Thursday, August 13, 2020

Apologizing: Ungkapan Minta Maaf, Perlu dilakukan

Minta maaflah jika kita bersalah, tidak bisa melakukan sesuatu hal, tidak datang ke suatu acara atau karena kita belum bisa melakukan sesuai dengan harapan. Jadilah orang baik, yang apabila melakukan kesalahan segera meminta maaf. Dan apabila diminta maafnya juga pandai-pandai melupakan dan memaafkan kesalahan orang lain pada kita. Permohonan maaf dalam bahasa inggris disebut apologizing, ungkapannya bisa beragam tergantung konteks penggunaannya. 

Ungkapan (expression) meminta maaf ini sering digunakan dalam berbagai kondisi, situasi dan keadaan tertentu. Cara pengucapannya bisa saja melalui bahasa formal maupun informal. Formal jika dalam sebuah forum diskusi atau seminar, informal ketika percakapan biasa antar teman.

Nah, untuk bisa mempraktekkan peercakapan bahasa inggris dengan topik ungkapan minta maaf maka perlu berlatih. Bentuk latihannya pun beragam, mulai dari membaca dialog hingga peer to peer dalam kelompok kecil berpasangan. Speaking adalah bentuk ketrampilan yang ada dalam bahasa inggris dimana metode pembelajarannya sedikit berbeda dengan materi grammar (tata bahasa) ataupun writing (menulis). Sedikit banyak metode pembelajarannya hampir mirip dengan ketrampilan listening (mendengarkan) yaitu harus banyak praktek. Ternyata penguasaan kosakata juga diperlukan agar lebih bervariasi dan tentunya percakapan tersebut berjalan lancar, tidak berhenti gara-gara kehabisan kosakata.

Bacalah dialog meminta maaf (kelas online), latihan membaca dengan spelling dan pronunciation yang tepat, semakin rajin dan sering berlatih maka hasilnya semakin lancar dan kualitas membaca yang kita lakukan akan meningkat. Berikut ini dialog yang berisi ungkapan meminta maaf:

Dialog Apologizing

Rendy: Julie, why you didn't come to my birthday party last night?

Julie: I do apologize for it Rendy. I really want to come to your party.

Rendy: Then why you didn't come?

Julie: My mother is sick and I have to take care of her.

Rendy: Oh my goodness. I'm sorry I didn't know that. You've to tell me earlier.

Julie: That's okay Rendy.

Question (soal latihan)

1. Who are talking in the dialog?

2. How many people are in the dialog?


Dengan giat berlatih, tentunya skill akan meningkat, kemampuan semakin bertambah. Durasi belajar perlu ditambah sehingga kita menjadi pembelajar yang memiliki daya tahan tinggi, juga hal tersebut dilakukan untuk melatih kekuatan daya pikir, menguatkan saraf-saraf neuron otak kita dan meningkatkan kemampuan daya ingat. Jadi teruslah berkembang dan semakin terampil dalam bidang keahlian yang kita sukai, selamat menjadi generasi emas, generasi pembelajar yang tangguh.

No comments:

Post a Comment