menentu, di bulan April aja hujan dan panas silih berganti. Ketika siang nih, udaranya terasa kering banget, sedangkan malemnya dingin hampir-hampir menusuk tulang. Pengalaman saya berkendaraan menuju tempat kerja sungguh perjuangan luar biasa. Saya bertugas mengawasi ujian nasional dari tanggal 10 hingga 13 April di madrasah kawasan Wiradesa. Nah, biasanya di MA Hasbullah itu lumayan dekat dengan rumah hanya 30 menit dengan motor, ketika ke tempat ngawasi ujian nasional menjadi lebih jauh yakni bertambah 30 menit perjalanannya, total hampir 1 jam. Perjalanan cukup asyik. Asyiknya karena dapat angin segar. Perjalanan sekitar 30 menit dari Hasbullah itu menuju arah utara melewati Wonopringgo, Bojong dan sampailah di Wiradesa. Berhubung lewat jalan yang terdapat proyek tol maka harus ekstra hati-hati soalnya kalo hujan licin banget, pas panas jalanan menjadi berdebu. Akhirnya merasakan dampak keekstriman cuaca. Tidak berhenti disitu, brother & sister, saya pikir di kota-kota besar di Indonesia juga tingkat polusi udara sudah diatas ambang normal.
Berikut akibat polusi dan zat pollutant yang dapat membuat iritasi kulit misalnya saja kandungan merkuri ketika terjadi hujan asam, debu dengan partikel lainnya dan tentunya kuman serta bakteri. Biasanya kulit gatal-gatal kemerahan, bintik-bintik merah seperti di gigit nyamuk namun bila digaruk perih dan berair. Nah beberapa hal tersebut merupakan sedikit dampak dari semakin buruknya kualitas udara dan tentunya lingkungan kita. Jika semakin hari polusi semakin meningkat maka manusialah yang terkena imbas negatif yang paling parah hingga bahaya kematian. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris tentang gangguan kulit atau penyakit kulit (Skin disease) termasuk kedalam jenis teks report. Berikut contoh teks berkaitan dengan kulit: (diambil dari gabungan beberapa sumber)
Skin Disease Report
Many skin diseases in the population aged 65 years old and older are related to lifelong cumulative sun exposure (eg, actinic damage and skin cancer), and increasing susceptibility to bacterial, viral, and fungal diseases. By 2030, the US population aged 65 years and older is estimated to grow by 30 million individuals, and to steadily increase through 2050, with a projected total population aged 65 years and older of 85 million. Growth in national health expenditures is projected to double between 2013 and 2020. With the physician workforce projected to remain relatively flat, the specific ratio of dermatologists to population will decrease over time, especially in rural areas. These projections indicate a current and future challenge to ensure patient access to appropriate dermatologic care.
The cost for individual skin diseases varied widely, partially because of differences in prevalence, but also because of the cost of medical and surgical treatment options. Distributed across the entire US population, the total 2013 health care cost of skin disease was approximately $240 per capita. Other diseases, such as cardiovascular disease, diabetes, and end-stage renal disease have significantly higher direct and per affected person costs than skin disease. However, the per capita costs for these 3 diseases are, similar to skin disease, less than $1000 (ie, $950 for cardiovascular disease, $785 for diabetes, and $147 for end-stage renal disease).
Although there are limitations on direct comparison of the previous AAD/SID BSD report and this current report, it reveals that from 2004 to 2013 there has been a roughly 1.7-fold increase in skin disease health care costs. Of note, many new and more effective drugs and treatment options for skin disease were introduced between 2004 and 2013, albeit at higher costs than older treatments. Examples include new topical medications for acne, biologics and excimer laser for psoriasis, checkpoint inhibitors for melanoma, and oral and systemic treatments for cutaneous lymphoma. Since 2013, costs of many widely used dermatologic medications have increased significantly, and better understanding of the pathophysiology of diseases has led to development of new medications. Therefore, the health care cost of skin disease at the time of writing this article most likely surpasses this 2013 estimation.This report estimates that the 2013 opportunity cost as a result of skin disease was nearly $11 billion. Similar to the prevalence and economic BSD, it is also likely that the opportunity cost may be underestimated, as these estimates are calculated using claims-based methods. Although it is well recognized that skin diseases can inflict an enormous toll on the physical and psychosocial well-being of patients and their families, there is currently a lack of adequate studies on quality-of-life measures to systematically estimate the costs on a population level across all skin diseases.
There are limitations to this study. The use of 2013 claims-based prevalence provides a snapshot in time of the actual health care landscape; however, it does underestimate the true prevalence of the disease, as it only accounted those who filed insurance claims in 2013. Furthermore, it limits direct comparisons with other reports that use differing assessments of prevalence and disease costs. The health care landscape has rapidly evolved since 2013; therefore, the true burden at the time of this writing is most likely higher.
In summary, this article presents an up-to-date US national BSD report that addresses 24 skin disease categories. Skin disease is a significant and serious public health consideration for the US population, costing at least $75 billion to treat in a single year. Although this study's approach likely underestimates overall burden, it ensures consistency in comparing prevalence, economic, and mortality data across the 24 skin disease categories. With the projected increase in the age group 65 years and older in the US population, combined with the increased costs of currently in-use and newly developed dermatologic treatment options, the economic BSD will continue to grow. The increased number of individuals older than 65 years, who have higher skin disease burden, needs to be addressed by an appropriate increase in dermatologic care providers.
=======================================
Choir (paduan suara) Jaziel and friends sing Close to U
=======================================
=========================
Pokemon Dance Jaziel and friends
=========================

