Monday, November 2, 2015

Good life, Have to work well

Bekerjalah kamu dengan baik, biarkan Allah swt yang menilai pekerjaan kita. Tugas kita hanya bekerja dan bekerja. Agar kehidupan baik, salah satunya dengan bekerja. Ya, mendapatkan atau menciptakan pekerjaan, 2 kemungkinan yang bisa kita lakukan. Bekerja to earn money, adalah tujuan besar dari hampir 80% masyarakat, bekerja to get God's blessings, mungkin dikisaran angka 15% masyarakat melakukannya. Teorinya saat ini adalah banyak uang maka banyak kemungkinan memiliki harta benda melimpah dengan ending ingin hidupnya bahagia. Asumsi tersebut terbantahkan dari jaman dahulu, banyak orang yang bahagia yang ketika dirinya kaya raya, namun tidak sedikit yang bahagia ketika dirinya hidup sederhana, banyak juga yang ketika kaya dirinya menjadi sengsara.
Nah, kehidupan yang baik itu yang seperti apa sih? Untuk menjawab kata tanya "how", kita harus melihat latar belakang persepsi masyarakat tentang bahagia itu sendiri. Sehingga ketika persepsi yang salah diluruskan terlebih dahulu kemudian diganti pola pikir yang benar. Seorang atlit yang bertanding dalam sebuah kompetisi kemudian masuk ke level final, namun dia harus tumbang oleh lawannya di final, dia bisa saja tetap merasa bahagia. Kapan itu? Ya, ketika dia pertama kalinya saat itu dia bisa masuk ke level final, karena dalam kompetisi sebelumnya tidak pernah mencapainya. ya, dia bahagia karena bisa mencapai level tertingginya yaitu masuk final meski akhirnya menjadi runner up.
Inilah bahagia, kehidupan yang serba mewah memang membawa bahagia, namun itu bukanlah satu-satunya faktor untuk memperoleh kehidupan yang bahagia, kehidupan yang baik, yang menentramkan hati kita.
Kenapa kehidupan baik? Kenapa bukan bentuk kehidupan yang berjalan ala penjahat saja penuh bahaya, masalah, konflik, pertumpahan darah, intrik dan kedengkian? Ya, jawaban mendasarnya adalah karena fitrah manusia lahir dalam keadaan suci (baik) sehingga manusia sendiri sebenarnya menyukai hal-hal yang baik, termasuk mendapatkan kehidupan yang baik, bahkan dunia dan akhirat.
Berlarilah agar kita mencapai garis finis, tetaplah fokus dengan target mencapai garis finis dengan baik. Meskipun pemandangan selama lintasan lari di sebelah kanan dan kiri menarik janganlah tergoda, bolehlah menengok sebentar tetapi jangan terlalu lama, karena tujuan akhir kita bukan menikmati pemandangan tersebut. Begitupun dunia ini, bolehlah kita menikmatinya tetapi jangan terlena. Ingat, garis finish yaitu akhirat adalah main target, tujuan utama. Sehingga kehidupan yang baik di dunia juga harus membekali kebaikan untuk hidup selamanya di akhirat kelak. Allahu a'lam bishowab.
Dengan tema "good life", mengaitkan yang lebih mudah dan disukai oleh sebagian peserta didik ketika belajar Bahasa Inggris adalah menggunakan lagu. Berikut lagu milik Harris Jung, seorang young and talented muslim singer, bisa juga menelaah ataupun menganalisa isi (kandungan makna) dari lirik lagu ini.
"Good Life" Lyrics:-
by HARRIS JUNG

Good life, good life
Allah I want to thank You for the good life

I want to wake up in the morning with the sun
Wear a smile, go out and have some fun
Going to take away the worries on my mind, oh
Put them to one side
‘Cause everyday is like a brand new story
With unwritten lines
And no matter the weather
It's going, going to be alright

Chorus:
I know my life ain’t perfect
But I don't have to worry
‘Cause I've got all that I need
Right here in my, in my life
I know my life ain't perfect
But I like the way it's going
‘Cause I've got all that I need
Right here in my, in my life
Thank You for the good life, good life
Allah I want to thank You for the good life
I leave it all in Your hands, oh
Thank You for the good life, good life
Allah I want to thank You for the good life

Hey, listen!
There are things in life that money just can't buy
Happiness and love don't have a price
All good people that surround me everyday, oh
I just appreciate
I love living in a brand new story with unwritten lines
And no matter the weather
It's going, going to be alright

CHORUS

It's about being thankful and trying to understand
That the more I learn I want to leave it all in Your hands
‘Cause I know You'll always take good of care of me
You’ve given me a good life, a good life each day

Good life, good life
Allah I want to thank You for the good life
Yes I want to thank You O Allah!
Thank You for the good life, good life
Allah I want to thank You for the good life
I leave it all in Your hands

158 comments:

  1. asalamualaikum warohmatuahi wabarokatu maafkan saya karena sudah kalah dalam permainan fibe twig dan permainan bola sayakira alvan bisamenang kan permainan bola yang pada itu dia kalah dalam permainan bola dan sekor nya adalah o - 2 dan permainan fiber twig adalah sudah sampai dalam level empat tetapi level tersebud sulit dan saya pun hanya sudah ampai dalam pertengaahan level empat saja . sesungguhnya saya itu tidak bisa bermain komputer sebelum saya ke warnet dan ketika saya sudah sampai diwar net sabelum bisa bermain nkomputer dan saya hanya bisa meng lihat saja karena belum bisa . apa lagi saya bermain bola di komputer saya aja bermain bola pun tidak pan dai mengrebut apalagi menggiring bola .saya hanya bisa menjadi bek saya sebenar nya saya belum pernah mengegolkan bola ke gawang saya kadang menjadi bek dan kadang pula menjadi kiper dan padahal saya tidak bisa menjadi kiper saya pun belajar menjadi kiper walaw pun saya sesungguhnya saya tidak bisa bermain bola tapi saya ingin bermain bola .bemain bola di komputer lebih sulit dari pada bermain yang sesung guhnya karena menggunakan komputer .bermain bola di komputer memang sulit apalagi bermain permainan fiber twig yang bermainya dengan menepungkan palaron yang lebih sulit daripada plans versus zombie yang lebih sulit karena menepung-menepung palaron ada yang besar ada yang panjang ada yang besar dan juga ada yang ber cabang yang paling rumit adalah yang bercabang karena berbengkok - berngkok level satu saya sudah menyelesaikan level satu karena dekat finis nya dan juga palaronya lebih kecil dan lebih mudah sehingga saya mudah memenangkanya level dua sama seperti di level satu tetapi perbedaanya adalah finisnya lebih panjang lebih sulit sedikit tapi juga mudah bagi saya .di lel tiga ini lebih sulit dari pada level satu,atau dilevel dua krena di level tiga ini finis nya lebih panjang dari level satu atau level satu.

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.Pak saya itu kalau masalah main komputer saya sih paling suka tetapi bukan paling jago.untuk ketrampilan saya main komputer lumayan,lumayan jelek maksudnya. untuk kemampuan saya main bola sih nggak usah ditanya pasti saya yang paling nggak ahli.yang bikin saya nggak ahli mungkin karena faktor saya nggak canggih mainnya,kemudian saya nggak begitu paham tentang bola,ya baik dari bagaimana skill yang baik ,dan cara bertahan saya yang kurang baik serta saya lebih sering bermain bolanya/oper-operannya sering di belakang.tapi yang paling membuat saya kebobolan asalah karena musuhnya itu bintang/tingkat kesulitannya sangat sulit/bintang lima(5).dan menurut saya cara yang paling efektif untuk bertahan adalah mengoper dengan cepat dan langsung dioperkan ke depan.
    pak kalau menurut saya game fyber twig itu adalah game yang sangat sulit dan cukup memeras kecerdasan otak.menurut saya game ini adalah game yang menuntut kita untuk berpikir secara cepat dan tepat dalam menentukan setiap langkah atau setiap pipa yang akan kita ambil untuk dijadikan satu sambungan pipa yang utuh.dalam game ini saya sangat kesulitan pada saat level 3-5 karena pada level itu sambungan pipa nya sangat panjang dan juga membingungkan apalagi untuk yang pertama kali bermain pasti sangat bingung dan pasti sangat kesulitan.karena pada saat level 1 permainan dimudahkan dengan cara pipa yang keluar sudah disesuaikan dengan yang akan disambungkan.memulai level 2 pemain dituntut untuk lebih cerdas dalam mengambil setiap pipa yang akan dijadikan untuk pasangan yang lainnya.dilevel tiga hampir sama seperti level 2 tetapi lebih panjang dan lebih berlika-liku,banyak pipa yang sangat membantu dan sangat berguna tetapi jika pipa yang sangat berguna tidak dimanfaatkan dengan baik maka pipa tersebut tidak akan berguna sama sekali.
    demikian komentar dari saya wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu,pak jika kreatif main komputer saya sih banyak yang kurang karena saya kurang cepat dalam bermain komputer dan saya akan mulai berlatih lebih giat lagi dan itu saja tentang pembahasan saya tentang kekreatifan bermain komputer,pak saya mau membahas tentang bermain bola di komputer ,saya kesusahan karena sang musuh menggunakan bintang lima [5] karena saat menggiring bola pasti musuh mendapatkan bola saya dengan mudah jika sedangkan saya saat merebut bola sang musuh saya sangat kesusahan dan saya akhirnya kebobolan dan menjadi kosong satu[0-1] itupun di babak pertama dan di babak ke dua saya berhasil mempertahankan agar musuh tidak dapat membobolkan gawang saya lagi dan saya akhirnya menyelesaikan game bola dengan skor akhir 0-1 dan komentar 1 baris .yee.
    pak tentang game fyber twig sih mudah,pada saat level 1 dan 3.karena pada saat level satu tidak terlalu rumit atau susah karena para pralonnya jumlahnya hanya beberapa doang dan paralon yang dibutuhkan psti keluar.jika level 2 ya sangat mudah .karena sama dengan level 1 walaupun banyak yang beda.jika level 3 itu normal karena hampir mencapai level 4,oh iya pak ada yang lupa karena saya mencapai level tersebut tetapi saya tidak bisa menyelesaikannya karena waktu bermain game nya sudah habis.dan jika hal yang baik dalam dunia menurut saya adalah saya bisa beribadah lebih banyak dan dapat membaca al-qur'an dengan baik dan fasih itulah harapan saya dan insya allah saya akan rajin dalam mendalami agama islam dan beberapa hal lainnya yang bila saya sebutkan akan sangat banyak dan membuat waktu di warnet semakin lama dan bayarannya semakin mahal.pak tentang kehidupan manusia atau manusia hidup.saya selaku manusia tujuan hidup saya di dunia adalah untuk mencari bekal nanti di akhirat,karena hidup di dunia hanya sementara maka saya dengan semaksimal mungkin akan memperbanyak amal-amal dan ibadah kepada allah SWT.
    Sekian dari saya wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum wr wb
    waktu saya main bola di lab waktu itu menurut saya itu adalah permainan yang sangat sulit nakanya waktu itu saya kalah dan harus komentar, sebenarnya waktu pak heri memberi instruksi tentang cara bermainnya saya kurang memperhatikan jadinya saya kalah.
    kalau waktu bermain fibertwig sebenarnya saya bisa nencapai level 10 namun karena terbatasnya waktu saya hanya bisa mencapai level 3 dan komentar 25 baris, saya menyukai permainan fibertwig karena menurut saya itu menantang.
    nah.. mumpung kita masih hidup di dunia perbanyaklah amal kebaikan sebelum kita mati , karena apabila kita sudah mati kita tidak akan bisa kembali lagi ke dunia . ya... namanya juga manusia kalau nggak berbuat jahat itu tidak bisa di sebut manusia tapi kita sewajarnya berusaha untuk mengurangi perbuatan - perbuatan yang tidak terpuji. ya misalnya saja hal baik yang kita lakukan adalah kepada teman.
    manusia itu di ciptakan dari tanah dan juga akan kembali lagi ke tanah , manusia hidup di dunia untuk beribadah dan taat kepada Allah swt. dan juga untuk menebar kedamaian di muka bumi ini, jadi selama kita hidup di dunia banyak - banyaklah menebar kebahagiaan kepada sesama manusia walaupun berbeda keyakinan, pendapat , atau beda agama .
    waktu saya komen di internet kemarin saya kesulitan dalam menulis karena huruf- huruf di keyboardnya hilang ( jadi susah deh) makanya saya lama ... sekali di warnetnya padahl cuma disuruh komentar beberapa baris saja , yang tadinya bisa hemat uang eeh malah nambah banyak bayar warnetnya . ya udahlah nggak apa- apa...
    ya sudah sekian dari saya yaa ... kapan-kapan ( kalau bisa sih jangan) kalau saya di suruh komentar lagi . terima kasih dan
    Wasalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  5. saya tidak bisa menghafalkan surat al waqiah padahal teman-teman sudah bisa semua kata ibu saya menghafal agar bisa adalah;
    1.membacanya setiap solat
    2.terus di ingat
    3. jangan menyepelekan guru
    itu saja kata ibuku tetapi saya tidak pernah melakukannya sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  6. dipermainan bola saya tidak bisa menguasai tombol tombol komputer jadi saya tidak bisa melawan musuh dengan baik jadi saya kebobolan lebih tepatnya sih bukan saya tapi arman (awan) saya satu tim dengan awan awan main bola awan kebobolan 2-0 saya tidak tahu arwan ahli atau tidak saya sih percaya aja tapi malah kalah jadinya ngomen deh untung saya bisa main fiber twing dipermainan fiber twing saya bisa sampai level 2 jadi seimbang dengan permainan bolanya awan dipermainan fiber twing itu sambung sambunganya datang sangat lambat jadi saya benci kalo saya bisa main fiber twing pasti saya senang. didunia ini saya sangat suka karena banyak orang orang yang bisa memberi saya motifasi biar saya menjadi orang yang lebih baik didunia ini banyak ragam budayanya jadi saya senang hidup didunia ini manusia hidup didunia kadang ada yang merasa senang dan ada merasa sedih bahkan menyesal senang karena didunia banyak pemandanganya ada YANG SENANG karena adanya orang yang mengajarkan agama dengan baIK memberikan kita motifasi agar kita menjadi orang yang dan benar tapi kadang orang malah dinasehatin tidak mau malah terjerumus kedalam maksiat seperti minum minuman keras narkoba kekerasan sexsual pokok nya ada ada orang yang hidup didunia itu saya sampai heran dan resah melihat orang yang hidup didunia itu saya tidak menyangka apa ini yang disebut akhir zaman aneh aneh perbuatanya saya sangat resah dengan semua ini huh dunia dunia tapi aku tidak akan terjerumus dalam hal hal seperti itu.
    saya tidak terlalu hafal tombol tombol komputer jadi saya sangat sulit apabila saya main game yang memakai tombol tombol komputer saya sangat tidak suka dengan permainan komputer saya itu tidak bisa menguasai komputer karena komputer itu kan canggih la kalo dibandingkan dengan saya kan lebih pinter komputer YA TO YA TO TO..................................

    ReplyDelete
  7. asalammualaikum wr.wb
    pak heri maaf saya komentar nya sedikit telambat dikarenakan derjadinya pergantian musim penghujan saya kalau bermain bola itu saya sedikit tidak bisa karena tombol itu mencar tidak seperti setik PS mungkin kalau tombolmya itu diganti dengan setik PS pasti lebih mudah dan mungkin saya bisa menang dan berunyung ya saya itu satu kelompok dengan sahir dan sahir main game bola dansaya main fibertuwik ck ck ckak kak.
    nah mengalih tentang fibertuwik yaitu sebuah permaina yang menyambung peralon peralon dari bawah ke atas dilevel tiga itu saya kesulitan karena saya tidak begitu suka dengan permainan fibertuwik tersebut kesulitansayaitu peralon peralon yang seperti balog besar yang menurut saya itu tidak terlalu penting dan saat sudah atas saya tegang karena peralon yang di bawah itu sudah menumpuk dan saya paling suka kalau mendapatkan cangkir karna itu bantuan dan saya paling suka kalau mendapat balog bengkok karena yang palingggggggggmembantuuuuuuuuuuuuuuuuu.
    nah kita mengalih ke menguasai komputer saya tidak bisa menguasai komputer dikarenakan saya tidak mempunyai komputer ya tidak sering mengotak atik komputer ter sebut maklum mengerti sendiri lah kalau membicarakan masalah menguasai komputer tidak terlepas dengan menguasai kibort mungkin saya ahli dalam meng uasai kibort karna menurut saya kibort itu seperti ketikan di dalam HP hahahadanhuruf hurufffffffffffffffff yaitu ngacak membuat tantangan tersendiriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kalau mengetik kibort itu harus teliti karena tulisan kecil dankalau terlalu cepat mungkin salah mencet kalau mencet A jadi B yatidak pasyang pasti YA TO YA TO YATO YATO .......TO...........
    MUNGKIN ADA KATAKATA YANG TIDAK BERKENAN DIHATI ANDA YADIMAAF KAN YAAAAAAAA
    WASALAM MUALAIKUM WRWB
    GUWE ARUL BAY

    ReplyDelete
    Replies
    1. good, arul.. lain kali hindari pemakaian huruf kapital

      Delete
  8. ASSALAMUALAIKUM SAYA DISINI KARNA SAYA MENGHILANGKAN BUKU PUNYA NADIA PADAHAL MENGHILANGKAN BUKU SAT APALAGI MENGHILANGKAN BUKU BANYAK SAYA TIDAK MEMBANYANGKANNYA PASTI SAYA DISURUH KOMENTAR LEBIH BANYAK HAHAHAHAHA SAYA MENGHILANGKAN BUKU NADIA BERSAMA HASAN PADAHAL SAYA DAN HASAN TAPI SATU KELAS YANG KOMENTAR SAYA DONG YANG DISALAHKAN NASIB-NASIB TAPI NASI SUDAH MENJADI BUBUR YANG LALU BIARLAH BERLALU SAYA DISINI MENGOMENTARI LAGU DARI HARRIS JUNG YANGBURJUDULLL GOOD LIFE LAGUNYA MENENANGKAN TENANG SAYA SUKA SEKALIII LAGU INI TETAPI SAYA TIDAK HAFAL WKWKWKWKWKWKWK SAYA ITU SANGAT SUKA LAGU PUNYA HARRIS JUNG SEPERTI;SALAM ALAIKUM,GOOD LIFE,I PROMISE,WORTH IT SAYA SANGATTTT SUKA LAGU LAGUNYA APALAGI SALAM ALAIKUM DAN WORTH IT LAGUNYA SANGAT ENAK DI DENGARKAN DAN MENYEJUKKAN HATI SAYA KOMENTARNYA BANYAK SEKALI SAMPAI SAYA LELAH MENGETIKNY SAYA HARUS KOMENTAR SEBANYAK 27,24,20,20 BARIS TETAPI SAYA HARUS MELAKUKANNYA JIKA TIDA HARI DEMI HARI AKAN BERTAMBAH HURUFNYA SAYA TIDAK MAU SAMPAI ITU TERJADI JIKA TERJADI SAYA AKAN KELELAHAN MENGETIK KOMPUTER SAYA MENGHAFAL SURAT AL WAQIAH TIDAK BISA ENAM AYAT SEHINGGA SAYA MENGOMENTARI 6 BARIS DI KOMPUTER TETAPISAHIR YANG TADINYA TIDAK BISA MENJADI HAFAL WALAUPUN DIBANTU OLEH PAK HERI,SEDANGKAN SAYA TIDAK BISA DAN TIDAK DIBANTU OLEH PAK HERI SANGATTTTTT MENYEBALKAN TAPI SAYA TETAP SENANG KARENA SAYA BISA KE WARNET DAN SAYA BISA BERMAIN FACEBOOK SAYA BISA MENGOMENTRI ORANG HAHAHAHAHAHAHAHHHHH SAYA WALAU SAYA BERANGKAT DARI RUMAH HUJAN-HUJAN'AN SAYA TETAP SENANG KARNA SAYA BISA MEMBUAT STATUS DI FACEBOOK SUDAH DULUNYA
    "SALAM MAWAR"

    ReplyDelete
    Replies
    1. good, awan, lain kali komentar gunakan huruf kecil saja ok

      Delete
  9. dipermainan bola saya tidak bisa menguasai tombol tombol komputer jadi saya tidak bisa melawan musuh dengan baik jadi saya kebobolan lebih tepatnya sih bukan saya tapi arman (awan) saya satu tim dengan awan awan main bola awan kebobolan 2-0 saya tidak tahu arwan ahli atau tidak saya sih percaya aja tapi malah kalah jadinya ngomen deh untung saya bisa main fiber twing dipermainan fiber twing saya bisa sampai level 2 jadi seimbang dengan permainan bolanya awan dipermainan fiber twing itu sambung sambunganya datang sangat lambat jadi saya benci kalo saya bisa main fiber twing pasti saya senang. didunia ini saya sangat suka karena banyak orang orang yang bisa memberi saya motifasi biar saya menjadi orang yang lebih baik didunia ini banyak ragam budayanya jadi saya senang hidup didunia ini manusia hidup didunia kadang ada yang merasa senang dan ada merasa sedih bahkan menyesal senang karena didunia banyak pemandanganya ada YANG SENANG karena adanya orang yang mengajarkan agama dengan baIK memberikan kita motifasi agar kita menjadi orang yang dan benar tapi kadang orang malah dinasehatin tidak mau malah terjerumus kedalam maksiat seperti minum minuman keras narkoba kekerasan sexsual pokok nya ada ada orang yang hidup didunia itu saya sampai heran dan resah melihat orang yang hidup didunia itu saya tidak menyangka apa ini yang disebut akhir zaman aneh aneh perbuatanya saya sangat resah dengan semua ini huh dunia dunia tapi aku tidak akan terjerumus dalam hal hal seperti itu.
    saya tidak terlalu hafal tombol tombol komputer jadi saya sangat sulit apabila saya main game yang memakai tombol tombol komputer saya sangat tidak suka dengan permainan komputer saya itu tidak bisa menguasai komputer karena komputer itu kan canggih la kalo dibandingkan dengan saya kan lebih pinter komputer YA TO YA TO TO...............................
    pak menurut saya cara menghafalkan tombol keyboard yang paling cepat adalah dengan cara memainkannya setiap hari

    ReplyDelete
  10. 1)Wake
    2)The sun
    3)Smile
    4)Fun
    5)Away
    6)Mind
    7)Side
    8)Brand
    9)Lines
    10)The meather
    11)Alright
    12)Perfect
    13)Worry
    14)Need
    15)Life
    16)Going
    17)Happiness
    18)Appreciate
    19)Understand
    20)Hands

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi ifa, no.10, the meather ----> the weather

      Delete
  11. Asalamualaikum warohmaullahi wabarokaatu jamaah oojamaah alhamdulilah hari ini saya nadia fitriatul khasanah aka memberikan konentar saya yang berjuduljan sebagai berikut
    1. Tentang main bola . Kalau saya sih suka-suka enggak ya tapi ya jarna biasalah terpaksa kalau gak bisa main ya komentar kayak gini tauuk komentar sebanyak 25 baris. karena mungkin paksaan jadi saya bisa pernah bisa sampai bertahan 0-1 tauuk jadi aku komentarnya cuma satu loh cuma satu taukan satu, satu baris getooh.
    2. Tentang cara menghapalkan huruf-huruf yang ada pada papan jetik keyboard. Kalo aku sih ya caranya dengan belajar yang tekun dan jangan mudah untuk putus asa gitu hihihi kayak ngeapalin mapel sekolah aja yak. Tapi iya sih kalo kita udah apal huruf dipapan ketik keyboard keetika lagi pelajaran TIK itu ya jadi lebih meng hemat waktu yakan yakan yakan yakan hep.
    3. Tentang apa lagi yak ooh main fibber twig . Jika permainan ini ngezelin bangetz sumpah deh, soalnya nasa pernaunan ini tuh punya penyakit deman ,jadi ni ya kalo tempat penyimpanannya itu udah abiz langsung deh kena' penyakit demam lalu langsung mati, nah disini ni yang gue heranin permainan ko punya penyakit, abiz itu setelah penyakitan mati langsung.

    ReplyDelete
  12. ''ASSALAMUALAIKUM WAROH MATULLAHI WABAROKATU'' pak heri saya di sini untuk berkomentar tentang buku nadia hilang yang dihilangkan oleh teman saya yaitu awan dan hasan yang dirangkum dalam judul dua yaitu 25 baris yang berisi kreatif dan main komputer,tentang main bola,tentang permainan fiber twigh tentang cara menghafalkan tombol keyboard dan tentang cara menguasai komputer.....isi komentar tentang kreatif dan main komputer yaitu : cara main komputer adalah kita harus terbiasa bermain komputer,kita harus diajari oleh orang yang ahli atau perfesional dalam bidang komputer supaya kita bisa mendalami isi komputer......isi komentar tentang permainan bola dengan menggunakan keyboard yaitu di permainan bola ini saya sedikit kesulitan dalam bermainpermainan bola dengan menggunakan keyboard karena saya terbiasa bermain permainan bola dengan menggunakan stick ps kalau saya bermain permainan bola di ps,karena saya tidak nterbiasa bermain permainan bola dengan menggunakan keyboard karena saya tidak hafal keyboardnya,karena saya bermain permainan bola dengan menggunakan bintang 5 jadi saya kesulitan dalam bermain permainan bola tidak seperti yang sebelumnya saya bisa memainkan permainan bola dengan menggunakan keyboard ....di permainan bola ini saya harus lebih giat lagi menghafalkan tombol tombol dari papan kyboard dan saya harus lebih lincah lagi dalam mengetiknya ......isi komentar tentang permainan fiber twigh yaitu:permainan ini sangat menyenangkan dan membingungkan ,di permainan ini kita harus berkonsentrasi dan juga waspada jika pipa yang ada di bawah sudah penuh kita harus membuangnya ketempat pembuangan pipa atau menghancurkan pipa tersebut dengan menggunakan palu yang sudah di siapkan oleh komputernya jika pipa pipa kita yang disambung tidak ada kita harus menggunakan teko yang sudah disiapkan oleh komputer atau kita harus mencarinya....'bersambung ...........''itulah yang dapat saya sampaikan cukup sekian dari saya ..... WASALAMUALAIKUM WR.WB

    ReplyDelete
  13. 8). b. No , they werent

    ReplyDelete
  14. at the beach , we did many activities . we walked along the seashore , rode a cart, played water and sand. Actually we also wanted to swim but the lifeguard didnt allow us.
    we were not the only family who went to the beach . There were so many domestic tourists no foreign tourists went there. At the beach we also watched some foreign tourists activities . some tourists laid on the beach , while other had massage ,and rode carts.
    When we felt tired , we took a rests to have some meal and drinks. At one a'clock , we went home . It was tiring but we were happy.

    ReplyDelete
  15. - ant
    - bat
    - cat
    - goat
    - locust
    - rabbit
    - rat
    - cricket
    - trout
    - elephant

    ReplyDelete
  16. last week,my family and I had picnic we went to pangandaran beach.we went there by bus.we left at six in the morning an arrived at 09.00 a.m.
    at the beach , we did many activities . we walked along the seashore , rode a cart, played water and sand. Actually we also wanted to swim but the lifeguard didn't allow us.
    we were not the only family who went to the beach . There were so many domestic tourists no foreign tourists went there. At the beach we also watched some foreign tourists activities . some tourists laid on the beach , while other had massage ,and rode carts.
    When we felt tired , we took a rests to have some meal and drinks. At one a'clock , we went home . It was tiring but we were happy.

    ReplyDelete
  17. last week,my family and I had picnic we went to pangandaran beach.we went there by bus.we left at six in the morning an arrived at 09.00 a.m.
    at the beach , we did many activities . we walked along the seashore , rode a cart, played water and sand. Actually we also wanted to swim but the lifeguard didn't allow us.
    we were not the only family who went to the beach . There were so many domestic tourists no foreign tourists went there. At the beach we also watched some foreign tourists activities . some tourists laid on the beach , while other had massage ,and rode carts.
    When we felt tired , we took a rests to have some meal and drinks. At one a'clock , we went home . It was tiring but we were happy.

    ReplyDelete
  18. 9. Tandus/ kering ( B-N ) = Barren
    19. Mengeluarkan ( E-G ) = Excreting

    ReplyDelete
  19. Good life
    1. Wake
    2. The sun
    3. Smile
    4. Fun
    5. Away
    6. Mind
    7. Side
    8. Brand
    9. Lines
    10. The weather
    11. Alright
    12. Perfect
    13. Worry
    14. Need
    15. Life
    16. Going
    17. Happiness
    18. Appreciate
    19. Understand
    20. Hands

    ReplyDelete
  20. Krisniyati Risqiyah XINovember 17, 2015 at 7:37 AM

    2. Ribuan ( T -S ) = Thousands
    10. Membawa ( C-Y ) = Carry

    ReplyDelete
  21. 2. Ribuan ( T -S ) = Thousands
    3. Makhluk ( C-S ) = Creatures
    10. Membawa ( C-Y ) = Carry

    ReplyDelete
  22. Restiliana Maulida XI
    10.Membawa (C-Y)=carry

    ReplyDelete
  23. 1) wake
    2) the sun
    3) smile
    4) fun
    5) away
    6) mind
    7) side
    8) brand
    9) lines
    10) the weather
    11) alright
    12) perfect
    13) worry
    14) need
    15) life
    16) going
    17) happiness
    18) appreciate
    19) understand
    20) hands

    ReplyDelete
  24. 1) wake
    2) the sun
    3) smile
    4) fun
    5) away
    6) mind
    7) side
    8) brand
    9) lines
    10) the weather
    11) alright
    12) perfect
    13) worry
    14) need
    15) life
    16) going
    17) happiness
    18) appreciate
    19) understand
    20) hands

    ReplyDelete
  25. 3.CREATURES
    11.INSECTS

    ReplyDelete
  26. The thirteenth of july

    ReplyDelete
  27. 1.yen
    2.tokyo
    3.riyadh
    4.real
    5.new delhi
    6.rupee
    7.washington
    8.dolar

    ReplyDelete
  28. last week,my family and I had picnic we went to pangandaran beach.we went there by bus.we left at six in the morning an arrived at 09.00 a.m.
    at the beach , we did many activities . we walked along the seashore , rode a cart, played water and sand. Actually we also wanted to swim but the lifeguard didn't allow us.
    we were not the only family who went to the beach . There were so many domestic tourists no foreign tourists went there. At the beach we also watched some foreign tourists activities . some tourists laid on the beach , while other had massage ,and rode carts.
    When we felt tired , we took a rests to have some meal and drinks. At one a'clock , we went home . It was tiring but we were happy.

    ReplyDelete
  29. 1.rhinoceror
    2.hen
    3.shrimp
    4.eel
    5.dragon fly
    6.ceterpillar

    ReplyDelete
  30. 1.stomach
    2.tonue
    3.lungs
    4.forehead
    5.uthroat
    6.buttock
    7.navel
    8.chin

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, no. 2 & 5, tonue ----> tongue, uthroat-----> throat; taufik

      Delete
  31. Pengetahuan umum:
    c.Ibukota arab saudi:Riyadh
    g.Ibukota amerika serikat:Washington DC
    hewan:
    c.badak:Rhinoceros
    d.Ayam betina:Hen
    f.udang;shrimp
    g.Belut:eel
    i.ulat:caterpillar
    nama organ atau bagian tubuh:
    c.lidah:tongue
    d.punggung:back
    e.paru-paru:lungs
    g.Tenggorokan:throat
    i.pusar:navel

    ReplyDelete
  32. Pengetahuan umum:
    c.Ibukota arab saudi:Riyadh
    F.mata uang india:Rupee
    g.Ibukota amerika serikat:Washington DC
    nama hewan:
    c.badak:Rhinoceros
    g.Belut:eel
    i.ulat:caterpillar
    nama organ atau bagian tubuh:
    e.Paru-paru:Lungs
    f.Tenggorokan:Throat

    ReplyDelete
  33. Pengetahuan umum:
    c.Ibukota arab saudi:Riyadh
    d.Ibukota india:New Delhi
    F.mata uang india:Rupee
    g.Ibukota amerika serikat:Washington DC
    nama hewan:
    B.Beruang:Bear
    c.badak:Rhinoceros
    d.Ayam betina:Hen
    g.Belut:eel
    i.ulat:caterpillar
    nama organ atau bagian tubuh:
    a.Ketiak:Armpit
    e.Paru-paru:Lungs
    f.Tenggorokan:Throat
    i.pusar:navel

    ReplyDelete
  34. 1.C. the smokers have to smoke at a certain area.

    ReplyDelete
  35. tolong menolong sangat di butuhkan dalam kehidupan seperti membantu Saifudin.....

    ReplyDelete
  36. sebenarnya saya berhasil hafalan tapi ketika membantu teman saya tidak berhasil....

    ReplyDelete
  37. 1.C. the smokers have to smoke at a certain area.

    ReplyDelete
  38. 1.C. the smokers have to smoke at a certain area.

    ReplyDelete
  39. 9. Bersaing : completed
    16. menjadi : became
    18. judul : tittle
    19. mengeluarkan : release
    20. usia : age

    ReplyDelete
  40. 5.Saudara;Sibling
    7.Anggota;Member
    16. menjadi : became
    18. judul : tittle
    19. mengeluarkan : release
    20. usia : age

    ReplyDelete
  41. 2.last week
    3.by bus
    4.at 6
    5.at 9
    6.swimming
    7.waking along the seashore
    8.no,they werer't

    ReplyDelete
  42. 2.last week
    3.by bus
    4.at 6
    5.at 9
    6.swimming
    7.waking along the seashore
    8. no,they werer't

    ReplyDelete
  43. 1)Wake
    2)The sun
    3)Smile
    4)Fun
    5)Away
    6)Mind
    7)Side
    8)Brand
    9)Lines
    10)The meather
    11)Alright
    12)Perfect
    13)Worry
    14)Need
    15)Life
    16)Going
    17)Happiness
    18)Appreciate
    19)Understand
    20)Hands

    ReplyDelete
  44. pak jika saya bermain tentang angka angka inggris saya kurang hebat apalagi dalam kecepatan saya kurang dan jka pendengaran saya kurang jelas sedikit kalau konsentrasi,saya kurang karena pendengaran dan kecepatan saya kurang saat saya bermain angka angka inggris posisi saya salah dan apalagisaya belum hafal angka inggrissaya juga kurang cekat dan yang saya permasalhkan pengelihatan saya kurang

    ReplyDelete
  45. 1) wake
    2) the sun
    3) smile
    4) fun
    5) away
    6) mind
    7) side
    8) brand
    9) lines
    10) the weather
    11) alright
    12) perfect
    13) worry
    14) need
    15) life
    16) going
    17) happiness
    18) appreciate
    19) understand
    20) hands

    ReplyDelete
  46. 1) wake
    2) the sun
    3) smile
    4) fun
    5) away
    6) mind
    7) side
    8) brand
    9) lines
    10) the weather
    11) alright
    12) perfect
    13) worry
    14) need
    15) life
    16) going
    17) happiness
    18) appreciate
    19) understand
    20) hands

    ReplyDelete
  47. 1) wake
    2) the sun
    3) smile
    4) fun
    5) away
    6) mind
    7) side
    8) brand
    9) lines
    10) the weather
    11) alright
    12) perfect
    13) worry
    14) need
    15) life
    16) going
    17) happiness
    18) appreciate
    19) understand
    20) hands

    ReplyDelete
  48. assalamualaikum wr wb
    jujur saya pada waktu hafalan surat al hadid saya merasa mengantuk karena pada waktu saya hafalan, saya baru bangun tidur dan belum sarapan jadi saya hafalannya sampai ayat 25 dan alhamdulillah saya hanya mengomentari 4 baris jadi saya tidak merasa keberatan lalu saya berfikir untuk selalu ingin menghafalkan ayat yang saya belum hafal, cukup sekian wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  49. Assalamualikum wr.wb saya hendrik maulana asal saya dari jalan raya kempong pododadi karnganyar kabupaten pekalongan provinsi jawa tengah negara indonesia raya kali saya akan membahas tentang gotong royong kira sebagaia umat muslis harus mempunyai sifat gotong royong karena sifat gotong royong itu sangat penting bagi kehidupan manusi misalnya teman teman kelas 1X membantu saya saat hafalan al-hadid ayat 1-29 tetapi saya hanya bisa menghafal ayat 1-24 jadi saya harus komentar di internet sebanyak sebilan baris saya mengucapkan terima kasih terhadap teman-teman dan pak guru yang telah membantu saya hafalan al hadid dari saya itu dulu komentar untuk hafalan al hadid wassalamualikum wr.wb

    ReplyDelete
  50. 1.art
    2.elephant
    3.cat
    4.goat
    5.rabbit

    ReplyDelete
  51. 3. penyanyi : singer
    5. saudara : siblings
    7. anggota : members
    9. bersaing : competed
    16. menjadi : became
    18. judul : tittle
    19. mengeluarkan : released
    20. usia : age

    ReplyDelete
  52. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh..itu adalah prinsip dalam kelas kita...!!!

    ReplyDelete
  53. 6.c one of the judges of the competition
    7. c the competition is only for junior high school teachers
    8. c a malaysian pop singer and song writer
    9. 6

    ReplyDelete
  54. assalamualaikum,pak saya komen dalam membantu mas hendrik yang tidak bissa menghafal

    ReplyDelete
  55. assalamualaikum,saya komen karna membantu bayu dalam hafalan,padahal saya tidak suka komen..

    ReplyDelete
  56. hey pak hery..saya komen tentang membantu hafalan teman yang sebenarnya butuh kesabaran..

    ReplyDelete
  57. 4.penulis: writer
    9.bersaing: competed
    18.judul:tittle
    20.usia: age

    ReplyDelete
  58. dalam menghafal memang dibutuhkan kerja keras supaya berhasil namun juga harus disertai dengan doa

    ReplyDelete
  59. utamakanlah sikap positif agar bisa meraih kesuksesan seperti halnya dalam menghafal

    ReplyDelete
  60. 10. b.siti nurhaliza started her career in singing from early childhood

    ReplyDelete
  61. 10. b.siti nurhaliza started her career in singing from early childhood
    11. a.the sekolah Tabika Perkep,Balai PoliS Kampung Awah , Temerloh
    12. c. the description of kediri

    ReplyDelete
  62. 12. c. the description of kediri

    ReplyDelete
  63. bety squarepants ...December 16, 2015 at 8:11 AM

    jika anda ingin berhasil maka harus menumbuhkan sikap pantang menyerah pada diri anda ,seperti halnya dalam menghafal al hadid 1-29 ..

    ReplyDelete
  64. Assalamualaikum wr.wb Nama saya Bayu Setiawan sayaa dari Kempong,nama sekolahnya MTs Hasbullah karanganyar kab.Pekalongan PROVINSI JAWA TENGAH.saya akan membahas gotong royong,masalah gotong royong karna sifat ini sangat penting bagi kehidupan manusia terutama umat islam dan saya disuruh pak heri untuk hafalan surah al-hadid ayat satu sampai dua puluh sembilan dan saya telah berusaha untuk menghafalkannya dan akhirnya saya cuma bisa hafalan ayat satu sampai 19 dan sayapun disuruh komentar 10 baris ............................



    DAN SAYA INGIN DIKELAS MEMBACA AL HADID CUKUP 5 KALI
    SAJA JANGAN BANYAK-BANYAK TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  65. 1.dust
    2.dirt
    3.uncleanlines
    4.forms
    5.adult
    6.skin
    7.acne
    8.tissue
    9.observed
    10.prevent
    11.sign
    12.often

    ReplyDelete
  66. 1) dust
    2) dirt
    3) forms
    4) disease
    5) prevented
    6) tissue
    7) suroanding
    8) completely
    9) observed
    10) prevent
    11) sign
    12) often

    ReplyDelete
  67. 1) dust
    2) dirt
    3) uncleanlines
    4) forms
    5) adults
    7) disease
    8) prevented
    11)appreas
    13)tissue
    14)surrounding
    15)completely
    16)observed
    17)changes
    18)prevent
    20)often

    ReplyDelete
  68. acne is an eruptive skin disease. it is primarily a disorder of the sebaceous follicles of the skin and appers most often on the face, neck , and back. the natural secretion, or sebum , of the follicles accumulates and mixes with dust and dirt. the follicles and surounding tissue become inflamed and blackheads appear . if the follicle opening completely closes , the accumulated sebum is degraded by bacteria and forns a cyst .
    acne in adolescence results primarily from hormonal changes taking place in the body ; the hormones stimulate sebum production . out breaks cannot be prevented by a controlled diet and are not a sign of uncleanliness. good hygiene should be observed , however, to prevent more serious infection . severe acne may be treated by antibiotics , benzoly peroxide , or vitamin A derivatives . severe acne in adults may be a sign of an underlying endocrine disorder .

    ReplyDelete
  69. mengambil gambar kamera yang bagus , bisa saja menggunakan sebuah tongkat tongsis ( tongkat eksis ) tangan yang satu memegang tongsis dan yang satu bisa bergaya , atau bisa juga minta di fotokan oleh teman agar foto yang dihasilkan menjadi lebih bagus lagi .
    berpenampilan menarik , hal ini juga penting apabila akan berfoto jangankan selfie foto bersamapun pasti ingin agar penampilannya menarik , ya usahakan pakalah baju yang sesuai dan yang nyaman kan tidak mungkin foto di objek wisata memakai baju piyama.
    wajah senyum agar manis , yaa .. bukan berarti di bibirnya di berikan gula agar manis tapi menurut saya ya tersenyum biasa saja lah yang penting tidaklebay maka akan membuat kesan senyuman yang manis , tambah manis lagi yang senyum mempunyai lesung pipi .
    gambar yang cerah dalam foto , ya .. kalau kita foto dan ingin agar hasilnya terlihat lebih cerah bisa saja dengan cara meng adet foto dan ditambah lagi pencahayaannya atau kalau yang kameranya bisa mengeluarkan cahaya saat memmfoto bisa juga koq .

    ReplyDelete
  70. cara berpose dengan foto , bisa saja dengan berpose ala cherybelle atau bergaya yang lain atau dengan cara menunjukkan kedua jari telubjuk dan jari tengah dan bisa juga dengan cara yang lain .


    maaf pak nambahin lagi ..

    ReplyDelete
  71. Beberapa adab penting yang perlu diperhatikan dalam membaca Al-Qur’an:
    1- Hendaklah yang membaca Al-Qur’an berniat ikhlas, mengharapkan ridha Allah, bukan berniat ingin cari dunia atau cari pujian.
    2- Disunnahkan membaca Al-Qur’an dalam keadaan mulut yang bersih. Bau mulut tersebut bisa dibersihkan dengan siwak atau bahan semisalnya.
    3- Disunnahkan membaca Al-Qur’an dalam keadaan suci. Namun jika membacanya dalam keadaan berhadats dibolehkan berdasarkan kesepatakan para ulama.
    Catatan: Ini berkaitan dengan masalah membaca, namun untuk menyentuh Al-Qur’an dipersyaratkan harus suci. Dalil yang mendukung hal ini adalah:
    عَنْ أَبِى بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَتَبَ إِلَى أَهْلِ الْيَمَنِ كِتَابًا فَكَانَ فِيهِ لاَ يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ
    Dari Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm dari ayahnya dari kakeknya, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menulis surat untuk penduduk Yaman yang isinya, “Tidak boleh menyentuh Al-Qur’an melainkan orang yang suci”. (HR. Daruquthni no. 449. Hadits ini dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’ no. 122).
    4- Mengambil tempat yang bersih untuk membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, para ulama sangat anjurkan membaca Al-Qur’an di masjid. Di samping masjid adalah tempat yang bersih dan dimuliakan, juga ketika itu dapat meraih fadhilah i’tikaf.
    Imam Nawawi rahimahullah menyatakan, “Hendaklah setiap orang yang duduk di masjid berniat i’tikaf baik untuk waktu yang lama atau hanya sesaat. Bahkan sudah sepatutnya sejak masuk masjid tersebut sudah berniat untuk i’tikaf. Adab seperti ini sudah sepatutnya diperhatikan dan disebarkan, apalagi pada anak-anak dan orang awam (yang belum paham). Karena mengamalkan seperti itu sudah semakin langka.” (At-Tibyan, hlm. 83).
    5- Menghadap kiblat ketika membaca Al-Qur’an. Duduk ketika itu dalam keadaan sakinah dan penuh ketenangan.
    6- Memulai membaca Al-Qur’an dengan membaca ta’awudz. Bacaan ta’awudz menurut jumhur (mayoritas ulama) adalah “a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim”. Membaca ta’awudz ini dihukumi sunnah, bukan wajib.
    Perintah untuk membaca ta’awudz di sini disebutkan dalam ayat,
    فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
    “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)
    7- Membaca “bismillahir rahmanir rahim” di setiap awal surat selain surat Bara’ah (surat At-Taubah).
    Catatan: Memulai pertengahan surat cukup dengan ta’awudz tanpa bismillahir rahmanir rahim.
    8- Hendaknya ketika membaca Al-Qur’an dalam keadaan khusyu’ dan berusaha untuk mentadabbur (merenungkan) setiap ayat yang dibaca.

    ReplyDelete
  72. Belajar hikmah dari Amirul mukminin Ibn Khatthab (r.a):
    -Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya
    -Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina
    -Orang yang menyintai akhirat, dunia pasti menyertainya
    -Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

    ReplyDelete
  73. Belajar sebagai suatu proses berfokus pada apa yang terjadi ketika belajar berlangsung. Penjelasan tentang apa yang terjadi merupakan teori-teori belajar. Teori belajar adalah upaya untuk menggambarkan bagaimana orang dan hewan belajar, sehingga membantu kita memahami proses kompleks inheren pembelajaran. (Wikipedia)
    Bertolak dari perubahan yang ditimbulkan oleh perbuatan belajar, para ahli teori belajar berusaha merumuskan pengertian belajar. Di bawah ini dikutip beberapa batasan belajar, agar dapat menjadi bahan pemikiran dan renungan mengenai pengertian belajar yang berlangsung di kelas.
    Belajar proses perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, di mana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecendrungan respon pembawaan, pemaksaan, atau kondisi sementara (seperti lelah, mabuk, perangsang dan sebagainya).
    Menurut Morgan (Gino, 1988: 5) menyatakan bahwa belajar adalah merupakan salah satu yang relatif tetap dari tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman. Dengan demikian dapat diketahui bahwa belajar adalah usaha sadar yang dilakukan manusia melalui pengalaman dan latihan untuk memperoleh kemampuan baru dan merupakan perubahan tingkah laku yang relatif tetap, sebagai akibat dari latihan. Menurut Hilgard (Suryabrata, 2001:232) menyatakan belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perbuatan yang ditimbulkan oleh lainnya.
    Selanjutnya menurut Gerow (1989:168) mengemukakan bahwa “Learning is demonstrated by a relatively permanent change in behavior that occurs as the result of practice or experience”.
    Belajar adalah ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi karena adanya latihan dan pengalaman-pengalaman.Kemudian menurut Bower (1987: 150) “Learning is a cognitive process”. Belajar adalah suatu proses kognitif.
    Dalam pengertian ini, tidak berarti semua perubahan berarti belajar, tetapi dapat dimasukan dalam pengertian belajar yaitu, perubahan yang mengandung suatu usaha secara sadar, untuk mencapai tujuan tertentu.

    ReplyDelete
  74. Pengertian Simple Past Tense
    Simple Past Tense adalah bentuk waktu yang digunakan untuk menerangkan suatu perbuatan, kegiatan, tindakan atau peristiwa yang dilakukan pada saat tertentu di waktu lampau. Waktu terjadinya perbuatan atau tindakan tersebut diketahui.
    Simple past tense adalah tenses yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Simple past tense banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Simple past tense memiliki kemiripan dengan present perfect tense. Perbedaan antara simple past tense dan present perfect tense akan dijelaskan pada artikel lainnya.
    Ciri-ciri simple past tense antara lain ditandai dengan beberapa time signal/penanda waktu yang menyatakan waktu lampau seperti:
    Yesterday kemarin
    Last night tadi malam
    Last week minggu lalu
    Last Sunday hari minggu yang lalu
    A moment ago baru saja
    An hour ago baru saja
    This morning tadi pagi
    This noon tadi siang
    Just now baru saja
    Etc.
    Ketika pertama kali mempelajari tenses dalam bahasa Inggris, Simple past tense merupakan tenses yang paling cepat saya pahami dibandingkan dengan tenses-tenses lainnya.
    Fungsi dan penggunaan simple past tense
    Berikut ini adalah fungsi dan penggunaan simple past tense dalam bahasa Inggris:
    1. Simple past tense berfungsi untuk menyatakan suatu perbuatan yang telah dilakukan di waktu lampau dan selesai pada saat itu juga atau untuk menggambarkan suatu kejadian yang terjadi pada saat tertentu di waktu lampau dimana waktu terjadinya kejadian atau perbuatan disebutkan secara jelas.
    Contoh:
    She went to Malang a week ago
    ( dia pergi ke Malang satu minggu yang lalu )
    2. Simple past tense digunakan untuk menunjukkan peristiwa atau kejadian yang terjadi di waktu lampau yang diketahui atau dinyatakan melalui pertanyaan mengenai waktu terjadinya.
    Contoh:
    What time did your brother leave for Yogyakarta ?
    ( jam berapa kakakmu berangkat ke Yogyakarta ? )
    3. Simple past tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang sudah jelas terjadi atau dilakukan di waktu lampau tetapi tidak disebutkan secara pasti waktu kejadian tersebut. Untuk fungsi ini, simple past tense biasa digunakan untuk menceritakan kejadian atau pengalaman masa lalu.
    Contoh:
    My uncle bought this house from a friend of my father
    ( Pamanku membeli rumah ini dari ayah temanku )
    4. Simple past tense digunakan untuk menyatakan suatu kebiasaan di waktu lampau tetapi tidak berlagsung lagi sekarang.
    Contoh:
    When I was young, I worked hard
    ( Ketika saya muda, saya bekerja keras )
    5. Simple Past tense digunakan sebagai anak kalimat ( if clause ) dalam kalimat pengandaian type 2 ( conditional sentence type 2 ). Sedangkan induk kalimatnya ( main clause ) berada pada past future tense.
    Contoh:
    I would tell you if I knew it
    ( Saya akan memberitahu kamu seandainya saya tahu tentang itu )

    ReplyDelete