Saturday, January 16, 2016

Rasa Nyaman Yang Semu, Jauhkanlah dari hidupmu Kawan


Kenyamanan disukai semua orang, baik kelas ekonomi rendah atau sampai konglomerat. Bagaimana jika kenyamanan itu semu adanya? Maka berhati-hatilah, lebih baik prihatin jika saat ini nyaman yang ada adalah ilusi, karena hidup bersahaja saat ini  banyak membawa kebaikan untuk ending yang memuaskan. Maka keluarlah dari zona nyaman, begitu kata para pebisnis sukses. Meski misal saja kita memiliki harta berlimpah, tetaplah bekerja jangan bersantai. Apalagi jika hidup kita saat ini kondisi yang sebaliknya, kerja keraslah bentuk ikhtiar yang dilakukan. Apa itu kenyamanan? Samakah dengan rasa ketenangan dalam hati perasaan. Saya pribadi beranggapan antara kenyamanan dan ketenangan adalah saudara kembar namun beda penerapan. Nyaman merupakan kondisi dimana seseorang tidak terganggu oleh faktor eksternal dalam mengerjakan kegiatan tertentu, misalnya tinggal di sebuah vila dengan fasilitas kolam renang jauh dari kota besar, fasilitas komunikasi, kendaraan dan makanan terpenuhi, dan tanpa energi terkuras (tanpa bersusah payah) dalam memperolehnya. Sedangkan term atau istilah ketenangan 80% dari sisi internal kaitannya dengan batin/ rasa psikologis meski kadang secara fasilitas tidak begitu mewah atau secara materi tidak begitu kecukupan/ lengkap. Dan saya yakin setiap individu memiliki definisi tersendiri untuk dua kata tersebut.
Yang ingin dikritisi dari wacana ini adalah terkait sebuah kenyamanan yang semu, lebih cenderung melenakan. Contohnya siswa A dia nyaman ketika tidak bangun pagi dan mengikuti jam tambahan pukul 6 pagi di sekolah, sementara itu siswa B pagi-pagi dia harus ribet bagaimana caranya agar pukul 6 pagi dia harus sudah standby berada di sekolah untuk jam tambahan ujian nasionalnya. Saya yakin nyamannya siswa A benar adanya karena tidak melakukan hal yang repot dikala pagi hari yang dingin kadang masih mengantuk, namun ribetnya siswa B akan lebih membawa kenyamanan yang tingkatannya lebih tinggi daripada sekedar nyamannya siswa A. Dia akan mendapatkan manfaat ketika mengikuti jam tambahan karena itu adalah bentuk persiapan yang digunakannya sebagai bekal/ amunisi dalam pertempuran di ujian nanti. Tinggal kita memilih nyaman saat ini namun repot dikemudian hari atau berkeringat sekarang namun sukses di masa yang akan datang seperti pepatah lama berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian artinya kerja keras hari ini untuk tabungan kesuksesan di masa depan.
Sehingga marilah menjauhkan segala aktivitas yang kelihatannya nyaman saat ini namun sebetulnya tidak berdampak begitu bagus di kemudian hari. Keluarlah dari zona nyaman, ambil resiko saat ini dengan berkeringat, pantang menyerah dan lakukanlah dengan sungguh, lebih giat lagi dalam bekerja maka itulah yang terbaik dibanding bersantai menganggap esok akan baik-baik saja. Do it the now because we can't predict for tomorrow, karena kita bukan peramal masa depan jadi persiapkan masa depan itu dengan melakukan yang terbaik saat ini.
Satu hal lagi, saya menyikapi tentang bahan/ zat yang katanya membuat rasa nyaman bagi pemakainya alias narkoba, yang kadang korban terbanyaknya adalah remaja dan orang-orang yang hidupnya terlalu lepas kontrol (berlebih-lebihan). Ambil contoh marijuana atau ganja, cimeng  dst, yang digunakan untuk pelampiasan (obat penenang pikiran) yang memang adalah racun bagi tubuh, racun juga bagi ekonomi keluarga, manfaatnyapun hanya bagi pengguna dan itu hanya berlaku beberapa jam saja setelah itu semakin parah karena efek dari zat adiktifnya. Ini contoh jelas sebuah kenyamanan yang merusak bukan hanya semu, merusak saraf otak, kepribadian, serta hidupnya kacau tidak teratur. So, jauhilah benda haram ini, tidak usah pake penasaran iseng mencoba. Untuk hal keburukan tidak ada kata coba-coba, jauhi saja. Berikut ini contoh teks terkait marijuana;
Marijuana
Marijuana is a dry, shredded green/brown mix of flowers, stems, seeds, and leaves of the hemp plant, Cannabis sativa. It is usually smoked as a cigarette or in a pipe. Marijuana smoke has a strong and distinctive, usually sweet-and-sour odor. There are countless street terms for marijuana including pot, herb, weed, grass, widow, and hash.
Long-term marijuana use leads to an addiction. The short-term affects of marijuana addiction can include problems with memory and learning, difficulty in thinking and problem solving, loss of coordination and increased heart rate. Smoking marijuana increases the possibility of developing cancer of the lungs and other parts of the respiratory tract because it contains irritants and carcinogens. In fact, marijuana smoke contains 50 to 70 per cent more carcinogenic hydrocarbons than does tobacco smoke. Depression, anxiety and personality disturbances have been associated with marijuana addiction. Students who smoke marijuana get lower grades and are less likely to graduate from high school, compared with their non-smoking friends.
QUESTIONS
1. What is the text about?
A. Marijuana smokers.
B. Bad effect of marijuana.
C. The pros and cons of marijuana.
D. Smoking marijuana.
E. What marijuana looks like.
2. Smoking marijuana has the following effects, except...
A. Causing difficulty in thinking and problem solving.
B. Increasing the possibility of head cancer.
C. Promoting cancer of the lungs.
D. Decreasing the heart rate.
E. Causing loss of coordination.
3. Why can marijuana use promote cancer of lungs and other part of respiratory tract?
A. It contains irritants and carcinogens.
B. It has a strong and distinctive odor.
C. It is usually smoked in cigarettes.
D. It has smoke like tobacco.
E. It leads to addiction.
4. “Marijuana smoke has a strong and distinctive,...(Paragraph 1). The underlined word has closest meaning with..
A. Similar
B. Weak
C. Typical
D. Fresh
E. Nice
5. What is the type of the text above?
A. Discussion
B. Narrative
C. Explanation
D. Review
E. Hortatory exposition

29 comments:

  1. Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:
    1. Bahan Aktif.
    Bahan kimia aktif "Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES)". SLES dikenal dengan nama Cottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan ini berguna meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Bahan aktif ini mempunyai busa yang banyak dan bentuknya gel translucent (pasta).
    Selain SLES, bahan aktif lainya untuk merakit BOM adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    2. Bahan Pengisi dan Bahan Penunjang.
    Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).
    Untuk bahan penunjang bom, kita menggunakan (Na2CO3) berbentuk serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Anda tidak perlu membumbui dengan serbuk putih terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan.
    Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.

    3. Bahan Tambahan (aditif)
    Namanya juga bahan tambahan, jadi keberadaannya tidak wajib. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi sebagai anti redeposisi.

    4. Pemilihan Aroma.
    Pemilihan bahan aroma disini difungsikan sebagai pemikat para pembeli jika Anda perjual belikan, sebab suatu bom dengan aroma yang baik pasti memiliki nilai plus dan disukai pelanggan.

    5. Bahan tambahan untuk membuat bom yang kualitas istimewa:
    Extrableach: 3-10%.
    Lipozyme: 2-10%.
    Protease: 2-10%.
    Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.

    Komposisi kimia pembuatan boom:
    1. Cottoclarin/ Ultra Sles/ Texapone 5-10%
    2. LS:10%.
    3. Na2SO4 10-20%
    4. Na2CO3 35-50%
    5. STPP 5-20%
    6. Enzym AR 2-10%
    7. Kimia Aroma.

    Jika Anda kesulitan mencari alamat Toko Kimia, saya akan memberikan informasi untuk mempermudah Anda disini:
    Biasanya, untuk Texapon (Na2SO4) dan (NaCO3) masing-masing dibandroli sampai 2 Dollar (atau setara dengan Rp.25.000) oleh Bahtera Adi jaya.
    Sedangkan untuk PT Cognis yang beralamat di Cimanngis jalan raya Bogor – Depok hanya melayani partai besar.
    Di toko grosir kimia Jakarta dan Bogor menjual Texapon bubuk dan Texapon Jel masing-masing kisaran 60 ribu perkilo dan 40 ribu perkilo.
    Bahkan Texapon import Jerman dibandrol dengan harga 150 ribu perkilo oleh Nauli Kimia, Bogor.

    Peralatan yang dibutuhkan membuat bom:
    Wadah, pengaduk kayu, dan saringan bahan kimia.
    Untuk memproduksi bom dalam jumlah banyak bisa menggunakan alat POWDER MIXER.

    Berikut Langkah-langkah Membuat Boom Rakitan
    1.Cottoclarin + LAS diaduk rata.
    2. Semua Bahan bahan serbuk diaduk rata.
    3.(1) + (2) diaduk rata.
    4. (3) + Bahan Tambahan .
    5. Diayak dan dikeringkan.
    6. Semprot dengan kimia aroma.
    7. Dikemas dan siap dipasarkan.

    Sebelum dipasarkan, sebaiknya uji dulu hasil karya Anda.
    Untuk mengujinya, bisa dengan masukkan bubuk Boom kedalam rendaman cucian, atau mesin cuci.
    Jika Boom masih kurang balance dengan keinginan anda, pasti dosis kimia tertentu ada yang kelebihan atau kekurangan.
    Karena itu anda tentu tahu bagaimana cara memperbaikinya.

    Saya berharap Boom anda benar-benar booming, dan pakaian anda benar-benar bersih dari noda. Saya harap boom yang telah selesai dirakit benar-benar dahsyat meluluh lantakkan noda yang membandel di pakaian anda. Satu lagi yang paling utama, bom ini tidak melukai orang lain, tidak bisa merobohkan bangunan, dan tidak bisa dibuat jadi alat bom bunuh diri. Meski begitu, mengingat boom ini bernilai ekonomis, pasti akan cepat Meledak di pasaran...!