Unduh lagu nasyid

Related Posts:

Wednesday, April 5, 2017

Film Chennai Express 2013, Kontroversi Shah Rukh Khan Lakukan Ritual (Unduh Gratis)

Kualitas Bluray 720p Matroska
Size: 949.6 Mb  [Unduh] [Sub Indo]
Kontroversi akting Shah Rukh Khan di film yang rilis tahun 2013 ini terkait masalah ritual peribadatan tradisi Hindu ketika pengantin pria dan wanitanya pergi ke kuil untuk sembahyang, karena ia sendiri seorang muslim. Terkadang seorang aktor yang sudah kondang mengalami dilema ketika ia berperan dalam tuntutan skenario yang kurang syar'i apalagi kaitannya dengan akidah. Apa boleh buat tuntutan peran tersebut akhirnya menciderai aspek akidah. Iman seseorang, bahkan artis sekalipun, memang tidak dilihat dari ukuran penilaian orang luar hanya karena aktingnya yang harus melakukan adegan yang kontra dengan kepercayaan yang dianutnya. Di lain pihak, penggemar, orang lain yang simpati, kritikus film, dsb melihat ia dari sudut pandangnya sendiri. Contoh dari sudut penggemar buta, maaf misal remaja yang ngefans berat sama shah rukh khan ia yang juga seorang muslim merasa tidak ada masalah melakukan ibadat agama lain karena yang ia llihat dalam film yang kebetulan aktornya muslim dan melakukan hal semacam itu.
Chennai Express ini berkisah akan seorang pemuda yang akan membawa abu kakeknya untuk di taburkan di sungai Gangga. Namun di tengah perjalanan menggunakan kereta bernama Chennai Express ia mengalami hambatan. Ia bertemu seorang gadis yang dikejar oleh para pamannya yang berjumlah 4 orang. Gadis tersebut memintanya berpura-pura menjadi pacar si gadis. Hal ini dikarenakan gadis tersebut akan dijodohkan dengan pemuda pilihan ayahnya. Proses yang rumit terjadi ketika Shah Rukh Khan (si pemuda tadi) berkunjung ke desa si gadis. Perbedaan bahasa yang digunakan menjadikan kendala sekaligus peluang untuk berbohong pada keluarga si gadis. Posisinya yang disandera dan dipaksa oleh si gadis menjadikan ia serba salah bertindak. Keputusan yang diambil adalah melarikan diri dari desa tersebut. Larinya calon pengantin dengan pemuda tadi menjadi polemik baru hingga klimaks dari film ini adalah ketika Shah Rukh Khan adu fisik dengan pemuda pilihan ayah sang gadis.
Kepiawaian seorang aktor dalam bermain peran dalam sebuah film terkadang memunculkan kekaguman tersendiri bagi penonton khususnya penggemar. Semacam ada keterlibatan emosi, para penggemar menjadi histeris dan hampir-hampir menjadi pengikut setianya. Inilah yang ditakutkan menjadi salah satu dampak buruk bagi kepribadian si penonton. Kenapa buruk? Alasan utamanya adalah mereka diidolakan dalam kehidupan nyata, padahal yang ia kagumi itu hanya sebatas akting film. Realitas kehidupan memiliki kesenjangan dengan kebanyakan film khususnya masalah akidah. Menjadi kabur/tidakjelas mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang seharusnya dijauhi. Kronis memang jika memperdebatkan dunia seni dan hiburan yang tidak syar'i dan kurang jelas arahnya kemana. Sehingga para pegiat film, hiburan, seni, harus juga diisi oleh mereka-mereka yang faham agama, taat norma, etika, bahkan penyebar nilai-nilai kebaikan bukan semata-mata menghibur pemirsa. Remaja yang menjadi bagian dari sekian juta penonton itu harus pinter memilah mana yang baik dan mana yang kurang etis. Sayangnya, remaja adalah fase fluktuatif, reaktif, pencarian jati diri, labil, cenderung pragmatis. Hal inilah yang kemudian generasi bangsa ini hancur dimulai pemudanya tidak memiliki sandaran yang jelas. Pemuda saat ini adalah pemimpin 10 tahun kedepan, jika sudah rusak secara moral dan tidak memiliki akidah yang kuat bagaimana ingin memiliki bangsa yang kuat di masa mendatang. Hiburan oke, ngaji juga oke, kokohkan pondasi akidah agar kuat. So, be smart moslem generation.


















