Saturday, January 2, 2016

Dengan MU, ku rasakan Ketenangan

Selamanya kita tak akan pernah merasakan kekhawatiran ataupun galau dalam menapaki lembaran hidup hari ini maupun yang akan datang. Hal tersebut akan terwujud jika kita bisa menghadirkan rasa selalu diawasi oleh Allah swt. Kenapa tidak khawatir? Karena kita memiliki tambatan yang kekal yang akan membantu kita manakala tidak sanggup dalam menghadapi cobaan hidup. Ada kasus bunuh diri itu salah satu bukti tidak adanya Tuhan dalam diri orang tersebut. Prinsip ini berbeda dengan manunggaling gusti ala syekh siti jenar. Maksudnya tidak ada Tuhan dalam dirinya memiliki makna bahwa hatinya tidak ada keterikatan dengan Allah swt, ruhnya kering jauh dari nilai-nilai spiritual, nilai-nilai relijius, nilai-nilai Islam. Setiap harinya selalu dihantui perasaan was-was, bukan dikarenakan kekurangan materi dunia, namun karena dia tidak memiliki sandaran yang kuat. Materi yang banyak justru membuatnya galau, menjadikan hari-harinya semakin jauh dengan aktivitas ruhiyah. Dalam hati kecil kita, biasanya ditengarai dengan penolakan ketika melakukan tindakan maksiat atau melanggar syariat, hanya karena dominasi syahwat yang besar hati nurani itu kalah dan tertutupi oleh gejolak duniawi. Saya pernah mendengar ceramah dari seorang ustadz bahwa bolehlah kita mencari dan mendapatkan duniawi sebanyak-banyaknya namun jangan diletakkan dalam hati, taruhlah ia di tangan, genggam jika perlu. Penjelasan dari sang ustadz tadi adalah jangan diletakkan dihati memiliki makna ketika harta benda yang dimiliki diminta untuk di zakatkan atau diberikan kepada orang yang membutuhkan, kita dengan sukarela (ikhlas) menafkahkannya di jalan Allah swt.
Dengan menghadirkan perasaan senantiasa diawasi oleh Allah swt membantu kita termotivasi untuk lebih produktif, giat beribadah, dan membentuk pribadi yang tahan banting karena dimata dirinya bukan penilaian manusia, bukan  sanjungan manusia yang diinginkan, melainkan hanya mengharap ridho Nya. hati pun tentaram dan senantiasa tenang (tidak uring-uringan). Terkadang kita sadar bahwa Allah swt telah memudahkan jalan kita dalam beribadah, dalam berbuat amal kebajikan hanya saja kita sendiri yang mengacaukannya, kitalah yang menolaknya, kitalah yang melihat sebelah mata, peluang tersebut dibiarkan berlalu tanpa guna. Hiadayah Allah swt sudah berkali-kali menghampiri, mengetuk bahkan menegur kita, hanya karena keegoisan pribadi maka hidayah tersebut berlalu. Saya sendiri pernah mengalami dan merasakan bahwa ketika sendirian itu lebih lemah padahal rasa ingin untuk berubah itu ada. Kemudian saya mencoba bertemu (silaturahim) dengan teman-teman lama dan berbagi cerita akhrnya semangat itu muncul lagi, memang berjamaah itu lebih asyik dan meringankan untuk selalu berbuat kebajikan. Saya mengambil contoh salah seorang murid MTs yang jarang sekali menghadiri jam tambahan pelajaran saya, kemudian saya tanya pada dia apakah ketika tidak ikut jam tambahan dia belajar sendiri di rumah, jawabannya "TIDAK". Sehingga otomatis di rumah tidak belajar, jam tambahan tidak ikut, di kelas kadang tidak paham maka semakin tertinggal jauh dengan teman-teman satu kelasnya. Inilah sungguh berat jikalau kita melakukan aktivitas sendiri, minimal ketika bersama-sama (berjamaah) kita tersulut motivasinya dari teman kita. Apalagi dalam ajaran Islam jika shalat berjamaah itu 27 derajat sedangkan munfarid hanya 1 derajat, rentang/ selisihnya sungguh besar yaitu 26 derajat, itu satu kali pelaksanaan, kalikan 5 dalam sehari, kemudian kalikan 30 dalam 1 bulan, kemudian kalikan 12 dalam 1 tahun dan kalikan dengan usia kita dari masa baligh. Bisa dibayangkan?
Karena manusia itu tidak sempurna (artinya tidak lengkap) maka untuk menyempurnakan carilah teman, jamaah, bersama-sama dalam kebaikan. Semoga Allah swt memudahkan kita untuk mempertemukan diri kita dengan saudara-saudara yang shalih bukan sebaliknya. Jangan biarkan diri kita terwarnai oleh teman yang buruk, biarkan terwarnai oleh teman yang baik, akan lebih baik jika kita bisa mewarnai saudara kita dengan warna (nuansa) yang syar'i, yang Islami, warna yang diridhoi Allah swt. Warna dalam hal ini mencakup kepribadian/ akhlak, kebiasaan hidup (life style), bahkan pola pikir (mindset) yang benar tentang Islam.
Dalam pembelajaran Inggris terdapat lagu milik Harris Jung yang bagus tentang bagaimana agar diri kita tersibghoh dengan warna Islami, judul lagu the one