    Boom yang dimaksud di sini adalah DETERGEN untuk mencuci pakaian.
    Source: http://www.kaskus.co.id/thread/519da85e4f6ea17866000003/cara-membuat-bom-rakitan-sederhana-tapi-mematikan/1

    ReplyDelete
  2. Pengamat terorisme Nasir Abas mengatakan, pelaku ledakan bom Sarinah, di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat berkaitan kelompok Bahrun Naim. Menurut dia, Bahrun Naim merupakan jaringan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

    “Ini (ledakan bom di Sarinah) terkait dengan Kelompok ISIS Bahrun Naim. Kendali langsung dari Suriah,” kata Nasir saat berbincang dengan Okezone, Jumat (15/1/2016).

    Menurut dia, pola peledakan bom yang terjadi di Jakarta pada Kamis 14 Januari 2016 serupa dengan teror bom yang terjadi di Turki beberapa waktu lalu. “Memang hampir sama, gerakan ISIS mulai menunjukan dirinya,” terang dia.

    Seperti diketahui, Jakarta kembali diguncang ledakan bom yang terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Bom tersebut meledak di halaman gerai Starbucks dan Pos Polisi Jalan MH Thamrin.

    Kerusakan Pospol Sarinah

    Meski berkekuatan rendah, ledakan bom bunuh diri itu membuat tujuh orang meninggal dunia dan 24 orang lainnya mengalami luka-luka. Tak hanya ledakan, aksi baku tembak pun sempat berlangsung beberapa menit antara pelaku dan pihak kepolisian.

    Pasca kejadian ini, status siaga satu ditetapkan untuk seluruh wilayah Indonesia oleh otoritas keamanan. Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan instansi terkait untuk membongkar jaringan dibalik aksi teror tersebut.

    (fds)
    Berita Rekomendasi
    ledakan di sarinah

    LPSK Kabulkan Permohonan Tujuh Korban Bom Sarinah
    Johan Budi: Negara Luar Akui Indonesia Cepat Atasi Terorisme
    Soal Bom Sarinah, PM Hungaria Puji Respon Cepat Polisi
    Berkat Aksi Heroiknya, AKBP Untung Diganjar Penghargaan
    Orangtua Pelaku Bom Sarinah Minta Maaf

    Dian Pelaku Bom Sarinah Dimakamkan, Ibunya Terus Menangis
    Jemput Jenazah, Ayah Pelaku Bom Sarinah Minta Maaf
    Pejabat Lapas Tangerang Digarap Densus 88 soal Bom Sarinah
    Jenazah Pelaku Bom Sarinah Dimakamkan di Indramayu
    Polri Luncurkan Game Tumpas Teroris

    ReplyDelete
  3. ebenarnya cara membuat bom itu tidak terlalu rumit, hanya saja yang patut disadari adalah resiko pembuatannya. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan beberapa bisa mencederai tubuh jika terkena kontak langsung. Pada umumnya semua bahan bahan yang dibutuhkan tersedia di toko kimia, tidak terlalu sulit mendapatkannya tentu saja jika uang anda cukup untuk mempraktekkan cara membuat bom ini.

    Bom yang sesungguhnya memerlukan detonator dan potassium atau dalam kondisi tertentu timer yang bisa menentukan waktu ledakan. Tujuan bom diciptakan adalah:

    1. Menghancurkan orang lain, dan atau,
    2. Menghancurkan diri sendiri.

    Untuk kategori yang kedua kita sebut dengan bom bunuh diri.

    Jadi orang yang berkutat pada urusan bom terbagi pada dua kelompok.

    1. Penjahat. atau,
    2. Tentara.

    Difficulty:
    Easy

    Cara Membuat Bom Rakitan

    Things You Need:
    Cottoclarin. + LAS.
    Na2SO4.
    Na2CO3
    STPP .
    Enzym AR
    Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.

    Meskipun demikian, kedua tipe itu ada kesamaannya: Bekerja Untuk Menghancurkan.! Penjahat bertujuan menghancurkan peradaban (teroris), dan tentara bertujuan menghancurkan penjahat. Tentara dan penjahat adalah dua jalah hidupan yang berbeda.

    Seorang perakit bom yang canggih seringkali memadukan kualitas daya ledak dan TI. Karena itu bom yang canggih seringkali menggunakan pemicu jarak jauh, menggunakan telepon genggam dan sebagainya dan seterusnya…. Tapi Boom yang ingin kita bahas kali ini tidak memerlukan detonator, potasium dan teknologi yang tinggi lainnya. Meskipun demikian saya jamin kekuatannya luar biasa ampuh merontokkan target. (Agar tidak rancu, anda perlu melihat terminology Boom yang kami maksud di ujung posting)

    Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:

    1. Bahan Aktif.
    Bahan aktif ini merupakan inti pembuatan bom sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan.. Secara kimia, bahan ini dapat berupa Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES). SLES ini dikenal dengan namaCottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya gel translucent (pasta). Selain SLES, bahan aktif dari bom adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    2. Bahan pengisi.
    Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku pembuat boom. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).

    3. Bahan Penunjang.
    Salah satu contoh bahan penunjang bom adalah (Na2CO3) yang bentuknya serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Keberadaan bahan ini dalam bom tidak boleh terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.

    4. Bahan Tambahan (aditif)
    Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada di dalam pembuatan bom. Namun demikian, produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari produk itu sendiri. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi anti redeposisi).

    5. Pemilihan Aroma.

    ReplyDelete
  4. adalah alat perang yang dipergunakan untuk menaklukan musuh dengan maksud mematikan. Apa yang terjadi jika bom-bom tersebut dibuat namun gagal dipergunakan...

    1. Bom Kalong
    Bom Kalong - www.jurukunci.net
    Malam hari adalah waktu yang ideal untuk menyerang musuh dan Kalong adalah salah satu hewan yang biasa keluar malam hari dan tiada dicurigai oleh mush, maka diciptakanlah The Bat Bomb (Bom Kalong) oleh Amerika

    Rencana:
    Kelelawar mampu membawa beban yang cukup berat. Selain itu mereka suka menyelinap ke bangunan2, cocok untuk jadi media pembawa bom bunuh diri. Rencananya mereka akan dibawa dengan kotak, dijatuhkan dengan pesawat B-29, lepas, dan saat subuh akan menyelinap ke bangunan musuh. Waktu musuh mau gosok gigi ucapkan "Good bye"

    Masalah:
    Bom Kalong - www.jurukunci.net
    Masalah muncul waktu sebagian kelelawar lepas tanpa sengaja dan menyelinap ke markas Angkatan Udara AS, jadi yah... pangkalannya meleduk habis. Tapi hey, itu pertanda rencananya sukses! Tapi setelah menghabiskan dana miliaran dolar, proyek batal. Kelelawarnya terlalu random, tidak bisa diprediksi bakal lari kemana, dan ilmuwan di Proyek Manhattan sudah mulai membicarakan bom gila yang senilai jutaan kelelawar

    2. Bom Drum/Panjandrum Besar
    Bom Drum/Panjandrum Besar - www.jurukunci.net
    Pertahanan musuh memang susah mau ditembus, sejak jaman pakai onager sampai meriam. Musuh ngeyel membangun benteng dari bahan keras dan selalu diperbaiki, bikin tambah frustasi
    Jadi gimana? Dibuatlah Panjandrum jawaban atas: "Gimana sih caranya bikin bom tambah bahaya?"

    Rencana:
    Bom Drum/Panjandrum Besar - www.jurukunci.net
    Jadi, gimana mau bikin lubang segede tank di dinding beton? Pihak Angkatan Laut Inggris membuat tong yang dipasangi roda. Supaya rodanya jalan, dipasangilah roket2 di berbagai bagian, supaya waktu roketnya nyala bomnya maju kedepan sekitar 60mph, modelnya kayak gini nih..

    Masalah:
    Bom Drum/Panjandrum Besar - www.jurukunci.net
    Masalah muncul waktu roketnya mulai meledak dan mental kemana-mana. Setelah berbagai uji coba, nambahin roket dll, jadinya malah nyemplung ke laut:
    Setelah berbagai test lagi, prototype terakhir selesai. Tapi waktu tes jumlah roket yang bertambah (supaya lebih stabil) malah bikin tambah runyam. Roket yang mental tambah banyak, dan bikin jendral kucar kacir sampai tuh tong akhirnya meleduk sendiri...

    3. Bom Merpati Project Orcon
    Bom Merpati Project Orcon - www.jurukunci.net
    Era PDII memang bikin kesal. Banyak target gagal kebom karena misilnya kena jam duluan. Jadinya duit habis target selamat. Kesal dengan itu, dimulailah Proyek Orcon

    Rencana:
    Bom Merpati Project Orcon - www.jurukunci.net
    BF Skinner memberikan ide cemerlang: taruh burung merpati di misilnya, dan pasang layar didalam situ. Tiap kali kena jam, si burung akan membelokkan misil ke jalan yang benar, target pasti meleduk, dengan hadiah burung panggang. Makan tuh!

    ReplyDelete
  5. - Terjadinya ledakan bom di depan Gedung Sarinah membuat sejumlah pusat perbelanjaan (mal) di ibukota meningkatkan keamanannya ke level siaga 1. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan ‎para pengunjung mal.
    – Pukul 11.44 WIB: Kapolda Metro Jaya memimpin penyisiran di Gedung Cakrawala dan memerintahkan agar setiap orang yang ada di tiap lantai gedung itu diperiksa dan membuka baju.

    – Pukul 11.52 WIB: Petugas yang berada di lantai atas Gedung Cakrawala kembali mengeluarkan beberapa kali tembakan. Saat itu para petugas gabungan masih melakukan penyisiran di Gd. Cakrawala dan melarang semua warga sipil mendekat ke TKP.

    – Pukul 13.00 WIB: Rombongan Panglima TNI, Pangdam Jaya dan Waka Polri tiba di lokasi.

    – Pukul 13.15 WIB: Tim Inafis PMJ melakukan olah tempat kejadian perkara di pos polantas MH Thamrin dan Starbucks Gedung Cakrawala.

    – Pukul 14.00 WIB: Hasil penyisiran terhadap orang-orang yang berada di dalam Gedung Cakrawala, setelah didata dan diperiksa oleh petugas kepolisian, selanjutnya mereka diperbolehkan pulang.
    Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja ‎Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan semua mal di Jakarta untuk meningkatkan keamanan menyusul insiden ini.

    "Saya sudah minta ke semua anggota (mal) untuk siaga 1, memperketat semua keamanan. Untuk mal besar, sudah ada perangkat keamanan dengan boom check dan lain-lain," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

    Selain menyiagakan petugas keamanan berseragam, lanjut Ellen, mal juga langsung menerjunkan petugas Kita juga sudah berlapis, kita juga ada petugas-petugas yang ‎pakai baju preman, yang ikut bersama dengan pengunjung. Kita harap berikan keamanan dan kenyamanan sehingga mereka tidak khawatir," kata dia.

