Thursday, August 13, 2020

Suggestion: Nasehat dan Saran, kamu bosan di rumah?

Perasaan bosan itu ada ketika kita tidak memiliki target dalam hidup. Pencapaian prestasi yang stagnan bisa jadi karena rutinitas yang tidak terjadwal, bahkan aktivitas yang dilakukan tidak produktif. Bagaimana caranya agar kita bisa menghilangkan rasa bosan ketika tinggal di rumah? Solusinya adalah melakukan aktivitas sevariatif mungkin. Jangan hanya bermalas-malasan, cuma nonton tv, main game atau tidur-tiduran di kamar saja. Cobalah mulai melakukan aktivitas dari hal yang kecil dan ringan, misalnya membuka jendela kamar, merapikan tempat tidur, menata buku di meja belajar hingga membersihkan ruangan atau kamar milik sendiri.

Kamu perlu mendapatkan nasehat dari orangtuamu berkaitan dengan belajar, apalagi jika model belajarnya adalah daring (dalam jaringan). Maka nasehat yang berasal dari orangtuamu harus didengarkan dan dilaksanakan dengan baik. Setelah kerja kerasmu dilakukan dengan baik, maka rayakanlah. Sehingga rasa bosan itu tidak menghantuimu sepanjang hari.

Saran yang baik untuk memotivasi diri sendiri adalah pantang untuk menyerah, terus melaju dan melangkah. Never give up. Jalani hari-harimu dengan penuh optimisme, tersenyumlah bahagia untuk dirimu karena telah diberi karunia yang besar oleh Allah swt. Bentuk karunia itu banyak sekali, misalnya kita masih bisa berpikir jernih, beraktivitas normal seperti orang lain pada umumnya, makan dan tidur dengan teratur, memiliki orangtuamu yang selalu perhatian dan sayang pada kita. Contoh-contoh tersebut adalah bentuk karunia yang harus disyukuri dan dioptimalkan agar bisa meningkatkan kualitas hidup kita. Isilah hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat maka perasaan bangga dan bahagia bisa hadir dalam hati kita. Sebaliknya jika kosong tanpa aktivitas, nganggur seharian bahkan berbuat hal yang kontra produktif maka bisa memperburuk suasana hati. Dan akhirnya gundah dan galau.

Nasehat ini bisa dijadikan acuan  jika ingin hidup kita bermakna, hidup yang dijalani menjadi berkah dan tentunya mendapat pahala. Ladang amal kebaikan itu terhampar luas, maka  optimalkan dan ambil peluang itu.

Saran yang bagus harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sebuah saran akan berguna jika dilaksanakan, jika didiamkan begitu saja maka perubahan tidak akan terjadi pada diri kita. Aktivitas yang bagus untuk mengisi kekosongan agenda di rumah adalah belajar.

Berikut ini ada dialog tentang nasehat dan saran, pelajari dan cermati. Belajar bahasa inggris akan menyenangkan jika kita sendiri mampu menikmati proses belajar itu sendiri dan tentunya memahami betul manfaat dari mampu menguasai bahasa inggris dengan baik.

Dialog Suggestion

Tommy: Lesley, do you have any plan to go out today?

Lesley: No, I don't. Why Tommy?

Tommy: I'm bored staying idle at home. How about going to the beach?

Lesley: That will be a good idea. We can see the sunset, can't we?

Tommy: Right. So, how do we  go there?

Lesley: Please pick me up at my house with your motorcycle. I'll go with you.


Vocabulary (Latihan kosakata)

1. Gagasan= (I-A)

2. Menjemput= (P-K)

3. Tinggal= (S-G)

4. Rencana= (P-N)

5. Bosan= (B-D)

Perkaya ilmu pengetahuan kita dengan banyak membaca buku yang berkualitas serta buka wawasan kita dengan informasi yang membangun dan menginspirasi. Miliki target harian sehingga tantangan tersebut mampu menaikkan level hidup kita. Bersemangatlah untuk menjadi pribadi yang maju dan produktif.

No comments:

Post a Comment