"The One" Lyrics:-
by HARRIS JUNG

When I learnt for the first time
I know my heart wasn't prepared
For just how much You'd mean to me
But Allah, how I know now
That a life without You there
Is like a bird without its wings

Chorus:
You are The One
In my life
Always right there beside me
I'm so blessed 
You're The One
In my life
Always right there to guide me
Giving me strength
You're The One
Oh, oh, oh, oh

I'm not saying I'm perfect
I haven't read all the pages
But I know that You're The One
It's the way that You turn mess
Into a beautiful message
It’s You I place my trust upon

CHORUS

Forever I won't be afraid
With You right here I'll be OK
‘Cause everything about You is the truth
Whenever I call out Your Name
Lift up my hands, bow down to pray
I feel so good, it's all because of You

27 comments:

  1. 30
    Pasar gelap
    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Pasar gelap ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah. Barang-barangnya sendiri bisa ilegal, seperti penjualan senjata atau obat-obatan terlarang; barang dagangan bisa curian; atau barang dagangan barangkali sebaliknya merupakan barang resmi yang dijual secara gelap untuk menghindari pembayaran pajak atau syarat lisensi, seperti rokok atau senjata api tak terdaftar. Disebut demikian karena urusan "ekonomi gelap" atau "pasar gelap" dilakukan di luar hukum, dan perlu diadakan "dalam kegelapan", di luar penglihatan hukum. Pasar gelap dikatakan berkembang saat pembatasan tempat negara pada produksi atau syarat barang dan layanan yang berasal dari konflik dengan permintaan pasar. Pasar-pasar itu berhasil baik, kemudian, saat pembatasan negara makin berat, seperti selama pelarangan atau pendistribusian. Bagaimanapun, pasar gelap secara normal hadir dalam ekonomi kapitalisme maupun sosialisme. Istilah pasar gelap dalam bahasa inggris dikenal dengan illicit trade (dulu illegal trade, sekarang berusaha untuk dihapus karena tidak sesuai)
    Daftar isi
    • 1 Sumber pasar gelap
    • 2 Penyelundupan
    • 3 Harga pasar gelap
    • 4 Contoh-contoh pasar gelap
    • 5 Lihat pula
    • 6 Perbandingan
    • 7 Pranala luar
    Sumber pasar gelap
    Sumber dari semua pasar gelap adalah adanya larangan atau pembatasan barang-barang tertentu oleh pemerintah sehingga terjadi penyelundupan.[butuh rujukan] Larangan atau pembatasan pemerintah bisa bermacam-macam cara, larangan berarti berurusan dengan hukum pidana(contohnya: narkoba, bahan peledak, senjata). Sedangkan pembatasan bisa berbentuk pajak yang tinggi(contohnya: rokok, minuman keras), syarat-syarat yang ketat(maksudnya demi kepentingan kemaslahatan rakyat, contohnya: kayu), lisensi dan/atau Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan dapat menjadi dasar hukum pemerintah untuk melarang barang bajakan, kuota (contohnya: beras, gula), dan lain-lain. Sumber dari pasar gelap dapat juga berupa sembunyi-sembunyi karena bertentangan dengan norma-norma masyarakat, seperti prostitusi, barang-barang porno, jimat, ilmu hitam, dan lain-lain (sebagian besar yang bertentangan dengan norma masyarakat sudah dibuatkan peraturan pemerintahnya).