    Meski demikian, Ellen memastikan belum ada instruksi kepada pengelola mal tidak menutup sementara operasional malnya pada hari ini. Hanya saja mal diwajibkan untuk meningkatkan pengamanan.

    ‎"Tidak menutup, hanya siaga 1 di semua wilayah. Dampak pengunjungnya kita belum tahu," ungkap dia.

    Selain itu, dia juga meminta para pengunjung untuk selalu waspada ketika‎ berada di dalam mal dan melaporkan jika menemukan hal yang mencurigakan kepada pihak keamanan.

    Ellen juga meminta pengunjung mal untuk mengikuti semua prosedur pengamanan yang diberlakukan pengelola mal.

    "Kalau ada proses bom check harap diikuti, karena itu merupakan SOP dari semua mal, ini saya lihat suatu kecolongan, tapi saya serahkan ke pihak berwenang untuk menangani, karena ini kan kawasan ring 1 Indonesia," tandasnya.(Dny/Nrm) JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya merilis kronologi serangan bom dan tembakan di sekitar gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

    “Pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2016 pukul 10.30 telah terjadi ledakan yang diduga bom di pos lantas lampu merah TL Sarinah dan terjadi aksi saling tembak antara petugas kepolisian dan kelompok teroris di halaman Starbuck Gedung Cakrawala,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis malam.

    Iqbal mengatakan, saksi kejadian itu adalah seorang petugas keamanan Gedung Sarinah. Namun Iqbal tidak mengungkap identitas satpam tersebut.

    – Pukul 10.30 WIB: Enam orang memakai ransel ingin masuk ke Gedung Sarinah dan setelah dilakukan penggeledehan diperkirakan mereka membawa bom.

    Keenam orang itu kemudian dibawa ke pos polisi di lampu merah perempatan Sarinah. Di situlah tiga orang di antaranya meledakkann diri. Sementara tiga orang lainnya melarikan diri ke dalam Starbucks Coffee di Gedung Cakrawala.

    – Pukul 11.40 WIB: Terjadi baku tembak antara polisi dengan para teroris. Setelah situasi diperkiraka aman, petugas gabungan menyisir Gedeng Cakrawala dan sekitarnya untuk membersihkan serta memastikan apakah masih ada bom atau teroris yang bersembunyi di dalam gedung itu. biasa. Petugas ini ditugaskan untuk memantau konsidi di sekitar mal.

    ReplyDelete
  6. Bom berkekuatan 15 kiloton TNT itu mengakibatkan 90 persen kota itu rata dengan tanah. Namun, setelah kota itu dibangun kembali, sulit membayangkan skala kehancurannya saat itu. (Baca juga: Jangan Pernah Lagi Ada Bom Atom di Dunia)

    Bagaimana jika bom Little Boy itu dijatuhkan di sebuah kota dunia hari ini? Bagaimana tingkat kehancuran yang bisa diakibatkan Little Boy?

    Sejarawan nuklir Alex Wellerstein menciptakan sebuah situs bernama Nuclearsecrecy.com yang menyediakan aplikasi yang menunjukkan gambaran tentang seberapa besar skala kehancuran jika sebuah bom atom, dalam hal ini Little Boy, dijatuhkan di sebuah kota.

    Dalam peta yang muncul di situs tersebut terdapat lima zona radius terdampak yang diberi warna berbeda untuk memperjelas berbagai efek dari bom atom yang dijatuhkan di sebuah kota.

    Pusat ledakan disebut "zona bola api" adalah daerah paling parah terdampak, yaitu dengan luas sekitar 0,1 kilometer persegi. Kawasan selanjutnya adalah "zona ledakan" yang mencakup daerah seluas 0,36 kilometer persegi di mana hampir semua orang tewas dan sebagian besar bangunan hancur.

    Zona selanjutnya adalah "zona radiasi" yang bisa mencakup wilayah seluas 4,51 kilometer persegi. Di zona ini, 50-90 persen korban ledakan akan tewas tanpa perawatan yang tepat dalam beberapa hari atau pekan setelah bom dijatuhkan.

    Daerah terdampak selanjutnya adalah "zona ledakan udara" yang menghancurkan sebagian besar bangunan dan jumlah korban tewas masih cukup banyak di kawasan seluas 8,7 kilometer persegi.

    Kawasan bahaya terakhir adalah "zona radiasi panas" yang mengakibatkan semua yang tinggal dalam area seluas 11,4 kilometer persegi akan menderita luka bakar tingkat tiga yang berpotensi meninggalkan cacat hingga amputasi.

    Bom atom di Jakarta

    www.nuclearsecrecy.com Ilustrasi wilayah terdampak bom jika bom atom dijatuh kan di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta.
    Untuk mengetahui dampak bom atom ini, maka Kompas.com mencoba aplikasi Nukemap ini dengan memilih Jakarta sebagai sasaran bom atom dengan kekuatan 15 kiloton seperti yang dijatuhkan di Hiroshima.

    Situs ini memilih kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas) sebagai pusat jatuhnya bom atom. Jika bom jatuh di Monas maka dipastikan hampir 100 persen warga di sekitar tempat itu tewas dan berbagai bangunan hancur luluh.

    Bencana belum berakhir karena ledakan udara dengan kekuatan 20 psi akan mengakibatkan bangunan-bangunan besar yang terbuat dari beton dalam radius 1,5 kilometer hancur atau rusak berat dan jumlah korban tewas hampir 100 persen.

    Setelah ledakan berakhir dan bola api padam, lalu muncul radiasi nuklir berkekuatan 500 rem yang menyebar dalam radius 1,42 kilometer.

    Artinya, warga yang berada di sekitar Jl Thamrin, kawasan Tanah Abang, Kebon Sirih, Senen, dan Pejambon akan terpapar radiasi. Bahkan, jika ditambah embusan angin maka kawasan yang terpapar radiasi bisa mencapai kawasan sekitar Bundaran HI hingga sebagian wilayah Jakarta Utara.

    Paparan radiasi ini akan mengakibatkan 50-90 persen korban tewas dalam hitungan jam hingga pekan jika tak menerima perawatan yang tepat. Korban tewas akibat radiasi ini bisa mencapai ratusan ribu orang lagi.

    Di radius 10,9 kilometer dari pusat ledakan, sebagian besar permukiman warga hancur dan korban tewas masih ditemukan. Sementara di kawasan dengan radius 1,91 kilometer dari pusat ledakan, korban tewas tidak terlalu banyak. Namun, mereka menderita luka bakar tingkat tiga yang bisa berujung cacat atau amputasi.

    Lalu berapa korban tewas jika bom atom Hiroshima dijatuhkan di Jakarta? Menurut situs ini, jumlah korban tewas seketika mencapai 166.970 orang dan 379.820 orang lainnya terluka.

    Padahal, bom atom saat ini berkekuatan puluhan kali lebih kuat dibanding bom Little Boy di Hiroshima. Bahkan, bom atom terbesar yang pernah dibuat Uni Soviet memiliki kekuatan 100 megaton. Jika bom ini dijatuhkan di Jakarta maka lebih dari 11 juta orang tewas, 12 juta orang terluka, dan dampak radiasi mencapai Pandeglang, Banten, dan Sukabumi, Jawa Barat.

    ReplyDelete
  7. 1. Senjata nuklir
    Sebuah senjata yang dimana mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusanah yang dahsyat. Sebut saja bom nuklir yang mampu meluluh lantakkan kora Hiroshima dan Nagasaki. Waktu itu bobot nuklir yang dijatuhkan amerika serikat pada masa perang dunia II adalah 20 kilo (ribuan) ton TNT, Sedangkan bom nuklir sekarang memiliki daya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT.

    2. Perang nuklir
    Pada masa ini(masa modern) negara berlomba-lomba mengembangkan senjata yang mematikan yaitu bom nulklir. Bayangkan saja jumlah energi yang dilepaskan oleh pembelahan bom dapat berkisar dari sekitar satu ton TNT ke sekitar 500.000 ton (500 kilotons) dari TNT. Jika negara pembuat bom nuklir sebut saja Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan terjadi sebuah perselisihan atau pertikain dan akhirnya perang besar-besaran dengan menggunakan bom nuklir masihkah umat ada populasi manusia dibumi ini ?

    3. Dampak radiasi nuklir
    Akan sangat berbahaya jika tubuh manusia terkena paparan radiasi nuklir. Efek mengerikan dari nuklir diantaranya yaitu :
    Efek paparan radioaktif akan membuat rambut menghilang dengan cepat bila terkena radiasi di 200 Rems atau lebih. Rems adalah merupakan satuan dari kekuatan radioaktif.
    Sel-sel otak akan rusak secara langsung bila terkena radiasi berkekuatan 5000 Rems atau lebih. Seperti juga halnya jantung, radiasi membunuh sel-sel saraf dan pembuluh darah dan dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak.
    Dalam beberapa jumlah tertentu, yodium radioaktif dapat menghancurkan sebagian atau seluruh bagian teroid.
    Ketika seseorang terkena radiasi sekitar 100 Rems, jumlah limfosit darah akan mulai berkurang, sehingga korban lebih rentan terhadap infeksi. Gejala awal itu mirip seperti penyakit flu. Menurut dari data saat terjadi ledakan Nagasaki dan Hiroshima, menunjukan gejala yang dapat bertahan selama sepuluh tahun dan mungkin memiliki risiko jangka panjang seperti leukimia dan limfoma.
    Jika seseorang terkena dampak radiasi berkekuatan 1000 sampai 5000 Rems akan mengakibatkan kerusakan langsung pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak.
    Radiasi dengan kekuatan 200 Rems maka akan menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran usus dan dapat menyebabkan mual, muntah dan diare berdarah.
    Radiasi akan merusak saluran reproduksi cukup dengan kekuatan di bawah 200 Rems. Dalam beberapa jangka waktu panjang, korban radiasi nuklir akan mengalami kemandulan.

    ReplyDelete


  8. Home
    Bisnis
    Ekonomi

    Dampak Ledakan di Sarinah Terhadap Ekonomi

    By Agustina Melani

    on 14 Jan 2016 at 19:34 WIB
    1.5kShares
    /

    Facebook
    Twitter
    Google+
    Email
    Copy Link

    Petugas dan warga mencoba mendekati korban yang tergelatak di dekat pos polisi di depan Mal Sarinah, Jakarta, akibat sebuah ledakan, Kamis (14/1). Lalu lintas di Jalan MH Thamrin dekat lokasi kejadian menjadi sepi. (twitter.com/agung_budiono)
    Petugas dan warga mencoba mendekati korban yang tergelatak di dekat pos polisi di depan Mal Sarinah, Jakarta, akibat sebuah ledakan, Kamis (14/1). Lalu lintas di Jalan MH Thamrin dekat lokasi kejadian menjadi sepi. (twitter.com/agung_budiono)

    Liputan6.com, Jakarta -

    ReplyDelete
  9. 1. BOM CLUSTER
    Bom cluster atau bom tandan atau bom curah adalah bom yang memiliki mekanisme unik dimana setelah diluncurkan dari pesawat tempur atau bomber, bom akan pecah menjadi ratusan bom kecil berupa kaleng. Pada awalnya bom ini diciptakan untuk menghancurkan landasan pacu pangkalan udara, membubarkan konsentrasi pasukan darat yang sedang berkonvoi.
    Diproduksi dengan berbagai nama CBU/Cluster Bomb Units (Amerika Serikat), Belouga (Perancis), Excalibur (Amerika Serikat). Bom ini digunakan dalam perang Iraq, Afganistan dan perang arab-israel.2. BOM NAPALM
    Banyak negara protes saat Indonesia menggunakan bom napalm dalam operasi Seroja di Timor-Timur tahun 70-an, tapi dalam skala yang lebih besar AS menggunakan bom ini dalam konflik di Vietnam serta Israel dalam perang Yom Kippur, namun tidak banyak negara yang protes.
    Secara teknis napalm adalah bom bakar yang berisi zat kimia berbentuk pasta tertentu yang akan terbakar begitu bom pecah di darat. Pasta cair akan menyebarkan nyala api ke berbagai arah dan bom ini sangat efektif untuk menghancurkan pasukan darat yang bersembuni di parit-parit atau hutan.3. GAS VX
    Dapat menyerang sistem syaraf pusat. Bahan kimia ini dianggap 100 kali lebih beracun melalui sentuhan terhadap kulit daripada syaraf dan dua kali lebih berbahaya melalui pernafasan.
    VX dapat menyebabkan kematian beberapa menit setelah terkena. Bahan kimia itu mematikan dengan menyerang ototyang dikendalikan dalam keadaan aktif sehingga otot lelah dan tidak dapat bernafas lagi4. DU (DEPLETED URANIUM)
    Peluru depleted uranium adalah jenis peluru yang dikembangkan dari limbah Uranium hasil pelucutan bom nuklir. Secara harafiah depleted uranium berarti uranium yang dilemahkan radiasinya.
    Peluru ini sangat handal dan menjadi standar senjata meriam gatling GAU-8 Avenger yang dibawa pesawat A-10 serta canon bushmaster pada APC Bradley. DU juga digunakan untuk membuat inti peluru pada tank Abrams. Efektifitas senjata ini mampu menembus bahan baja tank yang sangat tebal dan ini terbukti pada perang Iraq dimana ratusan tank Iraq menjadi korban senjata ini.
    Yang menjadikan senjata ini kontroversial adalah kandungan uranium yang ternyata menurut penelitian masih memancarkan radiasi dalam tingkatan yang membahayakan manusia.
    Ini tebukti pada kasus di bosnia saat beberapa tentara Itali menderita leukemia beberapa hari setelah menggunakan peluru tersebut. Di Iraq, tank-tank yang hancur terkena peluru ini ternyata memancarkan radiasi yang membuat tank-tank rongsokan tersebut tidak aman untuk didekati.

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya cara membuat bom itu tidak terlalu rumit, hanya saja yang patut disadari adalah resiko pembuatannya. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan beberapa bisa mencederai tubuh jika terkena kontak langsung. Pada umumnya semua bahan bahan yang dibutuhkan tersedia di toko kimia, tidak terlalu sulit mendapatkannya tentu saja jika uang anda cukup untuk mempraktekkan cara membuat bom ini.

    Bom yang sesungguhnya memerlukan detonator dan potassium atau dalam kondisi tertentu timer yang bisa menentukan waktu ledakan. Tujuan bom diciptakan adalah:

    1. Menghancurkan orang lain, dan atau,
    2. Menghancurkan diri sendiri.

    Untuk kategori yang kedua kita sebut dengan bom bunuh diri.

    Jadi orang yang berkutat pada urusan bom terbagi pada dua kelompok.

    1. Penjahat. atau,
    2. Tentara.Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:

    1. Bahan Aktif.
    Bahan aktif ini merupakan inti pembuatan bom sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan.. Secara kimia, bahan ini dapat berupa Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES). SLES ini dikenal dengan namaCottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya gel translucent (pasta). Selain SLES, bahan aktif dari bom adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    2. Bahan pengisi.
    Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku pembuat boom. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).

    3. Bahan Penunjang.
    Salah satu contoh bahan penunjang bom adalah (Na2CO3) yang bentuknya serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Keberadaan bahan ini dalam bom tidak boleh terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.

    4. Bahan Tambahan (aditif)
    Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada di dalam pembuatan bom. Namun demikian, produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari produk itu sendiri. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi anti redeposisi).

    ReplyDelete


  11. Entah siapa yang melakukan, pasti tindakan tersebut bermuatan sebuah PESAN penting. Terlalu dini jika pesan itu dikaitkan dengan kotanya Jokowi yang sedang berlaga jadi calon gubernur ibukota. Namun, agak berlebihan pula jika mengaitkan dengan ‘jaringan teroris Solo’, yakni sebutan untuk Islamis garis keras di sekitar Kota Bengawan.

    Untuk menyebut insiden tersebut sebagai eksperimen keamanan, atau proyek keamanan, tentu akan dibolehkan, mengingat tidak jelasnya informasi. Apalagi, selama ini, saya kerap mencium ada gelagat sebagian kecil oknum aparat bereksperimen agak giat.

    Pada perkara bom bunuh diri di Gereja Kepunton, beberapa bulan silam, pun tidak terlalu gamblang penjelasannya. Saya sendiri, cenderung mudah berprasangka lantaran rajin pula mengira-ira sebuah pola pada sejumlah perkara.

    Secara pribadi (tentu sangat sumir karena tak mampu tunjukkan argumen memadai, apalagi bukti petunjuk), saya menganggap apa yang terjadi di Gladag, pada malam takbiran itu, bersumber dari sebuah petasan yang dilempar. Entah siapa pelemparnya, dan untuk tujuan apa, hanya pelaku, dalang, dan Tuhan yang tahu persisnya.

    Saya menduga, hingga sekian bulan ke depan, tak akan ada kejelasan penyelesaiannya. Yang standar: kesulitan mencari barang bukti dan identitas pelaku karena peristiwa berlangsung sangat cepat. Itu juga berlaku untuk perkara penembakan oleh seseorang pemegang senjata yang diduga berjenis FN ke arah petuas jaga di posko mudik polisi di Gemblegan, Sabtu dinihari (sekira pukul 01.30?) yang mengakibatkan dua petugas terluka.

    Apakah makna pesan yang dikirim pelakunya (apalagi jika pelakunya sama) sejatinya ingin mengatakan ‘Solo tak aman’? Kita tidak tahu juga. Kita pun tak mudah menghubungkan peristiwa itu dengan menafsirkan secara sembarangan atas pernyataan Fauzi Bowo, yang menyatakan ‘Jakarta aman selama perayaan lebaran’.

    Saya, dan kita semua, tidak boleh mengembangkan pola tak ilmiah, yakni othak-athik gathuk alias menghubung-hubungkan satu dengan lain peristiwa saling berhubungan.

    Tapi, penyebutan petasan oleh orang yang melihat di lapangan, lantas penyebutan granat berdaya ledak rendah hingga penyebutan sebagai bom oleh presiden, harus segera dijelaskan. Kita tak boleh membiarkan rumor, sebab itu berpotensi fitnah, yang merugikan orang/pihak lain.

    Selamat merayakan Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin, jika tulisan di atas ngacau…

    Updated, 21 Agt, pk 06.41:

    Dalam pelaporan peristiwa seperti di atas, penulis selalu mendasarkan petunjuk di lapangan sebagai acuan utama, dilengkapi data-data yang dihimpun dari saksi (mata) yang relevan.

    Satu hal yang membuat saya sering merasa terganggu adalah kecenderungan wartawan sekarang menerima begiu saja keterangan resmi. Kurang kritis menyodorkan petunjuk dari lapangan, dan meminta konfirmasi untuk menguji temuan.

    Karena kelemahan itu pula, siapapun yang igij bereksperimen menjadi mudah mengarahkan agenda atau isu tertentu, sesuai kepentingan mereka. Demikian.

    Related posts:

    Polisi dan Rasa Aman
    Bom Solo Siapa Punya
    Jangan Rebut Jokowi
    Car Free Night
    Politisasi Kata Solo

    POSTED IN: Catatan Blontank Poer
    TAGGED: bom malam takbiran • bom Solo • granat • jokowi

