Thursday, August 13, 2020

Hope: Harapan Itu Masih Ada

Jangan berhenti berharap, karena itulah yang memotivasi kita untuk terus melangkah dan berusaha. Asa atau keinginan itulah yang memberikan kita energi untuk berkarya dan berjuang. Secercah harapan harus senantiasa disisipkan di tengah ujian ataupun permasalahan. Ketika musibah yang mungkin saja datang silih berganti, permasalahan yang membuat kita mengeluarkan banyak tenaga, menghabiskan energi dan juga waktu maka tetaplah berharap agar kita mampu menaklukan permasalahan tersebut. Pada dasarnya kita semua memiliki harapan dan keinginan masing-masing, bahkan ketika masih kecil leluasa dan bebas bercita-cita setinggi mungkin. Maka tetaplah berharap, karena itulah motor penggerak dalam mewujudkan cita-cita.

Ikuti saja mimpimu, maka cita-cita itu akan tetap terjaga hingga benar-benar kita bisa merealisasikan dan meraihnya di masa depan. Harapan, cita-cita, keinginan dan doa selalu menyertai manusia dalam menapaki kehidupan di dunia ini hingga  manusis mampu mendapatkan apa yang diinginkannya atau ajal merenggutnya terlebih dahulu sebelum mewujudkan cita-citanya tadi. Jangan menyerah dan jangan berputus asa. 

Apakah modal untuk bercita-cita? Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita harus bisa membedakan dulu antara cita-cita atau keinginan dengan khayalan ataupun bualan semata. Cita-cita itu harus dicapai dengan adanya target dan langkah demi langkah melalui proses yang butuh keseriusan. Sedangkan khayalan hanyalah keinginan sekilas tanpa ada keseriusan usaha dan tenaga yang dikeluarkan. Sehingga jelas baha modal untuk bercita-cita adalah kesungguhan dan keseriusan.

Ungkapan Harapan dan Keinginan

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, harapan (hope) dan keinginan (wish) dalam penggunaannya memiliki ungkapan tersendiri.Nah, jika kita ingin menyampaikan atau mengutarakan keinginan kta dalam bahasa inggris bisa dengan menggunakan ungkapan, I hope... (saya berharap) disambung dengan harapan atau keinginan dari masing-masing pribadi kita.

Berikut nateri tentang pokok bahasan Ungkapan harapan dan keinginan (hope), cermati percakapan berikut ini:

Dialog

Adi: Do you hope your life gets better than before?

Brian: I hope so.

Anne: Do you think you will have some problems?

Benny: I hope not.

Argus: I hope that floods stop soon.

Benny: I am still hoping too.

Questions (soal latihan)

1. What does Brian hope?

2. Does Benny hope to have any problems?

3. What doea Argus and Benny hope?

4. What does Argus and Benny hope?

Dialog sederhana tersebut mengenai ungkapan harapan atau keinginan, digunakan untuk materi pembelajaran bahasa inggris online. Simak dan baca dialognya, setelah itu mencoba menerapkannya dalam aktivitas sehar-hari semoga meningkatkan pengetahuan dalam penguasaan dasar ungkapan harapan dan doa.

No comments:

Post a Comment