    ReplyDelete
  2. 65
    Penyelundupan
    Pasar gelap sangat erat kaitannya dengan penyelundupan. Penyelundupan adalah semua bentuk proses memperoleh barang yang dilarang/dibatasi tersebut menggunakan cara-cara yang melanggar hukum, oleh karena itu barang-barang yang terdapat di pasar gelap biasanya adalah barang hasil penyelundupan.
    Harga pasar gelap
    Sebagai akibat bertambahnya pembatasan pemerintah, harga pasar gelap untuk produksi yang bersangkut paut akan bertambah, seperti yang dikatakan pembatasan mewakili berkurangnya penawaran dan bertambahnya kemungkinan rugi pada bagian penawar, penjual, dan seluruh makelar. Menurut teori penawaran dan permintaan, kekurangan penawaran—membuat produk lebih langka—akan menaikkan harga, lainnya sama. Demikian pula, penyelenggaraan pembatasan yang bertambah akan menaikkan harga untuk alasan yang sama.
    Barang yang diperoleh secara ilegal bisa mendapat 1 atau 2 tingkat harga. Mungkin akan kurang mahal daripada harga pasar (resmi) karena penawar tak mengadakan harga biasa dari produksi atau membayar pajak yang biasa. Kemungkinan lain, produk yang dipasok ilegal bisa lebih mahal daripada harga normal, karena produk yang dibicarakan sulit didapat dan mungkin tak tersedia resmi.
    Dalam hal-hal terdahulu, bagaimanapun, kebanyakan orang mungkin melanjutkan membeli produk yang dibicarakan dari penawar resmi, karena sejumlah alasan:
    • Konsumen mungkin merasa bahwa pemasok pasar gelap mengadakan bisnis secara tak bermoral (walau kritik ini bisa meluas ke penawar legal juga).
    • Konsumen mungkin—berhak—lebih mempercayai pemasok resmi, karena mereka lebih mudah berkontak bila ada kesalahan dalam produk dan lebih mudah menyelenggarakan akuntabel.
    • Di beberapa negara, memiliki atau membawa barang curian adalah kejahatan, faktor yang akan membuat pembeli berpikir dua kali sebelum membeli.
    Di kasus kemudian tentang pasar gelap untuk barang yang dengan mudah tak tersedia melalui saluran resmi, pasar gelap akan tumbuh subur jika konsumen meminta meski kemudian berlanjut. Dalam kasus pelarangan resmi produk bahwa segmen besar masyarakat memandangnya tak berbahaya meski karena kedudukan legalnya, seperti di bawah pelarangan alkohol di AS, pasar gelap akan berhasil, dan pemasar gelap sering menginvestikan kembali keuntungan dalam aturan berjenis-jenis yang luas dari kegiatan tak resmi yang melebihi item "tak berbahaya" yang asli.

    ReplyDelete
  3. 99
    Harga pasar gelap bisa dikurangi dengan menghilangkan pembatasan legal yang relevan, demikian penawaran bertambah. Orang-orang yang menganjurkannya di dunia sekuler mungkin percaya bahwa pemerintah harus mengakui kejahatan yang lebih sedikit agar memfokuskan usaha pelaksanaan hukum pada bahaya pada masyarakat. Bagaimanapun, ini bisa dilihat oleh sejumlah orang sebagai persamaan kejahatan terlegalisasi agar mengurangi jumlah kejahatan "resmi"—dengan kata lain, kelonggaran bahwa dalam pandangan mereka hanya membuat barang lebih jelek. Sebagai kemungkinan lain, pemerintah bisa mencoba mengurangi permintaan. bagaimanapun, secara ekonomis ini keluar dari kebiasaan dan tak semud
    ah proses sebagaimana menurunya penawaran.
    Contoh-contoh pasar gelap
    Masa pelarangan di awal abad ke-18 di Amerika Serikat merupakan contoh klasik kegiatan pasar gelap. Banyak kelompok kejahatan terorganisasi mengambil keuntungan dari kesempatan yang menguntungkan dalam mengakibatkan pasar gelap dalam produksi dan penjualan alkohol yang dilarang. Sejak banyak penduduk di sana tak memandang minum alkohol sebagai kegiatan yang sunguh membahayakan yang secara resmi harus dilarang, kedai minuman keras ilegal berlanjut, dan kelompok seperti Mafia berkembang hebat lebih kuat melalui kegiatan pasar gelapnya yang mendistribusikan alkohol. Contoh klasik lainny ialah Burma (Myanmar) di bawah kekuasaan Ne Win. Di bawah "Cara Burma Menuju Sosialisme"-nya, negara itu menjadi salah satu yang termiskin di dunia, dan hanya pasar gelap dan penyelundupan yang mampu mendukung kebutuhan rakyat.
    Kini di banyak negara, dikemukakan "perang melawan narkotika" telah menciptakan efek yang sama untuk narkotika seperti ganja, heroin dan kokain. Walau penagakan hukum yang sedang berjalan berusaha menjegal pemasokan obat-obatan terlarang, permintaan masih tinggi, mendorong kelompok kejahatan terorganisir memastikan ketersediannya. Selama usaha penegakan hukum sering menangkap distributor obat terlarang, permintaan tinggi untuk obat-obatan seperti itu memastikan bahwa harga pasar gelap akan dengan mudah naik sebagai tanggapan atas berkurangnya permintaan—mendorong distributor baru memasuki pasar dalam peredaran kekal.
    Dengan cara yang sama, sejak prostitusi tak sah di banyak tempat dan permintaan pasar untuk layanan prostitusi masih tinggi di sejumlah daerah, pasar gelap biasa berkembang.
    Pasar gelap bisa juga terbentuk saat yuridiksi yang berdekatan telah banyak membedakan tingkat harga pada produk yang sama. Produk yang umumnya diselundupkan untuk mengisi pasar-pasar gelap itu termasuk alkohol dan tembakau.

    ReplyDelete
  4. 103
    Pasar gelap berkembang di banyak tempat selama masa perang. Pendistribusian dan pengendalian harga yang dilaksanakan di anyak negara selama PD II mendorong kegiatan pasar gelap yang tersebar luas. Karena kurangnya barang konsumsi, pasar gelap tumbuh subur di Eropa Timur komunis dan Uni Soviet.

    ReplyDelete
  5. 138
    Afrika Surga Bagi Senjata Ilegal
    Sekitar 500.000 senjata ilegal ada di Afrika Selatan. Berapa banyak senjata ilegal di seluruh Afrika, sulit diprediksi. Dan tragisnya, senjata-senjata itu dulu berasal dari pasar legal.
    Pasar senjata di Mogadishu
    Polisi Afrika Selatan tidak ragu menunjukkan kebulatan tekadnya, dengan meledakkan lagi sebuah depot berisi senjata-senjata ilegal. Ketika beberapa bulan lalu polisi merazia sebuah gudang senjata di pinggiran ibukota Johannesburg kepala polisi Bheki Cele menjelaskan: „Mereka mempersiapkan perang. Senjata anti tank, basoka, kalasnikov, granat tangan dengan peredam suara. Jadi mereka ingin menembak secara terarah. Peredam suara digunakan pada serangan-serangan."
    Afrika Selatan memiliki peraturan senjata yang ketat dan sejak peraturan itu diluncurkan tahun 2002, tingkat kejahatan dengan menggunakan senjata menurun. Berdasarkan data statisik dewan penelitian kesehatan tahun 2002 hampir sepertiga kasus pembunuhan tindak kejahatan dilakukan dengan menggunakan senjata. Tahun 2008 jumlahnya menurun menjadi sepersepuluh.
    Pam Crowsley dari lobi anti senjata Gun Free South Africa berpendapat: “Semakin sedikit adanya senjata, situasi akan semakin aman, dan semakin sedikit jumlah kejahatan. Jika orang-orang tidak memiliki akses pada senjata, kejahatan yang mereka lakukan juga makin sedikit.“

    Senjata kalasnikov dan senjata mesin yang dijual di Mogadishu
    Senjata Ilegal Dulunya Legal
    Tapi pada kenyataannya tidak semudah itu. Di Afrika Selatan saja, para pakar memperkirakan ada sekitar 500 ribu senjata ilegal. Paradoksnya, kebanyakan senjata ilegal itu berasal dari pasar legal. Itu merupakan senjata-senjata yang dicuri atau hilang. Dijelaskan Joseph Dube, koordinator, jaringan aksi internasional memerangi senjata kecil (IANSA) untuk kawasan Afrika: „Warga sipil di Afrika Selatan saja setiap bulannya kehilangan kira-kira 2000 senjata, per tahun berarti 24 000 senjata. Jika dari situ polisi berhasil menemukan kembali 10 ribu, masih 14 ribu senjata yang beredar. Kami tidak tahu berapa banyak jumlah yang pasti, mereka beroperasi secara ilegal.“
    Gun Free South Africa dalam penelitian lanjutannya menyimpulkan, bahwa sebagian besar senjata berasal dari pasar legal. Antara lain senjata R5 dari Eropa, pistol Heckler und Koch yang diimpor secara legal. Dituturkan Pam Crowsley: „Polisi saja antara 2005 dan 2011 melaporkan kehilangan 18 ribu senjata. Itu hal yang tidak dapat diterima, bila ditinjau dari segi harga saja. Jika rata-rata harga per pistol 5000 Rand Afrika Selatan, maka jumlah totalnya 90 juta Rand, 9 juta Euro, itu tidak dapat diterima.“

