Wednesday, January 13, 2016

Maha Suci Allah, hujan membawa keberkahan

Hari ini sekitar pukul dua siang, saya menunggu redanya hujan turun. Setelah bumi diguyur hujan selama hampir 2 jam, akhirnya reda pula, meski tanah, jalanan menjadi becek dan banyak lumpur yang terbawa aliran air di jalanan. Sehingga kadang ketika naik sepeda motor dan tidak hati-hati bisa jadi tergelincir akhirnya jatuh. Faktor licinnya jalanan tersebut harus disikapi ekstra oleh pengendara sepeda motor, yang hakikatnya pengguna jalan yang kadang ugal-ugalan. Sudah tiba musim hujan, yang dimulai sejak bulan desember tahun 2015, menemani aktivitas harian baik itu tukang becak, pegawai kantor, pedagang keliling ataupun buruh. Hujan itupun yang membawa keberkahan sendiri bagi beberapa pedagang misal saja penjual bakso (laris manis kalo pas hawa dingin disertai perut kosong), namun bisa juga sedikit ujian bagi pedagang lainnya, misalnya bagi usaha pembuat kerupuk (karena pengaruh sinar matahari). Hujan itupulalah yang hari ini menunda 2 jam saya untuk pulang ke rumah setelah mengajar. Saya sempatkan berbincang-bincang dengan beberapa murid di ruang laboratorium komputer sambil menemani mereka menyelesaikan beberapa tugas. Selama 2 jam, saya mengamati beberapa murid ketika mengoperasikan netbook yang belum terlalu terampil, kemudian sesekali memberi beberapa tips dalam menggunakan aplikasi word, dll. Saya menyimpulkan bahwasanya penggunaan komputer itu layaknya kejadian hujan, terlalu lama di depan komputer (apalagi dengan akses internet) kadang manfaatnya lebih sedikit dibanding kerugian (dampak negatifnya). Hujan kalau turun dan intensitasnya sangat deras ditambah berlangsung lebih dari 2 jam tanpa henti, maka mungkin banjir akan terjadi. Begitupun penggunaan komputer selama berjam-jam apalagi tidak mengindahkan azas kebermanfaatan maka bisa membawa efek negatif pada seseorang. Apalagi untuk kesehatan mata, untuk yang langsung terakses ke internet (termasuk smartphone) akan menjadi tindakan yang membawa kesia-siaan.  Contoh sederhana yang saya temui adalah terbuai dengan browsing, media sosial, chatting, sedangkan untuk yang terkait dengan tugas hanya beberapa persen saja, semisal 3 jam internetan bisa jadi untuk belajar, tugas, PR, dsb hanya 15 menit selesai selebihnya untuk media sosial, browsing, game online atau hal lain yang kurang begitu penting.
Sarannya adalah hal yang berlebihan itu tidak baik dilakukan karena membawa efek yang buruk. Harus memiliki kontrol terhadap waktu, tidak lupa waktu, bahkan sampai melupakan waktu. Ada hal yang harus diisi oleh manusia selain kebutuhan akan hiburan (entertainment) tentunya selain kebutuhan akan kebutuhan primer (sandang, pangan, dan papan). Kebutuhan itu adalah kebutuhan spiritual, artinya ruh atau hati ini tidak boleh kering iman. Keberadaan rutinitas harian harus diimbangi dengan rutinitas spiritual, menjaga tilawah Al Qurah, menyempurnakan ibadah wajib dengan sunah (puasa atapun shalat sunah). Hal tersebut mampu  sedikit banyak mewarnai hari-hari, bahkan ketika bekerja, sehingga kepenatan secara psikologis tidak terjadi karena kita selalu terhubung dengan Rabb, Allah swt. Sebut saja seorang santri yang punya prinsip dan dasar keimanan yang kuat meski ditawari untuk melihat gambar/video porno pastilah dia akan menolaknya, atapun menghindari browsing atau mengunjungi situs sejenis. Dan inilah yang menjadi benteng pertahanan bagi budi pekerti. Dan Islam memiliki solusi untuk permasalahan yang ada di dunia ini.
Kembali menilik tentang hujan, saya pernah membaca buku doa harian anak saya yang belajar di PAUD, allohuma shoyiban nafian (yang artinya kkurang lebih Ya Allah semoga hujan yang turun ini membawa manfaat dan keberkahan). Peluang banyak berdoa dan mendapat keberkahan dari kejadian hujan saja, maka ketika hari-hari ini musim hujan maka hari-hari kita juga diisi dengan doa tersebut. Logikanya rains everyday, get blessing everyday, hujan mengguyur, doa keberkahan senantiasa terucap dari lisan kita yang mengharap berkah dari Allah swt. Tidak terjadi lagi keluha, aduh hujan lagi, hujan lagi, atau keluhan sejenis lainnya.
Marilah kita belajar bahasa Inggris tentang water cycle (termasuk kedalam jenis teks Explanation), berikut teks dan latihan soal yang bisa kita pelajari;
Water Cycle
Solar energy evaporates exposed water from seas, lakes, rivers and wet soil, the majority of this evaporation takes place over the seas. Water is also released into the atmosphere by the plants through photosynthesis. During this process, known as evapotransportation, water vapour rises into the atmosphere.
Clouds are formed when air becomes saturated with water vapour. The two major types of cloud formation are stratified or layered grey clouds called surutus and following white or dark grey cloud called cumulus clouds.
Precipitation as rain or hail ensures the heated water returns to Earth’s surface in a fresh form. Some of this rain, however, falls into the seas and is not accessible to humans. When rain fallls, it either washes down hill slopes or seeps underground, when snow and hail melt, this water may also shrink into the ground.
Rain fall also replenishes river water supplies so does underground water. Snow fall may consolidate into glaciers and ice sheet which, when they melt, release their water into the ground, into streams or into the seas. 
QUESTIONS
1. The text tells about...
A. types of cloud
B. how clouds form
C. cloud evaporation
D. how water vapour rises
E. how water cycle works
2. Why does water return to earth’s surface in a fresh form?
A. It has been evaporated.
B. It is full of water vapour.
C. It is kept in the atmosphere.
D. It is the form of precipitation.
E. It is kept in the form of clouds.
3. Evaporation is a process when water is released into the atmosphere by...
A. the seas
B. the streams
C. the rivers
D. the wet soils
E. the vegetations
4. “Clouds are formed when air becomes saturated with water vapour.” (Paragraph 2)
The underlenied word means...
A. full
B. dry
C. dirty
D. heavy
E. overload
 
Related Posts
1. Download Action Movies Jet li Bluray
2. Download Drama & Cartoon Movies
3. Download Korean Drama
4. Download Nasyid Daud Wharnsby
5. Download Game PC
6. Download Hindi movies Bluray
7. Download Koleksi Film SRK Full
8. Download Listening UN 2017

270 comments:

  1. Kelebihan tadarus dijelaskan menerusi hadis sahih Muslim yang menyebut, Rasulullah S.A.W telah bersabda: “Tidak ada satu kaum yang berhimpun pada satu rumah Allah daripada rumah-rumah Allah yang membaca Al-Quran dan belajar memahaminya di kalangan mereka melainkan Allah menurunkan rahmat dan ketenangan, dilindungi oleh para malaikat dan diingati oleh Allah disisi-Nya”.Sepanjang bulan Ramadan setiap tahun, Rasulullah akan bertadarus dengan Jibrail hingga khatam untuk memperbaiki sebutan dan mendalami isi kandungan dan pelaksanaan tuntutan Al-Quran itu sendiri. Pada tahun kewafatannya, baginda khatam sebanyak dua kali.
    Amalan tadarus pada bulan Ramadan yang bermakna saling tegur menegur dalam mempertingkatkan mutu dan ketepatan bacaan masing-masing,”
    tadarus dijelaskan menerusi hadis sahih Muslim yang menyebut, Rasulullah S.A.W telah bersabda: “Tidak ada satu kaum yang berhimpun pada satu rumah Allah daripada rumah-rumah Allah yang membaca Al-Quran dan belajar memahaminya di kalangan mereka melainkan Allah menurunkan rahmat dan ketenangan, dilindungi oleh para malaikat dan diingati oleh Allah disisi-Nya”.Cara Tadarus:
    Tiada cara yang seragam atau tertentu dalam aktiviti tadarus Al-Qur’an. Bagaimanapun
    antara langkah-langkah yang boleh diikuti ialah:
    1. Membaca Al-Qur’an secara bergilir-gilir dalam suatu kumpulan kecil.
    2. Membaca mengikut tertib surah dan ayat, sebagaimana dalam mashaf
    3. Menyemak bacaan agar selamat daripada kesalahan tajwid dan sebagainya.
    4. Baca dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah bukan untuk segera khatam.
    5. Aktiviti ini boleh dihidupkan di tempat-tempat yang sesuai terutama di masjid, surau atau di rumah sebaik-baiknya bersama keluarga.
    Adab Membaca Al-Qur’an:
    Antara perkara-perkara utama dalam adab membaca Al-Qur’an:
    1. Suci daripada hadas besar dan kecil.
    2. Duduk dengan sopan dan mengadap kiblat.
    3. Membaca secara tartil.
    4. Membaca dengan melihat mashaf ( مصحف ) lebih afdhal.

    ReplyDelete
  2. Gotong royong berasal dari kata dalam Bahasa 4awa. 5ata gotong dapat dipadankan dengan kata pikul atau angkat. 5ata royong dapat dipadankan dengan bersama-sama. 4adi kata gotong royong secara sederhana berarti mengangkat sesuatu secara bersama-sama atau juga diartikan sebagai mengerjakan sesuatu secara bersamasama. "isalnya0 mengangkat meja yang dilakukan bersama-sama# membersihkan selokan yang dilakukan oleh warga se R6# dan sebagainya %Rochmadi# 78)70+'4adi# gotong royong memiliki pengertian sebagai bentuk partisipasi aktif setiap indiidu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai tambah atau positif kepada setiap obyek# permasalahan atau kebutuhan orang banyak di sekelilingnya. artisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi# keuangan# tenaga fisik# mental spiritual# ketrampilan# sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif# sampai hanya berdoa kepada 6uhan %Rochmadi# 78)70+'5onsep gotong royong juga dapat dimaknai dalam konteks pemberdayaan masyarakat karena bisa menjadi modal sosial untuk membentuk kekuatan kelembagaan di tingkat komunitas# masyarakat negara serta masyarakat lintas bangsa dan negara Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan. !al tersebut juga dikarenakan di dalam gotong royong terkandung makna
    collective action to struggle,
    self governing, common goal, dan sovereignty
    %ranadji# 788*0 97'enerapan nilai gotong royong di Indonesia mengalami pasang surut penggunaannya mengikuti arus dan gelombang masyarakat penggunanya %dinamis'. 5ata gotong royong telah digunakan oleh semua lapisan masyarakat# dari kalangan birokrat dan pemimpin pemerintahan sampai kalangan buruh tani# pemimpin perusahaan# tukang ojek# organisasi# desa. R6# RW# sampai dengan peronda malam di kampung-kampung.

    ReplyDelete
  3. Memang sungguh ajaib, nama salah satu elemen kimia dalam tabel periodik, yaitu besi (Fe = ferrum) bisa menjadi salah satu judul surat dalam kitab Al Qur'an. Dan hal ini diperdebatkan sebagai salah satu hal yang dianggap sebagai salah satu kelemahan Al-Qur’an. Tetapi itulah Al-Qur'an, dan apakah ini akan menjadi salah satu kelemahan, atau malah salah satu pesona yang tak terbantahkan dari Al-Qur’an? Sehingga pertanyaan bagi orang awam tentunya, karakter apa yang menarik pada surat ini? Lalu, mengapa besi dijadikan salah satu nama surat dalam Al-Qur'an? Bukankah emas, misalnya, adalah logam mulia yang lebih berharga?Surat ini turun di antara masa-masa Perang Uhud, pada awal terbentuknya Negara Islam di Madinah. Oleh karena itu, bisa dipahami jika cukup banyak ayat yang memerintahkan pembaca untuk menafkahkan harta bagi kepentingan umum. Nama surat terambil dari kalimat wa anzalnal-hadida, ayat 25. Ayat seperti ini, menurut pandangan Malik Ben Nabi, laksana "kilauan anak panah" yang menarik perhatian bagi kaum berakal; yang diselipkan di antara pelajaran-pelajaran yang menyangkut ketuhanan.
    " Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan/turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia (supaya mereka mempergunakan besi itu), dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Maha Perkasa."Qur’an surah Al-Hadiid 57 : 25
    Karakter pertama yang menarik perhatian adalah banyak penafsir menghindari terjemahan wa ansalnal-hadida dengan "Kami ciptakan besi", padahal secara intrinksik seharusnya. "Kami turunkan besi", sebagaimana terjemahan "Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab dan mizan (keadilan, keseimbangan, keselarasan, kesepadanan)". Mengapa demikian? Karena dalam bayangan mufasir klasik, bagaimana caranya besi diturunkan dari langit? Apakah dijatuhkan begitu saja?
    Namun seiring dengan perkembangan waktu, pengetahuan manusia bertambah. Ilmuwan seperti Profesor Armstrong dari NASA atau Mohamed Asadi berpandangan bahwa "memang besi diturunkan dari langit". Sains memberikan informasi kepada kita bahwa besi termasuk logam berat tidak dapat dihasilkan oleh bumi sendiri.

    ReplyDelete
  4. Waktu sahur
    Waktu ini sangat baik sekali untuk menghafal dimana keadaan otak sangat netral, ini alasan kenapa rasulullah mensunahkan untuk bershalat malam tahajjud karena pikiran waktu yang paling jernih dan dimana perasaan serta sel sel otak pun tumbuh dengan sangat baik, inilah waktu yang pas untuk menghafal, seperti yag di katakan ulama “waktu pikiran paling jernih adalah waktu sahur” (khahlil bin ahmad )
    Awal pagi
    awal pagi merupakan awal penentu aktivitas yang akan di lakukan, tak heran kenapa jika memberikan pengaruh positif pada awal pagi maka menjalani aktifitas sehari-haripun akan lebih baik dan lebih memberikan pengaruh positif dalam diri, seperti yang dikatakan oleh ibnu jauzi. “Ketika kekuatan semakin melemah maka di butuhkan refresing, ketika menuilis membaca mengarang tetap di butuhkan dan lebih penting lagi menghafal, maka waktunya harus di bagi dua yaitu menghafal di waktu pagi dan malam, dan sisa waktu di bagi untuk menulis istirahat dan hal-hal mubah.”
    Waktu malam
    Memang kebanyakan dari kita menggunakan waktu mala mini untuk belajar, apalagi saat malam adalah saat santai dan istirahat baik di gunakan untuk menghafal, namun di sarankan setidaknya hanya gunakan waktu malam max. 2 jam karena lebih dari itu otak anda akan terlalu banyak bekerja hingga akhirnya malah sering lupa.
    “waktu yang paling baik untuk menghafal ialah waktu waktu sahur, di tengah hari kemudaian di pagi hari, menghafal di waktu malam lebih baik dari waktu siang, dan waktu lapar lebih abik dari pada waktu kenyang” ( al-khatib al bagdhadi)
    pikiran seperti telinga yang mendengar suara bising karena rebut pandangan yang di penuhi dengan gambar-gambar warna warni dan sebagainya.

    ReplyDelete
  5. 43.A:the father realized his mistake when he himself was grazing
    44.B:the father fainted in the market

    ReplyDelete
  6. 43.A the father realized his mistake when he himself was grazing
    44.B the father fainted in the market

    ReplyDelete
  7. saya akan menceritakan tentang kegiatan sehari-hari saya dari bangun tidur sampai tidur lagi. saya bangun tidur pukul 04.30 melakukan kegiatan belajar, sehabis belajar saya sholat subuh, sehabis itu saya membersihkan rumah, dan jm 05.30 saya mandi dan sarapan pagi lalu saya berangkat sekolah. dan sepulang sekolah saya les, dan sepulang les saya makan dan istirahat, setelah itu saya membersihkan rumah lalu mandi dan sholat asar. dan ketika magrib saya sholat lalu makan, selesai makan saya belajar, dan saya tidur. sekian cerita saya tenteng kegitan sehari- hari saya. terima kasih

    ReplyDelete
  8. dan hariii seterusnya seperti biasa sayaa bangun pagi yhaaa kegiatanya cuman itu itu saja sekolah sampaii llis mndapatkan nilai yang memuaskan

    ReplyDelete
  9. Banyak orang merasa bangga dengan kemampuan lisannya (lidah) yang begitu fasih berbicara. Bahkan tak sedikit orang yang belajar khusus agar memiliki kemampuan bicara yang bagus. Lisan memang karunia Allah yang demikian besar. Dan ia harus selalu disyukuri dengan sebenar-benarnya. Caranya adalah dengan menggunakan lisan untuk bicara yang baik atau diam. Bukan dengan mengumbar pembicaraan semau sendiri.

    Orang yang banyak bicara bila tidak diimbangi dengan ilmu agama yang baik, akan banyak terjerumus ke dalam kesalahan. Karena itu Allah dan Rasul-Nya memerintahkan agar kita lebih banyak diam. Atau kalaupun harus berbicara maka dengan pembicaraan yang baik. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

    ReplyDelete
  10. 43.A the father realized his mistake when he himself was grazing
    44.B the father fainted in the market

    ReplyDelete
  11. Pakaian adalah suatu perhiasan yang dapat mempercantik/memperindah kita. Sedangkan yang dimaksud dengan fungsi pakaian bag tubuh kita adalah :


    Untuk menutup Aurat
    Untuk melindungi dari sengatan matahari
    Untuk melindungi kulit dari dinginnya suhu dimalam hari.
    Untuk bergaya/model
    Untuk mengantispasi debu

    Bagi kaum muslim berpakaian yang dianggap menutup aurat adalah dengan berpakian muslim dengan berkurudung. ehhh..malah bahas yang lain nich.


    Banyak cara untuk merawat pakaian agar tidak cepet rusak, bahkan sampai mengeluarkan uang yg tidak sedikit untuk merawat pakaian. Disini saya akan memberkan tip cara merawat pakaian yang umum kita lakukan.
    Cara merawat pakaian adalah :

    Sehabis dipakai seharusnya selalu dicuci.
    Direndam memakai dterjen terlebih dahulu, supaya kuman penyakit yang menempel di dalam pakaian bisa mati.
    Dikucek-kucek memakai tangan /mesin cuci
    Dibilas menggunakan air bersih
    Dijemur dibawah terik matahari sampai kering
    Disetrika.
    Ditaruh di lemari pakaian.

    ReplyDelete
  12. 41. A. the second son
    42. A. he beat the cow and tied her up to a tree
    45. B. we should think before we act

    ReplyDelete
  13. 41. A. the second son
    43. A. the father realized his mistake, when he himself was grazing
    44. B. the father fainted in the market
    45. B. we should think before we act

    ReplyDelete
  14. 43. A. the father realized his mistake, when he himself was grazing
    44. B. the father fainted in the market

    ReplyDelete
  15. untuk memudahkan menghafalnya, ada beberapa teknik dan persiapan khusus yang bisa dipakai. Beberapa di antaranya:

    * lkhlaskan niat dan bersabar
    * Jangan lupa baca basmillah dulu
    * Berdoa kepada Allah swt
    * Bersih dari hadas kecil dan besar
    * Sebaiknya menghadap kiblat
    * Memakai pakaian putih yang bersih dan menutup aurat
    * Jangan banyak berkata dan ketawa ketika membaca dan menghafal
    * Memberikan perhatian sepenuhnya
    * Jangan membaca ketika mengantuk atau menguap
    * Berhenti membaca ketika ingin buang angin
    * Salat dua rakaat sebelum memulai

    ReplyDelete
  16. Sering sekali terjadi pengulangan jamaah dalam satu masjid, sehingga lebih dari dua jamaah, bahkan terkadang terjadi dua jamaah dalam satu waktu. Hal ini merupakan kenyataan yang harus diketahui hokum syari’at tentangnya, agar semakin jelas permasalahan dan hokum syari’atnya.

    Apabila melihat keadaan jama’ah kedua dalam satu masjid, didapatkan ada beberapa enam kondisi, yaitu:

    Melakukan jamaah kedua disatu masjid yang tidak memiliki imam rawatibnya. Hal ini diperbolehkan.[1] Hal ini merupakan ijma’ sebagaimana dinukil oleh Imam Nawawiy. Beliau menyatakan: “Apabila masjid tidak memiliki imam rawatib (tetap) maka diperbolehkan mengadakan jamaah kedua dan ketiga atau lebih menurut ijma’”[2]

    Melakukan jamaah kedua disatu masjid yang ada imam rawatibnya. Namun dilakukan karena kapasitas masjidnya tidak mampu menampung seluruh jamaah sholat. Demikian juga hal ini diperbolehkan.
    Melakukan jamaah kedua di masjid yang sama pada waktu yang bersamaan pula. Hal ini disepakati para ulama keharomannya[3]. Hal ini dikuatkan dengan beberapa hal, yaitu:
    Hal ini menyelisihi amalan Nabi n dan para sahabatnya, karena kejadian ini tidak pernah ada dizaman mereka. Syeikh ‘Aliisy Al Mishriy menjelaskan bahwa awal terjadinya berbilang jamaah dalam satu masjid di abad keenam dan belum pernah ada sebelumnya.[4]
    Menyelisihi hikmah pensyariatan berjamaah yang berupa kesatuan hati dan persatuan. Jamaah kedua yang dilakukan pada masjid dan waktu yang sama tentu akan memecah belah persatuan dan kesatuan hati kaum muslimin.
    Mengganggu dan memecah konsentrasi dan kekhusyuan orang yang sholat.
    Tidak dapat melakukan taswiyatus Shufuf (merapatkan dan meluruskan shof). Ini tentunya menyelisihi anjuran dan ajaran Rasululloh n .
    Terdapat penghinaan dan celaan kepada iman rawatib. Padahal para imam madzhab khususnya madzhab syafi’iyah dan hambaliyah sangat menganjurkan penjagaan hak imam rawatib. Tidak boleh selainnya menegakkan jamaah bila ia tidak ada dimasjid kecuali dengan udzur, seperti tidak mungkin ia hadir dimasjid dan takut hilang waktu sholat.[5]
    Mengerjakan jamaah lebih dari sekali dimushola-mushola dipinggiran jalan dan pasar (pusat pembelanjaan). Hokum jamaah ini diperbolehkan walaupun jamaah ketiga keempat dan seterusnya, karena mushola-mushola ini tidak dapat diatur jamaahnya karena silih berganti datangnya.[6] Imam Syafi’I berkata: “Adapun masjid yang dibangun di pinggir jalan atau pojokannya yang tidak ada mu’adzin tetap dan juga tidak ada imam tetapnya, tempat sholat dan istirahat orang yang lalu lalang disana, maka aku tidak melarangnya”.[7]
    Imam mengulangi sholatnya berjamaah dua kali dengan mengimami satu sholat dua kali. Ini diharomkan, walaupun ia berniat sholat yang kedua mengqodha sholat yang terlewatkan. Apalagi sholat fardhu diwaktunya. Ini disepakati oleh para imam madzhab sebagai perkara yang harom.[8]
    Mengerjakan jamaah kedua dalam masjid yang ada imam rawatibnya setelah selesai jamaah pertama bersama imam rawatib.

    ReplyDelete
  17. Pada masalah ini terdapat perbedaan pendapat para ulama.

    Pendapat pertama : Melarang secara tegas dan hendaklah orang yang ketinggalan jamaah pertama sholat sendirian. Ini pendapat imam Sufyan Ats Tsauriy, Abdullah bin Al mubaarak, Malik bin Anas, Muhammad bin Idris Asy Syafi’I, Laits bin Sa’ad, Al Auzaa’iy, Az Zuhriy, Utsman Al Bittiy, Rabi’ah, An Nu’maan bin Tsabit Abu Hanifah, Ya’qub bin Ibrohim Abu Yusuf Al Qaadhiy, Muhammad bin Al Hasan Asy Syaibaaniy, Al Qaasim, Yahya bin Sa’id, Saalim bin Abdillah, Abu Qilaabah, Abdurrazaaq Ash Shon’aniy, Ibnu ‘Aun, Ayub As Sakhtiyaaniy, Al Hasan Al bashriy, ‘Alqomah, Al Aswad bin Yazid, An Nakho’iy dan Abdillah bin Mus’ud.

    Ulama-ulama ini mengambil dalil nash dan aqal. Adapun dari nash yang dinukil dari nabi dan para sahabatnya terdiri dari tiga sisi, Al Qur’an, Assunnah (Hadits Nabi n ) dan Atsar para sahabat.

    Dalil Al Qur’an

    Firman Allah l :

    وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مَسْجِدًا ضِرَارًا وَكُفْرًا وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ وَإِرْصَادًا لِّمَنْ حَارَبَ اللهَ وَرَسُولَهُ مِن قَبْلُ لَيَحْلِفُنَّ إِنْ أَرَدْنَآ إِلاَّ الْحُسْنَى وَاللهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ

    Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang. orang yang mendirikan mesjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mu’min), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mu’min serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka sesungguhnya bersumpah:”Kami tidak menghendaki selain kebaikan”. Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya) (Surat At Taubah. 9:107)

    Dalam firman Allah l : وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ menunjukkan secara jelas larangan memecah belah kaum muslimin, sehingga wajib bagi mereka untuk bersatu kekauatannya. Hal ini tidak terjadi kecuali dengan berjamaah bersama imam rawatib.

    Imam Al Qadhiy Abu bakr Ibnul ‘Arabiy menjelaskan maksud ayat ini dalam pernyataan beliau: “Maknanya: Mereka berada pada satu jamaah di satu masjid, lalu kaum munafiq ingin memecah belah kesatuan mereka dalam ketaatan dan mengajak mereka kepada kekufuran dan maksiat. Ini menunjukkan bahwa tujuan terbesar dan jelas dalam penetapan jamaah adalah menyatukan hati dan persatuan dalam ketaatan, mengendalikan dan melarang melakukan perbuatan rendah sampai timbul rasa senang berkumpul serta membersihkan hati dari noda kedengkian dan iri hati. Imam Malik mengerti akan makna ini ketika menyatakan: “Tidak boleh ditegakkan sholat dua jamaah dalam satu masjid baik dengan dua imam atau satu imam”. Beliau menyelisihi ulama yang lainnya”.[9]

    Hadits Nabi n .

    Mereka berdalil dengan hadits Abu bakroh z yang berbunyi:

    أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ أَقْبَلَ مِنْ نَوَاحِيْ المَدِيْنَةِ يُرِيْدُ الصَّلاَةََ فَوَجَدَ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا فَمَالَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَجَمَعَ أَهْلَهُ فَصَلَّى بِهِمْ

    Ssungguhnya Rasululloh datang dari pinggiran madinah ingin menunaikan sholat, lalu mendapati orang-orang telah selesai sholat berjamaah. Kemudian beliau pulang kerunahnya dan mengumpulkan keluarganya dan mengimami mereka sholat.[10]

    Hadits ini menunjukkan tidak bolehnya jamaah kedua, karena seandainya diperbolehkan tentunya beliau n tidak meninggalkan keutamaan masjid nabawi.[11]

    Ibnu ‘Abidin menyatakan dalam Hasyiyah Radul Mukhtar (1/553): “seandainya diperbolehkan jamaah kedua, tentunya Rasululloh n tidak memilih sholat dirumah dari berjamaah kedua dimasjid”.[12]

    Demikian juga mereka berdalil dengan sabda Rasululloh n dalam hadits Abu Hurairoh z yang berbunyi:
    لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَتُقَامَ ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى مَنَازِلِ قَوْمٍ لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ

    Sungguh Aku ingin memerintahkan seseorang mengimami sholat lalu ditegakkan (dilaksanakan). Kemudian aku pergi ke rumah orang-orang yang tidak mengikuti sholat lalu aku bakar rumah-rumah mereka tersebut.[13]

    ReplyDelete
  18. Manfaat membaca al-qur'an: Al Quran sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Baginda Nabi besar Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi setiap umat manusia sebagai pedoman hidup guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran, mengingatkan manusia agar berpegang teguh pada Al Quran untuk selamat di Dunia dan Akhirat. Jika suatu buku memiliki suatu nilai manfaat dari setiap isinya, maka alquran banyak memiliki manfaat dan menjadi tuntunan hidup atau pegangan manusia dalam hidup didunia. Bahkan Al Quran memiliki keistimewaan bagi setiap orang yang membacanya, bahkan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

    ” Ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari”. Bahkan dari tiap 1 ayat yang dibaca mengandung 10 kebaikan di dalamnya. Karena keistimewaan Al Quran mampu membuat hidup manusia menjadi aman dan tentram.

    Berikut ini sepenggalan manfaat mempelajari, membaca dan mengamalkan Al Quran, diantaranya adalah :

    1. Dari tiap ayat Al Quran yang dibaca mengandung 10 kebaikan di dalamnya

    2. Al Quran sebagai pedoman hidup manusia untuk menuntun kepada jalan kebaikan, kebenaran dan keselamatan

    3. Al Quran sebagai penyejuk hati bagi siapa saja yang membacanya

    4. Al Quran mampu memotivasi diri dan pemberi semangat

    5. Al Quran sebagai sebuah peringatan besar dan teguran akan sifat dan perilaku manusia

    6. Al Quran sebagai pelebur segala emosi dan amarah yang mampu mendamaikan dan memberi ketenangan yang tidak dapat dilukiskan atau digambarkan seperti halnya yang terjadi pada Sayyid Quthb Rahimakumullah

    7. Al Quran sebagai sarana komunikasi diri dengan Allah SWT

    8. Al Quran sebagai pengingat akan kebesaran Allah SWT

    9. Dalam sebuah janjiNya, Allah SWT berjanji akan memberikan segala kebutuhan dan mencukupi segala kehidupan manusia di dunia dan di akhirat serta mengangkat derajat manusia meski di dunia hidup penuh dengan segala kekurangan

    10. Al Quran akan menjadi pelindung diri bagi siapa saja yang membacanya dari tiap ayat yang dibacanya

    11. Al Quran bagi siapa saja yang memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan semakin bertambah ilmunya

    12. Siapa saja yang mempelajari dan memahami Al Quran bagaikan menyelami luasnya samudera kehidupan dan menikmati anugerah kehidupan yang dirasakannya serta mengambil segala hikmah dan manfaat dari Al Quran

    13. Seseorang yang rajin membaca Al Quran memiliki jiwa yang sejuk, penuh dengan kesabaran, hati yang jernih, jiwa dan pikiran yang lapang, dan wajah yang bercahaya

    14. Menjadikan seorang yang kreatif, penuh motivasi dan inovatif

    15. Membuat manusia semakin dekat dengan Sang Maha Pencipta Dunia dengan segala isinya

    16. Membuat seseorang menjadi bersyukur dengan segala nikmatNya

    17. Terhindar dari segala kecemasan, kekhawatiran, rasa pesimis, kesedihan, selalu penuh dengan harapan dan kegembiraan

    18. Selalu mendapat jalan kemudahan, kebaikan dan petunjuk serta mengingatkan diri dari hal-hal yang dilarangNya

    19. Bagi seseorang yang membaca dan mengamalkannya, merasakan senantiasa dalam setiap langkahnya selalu dilindungi oleh Allah SWT

    20. Sebagai pelebur dosa, yang mengingatkan manusia akan dosa-dosa dan mencegah dirinya kembali dalam dosa

    21. Memperkuat keimanan, ketaqwaan dan penjagaan diri

    22. Memudahkan segala rizki

    23. Sebagai pintu keberkahan bagi siapa saja yang membacanya

    24. Dijadikan sebagai manusia yang terbaik

    Dari `Utsman bin `Affan, dari Nabi bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya.” H.R. Bukhari.

    25. Akan dikumpulkan bersama para Malaikat Allah

    ReplyDelete
  19. Hadits ini menunjukkan ketidak bolehan jamaah kedua dalam satu masjid, karena seandainya diperbolehkan, maka ancaman pembakaran tersebut tidak ada artinya. Hal ini kerena mereka dapat mengambil udzur dari jamaah pertama dengan menyatakan kami akan melaksanakan jamaah kedua .

    Pernyataan Rasululloh : “لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ ” bermakna sholat yang diperintahkan untuk ditegakkan atau dilaksanakan adalah sholat jamaah yang pertama, karena kata (الصَّلاَةَ) diberi tambahan huruf alif dan lam sehingga menunjukkan sholat jamaah yang pertama. hal ini menguatkan pendapat larangan jamaah kedua, karena seandainya diperbolehkan, tentu dikatakan
    لاَ يَشْهَدُوْنَ صَلاَةً tanpa huruf alif dan lam.

    Atsar Sahabat.

    Imam Syafi’I dalam kitab Al Umm (1/136) menyatakan: “Apabila seorang mendapatkan masjid yang dipakai berjamaah lalu tertinggal sholat jamaah. Seandainya ia mendatangi masjid lain untuk berjamaah, ini lebih saya sukai. Apabila ia tidak mencari masjid lain lalu sholat sendirian dimasjidnya tersebut maka itu baik. Apabila satu masjid memiliki imam rawatib (tetap) lalu seseorang atau sejumlah orang ketinggalan sholat berjamaah, maka mereka sholat sendiri-sendiri, saya tidak menyukai mereka sholat berjamaah padanya. Jika mereka melakukan sholat sendirian tersebut maka ia mendapat pahala berjamaah. Hal ini (berjamaah) dilarang bagi mereka karena itu bukan merupakan amalan para salaf sebelum kita, bahkan sebagian mereka mencelanya”.[14]

    Imam Syafi’I menyatakan lagi: “Sungguh kami telah mengetahui secara pasti bahwa jika sejumlah sahabat ketinggalan jamaah sholat bersam Rasululloh n , mereka sholat sendiri-sendiri sepengetahuan beliau n . Padahal mereka mampu untuk berjamaah. Demikian juga kami ketahui sejumlah orang katinggalan jamaah sholat, lalu mendatangi masjid dan sholat sendiri-sendiri padahal mereka mampu melakukan jamaah kedua dimasjid tersebut, namun mereka sholat sendiri-sendiri. Mereka tidak menyukainya hanya agar tidak ada sholat jamaah dua kali pada satu masjid”.[15]

    Pernyataan seorang mujtahid seperti ini tentu memiliki sumber rujukan dan diantara sumber rujukan beliau adalah pernyataan Al Hasan Al Bashriy : “Para sahabat Rasululloh n jika masuk masjid dan mendapatkan imam telah sholat maka mereka sholat sendiri-sendiri” [16]

    Demikian juga atsar sahabat Abdullah bin Mas’ud z yang diriwayatkan Imam Abdirrazaq Ash Shon’aniy dari Ma’mar dari Hammaad bin Ibrohim bahwa Alqamah dan Al Aswad berangkat bersama Ibnu Mas’ud ke masjid, lalu orang-orang menyongsong mereka dalam keadaan telah sholat. Lalu Ibnu Mas’ud pulang bersama keduanya ke rumah. Lalu salah seorang mereka berdiri disebelah kanan dan yang lain disebelah kirinya, lalu Ibnu Mas’ud mengimami mereka sholat.[17]

    Seandainya jamaah kedua diperbolehkan tentulah Ibnu Mas’ud tidak berjamaah dirumah, apalagi berjamaah dimasjid jelas lebih utama. Demikian juga sahabat Rasulillah n yang lainnya tidaklah sholat sendiri-sendiri padahal mampu untuk melakukan jamaah.

    Hal ini dikuatkan lagi dengan riwayat Sahnuun dari Ibnul Qasim dari Malik dari Abdurrahman Al Mujabbar. Beliau berkata: “Aku masuk bersama Saalim bin Abdillah satu masjid jami’ dalam keadaan orang-orang telah selesai sholat. Lalu mereka berkata: mengapa tidak sholat berjamaah? Saalim bin Abdillah bin Umar menjawab: “Tidak boleh sholat berjamaah dalam satu sholat pada satu masjid dua kali”.[18]

    Dalam pernyataan imam Saalim bin Abdillah bin Umar ini menunjukkan tidak bolehnya berjamaah lebih dari satu pada satu masjid. Hal ini juga disepakati oleh sejumlah Tabi’in diantaranya Ibnu Syihaab, Rabi’ah dan Yahya bin Sa’id.

    Sedangkan dalil akal, mereka menyatakan bahwa Jamaah kedua dapat menimbulkan perpecahan jamaah pertama yang disyari’atkan, karena orang jika mengetahui akan ketinggalan jamaah tentu akan bergegas, sehingga jamaahnya menjadi banyak. Jika mereka mengetahui tidak akan kehilangan jamaah dengan adanya jamaah kedua tentu mereka berleha-leha sehingga jumlah jamaah sholat sedikit.

    ReplyDelete
  20. Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda : “Orang yang membaca Al Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.” Muttafaqun `Alaihi (Keuntungan dan kebaikan).

    26. Sebagai syafa`at dan penyelamat di Hari Kiamat

    Dari Abu Umamah Al Bahili t berkata, saya telah mendengar Rasulullah bersabda : “Bacalah Al Qur`an !, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya).” H.R. Muslim.

    27. mendapatkan segala kenikmatan yang tiada batasnya

    Dari Ibnu `Umar, dari Nabi bersabda : “Tidak boleh seorang menginginkan apa yang dimiliki orang lain kecuali dalam dua hal; (Pertama) seorang yang diberi oleh Allah kepandaian tentang Al Qur`an maka dia mengimplementasikan (melaksanakan)nya sepanjang hari dan malam. Dan seorang yang diberi oleh Allah kekayaan harta maka dia infaqkan sepanjang hari dan malam.” Muttafaqun `Alaihi.

    28. Sebagai ladang pahala

    Dari Abdullah bin Mas`ud t berkata, Rasulullah e : “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.” H.R. At Tirmidzi dan berkata : “Hadits hasan shahih”.

    29. Untuk Kedua orang tuanya mendapatkan mahkota dan kenikmatan surga

    Dari Muadz bin Anas t, bahwa Rasulullah e bersabda : “Barangsiapa yang membaca Al Qur`an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Allah akan mengenakan mahkota kepada kedua orangtuanya pada Hari Kiamat kelak. (Dimana) cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari di dunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini. ” H.R. Abu Daud.

    30. Mendapatkan kenikmatan Syurga dan di penuhinya segala apa yang diinginkan

    Mungkin ketika di dunia hidup dalam serba keterbatasan dan kekurangan, karena rajin membaca serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, menjadikannya sebagai pribadi yang tangguh, taat dan menjalankan perintah dan laranganNya. Niscaya akan mendapatkan kenikmatan luar biasa yang tidak pernah di dapat ketika di dunia.

    Masih banyak manfaat dan keutamaan lainnya dari membaca Al Quran yang bila kita mengilhami dan terus mempelajarinya tak akan mampu menghitung berapa banyak manfaat dan anugerah serta nikmat yang telah diberikan-Nya.

    ReplyDelete
  21. Demikian juga mereka menyatakan bahwa dalam fatwa bolehnya mengadakan jamaah kedua akan mengecilkan makna sholat jamaah.

    As Sarkhosiy menyatakan: “Sesungguhnya kita diperintahkan memperbanyak jumlah jamaah pertama dan pada pengulangan jamaah sholat disatu masjid akan menguranginya, karena manusia jika mengetahui akan kehilangan jamaah, maka mereka bersegera hadir sehingga jumlah anggota jamaahnya banyak. Apabila mereka tahu tidak akan kehilangan jamaah, maka mereka memperlambat. Lalu hal ini mengurangi jumlah jamaah”.[21]

    Al Qadhi Abu bakr Ibnul Arabiy berkomentar setelah membawakan pendapat imam Malik: “Ini adalah makna yang dijaga dalam syari’at dari penyimpangan ahli bidah, agar mereka tidak meninggalkan jamaah kemudian datang dan sholat dipimpin imam yang lain. Dengan demikian akan hilang hikmah dan sunnah berjamaah”.[22]

    Diantara dalil akal mereka juga utarakan bahwa jamaah kedua menimbulkan kemalasan dan peremehan jamaah pertama. sehingga sebab kemakruhan hukumnya makruh.
    ]

    ReplyDelete
  22. Pendapat pertama : Melarang secara tegas dan hendaklah orang yang ketinggalan jamaah pertama sholat sendirian. Ini pendapat imam Sufyan Ats Tsauriy, Abdullah bin Al mubaarak, Malik bin Anas, Muhammad bin Idris Asy Syafi’I, Laits bin Sa’ad, Al Auzaa’iy, Az Zuhriy, Utsman Al Bittiy, Rabi’ah, An Nu’maan bin Tsabit Abu Hanifah, Ya’qub bin Ibrohim Abu Yusuf Al Qaadhiy, Muhammad bin Al Hasan Asy Syaibaaniy, Al Qaasim, Yahya bin Sa’id, Saalim bin Abdillah, Abu Qilaabah, Abdurrazaaq Ash Shon’aniy, Ibnu ‘Aun, Ayub As Sakhtiyaaniy, Al Hasan Al bashriy, ‘Alqomah, Al Aswad bin Yazid, An Nakho’iy dan Abdillah bin Mus’ud.

    Ulama-ulama ini mengambil dalil nash dan aqal. Adapun dari nash yang dinukil dari nabi dan para sahabatnya terdiri dari tiga sisi, Al Qur’an, Assunnah (Hadits Nabi n ) dan Atsar para sahabat.

    Dalil Al Qur’an

    Firman Allah l :

    وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مَسْجِدًا ضِرَارًا وَكُفْرًا وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ وَإِرْصَادًا لِّمَنْ حَارَبَ اللهَ وَرَسُولَهُ مِن قَبْلُ لَيَحْلِفُنَّ إِنْ أَرَدْنَآ إِلاَّ الْحُسْنَى وَاللهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ

    Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang. orang yang mendirikan mesjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mu’min), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mu’min serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka sesungguhnya bersumpah:”Kami tidak menghendaki selain kebaikan”. Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya) (Surat At Taubah. 9:107)

    Dalam firman Allah l : وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ menunjukkan secara jelas larangan memecah belah kaum muslimin, sehingga wajib bagi mereka untuk bersatu kekauatannya. Hal ini tidak terjadi kecuali dengan berjamaah bersama imam rawatib.

    Imam Al Qadhiy Abu bakr Ibnul ‘Arabiy menjelaskan maksud ayat ini dalam pernyataan beliau: “Maknanya: Mereka berada pada satu jamaah di satu masjid, lalu kaum munafiq ingin memecah belah kesatuan mereka dalam ketaatan dan mengajak mereka kepada kekufuran dan maksiat. Ini menunjukkan bahwa tujuan terbesar dan jelas dalam penetapan jamaah adalah menyatukan hati dan persatuan dalam ketaatan, mengendalikan dan melarang melakukan perbuatan rendah sampai timbul rasa senang berkumpul serta membersihkan hati dari noda kedengkian dan iri hati. Imam Malik mengerti akan makna ini ketika menyatakan: “Tidak boleh ditegakkan sholat dua jamaah dalam satu masjid baik dengan dua imam atau satu imam”. Beliau menyelisihi ulama yang lainnya”.[9]

    Hadits Nabi n .

    Mereka berdalil dengan hadits Abu bakroh z yang berbunyi:

    أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ أَقْبَلَ مِنْ نَوَاحِيْ المَدِيْنَةِ يُرِيْدُ الصَّلاَةََ فَوَجَدَ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا فَمَالَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَجَمَعَ أَهْلَهُ فَصَلَّى بِهِمْ

    Ssungguhnya Rasululloh datang dari pinggiran madinah ingin menunaikan sholat, lalu mendapati orang-orang telah selesai sholat berjamaah. Kemudian beliau pulang kerunahnya dan mengumpulkan keluarganya dan mengimami mereka sholat.[10]

    Hadits ini menunjukkan tidak bolehnya jamaah kedua, karena seandainya diperbolehkan tentunya beliau n tidak meninggalkan keutamaan masjid nabawi.[11]

    Ibnu ‘Abidin menyatakan dalam Hasyiyah Radul Mukhtar (1/553): “seandainya diperbolehkan jamaah kedua, tentunya Rasululloh n tidak memilih sholat dirumah dari berjamaah kedua dimasjid”.[12]

    Demikian juga mereka berdalil dengan sabda Rasululloh n dalam hadits Abu Hurairoh z yang berbunyi:
    لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَتُقَامَ ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى مَنَازِلِ قَوْمٍ لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ

    Sungguh Aku ingin memerintahkan seseorang mengimami sholat lalu ditegakkan (dilaksanakan). Kemudian aku pergi ke rumah orang-orang yang tidak mengikuti sholat lalu aku bakar rumah-rumah mereka tersebut.[13]

    ReplyDelete
  23. Pendapat pertama : Melarang secara tegas dan hendaklah orang yang ketinggalan jamaah pertama sholat sendirian. Ini pendapat imam Sufyan Ats Tsauriy, Abdullah bin Al mubaarak, Malik bin Anas, Muhammad bin Idris Asy Syafi’I, Laits bin Sa’ad, Al Auzaa’iy, Az Zuhriy, Utsman Al Bittiy, Rabi’ah, An Nu’maan bin Tsabit Abu Hanifah, Ya’qub bin Ibrohim Abu Yusuf Al Qaadhiy, Muhammad bin Al Hasan Asy Syaibaaniy, Al Qaasim, Yahya bin Sa’id, Saalim bin Abdillah, Abu Qilaabah, Abdurrazaaq Ash Shon’aniy, Ibnu ‘Aun, Ayub As Sakhtiyaaniy, Al Hasan Al bashriy, ‘Alqomah, Al Aswad bin Yazid, An Nakho’iy dan Abdillah bin Mus’ud.

    Ulama-ulama ini mengambil dalil nash dan aqal. Adapun dari nash yang dinukil dari nabi dan para sahabatnya terdiri dari tiga sisi, Al Qur’an, Assunnah (Hadits Nabi n ) dan Atsar para sahabat.

    Dalil Al Qur’an

    Firman Allah l :

    وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مَسْجِدًا ضِرَارًا وَكُفْرًا وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ وَإِرْصَادًا لِّمَنْ حَارَبَ اللهَ وَرَسُولَهُ مِن قَبْلُ لَيَحْلِفُنَّ إِنْ أَرَدْنَآ إِلاَّ الْحُسْنَى وَاللهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ

    Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang. orang yang mendirikan mesjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mu’min), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mu’min serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka sesungguhnya bersumpah:”Kami tidak menghendaki selain kebaikan”. Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya) (Surat At Taubah. 9:107)

    Dalam firman Allah l : وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ menunjukkan secara jelas larangan memecah belah kaum muslimin, sehingga wajib bagi mereka untuk bersatu kekauatannya. Hal ini tidak terjadi kecuali dengan berjamaah bersama imam rawatib.

    Imam Al Qadhiy Abu bakr Ibnul ‘Arabiy menjelaskan maksud ayat ini dalam pernyataan beliau: “Maknanya: Mereka berada pada satu jamaah di satu masjid, lalu kaum munafiq ingin memecah belah kesatuan mereka dalam ketaatan dan mengajak mereka kepada kekufuran dan maksiat. Ini menunjukkan bahwa tujuan terbesar dan jelas dalam penetapan jamaah adalah menyatukan hati dan persatuan dalam ketaatan, mengendalikan dan melarang melakukan perbuatan rendah sampai timbul rasa senang berkumpul serta membersihkan hati dari noda kedengkian dan iri hati. Imam Malik mengerti akan makna ini ketika menyatakan: “Tidak boleh ditegakkan sholat dua jamaah dalam satu masjid baik dengan dua imam atau satu imam”. Beliau menyelisihi ulama yang lainnya”.[9]

    Hadits Nabi n .

    Mereka berdalil dengan hadits Abu bakroh z yang berbunyi:

    أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ أَقْبَلَ مِنْ نَوَاحِيْ المَدِيْنَةِ يُرِيْدُ الصَّلاَةََ فَوَجَدَ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا فَمَالَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَجَمَعَ أَهْلَهُ فَصَلَّى بِهِمْ

    Ssungguhnya Rasululloh datang dari pinggiran madinah ingin menunaikan sholat, lalu mendapati orang-orang telah selesai sholat berjamaah. Kemudian beliau pulang kerunahnya dan mengumpulkan keluarganya dan mengimami mereka sholat.[10]

    Hadits ini menunjukkan tidak bolehnya jamaah kedua, karena seandainya diperbolehkan tentunya beliau n tidak meninggalkan keutamaan masjid nabawi.[11]

    Ibnu ‘Abidin menyatakan dalam Hasyiyah Radul Mukhtar (1/553): “seandainya diperbolehkan jamaah kedua, tentunya Rasululloh n tidak memilih sholat dirumah dari berjamaah kedua dimasjid”.[12]

    Demikian juga mereka berdalil dengan sabda Rasululloh n dalam hadits Abu Hurairoh z yang berbunyi:
    لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَتُقَامَ ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى مَنَازِلِ قَوْمٍ لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ

    Sungguh Aku ingin memerintahkan seseorang mengimami sholat lalu ditegakkan (dilaksanakan). Kemudian aku pergi ke rumah orang-orang yang tidak mengikuti sholat lalu aku bakar rumah-rumah mereka tersebut.[13]

    ReplyDelete
  24. Keutamaan Mempelajari, Mengajarkan, dan Membaca Al-Qur’an
    Pahala mengajarkannya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam:
    “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
    Pahala membacanya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam:
    “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.”(HR. At-Tirmidzi)
    Keutamaan mempelajari al-Qur’an, menghafalnya, dan pandai membacanya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam:
    “Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih)
    Dan sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam:“Dikatakan kepada ahli Al-Qur’an, ‘Bacalah, naiklah dan bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca di dunia karena kedudukanmu terletak pada akhir ayat yang kamu baca.” (HR. At-Tirmidzi)Al-Khaththabi mengatakan: “Disebutkan dalam atsar bahwa jumlah ayat al-Qur’an adalah sesuai dengan jumlah tingkatan dalam surga. Dikatakan kepada pembaca (al-Qur’an), ‘Naiklah dalam tingkatan sesuai dengan ayat al-Qur’an yang sebelumnya kamu baca (di dunia).’ Karena itu siapa yang membaca dengan sempurna seluruhnya al-Qur’an, maka ia menempati tingkatan surga yang paling atas di akhirat. Sedang siapa yang membaca sesuatu juz darinya, maka kenaikannya dalam tingkatan surga sesuai dengan bacaannya itu. Dengan demikian, akhir pahalanya adalah pada akhir bacaannya.
    Pahala bagi orang yang anaknya mempelajari Al-Qur’an.
    “Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanyapun bertanya, ‘Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu telah membawa al-Qur’an.” (HR. Al-Hakim)
    Al-Qur’an memberi syafa’at kepada ahlinya di Akhirat. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam:
    “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim)
    Dan sabda beliau shalallahu ‘alaihi wasalam:
    “Puasa dan al-Qur’an, keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari Kiamat…” (HR. Ahmad dan al-Hakim)
    Pahala bagi orang yang berkumpul untuk membaca dan mengkajinya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam:
    “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah Ta’ala, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud)

    ReplyDelete
  25. إِنَّ أَحَبَّ الأَعْمَالِ إِلَىَ اللهِ الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا

    Sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah sholat tepat waktu.[19]dan sabda beliau n :
    مَنْ سَمِعَ النِّدَاء فَلَمْ يُجِبْ فَلاَ صَلاَةَ لَهُ إِلاَّ مِنْ عُذْرٍ

    Barang siapa yang telah mendengar panggilan sholat lalu tidak memenuhinya maka tidak ada baginya sholat kecuali karena udzur.[20]

    Demikian juga mereka menyatakan bahwa dalam fatwa bolehnya mengadakan jamaah kedua akan mengecilkan makna sholat jamaah.

    As Sarkhosiy menyatakan: “Sesungguhnya kita diperintahkan memperbanyak jumlah jamaah pertama dan pada pengulangan jamaah sholat disatu masjid akan menguranginya, karena manusia jika mengetahui akan kehilangan jamaah, maka mereka bersegera hadir sehingga jumlah anggota jamaahnya banyak. Apabila mereka tahu tidak akan kehilangan jamaah, maka mereka memperlambat. Lalu hal ini mengurangi jumlah jamaah”.[21]

    Al Qadhi Abu bakr Ibnul Arabiy berkomentar setelah membawakan pendapat imam Malik: “Ini adalah makna yang dijaga dalam syari’at dari penyimpangan ahli bidah, agar mereka tidak meninggalkan jamaah kemudian datang dan sholat dipimpin imam yang lain. Dengan demikian akan hilang hikmah dan sunnah berjamaah”.[22]

    Diantara dalil akal mereka juga utarakan bahwa jamaah kedua menimbulkan kemalasan dan peremehan jamaah pertama. sehingga sebab kemakruhan hukumnya makruh..

