Sunday, August 9, 2020

Caption: Capture Mention, Kata Yang Menjelaskan Sebuah Gambar

Pernahkah kalian semua membuat caption dari foto, atau gambar yang kita unggah ke media sosial maupun jejaring di internet? Kata yang memiliki makna lebih dari sekedar sketsa maupun gambar, terkadang membuat orang yang melihat maupun membaca menjadi terinspirasi, bersemangat bahkan bisa sebaliknya menjadi khawatir, takut, resah dan gundah. Caption juga bisa diartikan sebagai sepenggal kalimat yang memaknai sebuah gambar ataupun foto, dengan penjelasan ringkas maka diharapkan bisa lebih mengena maksud dan tujuan dari si penulis. Nah, caption dalam bahasa Inggris bisa diartikan sebagai teks yang muncul setelah gambar, yang biasanya menarik perhatian karena keterkaitannya dengan gambar yang ada. Penjelasan yang berupa kalimat yang pendek tersebut mengurai maksud dan kandungan makna yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Misalnya caption yang ada dalam gambar disamping ini. Penjelasan yang disisipkan ataupun tulisan (kata-kata) yang ada di gambar tersebut sebetulnya tidak terlalu benar-benar berkaitan dengan gambar, namun korelasi ataupun hubungannya masih tetap ada. Caption yang ada di gambar tersebut tertulis, "Life is like a roller coaster. It has its ups and downs. But it's your choice to scream or enjoy the ride." Jika diterjemahkan maknanya kurang lebih adalah hidup itu bagaikan menaiki sebuah roller coaster, kadang naik dan kadang turun. Namun untuk menyikapinya itu adalah pilihan kita masing-masing, mau mengeluh atau menikmati hidup adalah pilihan yang diambil oleh kita. Artinya adalah semuanya memiliki resiko atau dampaknya, hidup terkadang susah dan kadang senang. Di kala susah kita mengeluh itu merupakan pilihan, namun ketika kita bisa ikhlas legowo bahkan menikmati (bersyukur) dengan apa yang ada maka hidup itu menjadi lebih bermakna, memberikan energi agar kita lebih bersabar, lebih tabah, lebih tegar dan kuat dalam menjalani dan menghadapi ujian kehidupan. Karena tidak ada orang yang hidup di dunia ini dia susah, sedih, atau merasa kesulitan secara terus menerus, karena pada hakikatnya baik senang maupun susah  itu bergilir dan tentunya dialami oleh semua orang, sehingga tidak bolehlah kita terlalu berlebihan ketika senang, karena suatu ketika keadaan sulit itu datang menguji kesabaran kita.

Nah, contoh caption diatas memiliki interpretasi yang lebih luas kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tinggal caption yang ada atau ditulis itu memiliki tujuan apa dari si penulis. Kata maupun kalimat yang disisipkan biasanya tidak terlalu panjang. Biasanya juga kalimatnya sederhana dan ringkas namun jelas. Berikut ini sekilas definisi/ pengertian caption dalam bahasa inggris (materi kelas online, dengan soal latihan 2 nomor);

Definition of Caption

A caption, also known as cut-line, is text that appears below an image. Most captions draw attention to something in the image that is not obvious, such as its relevance to the text. Captions can consist of a few words of description or several sentences. Writing good captions can be difficult, these are several criteria for a good caption:

1. Clearly identifies the subject of the picture, without detailing the obvious.

2. Succinct (short and clearly).

3. Establishes the picture's relevance to the article.

4. Provides context for the picture.

5. Draw the reader into the article.


Matching the captions into the appropriate meaning.

Exercises (Berlatih, memasangkan caption dengan makna yang tepat)

1. Success is not an accident, is not a miracle, nor it is a matter of luck.

2. A goal without a plan is just a wish.

Choices of meaning (pilihan makna)

a. If we aim something, we should make a plan to achieve it. If not we never going to achieve it.

b. Success is hardworking.

Semangat untuk terus berlatih dan mengembangkan diri, serta mau meluangkan waktu membaca adalah sebuah langkah awal bagi generasi yang menginginkan masa depan yang lebih modern sekaligus tetap menjunjung tingggi semangat nilai-nilai kehidupan demi tatanan masyarakat yang memiliki peradaban yang tinggi dan luhur.

Teruslah berpikir positif, yakni berprasangka baik terhadap semua orang dan diri sendiri. Hal ini lebih baik untuk kejernihan mental, meningkatkan kualitas kepribadian diri. Segala kejadian atau persitiwa  yang ada, baik menyenangkan maupun yang menyedihkan semuanya memiliki hikmah tersendiri yang bisa kita ambil, yang bisa kita jadikan pelajaran untuk kehidupan selanjutnya. Lebih kuat, lebih giat dan tentunya lebih peduli terhadap lingkungan sekitar menjadikan kita cepat beradaptasi dengan kehidupan.

No comments:

Post a Comment