Tuesday, July 28, 2020

Berkenalan Yuk, Hello Let me Introduce myself

Bismillah, dengan mengawali segala aktivitas melalui dzikir pada Allah swt marilah menyibukkan diri dengan amalan kebaikan, produktif dalam setiap menitnya, produktif dalam setiap jamnya yang mampu menghasilkan amal nyata yang mendatangkan kebermanfaatan untuk diri kita dan juga orang lain. Berbuat kebaikan mulai dari hal kecil dan sederhana seperti misalnya mendoakan teman atau orang lain ketika kita bertemu. Kalau dalam Islam dianjurkan mengucapkan salam ketika berjumpa dengan saudara, kawan, sahabat bahkan orang yang baru pertama kali bertemu dengan kita, tentunya hal ini dilakukan jika orang yang kita temui tadi adalah sesama muslim. Anjuran ini tidak lain adalah mengandung pelajaran yaitu lakukanlah kebaikan itu meskipun hanya berupa berdoa untuk kebaikan orang lain. Dalam salam terkandung doa yang luar biasa, tidak sekedar kata hai atau hello bahkan lebih dari itu. Salam itu sendiri artinya semoga Allah swt melimpahkan dan mencurahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu. Hal yang sungguh luar biasa, maka sebarkan salam secara utuh karena didalamnya memiliki doa yang sangat mulia.
Berusaha istiqomah dalam kebaikan, itu sebuah hal yang butuh kekuatan ekstra dan memang berat. Karena gangguan dan halangannya pastilah lebih banyak. Contoh saja kita istiqomah dalam kebaikan berupa sholat berjamaah di masjid, pastilah butuh energi yang lebih dibandingkan hanya sholat sendirian di rumah atau di tempat yang saat itu kita sedang beraktivitas. Karena berjamaah di masjid berarti sholatnya harus di awal waktu sesuai dengan jadwal yang ada, ketika mendengar adzan langsung bergegas menuju ke masjid terdekat. Setelah itu ambil air wudhu dan ikut sholat berjamaah dengan imam. Meluangkan waktu dan tenaga. Sedangkan kalau hanya sholat sendirian kadangkala keutamaan sholat awal waktu tidak bisa kita ambil, sholat sudah mendekati akhir waktu itupun kadang kurang khusyu, dsb. Itulah contoh istiqomah dalam kebaikan itu berat, memang butuh perjuangan. Jika ringan itu bukan istiqomah ya, tapi istirahat, guyonannya begitu. Nah contoh istiqomah dalam kebaikan lainnya misalnya adalah belajar. Bagi seorang siswa, belajar dimanapun ia berada, baik berada di lingkungan sekolah atau madrasah, di rumah, bahkan di alam terbuka. Belajar tentunya terkadang berat, karena lebih asyik untuk bermain dan bersenda gurau, atau lebih nyaman bersantai menonton tv, lihat film, yotube, buka media sosial, dsb. Mungkin saja jika makna belajar itu diterapkan lebih luas lagi maka belajar juga bisa memanfaatkan teknologi internet, bisa melalui jejaring sosial, youtube, searching di google, dll. Salah satu bentuk aktivitas belajar adalah membaca, berdiskusi, menelaah dan mengerjakan soal latihan.
Nah bagi sobat semua yang baru masuk ke jenjang sekolah tertentu, setidaknya butuh adaptasi yang baru karena mungkin lingkungan baru, metode pembelajarannya pun masih baru, teman-temannya juga baru. Maka diperlukan adaptasi atau penyesuaian diri. Berkenalanlah dengan lingkungan baru tersebut, semakin bagus kita beradaptasi maka semakin besar peluangnya untuk mencapai keberhasilan. Kenalkan diri kita pada lingkungan baru tersebut, juga kita membuka diri dengan cara mau berkenalan dengan orang lain. Saling menyapa, saling berkenalan tentunya bisa menambah saudara, menambah kawan, merekatkan ukhuwah/ persaudaraan serta bisa menyambung tali silaturahmi. Contoh paragraf mengenalkan diri, silahkan baca teks berikut ini (kelas daring juga baca ini):

           Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah. I know your name from my friend, Caroline. She told me that you sent her an email telling her that you would like to have more pen pals from the US. I’d really like to be your E-pal. You sound really cool!
          I guess I’d better tell you something about myself first. I’m 16  years old and I attend Thomas Edison High School here in Minneapolis, Minnesota, USA. I have two brothers and two half sisters and I’m the middle child. My father died a few years ago so my mother runs the house and the family business. My father was a barista.
            I have lots of hobbies. I like music – mostly classical music and folk music – but I don’t play an instrument. I like sports,  especially tennis and basketball. At school I’m in the basketball team and I spend most of my extra-curricular time playing basket ball. I’m into animals very much. My sister and I have three dogs. They need lots of attention as you can imagine. My favorite subjects at school are art and geography. I think I’d like to become a park ranger when I graduate, perhaps work for the National Parks Service.
              I don’t like reading but I love drawing and painting. How about you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear from you!
Hannah

Paragraf di atas adalah bentuk teks surat yang berisi perkenal diri yang ditulis Hannah untuk teman barunya yang bernama Alia. Belajar untuk membaca dengan spelling (pengucapan) yang tepat dan berusaha memahami maknanya. Bahasa Inggris bagi sebagian orang itu bahasa yang sudah umum atau hal yang biasa, namun bagi sebagian orang juga masih menjadi bahasa asing yang butuh adaptasi, yang butuh waktu dan kerja keras untuk bisa menguasainya. Bersungguh-sungguh dalam belajar, kemudian fokus maka insyaallah kita bisa menguasai bahasa asing tersebut. Tidak mudah memang, namun jika mau berusaha pastilah bisa, tidak ada istilah sulit jika kita mau belajar dan berusaha. There is nothing impossible.

No comments:

Post a Comment