Sunday, November 29, 2015

Cerdas, setiap waktu belajar dari pengalaman

Pernahkah mendengar kisah seekor kancil dengan buaya, yang sering didongengkan oleh orang tua pada anaknya tentang kecerdikan kancil dalam menghadapi situasi sesulit apapun. Dikisahkan bahwa kancil akan hendak minum menuju ke sebuah sungai di tepi hutan, tidak sengaja ketika dia minum tiba-tiba salah satu kakinya terperengkap dalam genggaman mulut buaya yang lebar. Dalam cerita tersebut, si buaya tadi memang sedang kelaparan butuh tambahan nutrisi agar lebih bertenaga. Dari situasi yang sama sekali tidak menguntungkan bagi kancil, menggunakan kecerdikannya untuk lepas dari lubang maut terkaman mulut buaya. Dia melakukan dialog (negosiasi) dengan pimpinan buaya tadi agar tak sendirian ketika hendak memakan tubuhnya, maka si kancil meminta si bos buaya memanggil seluruh teman-temannya yang ada di sungai tersebut untuk berkumpul. Setelah seluruh buaya berkumpul, si kancil meminta kepada mereka agar berjajar (berbaris) rapi untuk memudahkan mengetahui jumlah mereka. Si kancil kemudian mulai menghitung dari sisi dia berdiri, satu, dua, tiga dan seterusnya hingga buaya yang berada paling pinggir (di tepi) seberang sungai. Akhirnya, Si kancil mampu mengoptimalkan bahaya menjadi peluang untuk menyeberangi sungai ke tepian berikutnya.
Cerita ini sudah dari turun temurun oleh para orang tua bahkan di bangku sekolah diceritakan. Hikmahnya sangat besar, salah satunya si kancil termasuk yang sedikit dari sekian banyak binatang yang dijadikan tokoh hewan cerdik dan cerdas. Bahaya yang dalam hitungan detik akan merenggut nyawanya, Ia mampu merubahnya menjadi sebuah peluang kesuksesan menyeberangi sungai. Intinya adalah sudah hal yang wajar bahwa setiap orang pernah mengalami saat-saat kritis diambang kehancuran, terpuruk, bahkan gagal total, sehingga hanya kematian yang ada dalam bayangannya dan pasrah yang dilakukannya untuk menghibur. Dia tidak mau sedikit memutar otaknya, membuatnya lebih cerdas sedikit daripada biasanya. Memang para juara itu jumlahnya sedikit, karena kebanyakan yang lainnya tidak berani untuk mengambil resiko, tidak mau melakukan perubahan, hanya diam, tidak bertindak, lebih parahnya menyalahkan nasib.
Padahal juara itu adalah orang yang kerjanya lebih keras daripada orang lain, berpikir lebih cerdas dari lawannya, banyak melakukan latihan, sering berani mengambil keputusan besar dalam hidupnya. Ada orang yang ketika mendapat masalah dia bersyukur, karena dia memiliki keyakinan bahwa Tuhan menghadiahinya masalah karena hal itu adalah jalan kesuksesan dia, sarana uji kemampuan menghadapi dan menaklukan masalah. Kita bukan pembuat masalah apalagi bagian dari masalah, namun ketika masalah datang, maju terdepan berusahalah menghadapinya sekuat tenaga. Dan keyakinan itu harus tertancap dalam dada kemudian genggam dan pegang erat. Hingga akhirnya Tuhan melihat kesungguhan dari usaha kita.
Berikut cerita dongeng (narrative) si kancil vs buaya versi teks Bahasa Inggris sekaligus pertanyaan untuk peningkatan kualitas ketrampilan membaca (reading skill);
Mouse-deer and Crocodiles
Once upon a time, a mousedeer wanted to cross a river but he could not swim. He saw a boss af crocodile swimming in the river.
The mousedeer asked the boss of crocodile,  "How many crocodiles are there in the river?"
The boss of crocodile answered,  "We're twenty here."
"Where are they?" the mouse-deer asked for the second time.
"What is it for?" the boss crocodile asked.
"All of you are good, nice, gentle and kind, so I want to make a line order. Later I will know kind you're," said the rabbit.
The boss of crocodile called all his friends and asked them to make a line of order from one side to other side of the river. Jus then, the mouse-deer started to count while jumping from one crocodile to another: one..two..three... until twenty, and finnally, he thanked all crocodiles because he had crossed the river. 

QUESTIONS
1. The story tells us about...
A. Twenty crocodile
B. A rabbit and twenty crocodiles
C. The boss of the crocodile
D. A rabbit and the boss of crocodile
E. The boss of crocodile and all his friends

2. Why the mouse-deer thank to the crocodiles?
A. Because he had got a lot of foods
B. Since he had crossed the river successfully
C. Because the boss of crocodile gave him something
D. Since he had counted the number of crocodiles in the river
E. Because he was jumping through the crocodile happily

3. Which statements is true according to the text?
A. The rabbit could swim across the river by himself
B. There were 12 crocodiles living in the river
C. The boss of crocodile helped the rabbit crossing the river by himself
D. The rabbit could not cross the river although he had been helped by the crocodiles
E. The crocodiles help the rabbit cross the river

4. While the crocodiles....., the mouse-deer wanted to cross the river.
A. Swimming
B. Swam
C. Were swimming
D. Swim
E. Was swimming


2 comments: