Wednesday, November 11, 2015

Analisa yang bagus, Menguntungkan dan Menyelamatkan

Cara kerja otak dalam berpikir dipengaruhi oleh memori atau ingatan yang sudah terekam dari kegiatan-kegiatan yang sudah kita kerjakan. Berpikir merupakan langkah awal sebelum melakukan pengambilan keputusan dalam bertindak. Nah, proses tersebut biasanya dimasukan dalam kategori ”analisa”, salah satu aktivitas otak 1 level lebih tinggi dari sekedar berpikir. Karena bisa jadi cara kita menganalisa merupakan dari proses berpikir, mengumpulkan data dan diikuti sedikit memprediksi. Analisa kadang kita lakukan ketika akan melakukan sebuah keputusan yang krusial dan penting agar hasil akhirnya baik dan akurat.
Tingkat akurasi juga dipengaruhi dari tingkatan analisa, biasanya melakukan banyak pertimbangan. Dalam sebuah organisasi yang terkenal adalah adanya kegiatan SWOT analysis yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Threaten (ancaman). Manfaat dari analisa SWOT adalah program dari suatu organisasi/ lembaga akan terukur. Keadaan yang terjadi di lapangan akan diukur dari kekuatan/ kelebihannya dan dibarengi dengan menganalisa kelemahannya sekaligus. Di sisi lain, kita juga menganalisa peluang yang ada dan kemungkinan ancaman yang akan menghadang ketika melaksanan suatu kegiatan atau program kerja.
Analisa sederhana biasanya dilakukan oleh pengamat dan orang yang suka menebak hasil skor pertandingan baik itu misalnya sepak bola atau jenis olah raga lainnya. Analisanya meliputi klub-klub yang bertanding, kondisi pemain, home-away, bahkan terkait kondisi finansial klub tersebut. Kegiatan analisa sering kita jumpai juga dalam bursa saham dimana aktivitas saham berubah setiap hitungan menit bahkan hitungan detik juga menentukan. Ketrampilan menganalisa juga diperlukan bagi seorang ilmuwan dan seorang peneliti dimana kegiatannya berhubungan dengan sesuatu yang scientific atau ilmiah. Kata analisa berdekatan dengan kata "prediksi" (menerka atau menebak), hanya analisa disini tidak sekedar guessing namun dalam prosesnya membutuhkan data atau angka-angka akurat bahkan teori seorang ahli.
Dilihat dari cara seseorang berpikir dan menganalisa sebuah masalah maka kita bisa sedikit banyak mengetahui cara orang tersebut dalam bertindak, biasanya mereka lebih teliti dan hati-hati dalam mengambil sebuah keputusan. Jika kita terbiasa menganalisa sebuah masalah atau kejadian maka hikmah yang bisa diambil adalah tidak berulangnya kesalahan yang sama pada masalah yang sama. Karena dari proses analisa kita sudah mengetahui resiko dan kemungkinan yang terjadi dari tindakan yang akan kita ambil.
Jadi, marilah kita latih kemampuan analisa diri kita terhadap suatu masalah karena membawa kita menjadi orang yang lebih bijak dalam mengambil keputusan hidup bahkan akan lebih menghargai kehidupan yang sedang dijalani. Tidak hanya menguntungkan secara fisik namun secara psikologis kita lebih mantap dan yakin dalam menjalani kehidupan. Kekuatan analisa ini  mampu menyelamatkan kita dari risk yang timbul adanya kecerobohan ataupun karena ketidaktahuan kita. Memang orang yang tidak tahu itu tidak berdosa, namun alangkah baiknya kita mencari tahu, atau minimal jika ada orang yang memberi tahu kebenaran kita mendengarkan dan menerimanya. Sehingga tidak lagi mengeluhkan karena kita bodoh, karena tertinggal info, karena wawasan sempit dan lain sebagainya. Diharapkan lebih aktif menjadi orang yang senantiasa mencari tahu (ilmu pengetahuan) dan kemudian menularkan kepada orang lain yang membutuhkan. Bukan menjadi orang yang menghambat saudaranya untuk mencari tahu (ilmu pengetahuan) atau sebaliknya menjadi musuh orang yang memiliki ulmu pengetahuan.
Dalam Bahasa Inggris terdapat teks analisa yang dikenal dengan Analytical Exposition text. Yaitu teks yang berupa karangan analisa terhadap sebuah thesis tertentu dengan menyugihkan argumen-argumen yang ada, dan diakhiri dengan kesimpulan dari penulisnya. Berikut contoh teks analytical exposition:
Integrated Pest Management
     There is no one way to deal pests in agricultural. Pesticides are commonly used, but this may cause many problems. First, the chemicals in pesticides may build up residues in the environment. These reduce the quality of farm’s products. As well, pests can gradually become resistant to pesticides. This means that newer and stronger ones have to be developed. Some pesticides also affect non target animal such as fish and bees. To wipe out agricultural pests completely may be very expensive. Sometimes pest damage costs less than method of control. Finally, understanding the ecology of the area will help in a pest control. Natural enemies can be used to control pests. In other word, it can be said that an integrated pest management (i.e. an ecological approach that can significantly reduce or eliminate that use of pesticides) is safer and more effective to be used as a solution to deal with pests in agriculture.
QUESTIONS
1. What is the topic of the text?
A.   Different management operations
B.   The chemical in the pesticides.
C.   The best way to deal with pest in the agriculture.
D.  Residues in the environment.
E.   Understanding the ecology of the area.
2. "To wipe out agricultural pests completely may be very expensive." The phrase wipe out has similar meaning with..
A. Eliminate
B. Overcome
C. Maintain
D. Examine
E.  Keep

16 comments:

  1. 1. C. The best way to deal with pest in the agriculture

    ReplyDelete
  2. 1. C. The best way to deal with pest in the agriculture

    ReplyDelete
  3. Jangkrik = cricket

    ReplyDelete
  4. 1. C. The best way to deal with pest in the agriculture
    2. A. Eliminate

    ReplyDelete
  5. 1. C. The best way to deal with pest in the agriculture
    2. A. Eliminate

    ReplyDelete
  6. A. Besi adalah sebuah benda yang berat dan bisa berkarat.
    B. Manfaat besi untuk membuat pondasi bangunan.
    C. beda besi dan logam. besi lebih berat sedangkan logam lebih ringan.
    D. Barang berupa besi dirumah : linggis, palu, cangkul.

    ReplyDelete
  7. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran (hukum) atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Sedangkan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik dan mengevaluasi peserta didik, pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sementara pegawai dunia pendidikan merupakan bagian dari tenaga kependidikan, yaitu anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Dalam informasi tentang wawasan Wiyatamandala, kedisiplinan guru diartikan sebagai sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi semua ketentuan, peraturan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan taggung jawab.
    Definisi Disiplin
    Dari definisi diatas dapat disimpulkan. Kedisiplinan guru dan pegawai adalah sikap penuh kerelaan dalam mematuhi semua aturan dan norma yang ada dalam menjalankan tugasnya sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap pendidikan anak didiknya. Karena bagaimana pun seorang guru atau tenaga kependidikan (pegawai), merupakan cermin bagi anak didiknya dalam sikap atau teladan, dan sikap disiplin guru dan tenaga kependidikan (pegawai) akan memberikan warna terhadap hasil pendidikan yang jauh lebih baik.
    Menurut Hasbi Ash-Shiddieqy (1980) al-Qur’an menurut bahasa ialah bacaan atau dibaca. Al-Qur’an adalah mashdar yang diartikan dengan arti isim maf’ul yaitu maqru atau yang dibaca. Para ahli ushul fiqh menetapkan bahwa al-Qur’an adalah nama bagi keseluruhan al-Qur’an dan nama bagi suku-sukunya.
    Menurut Quraisy Shihab (1997), al-Qur’an yang secara harfiah berarti “bacaan sempurna” merupakan suatu nama pilihan Allah yang sungguh tepat, karena tiada satu bacaan pun sejak manusia mengenal tuliss-baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi al-Qur’an Al-Karim, bacaan sempurna lagi mulia. Tiada bacaan semacam al-Qur’an yang dibaca oleh ratusan juta orang yang tidak mengerti artinya dan atai tidak dapat menulis dengan kasaranya. Bahkan dihafal huruf demi huruf oleh orang dewasa, remaja, dan anak-anak.
    Pada masa hidup Nabi Muhammad saw, perhatian umat terhadap kitab al-Qur’an ialah memperoleh ayat-ayat al-Qur’an itu dengan cara mendengarkan, membaca, dan menghafalkannya secara lisan dari mulut ke mulut. Mulai dari Nabi kepada para sahabat, dari sahabat yang satu ke sahabat yang lain, dan dari seorang imam ahli bacaan yang satu kepada imam yang lain (Abdul Djalal, 1998).
    Pada periode pertama ini, al-Qur’an belum dibukukan, sehingga dasar pembacaan dan pelajarannya adalah masih secara lisan. Pedomannya adalah Nabi dan para sahabat serta orang-orang yang sudah hafal al-Qur’an. Kondisi ini berlangsung terus sampai masa sahabat, masa pemerintahan khalifah Abu Bakar ra. dan Umar ra. Pada masa kekhalifahan ini, kitab al-Qur’an sudah dibukukan dalam satu mushhaf.


    ReplyDelete
  8. ini Meneruskan komentar yang atasnya pak ,soale gak bisa dijadikan satu langsung harus 2x , kebanyakan baris pak..hehe ini yang tentang pembelajaran lagu bahasa inggris pak...
    Pembelajaran Bahasa Inggris - Bahasa inggris pada era ini sangat penting bagi anda. Dengan semakin meluasnya globalisasi yang dimana seluruh kegiatan ekonomi, politik dan informasi sebagian besar menggunakan bahasa inggris. Untuk itu meningkatkan kemampuan bahasa inggris wajib anda lakukan, bagi usia belajar bahasa inggris sangatlah mudah. Dengan situasi belajar yang mereka hadapi setiap hari memudah untuk menyesuaikan dalam proses pembelajaran. Bagi anda yang sudah dalam usia produktif kerja sebagian besar anda mulai enggan untuk belajar namun dituntut untuk dapat berbahasa inggris merupakan suatu tantangan. Maka dari itu menggunakan metode mendengarkan lagu sangatlah mudah dan efektif.
    Mendengarkan music memliki berapa manfaat salah satunya dapat meningkatkan fungsi otak kita. Bila dihubungkan dengan belajar bahasa inggris menggunakan
    metode mendengarkan lagu justru memberikan manfaat. Apabila kita mendengarkan lagu bahasa inggris yang terus menerus kita ulang anda dapat menghafal beberapa lirik. Setelah anda hafal silakan anda mencoba untuk menuli kembali lirik lagu yang anda benar. Usahakan lirik yang anda tulis sama dengan lirik yang ada dalam lagu tersebut. Lalu silakan anda menyanyikan kembali dengan lirik yang telah anda tulis dengan benar. Guna dari menyanyikan ini adalah untuk memperlancar dalam pelafalan kosa kata bahasa inggris. Setelah anda mencoba dan anda mulai bisa melafalkan dengan benar dan lancar maka saatnya anda untuk beralih ketahap selanjutnya.Tahap selanjutnya adalah mencoba untuk mengartikan lagu tersebut kedalam bahasa Indonesia. Yang perlu adalah kamus bahasa inggris sebagai alat bantu penerjemah. Maksud dari penerjemah ini adalah untuk mengetahui beberapa arti kata yang ada dalam lagu tersebut, karena dalam lirik sebagian besar menggunakan bahasa sehari-hari digunakan dan bahasa yang mudah. Setelah anda mampu mengartikan dengan benar silakan anda mencari lagu yang lain dan mulailah anda menerjemahkan lagu tersebut. Bila telinga anda mulai terbiasa mendengarkan beberapa percakapan maka kemampuan anda dapat diasah kembali dengan belajar bahasa inggris melalui buku dan media lainnya. Dari poin adalah untuk meningkatkan kepekaan telinga dan rasa percaya diri anda dalam belajar bahasa inggris.

    ReplyDelete