Thursday, August 27, 2020

Jangan Keras Kepala, Mintalah Maaf

 

Marilah sejenak kita merenungi segala nikmat yang sudah kita peroleh dari Allah swt. Syukuri apa yang ada, caranya dengan mengoptimalkan nikmat-nikmat tersebut untuk kebaikan. Sebagai pelajar yang mengedepankan ilmu pengetahuan, sudah saatnya kita untuk senantiasa berpikir maju. Berbuat dengan perencanaan yang matang, mengisi waktu dengan hal manfaat, belajar dengan tekun dan tentunya mengerjakan segala tugas yang sudah diberikan oleh guru kepada kita.
Mulailah kerjakan tugas saat ini juga, jangan suka menundanya, apalagi melalaikan sama sekali. Hanya gara-gara bermain seharian kita melupakan tugas sekolah, melalaikan pekerjaan rumah yang sebetulnya tujuannya baik untuk meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran yang terkait. Kompetensi yang harus dicapai dalam setiap pembelajaran sudah dituliskan dengan jelas sehingga hal ini seharusnya dijadikan target agar pelajar mencapai kompetensi tersebut. Untuk kelas online bisa mempelajarari dialog berikut terkait meminta maaf. Siswa yang hanya sibuk bermain, menyia-nyiakan waktu luang yang ada, bermalas-malasan dan tidak mau memperbaiki diri, sifat-sifat tersebut mencerminkan orang yang tidak mau maju, yang tidak ingin masa depannya cerah. Ayo kita bangkit, buka wawasan kita, belajar memanfaatkan waktu yang ada, membaca buku yang berisi motivasi dan energi positif sehingga kita menjadi orang yang mandiri dan memiliki integritas yang tinggi. Apapun kesibukkan kita, jangan sampai lalai terhadap kewajiban belajar. Jika perlu bahkan belajar itu harus dijadikan sebagai kebutuhan primer, sehingga peningkatan kualitas pribadi terwujud dalam kesehariannya beraktivitas. Hindari hal yang melenakan dan membuat kita cenderung menyepelekan tugas yang sudah diamanahkan kepada kita sebagai pelajar.

Untuk kelas online pelajari dialog berikut:

Dialog
Teacher: Denny, you didn't show me your homework.
Denny: I am sorry, Sir I haven't done it.
Teacher: Oh, why?
Denny: I wasn't well yesterday.
teacher: What was wrong with you?
Denny: I had a headache.
Teacher: But you now, I saw you playing kite yesterday evening. Aren't you telling a lie?
Denny: Extremely sorry, Sir.
Teacher: You're stubborn. Now you have to apologize.


Questions
1. Where does the dialog take place?
2. Why Denny didn't do his homework?
3. Is Denny telling a lie to the teacher?

Silahkan teman-teman kelas online membaca dialog diatas antara guru dan Denny, kemudian kerjakanlah soal essay 3 nomer diatas. Selamat berlatih, selamat menjadi pelajar yang mandiri dan berwawasan global. Have a nice try!

No comments:

Post a Comment