    ReplyDelete
  26. Pendapat kedua. Memperbolehkan hal tersebut, jika jamaah kedua terpisah dari jamaah pertama. ini pendapat imam ibnu hazm, Ibnu Qudamah, Ibnul Mundzir, Daud adz dzohiriy, Asyhab, At Tirmidziy, Ahmad bin Hambal, Ishaaq bin Ibrohim bin Rahuyah, Ibnu Abi Syaibah, Abdurrahman bin Yazid bin Jaabir, ‘Atho’, ibrahim An Nakho’iy, Makhuul, Ayuub As Sakhtiyaniy, Tsabit Al Bunaniy, Qatadah, Alhasan Al Bashriy, Anas bin Maalik dan Ibnu Mas’ud. Namun terdapat riwayat yang berbeda dalam penisbatan pendapat ini kepada beberapa ulama, seperti Ibnu Mas’ud dan Anas bin Maalik,Al Hasan Al Bashriy, Ayuub As Sakhtiyaniy, Ahmad bin Hambal dan Ibrohim An Nakho’i. Yang rojih dari mereka adalah riwayat yang menyatakan mereka termasuk orang yang berpendapat dengan pendapat pertama, yaitu larangan membuat jamaah kedua dalam satu masjid yang memiliki imam tetap (rawatib).[24]

    Mereka berdalil dengan dalil nash dan akal. Adapun dalil nash, mereka mengambil hadits dan atsar para sahabat, diantaranya:

    Sabda Rasululloh n :

    صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

    Sholat Jamaah lebih baik dari sholat sendirian dua puluh tujuh derajat. HR Bukhoriy dalam riwayat lain:

    صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِخَمْسٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

    Sholat jamaah lebih baik dari sholat sendirian dua puluh lima derajat. Hr Bukhoriy.

    Hadits ini menunjukkan keumuman sholat Jamaah baik jamaah pertama atau kedua atau yang lainnya.[25]

    Hadits Abu Sa’id Al Khudriy:

    أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْصَرَ رَجُلًا يُصَلِّي وَحْدَهُ فَقَالَ أَلَا رَجُلٌ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ

    Rasululloh n melihat seorang sholat sendirian, lalu berkata: “adakah orang yang mau bershodaqoh kepada orang ini, lalu sholat bersamanya”. HR Abu Daud dan Ahmad.

    Dalam riwayat lainnya:

    جَاءَ رَجُلٌ وَقَدْ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيُّكُمْ يَتَّجِرُ عَلَى هَذَا فَقَامَ رَجُلٌ فَصَلَّى مَعَهُ

    Datang seorang setelah rasululloh selesai sholat, lalu Rasululloh n bersabda: “adakah orang yang ingin mengambil keuntungan darinya”. Lalu ada seorang yang bangkit dan sholat bersamanya. HR At Tirmidziy dan Ahmad.[26]

    Al Haakim menyatakan, Hadits ini adalah dasar bolehnya dilakukan dalam satu masjid dua kali jamaah.[27]

    Hadits ini menunjukkan kebolehan mengerjakan jamaah kedua setelah selesai jamaah pertama, walaupun dimasjid yang memiliki imam rawatib (tetap). Sebab Rasululloh n waktu itu imam tetap dimasjid tersebut. Sehingga imam Al Baghawiy menyatakan, hadits ini menunjukkan kebolehan bagi orang yang berjamaah untuk mengerjakan jamaah kedua setelah yang pertama. juga menunjukkan bolehnya diadakan dua kali jamaah dalam satu masjid. Inilah pendapat banyak sahabat dan tabi’in. [28]

    Demikian juga Imam Muhammad Adzimabaadiy, penulis kitab Aunul Ma’bud Syarah Sunan Abi daud menyatakan: “Hadits ini menunjukkan kebolehan mengerjakan sholat berjamaah pada masjid yang telah selesai sholat jamaah (pertama) nya”.[29]

    Syeikh Sholeh AsSadlaan menjadikan hadits ini sebagai dalil dalam merojihkan pendapat ini, beliau nyatakan: “Pendapat yang rojih adalah pendapat kedua, yaitu kebolehannya secara mutlak, tanpa membedakan antara masjid tiga (Masjid Al Haram, Masjid Nabawi dan masjid Al Aqsha) dengan yang lainnya, karena keumuman sabda Rasululloh n : “adakah orang yang mau bershodaqoh kepada orang ini, lalu sholat bersamanya” . jelaslah ini dilakukan di masjid Nabawi. Juga secara makna menunjukkan bahwa keutamaan sholat jamaah didapat padanya sebagaimana didapat pada yang lainnya”.[30]]

    ReplyDelete

  27. Atsar dari Sahabat Anas bin Maalik yang diriwayatkan imam Bukhori secara Muallaq[31] dalam shohihnya yang berbunyi:

    جَاءَ أَنَسُ إِلَى مَسْجِدٍ قَدْ صُلِّيَ فِيْهِ فَأَذَّنَ وَأَقَامَ وَصَلَّى جمَاعَةً

    Anas Datang ke satu masjid yang telah selesai sholat, lalu beliau adzan dan iqomat serta sholat berjamaah.[32] Atas ini diriwayatkan secara bersambung melalui jalan periwayatan imam Bukhoriy dalam kitab Taghliq Ta’liq karya Ibnu Hajar[33], lalu Al Haafidz Ibnu hajar menyatakan: “Sanadnya ini shohih namun mauquf [34] ”

    Sedangkan dali akal, mereka menyatakan: “Orang yang mampu berjamaah disunnahkan berjamaah, sebagaimana ada dimasjid yang dijadikan sebagai tempat sholat orang yang lewat.[35]

    Pendapat ini dirojihkan Syeikh Muhammad bin Sholih Al Utaimin, ketika beliau ditanya: “Bagaimana hukum mengerjakan jamaah kedua pada masjid yang terdapat imam tetapnya (imam Rawatib)? Beliau menjawab: “Mengerjakan jamaah kedua pada masjid yang memiliki imam rawatib (tetap), jika dilakukan terus menerus, maka ini satu kebidahan. Namun bila itu hanya terkadang, misalnya sekelompok orang datang kemasjid dan mendapati orang telah selesai sholat. Disini mereka boleh dan tidak mengapa mengerjakan sholat berjamaah (kedua). Sedangkan pendapat yang menyatakan, ini satu kebidahan, maka pendapat ini lemah, karena dahulu Rasululloh n duduk bersama para sahabatnya, lalu masuk seseorang yang belum sholat. Rasululloh bersabda:
    أَلَا رَجُلٌ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ فَقَامَ رَجُلٌ فَصَلَّى مَعَهُ

    Adakah orang yang mau bershodaqoh kepada orang ini, lalu sholat bersamanya? Lalu ada seorang yang bangkit dan sholat bersamanya.

    Disini ditegakkan jamaah sholat setelah jamaah (pertama), padahal salah seorang dari keduanya sholat sunnah yang tidak wajib baginya. Apakah masuk akal Rasululloh n melarang dua orang yang ketinggalan sholat (jamaah pertama) mengerjakan sholat berjamaah dan memerintahkan seorang yang telah sholat lalu sholat berjamaah kembali bersama orang tersebut? Ini tidak masuk akal. Oleh karena itu salah fahamlah orang yang menganggap salah orang yang mengerjakan sholat berjamaah (kedua) dan menganggap sunnah orang yang melakukan sholat sendirian, jika ketinggalan jamaah (pertama).

    Adapun atsar Ibnu Mas’ud, bahwa beliau masuk (masjid) lalu menjadapati orang telah selesai sholat berjamaah. Kemudian beliau pulang dan sholat dirumahnya. Atsar ini bertentangan dengan atsar yang disampaikan penulis kitab Al Mughniy dari Ibnu Mas’ud sendiri. Beliau menyatakan bolehnya menegakkan sholat jamaah kedua setelah selesai sholat jamaah pertama.

    Jika atsar Ibnu Mas’ud yang diriwayatkan dalam Al Mughniy benar, Maka beliau memiliki dua riwayat. Jika tidak benar, maka pendapat pertama (yaitu tidak bolehnya) adalah pendapat ibnu Mas’ud, namun ini semata satu kejadian saja. Ada kemungkinan pulangnya Ibnu Mas’ud kerumah untuk sholat berjamaah terjadi karena khawatir ditiru orang, sehingga mereka meremehkan masalah shoalt ini. Mungkin juga bisa menyakiti hati imam pertama tadi, lalu imam tersebut berkata: “Abdullah bin Mas’ud memperlambat sholat agar tidak sholat bersama saya….atau yang sejenisnya yang tidak kita ketahui, karena ini hanya semata satu kejadian.

    Namun kita memiliki sunnah Rasululloh n . Beliau memerintahkan seorang yang telah sholat untuk sholat sunnah mendampingi orang yang baru masuk masjid (ketinggalan jamaah) sholat berjamaah. Tentunya dua orang yang terkena kewajiban jamaah bila ketinggalan jamaah pertama lebih boleh dan lebih pantas.”.[36]

    ReplyDelete
  28. Bantahan pendapat kedua terhadap pendapat yang pertama.

    Pendapat kedua berusaha memperkuat dalil dan hujjah mereka dengan membantah dalil pendapat pertama. bantahan mereka ini dapat diringkas menjadi beberapa hal, diantaranya:

    Hadits Abu Bakroh z memiliki seorang perawi yang dicela para ulama, yaitu Muawiyah bin Abi Yahya. Sebagaimana disampaikan oleh AL Kasymiiriy: “Pada sanadnya ada Mu’awiyah bin Abi yahya. Beliau termasuk perawi yang disebut dalam At Tahdziib dan beliau dipermasalahkan”.[37]
    Apabila hadits inipun shohih, belum juga menunjukkan larangan mengerjakan jamaah kedua, karena masih ada kemungkinan beliau sholat berjamaah dimasjid. Sedangkan pulangnya beliau kerumah bertujuan mengumpulkan keluarganya, bukan bermaksud sholat berjamaah dirumahnya.

    Seandainya kita terima bahwa Rasululloh n memang sholat berjamaah bersama keluarganya dirumah, tidak juga menunjukkan ketidak bolehan mengadakan jamaah kedua dalam satu masjid. Hal ini karena paling-paling hadits ini hanya menunjukkan kebolehan orang yang ketinggalan jamaah dengan imam tetap untuk tidak sholat dimasjid. Ia boleh keluar dan pulang kerumahnya, lalu berjamaah bersama keluarganya. Jadi hadits ini tidak sama sekali menunjukkan larangan melakukan jamaah kedua dalam satu masjid yang ada imam tetapnya.

    Lagipula bila benar tidak sholatnya Rasululloh dimasjid menjadi dalil larangan berjamaah, maka tentunya juga dilarang sholat sendirian dimasjid tersebut, karena beliau tidak sholat sendirian dan tidak pula berjamaah disana. Bahkan beliau pulang kerumahnya. Dan sholat dirumahnya.

    Kesimpulannya berdalil dengan hadits Abu Bakroh tersebut untuk larangan dan sunahnya sholat sendirian tidak benar.

    Adapun atsar Anas bin maalik : “Para sahabat Rasululloh n jika masuk masjid dan mendapatkan imam telah sholat maka mereka sholat sendiri-sendiri” [38] bukanlah dalil yang kuat dalam larangan ini, karena Anas bin Maalik z sendiri menjelaskan hal itu karena takut dengan penguasa (sulthon). Hal ini dijelaskan dalam riwayat Ibnu Abi Syaibah[39] dan Abdurrozaaq Ash Shon’ani [40]dalam kitab Al Mushonnaf.[41]

    Demikian bantahan pendapat kedua terhadap dalil pendapat pertama.

    Bantahan Pendapat Pertama Terhadap Dalil Pendapat Kedua.

    Ulama yang berpendapat dengan pendapat pertamapun tidak diam, mereka memberikan bantahan atas dalil dan argumentasi pendapat kedua. Bantahan ini dapat diringkas sebagai berikut:

    Berdalil dengan hadits Abu Sa’id tersebut tidak benar, karena hanya menunjukkan berulangnya sholat jamaah, namun sekedar dalam bentuknya saja bukan sholat jamaah sesungguhnya. Hal ini karena orang yang beliau perintahkan untuk menemaninya telah melakukan sholat berjamaah fardhu, sehingga yang berjamaah kepada orang tersebut hanyalah sholat sunnah semata. Adapun jamaah yang hakiki adalah bila imam dan makmum sholat berjamaah fardhu. Sehingga analogi jamaah kedua sholat fardhu dengan bentuk jamaah dalam hadits ini adalah analogi yang tidak pas (Qiyas ma’al Faariq).[42]

    ReplyDelete
  29. Adapun atsar Anas bin Maalik yang digunakan sebagai dalil pendapat kedua, mereka bantah dengan menyatakan, Anas bin Maalik z tidak melakukannya di masjid tempat tinggalnya. Beliau mendatangi masjid Bani Tsa’labah atau bani Rifa’ah atau masjid Ashhabus Saaj atau masjid bani Zuraiq, lalu melakukan sholat berjamaah disana. Ini tentunya diluar permasalahan mengerjakan jamaah kedua yang dimaksud.

    At Tahaawuniy berkata: “Ada kemungkinan masjid tersebut adalah masjid dipinggir jalan (tempat persinggahan orang) atau sejenisnya yang diperbolehkan melakukan jamaah kedua padanya. Kemungkinan ini dikuatkan dengan adanya pengulangan adzan dan iqomah yang tidak diperbolehkan oleh orang yang berpendapat bolehnya mengulang jamaah sholat”[43].

    Semua keutamaan dan anjuran yang ada untuk sholat berjamaah hanya berlaku untuk jamaah pertama.

    Sebab Khilaf Dan Pendapat Yang Rojih Dalam Permasalahan ini.

    Setelah melihat dan meneliti perbedaan pendapat para ulama dalam masalah ini, dapat disimpulkan sebab perselisihan mereka ada dua:

    Apakah anjuran dan pelipat gandaan pahala khusus untuk sholat jamaah dimasjid bersama imam tetap atau juuga meliputi lainnya?
    Apakah berjamaah adalah syarat keabsahan sholat atau tidak?

    Ulama yang berpendapat anjuran dan pelipat gandaan pahala hanya untuk sholat berjamaah dimasjid bersama imam tetap. Mereka melarang pengulangan jamaah dimasjid yang memiliki imam tetap. Sedangkan yang tidak demikian maka membolehkan pengulangan tersebut.[44]

    Yang rojih adalah pendapat pertama jika sebab larangana tersebut ada, yaitu perpecahan atau timbul kemalasan untuk menghadiri jamaah pertama. hal ini tidak terjadi kecuali pada masjid yang memiliki imam dan muadzin tetap. Inilah yang dirojihkan oleh Syeikh Masyhur Hasan Alisalman[45] dengan dalil-dalil sebagai berikut:

    1. Melihat dalil pendapat pertama yang ada.

    2. tidak adanya perintah melakukan jamaah yang berulang-ulang dalam sholat Khouf, padahal sangat dibutuhkan. Demikian juga tidak ada dalil yang shohih adanya jamaah kedua setelah jamaah Rasululloh n yang pertama. Ditambah lagi dengan riwayat para sahabat dan tabiin jika ketinggalan sholat jamaah, mereka melakukan sholat secara sebdirian dimasjid atau berjamaah dirumah.

    3. Sebab meninggalkan jamaah pertama adalah rasa malas ikut berjamaah dengan imam tetap. Ini tentunya dicela. Padahal sesuatu yang menyebabkan terjadinya perkara tercela adalah tercela.

    4. Apa bila seorang ketinggalan berjamaah bersama imam tetap dengan udzur, maka ia memperoleh pahala jamaah tersebut, walaupun sholat secara sendirian.

    ReplyDelete
  30. Hasil penelitian oleh Universitas Pennsylvania di University Park, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa anak-anak dengan latar belakang sosial ekonomi lebih tinggi, anak perempuan, dan anak-anak dengan pola asuh berkualitas tinggi mampu mengenal kosakata lisan yang lebih luas.

    Sebaliknya, mereka yang lahir dengan berat badan rendah dan diasuh oleh ibu dengan masalah kesehatan, memiliki pengetahuan yang lebih sempit dalam pengenalan kosakata saat menginjak usia dua tahun.

    Dilansir Reuters, penulis utama penelitian ini Paul L. Morgan mengungkapkan bahwa, “Kelompok tertentu dari populasi berusia usia 24 bulan lebih mungkin menunjukkan tingkat kosakata yang lebih rendah. Membantu anak-anak tersebut, yang mungkin lebih berisiko, adalah penting.”

    Sebab menurutnya, saat anak-anak terdeteksi memiliki kosakata lebih sedikit di usia muda, maka hal ini sekaligus menghasilkan prediksi terhadap rendahnya kesiapan mereka nanti di taman kanak-kanak.
    Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Child Development ini kemudian berlanjut hingga 3 tahun berikutnya. Tepatnya, usia di mana anak-anak mulai masuk TK. Para ahli kemudian menganalisa perkembangan mereka melalui, guru TK anak-anak.

    Guru dilibatkan untuk menilai perilaku regulasi diri anak-anak dan frekuensi perilaku buruk atau kegelisahan. Disamping itu, anak-anak juga akan diuji untuk matematika dan keterampilan dasar.
    Ditemukan bahwa pada awal TK, anak-anak yang memiliki kosakata lebih banyak pada usia dini mencapai prestasi lebih tinggi untuk bidang membaca dan matematika. Sedangkan dalam berperilaku, seperti temper tantrum (ledakan kemarahan) atau agresif secara fisik cenderung lebih rendah.
    Menanggapi hasil penelitian ini, Claire Vallaton dari Universitas Michigan di East Lansing mengungkapkan bahwa kendati efeknya kecil, tapi pengaruhnya tidak dapat bertahan selama bertahun-tahun pada masa tindak lanjut yang penting.

    ReplyDelete
  31. Hasil penelitian oleh Universitas Pennsylvania di University Park, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa anak-anak dengan latar belakang sosial ekonomi lebih tinggi, anak perempuan, dan anak-anak dengan pola asuh berkualitas tinggi mampu mengenal kosakata lisan yang lebih luas.

    Sebaliknya, mereka yang lahir dengan berat badan rendah dan diasuh oleh ibu dengan masalah kesehatan, memiliki pengetahuan yang lebih sempit dalam pengenalan kosakata saat menginjak usia dua tahun.

    Dilansir Reuters, penulis utama penelitian ini Paul L. Morgan mengungkapkan bahwa, “Kelompok tertentu dari populasi berusia usia 24 bulan lebih mungkin menunjukkan tingkat kosakata yang lebih rendah. Membantu anak-anak tersebut, yang mungkin lebih berisiko, adalah penting.”

    Sebab menurutnya, saat anak-anak terdeteksi memiliki kosakata lebih sedikit di usia muda, maka hal ini sekaligus menghasilkan prediksi terhadap rendahnya kesiapan mereka nanti di taman kanak-kanak.

    Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Child Development ini kemudian berlanjut hingga 3 tahun berikutnya. Tepatnya, usia di mana anak-anak mulai masuk TK. Para ahli kemudian menganalisa perkembangan mereka melalui, guru TK anak-anak.

    Guru dilibatkan untuk menilai perilaku regulasi diri anak-anak dan frekuensi perilaku buruk atau kegelisahan. Disamping itu, anak-anak juga akan diuji untuk matematika dan keterampilan dasar.

    Ditemukan bahwa pada awal TK, anak-anak yang memiliki kosakata lebih banyak pada usia dini mencapai prestasi lebih tinggi untuk bidang membaca dan matematika. Sedangkan dalam berperilaku, seperti temper tantrum (ledakan kemarahan) atau agresif secara fisik cenderung lebih rendah.
    Menanggapi hasil penelitian ini, Claire Vallaton dari Universitas Michigan di East Lansing mengungkapkan bahwa kendati efeknya kecil, tapi pengaruhnya tidak dapat bertahan selama bertahun-tahun pada masa tindak lanjut yang penting.

    ReplyDelete
  32. Siapa yang masih sulit bangun pagi hingga harus dibangunkan oleh orangtua. Atau meski sudah dibngunkan namun mata masih sulit untuk melek. Kalian pasti pernah mengalaminya semasa sekolah dulu. bangun pagi memang rasanya berat sekali. Seolah-olah jam tidur kita sangat singkat dan cepat.

    Sebenarnya otak kita memilki kemampuan sebagai alarm alami. Kamu tinggal niat ingin bangun jam berapa. Nah ketika hampir waktunya otakmu akan menyuruhmu untuk bangun. Bahkan sebelum alarm berbunyi otakmu sudah memrintahkan untuk segera bangun.

    Kalau tidak bangun pagi pastinya akan terlambat masuk sekolah dan medapat hukuman. Sepertinya kamu perlu untuk mencoba tips berikut ini :

    ReplyDelete
  33. 1. Pasang alarm dan tentukan jam berapa kamu ingin bangun

    Kamu bisa memasang alarm di ponselmu atau jam. Saat memasang alarm di ponsel sebaiknya pilih nada dering yang kamu benci bukan yang disukai. Fakta loh jika memilih nada dering yang disukai kamu akan kembali tidur atau bahkan tidak mendengar alarm berbunyi, karena nada yang dipilih adalah yang enak didengar, nyaring dan pastinya kamu menyukainya.
    Alhasil bukannya segera melek malah keenakan mendengar bunyi alarm. Mulai sekarang ganti nada yang tidak kamu sukai atau yang memiliki irama jelek menurutmu. Karena nada tersebut jelek, matamu akan segera terbuka. Hal ini terjadi karena telingamu merasa terganggu dengan nada tersebut.

    Jadi ngertikan sekarang, selain itu setting alarmmu berulang kali. Untuk berjaga-jaga jika alarm pertama kamu tidak bangun.


    2. Sebelum tidur, tulis hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan sebelum ke sekolah
    Sebelum berangkat sekolah banyak persiapan yang harus kamu lakuakan. Sebelum tidur buat daftarnya dan catat waktunya. Contoh mandi selama 14 menit, berdandan 15 menit, sarapan 15 menit dan perjalanan kesekolah 15 menit.

    Dari semua rangkaian waktu tersebut kamu sudah mengetahui pada jam berapa harus mulai bersiap-siap. Jika lebih cepat dari target yang sudah ditentunya tentunya lebih baik.


    3. Kurangi begadang hingga larut malam

    Kebanyakan dari penyebab utama sulit bangun pagi adalah begadang. Bagi kamu yang terbiasa dengan begadang sebaiknya atur pola tidurmu lebih awal. Bagadang itu berawal dari kebiasaamu yang suka tidu larut malam.

    Karena sudah terbiasa jadi sulit untuk tidur lebih awal. Lagi pula begadang juga gak baik buat kesehatanmu. Mungkin efeknya ggak langsung terasa namun setelah beberapa waktu akan mulai terasa efeknya. Selain itu begadang akan membuatmu ngantuk saat pelajaran akibatnya kamu gak konsen sama sekolahmu.
    Bagi para wanita bila ingin kantung matanya terus menghitam, lanjutkan saja begadangnya. Itu sih jika kamu mau. Bangun lebih awal itu lebih menyenangkan karena jatah tidurmu dapat tercukupi. Bila kamu begadang karena mengerjakan tugas sebaiknya kerjakan pada siang hari agar malamnya bisa beristirahat.
    4. Olah raga di sore hari perlu dicoba

    Jika masih belum berhenti begadang sebaiknya kamu berolahraga pada sore harinya. Olahraga lari atau bersepeda bisa menjadi alternatif yang bagus. Saat oalahraga beberapa sel tubuh rusak dan tenaga yang dikeluarkan lumayan banyak.

    Hal ini dapat membuatmu merasa lelah hingga akhirnya memutuskan untuk tidur agar badan bisa segar kembali.

    Olahraga juga menyehatkanmu karena semua zat metabolisme dalam tubuh bisa keluar melalui keringat. Perlu diingat durasi waktu untuk olahraga yang baik adalah 60 menit.

    Jadi jangan sampai berlebihan ya...

    Jika tidak sempat berolahraga menyibukkan diri dengan berbagai kesempatan patut di coba kok. Seperti menherjakan pekerjaan rumah atau kegiatan lainnya yang dapat membuatmu sibuk.


    5. Minta orang lain untuk membangunkan

    Jika strategi alarm tidak mempan sebaiknya kamu meminta bantuan orang lain untuk membangunkanmu. Atau jika perlu mereka boleh mencipratkan air di wajahmu agar kamu segera melek dan bangun. Sebelum tidur bilang pada mereka untuk mebangunkanmu pada jam yang kamu inginkan.

    ReplyDelete
  34. Segala pujian hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarganya, dan para sahabat seluruhnya.
    Keistimewaan metode ini adalah seseorang akan memperoleh kekuatan dan kemapanan hafalan serta dia akan cepat dalam menghafal sehingga dalam waktu yang singkat dia akan segera mengkhatamkan Al-Quran. Berikut kami akan paparkan metodenya beserta pencontohan dalam menghafal surah Al-Jumuah:
    1. Bacalah ayat pertama sebanyak 20 kali.
    2. Bacalah ayat kedua sebanyak 20 kali.
    3. Bacalah ayat ketiga sebanyak 20 kali.
    4. Bacalah ayat keempat sebanyak 20 kali
    5. Keempat ayat di atas dari awal hingga akhir digabungkan dan dibaca ulang sebanyak 20 kali.
    6. Bacalah ayat kelima sebanyak 20 kali.
    7. Bacalah ayat keenam sebanyak 20 kali.
    8. Bacalah ayat ketujuh sebanyak 20 kali.
    9. Bacalah ayat kedelapan sebanyak 20 kali.
    10. Keempat ayat (ayat 5-8) di atas dari awal hingga akhir digabungkan dan dibaca ulang sebanyak 20 kali.
    11. Bacalah ayat pertama hingga ayat ke 8 sebanyak 20 kali untuk memantapkan hafalannya.
    Demikian seterusnya pada setiap surah hingga selesai menghafal seluruh surah dalam Al-Quran. Jangan sampai kamu menghafal dalam sehari lebih dari seperdelapan juz, karena itu akan menyebabkan hafalanmu bertambah berat sehingga kamu tidak bisa menghafalnya.