    ReplyDelete
  12. Serangan di Sarinah merupakan serangan pertama setelah Bom Jakarta 2009 yang menewaskan 9 orang termasuk dua pelaku yang merupakan anggota Jemaah Islamiyah.[8] Jemaah Serangan Jakarta 2016 merupakan serentetan peristiwa berupa sedikitnya enam ledakan, dan juga penembakan di daerah sekitar Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia pada tanggal 14 Januari 2016.[2][3] Ledakan terjadi di dua tempat, yakni daerah tempat parkir Menara Cakrawala, gedung sebelah utara Sarinah, dan sebuah pos polisi di depan gedung tersebut.[4] Sedikitnya delapan orang (empat pelaku penyerangan dan empat warga sipil) dilaporkan tewas dan 24 lainnya luka-luka akibat serangan ini.[5][2] Tujuh orang terlibat sebagai pelaku penyerangan, dan organisasi Negara Islam Irak dan Syam mengklaim bertanggung jawab sebagai pelaku penyerangan.[1][6][7]
    Walaupun Indonesia jauh dari Timur Tengah, namun negara ini sudah sering mengalami serangkaian aksi terorisme yang menewaskan lebih dari seratusan orang.[8]
    Islamiyah sendiri merupakan organisasi terorisme di bawah al-Qaeda yang bertujuan menyatukan Indonesia, Malaysia, dan wilayah selatan Filipina ke dalam sebuah negara Islam.[9][10]
    Sejak kasus Bom Bali I pada tahun 2002, Indonesia mulai melangkah lebih maju untuk memberantas aksi terorisme Indonesia. Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia mengesahkan Undang-undang nomor 15 tahun 2003 tentang Terorisme.[11] Sebuah badan yang khusus memberantas aksi terorisme dibentuk pada tahun 2010 dengan nama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.
    Menurut juru bicara Kepolisian Republik Indonesia, kepolisian menerima informasi pada bulan November 2015 bahwa Negara Islam Irak dan Syam memberi sinyal akan menyerang Indonesia.[8] Hal ini dikuatkan oleh laporan dari Institute for Policy Analysis of Conflict, lembaga kajian konflik di Indonesia asal Jakarta, bahwa sedikitnya ada 50 Warga Negara Indonesia yang pergi secara diam-diam ke Suriah untuk bergabung dengan organisasi NIIS.[12]
    Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu mengatakan pemerintah sejak satu atau dua bulan yang lalu sudah menemukan informasi mengenai potensi serangan teror di kawasan Senayan dan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Kawasan tersebut berdekatan dengan lokasi ledakan bom Sarinah di persimpangan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Ryamizard mengatakan, Badan Intelijen Negara juga sudah memberikan laporan soal potensi serangan tersebut. Ia mengakui pelaku penyerangan memanfaatkan kelemahan aparat.[13]
    Serangan dimulai pada 14 Januari 2016 pukul 10.40 WIB, ketika serangkaian ledakan mengguncang persimpangan Sarinah, Jakarta Pusat.[14] Menurut juru bicara Kepolisian Republik Indonesia, pelaku serangan yang tidak diketahui jumlahnya ini membawa granat dan senjata api.[8] Menurut laporan sejumlah media, terdapat 7 orang yang menjadi pelaku serangan.[15]
    Serangan dimulai ketika sebuah ledakan terjadi di tempat parkir Menara Cakrawala, di depan gerai Starbucks persimpangan Sarinah pada pukul 10.40 WIB.[16] Tiga ledakan berikutnya terjadi di sebuah pos polisi tepat di persimpangan Sarinah, menewaskan satu warga sipil.[16][17] Sementara dua ledakan lainnya terjadi di dalam gerai Starbucks, menewaskan satu warga sipil

    ReplyDelete
  13. bahwa terjadi Slipi, dan laporan tersebut ditemukan sebagai pemberitaan palsu.[18] lainnya. Setelah ledakan tersebut, beberapa laporan menyebutkan tiga ledakan di daerah lain, yakni Cikini,
    Setelah ledakan-ledakan tersebutKuningan, namun
    , polisi mencoba menyergap beberapa pelaku serangan. Suara tembakan antara pelaku dan polisi terdengar dari dalam Menara Cakrawala.[19] Dilaporkan, polisi menembak mati tiga pelaku serangan, dan dua pelaku ditangkap, sementara pelaku-pelaku lainnya tewas dalam melakukan ledakan bunuh diri.[20][21]
    Akibat terjadinya serangan di persimpangan Sarinah, Starbucks menutup seluruh gerainya yang berada di Jakarta.[23] Selain itu, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika sempat anjlok akibat peristiwa ini.[24] Pengamanan kawasan vital di seluruh Jakarta ditingkatkan setelah peristiwa ini, seperti Gedung DPR/MPR dan gedung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.[25] Pengamanan di provinsi lain di Indonesia seperti Jawa Barat, JaDalam pemberitaan awal, polisi menyebutkan bahwa hanya tujuh korban jiwa dalam serangan tersebut, di mana lima orang di
    Anggota kepolisian turut menjadi korban penembakan pelaku. Seorang wartawan foto berhasil memfoto saat 2 orang pelaku serangan muncul dari keramaian dan mulai menembaki beberapa anggota kepolisian dari jarak yang sangat dekat.[22] antaranya merupakan pelaku serangan dan dua orang lainnya merupakan korban penembakan dan ledakan,[32] namun kemudian bertambah dengan meninggalnya Rais, salah satu petugas keamanan gedung yang terkena tembakan.[33][31] Kemudian salah satu korban dinyatakan bukan sebagai pelaku, sehingga terdapat empat pelaku tewas dan tiga korban warga Indonesia, dan satu korban Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat - sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran - semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.Pada masa itu daya ledak bom nuklir yg dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 kilo(ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT
    Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan. Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak

    ReplyDelete
  14. Serangan di Sarinah merupakan serangan pertama setelah Bom Jakarta 2009 yang menewaskan 9 orang termasuk dua pelaku yang merupakan anggota Jemaah Islamiyah.[8] Jemaah Serangan Jakarta 2016 merupakan serentetan peristiwa berupa sedikitnya enam ledakan, dan juga penembakan di daerah sekitar Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia pada tanggal 14 Januari 2016.[2][3] Ledakan terjadi di dua tempat, yakni daerah tempat parkir Menara Cakrawala, gedung sebelah utara Sarinah, dan sebuah pos polisi di depan gedung tersebut.[4] Sedikitnya delapan orang (empat pelaku penyerangan dan empat warga sipil) dilaporkan tewas dan 24 lainnya luka-luka akibat serangan ini.[5][2] Tujuh orang terlibat sebagai pelaku penyerangan, dan organisasi Negara Islam Irak dan Syam mengklaim bertanggung jawab sebagai pelaku penyerangan.[1][6][7]
    Walaupun Indonesia jauh dari Timur Tengah, namun negara ini sudah sering mengalami serangkaian aksi terorisme yang menewaskan lebih dari seratusan orang.[8]
    Islamiyah sendiri merupakan organisasi terorisme di bawah al-Qaeda yang bertujuan menyatukan Indonesia, Malaysia, dan wilayah selatan Filipina ke dalam sebuah negara Islam.[9][10]
    Sejak kasus Bom Bali I pada tahun 2002, Indonesia mulai melangkah lebih maju untuk memberantas aksi terorisme Indonesia. Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia mengesahkan Undang-undang nomor 15 tahun 2003 tentang Terorisme.[11] Sebuah badan yang khusus memberantas aksi terorisme dibentuk pada tahun 2010 dengan nama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.
    Menurut juru bicara Kepolisian Republik Indonesia, kepolisian menerima informasi pada bulan November 2015 bahwa Negara Islam Irak dan Syam memberi sinyal akan menyerang Indonesia.[8] Hal ini dikuatkan oleh laporan dari Institute for Policy Analysis of Conflict, lembaga kajian konflik di Indonesia asal Jakarta, bahwa sedikitnya ada 50 Warga Negara Indonesia yang pergi secara diam-diam ke Suriah untuk bergabung dengan organisasi NIIS.[12]
    Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu mengatakan pemerintah sejak satu atau dua bulan yang lalu sudah menemukan informasi mengenai potensi serangan teror di kawasan Senayan dan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Kawasan tersebut berdekatan dengan lokasi ledakan bom Sarinah di persimpangan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Ryamizard mengatakan, Badan Intelijen Negara juga sudah memberikan laporan soal potensi serangan tersebut. Ia mengakui pelaku penyerangan memanfaatkan kelemahan aparat.[13]
    Serangan dimulai pada 14 Januari 2016 pukul 10.40 WIB, ketika serangkaian ledakan mengguncang persimpangan Sarinah, Jakarta Pusat.[14] Menurut juru bicara Kepolisian Republik Indonesia, pelaku serangan yang tidak diketahui jumlahnya ini membawa granat dan senjata api.[8] Menurut laporan sejumlah media, terdapat 7 orang yang menjadi pelaku serangan.[15]
    Serangan dimulai ketika sebuah ledakan terjadi di tempat parkir Menara Cakrawala, di depan gerai Starbucks persimpangan Sarinah pada pukul 10.40 WIB.[16] Tiga ledakan berikutnya terjadi di sebuah pos polisi tepat di persimpangan Sarinah, menewaskan satu warga sipil.[16][17] Sementara dua ledakan lainnya terjadi di dalam gerai Starbucks, menewaskan satu warga sipi

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya cara membuat bom itu tidak terlalu rumit, hanya saja yang patut disadari adalah resiko pembuatannya. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan beberapa bisa mencederai tubuh jika terkena kontak langsung. Pada umumnya semua bahan bahan yang dibutuhkan tersedia di toko kimia, tidak terlalu sulit mendapatkannya tentu saja jika uang anda cukup untuk mempraktekkan cara membuat bom ini.

    Bom yang sesungguhnya memerlukan detonator dan potassium atau dalam kondisi tertentu timer yang bisa menentukan waktu ledakan. Tujuan bom diciptakan adalah:

    1. Menghancurkan orang lain, dan atau,
    2. Menghancurkan diri sendiri.

    Untuk kategori yang kedua kita sebut dengan bom bunuh diri.

    Jadi orang yang berkutat pada urusan bom terbagi pada dua kelompok.