Related Posts:

Wednesday, March 29, 2017

Hati Hati ada Penyakit di Hatimu

Sobat semua tahu dengki? Wah parah bro kalau kita terbiasa dengki. Dengki & iri itu saudara kandung, hehe.  Hasad (iri) awalnya adalah rasa marah yang tidak bisa kita kendalikan. Nah, karena dengki masih saudara kandung dengan iri, maka sifat dengki itu merupakan buah dari kemarahan. Ada sebuah sabda dari Rasulullah SAW:
”Jauhilah olehmu sekalian sifat dengki, karena dengki itu memakan kebaikan seperti api melalap kayu bakar.” (HR. Abu Dawud, no. 4257)
Terkadang manusia itu menuruti jalannya prasangka, bener gak bro? Dimanapun ada ruang prasangka maka bisa menabung kebencian. Kalo menabung duit ato deposito sih menguntungkan, lah ini menabung kedengkian lama-lama benih dendam bisa tumbuh subur dalam hati. Yang namanya penyakit hati itu sangat membahayakan, taunya amal kebaikan kita masih banyak, eh ternyata sudah dimakan sama sifat dengki tersebut. Sama halnya sebuah nasehat yang menyatakan bahwa hampir saja kefakiran (kemiskinan) menjadikan kekufuran pada diri seseorang. Dan hasad (iri) itu mengalahkan takdir. Ihh ngeri yah, so waspadalah kawan semua dengan penyakit hati yang satu ini. Pada zaman kehidupan sahabat dulu, adanya saling berperang disebabkan oleh penyakit hasad dan dengki. Mohonlah pertolongan agar diberi kenikmatan, hajatnya dikabulkan, dengan cara tersembunyi agar orang lain tidak tahu. Karena adanya kenikmatan maka ada (memunculkan) hasad (iri) yang berasal dari orang lain. Sesungguhnya nikmat-nikmat Allah swt pasti ada musuhnya.
Kasus kejahatan saat ini salah satunya bersumber pada sifat hasad dan adanya kedengkian diantara pelaku dan korban. Hal-hal yang berpotensi memunculkan hasad antara lain adanya kebanggaan diri yang berlebihan. Berbangga diri yang tidak pada tempatnya dengan jumlahnya yang over. Saat ini orang mudah tersinggung yang disebabkan oleh masalah sepele, nah orang yang berbangga diri itu cenderung sombong dan angkuh. Orang sombong dan angkuh menimbulkan kedengkian bagi banyak orang. Maka hindari berbangga diri yang berlebihan, sehingga meminimalisir rasa hasad dari orang lain yang disebabkan sikap kesombongan kita.
Saling berlomba harta juga faktor yang memunculkan hasad dan dengki. Pertengkaran memperebutkan harta bisa terjadi antara saudara kandung apalagi yang tidak ada ikatan kerabat. Wah rumit sekali masalah hati ini, ternyata ujungnya bisa menimbulkan kejahatan. Terdapat 6 perkara yang bahkan menjadi sebab seseorang itu dimasukkan ke neraka sebelum dihisab. Perkara tersebut yaitu: pejabat yang dzolim, orang sukses yang sombong, ulama yang hasad, pejabat yang bodoh, orang arab yang fanatik, dan pedagang yang khianat.
Tingkatan hasad pada diri seseorang paling tidak ada 3 tingkatan antara lain:
Pertama, senang ketika orang lain hilang kenikmatan atau senang orang lain terkena musibah.
Kedua, ingin berpindah kenikmatan pada dirinya.
Ketiga, selalu tidak senang terhadap keadaan dirinya saat ini.
Akibatnya adalah munculnya perilaku yang buruk. Hatinya menjadi keruh, membuka aib orang yang didengki, dan akhirnya berghibah menjadi aktivitas rutinnya. Masalah ini layaknya penyakit yang harus dicarikan obat ataupun resep obat penyembuhannya. Usaha untuk mengobati penyakit hasad dan dengki antara lain:
-Menyadari bahwa hasad dan dengki itu adalah penyakit.
-Berusaha menghindari pangkal hatinya (hati dibersihkan dengan tombo ati 5 perkara).
-Berteman dan menjalin persahabatan dengan orang-orang shalih.
-Berlapang dada.
-Memohon kepada Allah swt agar hatinya dijauhkan dari penyakit hasad dan dengki.
Daripada menyuburkan sifat iri dan dengki alangkah baiknya belajar menumbuhkan sifat-sifat baik. Banyak sifat baik yang bisa kita teladani dari Rasulullah SAW. Salah satu sifatnya yaitu suka menolong orang lain yang membutuhkan. Sifat yang dimanifestikan amal perbuatan ini memberikan banyak manfaat baik bagi dirinya maupun orang yang dibantu. Sebagai pribadi muslim yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain sudah pasti itu adalah prestasi yang membanggakan. Bahkan menyingkirkan duri di jalan adalah termasuk berbuat kebaikan. Dibalik itu semua, bagi pelaku memiliki dampak tersendiri yaitu adanya kepuasan batin. Bahkan terkadang membantu menyelesaikan masalahnya sendiri meskipun tidak secara langsung.