    ReplyDelete
  6. 170
    Pasar senjata ilegal di Yaman
    Polisi Dilarang Bawa Pulang Senjata
    Kedua kelompok aktivis anti senjata, ingin mencapai target agar polisi tidak lagi membawa pistol ke rumah, seperti yang lazim terjadi di Afrika Selatan. Di seluruh Afrika dimana hanya ada sedikit peraturan dan hampir tidak ada sistem pengawasan, situasinya tampak jauh lebih buruk. Aktivis anti jaringan senjata kecil Joseph Dube menjelaskan: „Tantangan terbesarnya adalah bagaimana kami bisa mendapat data statistiknya. Ini sama sekali tidak ada di Afrika. Kami melakukan sebuah studi seberapa besar kerugian yang ditimbulkan hanya dari konflik bersenjata atau kekerasan bersenjata. Karena terhalangnya bantuan pembangunan dan bantuan humaniter. Jumlah kerugian Afrika karenanya 18 milyar dollar per tahun.“

    Justru Afrika Selatan dengan tingkat penyebaran senjata yang tinggi dan tingkat kejahatan kekerasan diharapkan menjadi contoh bagi benua Afrika. IANSA menuntut agar munisi juga harus dicatat sebagaimana halnya senjata. „Sejak Afrika Selatan mengeluarkan peraturan pengawasan senjata yang juga mewajibkan pendaftaran munisi, kami melhat turunnya tingkat kejahatan dengan senjata api. Walaupun jumlahnya masih sangat tinggi, contoh Afrika Selatan sebaiknya ditiru,“ demikian tutur Joseph Dube dari IANSA.
    Anti Senjata Ilegal Mulai Rambah Politik
    Meski demikian tidak ada pengawasan kawasan udara yang efektif. Pesawat-pesawat terbang mengangkut senjata dari Somalia, Eritrea atau Afrika Tengah bisa mendarat dengan mudah di Afrika Selatan. Tapi setidaknya secara politis ada sedikit pergerakan. Dalam Perhimpunan Pembangunan Afrika Selatan SADC disepakati peraturan kerja bersama, dimana juga Uni Afrika secara keseluruhan berusaha mencapai posisi bersama.
    Musim panas mendatang di New York, akan didiskusikan perjanjian perdagangan senjata PBB. Ini menimbulkan harapan besar di kalangan aktivis anti senjata Afrika.
    "Adalah penting dimana negara-negara Afrika dan Eropa bulan Juli mendatang bersama-sama mengupayakan perjanjian perdagangan senjata yang kokoh, yang juga mengatur pelanggaran hak asasi manusia, prinsip-prinsip hukum internasional dan masalah pembangunan demikian juga kriminalitas.“

    ReplyDelete
  7. lunas
    Asal Persenjataan Kelompok Separatis


    Bisnis jual beli senjata adalah sebuah bisnis bernilai besar. Setidaknya dunia mengeluarkan dana sebesar US$ 1,7 Triliun untuk keperluan militer pada tahun 2013, demikian yang umumkan Institut Riset Perdamaian Internasional di Stockholm (SIPRI) hari Senin (14/04/14). Mendekati nilai jual pada saat perang dingin berlangsung. sumber

    Jika melihat angka penjualan di atas, tidak diragukan lagi bahwa bisnis perdagangan senjata internasional, adalah sebuah transaksi internasional yang bernilai tinggi. Selain itu transaksi jual beli tidak hanya melibatkan produsen senjata berupa perusahaan penghasil senjata, tetapi juga melibatkan negara, organisasi internasional dan kelompok bersenjata sebagai konsumennya.

    ReplyDelete
  8. 1.learnt
    2.prepared
    3.mean
    4.without
    5.wings
    6.beside
    7.blessed
    8.guide
    9.strength
    10.perfect
    11.pages
    12.mess
    13.massage
    14.trust
    15.afraid
    16.truth
    17.call
    18.lift
    19.pray
    20.feel

    ReplyDelete
  9. 1.learnt
    2.prepared
    3.mean
    4.without
    5.wings
    6.beside
    7.blessed
    8.guide
    9.strength
    10.perfect
    11.pages
    12.mess
    13.massage
    14.trust
    15.afraid
    16.truth
    17.call
    18.lift
    19.pray
    20.feel

    ReplyDelete