    JIKA AKU INGIN MENAMBAH HAFALAN PADA HARI BERIKUTNYA, BAGAIMANA CARANYA?
    Jika kamu ingin menambah hafalan baru (halaman selanjutnya) pada hari berikutnya, maka sebelum kamu menambah dengan hafalan baru dengan metode yang aku sebutkan di atas, maka anda harus membaca hafalan lama (halaman sebelumnya) dari ayat pertama hingga ayat terakhir (muraja’ah) sebanyak 20 kali agar hafalan ayat-ayat sebelumnya tetap kokoh dan kuat dalam ingatanmu. Kemudian setelah mengulangi (muraja’ah) maka baru kamu bisa memulai hafalan baru dengan metode yang aku sebutkan di atas.

    BAGAIMANA CARANYA AKU MENGGABUNGKAN ANTARA MENGULANG (MURAJA’AH) DENGAN MENAMBAH HAFALAN BARU?
    Jangan sekali-kali kamu menambah hafalan Al-Qur`an tanpa mengulang hafalan yang sudah ada sebelumya. Hal itu karena jika kamu hanya terus-menerus melanjutkan menghafal Al-Qur’an hingga khatam tapi tanpa mengulanginya terlebih dahulu, lantas setelah khatam kamu baru mau mengulanginya dari awal, maka secara tidak disadari kamu telah banyak kehilangan hafalan yang pernah dihafal. Oleh karena itu metode yang paling tepat dalam menghafal adalah dengan menggabungkan antara murajaah (mengulang) dan menambah hafalan baru. Bagilah isi Al-Qur`an menjadi tiga bagian,yang mana satu bagian berisi 10 juz. Jika dalam sehari kamu telah menghafal satu halaman maka ulangilah dalam sehari empat halaman yang telah dihafal sebelumnya hingga kamu menyelesaikan 10 juz. Jika kamu telah berhasil menyelesaikan 10 juz maka berhentilah menghafal selama satu bulan penuh dan isi dengan mengulang apa yang telah dihafal, dengan cara setiap hari kamu mengulangi (meraja’ah) sebanyak 8 halaman.
    Setelah selesai satu bulan kamu mengulangi hafalan, sekarang mulailah kembali dengan menghafal hafalan baru sebanyak satu atau dua lembar tergantung kemampuan, sambil kamu mengulangi setiap harinya 8 halaman hingga kamu bisa menyelesaikan hafalan 20 juz.

    ReplyDelete
  35. Mulailah mengulangi Al-Qur’an secara keseluruhan dengan cara setiap harinya mengulang 2 juz, dengan mengulanginya 3 kali dalam sehari. Dengan demikian maka kamu akan bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sekali setiap dua minggu.
    Dengan metode seperti ini maka dalam jangka satu tahun (insya Allah) kamu telah mutqin (kokoh) dalam menghafal Al-Qur’an, dan lakukanlah cara ini selama satu tahun penuh.

    APA YANG AKU LAKUKAN SETELAH MENGHAFAL AL-QUR’AN SELAMA SATU TAHUN?
    Setelah menguasai hafalan dan mengulangInya dengan itqan (mantap) selama satu tahun, hendaknya bacaan Al-Qur’an yang kamu baca setiap hari hingga akhir hayatmu adalah bacaan yang dilakukan oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- semasa hidup beliau. Beliau membagi isi Al-Qur`an menjadi tujuh bagian (dimana setiap harinya beliau membaca satu bagian tersebut), sehingga beliau mengkhatamkan Al-Qur’an sekali dalam sepekan.
    Aus bin Huzaifah -rahimahullah- berkata: Aku bertanya kepada para sahabat Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-, “Bagaimana caranya kalian membagi Al-Qur`an untuk dibaca setiap hari?” Mereka menjawab:
    نُحَزِّبُهُ ثَلَاثَ سُوَرٍ وَخَمْسَ سُوَرٍ وَسَبْعَ سُوَرٍ وَتِسْعَ سُوَرٍ وَإِحْدَى عَشْرَةَ سُورَةً وَثَلَاثَ عَشْرَةَ سُورَةً وَحِزْبَ الْمُفَصَّلِ مِنْ قَافْ حَتَّى يُخْتَمَ
    “Kami membaginya menjadi (tujuh bagian yakni): Tiga surat, lima surat, tujuh surat, sembilan surat, sebelas surat, tiga belas surat, dan hizb al-mufashshal yaitu dari surat Qaf sampai akhir (mushaf).” (HR. Ahmad no. 15578).
    Maksudnya:
    -Hari pertama: Mereka membaca surat “al-fatihah” hingga akhir surat “an-nisa`”.
    -Hari kedua: Dari surat “al-maidah” hingga akhir surat “at-taubah”.
    -Hari ketiga: Dari surat “Yunus” hingga akhir surat “an-nahl”.
    -Hari keempat: Dari surat “al-isra” hingga akhir surat “al-furqan”.
    -Hari kelima: Dari surat “asy-syu’ara” hingga akhir surat “Yasin”.
    -Hari keenam: Dari surat “ash-shaffat” hingga akhir surat “al-hujurat”.
    -Hari ketujuh: Dari surat “qaaf” hingga akhir surat “an-nas”.
    Para ulama menyingkat bacaan Al-Qur`an Nabi -shallallahu alaihi wasallam- ini menjadi kata: ”فَمِي بِشَوْقٍ“. Setiap huruf yang tersebut menjadi simbol dari awal surat yang dibaca oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- pada setiap harinya. Maka:
    – Huruf “fa`” adalah simbol dari surat “al-fatihah”. Maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari pertama dimulai dari surah al-fatihah.
    – Huruf “mim” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari kedua dimulai dari surah al-maidah.
    – Huruf “ya`” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari ketiga dimulai dari surah Yunus.
    – Huruf ”ba`” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari keempat dimulai dari surah Bani Israil yang juga dinamakan surah al-isra`.
    – Huruf “syin” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari kelima dimulai dari surah asy-syu’ara`.
    – Huruf “waw” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari keenam dimulai dari surah wash shaffat.
    – Huruf “qaaf” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari ketujuh dimulai dari surah qaf hingga akhir muashaf yaitu surah an-nas.
    Adapun pembagian hizib yang ada pada Al-Qur an sekarang, maka itu tidak lain adalah buatan Hajjaj bin Yusuf.

    BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN ANTARA BACAAN YANG MUTASYABIH (AYAT YANG MIRIP) DALAM AL-QUR’AN?
    Cara terbaik untuk membedakan antara dua ayat yang kelihatannya menurut kamu hampir sama (mutasyabih), adalah dengan cara membuka mushaf dan carilah kedua ayat tersebut. Lalu carilah perbedaan antara kedua ayat tersebut, cermatilah perbedaan tersebut, kemudian buatlah tanda/catatan (di dalam hatimu) yang bisa kamu jadikan sebagai tanda untuk membedakan antara keduanya. Kemudian, ketika kamu melakukan murajaah hafalan, maka perhatikanlah perbedaan tersebut secara berulang-ulang sampai kamu mutqin dalam mengingat perbedaan antara keduanya.

    ReplyDelete
  36. Ada satu surat dalam Alquran yang memakai nama logam, yaitu Surat Al-Hadid, artinya “besi”. Itulah sebabnya tepat sekali masjid di kompleks Krakatau Steel di Cilegon bernama Masjid Al-Hadid. Siapakah di antara kita yang tidak mengenal besi? Logam yang paling populer, dengan nama Latin ferrum dan lambang kimia Fe.

    Dalam Surat Al-Hadid ayat 25, Allah berfirman: wa anzalnaa 1-hadiid. Meskipun kata anzal sangat jelas artinya, yaitu “menurunkan”, banyak penafsir Alquran yang ragu-ragu menerjemahkan anzal dalam ayat ini. Sebab, yang banyak dijelaskan oleh Allah dengan memakai kata anzal biasanya “air” (anzalnaa l-maa’) atau “kitab” (anzalnaa I-kitaab).

    Nah, sekarang besi. Kalau diterjemahkan “Dan Kami menurunkan besi”, tentu harus dijelaskan bagaimana peristiwa “turunnya” besi itu. Bukankah besi itu hasil pengolahan bijih besi dari dalam tanah, bukannya jatuh dari atas? Mengapa Allah menggunakan kata anzal (“turun”)?

    Abdullah Yusuf Ali, dalam tafsirnya The Holy Qur’an, menerjemahkannya “And We sent down iron“, lalu dalam catatan kaki diterangkan: sent down, in the sense of revealed to man the use of certain things. Jadi, kata Yusuf Ali, yang diturunkan itu bukan logam besinya tetapi kegunaannya. Terjemahan Alquran dari Departemen Agama Republik Indonesia berbunyi: “Dan Kami ciptakan besi“. Tidak berani rupanya para ulama Depag itu menerjemahkannya secara benar: “Dan Kami menurunkan besi“.

    Sintesis Besi

    Informasi Allah mengenai besi yang diwahyukan pada abad ke-7 baru dapat dipahami oleh para ilmuwan pada abad ke-20! Baru sekarang para ilmuwan mengetahui bahwa besi di Bumi ternyata memang turun dari langit, sebab besi tercipta pada bintang-bintang melalui proses nukleosintesis. Ketika bintang-bintang itu mati (padam) lantaran kehabisan bahan bakar hidrogen, besi itu (bersama unsur-unsur yang lain) dihamburkan ke ruang angkasa.

    Tata surya kita, termasuk planet Bumi, terbentuk dari awan gas dan partikel debu sisa-sisa bintang yang menjadi rekat akibat rotasi. Unsur terbanyak yang menyusun Bumi ini adalah besi yang turun dari langit. Itulah sebabnya besi disebutkan secara khusus oleh Allah SWT. Bumi kita yang bermassa 6 x 1021 ton ini terbangun dari 35% besi (Fe), 26% oksigen (O), 13% silikon (Si), 10% magnesium (Mg), 4% nikel (Ni), dan sisanya unsur-unsur yang lain.

    Bumi kita mempunyai jari-jari (radius) 6.378 km. Lapisan paling atas adalah “kulit Bumi” (earth’s crust) yang tipis, hanya sedalam 25-90 km di kawasan daratan dan 6-11 km di kawasan samudera. Di lapisan kulit Bumi, besi (Fe) cuma unsur peringkat empat terbanyak sesudah oksigen (O), silikon (Si), dan aluminium (Al). Di bawah kulit Bumi ada lapisan “selimut Bumi” (earth’s mantle), kemudian paling bawah ada lapisan “pusat Bumi” (earth’s core) yang berjari-jari 3.470 Km. Nah, pusat Bumi tersusun dari 90% besi (Fe), sisanya nikel (Ni) dan belerang (S).

    ReplyDelete
  37. tafsir al-hadidddd

    Surah al-Hadid turun di Madinah dan turun setelah surah al-Zilzalah.[1] Surah ini adalah surah ke 57 sesuai dengan urutan mushaf dan berjumlah 29 ayat. Sebagian pendapat mengatakan surah ini turun di Makkah. Pendapat tersebut dikuatkan dengan riwayat bahwa sahabat Umar ibn Khattab mendengar saudarinya yang membaca surah al-Hadid. Lalu, tergeraklah hati Umar untuk masuk dalam Islam. Pada saat itu, Umar berada di Makkah.[2]

    Selanjutnya, penulis akan mengkaji penafsiran surah al-Hadid ayat 1-19. Didalamnya terdapat tema penting yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut. Ayat 1-6 membahas tentang ketundukan alam semesta beserta isinya kepada Allah atas kesempurnaanNya. Ayat 7-12 membahas anjuran berinfak dijalan Allah dan balas bagi mereka. Ayat 13-15 keadaan orang-orang munafik pada hari kiamat kelak. Ayat 15-19 adalah penegasan ayat-ayat sebelumnya. Penulis akan memaparkan beberapa pandangan para mufassir terkait ayat tersebut (1-19).

    Munasabah ayat

    Pada surah sebelumnya, surah al-Waqiah di akhiri dengan ayat tasbih (فسبح باسم ربك العظيم), sedangkan pada ayat pertama dari surah al-Hadid ini diawali dengan kata dasar yang sama (سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ …). Pada akhir surah al-Waqiah Allah menjelaskan agar bertasbih kepadaNya, Tuhan yang Maha Besar. Kemudian awal surah al-Hadid menerangkan bahwa telah bertasbih seluruh alam semesta ini kepada Allah.

    Menurut Ibn Katsir, surah al-Hadid yang diawali dengan ayat musabbihat (سَبَّحَ) ini memiliki keutamaan tersendiri. Ibn Katsir menukil hadis yang menjelaskan bahwa sebelum Nabi tidur membaca surat-surat musabbihat. Nabi berkata di dalam surat musabbihat terdapat satu ayat yang lebih utama dari seribu ayat.[3]

    Selain pada surah ini, al-Qur’an juga menggunakan kata musabbihat pada surah lainnya. Pada surah al-Isra, menggunakan kata subhana. Pada surah al-Hadid, al-Hasyr dan al-Shaf menggunakan kata sabhaha. Pada surah al-Jumuah dan al-Taghabun menggunakan kata yusabbihu. Sedangkan pada surah al-A’la menggunakan kata sabihi.[4]

    Tafsir Tahlili Surah al-Hadid 1-19

    Pada ayat pertama dari surah al-Hadid, Allah menerangkan bahwa segala sesuatu di dalam alam semesta telah bertasbih kepadaNya. (سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ) Bertasbih seluruh alam semesta berserta isinya memuji kebesaran Allah. Segala makhluk hidup baik malaikat, manusia, hewan, tumbuhan bertasbih kepada Allah. Dialah Allah yang maha perkasa dan bijaksana. Bertasbih sebagaimana yang diterangkan Wahbah Zuhaili adalah tanzih, taqdis dan ibadah kepada Allah.[5] Ayat ini juga dikuatkan oleh ayat lain surah al-Isra’ ayat 44:

    “Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun”.

    Menurut Ibn Katsir, surah al-Hadid yang diawali dengan ayat musabbihat (سَبَّحَ) ini memiliki keutamaan tersendiri. Ibn Katsir menukil hadis yang menjelaskan bahwa pada saat sebelum tidur Nabi membaca surat-surat musabbihat. Nabi berkata di dalam surah musabbihat terdapat satu ayat yang lebih utama dari seribu ayat.

    Kekuasaan Allah sangatlah luas, meliputi langit dan bumi beserta isinya (لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ). Kata langit yang terdapat dalam ayat tersebut berbentuk jama’, hal ini menegaskan bahwa kekuasaan Allah sangat luas dan besar sekali. Allah pemilik mutlak alam semesta ini. (يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ) Allah memiliki kekuasaan dan kehendaknya untuk menghidupkan atau mematikan segala sesuatu. Al-Khazin dalam tafsirnya menjelaskan bahwa Allah mampu menghidupkan segala sesuatu yang telah mati pada hari kebangkitan kelak.

    ReplyDelete
  38. beberapa langkah efektif untuk menghafal Al Qur’an yang disebutkan para ulama, diantaranya adalah sebagai berikut :

    Langkah Pertama : Pertama kali seseorang yang ingin menghafal Al Qur’am hendaknya mengikhlaskan niatnya hanya karena Allah saja. Dengan niat ikhlas, maka Allah akan membantu anda dan menjauhkan anda dari rasa malas dan bosan. Suatu pekerjaan yang diniatkan ikhlas, biasanya akan terus dan tidak berhenti. Berbeda kalau niatnya hanya untuk mengejar materi ujian atau hanya ingin ikut perlombaan, atau karena yang lain.

    Langkah Kedua : Hendaknya setelah itu, ia melakukan Sholat Hajat dengan memohon kepada Allah agar dimudahkan di dalam menghafal Al Qur’an. Waktu sholat hajat ini tidak ditentukan dan doa’anyapun diserahkan kepada masing-masing pribadi. Hal ini sebagaimana yang diriwayat Hudzaifah ra, yang berkata :

    كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا حزبه أمر صلى

    “ Bahwasanya Rosulullah saw jika ditimpa suatu masalah beliau langsung mengerjakan sholat. “()

    Adapun riwayat yang menyebutkan doa tertentu dalam sholat hajat adalah riwayat lemah, bahkan riwayat yang mungkar dan tidak bisa dijadikan sandaran. ()

    Begitu juga hadist yang diriwayatkan Ibnu Abbas ra yang menjelaskan bahwa Rosulullah saw mengajarkan Ali bin Abu Thalib sholat khusus untuk meghafal Al Qur’an yang terdiri dari empat rekaat , rekaat pertama membaca Al Fatihah dan surat Yasin, rekaat kedua membaca surat Al Fatihah dan Ad Dukhan, rekaat ketiga membaca surat Al Fatihah dan Sajdah, dan rekaat keempat membaca surat Al Fatihah dan Al Mulk, itu adalah hadist maudhu’ dan tidak boleh diamalkan. Sebagian ulama lain mengatakan bahwa hadist tersebut adalah hadits dhoif . ()

    ReplyDelete
  39. A. Pengertian Pergaulan Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok. Seperti yang dikemukakan oleh Aristoteles bahwa manusia sebagai makhluk sosial (zoon-politicon), yang artinya manusia sebagai makhluk sosial yang tak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain. Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seorang individu. Pergaulan yang ia lakukan itu akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan yang negatif. Pergaulan yang positif itu dapat berupa kerjasama antar individu atau kelompok guna melakukan hal – hal yang positif. Sedangkan pergaulan yang negatif itu lebih mengarah ke pergaulan bebas, hal itulah yang harus dihindari, terutama bagi remaja yang masih mencari jati dirinya. Dalam usia remaja ini biasanya seorang sangat labil, mudah terpengaruh terhadap bujukan dan bahkan dia ingin mencoba sesuatu yang baru yang mungkin dia belum tahu apakah itu baik atau tidak. B. Pengertian Remaja Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anakMenurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa dewasa. Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Sedangkan menurut Zakiah Darajat (1990: 23) remaja adalah: masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa.

    ReplyDelete
  40. Metode menghafal al-Qur’an ternyata mempengaruhi bagaimana cara otak mengambil ingatan itu lagi. Misal: kita menghafal qur’an berdasarkan juz, maka kita akan mengingat suatu ayat, ia berada di juz berapa. Inilah biasanya yang diterapkan di ma’had2 tahfidzul qur’an.
    Dari buku yang ana baca, yang berjudul “Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an”, ana dapati bahwa menurut penulisnya, menghafal al-Qur’an berdasarkan juz itu.. adalah cara menghafal yang salah/kurang tepat. Yang benar adalah menghafal al-Qur’an berdasarkan surat.. sehingga ketika kita ditanya suatu ayat, maka kita akan mudah mengetahui, ayat itu ada di surat mana.
    Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya digunakan dua metode. Karena di ma’had menggunakan metode menghafal berdasarkan juz, maka ana harus menggunakan metode ini untuk ziyadahnya (menambah hafalan). Tapi untuk muraja’ahnya (mengulang hafalan), ana lebih sering menggunakan metode menghafal berdasarkan surat. Dengan demikian, diharapkan ketika ditanya suatu ayat, kita bisa dengan tepat menyebutkan di juz mana dan di surat mana.
    Jika kita masuk lebih dalam, maka kita juga bisa menghafal al-Qur’an bedasarkan halamannya. Kita bisa menebak suatu ayat berada di lembar sebelah kanan atau kiri.. berada di lembar ke berapa juz ke berapa.. Kalau yang pernah ana baca, untuk mendapatkan kemampuan ini, maka kita harus mengoptimalkan penglihatan kita (sering melihat mushaf dengan konsentrasi / menggunakan ingatan penglihatan).
    Masih muncul permasalahan.. Apakah itu?
    Salah satu permasalahan yang belum terpecahkan olehku sampai saat ini adalah menghafal al-Qur’an secara sempurna hingga ke nomor ayat.

    ReplyDelete
  41. Sebagai seorang pelajar, disiplin diri amat penting. Matlamat yang telah dirancangkan perlu dilaksanakan mengikut jadual yang telah ditetapkan. Mia bagi contoh di sini, anda meletakkan matlamat anda untuk mendapatkan A bagi semua subjek yang dipelajari. Walaupun pada hakikatnya agak mustahil berbanding dengan komitmen pada kerja dan keluarga. Semua orang boleh berjaya jika rajin berusaha dan disiplin serta patuh pada perancangan.

    Berikut adalah beberapa tips melalui buku Teknik Menjadi Pelajar Cemerlang oleh Dr. Hasan Mohd. Ali :

    Berikan fokus dan tumpuan usaha anda kepada pencapaian matlamat yang paling penting dalam diri anda. Laksanakan perkara utama terlebih dahulu.
    Pamerkan segala matlamat anda di tempat yang mudah dilihat supaya senang anda mengingati matlamat anda.
    Amalkan perancangan harian selain daripada perancangan bulanan dan tahunan. Tentukan apa tugasan yang hendak dilaksanakan berdasarkan prioritinya.
    Tetapkan dan tentukan tarikh akhir yang realistik dan relevan bagi menyiapkan tugasan yang tidak disukai ataupun yang sukar dilaksanakan. Tarikh akhir menimbulkan keinginan menyegerakan tugasan itu.
    Pastikan segala usaha sesuatu tugas terhindar daripada keinginan mencapai kesempurnaan yang menyeluruh sehingga menyebabkan pelajar langsung tidak mahu berusaha kerana bimbang kegagalan daripada segi kesempurnaan tugas itu. Percayalah yang anda sudah mencapai kejayaan apabila mula melakukan sesuatu tugas.
    Wujudkan satu momentum bagi menguatkan semangat melakukan sesuatu tugasan yang tidak digemari, jemu, membosankan dan sukar dilakukan. Luangkan sebahagian masa mengusahakan ataupun memulakan kerja pada bahagian atau perkara yang mudah terlebih dahulu.
    Sentiasa ingatkan diri anda setiap hari.
    Hitung kos kerugian perbuatan melengah-lengahkan ataupun menangguhkan sesuatu kerja.
    Pastikan anda memantau peningkatan dan kemajuan secara berkala bagi setiap matlamat.
    Sentiasa meraikan kejayaan anda dan menghadiahkan kepada diri anda dengan perkara yang menggembirakan hati anda.
    Selalu bertanya kepada diri sendiri, bagaimana menggunakan masa dengan cara yang terbaik dalam hidup anda?

    ReplyDelete
  42. 1. Berenang
    Berenang merupakan olahraga yang dapat menjadi cara menambah tinggi badan yang terbukti ampuh. Berenang akan membuat anda bisa bertambah tinggi karena ketika berenang, dari ujung kaki sampai ujung kepala anda melakukan peregangan sehingga dapat merangsang dan memperpanjang tulang. Berenang menjadi olahraga yang paling direkomendasikan untuk meninggikan badan dibandingkan dengan jenis olahraga lain.

    2. Menendang
    Menendang merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, namun ternyata gerakan yang sangat mudah ini dapat menambah tinggi badan anda. Untuk melakukan gerakan menendang, anda bisa melebarkan kaki kemudian mengangkat kaki satu, setelah itu lakukan gerakan gerakan menendang. Menendang tidak hanya dapat dilakukan ketika bermain bola, anda bisa melakukan gerakan ini masing-masing kaki 20 kali menendang dalam sehari.

    3. Berayun
    Selain berenang, berayun juga menjadi salah satu olahraga yang sangat berpotensi untuk menambah tinggi badan anda. Apabila anda tidak memiliki alat untuk berayun, anda bisa melakukan olahraga ini dengan bergelantungan di pohon atau di kusen pintu rumah anda.

    4. Lompat tali
    Lompat tali atau skiping juga dapat menambah tinggi badan anda, sehingga anda bisa melakukannya setiap pagi. Jika anda belum mempunyai tali khusus untuk olahraga ini, anda dapat membelinya di toko khusus peralatan olahraga.

    Beberapa cara menambah tinggi badan diatas akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan makanan atau minuman berkalsium. Beberapa makanan yang mengandung kalsium yakni seperti yoghurt, keju, sayuran hijau, kacang kedelai, ikan salmon, pisang, dan masih banyak lagi. Sekian tips kesehatan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  43. 1. Berenang
    Berenang merupakan olahraga yang dapat menjadi cara menambah tinggi badan yang terbukti ampuh. Berenang akan membuat anda bisa bertambah tinggi karena ketika berenang, dari ujung kaki sampai ujung kepala anda melakukan peregangan sehingga dapat merangsang dan memperpanjang tulang. Berenang menjadi olahraga yang paling direkomendasikan untuk meninggikan badan dibandingkan dengan jenis olahraga lain.

    2. Menendang
    Menendang merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, namun ternyata gerakan yang sangat mudah ini dapat menambah tinggi badan anda. Untuk melakukan gerakan menendang, anda bisa melebarkan kaki kemudian mengangkat kaki satu, setelah itu lakukan gerakan gerakan menendang. Menendang tidak hanya dapat dilakukan ketika bermain bola, anda bisa melakukan gerakan ini masing-masing kaki 20 kali menendang dalam sehari.

    3. Berayun
    Selain berenang, berayun juga menjadi salah satu olahraga yang sangat berpotensi untuk menambah tinggi badan anda. Apabila anda tidak memiliki alat untuk berayun, anda bisa melakukan olahraga ini dengan bergelantungan di pohon atau di kusen pintu rumah anda.

    4. Lompat tali
    Lompat tali atau skiping juga dapat menambah tinggi badan anda, sehingga anda bisa melakukannya setiap pagi. Jika anda belum mempunyai tali khusus untuk olahraga ini, anda dapat membelinya di toko khusus peralatan olahraga.

    Beberapa cara menambah tinggi badan diatas akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan makanan atau minuman berkalsium. Beberapa makanan yang mengandung kalsium yakni seperti yoghurt, keju, sayuran hijau, kacang kedelai, ikan salmon, pisang, dan masih banyak lagi. Sekian tips kesehatan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  44. Memanfaatkan Vitamin E

    Penggunaan vitamin E tidak boleh sembarangan karena konsumsi yang tidak mengikuti aturan bisa berdampak negatif bagi tubuh. Berikut tata cara penggunaan vitamin E:

    Jangan gunakan dosis secara berlebihan. Vitamin E kemungkinan tidak aman jika diminum dalam dosis tinggi setara 400 IU atau lebih, terutama jika Anda menderita diabetes atau penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, dosis tinggi vitamin E mungkin bisa meningkatkan risiko terkena efek samping serius, bahkan kematian. Dosis harian vitamin E yang direkomendasikan adalah 22.4 IU (untuk usia 14 tahun ke atas).

    Dosis berlebihan juga bisa menyebabkan diare, kram perut, mual, kelelahan, sakit kepala, memar, ruam, pendarahan dan penglihatan buram.