    1. Penjahat. atau,
    2. Tentara.Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:

    1. Bahan Aktif.
    Bahan aktif ini merupakan inti pembuatan bom sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan.. Secara kimia, bahan ini dapat berupa Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES). SLES ini dikenal dengan namaCottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya gel translucent (pasta). Selain SLES, bahan aktif dari bom adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    2. Bahan pengisi.
    Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku pembuat boom. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4)

    ReplyDelete
  16. 1. BOM CLUSTER
    Bom cluster atau bom tandan atau bom curah adalah bom yang memiliki mekanisme unik dimana setelah diluncurkan dari pesawat tempur atau bomber, bom akan pecah menjadi ratusan bom kecil berupa kaleng. Pada awalnya bom ini diciptakan untuk menghancurkan landasan pacu pangkalan udara, membubarkan konsentrasi pasukan darat yang sedang berkonvoi.
    Diproduksi dengan berbagai nama CBU/Cluster Bomb Units (Amerika Serikat), Belouga (Perancis), Excalibur (Amerika Serikat). Bom ini digunakan dalam perang Iraq, Afganistan dan perang arab-israel.2. BOM NAPALM
    Banyak negara protes saat Indonesia menggunakan bom napalm dalam operasi Seroja di Timor-Timur tahun 70-an, tapi dalam skala yang lebih besar AS menggunakan bom ini dalam konflik di Vietnam serta Israel dalam perang Yom Kippur, namun tidak banyak negara yang protes.
    Secara teknis napalm adalah bom bakar yang berisi zat kimia berbentuk pasta tertentu yang akan terbakar begitu bom pecah di darat. Pasta cair akan menyebarkan nyala api ke berbagai arah dan bom ini sangat efektif untuk menghancurkan pasukan darat yang bersembuni di parit-parit atau hutan.3. GAS VX
    Dapat menyerang sistem syaraf pusat. Bahan kimia ini dianggap 100 kali lebih beracun melalui sentuhan terhadap kulit daripada syaraf dan dua kali lebih berbahaya melalui pernafasan.
    VX dapat menyebabkan kematian beberapa menit setelah terkena. Bahan kimia itu mematikan dengan menyerang ototyang dikendalikan dalam keadaan aktif sehingga otot lelah dan tidak dapat bernafas lagi4. DU (DEPLETED URANIUM)
    Peluru depleted uranium adalah jenis peluru yang dikembangkan dari limbah Uranium hasil pelucutan bom nuklir. Secara harafiah depleted uranium berarti uranium yang dilemahkan radiasinya.
    Peluru ini sangat handal dan menjadi standar senjata meriam gatling GAU-8 Avenger yang dibawa pesawat A-10 serta canon bushmaster pada APC Bradley. DU juga digunakan untuk membuat inti peluru pada tank Abrams. Efektifitas senjata ini mampu menembus bahan baja tank yang sangat tebal dan ini terbukti pada perang Iraq dimana ratusan tank Iraq menjadi korban senjata ini.
    Yang menjadikan senjata ini kontroversial adalah kandungan uranium yang ternyata menurut penelitian masih memancarkan radiasi dalam tingkatan yang membahayakan manusia.
    Ini tebukti pada kasus di bosnia saat beberapa tentara Itali menderita leukemia beberapa hari setelah menggunakan peluru tersebut. Di Iraq, tank-tank yang hancur terkena peluru ini ternyata memancarkan radiasi yang membuat tank-tank rongsokan tersebut tidak aman untuk didekati

    ReplyDelete
  17. 1. Senjata nuklir
    Sebuah senjata yang dimana mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusanah yang dahsyat. Sebut saja bom nuklir yang mampu meluluh lantakkan kora Hiroshima dan Nagasaki. Waktu itu bobot nuklir yang dijatuhkan amerika serikat pada masa perang dunia II adalah 20 kilo (ribuan) ton TNT, Sedangkan bom nuklir sekarang memiliki daya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT.

    2. Perang nuklir
    Pada masa ini(masa modern) negara berlomba-lomba mengembangkan senjata yang mematikan yaitu bom nulklir. Bayangkan saja jumlah energi yang dilepaskan oleh pembelahan bom dapat berkisar dari sekitar satu ton TNT ke sekitar 500.000 ton (500 kilotons) dari TNT. Jika negara pembuat bom nuklir sebut saja Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan terjadi sebuah perselisihan atau pertikain dan akhirnya perang besar-besaran dengan menggunakan bom nuklir masihkah umat ada populasi manusia dibumi ini ?

    3. Dampak radiasi nuklir
    Akan sangat berbahaya jika tubuh manusia terkena paparan radiasi nuklir. Efek mengerikan dari nuklir diantaranya yaitu :
    Efek paparan radioaktif akan membuat rambut menghilang dengan cepat bila terkena radiasi di 200 Rems atau lebih. Rems adalah merupakan satuan dari kekuatan radioaktif.
    Sel-sel otak akan rusak secara langsung bila terkena radiasi berkekuatan 5000 Rems atau lebih. Seperti juga halnya jantung, radiasi membunuh sel-sel saraf dan pembuluh darah dan dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak.
    Dalam beberapa jumlah tertentu, yodium radioaktif dapat menghancurkan sebagian atau seluruh bagian teroid.
    Ketika seseorang terkena radiasi sekitar 100 Rems, jumlah limfosit darah akan mulai berkurang, sehingga korban lebih rentan terhadap infeksi. Gejala awal itu mirip seperti penyakit flu. Menurut dari data saat terjadi ledakan Nagasaki dan Hiroshima, menunjukan gejala yang dapat bertahan selama sepuluh tahun dan mungkin memiliki risiko jangka panjang seperti leukimia dan limfoma.
    Jika seseorang terkena dampak radiasi berkekuatan 1000 sampai 5000 Rems akan mengakibatkan kerusakan langsung pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak.
    Radiasi dengan kekuatan 200 Rems maka akan menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran usus dan dapat menyebabkan mual, muntah dan diare berdarah.
    Radiasi akan merusak saluran reproduksi cukup dengan kekuatan di bawah 200 Rems. Dalam beberapa jangka waktu panjang, korban radiasi nuklir akan mengalami kemandulan

    ReplyDelete
  18. - Terjadinya ledakan bom di depan Gedung Sarinah membuat sejumlah pusat perbelanjaan (mal) di ibukota meningkatkan keamanannya ke level siaga 1. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan ‎para pengunjung mal.
    – Pukul 11.44 WIB: Kapolda Metro Jaya memimpin penyisiran di Gedung Cakrawala dan memerintahkan agar setiap orang yang ada di tiap lantai gedung itu diperiksa dan membuka baju.

    – Pukul 11.52 WIB: Petugas yang berada di lantai atas Gedung Cakrawala kembali mengeluarkan beberapa kali tembakan. Saat itu para petugas gabungan masih melakukan penyisiran di Gd. Cakrawala dan melarang semua warga sipil mendekat ke TKP.

    – Pukul 13.00 WIB: Rombongan Panglima TNI, Pangdam Jaya dan Waka Polri tiba di lokasi.

    – Pukul 13.15 WIB: Tim Inafis PMJ melakukan olah tempat kejadian perkara di pos polantas MH Thamrin dan Starbucks Gedung Cakrawala.

    – Pukul 14.00 WIB: Hasil penyisiran terhadap orang-orang yang berada di dalam Gedung Cakrawala, setelah didata dan diperiksa oleh petugas kepolisian, selanjutnya mereka diperbolehkan pulang.
    Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja ‎Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan semua mal di Jakarta untuk meningkatkan keamanan menyusul insiden ini.

    "Saya sudah minta ke semua anggota (mal) untuk siaga 1, memperketat semua keamanan. Untuk mal besar, sudah ada perangkat keamanan dengan boom check dan lain-lain," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

    Selain menyiagakan petugas keamanan berseragam, lanjut Ellen, mal juga langsung menerjunkan petugas Kita juga sudah berlapis, kita juga ada petugas-petugas yang ‎pakai baju preman, yang ikut bersama dengan pengunjung. Kita harap berikan keamanan dan kenyamanan sehingga mereka tidak khawatir," kata dia.

    Meski demikian, Ellen memastikan belum ada instruksi kepada pengelola mal tidak menutup sementara operasional malnya pada hari ini. Hanya saja mal diwajibkan untuk meningkatkan pengamanan.

    ‎"Tidak menutup, hanya siaga 1 di semua wilayah. Dampak pengunjungnya kita belum tahu," ungkap dia.

    Selain itu, dia juga meminta para pengunjung untuk selalu waspada ketika‎ berada di dalam mal dan melaporkan jika menemukan hal yang mencurigakan kepada pihak keamanan.

    Ellen juga meminta pengunjung mal untuk mengikuti semua prosedur pengamanan yang diberlakukan pengelola mal.

    "Kalau ada proses bom check harap diikuti, karena itu merupakan SOP dari semua mal, ini saya lihat suatu kecolongan, tapi saya serahkan ke pihak berwenang untuk menangani, karena ini kan kawasan ring 1 Indonesia," tandasnya.(Dny/Nrm) JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya merilis kronologi serangan bom dan tembakan di sekitar gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

    “Pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2016 pukul 10.30 telah terjadi ledakan yang diduga bom di pos lantas lampu merah TL Sarinah dan terjadi aksi saling tembak antara petugas kepolisian dan kelompok teroris di halaman Starbuck Gedung Cakrawala,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis malam.

    Iqbal mengatakan, saksi kejadian itu adalah seorang petugas keamanan Gedung Sarinah. Namun Iqbal tidak mengungkap identitas satpam tersebut.

    – Pukul 10.30 WIB: Enam orang memakai ransel ingin masuk ke Gedung Sarinah dan setelah dilakukan penggeledehan diperkirakan mereka membawa bom.

    Keenam orang itu kemudian dibawa ke pos polisi di lampu merah perempatan Sarinah. Di situlah tiga orang di antaranya meledakkann diri. Sementara tiga orang lainnya melarikan diri ke dalam Starbucks Coffee di Gedung Cakrawala.

    – Pukul 11.40 WIB: Terjadi baku tembak antara polisi dengan para teroris. Setelah situasi diperkiraka aman, petugas gabungan menyisir Gedeng Cakrawala dan sekitarnya untuk membersihkan serta memastikan apakah masih ada bom atau teroris yang bersembunyi di dalam gedung itu. biasa. Petugas ini ditugaskan untuk memantau keadaan

    ReplyDelete
  19. Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:
    1. Bahan Aktif.
    Bahan kimia aktif "Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES)". SLES dikenal dengan nama Cottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan ini berguna meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Bahan aktif ini mempunyai busa yang banyak dan bentuknya gel translucent (pasta).
    Selain SLES, bahan aktif lainya untuk merakit BOM adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    2. Bahan Pengisi dan Bahan Penunjang.
    Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).
    Untuk bahan penunjang bom, kita menggunakan (Na2CO3) berbentuk serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Anda tidak perlu membumbui dengan serbuk putih terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan.
    Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.

    3. Bahan Tambahan (aditif)
    Namanya juga bahan tambahan, jadi keberadaannya tidak wajib. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi sebagai anti redeposisi.

    4. Pemilihan Aroma.
    Pemilihan bahan aroma disini difungsikan sebagai pemikat para pembeli jika Anda perjual belikan, sebab suatu bom dengan aroma yang baik pasti memiliki nilai plus dan disukai pelanggan.

    5. Bahan tambahan untuk membuat bom yang kualitas istimewa:
    Extrableach: 3-10%.
    Lipozyme: 2-10%.
    Protease: 2-10%.
    Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.

    Komposisi kimia pembuatan boom:
    1. Cottoclarin/ Ultra Sles/ Texapone 5-10%
    2. LS:10%.
    3. Na2SO4 10-20%
    4. Na2CO3 35-50%
    5. STPP 5-20%
    6. Enzym AR 2-10%
    7. Kimia Aroma.

    Jika Anda kesulitan mencari alamat Toko Kimia, saya akan memberikan informasi untuk mempermudah Anda disini:
    Biasanya, untuk Texapon (Na2SO4) dan (NaCO3) masing-masing dibandroli sampai 2 Dollar (atau setara dengan Rp.25.000) oleh Bahtera Adi jaya.
    Sedangkan untuk PT Cognis yang beralamat di Cimanngis jalan raya Bogor – Depok hanya melayani partai besar.
    Di toko grosir kimia Jakarta dan Bogor menjual Texapon bubuk dan Texapon Jel masing-masing kisaran 60 ribu perkilo dan 40 ribu perkilo.
    Bahkan Texapon import Jerman dibandrol dengan harga 150 ribu perkilo oleh Nauli Kimia, Bogor.

    Peralatan yang dibutuhkan membuat bom:
    Wadah, pengaduk kayu, dan saringan bahan kimia.
    Untuk memproduksi bom dalam jumlah banyak bisa menggunakan alat POWDER MIXER.

    Berikut Langkah-langkah Membuat Boom Rakitan
    1.Cottoclarin + LAS diaduk rata.
    2. Semua Bahan bahan serbuk diaduk rata.
    3.(1) + (2) diaduk rata.
    4. (3) + Bahan Tambahan .
    5. Diayak dan dikeringkan.
    6. Semprot dengan kimia aroma.
    7. Dikemas dan siap dipasarkan.

    Sebelum dipasarkan, sebaiknya uji dulu hasil karya Anda.
    Untuk mengujinya, bisa dengan masukkan bubuk Boom kedalam rendaman cucian, atau mesin cuci.
    Jika Boom masih kurang balance dengan keinginan anda, pasti dosis kimia tertentu ada yang kelebihan atau kekurangan.
    Karena itu anda tentu tahu bagaimana cara memperbaikinya.

    Saya berharap Boom anda benar-benar booming, dan pakaian anda benar-benar bersih dari noda. Saya harap boom yang telah selesai dirakit benar-benar dahsyat meluluh lantakkan noda yang membandel di pakaian anda. Satu lagi yang paling utama, bom ini tidak melukai orang lain, tidak bisa merobohkan bangunan, dan tidak bisa dibuat jadi alat bom bunuh diri. Meski begitu, mengingat boom ini bernilai ekonomis, pasti akan cepat Meledak di pasaran...!

    Boom yang dimaksud di sini adalah DETERGEN untuk mencuci pakaian.
    Source: http://www.kaskus.co.id/thread/519da85e4f6ea17866000003/cara-membuat-bom-rakitan-sederhana-tapi-mematikan/1

    ReplyDelete
  20. Pada bulan Desember 2008 dalam salah satu yahoo-chatgroup telah muncul sebuah
    ungkapan bahwa ada seorang gurubesar dari universitas di Indonesia, dan juga ada
    seorang pakar fisika nuklir, yang menyatakan bahwa reaktor nuklir adalah bom atom atau
    bom nuklir yang dikendalikan. Kemudian ada yang mengisyaratkan bahwa pengertian
    tersebut telah menjadi pemahaman umum masyarakat di sekitar Muria.
    Kalau hal ini benar maka telah terjadi suatu pembohongan besar.

    Kemiripan antara cara kerja bom atom dan cara kerja reaktor nuklir hanyalah sebatas
    terjadinya reaksi berantai saja pada kedua-duanya. Sama-sama reaksi berantai nuklir,
    akan tetapi dalam kenyataannya reaksi berantai yang terjadi sangat berbeda, bahkan
    berbeda sangat jauh.
    Dalam bom nuklir reaksi fisi terjadi dengan kecepatan neutron yang sangat tinggi,
    energinya di atas 1 MeV: begitu lepas dari pembelahan uranium neutron langsung
    berhadapan dengan bahan uranium-235 murni. Tidak ada uranium 238 ataupun bahan
    lain. Reaksi berantai sudah selesai dalam waktu kurang dari satu per trilyun detik.
    Dalam reaktor nuklir reaksi fisi terjadi dengan kecepatan neutron lambat, energinya
    sekitar 0,025 eV. Bahan bakar uranium yang digunakan hanya mengandung 3-4 persen
    uranium-235, selebihnya adalah uranium-238. Karena itu begitu neutron lepas dari reaksi
    fisi uranium-235 ia akan berbenturan dengan air (dalam reaktor nuklir PLTN jenis PWR),
    khususnya inti hidrogen, dan akan mengalami penglambatan sampai ia berpeluang
    ditangkap lagi oleh uranium-235 yang hanya 3-4 persen. Perbenturan dengan inti
    hidrogen rata-rata 16-17 kali, sebelum neutron menyebabkan fisi berikutnya. Karena itu
    proses reaksi berantai sekurangnya berjalan seribu kali lebih lambat ketimbang dalam
    bom nuklir. Karena itu reaktor nuklir tidak dapat meledak seperti bom nuklir.

    Lalu, mesti ada yang bertanya, kok bisa terjadi ledakan Chernobyl ? Jawabnya: walaupun
    reaksi berantai dalam reaktor nuklir jauh lebih lamban ketimbang reaksi berantai dalam
    bom nuklir, tetapi dia terjadi lebih cepat ketimbang reaksi manusia yang berupaya
    mematikan reaksi berantai. Ini tampaknya tidak disadari oleh para operator Chernobyl-4
    pada tahun 1986, yang rupanya kurang paham mengenai perilaku reaktor jenis RBMK.
    Hal ini tidak perlu dikhawatirkan dengan reaktor nuklir dalam PLTN jenis PWR atau
    BWR karena peningkatan jumlah neutron akibat reaksi berantai yang meningkat cepat
    tidak akan meningkatkan jumlah neutron lambat menjadi semakin banyak, karena air
    sekitar batang bahan bakar akan bergelembung dan tak mampu memperlambat neutron.
    Jadi reaksi berantai akan menurun dengan sendirinya

    ReplyDelete
  21. halo para sahabat otaku/yg lain , saya disini bru ngepost gara gara ujian nasional yg panjang . tapi , pernah denger kebakaran rumah gak ? biasanya gara garab korsleting ( mungkin otak gua juga korslet ) . dan saya disini juga akan menjelaskan apa yg terjadi jika terjadi korslet dengan bantuan BATERAI .

    oke tanpa basa basi kita mulai

    BAHAN :
    - BATERAI AA ( terseah mau pake baterai apa , yg penting bisa digunakan )
    - kawat tembaga ( kupas aja kabel kabel yg dirumah lo )
    - isolasi
    - gunting

    ALAT :
    - sarung tangan ( biasanya pas memasang kawat dibaterai langsung kayak ditusuk jarum alias kesetrum )

    CARA PEMBUATANNYA :
    - siapkan baterai , kawat tembaga , dan isolasi
    - dikutub positif , tempelkan kawat tembaga pada baterai dan isolasi . kemudian kutub negatifnya juga harus begitu ( yg penting positif dan negatif harus nyambung dengan kawat )
    contoh :



    NB : garis yg berwarna abu abu itu kawat tembaga . ujungnya masing masing harus diisolasi

    - lalu cepat taruh dijalan ( jangan dilempar ) dan KABURRRRRRR . tunggu hingga keluar letupan api

    nah gitu caranya buat bom dari baterai . gua saranin buatnya ditempat yg lapang yah . DAN SEBELUM ARTIKEL INI LO COPAS KE BLOGMU , TULIS JUGA SUMBERNYA . YG TULIS SUMBERNYA KU DOAIN BISA SUKSES DUNIA DAN AKHIRAT

    ReplyDelete
  22. Berarti bagian dari atau berhubungan dengan inti atom atau bisa disebut dengan nukleus. Setiap mendengar nuklir kita akan terpikir akan bahaya dan efek bagi kelangsungan hidup umat manusia. Dalam tingkatan tertentu sebenarnya nuklir bisa bermanfaat bagi manusia sebagai contoh untuk kesehatan, pangan dan sumber tenaga listrik. Berikut adalah Efek Mengerikan dari Bahaya Nuklir Bagi Kehidupan M1. Senjata nuklir
    Sebuah senjata yang dimana mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusanah yang dahsyat. Sebut saja bom nuklir yang mampu meluluh lantakkan kora Hiroshima dan Nagasaki. Waktu itu bobot nuklir yang dijatuhkan amerika serikat pada masa perang dunia II adalah 20 kilo (ribuan) ton TNT, Sedangkan bom nuklir sekarang memiliki daya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT.
    Perang nuklir
    Pada masa ini(masa modern) negara berlomba-lomba mengembangkan senjata yang mematikan yaitu bom nulklir. Bayangkan saja jumlah energi yang dilepaskan oleh pembelahan bom dapat berkisar dari sekitar satu ton TNT ke sekitar 500.000 ton (500 kilotons) dari TNT. Jika negara pembuat bom nuklir sebut saja Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan terjadi sebuah perselisihan atau pertikain dan akhirnya perang besar-besaran dengan menggunakan bom nuklir masihkah umat ada populasi manusia dibumi ini ?
    . nuklir Dampak radiasi
    Akan sangat berbahaya jika tubuh manusia terkena paparan radiasi nuklir. Efek mengerikan dari nuklir diantaranya yaitu :
    • Efek paparan radioaktif akan membuat rambut menghilang dengan cepat bila terkena radiasi di 200 Rems atau lebih. Rems adalah merupakan satuan dari kekuatan radioaktif.
    • Sel-sel otak akan rusak secara langsung bila terkena radiasi berkekuatan 5000 Rems atau lebih. Seperti juga halnya jantung, radiasi membunuh sel-sel saraf dan pembuluh darah dan dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak.
    • Dalam beberapa jumlah tertentu, yodium radioaktif dapat menghancurkan sebagian atau seluruh bagian teroid.
    • Ketika seseorang terkena radiasi sekitar 100 Rems, jumlah limfosit darah akan mulai berkurang, sehingga korban lebih rentan terhadap infeksi. Gejala awal itu mirip seperti penyakit flu. Menurut dari data saat terjadi ledakan Nagasaki dan Hiroshima, menunjukan gejala yang dapat bertahan selama sepuluh tahun dan mungkin memiliki risiko jangka panjang seperti leukimia dan limfoma.
    • Jika seseorang terkena dampak radiasi berkekuatan 1000 sampai 5000 Rems akan mengakibatkan kerusakan langsung pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak.
    • Radiasi dengan kekuatan 200 Rems maka akan menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran usus dan dapat menyebabkan mual, muntah dan diare berdarah.
    • Radiasi akan merusak saluran reproduksi cukup dengan kekuatan di bawah 200 Rems. Dalam beberapa jangka waktu panjang, korban radiasi nuklir akan mengalami kemandulan.
    anusia dan keselamatan umat manusia

    ReplyDelete

  23. Granat mempunyai tiga karakteristik:

    1. Jarak penggunaan yang dekat.
    2. Daerah kerusakan yang kecil.
    3. Ada penundaan ledakan agar bisa dilempar dengan aman.
    4. Kulitnya yang keras membuatnya bisa dipantulkan pada tembok atau tanah

    Granat mempunyai bagian utama seperti berikut:

    1. Badan – mengandungi pengisi dan dalam kebanyakan granat juga mengandungi serpihan.
    2. Pengisi – bahan kimia atau bahan peledak dalam granat, yang menentukan kegunaan granat
    3. Sumbu – membuat granat berfungsi dengan menyalakan atau meledakkan bahan pengsisi
    JENIS-JENIS GRANAT

    Granat serpihan
    Granat serpihan (bahasa Inggris: fragmentation grenade) adalah granat yang dirancang untuk membunuh infanteri, yang dibuat untuk memuntahkan serpihan ke segala arah. Badannya dibuat dari plastik keras atau besi, lalu badannya diisi serpihan tajam, kawat, bola-bola besi, atau badan luarnya sendiri pun bisa bekerja sebagai serpihan. Bila kata "granat" digunakan tanpa penjelasan lebih lanjut, selalu diasumsikan bahwa yang dimaksud adalah granat jenis ini.

    Granat asap
    Granat asap merupakan granat berbentuk kaleng yang digunakan sebagai alat isyarat darat atau darat ke udara, penanda zona sasaran atau pendaratan, atau penyembunyi pergerakan tentara. Granat asap biasanya terbentuk dari silinder logam dengan lubang di bagian atas dan bawah untuk mengeluarkan asap.

    Ada dua jenis utama granat ini: granat asap berwarna dan granat penyembunyi. Pada granat asap berwarna, pengisinya biasanya terdiri daripada 250 hingga 350 gram campuran asap pewarna (kebanyakannya potasium nitrat, laktose dan pewarna). Tersedia warna-warna merah, hijau, kuning, dan ungu. Granat asap penyembunyi biasanya berisi campuran HC (hexachloroethane/zinc) atau campuran TA (terephthalic acid).

    Jenis granat asap lain, adalah jenis asap meledak. Granat ini berisi fosforus putih (WP). Granat WP meledak dan menyebarkan phosphorus putih ke segala arah, lalu phosphorus terbakar apabila ketika bertemu udara, dan terbakar dengan api kuning terang, sambil menghasilkan asap putih yang banyak (phosphorus pentoksida). Ia juga berfungsi sebagai granat pembakar.buat granat berfungsi dengan menyalakan atau meledakkan bahan pengisi.

    ReplyDelete
  24. Granat anti-kerusuhan
    Granat gas ini berisi gas air mata, yang biasanya berupa gas CS (Chlorobenzol malononitrile). Bentuk dan pengoperasian granat ini sama dengan gas asap, tetapi bedanya granat ini berisi 80 sampai 120 gram gas air mata, yang akan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernafasan.

    Apabila seseorang terkena gas ini untuk waktu yang lama (lebih dari 10 menit) granat ini mampu menyebabkan lepuh pada kulit dan luka permanen pada paru-paru. Dan bagi orang yang lemah atau sudah tua, gas CS mampu menyebabkan kematian.

    Pemakaian granat gas sering keliru, granat ini seharusnya tidak digunakan untuk membubarkan segerombolan orang banyak karena akan menyebabkan panik. Pemakaian yang tepat adalah untuk menggunakan granat ini untuk membuat pagar pembatas, untuk mengarahkan pergerakan massa, atau untuk melindungi anggota kepolisian yang sedang terkepung.

    Granat pembakar
    Granat pembakar (bahasa Inggris: incendiary grenade) menghasilkan panas sangat tinggi melalui reaksi kimia. Bentuknya hampir serupa seperti granat asap dan gas. Pengisinya terdiri daripada 600 hingga 800 gram thermat (TH3), yang merupakan versi thermit yang diperbarui, bahan pembakar yang digunakan dalam granat sewaktu Perang Dunia II.

    Sebagian dari campuran thermat berubah menjadi besi cair, yang terbakar pada suhu 2204° Celsius. Granat ini dapat melelehkan logam yang bersentuhan dengannya. Pengisi thermate bagi granat AN-M14 terbakar selama 40 detik dan mampu membakar menembusi 12,7 mm kepingan baja. Granat ini juga tidak memerlukan oksigen dalam pembakaran dan mampu terbakar di bawah air. Fosforus putih juga digunakan sebagai pengisi granat pembakar, yang membakar pada suhu 2760°CPembakaran thermat dan fosforus dapat menyebabkan luka bakar yang sangat parah dan menyakitkan karena thermat dan fosfor terbakar secara cepat yang membuat satu partikel kimia tersebut menembus kulit, saraf, otot dan juga tulang. Selain itu, fosforus putih amat beracun. Dosis 50-100 miligram bisa menyebabkan kematian.

    Granat kejut
    Granat kejut, atau disebut juga flashbang, pada awalnya dirancang dan dibuat untuk dipakai Special Air Service Inggris. Granat ini dirancang untuk membingungkan, atau mengalihkan perhatian musuh selama beberapa detik. Granat jenis ini yang paling banyak ditemui adalah granat kejut M84, yang diberi julukan "Flashbang", karena menghasilkan cahaya membutakan (6-8 juta Candela) dan ledakan yang keras (170-180 desibel).

    Ketika meledak, granat tersebut tetap utuh tanpa menghasilkan serpihan. Granat ini berbentuk tabung segienam besi dengan lubang untuk pengeluaran ledakan cahaya dan bunyi. Pengisinya adalah 4,5 gram peledak campuran oksida logam magnesium dan ammonium perklorat atau potasium perklorat.

    ReplyDelete
  25. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Unggung Cahyono mengatakan, ledakan yang terjadi di Tanah Abang, Rabu sore (8/4/2015), menyerupai ledakan mercon banting yang menyerupai bom rakitan.

    Menurut Unggung, ledakan yang dihasilkan bom tersebut berdaya ledak rendah atau low explosive. Lalu, apa yang dimaksud dengan low explosive?

    Berikut ini adalah lima jenis bom berdasarkan mekanisme ledakan yang digunakan. Low explosive adalah salah satunya.

    Gas terkompresi

    Ledakan dengan kekuatan kecil bisa dihasilkan dengan memberikan tekanan di dalam sebuah wadah tertentu. Secara teknis, perangkat yang menyebabkan ledakan jenis ini tidak bisa diklasifikasikan sebagai bom.

    Kendati demikian, ledakan yang terjadi dapat merusak bangunan, melukai, bahkan mematikan mahluk hidup, termasuk manusia. Zat cair, gas, maupun senyawa gas mudah terbakar yang muncul dalam ledakan ini dapat pula menyala jika terpapar percikan api.

    Low explosive

    Bom-bom paling sederhana atau paling kuno biasanya menggunakan low explosive alias bahan berdaya ledak rendah. Salah satunya adalah black powder atau yang lebih dikenal bubuk mesiu. Black powder inilah, yang menurut Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono, ditemukan di lokasi ledakan di Tanah Abang, Jakarta.

    Low explosive biasanya terbuat dari komposisi potasium nitrat, batu bara, atau bubuk aluminium. Jika terbakar, bahan ini menghasilkan gas panas. Untuk bisa dijadikan sebuah bom, butuh low explosive dalam jumlah banyak, atau bisa pula dimasukkan dalam wadah bertekanan tinggi.

    ReplyDelete
  26. General Purpose Bombs
    General-purpose bomb (GP Bomb=bom serba guna) adalah bom yang dijatuhkan dari udara yang dimaksudkan sebagai gabungan antara perusakan dari ledakan, penetrasi dan fragmentasi akibat ledakan.


    KARAKTERISTIK

    [Image: gpb.ht14.gif]

    Bom serba guna (GP Bomb) menggunakan menggunakan sebuah selongsong logam tebal dengan isi (biasanya TNT, Compotition B, atau Tritonal) sekitar 50% dari total berat bom (Inggris menggunakan istilah “medium case” atau “medium capacity” (MC) untuk bomb semacam ini). GP Bomb adalah senjata yang biasa digunakan untuk pesawat fighter-bomber dan pesawat tempur karena bom ini berguna untuk berbagai jenis taktis dan relatif murah.

    GP Bomb biasanya diidentifikasi dari beratnya (misalkan 500 lb, 250 kg). Dalam berbagai kasus ini hanya nominal atau kaliber saja, berat sebenarnya tiap senjata dapat bervariasi tergantung pada “retardation” (penghambatan (ledakan)), penggabungan, bawaan dan sistem kendalinya. Sebagai contoh, berat aktual bom M117 AS secara nominal 750 lb (340 kg), tetapi berat tipikalnya 820 lb (374kg).

    Sebagian besar moderin GP Bomb didesain untuk untuk mengurangi daya hambat aerodinamis untuk pesawat pembawanya.

    Untuk serangan altitude rendah, ada bahaya bagi pesawat yang dapat terkena efek ledakan bomnya sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, GP bomb kadang dilengkapi dengan parasut penghalang ledakan atau sirip khusus yang dapat mengurangi kecepatan turunnya bom agar pesawat mempunyai waktu lebih untuk menghindari efek ledakan.

    GP bomb dapat dilengkapi dengan berbagai macam jenis sumbu (hulu ledak?) dan sirip untuk berbagai kegunaan. Sebagai contoh adalah sumbu “daisy cutter” yang digunakan di pesenjataan AS era Perang Vietnam, sebuah desain probe yang diperluas untuk memastikan bom akan terdetonasi ketika terjadi kontak (walaupun dengan daun-daunan), sehingga bom tidak tertimbun di bumi atau lumpur yang mengakibatkan berkurangnya efektivitas bom.

    GP Bomb kadang digunakan sebagai hulu ledak untuk amunisi berpengendali yang lebih canggih. Pemakaian berbagai tipe pencari dan sirip yang dikontrol secara elektik hingga pemakaian pengendali laser (laser guided bomb) seperti seri bom Paveway milik AS, bom berkendali elektro-optik dan yang terbaru adalah bom berpengendali GPS (seperti JDAM milik AS).

    ReplyDelete