Ada sebuah cerita tentang seorang wanita yang merasakan manfaat dari membantu orang lain. Dikisahkan seorang wanita yang kehilangan anak laki-lakinya yang meninggal. Dalam kesedihan yang mendalam, dia pergi ke seorang kyai untuk mencari obat atas kesedihannya. Dia bertanya pada kyai tersebut, ibadah apa atau amalan apa, atau  ritual apa yang mampu menghidupkan anaklaki-lakinya kembali. Dia bertanya hal seperti itu karena saking putus asa dan benar-benar merasa kehilangan. Sang kyai tadi memberi nasihat agar wanita tersebut mencari biji sawi ajaib yang berasal dari rumah milik orang yang tidak pernah mengalami kesedihan sekalipun, artinya hidupnya bahagia selamanya dan tidak pernah sedih. Jika berhasil maka kesedihan wanita itu juga akan sirna.
Wanita tadi langsung melaksanakan nasehat dari sang kyai untuk mencari biji sawi ajaib. Pertama-tama dia mengunjungi rumah mewah. Dia bertamu kesana dan menanyakan apakah keluarga yang tinggal di rumah tersebut tidak pernah sedih, jawaban dari tuan rumah adalah tidak. Artinya meskipun rumahnya secara fisik mewah dan berfasilitas lengkap tetap saja ada kejadian yang memunculkan kesedihan. Bahkan dikatakan oleh tuan rumah jika dia (si wanita tamu) datang ke tempat yang salah dan carilah ke rumah lain saja. Sang wanita ikut prihatin setelah mendengar kronologi kejadian yang membuat tuan rumah sedih. Akhirnya dia membantu menghibur mereka.
Dia meninggalkan keluarga pemilik rumah mewah dan berpindah ke rumah-rumah lainnya untuk mencari biji sawi ajaib. Bukannya biji sawi yang dia dapatkan melainkan curhat peristiwa sedih dari masing-masing empunya rumah yang didatanginya. Semakin lama muncul ikatan psikologis, karena keterlibatan simpati dan empati dengan menghibur penghuni rumah dengan kesedihan yanng berbeda. Maka dia semakin piawai menghibur kesedihan orang lain, ia menjadi motivator tiap kali datang dari satu pintu ke pintu lainnya. Dia sendiri akhirnya lupa dengan misi awal yang mencari biji sawi ajaib yang berasal dari rumah yang tak kenal kata sedih. Dan faktanya dia tidak mampu merealisasikan misi dari pak kyai. Namun dengan cara menghibur dan membantu orang lain yang dalam kesusahan dan kesedihan, dengan sendirinya dia mengusir kesedihan dan kegundahan dalam hatinya. Bahkan dia sudah lupa akan kesedihannya.
Bisa diambil kesimpulan dari kisah ini bahwasanya membantu orang lain adalah suatu keharusan dan kewajiban manakala diri kita sendiri memiliki masalah, dan syaratnya harus tulus. Sikap meonolong dan membantu sesama ini adalah cerminan pribadi yang memberikan banyak manfaat pada orang lain. Yakinlah, dengan membantu dan memberi manfaat kepada orang lain, Allah swt akan menolong kita dan secara ajaib memberi kekuatan pada kita untuk menyelesaikan masalah diri kita sendiri. Ketulusan dan kerendahan hati dalam membantu menjadikan kita disukai Allah dan RasulNya, orang mukmin, muslim, secara umum semua orang akan menyukai kita karena  keberadaan kita yang membawa manfaat. Tentunya landasan imanlah yang harus diperkuat untuk kasus masalah penyakit hati hasad (iri) dan dengki. Landasan keimanan pula ketika melakukan amal kebaikan seperti membantu orang lain.
Berikut cerita wanita pencari biji sawi ajaib versi bahasa inggris:
Cure for sorrow
There is an old chinese tale about a woman whose only son died. In her grief, she went to the holy man and said, “ What prayers, what magical incantations do you have to bring my son back to life?” instead of sending her away or reasoning with her, he said to her, “Fetch me a mustard seed from a home that has never known sorrow. We will use it to drive the sorrow out of your life.” The woman went off at once in search of that magical mustard seed. She came first to a splendid mansion, knocked at the door and said, “I am looking for a home that has never known sorrow. Is this such a place? It is very important to me.
They told her, “You’ve certainly come to the wrong place,” and began to describe all the tragic incidents that recently had befallen them. The woman said to herself, “Who is better able to help these poor, unfortunate ppeople that I, who have had misfortune of my own?” she stayed to comfort them, then went on in search of a home that had never known sorrow. However wherever she turned, in hovels and other places, she found one tale after another of sadness and misfortune. She became so involved in ministering to other people’s grieves that ultimately she forgot about her quest for the magical mustard seed, never realising that it had, in fact, driven the sorrow out of her life.