    Hindari mengonsumsinya bersamaan dengan multivitamin. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dan banyak suplemen multivitamin lainnya mungkin bisa meningkatkan risiko kanker prostat pada sebagian pria. Untuk itu, lebih baik Anda berjaga-jaga dengan tidak mengonsumsi keduanya secara bersamaan. Perhatikan dosis suplemen yang Anda konsumsi.

    Tidak semua orang bersahabat dengan vitamin E. Ada beberapa kalangan yang sebaiknya menghindari vitamin E atau setidaknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E seperti ibu hamil, penderita stroke, kekurangan vitamin K, memiliki gangguan pendarahan, penderita kanker kepala dan leher, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau ingin melakukan operasi.

    Jadi kesimpulan dari sisi medis adalah khasiat vitamin E dalam mengatasi permasalahan kulit dan kesuburan pria perlu dikaji lebih mendalam karena masih adanya pro dan kontra terhadap hasil penelitian.

    Selain dari krim atau suplemen, manfaat vitamin E juga bisa ditemukan pada makanan kita sehari-hari, seperti kuning telur, tahu, bayam, kacang almond, avokad, udang, labu, brokoli, dan minyak zaitun. Pengonsumsian vitamin E dalam bentuk alami ini lebih direkomendasikan ketimbang vitamin E olahan.

    ReplyDelete
  45. Cara Mengobati Diabetes Secara Alami ~ Menderita penyakit ini memang sangat menyiksa, karena dengan terkenanya penyakit ini kita sangat dibatasi dalam kegiatan sehari – hari, hingga dalam mengkonsumsi makanan pun kita sangat dibatasi. Memang benar penyakit ini bisa menjadi penyakit turunan, tapi penyakit diabetes juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi / kita tidak bisa mengontrol makanan yang kita konsumsi, kita jarang melakukan olahraga, dan kehidupan sehari – hari lainnya yang dapat menyebabkan orang terkena penyakit diabetes. Tapi jangan khawatir untuk anda penderita diabetes, karena kami punya solusi yang paling tepat untuk anda. Dengan mengkonsumsi obat herbal Jelly Gamat Gold – G, Penyakit diabetes yang anda derita akan hilang. Berikut kami akan sedikit menjelaskan mengenai penyakit diabetes :Cara Mengobati Diabetes Secara Alami ~ Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguang sistem endokrin yang menyebabkan tingkat glukosa / gula dalam tubuh kita menjadi tidak normal (berlebih). Semua itu terjadi karena jumlah insulin didalam darah tidak mencukupi ataupun sel – sel tubuh tidak memberikan respon terhadapinisulin, sehingga gula tidak dapat masuk kedalam sel – sel tubuh manusia dan tidak bisa digunakan oleh tubuh manusia untuk bekerja secara normal. Diabetes type ini disebut diabetes melitus atau sering disebut kencing manis.

    ReplyDelete
  46. Faktor – faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita diabetes :

    Faktor keturunan
    Obesitas / kegemukan yang biasanya terjadi pada usia 40 tahunan
    Terjadi kerusakan pada sistem pankreas
    Tingkat / kadar kolesterol yang tinggi
    Gaya hidup yang tidak sehat yang kebanyakan mengkonsumsi makanan instant / junk food
    Tekanan darah yang tinggi
    Sering merokok dan stress
    Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat

    Cara Mengobati Diabetes Secara Alami ~ Penderita diabetes biasanya sering terlihat lemah, lemas dan tidak bertenaga, semua itu karena tubuh kekurangan energi yang disewbabkan oleg terganggunya sistem metabolisme karbohidrat.

    ReplyDelete
  47. Berikut gejala umum yang dirasakan oleh penderita diabetes :
    Mudah lapar dan menjadi banyak makan
    Gampang haus dan banyak minum
    Banyak buang air kecil terutama pada malam hari
    Jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak
    Penglihatanh menjadi kabur
    Sering pusing dan mual
    Mudah terkena infeksi pada kulit
    Mudah mengantuk dan mudah lelah
    Berat badan menurun terus menerus
    Jika tergores oleh sesuatu benda yang menyebabkan luka, maka luka itu sangat susah untuk sembuh bahkan bisa menjadi lebih besar
    Sering merasa kesemutan dan gatal – gatal pada daerah kaki dan tangan
    Kordinasi gerak anggota tubuh terganggu

    Cara Mengobati Diabetes Secara Alami ~ Gejala – gejala tersebut terjadi karena kadar gula darah yang tinggi sehingga menyebabkan ginjal menghasilkan air kemih dengan jumlah yang berlebihan yang bertujuan untuk mengencerkan glukosa / gula sehingga penderita menjadi sering buang air kecil. Dan karena itu penderita jadi banyak minum karena proses tersebut yang menyebabkan rasa haus yang tak terkendali oleh penderita. Akibat proses tersebut pulalah kalori dalam tubuh penderita menjadi berkurang sehingga menyebabkan penurunan pada berat badan penderita dan menyebabkan nafsu makan yang meningkat. Oleh sebab itu untuk para penderita diabetes disarankan untuk bisa mengatur pola makan dan banyak melakukan olahraga, semua itu untuk mempertahankan kadar gula yang normal pada darah

    ReplyDelete

  48. Cara Menambah Tinggi Badan - Cara menambah tinggi badan secara alami dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin memiliki tinggi badan dengan cepat dan ideal. Tinggi badan yang ideal sangatlah penting, kekurangan tinggi badan dapat membuat anda tidak percaya diri. Selain kurangnya percaya diri, tinggi badan yang kurang akan membuat anda mengalami berbagai masalah seperti sulit diterima bekerja, pendidikan militer dan berbagai pekerjaan yang mengharuskan memiliki standar tinggi badan. Kurangnya tinggi badan diakibatkan oleh kekurangan kalsium didalam tubuh sehingga membuat tulang tidak berkembang secara maksimal. Selain itu faktor genetik atau keturunan juga dapat menjadi penyebab kurangnya tinggi badan.

    Banyak sekali cara menambah tinggi badan secara alami tanpa harus mengkonsumsi suplemen penambah tinggi badan. Bahkan saat ini anda dapat menemukan alat khusus untuk menambah tinggi badan. Selain alat khusus, obat penambah tinggi badan pun sekarang sudah banyak dijual dengan harga murah. Namun sayangnya saya tidak merekomendasikan anda untuk menggunakan obat tersebut. Pasalnya penggunaan obat seperti itu akan berbahaya bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal, jantung, dan organ lainnya.

    ReplyDelete
  49. Makanan Sumber Vitamin C
    1. Jeruk
    Jeruk merupakan sumber makanan yang sangat kaya vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah jeruk yaitu sekitar 50 sampai 70 mg yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, jeruk juga mengandung folat dan serat yang tinggi.

    2. Pepaya
    Selain dapat dimakan dengan beragam cara, seperti memakannya mentah, direbus atau sebagai campuran es buah, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Pepaya juga mengandung vitamin A dan vitamin B9 atau folat yang membuat buah ini bergizi tinggi.

    3. Stroberi
    Stroberi tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, tetapi juga mengandung sejumlah besar vitamin C. Dalam satu porsi 147 gram stroberi memiliki sekitar 86,5 miligram vitamin C.

    4. Kiwi
    Buah yang berbentuk oval ini sering disebut sebagai gooseberry Cina dan hanya bisa dibudidayakan di beberapa negara
    saja. Namun Anda jangan khawatir, buah ini kini telah diekspor ke berbagai negara. Selain dapat memenuhi asupan vitamin C, kiwi juga memiliki rasa yang sangat lezat.

    5. Cabai
    Cabai terbukti mengandung vitamin C yang sangat tinggi melebihi makanan lain. Oleh sebab itu, penuhi asupan vitamin C Anda dengan mengkonsumsi cabai dengan porsi yang tepat agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

    6. Jambu biji
    Guava atau jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Bagaimanapun cara Anda memakannya, khasiat buah jambu biji akan tetap terjaga.

    7. Kubis
    Kubis ternyata juga mengandung vitamin C. Dua cangkir kubis mengandung 160,8 miligram vitamin C. Selain itu, kubis juga kaya akan vitamin A, C, dan K, fitonutrien dan serat.

    8. Paprika
    Paprika tergolong famili cabai yang juga mengandung vitamin C. Satu gelas paprika merah memiliki kandungan 190,3 miligram vitamin C. Sedangkan pada paprika hijau, vitamin C nya sebanyak 119,8 miligram.

    9. Blewah
    Buah ini merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Meskipun kandungan vitamin C tidak sebanyak pada buah jeruk, tidaklah salah jika Anda mencoba buah yang satu ini. Dalam satu porsi blewah, terkandung sekitar 49,2 miligram vitamin C.

    10. Jeruk bali
    Selain sebagai sumber makanan yang kaya vitamin C, jeruk bali juga mengandung asam salisilat yang membantu mencegah arthritis serta memiliki sifat antiseptik.

    Nah, itu tadi beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda, niscaya Anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat sehingga terhindar dari serangan penyakit akibat daya tahan yang menurun.

    ReplyDelete
  50. 1.c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    33.c.kindness effects more than unkindness.
    34.a.they carry freight and passenger train
    36.d.locomotives

    ReplyDelete
  51. c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    34.a.they carry freight and passenger train
    36.d.locomotives

    ReplyDelete
  52. c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    34.a.they carry freight and passenger train

    ReplyDelete
  53. Naratif berasal dari kata narasi yang memiliki makna pengisahan suatu cerita atau kejadian. Naratif adalah rangkaian kalimat yang bersifat narasi atau bersifat menguraikan (menjelaskan dsb, dalam makna lain naratif di katakan sebagai prosa yang subjeknya merupakan suatu rangkaian kejadian. naratif (narrative) setidaknya mengandung unsur judul (title), orientasi (orientation), komplikasi(complication), dan resolusi (resolution). Dalam bahasa inggris, naratif menggunakan past tense karena memang sifatnya yang menceritakan kejadian yang telah terjadi pada masa lampau. Dari sifatnya yang demikian, wajar saja bila siswa terkadang mendapatkan pemahaman yang tumpang tindih antara teks naratif dan recount. Untuk membedakan kedua jenis teks tersebut, siswa harus mampu memahami jalannya cerita. Naratif menceritakan kejadian atau peristiwa dalam runtutan waktu yang kompleks atau bahkan sering kali sangat kompleks(karena tujuannya untuk menghibur pembaca). Kisah yang diceritakan merupakan kisah tidak nyata, hanya hayalan penulis saja. Sedangkan recount merupakan teks yang menceritakan kejadian yang telah terjadi dengan runtutan waktu yang relatif sederhana, hal ini karena teks recount bertujuan untuk menjelaskan kejadian yang terjadi. Kejadian yang diceritakan dalam teks recount merupakan kejadian yang nyata terjadi. Narrative dalam english juga bisa diartikan sebagai sebuah jenis teks yang menceritakan sebuah cerita yang menggunakan past tense

    ReplyDelete
  54. Tak terasa masa Ujian Nasional (UN) telah tiba. Berbagai persiapan pasti telah dilakukan oleh para siswa maupun pihak sekolah. Berikut ini adalah beberapa tips sukses menghadapi Ujian Nasional:

    Jangan lupa berdoa! Yak, berdoa supaya ortu kamu ga ngusir kalo kamu gak lulus
    Sebelum berdoa, bikin orang-orang untuk menzholimi kamu, karena doanya orang-orang yang terzholimi itu terkabulkan
    Jangan mandi, biar pengawasnya ga mau deket-deket
    Wajib sarapan pagi! Nasi is Recommended. Mengandung AA DHA dan Prebiotik. Jangan Mie! Sakit perut!
    Sungkem ortu pas mau berangkat. Sebar duit recehan buat pengemis-pengemis, suruh bantu doa biar lulus UN
    Nyontek gak papa asalkan dari sumber yang ada cap logo ‘HALAL’
    Maju tak gentar, menyontek yang benar
    Jawab soal yang menurut kamu gampang lebih dulu. Kalo semua susah, tabahlah
    Jangan percaya kalo ada yang mau jual kunci jawaban soal UN dengan syarat lo harus jadi downlinenya dan mengajak 2 orang teman lagi
    Inget jangan lupa boker, biar ga nahan be*ak pas ujian
    Pinjem kantong ajaibnya Doraemon, jangan pinjam ranselnya Dora the Explorer
    Bawa 2 HP… yang 1 jelek yang 1 bagus, kalo disita kasih yang jelek pake yang bagus
    Di saat ragu, perhatikan huruf yang bersinaSampe sekolah 1 jam sebelom UAN. Hati-hati di jalan, awas ada kucing nyebrang
    Pake alat canggih bantu transmisi telepon di kuping, sambung ke orang yang pinter (ngarep)
    Bawa penghapus lebih dari satu, perhitungkan kemungkinan penghapus ‘nggelundung’ ke lantai
    Bawa pensil 2, hematlah waktu dengan menggunakan 2 tangan. Otak kanan untuk tangan kiri, otak kiri untuk tangan kanan (dibalik juga boleh)
    Sebelum UN dimulai lebih baik upadaate status twitter atau facebook dulu minta doa pada teman/Followers
    Sedia payung sebelum U*AN
    Ingat kata bang Haji, Begadang Jangan Begadaaaang kalo lagi UN
    Pastikan pensil lo itu 2B, kalo 36B kegedean

    ReplyDelete
  55. 1.b.the danger of snake's venom
    18.c.the exam postponement
    21.d.ground chilies
    27.b.preparing the costume for the halloween is exciting
    28.c.they threw heavy things overboard
    31.b.all hard work brings a profil
    33.d.terry raines is a widow

    ReplyDelete
  56. 18.c.the exam postponement
    21.d.ground chilies
    26.b.she saw some ghosts opening the door
    27.b.preparing the costume for the halloween is exciting
    28.c.they threw heavy things overboard
    31.b.all hard work brings a profit
    33.d.terry raines is a widow

    ReplyDelete
  57. 2.giliran : turn
    5.bergabung : joined
    7.jalanan : streets
    8.terbesar : greatest
    10.selama : during
    12.merubah : changed
    13.kesenian : art
    14.pameran : exhibition
    16.sekitar : around
    20.abad : century

    ReplyDelete
  58. 1.c.clyclists should get off the bicycle

    ReplyDelete
  59. 22.a.if the assistance is not given soon the number of the victims will increase

    ReplyDelete
  60. 1.c.clyclists should get off the bicycle
    22.a.if the assistance is not given soon the number of the victims will increase

    ReplyDelete
  61. 2.giliran : turn
    5.bergabung : joined
    7.jalanan : streets
    8.terbesar : greatest
    10.selama : during
    12.merubah : changed
    13.kesenian : art
    14.pameran : exhibition
    16.sekitar : around
    20.abad : century

    ReplyDelete
  62. 31.b.all hard work brings a profit

    ReplyDelete
  63. 34.b.computers
    35.a.an earthquake
    37.d.the telegraph poles
    38.b.to describe prambanan temple
    39.a.prambanan temple
    41.b.the horses
    43.b.narrative text
    47.c.saturday,8th april

    ReplyDelete
  64. "Snow White"

    Once upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead.
    One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.
    Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.
    Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep.
    Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.”
    Doc, one of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us.” Snow White said, “Oh could I? Thank you.” Then Snow White told the dwarfs the whole story and Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after.

    ReplyDelete
  65. c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    34.a.they carry freight and passenger train

    ReplyDelete
  66. 34.b.computers
    35.a.an earthquake
    37.d.the telegraph poles
    38.b.to describe prambanan temple
    39.a.prambanan temple
    41.b.the horses
    43.b.narrative text
    47.c.saturday,8th april

    ReplyDelete
  67. c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    34.a.they carry freight and passenger train

    ReplyDelete
  68. 1.c.clyclists should get off the bicycle
    22.a.if the assistance is not given soon the number of the victims will increase

    ReplyDelete
  69. 1.c.clyclists should get off the bicycle
    22.a.if the assistance is not given soon the number of the victims will increase

    ReplyDelete
  70. 1.melukis:painted
    2.giliran : turn
    3.muda:young
    4.warna:colors
    5.bergabung : joined
    6.guru:teacher
    7.jalanan : streets
    8.terbesar : greatest
    9.terkenal:famous
    10.selama : during
    11.tertarik:interest
    12.merubah : changed
    13.kesenian : art
    14.pameran : exhibition
    15.sastra:literature
    16.sekitar : around
    17.mengadakan:held
    18.percobaan:experimented
    19.menggambar:drawing
    20.abad : century

    ReplyDelete
  71. 2.a.permitted
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classes
    19.c.the googly eyes
    21.c.a comfortable bike
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    33.c.kindness effects more than unkindness
    34.a.they carry freight and passenger train
    36.d.locomotives

    ReplyDelete
  72. 1.a.swimming is prohibited in this beach
    2.b.to congratulate yulia on her success
    3.a.congratulations
    4.c.the beauty of mount bromo
    5.b.on foot
    6.d.she could see a vast dessert
    7.c.the sunrise
    9.d.to show someone's attention to a friend
    10.d.promote fat loss
    11.c.to persuade people to consume the product
    12.b.students capable of making a blog
    13.b.important
    14.d.24th
    15.b.register themselves to andika
    16.d.the students
    17.b.banjarmasin 4-day tour schedule
    18.b.going out of banjarmasin to loksado
    19.a.trip
    20.b.the way to recycle paper
    21.b.lift and rinse the water for a minute
    22.b.tear
    23.b.paper
    24.c.five o'clock in the afternoon
    25.c. to describe the health holiday bazaar at smp pahuwato
    26.d.children and parents can get free medical consultation at the bazaar
    27.b.a persian cat
    28.c.grace showed a surprising attitude
    29.on the bed
    30.d.she thought thy were not her master
    31.a.the legend of banyuwangi
    32.a.he did not trust hes wife
    33.a.raden banterang fell in love and married the princess
    34.c.anger led to fatality
    35.b.tabuik ceremony in west sumatra
    36.d.the tabuik ceremony is ended when the sunset
    37.b.pariaan
    38.c.to mark the disposal of bad luck
    39.a.to describe tabui ceremony
    40.a.left
    41.d.jurney
    42.c.happily
    43.b.spacious
    44.a.keep
    45.a.comfortably
    46.c.4-1-5-2-3-7-6
    47.d.4-5-3-6-8-2-7-1
    48.b.9-5-4-1-2-6-3-8-7
    49.b.2-3-4-5-6-1
    50.b.6-2-1-4-3-5

    ReplyDelete
  73. 1.melukis:painted
    2.giliran : turn
    3.muda:young
    4.warna:colors
    5.bergabung : joined
    6.guru:teacher
    7.jalanan : streets
    8.terbesar : greatest
    9.terkenal:famous
    10.selama : during
    11.tertarik:interest
    12.merubah : changed
    13.kesenian : art
    14.pameran : exhibition
    15.sastra:literature
    16.sekitar : around
    17.mengadakan:held
    18.percobaan:experimented
    19.menggambar:drawing
    20.abad : century

    ReplyDelete
  74. 1.melukis:painted
    2.giliran : turn
    3.muda:young
    4.warna:colors
    5.bergabung : joined
    6.guru:teacher
    7.jalanan : streets
    8.terbesar : greatest
    9.terkenal:famous
    10.selama : during
    11.tertarik:interest
    12.merubah : changed
    13.kesenian : art
    14.pameran : exhibition
    15.sastra:literature
    16.sekitar : around
    17.mengadakan:held
    18.percobaan:experimented
    19.menggambar:drawing
    20.abad : century

    ReplyDelete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. 1.c.clyclists should get off the bicycle
    22.a.if the assistance is not given soon the number of the victims will increase

    ReplyDelete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  78. 1.a.swimming is prohibited in this beach
    2.b.to congratulate yulia on her success
    3.a.congratulations
    4.c.the beauty of mount bromo
    5.b.on foot
    6.d.she could see a vast dessert
    7.c.the sunrise
    9.d.to show someone's attention to a friend
    10.d.promote fat loss
    11.c.to persuade people to consume the product
    12.b.students capable of making a blog
    13.b.important
    14.d.24th
    15.b.register themselves to andika
    16.d.the students
    17.b.banjarmasin 4-day tour schedule
    18.b.going out of banjarmasin to loksado
    19.a.trip
    20.b.the way to recycle paper
    21.b.lift and rinse the water for a minute
    22.b.tear
    23.b.paper
    24.c.five o'clock in the afternoon
    25.c. to describe the health holiday bazaar at smp pahuwato
    26.d.children and parents can get free medical consultation at the bazaar
    27.b.a persian cat
    28.c.grace showed a surprising attitude
    29.on the bed
    30.d.she thought thy were not her master
    31.a.the legend of banyuwangi
    32.a.he did not trust hes wife
    33.a.raden banterang fell in love and married the princess
    34.c.anger led to fatality
    35.b.tabuik ceremony in west sumatra
    36.d.the tabuik ceremony is ended when the sunset
    37.b.pariaan
    38.c.to mark the disposal of bad luck
    39.a.to describe tabui ceremony
    40.a.left
    41.d.jurney
    42.c.happily
    43.b.spacious
    44.a.keep
    45.a.comfortably
    46.c.4-1-5-2-3-7-6
    47.d.4-5-3-6-8-2-7-1
    48.b.9-5-4-1-2-6-3-8-7
    49.b.2-3-4-5-6-1
    50.b.6-2-1-4-3-5

    ReplyDelete
  79. 2.giliran= turn
    7.jalanan= streets
    8.terbesar= greates
    10.selama= during
    12.merubah= changed
    16.sekitar= around
    20. abad= century

    ReplyDelete
  80. Pengumuman, dalam bahasa Inggris disebut "Announcement" adalah salah satu short functional text yang sering ditugaskan guru kepada siswa, iya kan? Sebenarnya, membuat announcement text (pengumuman) lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat advertisement (iklan). Mengapa pengumuman dianggap lebih mudah? Karena announcement hanya sekedar memberitahukan apa saja yang perlu diumumkan.
    Lain lagi ketika kita membuat iklan (baca : iklan bahasa inggris), kita dituntut untuk bisa merayu agar pembaca bisa tertarik. Pada dasarnya antara iklan dan pengumuman tidaklah jauh berbeda, keduanya sama-sama memberitahu. Contoh yang paling mirip adalah informasi mengenai lowongan kerja; bisa dikategorikan iklan pun bisa termasuk pengumuman.

    PENGERTIAN ANNOUNCEMENT

    Announcement berasal dari kata announce; dalam bahasa Inggris kata kerja announce bermakna "make a formal public declaration about a fact, occurrence, or intention. Jadi bisa dikatakan "announcement" bermakna pemberitahuan fakta, kejadian atau niat, baik tertulis atau terucap yang disampaikan kepada publik.

    Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh announcement text berikut ini :

    Contoh Announcement - Pengumuman Lomba Sekolah
    Contoh Announcement - Pengumuman Beasiswa
    Contoh Announcement - Pengumuman Reuni Sekolah
    Contoh Announcement - Pengumuman Pergantian Nama Perusahaan

    CONTOH ANNOUNCEMENT TEXT - LOMBA SEKOLAH

    English Speech Contest

    For all students of SMAN Englishindo, we announce English Speech Contest..

    Time : Saturday, 22 March 2012
    Place : Hall of SMAN Englishindo

    Each class should register at least one student with one of these following topics :

    The Advantage of Learning English
    The Difficulties of Learning English
    The Effective Ways of Learning English
    For further information, visit the committee of this English Speech Contest in ENGLISHINDO.COM


    CONTOH ANNOUNCEMENT TEXT - INFORMASI BEASISWA

    SMAN Englishindo gives a scholarship for 100 students of Junior High School. The following requirements should be noticed :

    - High interest in English and Maths
    - Certified for IT course, including Office, Photoshop, Coreldraw, Autocad

    It is also allowed for Headmaster of the school to give recommendation letter to make the grantee accepted.

    For further details, visit our blogsite at Englishindo.com


    CONTOH ANNOUNCEMENT TEXT - UNDANGAN REUNI

    SMAN Englishindo will be having a Grand Alumni Homecoming on December 7, 2012 at 2:00 pm at Gajah Mungkur Hotel and Restaurant as the celebration of 10th Foundation Anniversary of SMAN Englishindo

    On this regard, we are cordially inviting you to attend the said affair to meet your old friends, classmates, acquaintances and teachers, reminiscing memorable experiences and sharing stories of success and most specially to renew our commitment to the noble ideals of our beloved Alma Mater.

    The registration charges are Rp. 250.000,- per person payable at the venue. These charges include Alumni T-shirt, Alumni ID, Alumni souvenir, dinner, live band and raffle draws.

    For further inquiries, please contact our Alumni Secretariat at (021) 237-2383 or text us at 08173445631.

    We look forward to your presence in this once a year celebration.

    ReplyDelete
  81. c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    34.a.they carry freight and passenger train

    ReplyDelete
  82. Queen Of Arabia and Three Sheiks

    Once upon a time there was a queen of Arabia named Maura. Maura is the most beautiful lady who had many suitors. Almost of it counts had discarded one by one, until just three sheiks reduced to the list. Those three were young and handsome. They were strong and also rich. The queen was hard to decide who would be the only one being the best.

    One day in the night, Maura disguised herself and went to the sheiks’ camps near her castle. Maura had an idea to made a dinner for them, “Would you like something to eat, sheiks?” asked her. The first gave her some left in the table over food. And the second one gave her something strange, some unappetizing camel’s tail. The last one who named Hakim, offered the most tasty meat and tender.

    After the lovely occasion, the queen left the camp.

    Then in tomorrow, the queen invited those three sheiks to have a dinner at her castle. She ordered as same as the foods which is given to queen yesterday. The first sheiks who gave all over the food get the same menu. And he ate all the menu by himself. The second one who gave the unappetizing camel’s tail get the same and ate by himself. The third one , hakim, Get the same menu as he gave to the queen, but he didn’t want to eat it if all the people around him could not get too.

    The queen was smiling. “Hakim, you are the person who I am searching for, now I announce that Hakim the person I will marry with!”

    ReplyDelete
  83. The Smartest Parrot

    Once upon time, a man had a wonderful parrot. There was no other parrot like it. The parrot could say every word, except one word. The parrot would not say the name of the place where it was born. The name of the place was Catano.

    The man felt excited having the smartest parrot but he could not understand why the parrot would not say Catano. The man tried to teach the bird to say Catano however the bird kept not saying the word.

    At the first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. “You stupid bird!” pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano! Or I will kill you” the man said angrily. Although he tried hard to teach, the parrot would not say it. Then the man got so angry and shouted to the bird over and over; “Say Catano or I’ll kill you”. The bird kept not to say the word of Catano.

    One day after he had been trying so many times to make the bird say Catano, the man really got very angry. He could not bear it. He picked the parrot and threw it into the chicken house. There were four old chickens for next dinner “You are as stupid as the chickens. Just stay with them” Said the man angrily. Then he continued to humble; “You know, I will cut the chicken for my meal. Next it will be your turn, I will eat you too, stupid parrot”. After that he left the chicken house.

    The next day, the man came back to the chicken house. He opened the door and was very surprised. He could not believe what he saw at the chicken house. There were three death chickens on the floor. At the moment, the parrot was standing proudly and screaming at the last old chicken; “Say Catano or I’ll kill you”.

    ReplyDelete
  84. Arjuna looking for love
    Once there was a king of evil from the kingdom of Iman Imantaka whose name is Niwata Kawaca. He was a powerful and cruel king who had conquered many kingdoms. The invincible king then had another ambition. He wanted to marry a beautiful angel from the heaven of god whose name is Dewi Supraba. He came to god Indra to propose for the beautiful angel. But the god refused. He thought that the king was not a good husband for the angel. The king was so angry that he decided to attack Kingdom of god Indra. The army of Niwata Kawaca proved to be very strong. The army of god was easily defeated. Luckily the god managed to close the gate. Then the god's palace was besieged by the army of Niwata Kawaca.
    Then the god Indra decided to ask for help of human being. His choice fell into Arjuna, the third son of Pandu. At that time Arjuna was meditating in Mount Indrakila. He was meditating there to pray and to search for spiritual power that he needed to face the great war of Barata yudha (war of the Barata family). God Indra wanted to test his spiritual power to know whether he was fit for the battle with Niwata Kawaca. Indra sent seven beautiful angels to tease Arjuna. Two of the most beautiful ones were Supraba and Tilottama. They used their beauty to tease him but Arjuna was proved to be a true hero. He could resist their temptation. Indra was sure that Arjuna was the right person to overcome the problem.
    Meanwhile King Niwata Kawaca realized that there was a hero who could be a threat to his power. That's why he decided to eliminate the potential threat. He sent a monster that could change himself into a wild boar. His name was Momong Murka. Momong Murka came to the village where Arjuna was doing ascetics. As he got there soon he changed himself into a giant wild bore and destroyed the village. Arjuna did not let him do further damage so he fought back. The wild boar was so strong that he was forced to use his new weapon. He attacked the wild boar with an arrow and it was killed instantly. But as he came closer to take a look at it he was very surprised to see another hero stood by it arrogantly.
    Arjuna said politely:
    'Excuse me; let me take a look at the wild boar. I just shot it with my arrow'
    'Excuse me, did you shoot it? Look this is my arrow', the hero said.
    'Of course I shot it. This is my arrow'
    'But I shot it first. You just followed me'
    The quarrel became so tense that they were both became very angry. The two heroes fought fiercely but finally the other hero could beat Arjuna. As he sat in the ground suddenly the hero changed into god Syiwa. Arjuna was shocked so he saluted the god immediately

    ReplyDelete


  85. 'I beg your pardon your holiness, I did not realized your presence'
    'Arjuna, you are truly a hero. You have reached a highest level of spirituality. That's why I give you a special arrow called Pasopati. It was special because it had extraordinary spiritual power. No one could resist it. Be careful'
    Not long after that Syiwa disappeared like smoke. Arjuna was then a very powerful hero. Just as he was about to go home to Indraprasta, an emissary from Indra came to see him. He asked Arjuna to help Indra fight King Niwata Kawaca. Arjuna agreed to help because he realized that it was his duty as a hero to protect anyone who needs his help.
    In the heaven of god Indra, a discussion was held to overcome the threat of King Niwata Kawaca. Indra told Arjuna that Niwata Kawaca was unbeatable. He was very strong and he could resist any kinds of weapon, even the most lethal ones. His victims were countless. So they had to find out a strategy. Arjuna decided to find out the secret of his weakness. He ordered Supraba, the most beautiful angel, to surrender to King Niwata Kawaca. But it is only a trick to search for his weakness. Arjuna would protect her from a distant. He had a spiritual mystical power that could make him invisible.
    Indra and Supraba agreed to the plan. So one day Supraba came to kingdom of Iman Imantaka to see King Niwata Kawaca. Arjuna who was invisible kept guarding her. The King was very happy to welcome her.
    'Your Majesty King Niwata Kawaca. The Most Glorious king of Iman Imantaka. I am honored to be your servant. Let me serve you with all of my heart'
    'O, my dear one. I have been waiting for this happy moment. But why you leave the heaven of Indra?
    'I do not find happiness, your Majesty. I am sure I will find it here'
    King Niwata Kawaca had fallen in love to Supraba for a long time. He did not realize that it was only a trick. Supraba kept praising him so Niwata Kawaca was flattered and he lost control of his emotion. Then Supraba asked about his power.
    'Your Majesty, the most powerful king in the world. What makes you very powerful?'
    'Supraba, long time ago gods gave me a special power after I done ascetics. I became very powerful and unbeatable. No weapon could do any harm to me. Except for one thing'
    'What is that?'
    'My only weakness is my tongue. If it is hit, I will be killed instantly'
    Arjuna who stood by Supraba heard that. But he was invisible. Soon he went out of the palace and destroyed the front gate of the palace. When the soldiers were busy hunting for him Arjuna went back to the palace and

    ReplyDelete
  86. saved Supraba. They fled to the heaven of Indra.
    King Niwata Kawaca was very angry to hear that Supraba had escaped. He realized that god Indra and Arjuna were behind the event. So he immediately prepared his army to invade the heaven of Indra. He had a strong army of monsters.
    As the army arrived in the heaven of Indra they stormed it. The army of god was no match for the mighty army of Iman Imantaka. King Niwata Kawaca who was very angry shouted:
    Indra, Arjuna, come out of you bedroom. Be a real man. Come on, fight me'
    Then Arjuna came to fight him. Niwata Kawaca who realized that his secret had revealed fought very carefully although he was very angry. He never opened his mouth. Consequently it was very difficult for Arjuna to beat him. Then Arjuna tried a different strategy. When Niwata Kawaca hit him, he fell to the ground and cried.
    'Please have mercy. I just followed order from my god. Let me live'
    Niwata Kawaca was very satisfied when he saw Arjuna fell and then sat helplessly on the ground. He was sure that he won the fight.
    'I thought you are a real hero Arjuna. I thought you are a tough enemy. I never know that you are a chicken'
    Arjuna kept on begging.
    'I am just an ordinary guy who searches for a living. I am not responsible for this. Please let me go'
    'On one condition, do you endorse that I am your king?'
    'Yes, absolutely, your majesty, great king of Iman Imantaka'
    Niwata Kawaca was very satisfied. He laughed out loud.
    'Ha, ha, ha, little coward,.......'
    He was just about to finish his words when an arrow suddenly broke into his mouth. The mighty Pasopati arrow from Arjuna went through his mouth and hit his tongue. Niwata Kawaca was killed instantly. His army was shocked and soon they were demoralized. They had no choice but to surrender to the army of god.
    The god Indra was very satisfied with Arjuna's contribution. So he gave him a great reward.

    'Arjuna, Now that a threat to human and god had disappeared. You really have a great contribution to god and to all humanity. So I decided to give you a reward. You will marry the seven angels'
    Arjuna married the most beautiful angels of heaven including Supraba and Tilottama. After that he stayed in heaven for seven months. But then he had to leave heaven. Finally he left them and returned to Indraprastha to serve for his country and his family

    ReplyDelete
  87. Use in statistical analysis

    Descriptive status provides simple summaries about the sample and about the observations that have been made. Such summaries may be either quantitative, i.e. summary statistics, or visual, i.e. simple-to-understand graphs. These summaries may either form the basis of the initial description of the data as part of a more extensive statistical analysis, or they may be sufficient in and of themselves for a particular investigation.

    For example, the shooting percentage in basketball is a descriptive statistic that summarizes the performance of a player or a team. This number is the number of shots made divided by the number of shots taken. For example, a player who shoots 33% is making approximately one shot in every three. The percentage summarizes or describes multiple discrete events. Consider also the grade point average. This single number describes the general performance of a student across the range of their course experiences.[4]

    The use of descriptive and summary statistics has an extensive history and, indeed, the simple tabulation of populations and of economic data was the first way the topic of statistics appeared. More recently, a collection of summarisation techniques has been formulated under the heading of exploratory data analysis: an example of such a technique is the box plot.

    In the business world, descriptive statistics provides a useful summary of many types of data. For example, investors and brokers may use a historical account of return behavior by performing empirical and analytical analyses on their investments in order to make better investing decisions in the future.
    Univariate analysis

    Univariate analysis involves describing the distribution of a single variable, including its central tendency (including the mean, median, and mode) and dispersion (including the range and quantiles of the data-set, and measures of spread such as the variance and standard deviation). The shape of the distribution may also be described via indices such as skewness and kurtosis. Characteristics of a variable's distribution may also be depicted in graphical or tabular format, including histograms and stem-and-leaf display.
    Bivariate analysis

    When a sample consists of more than one variable, descriptive statistics may be used to describe the relationship between pairs of variables. In this case, descriptive statistics include:

    Cross-tabulations and contingency tables
    Graphical representation via scatterplots
    Quantitative measures of dependence
    Descriptions of conditional distributions

    The main reason for differentiating univariate and bivariate analysis is that bivariate analysis is not only simple descriptive analysis, but also it describes the relationship between two different variables.[5] Quantitative measures of dependence include correlation (such as Pearson's r when both variables are continuous, or Spearman's rho if one or both are not) and covariance (which reflects the scale variables are measured on). The slope, in regression analysis, also reflects the relationship between variables. The unstandardised slope indicates the unit change in the criterion variable for a one unit change in the predictor. The standardised slope indicates this change in standardised (z-score) units. Highly skewed data are often transformed by taking logarithms. Use of logarithms makes graphs more symmetrical and look more similar to the normal distribution, making them easier to interpret intuitively.

    ReplyDelete

  88. Home » Functional Text » INVITATION TEXT: Pengertian, Generic Structure dan Contoh
    INVITATION TEXT: Pengertian, Generic Structure dan Contoh
    Post On: 16 November 2014 | By: admin

    Belajar bahasa Inggris invitation text – Kata ini diterjemahkan sebagai undangan. Invitation adalah kata yang begitu sering kita dengar dalam bersosial sehari-hari. Namun, Tahukah apa pengertian, communicative purpose (tujuan), dan generic structure (susunan) dari undangan dalam bahasa Inggris ini? Mari kita mulai pembahasannya.
    Pengertian Invitation Text dalam Bahasa Inggris

    Kita sering sekali mendengar kata undangan (invitation) namun apa sebenaranya pengertian invitation text ini? Menurut para ahli bahasa yang dituangkan dalam kamus-kamus nya, invitation didefinisikan:
    Menurut Oxford Learner’s Dictionary mengartikan “invitation” sebagai berikut:

    a spoken or written request to somebody to do something or to go somewhere

    Jadi “invitation” adalah permintaan baik berupa ucapan atau tertulis kepada seseorang untuk melakukan Sesutu atau pergi ke suatu tempat.
    Cukup jelaskan apa itu invitation? Namun agar lebih paham lagi berikut ada pengertian invitation yang lebih comprehensive.
    Menurut vocabulary.com, invitation adalah:

    An invitation is a request, a solicitation, or an attempt to get another person to join you at a specific event.

    Kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia, invitation adalah permintaan, ajakan, atau upaya terhadap orang lain agar bersedia bergabung dengan kita pada suatu acara tertentu.
    Communicative Purpose Invitation Text Bahasa Inggris

    Sebenarnya dari beberapa pengertian yang sudah disampaikan diatas, communicative purpose (tujuan) dari invitation text itu sudah sangat jelas, yaitu mengajak atau mengundang seseorang untuk hadir dalam suatu acara tertentu. Pada umumnya setiap undangan akan ditandai tujuannya dengan enyertakan frase-frase sebagai berikut:

    Would you like to come
    Would you like to join us
    I would like to invite you
    Request the present of…

    Pokoknya bisa ditandai dengan berbagai macam frase dan kalimat yang mempunyai arti MENGUNDANG denga kosa kata dasar “invite”, “join”, ‘come”, “request”, dan lainnya
    Generic Structure Invitation Bahasa Inggris

    Susunan kalimat, frase, atau paragraph sebuah invitation biasanya disebut generic structure atau schematic structure. Pada umumnya setiap undangan mempunyai keunikan sendiri-sendiri namun secara keseluruhan bisa digaribawahi bahwa undangan (invitation text) akan ditulis dengan struktur sebagai berikut:
    1. Invitee: Siapa yang diundang
    2. Body of invitation: Isi undangan biasanya berupa hal hal berikut ini:

    Occasion: Undangan ini dibuat untuk acara apa
    Day or Date: Hari dan tanggal
    Time: Waktu yang ditetapkan
    Place: Tempat yang diharapkan kehadirannya para undangan

    3. Inviter: Siapa yang mengundang
    Sekali lagi susunan seperti diatas hanyalah patokan umum bagaimana sebuah invitation itu ditulis dalam bahasa Inggris. Dan meski begitu akan banyak variasi unsure yang dimasukkan kedalam undangan tersebut dan itu mungkin berbda antara satu dan lainnya
    Contoh Invitation Text Sederhana dalam Bahasa Inggris

    Invitation text yang kita temukan dalam beberapa kesempatan biasa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu formal invitation (undangan resmi) dan informal invitation (undangan untuk acara tidak resmi)

    ReplyDelete
  89. c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    34.a.they carry freight and passenger train

    ReplyDelete
  90. 37. C, Betel has spread very widely for thousands of years
    38. B, Betel is valued for its medicinal properties
    39. D, Old
    40. A, 1
    41. D, To make the photo fit well in its frame
    42. B, Event
    43. B, Slipped
    46. C, Terrifying
    47. D, Towel
    49. B, 4-6-1-5-8-2-7-3

    ReplyDelete
  91. Narrative text:
    adalah salah satu pelajaran paling sering muncul dalam dunia pendidikan bahasa Inggris di Indonesia. Oleh karena itu kita setidaknya mampu memahami contoh narrative text dengan sangat baik agar nanti ketika kita membaca cerita bahasa Inggris, kita langsung mampu mencerna cerita tersebut.

    Belajar bahasa Inggris di tingkat menengah, baik itu SMP ataupun SMA, kini tidak akan lepas dari pelajaran "wajib" tentang narrative text. Dalam pelajaran ini, siswa biasanya dituntut untuk bisa menceritakan sebuah kisah, dongeng ataupun cerita dalam bentuk tulisan.

    Meski "storytelling" adalah salah satu komponen spoken English yang sekaligus meramaikan pelajaran ini, narrative text nyatanya lebih dominan diajarkan dalam bentuk tulisan, memahami generic structure sebuah cerita, ataupun menganalisa karakter, latar, ataupun alur cerita narrative.

    Perlu diketahui bahwa narrative text, dalam mata kuliah writing and composition biasanya disebut narration, adalah salah satu jenis teks dalam sebuah bahasa sastra. Biasanya, narrative text (teks naratif) berisi tentang cerita--baik cerita fiksi, cerita non-fiksi, dongeng, cerita rakyat, cerita binatang / fabel dll, pokoknya semua hal tentang cerita ya narrative namanya... :-)

    Pengertian Narrative Text
    Definisi Narrative Text itu seperti apa? Disebutkan bahwa A narrative text is an imaginative story to entertain people (teks narasi adalah cerita imaginatif yang bertujuan menghibur orang).

    Jika melihat pada kamus bahasa Inggris, secara harfiah narrative bermakna (1) a spoken or written account of connected events; a story. (2) the narrated part of a literary work, as distinct from dialogue. (3) the practice or art of narration.

    (Narrative bermakna : 1. sebuah cerita baik terucap atau tertulis tentang peristiwa-peristiwa yang berhubungan. 2. bagian yang diceritakan dalam sebuah karya sastra, berbeda dengan dialog. 3. Praktik atau seni bercerita)


    Jika disimpulkan, maka sebuah narrative text adalah teks yang berisi sebuah cerita baik tertulis ataupun tidak tertulis dan terdapat rangkaian peristiwa yang saling terhubung.



    Generic Structure dari Narrative Text
    Generic Structure Narrative Text apa saja sih? Bagi sobat yang masih duduk di bangku sekolah tingkat menengah, penjelasan mengenai narrative texts tak usah sulit-sulit ya.. Intinya, narrative text ini mempunyai struktur / susunan seperti di bawah ini :

    Orientation : It is about the opening paragraph where the characters of the story are introduced.(berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana)

    Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai terjadi dan berkembang)

    Resolution : Where the problems in the story is solved. Masalah selesai, --- secara baik "happy ending" ataupun buruk "bad ending".

    Kadangkala susunan (generic structure) narrative text bisa berisi: Orientation, Complication, Evaluation, Resolution dan Reorientation. Meski “Evaluation” dan “Reorientation” merupakan optional; bisa ditambahkan dan bisa tidak. Evaluation berisi penilaian/evaluasi terhadap jalannya cerita atau konflik. Sedangkan Reorientation berisi penyimpulan isi akhir cerita

    ReplyDelete
  92. Contoh Narrative Text Lengkap
    Contoh Narrative Text di bawah ini sangat lengkap lho. Mengacu pada keterangan di atas, contoh - contoh narrative text sebenarnya sudah banyak diterbitkan dalam blog ini, seperti :

    1. Kumpulan Narrative Text Cerita Rakyat Indonesia dalam Bahasa Inggris berisi kumpulan kisah / cerita rakyat bahasa Inggris yang melegenda di bumi nusantara Indonesia.
    2. Kumpulan Narrative Text Dongeng Legenda Bahasa Inggris berisi kumpulan dongeng-dongeng terkenal baik di dunia ataupun di Indonesia.
    3. Kumpulan Narrative Text Cerita Binatang / Fabel Bahasa Inggris berisi kumpulan cerita tentang hewan atau disebut juga "fable" terpopuler.
    4. Kumpulan Narrative Text Cerita Nabi berbahasa Inggris Pendek berisi cerita naratif islami tentang Nabi dan Rasul dalam bahasa Inggris.
    Silahkan klik link-link di atas untuk memilih contoh narrative text pilihan anda sendiri. Sangat tidak sulit kan?

    CATATAN : Jika ada link yang rusak pada kumpulan contoh narrative text di atas, mohon laporkan, agar kami bisa memperbaiki link tersebut. Terima kasih.
    Penjelasan Narrative Text (untuk tingkat Mahir)
    Untuk mengetahui definisi dan penjelasan tentang narration (narrative text) sobat mahasiswa dan mahasiswi bisa membaca buku buku tentang writing di perpustakaan terdekat dan terlengkap, dan disini saya hanya akan mengutipkan pendapat Thomas S. Kane (2000: 363-364)

    ReplyDelete
  93. The Legend of Tangkuban Perahu

    Once, there was a kingdom in Priangan Land. Lived a happy family. They were a father in form of dog,his name is Tumang, a mother which was called is Dayang Sumbi, and a child which was called Sangkuriang.

    One day, Dayang Sumbi asked her son to go hunting with his lovely dog, Tumang. After hunting all day, Sangkuriang began desperate and worried because he hunted no deer. Then he thought to shot his own dog. Then he took the dog liver and carried home.

    Soon Dayang Sumbi found out that it was not deer lever but Tumang's, his own dog. So, She was very angry and hit Sangkuriang's head. In that incident, Sangkuriang got wounded and scar then cast away from their home.

    Years go bye, Sangkuriang had travel many places and finally arrived at a village. He met a beautiful woman and felt in love with her. When they were discussing their wedding plans, The woman looked at the wound in Sangkuriang's head. It matched to her son's wound who had left severall years earlier. Soon she realized that she felt in love with her own son.

    She couldn't marry him but how to say it. Then, she found the way. She needed a lake and a boat for celebrating their wedding day. Sangkuriang had to make them in one night. He built a lake. With a dawn just moment away and the boat was almost complete. Dayang Sumbi had to stop it. Then, she lit up the eastern horizon with flashes of light. It made the cock crowed for a new day.

    Sangkuriang failed to marry her. She was very angry and kicked the boat. It felt over and became the mountain of Tangkuban Perahu Bandung.

    ReplyDelete
  94. The Legend Of Banyuwangi

    Once upon a time, there was a local ruler named King Sulahkromo. The king had a Prime Minister named Raden Sidopekso. The Prime Minister had a wife named Sri Tanjung. She was so beautiful that the king wanted her to be his wife.

    One day, the King sent his Prime Minister to a long mission. While the Prime Minister was away, the King tried to get Sri Tanjung. However he failed. He was very angry. Thus, when Sidopekso went back, the King told him that his wife was unfaithful to him. The Prime Minister was very angry with his wife. Sri Tanjung said that it was not true. However, Sidopekso said that he would kill her.

    He brought her to the river bank. Before he kill her and threw her into the river, she said that her innocence would be proven After Sidopekso killed her, he threw her dead body into the dirty river.

    The river immediately became clean and began to spread a wonderful fragrance. Sidopekso said, "Banyu...Wangi... Banyuwangi". This means "fragrant water". Banyuwangi was born from the proof of noble and sacred love.

    ReplyDelete
  95. The Legend of Rawa Pening

    Once upon a time, there was a little poor boy came into a little village. He was very hungry and weak. He knocked at every door and asked for some food, but nobody cared about him. Nobody wanted to help the little boy.

    Finally, a generous woman helped him. She gave him shelter and a meal. When the boy wanted to leave, this old woman gave him a “lesung”, a big wooden mortar for pounding rice. She reminded him, “please remember, if there is a flood you must save yourself.

    Use this “lesung” as a boat”. The “lesung” was happy and thanked the old woman.The little boy continued his journey. While he was passing through the village, he saw many people gathering on the field. The boy came closer and saw a stick stuck in the ground. People challenged each other to pull out that stick. Everybody tried, but nobody succeeded. “Can I try?” asked the little boy. The crowd laughed mockingly. The boy wanted to try his luck so he stepped forward and pulled out the stick. He could do it very easily. Everybody was dumbfounded.

    Suddenly, from the hole left by stick, water spouted out. It did not stop until it flooded the village. And no one was saved from the water except the little boy and the generous old woman who gave him shelter and meal. As she told him, he used the “lesung” as a boat and picked up the old woman. The whole village became a huge lake. It is now known as Rawa Pening Lake in Salatiga, Central Java, Indonesia.

    ReplyDelete
  96. The Legend of Surabaya

    A long time ago, there were two animals, Sura and Baya. Sura was the name of a shark and Baya was a crocodile. They lived in a sea.

    Once Sura and Baya were looking for some food. Suddenly, Baya saw a goat.
    “Yummy, this is my lunch,” said Baya.
    “No way! This is my lunch. You are greedy” said Sura. Then they fought for the goat. After several hours, they were very tired.

    Feeling tired of fighting, they lived in the different places. Sura lived in the water and Baya lived in the land. The border was the beach, so they would never fight again.

    One day, Sura went to the land and looked for some food in the river. He was very hungry and there was not much food in the sea. Baya was very angry when he knew that Sura broke the promise.

    They fought again. They both hit each other. Sura bit Baya's tail. Baya did the same thing to Sura. He bit very hard until Sura finally gave up and Awent back to the sea. Baya was happy.

    ReplyDelete
  97. The Legend Of Prambanan Temple
    Once, there was a beautiful Javanese princess whose name was Rara Jonggrang. Rara Jonggrang whose beauty was very famous in the land was the daughter of Prabu Baka, and evil king.

    One day, a handsome young man with super natural power named Bandung Bondowoso defatted and killed Prabu Baka. On seeing Princess Rara Jonggrang’s beauty, Bandung Bondowoso fell in love wither and wantted to marry her.

    Meanwhile, Princess Rara jonggrang felt sad due to her death father. She did not want to marry Bandung because he had killed her father. But she was also afraid of Bandung. So to refuse politely, she made a condition. "I will marry you but you have to build one thousand temples in one night as a wedding gift" requested Rara Jonggrang. Bandung Bondowoso agreed with the condition. Helped by the spirit of the demons, Bandung Bondowoso started building the temples. Approaching midnight, the work would nearly be done. Rara Jonggrang knew and thought, "What shall I do? Bandung Bondowoso is smarter than I. I would lose against Bandung."

    Suddenly she got an idea. She woke up all the women in the palace and ordered them to make the noisy sounds of grinding rice so that the rooster thought at had already been dawn. Bandung Bondowoso got frustrated because he failed completing the thousandth temple.
    "The Princess has deceived me!" Following his anger, he cursed Roro Jonggrang, "You have been cheated. Now, the thousandth temple is you!"

    At once, the Princess turned into a statue. knowing this, Bandung Bondowoso regretted and he went away into a farm land. From then people called the temple Prambanan Temple and the Princess statue Rara Jonggrang statue.

    ReplyDelete
  98. The Legend of Tangkuban Perahu Mountain
    Once, there was a kingdom in Priangan Land. Lived a happy family. They were a father in form of dog,his name is Tumang, a mother which was called is Dayang Sumbi, and a child which was called Sangkuriang.
    One day, Dayang Sumbi asked her son to go hunting with his lovely dog, Tumang. After hunting all day, Sangkuriang began desperate and worried because he hunted no deer. Then he thought to shot his own dog. Then he took the dog liver and carried home.
    Soon Dayang Sumbi found out that it was not deer lever but Tumang’s, his own dog. So, She was very angry and hit Sangkuriang’s head. In that incident, Sangkuriang got wounded and scar then cast away from their home.
    Years go bye, Sangkuriang had travel many places and finally arrived at a village. He met a beautiful woman and felt in love with her. When they were discussing their wedding plans, The woman looked at the wound in Sangkuriang’s head. It matched to her son’s wound who had left severall years earlier. Soon she realized that she felt in love with her own son.
    She couldn’t marry him but how to say it. Then, she found the way. She needed a lake and a boat for celebrating their wedding day. Sangkuriang had to make them in one night. He built a lake. With a dawn just moment away and the boat was almost complete. Dayang Sumbi had to stop it. Then, she lit up the eastern horizon with flashes of light. It made the cock crowed for a new day.
    Sangkuriang failed to marry her. She was very angry and kicked the boat. It felt over and became the mountain of Tangkuban Perahu Bandung.

    ReplyDelete
  99. The Legend of Kesodo Feast in Mount Bromo
    Hundreds years ago, the last king of Majapahit had a young princess from one of his wives. The princess was named Roro Anteng. Later, Roro Anteng married Joko Seger, who came from Brahman caste.
    Because of unfortunate situation the couple was forced to leave the kingdom. They settled in the mountain area. They ruled the area and named it Tengger, which was derived from their names, Roro Anteng and Joko Seger.
    After several years of reign, the region flourished in prosperity, but Roro Anteng and Joko Seger were sad because they did not have a child. They climbed the top of mountain and prayed there night and day hoping that the God would listen. The prayer was heard and Betoro Bromo promised to give them many children. However, they had to promise that they would sacrifice their youngest child in return.
    Roro Anteng gave birth to a child, then another and another. In the end, Roro Anteng and Joko Seger had 25 children. Soon it was time to sacrifice the youngest child , Kusuma, but the parents could not do it. They tried to hide him, but an eruption happened and Kusuma fell into the crater. There was silence before they heard a voice. “I have to be sacrificed so that you will all stay alive. From now on, you should arrange an annual offering ceremony on the 14th of Kesodo (the twelfth month of Tengerese calendar)”. It was Kusuma’s voice. Kusuma’s brothers and sisters held the offering ceremony every year. Instead of human being, they collected fruits, vegetables, rice, and meat to be off to the Gods. And this has been done generation after generation until today.

    ReplyDelete
  100. The legend of Lau Kawar Lake
    It was a beautiful day. Everybody in the Kawar village was happy. The farmers had just had their best harvest. The villagers were planning to hold a party to celebrate the good harvest. On one beautiful day, all the villagers gathered in a field. They wore beautiful dresses and made delicious food. Everybody was having good times! They were singing, laughing and, of course, eating delicious food.
    Did everyone go to the party? Unfortunately, there was one old woman still staying at her house. She was too old and weak to go to the party. Her son, her daughter-in-law, and her grandchildren all went to the party. At home, the old woman felt very sad and lonely. She was very hungry too. She tried to find some food in the kitchen, but she was very disappointed. Her daughter-in-law did not cook that day. At the party, the son asked her wife, “Why don’t you take some food from the party and give it to my mom? Ask our son to deliver it.” Then the little boy brought the food to her grandmother. The old woman was so happy. But her happiness turned into sadness when she saw the food was not in a good condition. It seemed that someone had eaten the food. She just got little rice and fish bones.
    The old woman was very sad. She thought bad things about her son. The old woman did not know that it was her grandson who had eaten the food on the way from the party to the house. She cursed her son. Then, a terrible thing happened. There was a great earthquake! Thunders struck the village. And heavy rains started to fall. All the villagers were so scared. They wanted to save themselves. They tried to find shelters. Slowly, the field turned into a lake. The lake was getting bigger and bigger, and finally the whole village turned into a big lake. People then named the lake Lau Kawar

    ReplyDelete
  101. The legend of Telaga Warna
    Long time ago, there was a kingdom in West Java. The kingdom was ruled by a king named His Majesty Prabu.
    Prabu was a kind and wise king. But it was a pity that Prabu and his queen hadn’t got any children. The queen often cried. That was why Prabu went to the jungle. There he prayed to God every day, begging for a child.
    A few months later, the queen got pregnant. Nine months later, a princess was born. Prabu and Queen loved their beautiful daughter so much. They gave whatever she wanted. It made Princess turn into a very spoiled girl.
    One day, the princess celebrated her 17th birthday party. Many people gathered in the palace. Then, Prabu took out a necklace which was made from gold and jewel.
    “My beloved daughter, today I give you this necklace. Please, wear this necklace,” said Prabu.
    “I don’t want to wear it! It’s ugly!” shouted the princess. Then she threw the necklace. The beautiful necklace was broken. The gold and jewels were spread out on the floor. Everybody couldn’t say anything. They never thought that their beloved princess would do that cruel thing. In their silence, people heard the queen crying. Every woman felt sad and began crying, too. Then, everybody was crying. Then, there was a miracle. Earth was crying.
    Suddenly, from the underground, a spring emerged. It made a pool of water. Soon, the place became a big lake. The lake finally sank the kingdom.
    Nowadays, people called the lake “Telaga Warna”. It means “Lake of Color”. On a bright day, the lake is full of color. These colors come from shadows of forest, plants, flowers, and sky around the lake. But some people said that the colors are from the princess’s necklace, which spreads at the bottom of the lake.

    ReplyDelete
  102. The Legend Of Toba Lake
    In a village in north Sumatra, a farmer living. He was a farmer who worked diligently farming land, although not large. He worked hard enough to be their needs. In fact, he has enough to get married, but he still chose live alone. On a sunny morning, the farmers are fishing in the river.
    “Hopefully this week I got a big fish,” he said in the heart. Some time after the hook was thrown, that’s fishhook wiggle. He immediately set the hook. Farmers cheer that after he got a big enough fish.
    He was amazed to see the skin color of the beautiful fish. Fish skin is yellow gold reddish. His eyes are rounded and prominent, emit incredible rays.
    “Wait, don’t eat me! I’ll be your friend if you not eat me.”
    Farmers are surprised to hear the sound of fish. Because surprised, that fish fell to the ground. Shortly later, the fish is turned into a beautiful sweet girl.
    “I’m dreaming,” thought the farmers.
    “Don’t be afraid, I am also a human like you. I am very indebted because you have been save me from the curse,” said that’s girl.
    “My name is Puteri, I do not mind to be your wife,” said the girl seems urgent.
    That’s farmers nodded. And they become husband and wife. But, there was a promise that must be agreed, that is they should not be told that the origin of a fish Princess. If that promise abandoned, then there will be a terrible accident.
    After reaching the village, the villagers became excited, to see beautiful girls are lovely with farmers.
    “She may be a woman came down from heaven,” they said.
    The farmers feel very happy and peaceful. As a good husband, he continues to work hard for continuance of his life with farming. Because hard work, the farmers are living without a shortfall in his life.Many people envious, and they spread the suspicion that it can throw the success of the business of farmers.
    “I know that farmers keep the spirit!” Someone said to her friends.
    It was up to the ear Farmer and Puteri. But they do not feel offended, even the more diligent work.
    A year later, Farmer and his wife happiness increases, because the farmer’s wife give birth a male baby. He gave the name of his son Putera. Their happiness does not make them forget themselves. Son grow into a healthy and strong child’s. He was a sweet child but scampish. He had a habit of making wonder both parents, that is always feeling hungry. Food should be eaten 3 people can eat their own.
    After all, the Son always make irritated his father. If in order to help working parents, he always refused. Farmer’s wife always reminds farmers that are patient with their child behavior.
    “Yes, I will be patient, even though he was never our children!” Farmer said to his wife.
    “Thanks God!, you think like that. You is a husband and a good father,” praised Puteri to her husband.
    Indeed, people say, patience is no limit. This is experienced by the farmers. One day, Putera get a job deliver food and drink to the field where his father is working. But Putera does not fulfill its tasks. Farmers await the return of her son, while holding thirsty and hungry. He immediately returned to the house. The Farmes see Putera playing ball. Farmers became angry while pinch ear his son.
    “scallywag! Not know themselves! Basic fry!” indignation of the farmers, without conscious have such words.
    After the farmers say the words, then and there the child and his wife disappeared. disappear without trace and former. Impressions of the former legs, sudden gush of water which is very swift and the downpours. Farmers village and all the surrounding villages submerged. Overflow water is very high, so wide and formed a lake. Lake was eventually known as Lake Toba. While small island in the middle known as Samosir Island.

    ReplyDelete
  103. The legend of Philippines
    Many thousands of years ago, a man and his wife lived in the Philippines, they were called Angngalo and Angngarab.
    One morning, they went to gather some shellfish. Inside one, they found a pearl. It was an unusual yellow colour and very large.
    Angngalo gave it to Angngarab. “Oh!” she said, “I can find many more pearls than you!”
    Soon they were quarrelling and shouting at each other. They ran along the seashore looking for shellfish. Before, they had a big pile in front of them. They pulled open the shells and looked in them for pearls.
    “I’ve go more pearls than you!” shouted Angngalo.
    “No, you haven’t!” answered Angngarab. “Anyway, my pearls are bigger than yours!”
    Soon, they were fighting. They threw the shells and pearls at each other. (That is why there are so many shells and pearls in the Philippines) They rolled on the ground and stamped their feet.
    There was aloud “Boom!” and “Crack!”. The mountains and hills began to split. The water in the rivers and lakes flooded the land.
    They still continued fighting. Suddenly, there was a great storm, with thunder lighting. The land broke into several parts. Luzon was in the north, the Visayan Islands were in the middle, and Mindanao in the south.
    Because of this, there are now over seven thousand islands in the Philippines.

    ReplyDelete
  104. The Legend of Singapore
    In days long gone by, the world divided into two parts, and each part was rulled by a powerful giant king. The Eastern lands were hot and wet, while the Western lands were cold and dark. Sometimes there were wars between the giants of two the lands, but story takes place when there was peace.
    The youngest son of the king of the Western Lands wanted to travel, and so left father’s palace. For many days, the prince travelled east, hiding whenever he saw soldiers. Many weeks later, he came to a small lake in the Eastern lands.
    Because it was hot, the prince went for a swim in the lake. Suddenly, he saw a beautiful girl on the opposite side of the lake. He swam to her side, and they began to talk.
    “I am a traveller from the Western Lands,” said the prince.
    The girl’s eye grew wide. “Then you must leave,” she said. “My father, the king, will kill you if he finds you here.”
    The prince was about to swim away when the giant princess called him back. “Don’t go yet. My ladies and I will hide you for a time, and we can swim together each day.”
    After his long journey, the prince was glad to have chance to rest. The princess’s ladies hid him in a small house in the forest near the lake. Each day they brought him food, and each day he swam with the princess in the lake, before long, the prince and the princess fell in love.
    “I want to marry you,” said the prince.
    “But my father would never agree to it,” said the princess. “He would never let me marry a prince of the western Lands.”
    “I’ll go and ask him anyway.” Said the prince, and he walked to the palace of the king of the Eastern lands.
    When the king heard the prince say he wanted to marry the princess, he immediately threw the young man into prison. A few days later, the princes escaped, and he went to the lake. There he saw the princess. “Come with me to the west,” he said. “we can be married in my father’s palace, and my family will welcome you as my wife,”
    “Are you sure it will be all right?” asked the princess. “Yes, but we must hurry.”
    The princess wrapped her jewels and a beautiful fan in a length of silk. Then she took the prince’s hand, and together they ran towards the west, away from her father’s guards. In her hurry, the giant princess dropped her bundle. In the darkness, she was able to find her shiny jewelry, but not her fan. “I’ve lost my fan, my beautiful fan,” she cried.
    The princess could hear the guards coming closer. “Come, my dear,” he said “we cannot waste any more time. I’ll buy you another they fled to the Western Lands where they were married. The beautiful fan that the giant princess dropped, fell to earth in what is now Malaysia. Some time later it flated down a river to the sea where it caught on some rocks and turned into an island. This island is now called Singapore.

    ReplyDelete
  105. The Legend of Hongkong City
    A long time ago, there was a village near Arberdeen called “Hong Kong Ts’un” or “Incense Harbour Village”. The incense grown there was famous throughout China. Some of it was even sent to the Chinese Emperor. Some people believe that the name Hong Kong comes from this village.
    One day, the Emperor wanted some incense sent to him from the village. The villagers did not send it to him. The Emperor then ordered his officer to arrest the village headmen and cut off their heads. After that, everyone ran away from the village and no more incense was grown there.
    But some other people believe that Hong Kong is named after a container for burning incense. Long, long ago, this container was picked up in the harbor. It was kept in a tample at Causeway Bay. The place where it was found was called “Hong Kong” or “Incense Harbour”
    There is a third story that Hong Kong is named after a woman called Hong ku. She was the wife of a pirate chief. After her husband died, she became the leader of the pirates. She then moved to the island which is now called Hong Kong. If this story is true, the name “Hong kong” means “Hong’s Harbour”.
    According to yet another story, Hong Kong is named after a stream near Pokfulan Road. The water was very pleasant to drink. Many years ago, people used to go there to collect drinking water. The stream was called “Hong Kong” or “sweet stream”.

    ReplyDelete
  106. Putri Bungsu and the Dragons
    Folklore from Aceh

    ONCE upon a time, there were two dragons lived in Aceh. The dragons were male and female, they were husband and wife. The dragons really wanted to have a child. They always prayed to God to give them a child.

    One day the dragons were resting at the river side. Suddenly they saw a baby beside a basket. The basket was drifting by the current of the water.

    "My husband, look! There is a human baby inside the basket. Let's save the baby!" said the mother dragon.

    The father dragon immediately swam fast. He brought the baby to the side.

    She was a baby girl. The dragons were very happy. They had a child. Although the baby was a human child, the dragons really loved her. They named her Putri Bungsu.

    Days passed by, Putri Bungsu was adult. She was very beautiful. The dragons always took care of her. They also always protected her.

    In mean time, putri Bungsu real parents were looking for her.

    In the mean time, Putri Bungsu real parents were looking for her. There was an incident and accidentallyPutri Bungsu was drifting in the river.

    After years looking for her, Putri Bungsu's real parents finally found her.

    "My child, thank God we finally found you. You are our daughter. We know it from the mark in your hand," said the mother.

    The dragons were angry! they said Putri Bunsu was their daugter.

    "No! She is our daughter! We have raised her since she was a baby. We loved her and she loved us," said the mother dragon.

    Putri Bungsu's real parents and the dragons were arguing. They each claimed to be Putri's Bungsu'sparents and they asked Putri bungsu to stay with them.

    They were arguing and they did not get any solutions. Putri Bungsu's real parents asked for help. They asked Tuan Tapa to help them. Tuan Tapa was a holy man. He also had supernatural power.

    Tuan Tapa then asked the dragons to let Putri Bungsu leave and stay with her real parents. The dragons were angry. They asked Tuan Tapa not to interfere.

    Tuan Tapa realized that the dragons could not negotiate. Therefore Tuan Tapa challenged them to fight.

    "If you win, you can keep her. However you have to let her go and stay with her real parents if you both lose the fight," said Tuan Tapa.

    "Ha ha ha...No problem! We will win the fight!"

    Then Tuan Tapa and the dragons were fighting bravely. Although he was alone and had to fight with two dragons, Tuan Tapa was very brave. he used all his skills to fight them.

    And finally he won the fight! The father dragon was dead. The mother dragon was very sad and angry. She knew she could not win the fight. She escaped.

    The mother dragon was very angry. She wagged her tail. It broke an island into two small islands. people named the islands as Pulau Dua.

    The tail also wagged another big island into many small islands. People named the island as PulauBanyak.

    While the body of the father dragon changed into a big stone.
    People named it as Batu Hitam. And the blood dried into a big red stone, people named it as BatuMerah.***
    Share This

    ReplyDelete
  107. The King of the River
    A Folktale from Maluku

    “The snake is coming!” screams a fish to his friends.

    A frog, a turtle, a snail, and all other animals are surprised. They are immediately hiding. They are afraid of the snake. They are worried the snake will harm them.

    “Hey! Where is everybody!” says the snake.

    He is looking around for all the animals.

    “I’m hungry. Give me some food. Come on, get out now!”

    The snake goes here and there. Finally he finds them.

    “Ha…ha…ha…What are you doing here? Why are you hiding? Are you afraid of me? You should be afraid of me. I’m the biggest animal in this river. I’m your king.”

    “You are not our king. There is no king here. Everybody is equal,” says the turtle.

    “Let’s prove it! Who wants to fight me? I can beat you easily. With my big body, I can twist you easily. Ha…ha…ha! Now, give me some food!”

    The animals are afraid. They don’t have any courage to fight the snake. They then prepare some food for him. After the sake finishes eating and leaves them, they have a meeting.

    “We can’t be like this all the time. I want to live peacefully,” says the frog.

    “I have and idea. Let’s go to the alligator’s house. Talk to him about our problem. We ask him to help us,” says the fish.

    All the animals agree with his idea. Finally, the alligator meets the snake.

    “I heard what you do to the animals in the animals in this river. You have to stop your bad behavior,” says the alligator.

    “I’m not afraid of you. I will twist your body.” The snake and the alligator than are fighting.

    The alligator uses his tail to hit the snake. He does that several times.

    “Mercy me, mercy me!” the snake screams in pain.

    “Are you still the king in this river? Are you going to harm the animals again?”

    “No. I’m not the king and I promise I will be good to them,” says the snake.***

    ReplyDelete
  108. pinocchio
    Once upon a time, there was a puppeteer named Geppetto. He really wanted a boy but his wife has been died for a long time ago. One day, he had an idea. He wanted to make a puppet so he would never felt lonely again. He made a puppet all night without resting. In the morning, finally he finished his work. He named the puppet, Pinocchio. He played whole day with Pinocchio. However, he felt lonely again because Pinocchio couldn't talk or walk by himself. In the middle of the night, Geppetto prayed to the God. His wish was Pinocchio became a real boy, human. He thought it on his mind in his dream.

    In the next morning, he surprised. Pinocchio was alive. He really was happy. He tough Pinocchio how to walk, how to speak, how to read etc. like a teacher. Pinocchio learned fast. He entered an elementary school. One day, Pinocchio felt bored. So, he went home late. Geppetto worried about him. When Pinocchio came to home, Geppetto asked him. He said he was on school but he didn't. Suddenly, Pinocchio's nose grow longer. It meant that Pinocchio lied.

    The next day, Pinocchio got caught by thieves. The thieves was the owner of circus. Pinocchio became a slave for the circus. He was famous because he was a talking puppet. Geppetto worried him. Pinocchio didn't come home for 2 days. He found Pinocchio everywhere. When he discovered the sea, big wave smashed him. He was on whale's stomach when he awoke. He couldn't find the way out.
    In different place, Pinocchio finally could get out from circus. He went to home but Geppetto wasn't on there. He found Geppetto at sea. He had the same accident like Geppetto. He met Geppetto in whale's stomach. They got out from its stomach by made a fire.
    They went home back together. In the end, they lived happy forever after.

    ReplyDelete


  109. The Legend of Nyi Roro Kidul
    (The Queen of South Ocean)

    Once upon a time, there was a beautiful princess named Kadita. Because of her beauty she was called Dewi Srengenge. It meant the goddess of sun. Her father was King Munding Wangi. Although he had a beautiful daughter, he was unhappy because he always expected to have a son.

    The king decided to marry Dewi Mutiara. He had a son from her. Dewi Mutiara wanted her son to become a king in the future. She asked the King to send his daughter away. The king did not agree.

    Dewi Mutiara called a black wizard to curse Kadita. She wanted Kadita’s beautiful body full of ulcer. Then, Kadita’s body was full of ulcer. It smelled bad. The beautiful princess cried.

    The King was sad. No one could cure his daughter’s illness. The king did not want her daughter to be a rumor so he sent her away.

    The poor princess did not know where to go. However, she had a noble heart. She did not have any bad feeling about her step mother. She walked for almost seven days and seven nights. Then, she came to the south Ocean. The ocean was so clean and clear. She jumped into the water and swam.

    Suddenly, there was a miracle. The ocean water cured her illness. She became more beautiful than before. She also had a power to command the whole South Ocean. She became a fairy called Nyi Roro Kidul or The Queen of South Ocean

    ReplyDelete
  110. Beauty and the Beast
    Once upon a time, there was a girl named Beauty. She lived with her father and her sisters in a small village.
    Beauty was a beautiful girl. She was also hard-working. She always helped her father on the farm.
    One day, her father set out for the city. He saw an old castle and went in. No-one was in but there was food on the table. Then he walked around the castle. He picked a rose from garden for Beauty. Suddenly an angry Beast appeared. He wanted to kill Beauty’s father unless Beauty was brought to him.
    Beauty’s father told her daughters what had happened. Beauty’s sisters ordered her to see the Beast.
    Beauty went to see the Beast and had to stay at the castle. She felt scared, lonely and sad. She tried to run away but was stopped by the Beast. The Beast treated Beauty well. Soon, Beauty began to like the Beast.
    One day, through the Beast’s magic mirror, Beauty saw that her father was sick. The Beast allowed her to go home. Her father was happy to see her.
    One night, Beauty had a dream. A fairly told her that the Beast was sick.
    Beauty hurried back and saw the Beast dying. She began to cry. Tears fell onto the Beast. Suddenly, the Beast changed into handsome prince.
    Beauty and the Beast got married and lived happily ever after.

    ReplyDelete
  111. The Deer And The Sea Snail
    A long time ago in a jungle in Aru Islands, Maluku, lived a group of deer. They were very proud of their ability in running very fast. They always stayed in different places. They challenged other animals in a running match. If the deer won the match, they took over the place and stayed there. Not far from the jungle, there was a beautiful beach. A group of sea snail lived there. The deer heard about the beautiful beach and planned to live there. They had a plan to challenge snails in a running match. They were very sure to win the match. Sea snails were slow in walking. “What’s the rule?” asked the leader of the sea snails after he heard about the challenge. “Do you see all the capes there? There are twelve capes, from here until there,” the deer leader pointed the capes. The distance between one cape to another was very far. “We run from the first cape until the twelfth cape. If my runner arrives first at the twelfth cape, we’re the winner. And we stay here!” The sea snails then had a meeting. They set a strategy to win the match. “My plan is to put the twelve of us in every cape. If their runner arrives in every cape, you shout. So, the deer will never rest and gets very tired,” said the leader. And the day of the match finally arrived. All animals watched this unique match, the deer versus the sea snail. The runners were standing side by side. Then, the deer ran very fast. In just a second, he already left the sea snail. After a few hours of running, he arrived at the first cape. He shouted, “Hey? Where are you?” “I’m here,” said the sea snail. He was another sea snail that was hiding in the first cape. The deer was surprised. He cancelled his plan to get some rest. He continued running. In every cape, there was always a sea snail. And the deer always cancelled his plan to get some rest. Finally, the deer almost reached the twelfth cape but he was exhausted. He was really tired. And he gave up. He did not have any more strength to run. He fell down on the ground. “Hooray!” said all the sea snails. The deer were so embarrassed. They were just tricked by the clever sea snails. So the deer came back to the jungle and never returned to the beach. ***

    ReplyDelete
  112. The Goose that Laid Golden Eggs
    Once upon a time, there lived a happy family in a village. A man and his wife lived happily on a little farm, tending their flock of geese and selling their eggs at the market. They were not rich, but they were happy with their life together.

    Then one day a new goose flew in among their flock. The couple was surprised to find a shiny golden egg in her nest. Each and every day after that, the goose laid another egg of solid gold!

    The couple was soon richer than they had ever dreamed of, but they were not happy. They grew impatient with only one golden egg a day. The farmer said to his wife, "Our goose must be full of gold. Why should we wait to have more eggs?"

    "If we cut her open," his wife agreed, "we can get all the eggs at once." So they killed the goose! They were very surprised to find that it was just like any other goose inside. Even worse, there would never be any more golden eggs!

    ReplyDelete
  113. Golden Cucumber
    Once upon a time, not far from a jungle, lived husband and a wife. The were farmers. The were diligent farmers and always worked hard on the paddy fields. They had been married for many years and still not have a child yet. Everyday they prayed and prayed for a child.
    One night, while they were praying, a giant passed their house. The giant heard they pray. "Don't worry farmers. I can give you a child. But you have to give me that child when she is 17 years old," said the giant.
    The farmers were so happy. They did not think about the risk of losing their child later and agree to take the offer. Later, the giant gave them a bunch of cucumber seeds. The farmers planted them carefully. Then the seeds changed into plants.
    Not longer after that, a big golden cucumber grew from plants. After it had ripe, the farmers picked and cut it. They were very surprised to see beautiful girl inside the cucumber. They named her Timun Mas or Golden Cucumber. Years passed by and Timun Mas has changed into a beautiful girl.
    On her 17th birthday, Timun Mas was very happy. However, the parents were very sad. They knew they had to keep their promise to the giant but they also did not want to lose their beloved daughter. "My daughter, take this bag. It can save you from the giant," said the father. "What do you mean, Father? I don't understand," said Timun Mas.
    Right after that, the giant came into their house. "Run Timun Mas. Save your life!" said the mother. The giant was angry. He knew the farmers wanted to break their promise. He chased Timun Mas away. The giant was getting closer and closer.
    Timun Mas then opened the bag and threw a handful of salt. It became sea. The giant had to swim to cross the sea. Later, Timun Mas threw some chilly. It became a jungle with trees. The trees had sharp thorns so they hurt the giant.
    However, the giant was still able to chase Timun Mas. Timun Mas took her third magic stuff. It was cucumber seeds. She threw them and became cucumber field. B
    ut the giant still could escape from the field. Then it was the last magic stuff she had in the bag. It was a shrimp paste, terasi. She threw it and became a big swamp.
    The giant was still trying to swim the swamp but he was very tired. Then he was drowning and died. Timun Mas then immediately went home. The farmers were so happy that they finally together again.

    ReplyDelete
  114. A Mouse Deer and Mr. Farmer

    One day, Mouse Deer went to the edge of the forest. He looked out at row after row of vegetables.
    “Mmm,” said Mouse Deer. “Juicy cucumbers! Yummy yams!” he started into the garden.
    Mouse Deer loved to eat the fruits and roots and shoots of the forest. But he loved something else even more. He loved the vegetables in Mr. Farmer’s garden.
    Snap! “Oh!”
    His leg was caught in a snare! Mouse Deer pulled and pulled. But he could not get away.
    “Oh, no!” he said. “Mr. Farmer will have me for dinner!”
    Then he saw Mr. Farmer coming. Mouse Deer thought fast. He lay on the ground and made his body stiff.
    Mouse Deer laughed. “Mr. Farmer is smart, but Mouse Deer is smarter.”
    “Well, well,” said Mr. Farmer. “Look what I caught. A mouse deer! But he looks dead.”
    Mr. Farmer pushed him with his foot. Mouse Deer didn’t move.
    “May be he’s been dead a long time,” said Mr. Farmer. “Too bad! I guess we can’t eat him.”
    He pulled Mouse Deer’s leg out of the snare. Then he tossed Mouse Deer back into the forest. Mouse Deer landed with a soft plop. Then he jumped up and ran. Behind him, he heard Mr. Farmer yelled, “Hey, you trick me!”

    ReplyDelete
  115. Van Winkle and Little Funny Men
    One day Rip van Winkle didn’t want to work. So he went walking in the woods. There he met some funny little men who danced and sang:
    “Come, van Winkle, dance and sing. You don’t have to do a thing. Having fun is what we do. We want you to have fun too.”
    Rip danced all day with the funny little men. At the end of the day, he was very tired. He slept and he slept and he slept. When he got up, all the little men were gone.
    Rip went back to town. Everything was different! His house wasn’t there! His friends weren’t there! Rip asked, “Where is everyone I know?” A woman said, “Rip, you went away twenty years ago. Where did you go?” He told the story about the funny little men. He told about sleeping. “Rip,” said the woman, “Look at your beard. It’s all white. You slept for twenty years!”

    ReplyDelete
  116. Turtle and Anansi
    One day Turtle stopped to rest at the house of Anansi, the Spider. Turtle was tired and hungry. It was dinner time, but Anansi didn’t want to share his food. Anansi saw that Turtle had dirty feet, so he sent him to the lake to wash before dinner. Anansi then ate all the food.

    When Turtle returned, there was no food left for him. Turtle was hungry as he left. But he invited Anansi to visit him some day.

    Months later, Anansi came to see Turtle. Turtle invited Anansi to dinner. He then went to his underwater home to make the meal.

    Anansi put rocks in his coat to make himself heavier. He jumped into the water and swam down to Turtle’s house. Turtle asked Anansi to take off his coat before he ate. When Anansi took off his coat, he floated up to the top of the lake. Turtle smiled and ate all the food

    ReplyDelete

  117. CINDERELLA

    Once upon a time, there was a young girl named Cinderella. She lived with her step mother and two step sisters.
    The step mother and sisters were conceited and bad tempered. They treated Cinderella very badly. Her step mother made Cinderella do the hardest works in the house; such as scrubbing the floor, cleaning the pot and pan and preparing the food for the family. The two step sisters, on the other hand, did not work about the house. Their mother gave them many handsome dresses to wear.

    One day, the two step sister received an invitation to the ball that the king’s son was going to give at the palace. They were excited about this and spent so much time choosing the dresses they would wear. At last, the day of the ball came, and away went the sisters to it. Cinderella could not help crying after they had left.

    “Why are crying, Cinderella?” a voice asked. She looked up and saw her fairy godmother standing beside her, “because I want so much to go to the ball” said Cinderella. “Well” said the godmother,”you’ve been such a cheerful, hardworking, uncomplaining girl that I am going to see that you do go to the ball”.

    Magically, the fairy godmother changed a pumpkin into a fine coach and mice into a coachman and two footmen. Her godmother tapped Cinderella’s raged dress with her wand, and it became a beautiful ball gown. Then she gave her a pair of pretty glass slippers. “Now, Cinderella”, she said; “You must leave before midnight”. Then away she drove in her beautiful coach.

    Cinderella was having a wonderfully good time. She danced again and again with the king’s son. Suddenly the clock began to strike twelve, she ran toward the door as quickly as she could. In her hurry, one of her glass slipper was left behind.

    A few days later, the king’ son proclaimed that he would marry the girl whose feet fitted the glass slipper. Her step sisters tried on the slipper but it was too small for them, no matter how hard they squeezed their toes into it. In the end, the king’s page let Cinderella try on the slipper. She stuck out her foot and the page slipped the slipper on. It fitted perfectly.

    Finally, she was driven to the palace. The king’s son was overjoyed to see her again. They were married and live happily ever after.

    ReplyDelete
  118. The Fox and the Crow



    A crow, perched in a tree with a piece of cheese in his beak, attracted the eye and nose of a fox. "If you can sing as prettily as you sit," said the fox, "then you are the prettiest singer within my scent and sight." The fox had read somewhere, and somewhere, and somewhere else, that praising the voice of a crow with a cheese in his beak would make him drop the cheese and sing. But this is not what happened to this particular crow in this particular case.

    "They say you are sly and they say you are crazy," said the crow, having carefully removed the cheese from his beak with the claws of one foot, "but you must be nearsighted as well. Warblers wear gay hats and colored jackets and bright vest, and they are a dollar a hundred. I wear black and I am unique.

    "I am sure you are," said the fox, who was neither crazy nor nearsighted, but sly. "I recognize you, now that I look more closely, as the most famed and talented of all birds, and I fain would hear you tell about yourself, but I am hungry and must go."

    "Tarry awhile," said the crow quickly, "and share my lunch with me." Whereupon he tossed the cunning fox the lion's share of the cheese, and began to tell about himself. "A ship that sails without a crow's nest sails to doom," he said. "Bars may come and bars may go, but crow bars last forever. I am the pioneer of flight, I am the map maker. Last, but never least, my flight is known to scientists and engineers, geometricians, and scholar, as the shortest distance between two points. Any two points," he concluded arrogantly.

    "Oh, every two points, I am sure," said the fox. "And thank you for the lion's share of what I know you could not spare." And with this he trotted away into the woods, his appetite appeased, leaving the hungry crow perched forlornly in the tree.

    ReplyDelete
  119. The Three Feather Story
    Once upon time There was a king who had three sons. The two son were clever. The third son did not speak much so he was called Simpleton. When the king had become old, he did not know which son should become the king.

    Then he got a bright idea and said; "Go forth, who brings me the most beautiful carpet will be king after me". He blew three feathers in the air, and said: "You should go as they fly". One feather flew to the east, the scond to the west, but the third flew straight up and did not fly far.

    So one brother went to the right, and the other to the left. Simpleton was sad because his feather did not fly far. Then all at once he saw a trap-door close to the feather. He found some steps, and went down the door. Then he came to another door, knocked at it. The door opened, and he saw a fat toad sitting. She asked what he wanted. He answered; "I should get the prettiest and finest carpet in the world". Then she called a young toad; "Bring me the great box!"

    The young toad brought the box. The fat toad opened it, and gave simpleton a carpet out of it. The carpet was so beautiful. So Simpleton thanked her, and brought it to the kingdom. Meanwhile his brothers just got some coarse handkerchiefs from a shepherds' wives whom they had met. When the king saw Simpleton's carpet he was very astonished and said; " Well, the kingdom belongs to the Simpleton". But his two brothers argued that it was impossible that simpleton should be king, They asked the king to make a new agreement.

    Then the father said; "Who brings me the most beautiful ring will inherit the kingdom". He blew three feathers, which they were to follow. Those of the two eldest again went east and west, and simpleton's feather flew straight up, and fell down near the trap-door. Again the fat toad gave him a ring sparkled with jewels. Meanwhile his two brohter just got old carriage-rings. However they did not cease from tormenting the king until he made a third condition.

    So the king declared; Who brings the most beautiful woman home will be the king". He again blew the three feathers into the air. Then Simpleton went down to the fat toad, and said; "I am to take home the most beautiful woman". The she gave him a yellow turnip which had been hollowed out. Mournfully Simpleton said; "What am I to do with it?". The toad answered; "Just put one of my little toads into it!". Then Simpleton seized one little toad and put her into the yellow coach. Surprisingly the little toad turned into a beautiful maiden. So Simpleton took her to the king. On the other hand, his brother brought peasant women to the kingdom.

    When the king saw the women he said; "After my death the kingdom belongs to my youngest son". But the two eldest brothers kept arguing that whose wife could leap through a ring which hung in the center of the hall would be the king. The king agreed. Then the two peasant women jumped through the ring but they fell which made their arms and legs broke. On the other hand, the pretty maiden sprang through the ring as lightly as a deer which made the two peasants ceased. So Simpleton received the crown and ruled wisely the kingdom.

    ReplyDelete


  120. The Wolf and the Dog

    Once there was a wolf who was nearly dead with hunger. He was very thin, so that the outline of his bones could be seen clearly beneath his thinning coat of hair. With hardly enough energy to walk, the wolf had little hope of finding food. As he lay beneath a large tree, a dog out for a walk noticed him. Seeing how thin and hungry-looking the wolf was, the dog felt sorry for him and said, "You are in terrible shape! You look as if you haven't eaten for many days."

    "You're right," said the wolf. "I haven't eaten because you and your friends are doing such a good job of guarding the sheep. Now I am so weak that I have little hope of finding food. I think I will surely die."

    Then why not join us? Asked the dog. "I work regularly and I eat regularly. You could do the same. I will arrange it. You can help me and the other dogs guard the sheep. In that way, we won't have to worry about your stealing the sheep any more and you won't have to worry about going hungry any more. It's a good deal for both of us."

    The wolf thought it over for a few minutes and then decided that the dog was right. So they went off together toward the ranch house where the dog lived. But, as they were walking, the wolf noticed that the hair on a certain part of the dog's neck was very thin. He was curious about this, for the dog had such a beautiful coat every where else. Finally, he asked the dog about it.

    "Oh, don't worry about that," said the dog. "It's the place where the collar rubs on my neck when my master chains me up at night."

    "Chained up!" cried the wolf, "Do you mean that you are chained up at night? If I come to live with you, will I be chained up at night too?"

    That's right," answered the dog. "But, You'll get used to it soon enough. I hardly think about it anymore."

    "But, if I am chained up, then I won't be able to walk when I want to take a walk or to run where I want to run," the wolf said. "If I come to live with you, I won't be free anymore." After saying this, the wolf turned and ran away.

    "The dog called after the wolf, saying, "Wait! Come back! I may not be able to do everything I want to do, but I'm healthy, well-fed, and I have a warm place to sleep. You are too worried about keeping alive to enjoy life. I'm more free than you are."

    ReplyDelete
  121. Introduction
    Personal letters may still be preferable to email communication in a number of contexts. This includes, but is not limited to, letters of complaint, travel correspondence, and holiday letters. Letters can create different impressions on readers when compared to other forms of correspondence. Given that letters take a greater effort to write and to send, they often create the sense that more time and concern went into them. This can, depending on the context, highlight the degree of disappoinment (as in a letter of complaint), or the intimate sense of community between the reader(s) and the writer (as in holiday letters).
    This resource discusses some of the basic conventions of personal letter writing. This will include brief discussions of opening salutations, complementary closings, and formatting. Some rhetorical considerations when writing personal letters will also be presented.
    If you are looking for information on letters of recommendation, please click here. If you are looking for information on cover letters, please click here.
    Common Letter Writing Conventions
    The context in which the personal letter is written plays an important role in what to include and in how to structure your letter. Give the bredth of letter writing contexts, this resource is not comprehensive in nature. Rather, it will discuss a few of the conventions that are common across different contexts.
    Opening Salutations
    There are a number of opening salutations available to letter writers; these vary greatly based on audience and purpose. For example, Dear can be used in almost any situation, and it does not connote any real degree of intimacy between the reader and the writer. Other opening salutations that could be used are Good Day or Hi/Hello both which are considered to be relatively neutral in terms of their level of intimacy, but they tend be less formal than using dear. Something like Season's Greetings can be a festive way to start a personal letter during the holiday season. The first letter of any opening salutation that you decide to choose should be capitalized.
    Following the chosen opening salutation, you should provide the name of the person you are corresponding with. It is best to use either last names or full names. Titles like Mr. Mrs. Ms. and Dr. should all be capitalized. If you are writing to an individual who holds the rank of professor in a university, or the rank of father in the Catholic church, do not abbreviate these titles.
    Dear Mr. Smith,
    Hi, Jennifer,
    Dear Father Michael Matthews,
    Complimentary Closing
    Complimentary closings appear at the end of a personal letter before the signature. In general, the number of complimentary closings available to a letter writer is more varied than the number of opening salutations. A closing like Regards can be seen as maintaining a greater distance between the reader and the writer. Something like Sincerely Yours or Cordially may somewhat shorten the perceived distance between the reader and the letter writer, but are both still relatively neutral. Depending on the reason for writing, closings like Get Well Soon (if the recipient is not feeling well) or Happy Holidays (during the holiday season) may be more appropriated and may create a sense of closeness between the reader and the writer.
    Formatting

    ReplyDelete
  122. Many personal letters have four basic parts, and the information contained in these parts varies greatly depending on context. These parts can include the heading, the opening, the body, and the closing.
    The heading of the letter may have the most variation based on the purpose of the letter. For example, a letter of complaint's heading might include a return address and a date line, while a personal correspondence may only include the date.
    The opening of the letter includes the opening salutation and information identifying to whom the letter is addressed, whereas the body of the letter contains all of the information to be communicated.
    Finally, the closing of a letter contains the complimentary closing and the letter writer's signature. Your signature may also include institutional affiliations, job titles, and/or a post script (P.S.).
    Rhetorical Matters
    There are many rhetorical concerns when it comes to writing in general, many of which apply to letter writing. There are also a few that are specific to letter writing. For example, how to open and close the letter are specific to letters and merit special attention. One thing to keep in mind, however, is that every letter has a specific audience, and that audience should be kept in mind while writing the letter.
    In the opening and closing of personal letters, special attention should be paid to what is being written in each section. For example, ending a letter of complaint with something like "Best Wishes" or "Cheers" may negatively impact your overall message because these two closings create the impression of some intimacy with the reader. Likewise, opening a letter to a close friend from college with something like "Dear Ms. Mary Smithe" may create a sense of distance and alienate the reader.
    One thing to keep in mind is that every letter has a specific audience, and that audience should be kept in mind while writing the letter.

    ReplyDelete

  123. 1. Cara Kesatu-Punya Tekad yang kuat.
    Mengapa begitu? Bagaimana bisa kita mudah dalam belajar bahasa Inggris jika kita sendiri saja tidak sepenugh hati dalam mempelajarinya? Bertekadlah denagn teguh dan sungguh-sungguh bahwa kita akan mempelajari bahasa Inggris dengan serius dan santai.
    2. Sukai pelajaran Bahasa Inggris
    Pelajaran apa yang kalian tidak sukai? Matematika? Fisika? Bahasa Inggris? Apakah nilai pelajaran itu tidak baik jika kita mengerjakan sendiri? Apakah guru mata pelajaran itu tidak kalian sukai? Dan apakah pelajaran itu sulit? Semua itu karena kalian tidak menyukai pelajaran itu. Konsep dalama belajar bahasa Inggris pun begitu, jika kalian menyukai guru yang mengajar, ataupun pelajaran tersebut maka nilai kalian kan tinggi dengan sendirinya.
    Itu dikarenakan di dalam otak manusia jika dia tidak menyukai sesuatu, maka akan menolak hal-hal informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Jadi suka itu akan menentukan informasi pelajaran bahasa Inggris dengan mudah diserap, sehingga kalian kan menjadi fasih.
    Faktanya; Admin dulu mendapat nilai 5 di pelajaran bahasa Inggris hingga kelas 2 SMP, itu karena guru bahasa Inggris admin suka menghukum jika tidak bisa menghafal bahasa Inggris, lalu ketika kelas 3 admin diajar bahasa Inggris dengan guru yang baik dan sabar meskipun galak. Dan ternyata saat di Sekolah Menengah Atas dulu admin menjadi salah satu pemenang kontes debat Bahasa Inggris tingkat Nasional dan nilai Ujian Nasional admin 9 untuk pelajaran bahasa Inggris.
    3. Kreatif dalam belajar
    Jika kalian tipikal orang yang bosan belajar di kelas, coba kalian ketika di luar jam sekolah cobabelajar di ruang terbuka. Lebih enak lagi jika dekat denagn suasana taman atau alam. Belajar pun akan semakin efektif.
    Belajar yang kreatif seperti ini akan lebih cepet membantu kalian belajar dengan mudah, karena kalian tidak stress duluan saat belajar bahasa Inggris, dan Informasi pun akan mudah diserap.
    4. Belajar Di depan cermin
    Pernah mendapat tugas untuk pidato di tengah lapangan? Atau pidato dalam suatu acara dengan bahasa Inggris. Jika memaksa teman untuk melihat performa kita dulu, coba berlatih di depan cvermin sendiri. Mengapa? Dengan begitu kita kan mudah melihat dimana sih kekuranggan kita saat spaking. Nah jika menurut kita saja belum bagus, apalagi menurut teman. Usahakan berlatih berkali-kali dengan serius di depan cermin sampai kita yakin sudah baik menurut kita, lalu coba di depan teman.
    5. Belajar berkelompok
    Admin dulu mengikuti eskul English Club dan memang ingin sekali bisa fasih bahasa inggris, lalu admin dan teman-teman yang tidak bisa bahasa Inggris untuk minta di beri kursusan gratis dari teman yang sudah bisa(Waktu itu teman yang mengajar sudah Intermediate 2) di sebuah tempat kursusan. Dan 1 Tahun kemudian setelah belajar berkelompok admin mendapat nilai 7 dari yang tadinya 5. Wow!

    ReplyDelete
  124. 6. Labelkan Benda Sekitar
    Bahasa inggris merupakan alat komunikasi sehari-hari, intinya you understand dan I understand maka “Success”. Jadi kosa kata kita lah yang sangat perlu dalam komunikasi baik tulisan maupun lisan. Pertama-tama semua benda yang ada dikamar kalian, di dapur, dan dimanapun yang sering kalian kunjungi diberi tulisan bahasa Inggris plus cara pengucapannya. Cara ini ampuh dalam memudahkan kalian dalam bisa bahasa Inggris.
    Nah itulah Tips dan Trik dari admin berdasarkan pengalaman sendiri, karena dulu admin pun sangat sulit dalam be;ajar bahasa Inggris. Tapi alhamdulilah, berkat perjuangan dengan tips dan trik diatas admin menjadi salah satu orang beruntung yang bisa pergi ke Polandia, Jerman, dan Dubai Dalam Student exchange.

    ReplyDelete
  125. 1. Jangan Takut Untuk Mencoba dan Membuat Kesalahan

    Terkadang yang menjadikan penghalang buat kita mempelajari sesuatu adalah karena rasa takut mencoba dan takut berbuat kesalahan. Untuk menguasai bahasa Inggris, dibutuhkan keberanian untuk mencoba dan terus mencoba. Dan jangan takut berbuat kesalahan karena justru dari kesalahan itulah kita belajar. Bahkan tak jarang, dari awal kesalahan itulah yang membuat kita belajar dan menjadi ingat untuk tidak mengulangi kesalahan lagi. Juga lebih baik untuk berani mencoba, dan sama sekali tak ada ruginya.
    2. Mulailah Belajar dari Receptive Skills

    Di sekolah seringkali ditemukan murid yang mendapatkan tugas untuk menulis teks, juga murid acapkali diminta untuk membuat dialog dan mempraktekkannya di depan kelas. Untuk mempelajari sesuatu memang bisa dari keterampilan (skill) mana saja. Dan dalam bahasa Inggris ada empat skills yang harus dikuasai : Listening, Speaking, Reading, dan Writing. Listening dan Reading termasuk ke dalam receptive skill (keterampilan menerima), semetara Speaking dan Writing termasuk ke dalam productive skill (keterampilan memproduksi). Nah, untuk bisa menguasai bahasa Inggris bisa dimulai dengan membekali diri dan belajar dari receptive skills (Listening dan Reading) terlebih dahulu.

    Untuk meningkatkan kemampuan listening, bisa dengan banyak mendengarkan lagu bahasa Inggris, siaran radio berbahasa Inggris, atau menonton film. Dan untuk kemampuan reading, bisa dengan membaca koran berbahasa Inggris, artikel, atau buku berbahasa Inggris (mulai dari yang tipis dan bertema umum atau mudah dipahami). Jangan terlalu memusingkan artinya karena kita ada di tahapan receptive, yaitu menerima. Setelah kemampuan listening dan reading kita terasah, maka akan jauh lebih mudah untuk bisa menguasai productive skills, yaitu speaking dan writing.

    Advertisement

    ReplyDelete
  126. 3. Buatlah Perencanaan dan Target Untuk Menguasai Bahasa Inggris

    Untuk sampai pada tahap menguasai bahasa Inggris, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh. Dan sebagai bentuk kesungguhan dan konsistensi untuk menguasai bahasa Inggris, kita bisa membat perencanaan dan target untuk menguasai bahasa Inggris. Misal kita membuat pengingat di handphone tentang aspek apa yang ingin dipelajari dalam seminggu, lalu buat target pencapaian. Kita juga bisa mendapatkan kesenangan dengan menghadiahi diri sendiri jika berhasil mencapai target (misalnya kalau seminggu ini saya bisa memahami cara menyampaikan opini, maka saya akan tidur siang lebih lama di akhir pekan).

    Namun jika belum mencapai target, tak perlu risau dan menyalahkan diri sendiri karena dibutuhkan proses yang panjang untuk bisa memahami sesuatu. Dengan adanya perencanaan dan targetan, setidaknya apa yang kita upayakan berada di koridor yang benar dan menjadi lebih sistematis dan terarah.
    4. Berada di Lingkungan “Inggris”

    Buatlah diri kita layaknya berada di Inggris. Maksudnya adalah dengan menghadirkan bahasa Inggris dalam keseharian kita. Bisa dengan membiasakan diri membaca tulisan berbahasa Inggris, sering mendengarkan musik berbahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris, berkumpul dengan orang-orang yang suka bahasa Inggris, berdialog dalam bahasa Inggris, mencari teman virtual dari luar negeri, agar benar-benar terasa berada di lingkungan Inggris.
    Tweet

    ReplyDelete
  127. . Reading merupakan bagian penting dari writing, karena untuk bisa menulis, Anda tentu juga harus bisa membaca. Sama halnya dengan listening yang menjadi input penting bagi speaking. Mempelajari reading sangat berguna untuk melatih pembendaharaan kata dan tata bahasa (vocabulary and grammar), sistem tulisan, hingga mengetahui ide atau gagasan dari tulisan tersebut.

    2. Mulai dengan bacaan yang paling mudah, misalnya buku bacaan untuk anak-anak. Jangan gengsi! Belajar nggak akan bisa berhasil dengan kata gengsi atau malu.

    3. Kenapa orang bisa malas membaca tulisan berbahasa Inggris? Mereka tentu membayangkan betapa sulitnya menterjemahkan berlembar-lembarditambah dengan kata-kata sulit yang tidak familiar dan mereka pikir itu sangat membosankan. Bukannya menyenangkan, membaca malah jadi menyebalkan.
    Saran saya, pilih media atau sumber bacaan yang tentunya menjadi bagian dari keseharian Anda, misalnya buku, majalah, website, e-book, novel, etc.

    4. Jangan memaksakan membaca topik yang bukan menjadi kesukaan Anda. Kalau Anda menyukai bacaan ringan seperti tips-tips berkebun atau traveling, pilihlah topik tersebut. Jangan memaksa baca topik tentang science yang bikin kepala pusing.

    5. Buat catatan topik baru yang akan Anda baca setiap hari, minimal satu atau dua jenis yang berbeda. Tentu saja, bacaan itu harus dalam bahasa Inggris.

    6. Anda tidak harus meluangkan waktu khusus untuk membaca (misalnya baca buku tebal, suasana tenang, dll) tapi Anda bisa membaca di sela-sela kegiatan ketika sedang browsing, menunggu, atau di tempat-tempat umum yang menyediakan bacaan berbahasa Inggris. Baca sesering mungkin, dimana pun, kapan pun, bacaan apa pun.

    Saya harap tips tersebut bisa membantu Anda dalam latihan membaca. Selamat mempraktekkan, good luck!
    One thought on “Kuasai Keterampilan Membaca (Reading) Mulai Sekarang!”

    ReplyDelete

  128. Examples from the Web for procedure
    Contemporary Examples

    I remember the song; Stevie Wonder's "I Just Called to Say I Love You" played as they performed the procedure.
    In North Dakota, Women Who Had the Choice to Abort Winston Ross March 28, 2013

    Now, a study shows some breast cancer patients unnecessarily undergoing the procedure.
    Study Shows “Angelina Effect” Leads to Unnecessary Procedures for Some Breast Cancer Patients Dr. Anand Veeravagu, MD May 20, 2014

    She was sedated during the procedure, but that is is not always the case.
    Egypt: Stop Mutilating Little Girls! Bel Trew April 25, 2014

    Once the procedure was complete, I was taken to a recovery area and monitored.
    In North Dakota, Women Who Had the Choice to Abort Winston Ross March 28, 2013

    I wanted to get my tubes tied, because I knew I didn't want kids and the procedure would be free.
    Why I Choose to Be Child-Free: Readers Share Their Stories Harry Siegel February 26, 2013

    Historical Examples

    Such a procedure would clearly annihilate the inventor, offering him up as a sacrifice to the author or composer.
    Arguments before the Committee on Patents of the House of Representatives, conjointly with the Senate Committee on Patents, on H.R. 19853, to amend and consolidate the acts respecting copyright United States Committee on Patents

    The procedure was that of a grand jury set in motion by common report.
    Folkways William Graham Sumner

    Of course the chords which are brought to the mind of the player must be properly chosen or the procedure is useless.
    Criminal Psychology Hans Gross

    The principles of the admiralty are embodied in its form of procedure.
    The Common Law Oliver Wendell Holmes, Jr.

    Secondly, trial by jury is so completely involved in the present system of court trial and procedure, that they are inseparable.
    The Man in Court Frederic DeWitt Wells

    British Dictionary definitions for procedure
    procedure
    /prəˈsiːdʒə/
    noun
    1.
    a way of acting or progressing in a course of action, esp an established method
    2.
    the established mode or form of conducting the business of a legislature, the enforcement of a legal right, etc
    3.
    (computing) another name for subroutine
    Derived Forms
    procedural, adjective
    procedurally, adverb
    Collins English Dictionary - Complete & Unabridged 2012 Digital Edition
    © William Collins Sons & Co. Ltd. 1979, 1986 © HarperCollins
    Publishers 1998, 2000, 2003, 2005, 2006, 2007, 2009, 2012
    Cite This Source

    ReplyDelete
  129. 37.c.betel has spread very widely for thousand of year
    38.b.betel is valued for its medicinal properties
    39.d.old
    40.c.3
    41.d.to make the photo fit well in its frame
    42.b.event
    43.b.slipped
    44.c.bandage
    45.b.broke
    46.c.terrifying
    47.d.towel

    ReplyDelete
  130. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  131. 1.c.cyclists should get off the bicycle
    2.a.permitted
    5.d.very many
    7.b.polite
    8.d.the bill
    9.c.the restaurant gave a very bad service
    10.c.rudi
    12.d.the peene is made of grain
    13.c.completetly
    15.a.tell about the closure of the laboratory
    17.b.to invite people to the pet training classe
    20.c.make a sock puppet
    23.a.precious
    24.b.someone played prank on one of the teachers
    25.d.the lost of the key
    26.c.a small shop with an open front
    27.a.a greedy wolf and a helpful crane
    30.d.finding a way to decide which was the stronger
    32.c.the sun shone in all his glory behind a cloud
    33.c.kindness effects more than unkindness.
    34.a.they carry freight and passenger train
    36.d.locomotives

    ReplyDelete