Related Posts:

Monday, March 20, 2017

Brosur Baru MTs Hasbullah Karanganyar

PROFIL
MTs Hasbullah Karanganyar didirikan pada tanggal 24 Juli 2003 berdasarkan keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah.
Madrasah ini merupakan salah satu instansi pendidikan formal yang mengaplikasikan sistem pembelajaran madrasah modern dan berbasis pondok pesantren. Modern dalam bidang mapel sains dan umum, serta dikombinasikan dengan dasar pendidikan Islam dalam aspek budipekerti dan akhlakul karimah.
Dengan tuntutan era globalisasi maka peranan madrasah menjadi sangat penting dalam membentengi dampak negatif arus informasi dan teknologi bagi kalangan remaja khususnya usia pelajar 12 s/d 16 tahun untuk jenjang pendidikan menengah.
Kecanggihan teknologi tanpa didasari dengan karakter luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan budaya bangsa akan menjadi bumerang bagi kemajuan bangsa itu sendiri. Sehingga sudah sepantasnyalah porsi penanaman identitas beragama sebagai ciri khas manusia yang memiliki 3 kecerdasan sekaligus yaitu kecerdasan intelektual, emosional serta kecerdasan spiritual menjadi prioritas paling utama [presentasi mts]
KEUNGGULAN
1 . Madrasah peran kunci dalam menanggulangi degradasi moral remaja.
2. Kedekatan Kyai & ulama dalam menanamkan sikap tawadhu & patuh
3. Porsi pembinaan & pengamalan nilai-nilai Islam yang cukup besar.
4. Pembiasaan shalat dhuhur & dhuha berjamaah.
5. Pendampingan Baca Tulis Al Quran
6. Lingkungan alam terbuka, hijau, bebas polusi udara & kebisingan.
7. Pelatihan & pendampingan ekskul olahraga futsal & tenis meja
8. Pengembangan kemampuan bahasa asing dengan konsep English Club.
9. Daya dukung  materi ahlussunah dalam pembiasaan Yasin, Tahlil, Barzanji, dll.
11. Konektivitas wifi & sarana ibadah yang signifikan.
INFORMASI PENDAFTARAN
SYARAT PENDAFTARAN
#Mengisi formulir pendaftaran
#Menyerahkan fotocopy ijazah 2 lembar atau ijazah kejar paket A
#Surat keterangan lulus dari SD/MI terkait jika ijazah belum keluar
#Pas foto hitam putih 3x4 = 4 lembar
#Persyaratan dimasukkan kedalam stofmap hijau
BIAYA PENDAFTARAN
Biaya administrasi pendaftaran Rp 30.000,- diserahkan langsung saat pendaftaran

KETERANGAN
Pendaftaran langsung ke sekretariat panitia PPDB (On desk) yaitu MTs Hasbullah Karanganyar, Jl. Kempong Raya-Pododadi, Karanganyar pada Hari Sabtu s/d Kamis (Jam Kerja 07.00-14.00 WIB), Hari Jumat Libur.
Gelombang I (21 Mei-21 Juni 2017)
Gelombang II ( 25 Juni-26 Juli 2017)
FASILITAS
Gedung milik sendiri
Perpustakaan
Mushola
Asrama putra & putri
Kantin & Koperasi
Laboratorium Komputer
Lapangan Olahraga
Area parkir luas
Outbond tracking
Ruang Kelas 2 lantai
Ruang UKS

SYIAR MADRASAH
Maulid Nabi Saw
Ziarah Makam
Dzikr & Istighosah
Peringatan Isra Miraj
Khataman Al-Quran
Rihlah & Outbond
Kunjungan Wisata
Lomba Hari Kartini
Lomba 17 Agustus
Kemah Bakti OSIS
LDK OSIS
Class Meeting
Porsema & Aksioma
Jalan Sehat
PEMBINAAN EKS SKUL UNGGULAN
PRAMUKA
ENGLISH CLUB
REBANA
TENIS MEJA
QIROAH
PADUAN SUARA
FUTSAL
VOLY




=======================================================================
=======================================================================
























Related Posts:

Sunday, March 12, 2017

Ketika Ujian Tinggal Hitungan Hari, Jawaban Detik Bahasa Inggris SMA/MA 2016/2017

Bagi kalian yang mau ujian di bulan april nanti, so pasti persiapannya sudah mapan (minimal diatas 70% persiapan oke), amin. Nah, kalo belum, masih ada sisa waktu yang sempit buat belajar ditengah-tengah padatnya kegiatan tes dan sebagainya. Tetap fokus adalah syarat mutlak. adalah keuntungan besar bagi kalian yang bisa fokus belajar, stabil dalam ritme latihan dan penggemblengan. Jagalah ritme tersebut, kurangi aktivitas yang bisa menurunkan ritme (irama) belajar, misal begadang hingga larut dengan teman di pos ronda harus dikurangi, mainan hp hingga larut juga dikurangi, apalagi hanya nge-game belaka so pasti di delete dulu. Bagi yang lagi jatuh cinta atau asmaranya dengan lawan jenis lagi meninggi, mohon dikurangi dulu. Intinya adalah mengendalikan dan memanage waktu yang ada, mengatur pola belajar yang ada, bahkan pikiran yang dimiliki untuk fokus menghadapi ujian. Nah, bro and sis, khusus belajar bahasa inggris nih agar minimal targetnya dapet skor 70 maka soal listening 10 nomor sedangkan readingnya 25 nomor (total 35 x 2 = 70). Bahkan lebih dari 70 itu keren. Berlatihlah secara rutin, kerjakan soal-soal latihan yang ada di LKS, buku pendalaman, atau apapun itu. Jangan lupa setelah mengerjakan hasilnya dievaluasi. Artinya lihat kunci jawabannya itu setelah berlatih. Jadi urutan yang benar adalah latihan/ kerjakan dulu kemudian evaluasi (lihat kunci), nah ukur sejauh mana persiapan kita. Bagi sobat yang menggunakan LKS Detik-Detik Intan Pariwara Mapel Bahasa Inggris SMA/MA th 2016/2017 bisa mengunduh gratis kunci jawaban dengan klik berikut: ANSWER DETik SMAMA [unduh]

Related Posts: