Monday, January 25, 2016

Sarapan Pagi, budaya sehat bergizi



Kondisi fisik yang sehat sangat mendukung dalam melakukan aktivitas, apalagi mengahadapi pekerjaan yang butuh energi besar. Tubuh yang sakit, meriang, demam, sungguh mengganggu kerjanya kita, seperti orang yang tidak suka musik dangdut kemudian diperdengarkan padanya musik tersebut apalagi kondisi dia sedang konsentrasi belajar, sangat terusik. Saya sendiri termasuk orang yang tidak suka dangdut model sekarang, musiknya semrawut hanya mengandalkan lenggak lenggok tubuh erotis dan musik bikin pusing kepala. Ini contoh opini haters dangdut, sedang akan dibantah mati-matian dangdut lovers. So, ini terkait cita rasa dan selera. Sama halnya orang yang bekerja dengan kondisi badan lemah seringan apapun pekerjaannya maka cita rasanya berbeda, kadang bawaannya letih lemah lesu lunglai (4L). 
Ada saran dari penulis yaitu mensiasatinya dengan sarapan pagi dengan makanan yang memiliki gizi tinggi paling tidak ada kandungan karbohidrat, protein serta vitamin. Hal memberikan aliran energi, bagi yang tidak suka nasi mungkin mencari alternatif lain. Bisa roti, susu atau sekedar minum teh hangat. Bagaimana dengan beberapa orang yang menghindari sarapan karena takut gemuk atau terlanjur mengidap penyakit obesitas? Justru kegemukan bukan bersumber dari rutinnya makan sarapan pagi namun dari pola makan yang agak sedikit tidak terjadwal maksudnya adalah lebih banyak ngemilnya daripada makan besar. Menurut penelitian orang gemuk bisa karena faktor keturunan (seperti halnya penyakit diabetes) atau kurangnya berolahraga (ini alasan yang sepertinya lebih tepat).
Olahraga sungguh cara efektif dan mudah agar tubuh tetap sehat. Dengan berolahraga pula otot-otot tubuh terlatih, racun tubuh bisa keluar melalui pori-pori tubuh dalam wujud keringat. Hal ini bisa membakar kalori dan juga lemak dalam tubuh, so it works for overweight to make body slender, menjadi favorit untuk membentuk tubuh lebih langsing, tidak gendut, agar berotot (lebih macho dan gentle), dsb. Sungguh, Islam pun menganjurkan agar muslim itu memiliki fisik yang kuat (qowiyul jism), karena muslim/ mukmin yang kuat lebih dicintai oleh Allah daripada muslim yang lemah, karena dalam beribadah pun membutuhkan kondisi fisik yang minimal sehat meski ada keringanan ketika kita sedang menderita sakir. Badan yang kuat pula dimana termasuk salah satu muwashofat muslim ideal (terdiri dari 10 karakter). Misalnya ibadah haji saja akan lebih lancar jika kondisi tubuh sedang fit dibandingkan ketika sakit. Dalam beberapa siroh nabi dan sahabat, jenis olah raga memanah, menunggang kuda, renang, bela diri adalah syarat para pejuang muslim dalam berdakwah dan berjuang melawan kaum kafir waktu itu, selain syarat aqidah dan niat yang lurus (keimanan yang tinggi) hanya mengharap ridho Allah. Secara logika, jangankan untuk menumpas musuh, orang sakit tidak mampu mengontrol dan menguasai mentalnya secara pribadi, pernahkan kita sakit kemudian berkendara (naik sepeda motor dengan durasi lebih dari 1 jam)? Biasanya tubuh terasa lemah bahkan bertambah parah dengan terkena masuk angin, sangat beda dengan tubuh yang bugar. Salah satu olah raga lain yang termasuk hiburan juga adalah dance atau senam, misalnya dalam video di bawah ini senam yang sederhana namun cukup mengeluarkan keringat tubuh, ini contoh senam/ gerakan penguin;
Dari video klip tersebut paduan antara gerakan dengan musik jika dilakukan dengan benar, maka menyegarkan otot-otot tubuh yang letih, menyegarkan pikiran dan juga lebih fresh. Sehat itu murah artinya mudah menjaganya jika kita termasuk orang yang rajin/ rutin berolahraga. Sehat itu mahal karena jika sakit segala agenda, aktivitas, pekerjaan dan jadwal menjadi kacau bahkan gagal total (jika pebisnis mengalami kerugian besar), selain biaya berobat sekarang itu mahal. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, menjaga agar tetap sehat adalah tindakan terbaik dan sangat cerdas. Berikut bacaan Hortatory exposition tentang "Keeping Healthy", mari kita pelajari bersama;
Keeping Healthy
                Some people skip breakfast or avoid nourishing foods in this mistaken belief that this will keep them slender. It is far better to eat properly and get plenty of exercise. Both are necessary for good health, clear skin, and a trim figure. If you do need to lose weight, do so gradually. A pound a week is about right. Ask your health teacher or your doctor about a safe diet. Follow it faithfully and exercise regularly. The pound you lose will be a weight off your mind as well as your body. In order to keep healthy, you should live a happy life, eat nourishing foods, get plenty of exercise and sleep for eight hours every night. 
If you are good in health, vigorous exercise will not injure your damage. However, if you have a health problem or if you have not had a physical check up recently, you should check with your parents and your family doctor before taking part in any strenuous activity. Being overweight is a common problem today. If you are top plump or just plain fat, exercise could help you. A daily surplus of 100 calories (the amount contained in 8 ounces of carbonated drink) can produce a 10 pound weight gain in a year. But these surplus calories could be burned up by a 15-20 minutes daily walk, thus preventing any unwanted gain. The best method of weight control is not let yourself get fat in the first place.
 

268 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. nilai 26

    4. D.BEDROOM

    Nilai 25

    4.segera ; soon
    10.karena ; because
    15.MENDAPATKAN ; get
    17.setelah ; after
    20, selesai ; finish

    ReplyDelete
  3. 4.c bathroom

    ReplyDelete
  4. 7.pergi: go

    ReplyDelete
  5. 16.c gardening
    17.a bait
    18.c mountain
    19.c watching
    20.c jogging

    ReplyDelete
  6. 3.kentang : potato
    4.ubi/ singkong : cassava
    16.gurun : dessert
    18.pantai: seashore
    19.lautan : ocean

    ReplyDelete
  7. nilai 11 pilgan
    1) C. Mrs.Yulida
    2) D. Because she wants to buy the kitchen
    3) C. At tha fish monger
    4) c. Market
    5) c. because the market is neor her house
    pilgan
    2) a. story book magazine comic book
    4) c. bathroom

    ReplyDelete
  8. Pattimura(atau Thomas Matulessy) (lahir di Haria, pulau Saparua, Maluku, 8 Juni 1783 – meninggal di Ambon, Maluku, 16 Desember 1817 pada umur 34 tahun), juga dikenal dengan nama Kapitan Pattimura adalah pahlawan Maluku dan merupakan Pahlawan nasional Indonesia.

    Menurut buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit, M Sapija menulis, "Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayahnya yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau merupakan nama orang di negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan".

    Namun berbeda dengan sejarawan Mansyur Suryanegara. Dia mengatakan dalam bukunya Api Sejarah bahwa Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku disebut Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukan Saparua seperti yang dikenal dalam sejarah versi pemerintah). Dia adalah bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang saat itu diperintah Sultan Abdurrahman. Raja ini dikenal pula dengan sebutan Sultan Kasimillah (Kazim Allah/Asisten Allah). Dalam bahasa Maluku disebut Kasimiliali. Namanya kini diabadikan untuk Universitas Pattimura dan Bandar Udara Pattimura di Ambon.

    ReplyDelete
  9. Dari sejarah tentang Pattimura yang ditulis M Sapija, gelar kapitan adalah pemberian Belanda. Padahal tidak.

    Menurut Sejarawan Mansyur Suryanegara atas saran abdul gafur, leluhur bangsa ini, dari sudut sejarah dan antropologi, adalah homo religiosa (makhluk agamis). Keyakinan mereka terhadap sesuatu kekuatan di luar jangkauan akal pikiran mereka, menimbulkan tafsiran yang sulit dicerna rasio modern. Oleh sebab itu, tingkah laku sosialnya dikendalikan kekuatan-kekuatan alam yang mereka takuti.

    Jiwa mereka bersatu dengan kekuatan-kekuatan alam, kesaktian-kesaktian khusus yang dimiliki seseorang. Kesaktian itu kemudian diterima sebagai sesuatu peristiwa yang mulia dan suci. Bila ia melekat pada seseorang, maka orang itu adalah lambang dari kekuatan mereka. Dia adalah pemimpin yang dianggap memiliki kharisma. Sifat-sifat itu melekat dan berproses turun-temurun. Walaupun kemudian mereka sudah memeluk agama, namun secara genealogis/silsilah/keturunan adalah turunan pemimpin atau kapitan. Dari sinilah sebenarnya sebutan "kapitan" yang melekat pada diri Pattimura itu bermula.

    ReplyDelete
  10. Dr.(HC) Drs. H. Mohammad Hatta (lahir dengan nama Mohammad Athar, populer sebagai Bung Hatta; lahir di Fort de Kock (sekarang Bukittinggi, Sumatera Barat), Hindia Belanda, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun) adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

    Bandar udara internasional Jakarta, Bandar Udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya. Selain diabadikan di Indonesia, nama Mohammad Hatta juga diabadikan di Belanda yaitu sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpolder, Haarlem dengan nama Mohammed Hattastraat. Pada tahun 1980, ia meninggal dan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Bung Hatta ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 23 Oktober 1986 melalui Keppres

    ReplyDelete
  11. Biografi Bung Tomo │ Bung Tomo lahir pada tanggal 3 Oktober 1920 di Surabaya- Jawa Timur. Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan nama panggilan Bung Tomo meskipun ia memiliki nama lengkap Sutomo. Ia sangat di kenal dalam sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada saat Indonesia yang baru merdeka melawan penjajah tentara NICA. Terutama pertempuran yang terjadi tanggal 10 November 1945. Bahkan hingga saat ini, tanggal tersebut di peringati sebagai Hari Pahlawan.

    Bung Tomo di lahirkan di kampung Blauran – Surabaya. Beliau lahir dari seorang ayah bernama Kartawan Tjiptowidjojo. Ayahnya merupakan termasuk golongan kelas menengah. Pernah bekerja sebagai pegawai pemerintah, perusahaan swasta, dan perusahaan ekspor – import Belanda. Sedangkan Ibunya keturunan Jawa Tengah, Sunda dan Madura.

    Keluarga Bung Tomo sangat menghargai sekali akan pendidikan. Sehingga pembawaannya sangat lugas dan bersemangat. Namun pada usia nya 12 tahun, Bung Tomo terpaksa harus meninggalkan pendidikannya di MULO. Kemudian begitu juga dengan pendidikan HBS, Ia selesaikan dengan cara korespondensi, meskipun tidak secara resmi selesainya.

    Bung Tomo bercerita bahwa rasa nasionalisnya Ia dapatkan pertama dari keluarga, terutama dari kakeknya. Kemudian Ia dapatkan dari pendidikannya di Kepanduan Bangsa Indonesia. Pada usianya ke 17 tahun, ia memperoleh peringkat Pandu Garuda. Sebauh peringkat yang sangat berharga karena berarti Bung Tomo menjadi orang kedua di Hindia Belanda.

    Biografi Bung Tomo │Peristiwa yang sangat penting itu terjadi pada bulan Oktober dan November 1945. Saat itu Surabaya sedang di gempur habis-habisan oleh tentara NICA. Melalui radio, Bung Tomo membangkitan semangat rakyat Surabaya. Ia membakar semangat pemuda Surabaya dengan nada pidatonya yang penuh dengan emosi. Meskipun akhirnya rakyat Surabaya tidak menang melawan tentara NICA. Namun tetap saja, sampai saat ini rakyat Surabaya dan Indonesia mengenang kejadian tersebut.

    Peran Bung Tomo kemudian berlanjut setelah perjuangan kemerdekaan di proklamasikan. Di tahun 1950-an Bung Tomo terjun ke dunia politik kemudian pada ia juga pernah menjadi Menteri Negara Urusan Bekas Pejuang Bersenjata/Veteran dan sekaligus menjabat sebagai Menteri Sosial Ad Interim antara tahun 1955-1956. Setelah itu peranannya di pemerintah di lanjutkan dengan menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tahun 1956-1959 yang di usung oleh Partai Rakyat Indonesia.
    Ternyata dalam perjalanan hidup Bung Tomo, ia pernah mendekam di penjara akibat berbeda pendapat dengan pemerintah Soeharto. Pada tanggal 11 April 1978 ia di penjara meskipun setahun kemudian ia di lepaskan kembali.

    Bung Tomo merupakan pribadi yang shaleh dan taat akan agama islam. Beliau meninggal dunia ketika sedang melaksanakan ibadah haji di Padang Arafah pada tanggal 7 Oktober 1978. Bung Tomo di makamkan di Tempat Pemakaman Umum di Ngagel Surabaya.

    ReplyDelete
  12. Jenderal Besar Raden Soedirman (EYD: Sudirman; lahir 24 Januari 1916 – meninggal 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun[a]) adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia secara luas terus dihormati di Indonesia. Terlahir dari pasangan rakyat biasa di Purbalingga, Hindia Belanda, Soedirman diadopsi oleh pamannya yang seorang priyayi. Setelah keluarganya pindah ke Cilacap pada tahun 1916, Soedirman tumbuh menjadi seorang siswa rajin; ia sangat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, termasuk mengikuti program kepanduan yang dijalankan oleh organisasi Islam Muhammadiyah. Saat di sekolah menengah, Soedirman mulai menunjukkan kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi, dan dihormati oleh masyarakat karena ketaatannya pada Islam. Setelah berhenti kuliah keguruan, pada 1936 ia mulai bekerja sebagai seorang guru, dan kemudian menjadi kepala sekolah, di sekolah dasar Muhammadiyah; ia juga aktif dalam kegiatan Muhammadiyah lainnya dan menjadi pemimpin Kelompok Pemuda Muhammadiyah pada tahun 1937. Setelah Jepang menduduki Hindia Belanda pada 1942, Soedirman tetap mengajar. Pada tahun 1944, ia bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang disponsori Jepang, menjabat sebagai komandan batalion di Banyumas. Selama menjabat, Soedirman bersama rekannya sesama prajurit melakukan pemberontakan, namun kemudian diasingkan ke Bogor.

    Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Soedirman melarikan diri dari pusat penahanan, kemudian pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Ia ditugaskan untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas, yang dilakukannya setelah mendirikan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat. Pasukannya lalu dijadikan bagian dari Divisi V pada 20 Oktober oleh panglima sementara Oerip Soemohardjo, dan Soedirman bertanggung jawab atas divisi tersebut. Pada tanggal 12 November 1945, dalam sebuah pemilihan untuk menentukan panglima besar TKR di Yogyakarta, Soedirman terpilih menjadi panglima besar, sedangkan Oerip, yang telah aktif di militer sebelum Soedirman lahir, menjadi kepala staff.

    ReplyDelete
  13. j.sudirman

    Sembari menunggu pengangkatan, Soedirman memerintahkan serangan terhadap pasukan Inggris dan Belanda di Ambarawa. Pertempuran ini dan penarikan diri tentara Inggris menyebabkan semakin kuatnya dukungan rakyat terhadap Soedirman, dan ia akhirnya diangkat sebagai panglima besar pada tanggal 18 Desember. Selama tiga tahun berikutnya, Soedirman menjadi saksi kegagalan negosiasi dengan tentara kolonial Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia, yang pertama adalah Perjanjian Linggarjati –yang turut disusun oleh Soedirman – dan kemudian Perjanjian Renville –yang menyebabkan Indonesia harus mengembalikan wilayah yang diambilnya dalam Agresi Militer I kepada Belanda dan penarikan 35.000 tentara Indonesia. Ia juga menghadapi pemberontakan dari dalam, termasuk upaya kudeta pada 1948. Ia kemudian menyalahkan peristiwa-peristiwa tersebut sebagai penyebab penyakit tuberkulosis-nya; karena infeksi tersebut, paru-paru kanannya dikempeskan pada bulan November 1948.

    Pada tanggal 19 Desember 1948, beberapa hari setelah Soedirman keluar dari rumah sakit, Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki Yogyakarta. Di saat pemimpin-pemimpin politik berlindung di kraton sultan, Soedirman, beserta sekelompok kecil tentara dan dokter pribadinya, melakukan perjalanan ke arah selatan dan memulai perlawanan gerilya selama tujuh bulan. Awalnya mereka diikuti oleh pasukan Belanda, tetapi Soedirman dan pasukannya berhasil kabur dan mendirikan markas sementara di Sobo, di dekat Gunung Lawu. Dari tempat ini, ia mampu mengomandoi kegiatan militer di Pulau Jawa, termasuk Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto. Ketika Belanda mulai menarik diri, Soedirman dipanggil kembali ke Yogyakarta pada bulan Juli 1949. Meskipun ingin terus melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda, ia dilarang oleh Presiden Soekarno. Penyakit TBC yang diidapnya kambuh; ia pensiun dan pindah ke Magelang. Soedirman wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta.

    Kematian Soedirman menjadi duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Bendera setengah tiang dikibarkan dan ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan prosesi upacara pemakaman. Soedirman terus dihormati oleh rakyat Indonesia. Perlawanan gerilyanya ditetapkan sebagai sarana pengembangan esprit de corps bagi tentara Indonesia, dan rute gerilya sepanjang 100-kilometre (62 mil) yang ditempuhnya harus diikuti oleh taruna Indonesia sebelum lulus dari Akademi Militer. Soedirman ditampilkan dalam uang kertas rupiah keluaran 1968, dan namanya diabadikan menjadi nama sejumlah jalan, universitas, museum, dan monumen. Pada tanggal 10 Desember 1964, ia ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Biografi Jenderal Ahmad Yani. Tokoh satu ini terkenal sebagai salah satu pahlawan Revolusi Indonesia. Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani lahir di Purworejo, 19 Juni 1922 dan wafat di Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965. Pendidikan formal diawalinya di HIS (setingkat Sekolah Dasar) Bogor, yang diselesaikannya pada tahun 1935. Kemudian ia melanjutkan sekolahnya ke MULO (setingkat Sekolah Menegah Pertama) kelas B Afd. Bogor. Dari sana ia tamat pada tahun 1938, selanjutnya ia masuk ke AMS (setingkat Sekolah Menengah Umum) bagian B Afd. Jakarta. Sekolah ini dijalaninya hanya sampai kelas dua, sehubungan dengan adanya milisi yang diumumkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

    Achmad Yani kemudian mengikuti pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang dan secara lebih intensif di Bogor. Dari sana ia mengawali karir militernya dengan pangkat Sersan. Kemudian setelah tahun 1942 yakni setelah pendudukan Jepang di Indonesia, ia juga mengikuti pendidikan Heiho di Magelang dan selanjutnya masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.

    Berbagai prestasi pernah diraihnya pada masa perang kemerdekaan. Achmad Yani berhasil menyita senjata Jepang di Magelang. Setelah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia diangkat menjadi Komandan TKR Purwokerto. ketika Agresi Militer Pertama Belanda terjadi, pasukan Achmad Yani yang beroperasi di daerah Pingit berhasil menahan serangan Belanda di daerah tersebut. Maka saat Agresi Militer Kedua Belanda terjadi, ia dipercayakan memegang jabatan sebagai Komandan Wehrkreise II yang meliputi daerah pertahanan Kedu. Setelah Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan, ia diserahi tugas untuk melawan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) yang membuat kekacauan di daerah Jawa Tengah. Ketika itu dibentuk pasukan Banteng Raiders yang diberi latihan khusus hingga pasukan DI/TII pun berhasil dikalahkan. Seusai penumpasan DI/TII tersebut, ia kembali ke Staf Angkatan Darat.



    ReplyDelete
  15. ada tahun 1955, Achmad Yani disekolahkan pada
    Advertisement
    Command and General Staff College di Fort Leaven Worth, Kansas, USA selama sembilan bulan. Pada tahun 1956, ia juga mengikuti pendidikan selama dua bulan pada Spesial Warfare Course di Inggris. Tahun 1958 saat pemberontakan PRRI terjadi di Sumatera Barat, Achmad Yani yang masih berpangkat Kolonel diangkat menjadi Komandan Komando Operasi 17 Agustus untuk memimpin penumpasan pemberontakan PRRI dan berhasil menumpasnya. Hingga pada tahun 1962, ia diangkat menjadi Menteri/Panglima Angkatan Darat.

    Achmad Yani selalu berbeda paham dengan PKI (Partai Komunis Indonesia). Ia menolak keinginan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima yang terdiri dari buruh dan tani yang dipersenjatai. Oleh karena itu, ia menjadi salah satu target PKI yang diculik dan dibunuh di antara tujuh petinggi TNI Angkatan Darat melalui Pemberontakan G30S/PKI (Gerakan Tiga Puluh September/PKI). Achmad Yani ditembak di depan kamar tidurnya pada tanggal 1 Oktober 1965 (dinihari). Jenazahnya kemudian ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur dan dimakamkan secara layak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Achmad Yani gugur sebagai Pahlawan Revolusi. Pangkat sebelumnya sebagai Letnan Jenderal dinaikkan satu tingkat (sebagai penghargaan) menjadi Jenderal. Biografiku.com

    Biodata Jenderal Ahmad Yani
    Nama : Ahmad Yani

    Riwayat hidup :

    HIS (setingkat SD) Bogor, tamat tahun 1935
    MULO (setingkat SMP) kelas B Afd. Bogor, tamat tahun 1938
    AMS (setingkat SMU) bagian B Afd. Jakarta, berhenti tahun 1940

    Pendidikan Militer :

    Pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang
    Pendidikan Heiho di Magelang
    Tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor
    Command and General Staf College di Fort Leaven Worth, Kansas, USA, tahun 1955
    Spesial Warfare Course di Inggris, tahun 1956

    Riwayat Karir
    Jabatan terakhir : Menteri Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad) sejak tahun 1962
    Bintang Kehormatan :

    Bintang RI Kelas II
    Bintang Sakti
    Bintang Gerilya
    Bintang Sewindu Kemerdekaan I dan II
    Satyalancana Kesetyaan VII, XVI
    Satyalancana G:O.M. I dan VI
    Satyalancana Sapta Marga (PRRI)
    Satyalancana Irian Barat (Trikora)
    Ordenon Narodne Armije II Reda Yugoslavia (1958)
    Tanda Penghormatan : Pahlawan Revolusi

    ReplyDelete
  16. Tjoet Nyak Meutia (Keureutoe, Pirak, Aceh Utara, 1870 - Alue Kurieng, Aceh, 24 Oktober 1910) adalah pahlawan nasional Indonesia dari daerah Aceh. Ia dimakamkan di Alue Kurieng, Aceh. Ia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964.

    Awalnya Tjoet Meutia melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama suaminya Teuku Muhammad atau Teuku Tjik Tunong. Namun pada bulan Maret 1905, Tjik Tunong berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe. Sebelum meninggal, Teuku Tjik Tunong berpesan kepada sahabatnya Pang Nagroe agar mau menikahi istrinya dan merawat anaknya Teuku Raja Sabi.

    Tjoet Meutia kemudian menikah dengan Pang Nagroe sesuai wasiat suaminya dan bergabung dengan pasukan lainnya dibawah pimpinan Teuku Muda Gantoe. Pada suatu pertempuran dengan Korps Marechausée di Paya Cicem, Tjoet Meutia dan para wanita melarikan diri ke dalam hutan. Pang Nagroe sendiri terus melakukan perlawanan hingga akhirnya tewas pada tanggal 26 September 1910.

    Tjoet Meutia kemudian bangkit dan terus melakukan perlawanan bersama sisa-sisa pasukkannya. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo melewati hutan belantara. Namun pada tanggal 24 Oktober 1910, Tjoet Meutia bersama pasukkannya bentrok dengan Marechausée di Alue Kurieng. Dalam pertempuran itu Tjoet Njak Meutia gugur.

    ReplyDelete
  17. abid fadurrohman VIIFebruary 11, 2016 at 1:53 PM

    (Sanskerta: phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala)[butuh rujukan] yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani[1]

    ReplyDelete
  18. Adisucipto (Adisutjipto) lahir tanggal 4 Juli 1916 di Salatiga, Jawa Tengah. Otaknya encer dan prestasinya di sekolah sangat memuaskan. Lulus dari Algemene Middelbare School (AMS) Semarang tahun 1936, dia ingin melanjutkan masuk Akademi Militer Belanda di Breda. Namun sang ayah menyarankan Adisutjipto masuk Geneeskundige Hooge Shool (Sekolah Tinggi Kedokteran) di Jakarta. Tjipto diam-diam mengikuti tes dan diterima di Militaire Luchtvaart Opleidings School atau Sekolah Penerbangan Militer di Kalijati Subang. Tjipto lulus lebih cepat dan mendapat nilai yang sangat baik. Dia berhak menyandang pangkat letnan muda udara. Tjipto juga mendapat brevet penerbang kelas atas. Konon dialah satu-satunya orang Indonesia yang saat itu mempunyai brevet penerbang kelas atas.

    Dalam buku Bakti TNI Angkatan Udara 1946-2003 ditulis Tjipto kemudian mendapat tugas di Skadron Pengintai di Jawa. Saat Jepang mengalahkan Belanda, seluruh penerbang Belanda dibebastugaskan. Tjipto kembali ke Salatiga dan bekerja sebagai juru tulis. Di kota ini pula Tjipto menyunting seorang gadis bernama Rahayu.

    Setelah kemerdekaan, tanggal 5 Oktober 1945 juga dibentuk Tentara Keamanan Rakyat Jawatan Penerbangan. Surjadi Suryadarma yang memimpin jawatan ini memanggil Adisutjipto untuk membantu membentuk angkatan udara. Kondisi angkatan udara saat itu sangat memprihatinkan. Tidak ada pilot, tidak ada mekanik pesawat, tidak ada dana, hanya ada beberapa pesawat tua peninggalan Jepang.

    Tapi Adisutjipto nekat menerbangkan pesawat-pesawat itu. Tanggal 10 Oktober 1945 dia berhasil menerbangkan pesawat jenis Nishikoren yang dicat merah putih dari Tasikmalaya ke Maguwo, Yogyakarta. Tanggal 27 Oktober 1945 dia berhasil menerbangkan pesawat Cureng berbendera merah putih di sekitar Yogya. Bukan tanpa maksud Tjipto melakukan itu. Hal ini dilakukannya untuk memompa semangat perjuangan rakyat.

    ReplyDelete
  19. Tanggal 1 Desember 1945, Adisutjipto dan Surjadi Suryadarma mendirikan sekolah penerbang. Lagi-lagi dalam situasi serba kekurangan. Tjipto menjadi instruktur, sementara Surjadi mengurus administrasi. Angkatan pertama, ada 31 siswa yang mengikuti sekolah penerbangan itu. Hanya bermodal pesawat tua tidak menyurutkan langkah para perintis TNI AU ini untuk belajar.

    "Kalian menerbangkan peti mati,"
    Advertisement
    ujar para penerbang Kerajaan Inggris yang mengunjungi Lanud Maguwo Yogyakarta tahun 1945. Para penerbang itu geleng-geleng melihat deretan pesawat Cureng buatan Jepang yang jumlahnya tidak seberapa di landasan pacu. Pesawat Cureng itu buatan tahun 1933, beberapa kondisinya jauh dari layak. Karena itu tidak salah jika pilot Inggris menyebutnya peti mati terbang.Tapi Kepala Sekolah Penerbang Maguwo, Komodor Adisutjipto, cuek saja mendengar ucapan tentara Inggris itu. Kadet-kadet sekolah penerbang itu mencatat prestasi membanggakan. Bukan hanya mencatat zero accident, Suharnoko, Harbani, Soetardjo Sigit dan Moeljono berhasil mengebom tangsi-tangsi Belanda di Salatiga, Ambarawa dan Semarang.

    Tahun 1947, Adisutjipto dan rekan-rekannya ditugasi pemerintah RI untuk mencari bantuan obat-obatan bagi Palang Merah Indonesia. Bantuan didapat dari Palang merah Malaya, sementara pesawat angkut Dakota VT-CLA merupakan bantuan dari saudagar di India. Penerbangan dilakukan secara terbuka. Misi kemanusiaan ini telah mendapat persetujuan dari Belanda dan Inggris.

    Namun tanggal 29 Juli 1947, saat pesawat hendak mendarat di Maguwo, tiba-tiba dua pesawat pemburu Kitty Hawk milik Belanda muncul. Pesawat pemburu tersebut langsung menembaki Dakota yang ditumpangi Tjipto dan rekan-rekannya. Pesawat jatuh dan terbakar, Tjipto dan tujuh rekannya gugur. Hanya satu yang berhasil selamat. Entah apa maksud Belanda melanggar kesepakatan, namun diduga karena ingin membalas serangan kadet-kadet Indonesia yang mengebom tangsi Belanda.
    disutjipto baru berumur 31 tahun saat gugur. Keberanian dan semangatnya terus diceritakan dari generasi ke generasi. Memotivasi para penerbang TNI AU untuk melakukan hal serupa. Atas jasa-jasanya pemerintah memberikan gelar Bapak Penerbang Republik Indonesia pada Adisutjipto. Lapangan Udara Maguwo pun diubah namanya menjadi Lanud Adisutjipto.

    ReplyDelete
  20. Biografi Buya HAMKA

    Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan HAMKA adalah seorang ulama, sastrawan, sejarawan, dan juga politikus yang sangat terkenal di Indonesia. Buya HAMKA juga seorang pembelajar yang otodidak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Hamka pernah ditunjuk sebagai menteri agama dan juga aktif dalam perpolitikan Indonesia. Hamka lahir di desa kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 dan meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 pada umur 73 tahun.

    buya-hamka
    Biografi Buya HAMKA dari Biografi Web

    Hamka juga diberikan sebutan Buya, yaitu panggilan buat orang Minangkabau yang berasal dari kata abi, abuya dalam bahasa Arab, yang berarti ayahku, atau seseorang yang dihormati. Ayahnya adalah Syekh Abdul Karim bin Amrullah, yang dikenal sebagai Haji Rasul, yang merupakan pelopor Gerakan Islah (tajdid) di Minangkabau, sekembalinya dari Makkah pada tahun 1906. Beliau dibesarkan dalam tradisi Minangkabau. Masa kecil HAMKA dipenuhi gejolak batin karena saat itu terjadi pertentangan yang keras antara kaum adat dan kaum muda tentang pelaksanaan ajaran Islam. Banyak hal-hal yang tidak dibenarkan dalam Islam, tapi dipraktikkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Putra HAMKA bernama H. Rusydi HAMKA, kader PPP, anggota DPRD DKI Jakarta. Anak Angkat Buya Hamka adalah Yusuf Hamka, Chinese yang masuk Islam.
    RIWAYAT PENDIDIKAN HAMKA

    HAMKA di Sekolah Dasar Maninjau hanya sampai kelas dua. Ketika usia 10 tahun, ayahnya telah mendirikan Sumatera Thawalib di Padang Panjang. Di situ HAMKA mempelajari agama dan mendalami bahasa Arab. HAMKA juga pernah mengikuti pengajaran agama di surau dan masjid yang diberikan ulama terkenal seperti Syeikh Ibrahim Musa, Syeikh Ahmad Rasyid, Sutan Mansur, R.M. Surjopranoto dan Ki Bagus Hadikusumo.

    Sejak muda, HAMKA dikenal sebagai seorang pengelana. Bahkan ayahnya, memberi gelar Si Bujang Jauh. Pada usia 16 tahun ia merantau ke Jawa untuk menimba ilmu tentang gerakan Islam modern kepada HOS Tjokroaminoto, Ki Bagus Hadikusumo, RM Soerjopranoto, dan KH Fakhrudin. Saat itu, HAMKA mengikuti berbagai diskusi dan training pergerakan Islam di Abdi Dharmo Pakualaman, Yogyakarta.
    RIWAYAT KARIER HAMKA

    HAMKA bekerja sebagai guru agama pada tahun 1927 di Perkebunan Tebing Tinggi, Medan. Pada tahun 1929 di Padang Panjang, HAMKA kemudian dilantik sebagai dosen di Universitas Islam, Jakarta dan Universitas Muhammadiyah, Padang Panjang dari tahun 1957- 1958. Setelah itu, beliau diangkat menjadi rektor Perguruan Tinggi Islam, Jakarta dan Profesor Universitas Mustopo, Jakarta.

    Sejak perjanjian Roem-Royen 1949, ia pindah ke Jakarta dan memulai kariernya sebagai pegawai di Departemen Agama pada masa KH Abdul Wahid Hasyim. Waktu itu HAMKA sering memberikan kuliah di berbagai perguruan tinggi Islam di Tanah Air.

    Dari tahun 1951 hingga tahun 1960, beliau menjabat sebagai Pegawai Tinggi Agama oleh Menteri Agama Indonesia. Pada 26 Juli 1977 Menteri Agama Indonesia, Prof. Dr. Mukti Ali, melantik HAMKA sebagai Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia tetapi beliau kemudian meletakkan jabatan itu pada tahun 1981 karena nasihatnya tidak dipedulikan oleh pemerintah Indonesia.
    RIWAYAT ORGANISASI HAMKA

    HAMKA aktif dalam gerakan Islam melalui organisasi Muhammadiyah. Beliau mengikuti pendirian Muhammadiyah mulai tahun 1925 untuk melawan khurafat, bid’ah, tarekat dan kebatinan sesat di Padan g Panjang. Mulai tahun 1928 beliau mengetuai cabang Muhammadiyah di Padang Panjang. Pada tahun 1929 HAMKA mendirikan pusat latihan pendakwah Muhammadiyah dan dua tahun kemudian beliau menjadi konsul Muhammadiyah di Makassar. Kemudian beliau terpilih menjadi ketua Majelis Pimpinan Muhammadiyah di Sumatera Barat oleh Konferensi Muhammadiyah, menggantikan S.Y. Sutan Mangkuto pada tahun 1946. Pada tahun 1953, HAMKA dipilih sebagai penasihat pimpinan Pusat Muhammadiya

    ReplyDelete
  21. RIWAYAT ORGANISASI HAMKA

    HAMKA aktif dalam gerakan Islam melalui organisasi Muhammadiyah. Beliau mengikuti pendirian Muhammadiyah mulai tahun 1925 untuk melawan khurafat, bid’ah, tarekat dan kebatinan sesat di Padan g Panjang. Mulai tahun 1928 beliau mengetuai cabang Muhammadiyah di Padang Panjang. Pada tahun 1929 HAMKA mendirikan pusat latihan pendakwah Muhammadiyah dan dua tahun kemudian beliau menjadi konsul Muhammadiyah di Makassar. Kemudian beliau terpilih menjadi ketua Majelis Pimpinan Muhammadiyah di Sumatera Barat oleh Konferensi Muhammadiyah, menggantikan S.Y. Sutan Mangkuto pada tahun 1946. Pada tahun 1953, HAMKA dipilih sebagai penasihat pimpinan Pusat Muhammadiyah.
    AKTIVITAS POLITIK HAMKA

    Kegiatan politik HAMKA bermula pada tahun 1925 ketika beliau menjadi anggota partai politik Sarekat Islam. Pada tahun 1945, beliau membantu menentang usaha kembalinya penjajah Belanda ke Indonesia melalui pidato dan menyertai kegiatan gerilya di dalam hutan di Medan. Pada tahun 1947, HAMKA diangkat menjadi ketua Barisan Pertahanan Nasional, Indonesia.

    Pada tahun 1955 HAMKA beliau masuk Konstituante melalui partai Masyumi dan menjadi pemidato utama dalam Pilihan Raya Umum. Pada masa inilah pemikiran HAMKA sering bergesekan dengan mainstream politik ketika itu. Misalnya, ketika partai-partai beraliran nasionalis dan komunis menghendaki Pancasila sebagai dasar negara. Dalam pidatonya di Konstituante, HAMKA menyarankan agar dalam sila pertama Pancasila dimasukkan kalimat tentang kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknyan sesuai yang termaktub dalam Piagam Jakarta. Namun, pemikiran HAMKA ditentang keras oleh sebagian besar anggota Konstituante, termasuk Presiden Sukarno. Perjalanan politiknya bisa dikatakan berakhir ketika Konstituante dibubarkan melalui Dekrit Presiden Soekarno pada 1959. Masyumi kemudian diharamkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1960. Meski begitu, HAMKA tidak pernah menaruh dendam terhadap Sukarno. Ketika Sukarno wafat, justru HAMKA yang menjadi imam salatnya. Banyak suara-suara dari rekan sejawat yang mempertanyakan sikap HAMKA. “Ada yang mengatakan Sukarno itu komunis, sehingga tak perlu disalatkan, namun HAMKA tidak peduli. Bagi HAMKA, apa yang dilakukannya atas dasar hubungan persahabatan. Apalagi, di mata HAMKA, Sukarno adalah seorang muslim.

    Dari tahun 1964 hingga tahun 1966, HAMKA dipenjarakan oleh Presiden Soekarno karena dituduh pro-Malaysia. Semasa dipenjarakan, beliau mulai menulis Tafsir al-Azhar yang merupakan karya ilmiah terbesarnya. Setelah keluar dari penjara, HAMKA diangkat sebagai anggota Badan Musyawarah Kebajikan Nasional, Indonesia, anggota Majelis Perjalanan Haji Indonesia dan anggota Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia.

    Pada tahun 1978, HAMKA lagi-lagi berbeda pandangan dengan pemerintah. Pemicunya adalah keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef untuk mencabut ketentuan libur selama puasa Ramadan, yang sebelumnya sudah menjadi kebiasaan.

    Idealisme HAMKA kembali diuji ketika tahun 1980 Menteri Agama Alamsyah Ratuprawiranegara meminta MUI mencabut fatwa yang melarang perayaan Natal bersama. Sebagai Ketua MUI, HAMKA langsung menolak keinginan itu. Sikap keras HAMKA kemudian ditanggapi Alamsyah dengan rencana pengunduran diri dari jabatannya. Mendengar niat itu, HAMKA lantas meminta Alamsyah untuk mengurungkannya. Pada saat itu pula HAMKA memutuskan mundur sebagai Ketua MUI.

    ReplyDelete
  22. AKTIVITAS SASTRA HAMKA

    Selain aktif dalam soal keagamaan dan politik, HAMKA merupakan seorang wartawan, penulis, editor dan penerbit. Sejak tahun 1920-an, HAMKA menjadi wartawan beberapa buah akhbar seperti Pelita Andalas, Seruan Islam, Bintang Islam dan Seruan Muhammadiyah. Pada tahun 1928, beliau menjadi editor majalah Kemajuan Masyarakat. Pada tahun 1932, beliau menjadi editor dan menerbitkan majalah al-Mahdi di Makasar. HAMKA juga pernah menjadi editor majalah Pedoman Masyarakat, Panji Masyarakat dan Gema Islam.

    HAMKA juga menghasilkan karya ilmiah Islam dan karya kreatif seperti novel dan cerpen. Karya ilmiah terbesarnya ialah Tafsir al-Azhar (5 jilid). Pada 1950, ia mendapat kesempatan untuk melawat ke berbagai negara daratan Arab. Sepulang dari lawatan itu, HAMKA menulis beberapa roman. Antara lain Mandi Cahaya di Tanah Suci, Di Lembah Sungai Nil, dan Di Tepi Sungai Dajlah. Sebelum menyelesaikan roman-roman di atas, ia telah membuat roman yang lainnya. Seperti Di Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Merantau ke Deli, dan Di Dalam Lembah Kehidupan merupakan roman yang mendapat perhatian umum dan menjadi buku teks sastera di Malaysia dan Singapura. Setelah itu HAMKA menulis lagi di majalah baru Panji Masyarakat yang sempat terkenal karena menerbitkan tulisan Bung Hatta berjudul Demokrasi Kita.
    AKTIVITAS KEAGAMAAN

    Setelah peristiwa 1965 dan berdirinya pemerintahan Orde Baru, HAMKA secara total berperan sebagai ulama. Ia meninggalkan dunia politik dan sastra. Tulisan-tulisannya di Panji Masyarakat sudah merefleksikannya sebagai seorang ulama, dan ini bisa dibaca pada rubrik Dari Hati Ke Hati yang sangat bagus penuturannya. Keulamaan HAMKA lebih menonjol lagi ketika dia menjadi ketua MUI pertama tahun 1975.

    HAMKA dikenal sebagai seorang moderat. Tidak pernah beliau mengeluarkan kata-kata keras, apalagi kasar dalam komunikasinya. Beliau lebih suka memilih menulis roman atau cerpen dalam menyampaikan pesan-pesan moral Islam.

    Ada satu yang sangat menarik dari Buya HAMKA, yaitu keteguhannya memegang prinsip yang diyakini. Inilah yang membuat semua orang menyeganinya. Sikap independennya itu sungguh bukan hal yang baru bagi HAMKA. Pada zamam pemerintah Soekarno, HAMKA berani mengeluarkan fatwa haram menikah lagi bagi Presiden Soekarno. Otomatis fatwa itu membuat sang Presiden berang ’kebakaran jenggot’. Tidak hanya berhenti di situ saja, HAMKA juga terus-terusan mengkritik kedekatan pemerintah dengan PKI waktu itu. Maka, wajar saja kalau akhirnya dia dijebloskan ke penjara oleh Soekarno. Bahkan majalah yang dibentuknya ”Panji Masyarat” pernah dibredel Soekarno karena menerbitkan tulisan Bung Hatta yang berjudul ”Demokrasi Kita” yang terkenal itu. Tulisan itu berisi kritikan tajam terhadap konsep Demokrasi Terpimpin yang dijalankan Bung Karno. Ketika tidak lagi disibukkan dengan urusan-urusan politik, hari-hari HAMKA lebih banyak diisi dengan kuliah subuh di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan.
    WAFATNYA HAMKA

    Pada tanggal 24 Juli 1981 HAMKA telah pulang ke rahmatullah. Jasa dan pengaruhnya masih terasa sehingga kini dalam memartabatkan agama Islam. Beliau bukan sahaja diterima sebagai seorang tokoh ulama dan sastrawan di negara kelahirannya, bahkan jasanya di seantero Nusantara, ter masuk Malaysia dan Singapura, turut dihargai.
    PENGHARGAAN

    Atas jasa dan karya-karyanya, HAMKA telah menerima anugerah penghargaan, yaitu Doctor Honoris Causa dari Universitas al-Azhar Cairo (tahun 1958), Doctor Honoris Causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia (tahun 1958), dan Gelar Datuk Indono dan Pengeran Wiroguno dari pemerintah Indonesia

    ReplyDelete
  23. 9.yang lain:else
    10.mahal:expensive

    1.b.any
    3.c.you're apologized
    5.c.will
    9.c.are we going to

    4.ubi/singkong:cassava
    16.gurun pasir:dessert
    17.gua:cave
    18.pantai:seashore
    19.lautan:ocean

    ReplyDelete
  24. 12.c. remind her
    13.b. metty

    16.c. gardening
    19.b. watching tv

    3.beruntung:luck
    5.tertentu:certain
    7.kolam:pond
    10.memilih:choose
    12.didalam: inside
    19.kesukaan:hobby

    ReplyDelete
  25. Biodata

    Nama Lengkap : Cut Nyak Dhien
    Tempat Lahir : Lampadang, Kesultanan Aceh
    Tahun Lahir : 1848
    Meninggal : 6 November 1908. Sumedang, Hindia Belanda
    Agama : Islam



    Kehidupan
    Cut Nyak Dhien lahir pada tahun 1848 di Aceh Besar di wilayah VI Mukimm, ia terlahir dari kalangan keluarga bangsawan. Ayahnya bernama Teuku Nanta Seutia, seorang uleebalang, yang juga mempunyai keturunan dari Datuk Makhudum Sati.

    Datuk Makhudum Sati datang ke Aceh pada abad ke 18 ketika kesultanan Aceh diperintah oleh Sultan Jamalul Badrul Munir. Oleh sebab itu, Ayah dari Cut Nyak Dhien merupakan keturunan Minangkabau. Ibu Cut Nyak Dhien adalah putri uleebalang Lampagar.

    Pada masa kecil Cut Nyak Dhien, Ia memperoleh pendidikan agama (yang dididik oleh orang tua ataupun guru agama) dan rumah tangga (memasak, melayani suami, dan yang menyangkut kehidupan sehari-hari yang dididik baik oleh orang tuanya). Banyak laki-laki yang suka pada Cut Nyak Dhien dan berusaha melamarnya. Pada usia 12 tahun, ia sudah dinikahkan oleh orang tuanya pada tahun 1862 dengan Teuku Ibrahim Lamnga, putra dari uleebalang Lamnga XIII. Namun pada tahun 1878 Teuku Ibrahim Lamnga suami dari Cut Nyak Dhien tewas karena telah gugur dalam perang melawan Belanda di Gle Tarum pada tanggal 29 Juni 1878.

    Meninggalnya Ibrahim Lamnga membuat duka yang mendalam bagi Cut Nyak Dhien. Tidak lama setelah kematian Ibrahim Lamnga, Cut Nyak Dhien dipersunting oleh Teuku Umar pada tahun 1880.


    Teuku Umar adalah salah satu tokoh yang melawan Belanda. Pada awalnya Cut Nyak Dhien menolak, tetapi karena Teuku Umar memperbolehkannya ikut serta dalam medan perang, Cut Nyak Dhien setuju untuk menikah dengannya pada tahun 1880. Mereka dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Cut Gambang. Setelah pernikahannya dengan Teuku Umar, ia bersama Teuku Umar bertempur bersama melawan Belanda.

    ReplyDelete
  26. Perang Aceh(cut nyak dien)
    Perang dilanjutkan secara gerilya dan dikobarkan perang fi'sabilillah. Sekitar tahun 1875, Teuku Umar melakukan gerakan dengan mendekati Belanda dan hubungannya dengan orang Belanda semakin kuat. Pada tanggal 30 September 1893, Teuku Umar dan pasukannya yang berjumlah 250 orang pergi ke Kutaraja dan "menyerahkan diri" kepada Belanda. Belanda sangat senang karena musuh yang berbahaya mau membantu mereka, sehingga mereka memberikan Teuku Umar gelar Teuku Umar Johan Pahlawan dan menjadikannya komandan unit pasukan Belanda dengan kekuasaan penuh. Teuku Umar merahasiakan rencana untuk menipu Belanda, meskipun ia dituduh sebagai penghianat oleh orang Aceh. Bahkan, Cut Nyak Meutia datang menemui Cut Nyak Dhien dan memakinya.

    Cut Nyak Dien berusaha menasehatinya untuk kembali melawan Belanda. Namun, Teuku Umar masih terus berhubungan dengan Belanda. Umar lalu mencoba untuk mempelajari taktik Belanda, sementara pelan-pelan mengganti sebanyak mungkin orang Belanda di unit yang ia kuasai. Ketika jumlah orang Aceh pada pasukan tersebut cukup, Teuku Umar melakukan rencana palsu pada orang Belanda dan mengklaim bahwa ia ingin menyerang basis Aceh.

    Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien pergi dengan semua pasukan dan perlengkapan berat, senjata, dan amunisi Belanda, lalu tidak pernah kembali. Penghianatan ini disebut Het verraad van Teukoe Oemar (pengkhianatan Teuku Umar).

    Teuku Umar yang mengkhianati Belanda menyebabkan Belanda marah dan melancarkan operasi besar-besaran untuk menangkap Teuku Umar dan Chut Nyak Dhien. Namun, gerilyawan kini dilengkapi perlengkapan dari Belanda. Mereka mulai menyerang Belanda dan pasukan musuh berada pada kekacauan sementara Jend. Van Swieten diganti. Penggantinya, Jend. Jakobus Ludovicius Hubertus Pel, dengan cepat terbunuh dan pasukan Belanda berada pada kekacauan. Belanda lalu mencabut gelar Teuku Umar dan membakar rumahnya, dan juga mengejar keberadaannya.

    Teuku umar dan Chut Nyak Dhien terus menekan Belanda, lalu menyerang Banda Aceh (Kutaraja) dan Meulaboh (bekas basis Teuku Umar), sehingga Belanda terus-terusan mengganti jendral yang bertugas. Unit "Maréchaussée" lalu dikirim ke Aceh. Mereka dianggap biadab dan sangat sulit ditaklukan oleh orang Aceh. Selain itu, kebanyakan pasukan "De Marsose" merupakan orang Tionghoa-Ambon yang menghancurkan semua yang ada di jalannya. Akibat dari hal ini, pasukan Belanda merasa simpati kepada orang Aceh dan Van der Heyden membubarkan unit "De Marsose". Peristiwa ini juga menyebabkan kesuksesan jendral selanjutnya karena banyak orang yang tidak ikut melakukan jihad kehilangan nyawa mereka, dan ketakutan masih tetap ada pada penduduk Aceh.

    Jendral Joannes Benedictus van Heutsz memanfaatkan ketakutan ini dan mulai menyewa orang Aceh untuk memata-matai pasukan pemberontak Teuku Umar sebagai informan sehingga Belanda menemukan rencana Teuku Umar untuk menyerang Meulaboh pada tanggal 11 Februari 1899. Akhirnya, Teuku Umar gugur tertembak peluru.

    Setelah kematian Teuku Umar, Cut Nyak Dien memimpin pasukan perlawanan melawan Belanda di daerah pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya dan mencoba melupakan suaminya. Pasukan ini terus bertempur sampai kehancurannya pada tahun 1901 karena tentara Belanda sudah terbiasa berperang di medan daerah Aceh. Selain itu, Cut Nyak Dien sudah semakin tua.

    ReplyDelete
  27. Masa Tua dan Kematian
    Cut Nyak Dhien ditangkap dan dibawa ke Banda Aceh dan dirawat di rumah sakit disana, sementara itu Cut Gambang berhasil melarikan diri ke hutan dan meneruskan perlawanan yang sudah dilakukan oleh ayah dan ibunya.

    Penyakitnya seperti rabun dan encok berangsur-angsur sembuh. Namun, Cut Nyak Dien akhirnya dibuang ke Sumedang, Jawa Barat, karena ketakutan Belanda bahwa kehadirannya akan menciptakan semangat perlawanan dan juga karena ia terus berhubungan dengan pejuang yang belum tunduk.

    Pada tanggal 6 November 1908, Cut Nyak Dhien meninggal karena usianya yang sudah tua. Makam "Ibu Perbu" baru ditemukan pada tahun 1959 berdasarkan permintaan Gubernur Aceh saat itu, Ali Hasan. "Ibu Perbu" diakui oleh Presiden Soekarno sebagai Pahlawan Nasional Indonesia melalui SK Presiden RI No.106 Tahun 1964 pada tanggal 2 Mei 1964.

    Makam Cut Nyak Dhien pertama kali dipugar pada 1987 dan dapat terlihat melalui monumen peringatan di dekat pintu masuk yang tertulis tentang peresmian makam yang ditandatangani oleh Gubernur Aceh Ibrahim Hasan pada tanggal 7 Desember 1987. Makam Cut Nyak Dhien dikelilingi pagar besi yang ditanam bersama beton dengan luas 1.500 m2. Di belakang makam terdapat musholla dan di sebelah kiri makam terdapat banyak batu nissan yang dikatakan sebagai makam keluarga ulama H. Sanusi.

    Pada batu nissan Cut Nyak Dhien, tertulis riwayat hidupnya, tulisan bahasa Arab, Surah At-Taubah dan Al-Fajr, serta hikayat cerita Aceh.

    ReplyDelete
  28. 8.bagus:good
    9.tempat:place
    10.beberapa:some
    11.mendengar:listen
    12.dengan hati:carefully
    15.mulai:starting
    16.mengatakan:talk
    18.jelas:clear
    19.selanjutnya:next

    4.ingin:wants
    5.segalanya:every things
    7.bunga:flowers
    10.menerima:receive

    ReplyDelete
  29. 4.guide
    5.the tables
    6.depending
    7.any where
    9.talk
    11.inside
    12.everything
    13.pround
    14.heart
    19.above

    ReplyDelete
  30. cut nyak dien dimakamkan di gunung puyuh [sumedang] ia adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dari aceh yang berjuang melawan penjajah belanda pada masa perang aceh. setelah wilayah 6 mukim diserang ,ia mengungsi ,sementara suaminya Ibrahim lamnga bertempur melawan belanda. ibrahim lamga tewas di gle tarumod tanggal 29 juni 1978 yang menyebabkan cut nyak dien menjadi sangat marah dan bersumpah hendak menghancurkan para penjajah belanda.

    ReplyDelete
  31. PENYAMARAN SRIGALA
    seekor srigala kelaparan berkliaran mencari makanan. ketika itu menjelang sore ia belum juga makan apapun hari itu .merasa lelah dan lemah ,akhirnya ia sampai ke sebuah desa .
    ''aku harap dapat menemukan sekedar makanan disini''srigala berfikir sambil berkliaran dijalan. ia takut pada anjing dan manusia .tetapi iasangat lapar.untuk memperhatikan hal itu .
    Tiba-tiba ia mendengar gonggongan anjing.Diliuti perasaan takut ,iamulai berlari .Anjing anjing itu mengejarnya sepanjang jalan .ia berlari semakin cepat tetapi anjing-anjing itu semakin dekat dengannya .
    Melihat gerbang rumah pencelupankain terbuka,ia lari masuk ke dalamnya.ia tidak memerhatikan sebuah bak besar bahan celup biru terdat disana .
    ''byuur!'srigala yg malang itu tercebur kedalam bak dengan suara ceburan keras. Anjing-anjing yg menyalakitu segera tiba di rumah pencelupan itumereka turus mencari srigala ditempat itu.Cukup lama para sekelompok anjing itu mencari srigala di tempat itu.setelah merasa gagal menemukan srigala yg bersembunyi dalam bak,mereka lalu menyingkir pergi .
    Diam-diam melompat dari bak .''terima kasih tuhan ,anjing-anjing itu telah pergi,''katanya dg lega. Tiba-tiba ia terkejutkarena badannya sepenuhny menjadi biru. ''mengapa aku menjadi biru aepenuhnya apa yg harus ku lakukan sekarang?''
    ia terheran-heran dan segera kembali asuk ke hutan.Seluruh binatang di enuhi rasa takut ketika melihatnya.''Betapa anehnya makhluk itu! apakahitu nyata atau sesosok hantu?''mereka saling bertanya satu sama lain dan segera menyingkir.
    Sambil meninggalkan suaranya ia berteriak ''Aku adalah rajamu yg baru. Tuhan telahmengirimku kesini untuk menjagamu.''Binatang binatangitu sangat sederhana. mereka mempercayainya.''mohon maafkan kami ,tuan.Apa yg dapat kami lakukan untuk anda .''
    srigala berkata,''kalian harus mengurus keperlan ku.bawakan aku makanan lezat untuk makananku sehari hari.taatilah perintahku dan hormatlah kepadaku.''
    ''ya tentu,wahai raja.kami akan senantiasa mengurus anda dg baik.''
    ''betapa bodohnya binatang binatang ini, yang mempercayai aku
    .kuharapdapat hidup seperti raja selamanya.'' pikir srigala

    ReplyDelete
  32. nilai:12:benda-benda;things
    nilai:15;1,b,any
    3,c,you're apologized
    4,b,any
    9,c,are we going to
    1o,b,i am going to
    nilai:16:5.anggur:grapes
    16.gurun pasir:dessert
    18.pantai:seashore
    19.lautan:ocean
    nilai:17:10.karena:because
    nilai:18:12.c.remind her
    nilai:21:3.beruntung:luck
    8.kotor:dirty
    nilai:22:4.guide
    5.the tables
    6.depending
    8.days
    9.talk
    10:change
    11.inside
    12.everything
    13.proud
    15.heart
    16.know
    18.blessing
    19.above
    20.wherever
    nilai:23:19.melakukan:put
    nilai:24:7.memesan:order
    nilai:26:7.pergi:go
    19.ketika when
    nilai:27:7.b.grows
    9.b.cleans
    nilai:28:2.false"f"
    nilai:29:3.maksud:mean
    9.tempat:place
    12.dengan hati-hati:carefully
    16.mengatakan:tell
    18.jelas:clear
    nilai:30:13.juga:too
    nilai:32:4.ingin:wants
    nilai:34:2.benar:correct
    10.harus:must
    17.mmelihat:look

    ReplyDelete
  33. Perang Dunia II, atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat menjadi PDII atau PD2), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.[1]

    Kekaisaran Jepang berusaha mendominasi Asia Timur dan sudah memulai perang dengan Republik Tiongkok pada tahun 1937,[2] tetapi perang dunia secara umum pecah pada tanggal 1 September 1939 dengan invasi ke Polandia oleh Jerman yang diikuti serangkaian pernyataan perang terhadap Jerman oleh Perancis dan Britania. Sejak akhir 1939 hingga awal 1941, dalam serangkaian kampanye dan perjanjian, Jerman membentuk aliansi Poros bersama Italia, menguasai atau menaklukkan sebagian besar benua Eropa. Setelah Pakta Molotov–Ribbentrop, Jerman dan Uni Soviet berpisah dan menganeksasi wilayah negara-negara tetangganya sendiri di Eropa, termasuk Polandia. Britania Raya, dengan imperium dan Persemakmurannya, menjadi satu-satunya kekuatan besar Sekutu yang terus berperang melawan blok Poros, dengan mengadakan pertempuran di Afrika Utara dan Pertempuran Atlantik. Bulan Juni 1941, Poros Eropa melancarkan invasi terhadap Uni Soviet yang menandakan terbukanya teater perang darat terbesar sepanjang sejarah, yang melibatkan sebagian besar pasukan militer Poros sampai akhir perang. Pada bulan Desember 1941, Jepang bergabung dengan blok Poros, menyerang Amerika Serikat dan teritori Eropa di Samudra Pasifik, dan dengan cepat menguasai sebagian besar Pasifik Barat.

    Serbuan Poros berhenti tahun 1942, setelah Jepang kalah dalam berbagai pertempuran laut dan tentara Poros Eropa dikalahkan di Afrika Utara dan Stalingrad. Pada tahun 1943, melalui serangkaian kekalahan Jerman di Eropa Timur, invasi Sekutu ke Italia, dan kemenangan Amerika Serikat di Pasifik, Poros kehilangan inisiatif mereka dan mundur secara strategis di semua front. Tahun 1944, Sekutu Barat menyerbu Perancis, sementara Uni Soviet merebut kembali semua teritori yang pernah dicaplok dan menyerbu Jerman beserta sekutunya. Perang di Eropa berakhir dengan pendudukan Berlin oleh tentara Soviet dan Polandia dan penyerahan tanpa syarat Jerman pada tanggal 8 Mei 1945. Sepanjang 1944 dan 1945, Amerika Serikat mengalahkan Angkatan Laut Jepang dan menduduki beberapa pulau di Pasifik Barat, menjatuhkan bom atom di negara itu menjelang invasi ke Kepulauan Jepang. Uni Soviet kemudian mengikuti melalui negosiasi dengan menyatakan perang terhadap Jepang dan menyerbu Manchuria. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros.

    ReplyDelete
  34. LATAR BELAKANG TERJADINYA PERANG DUNIA 1

    1. Pembunuhan Pangeran Austria Franz Ferdinand oleh kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip di Sarajevo.
    2. Persaingan merebut daerah sumber bahan baku, penanaman modal, dan daerah pemasaran.
    3. Munculnya persekutuan / Blok persaingan politik antar negara-negara Eropa : Triple Alliance : Jerman, Austria, Italia, Triple Entente : Inggris, Perancis, Uni Soviet

    Di Eropa abad ke-19, penjajahan tersebar luas. Kekuatan bangsa Eropa seperti Inggris dan Prancis telah membangun kekuasaan penjajahan di keempat penjuru dunia. Jerman, yang telah membangun kesatuan politiknya lebih lama daripada negara-negara lain, bekerja keras untuk menjadi pelopor dalam perlombaan ini.
    Pada awal abad ke-20, hubungan yang didasarkan pada kepentingan telah membagi Eropa menjadi dua kutub yang berlawanan. Inggris, Prancis, dan Rusia berada di satu pihak, dan Jerman beserta Kekaisaran Austria-Hungaria yang diperintah oleh keluarga Hapsburg asal Jerman berada di pihak lainnya.

    Ketegangan antara kedua kelompok ini semakin hari semakin meningkat, hingga akhirnya suatu pembunuhan pada tahun 1914 menjadi pemicu perang. Pangeran Franz Ferdinand, pewaris tahta Kekaisaran Austria-Hungaria, dibunuh oleh kaum nasionalis Serbia yang berusaha menekan pengaruh kekaisaran tersebut di daerah Balkan.

    Dalam kurun waktu yang amat singkat, hasutan setelah peristiwa ini menyeret seluruh benua Eropa ke dalam kancah peperangan. Pertama, Austria-Hungaria menyatakan perang kepada Serbia. Rusia, sekutu abadi bangsa Serbia kemudian menyatakan perang terhadap Austria-Hungaria.

    Lalu satu demi satu, Jerman, Inggris, dan Prancis, memasuki peperangan. Sumbu sudah dinyalakan.
    Bahkan sebelum perang dimulai, Dewan Jenderal Jerman telah membuat rencana dan memutuskan untuk menguasai Prancis melalui serangan mendadak. Untuk mencapai tujuan ini, orang-orang Jerman memasuki Belgia dan kemudian melintasi perbatasan memasuki Prancis. Menanggapi dengan cepat, pasukan Prancis menghentikan pasukan Jerman di tepi Sungai Marne dan memulai suatu serangan balik.
    Strategi Jerman

    Di awal tahun 1916, Jerman mengembangkan rencana baru untuk mendobrak garis barat. Rencana mereka adalah secara mendadak menyerang kota Verdun, yang dianggap sebagai kebanggaan orang Prancis. Tujuan penyerangan ini bukanlah memenangkan perang, melainkan menimbulkan kerugian yang besar di pihak Tentara Prancis sehingga melemahkan perlawanan mereka. Kepala staf Jerman Falkenhayn memperkirakan bahwa setiap satu serdadu Jerman saja dapat membunuh tiga orang serdadu Prancis.
    Serangan dimulai pada tanggal 21 Febuari. Para pemimpin Jerman memerintahkan serdadunya untuk "keluar dari parit mereka," namun tiap serdadu yang melakukannya justru telah tewas atau sekarat dalam sekitar tiga menit. Meskipun penyerangan berlangsung tanpa henti selama berbulan-bulan, Jerman gagal menduduki Verdun.

    Secara keseluruhan, kedua pihak kehilangan sekitar satu juta serdadu. Dan dengan pengorbanan itu, garis depan hanya berhasil maju sekitar 12 kilometer. Satu juta orang mati demi selusin kilometer.

    Balasan Inggris

    Inggris membalas serangan Jerman di Verdun dengan Pertempuran Somme. Pabrik-pabrik di Inggris membuat ratusan ribu selongsong meriam.

    Rencana Jendral Douglas Haig mendorong Pasukan Inggris untuk menghujani dengan pengeboman terus-menerus selama seminggu penuh, yang diikuti dengan serangan infanteri. Dia yakin mereka akan maju sejauh 14 kilometer di hari pertama saja dan kemudian menghancurkan semua garis pertahanan Jerman dalam satu minggu.

    Serangan dimulai pada tanggal 1 Juni. Pasukan meriam Inggris menggempur pertahanan Jerman selama seminggu tanpa henti. Di akhir minggu tersebut, para perwira Inggris memerintahkan serdadunya memanjat keluar dari parit. Namun, selama pengeboman tersebut para serdadu Jerman berlindung dengan rapat di kedalaman parit persembunyian mereka sehingga tidak terlumpuhkan dan menggagalkan rencana Inggris.

    ReplyDelete
  35. 2.B
    7.diperbaiki (R-D) =Repaired
    16.A.the writer's trip to yogyakarta
    18.E.the writer lift four jakarta on friday

    ReplyDelete
  36. Penyebab Perang Dunia I, yang dimulai di Eropa Tengah pada akhir Juli 1914, termasuk faktor saling terkait, seperti konflik dan permusuhan dari empat dekade menjelang perang. Militerisme, aliansi, imperialisme, dan nasionalisme juga memainkan peran utama dalam konflik ini. Meskipun begitu, asal usul langsung dari perang terletak pada keputusan yang Krisis itu terjadi setelah serangkaian pertikaian diplomatik yang panjang dan sulit antara negara-negara besar (Italia, Prancis, Jerman, Kerajaan Inggris, Kekaisaran Austria-Hongaria dan Rusia) atas isu-isu Eropa dan kolonial di dekade sebelum 1914 yang telah meninggalkan ketegangan tinggi. Pada gilirannya, bentrokan diplomatik ini dapat ditelusuri dengan perubahan keseimbangan kekuatan di Eropa sejak tahun 1867.[2] Penyebab lebih cepat untuk perang adalah ketegangan atas wilayah di Balkan. Austria-Hungaria bersaing dengan Serbia dan Rusia untuk wilayah dan pengaruh di wilayah ini dan mereka menarik seluruh negara-negara besar ke dalam konflik melalui berbagai aliansi dan perjanjian.diambil oleh para negarawan dan jenderal selama Krisis 1914, casus belli yang merupakan pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria dan istrinya oleh Gavrilo Princip, seorang Serbia.[1]

    ReplyDelete
  37. Pada tanggal 28 November, Menteri Luar Negeri Jerman, Gottlieb von Jagow mengatakan kepada Reichstag (parlemen Jerman), bahwa "Jika Austria dipaksa, untuk alasan apa pun, untuk memperjuangkan posisinya sebagai negara adidaya, maka kita harus mendampinginya."[3] Akibatnya, Menteri Luar Negeri Inggris Sir Edward Grey menanggapi dengan memperingati Pangeran Karl Lichnowsky, Duta Besar Jerman di London, bahwa jika Jerman menawarkan Austria "cek kosong" untuk perang di Balkan, maka "konsekuensi dari kebijakan tersebut tak akan bisa dihitung." Untuk mempertegas peringatan ini, R.B. Haldane, Lord Chancellor, bertemu dengan Pangeran Lichnowsky untuk memberi peringatan eksplisit bahwa jika Jerman yang menyerang Perancis, Inggris akan mengintervensi untuk mendukung Perancis.[3Dengan rekonstruksi militer Rusia dan komunikasi eksplisit dari Inggris, kemungkinan perang merupakan topik utama di Dewan Perang Kerajaan Jerman tanggal 8 Desember 1912 di Berlin, pertemuan informal dari beberapa pucuk pimpinan militer Jerman yang dipanggil dalam waktu singkat oleh Kaiser.[3] Yang menghadiri konferensi itu antara lain Kaiser Wilhelm II, Laksamana Alfred von Tirpitz, Sekretaris Angkatan Laut, Laksamana Georg Alexander von Müller, Ketua Kabinet Angkatan Laut Kekaisaran Jerman (Marinekabinett), Jenderal von Moltke, Kepala Staf Angkatan Darat , Laksamana August von Heeringen, Kepala Staf Umum Angkatan Laut dan Jenderal Moriz von Lyncker, Kepala Kabinet Militer Kerajaan Jerman.[3] Kehadiran para pemimpin dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut Jerman di Dewan Perang membuktikan pentingnya pertemuan ini. Namun, Kanselir Theobald von Bethmann-Hollweg dan Jenderal Josias von Heeringen, Menteri Urusan Perang Prusia, tidak diundang.[4]

    ReplyDelete
  38. Dengan rekonstruksi militer Rusia dan komunikasi eksplisit dari Inggris, kemungkinan perang merupakan topik utama di Dewan Perang Kerajaan Jerman tanggal 8 Desember 1912 di Berlin, pertemuan informal dari beberapa pucuk pimpinan militer Jerman yang dipanggil dalam waktu singkat oleh Kaiser.[3] Yang menghadiri konferensi itu antara lain Kaiser Wilhelm II, Laksamana Alfred von Tirpitz, Sekretaris Angkatan Laut, Laksamana Georg Alexander von Müller, Ketua Kabinet Angkatan Laut Kekaisaran Jerman (Marinekabinett), Jenderal von Moltke, Kepala Staf Angkatan Darat , Laksamana August von Heeringen, Kepala Staf Umum Angkatan Laut dan Jenderal Moriz von Lyncker, Kepala Kabinet Militer Kerajaan Jerman.[3] Kehadiran para pemimpin dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut Jerman di Dewan Perang membuktikan pentingnya pertemuan ini. Namun, Kanselir Theobald von Bethmann-Hollweg dan Jenderal Josias von Heeringen, Menteri Urusan Perang Prusia, tidak diundang.[4]Wilhelm II menyebut prinsip penyeimbangan kekuasaan Inggris sebagai sebuah "kebodohan," tapi setuju bahwa pernyataan Haldane adalah sebuah "klarifikasi yang diinginkan" dari kebijakan Inggris.[3] Pendapatnya adalah bahwa Austria harus menyerang Serbia pada bulan Desember, dan jika "Rusia mendukung Serbia, yang ia jelas tidak ... maka perang akan dihindari untuk kita juga," [3] dan itu akan lebih baik daripada pergi berperang setelah Rusia menyelesaikan modernisasi besar-besaran dan ekspansi militer mereka, yang baru saja dimulai. Moltke setuju. Dalam pendapat profesional militer "adalah perang dapat dihindari dan lebih cepat lebih baik".[3] Moltke "ingin melancarkan serangan langsung".[5]Baik Wilhelm II maupun pimpinan Angkatan Darat setuju bahwa jika perang diperlukan, perang itu lebih baik dilancarkan segera. Laksamana Tirpitz, bagaimanapun, meminta "penundaan pertempuran besar untuk satu setengah tahun"[3] karena Angkatan Laut Jerman tidak siap untuk perang besar, dimana Inggris termasuk sebagai lawan. Dia bersikeras bahwa penyelesaian pembangunan dasar U-boat di Heligoland dan pelebaran Terusan Kiel adalah prasyarat Angkatan Laut untuk perang.[3] Sejarawan Inggris, John Röhl mencat, tanggal untuk penyelesaian pelebaran Terusan Kiel adalah musim panas 1914.[5] Meskipun Moltke keberatan dengan penundaan perang, Wilhelm memihak Tirpitz.[3] Moltke "setuju untuk penundaan dengan enggan."[5]

    ReplyDelete
  39. Sejarawan lebih bersimpati kepada pemerintah Wilhelm II, sering menolak pentingnya Dewan Perang karena hanya menunjukkan pemikiran dan rekomendasi dari mereka yang hadir, tanpa keputusan yang diambil. Mereka sering mengutip bagian dari buku harian Laksamana Müller, yang menyatakan: "Itu adalah akhir dari konferensi Hasilnya tak ada.."[5] Tentu saja keputusan yang diambil adalah tak melakukan apa-apa.

    Sejarawan lebih simpatik terhadap Entente, seperti sejarawan Inggris, John Rohl, kadang-kadang agak ambisius menafsirkan kata-kata Laksamana Müller yang mengatakan bahwa "tidak ada" diputuskan untuk 1912-1913, tapi perang itu diputuskan selama musim panas 1914.[5] Rohl berpendapat bahwa bahkan jika Dewan Perang tidak mencapai keputusan yang mengikat yang jelas tidak, itu tetap menawarkan pandangan yang jelas tentang niat mereka,[5] atau setidaknya pikiran mereka, yang adalah bahwa jika harus ada perang, tentara Jerman ingin sebelum program persenjataan baru Rusia mulai menghasilkan sesuatu.[5]

    Pada November 1912, program restrukturisasi militer Rusia diumumkan, pimpinan Angkatan Darat Jerman mulai menyuarakan "perang pencegahan" melawan Rusia.[3][6] Moltke menyatakan bahwa Jerman tidak bisa memenangkan perlombaan senjata dengan Perancis, Inggris dan Rusia, yang dia sendiri telah mulai pada tahun 1911, karena struktur keuangan dari negara, yang memberikan memberi pemerintahan Reich sangat sedikit kekuasaan atas pajak, dan berarti Jerman akan membangkrutkan diri mereka sendiri dalam perlombaan senjata.[3] Dengan demikian, Moltke dari akhir 1912 dan seterusnya adalah advokat terkemuka untuk perang besar, dan lebih cepat lebih baik.[3

    ReplyDelete
  40. Perang Dunia II, atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat menjadi PDII atau PD2), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.[1]

    Kekaisaran Jepang berusaha mendominasi Asia Timur dan sudah memulai perang dengan Republik Tiongkok pada tahun 1937,[2] tetapi perang dunia secara umum pecah pada tanggal 1 September 1939 dengan invasi ke Polandia oleh Jerman yang diikuti serangkaian pernyataan perang terhadap Jerman oleh Perancis dan Britania. Sejak akhir 1939 hingga awal 1941, dalam serangkaian kampanye dan perjanjian, Jerman membentuk aliansi Poros bersama Italia, menguasai atau menaklukkan sebagian besar benua Eropa. Setelah Pakta Molotov–Ribbentrop, Jerman dan Uni Soviet berpisah dan menganeksasi wilayah negara-negara tetangganya sendiri di Eropa, termasuk Polandia. Britania Raya, dengan imperium dan Persemakmurannya, menjadi satu-satunya kekuatan besar Sekutu yang terus berperang melawan blok Poros, dengan mengadakan pertempuran di Afrika Utara dan Pertempuran Atlantik. Bulan Juni 1941, Poros Eropa melancarkan invasi terhadap Uni Soviet yang menandakan terbukanya teater perang darat terbesar sepanjang sejarah, yang melibatkan sebagian besar pasukan militer Poros sampai akhir perang. Pada bulan Desember 1941, Jepang bergabung dengan blok Poros, menyerang Amerika Serikat dan teritori Eropa di Samudra Pasifik, dan dengan cepat menguasai sebagian besar Pasifik Barat.

    ReplyDelete
  41. Serbuan Poros berhenti tahun 1942, setelah Jepang kalah dalam berbagai pertempuran laut dan tentara Poros Eropa dikalahkan di Afrika Utara dan Stalingrad. Pada tahun 1943, melalui serangkaian kekalahan Jerman di Eropa Timur, invasi Sekutu ke Italia, dan kemenangan Amerika Serikat di Pasifik, Poros kehilangan inisiatif mereka dan mundur secara strategis di semua front. Tahun 1944, Sekutu Barat menyerbu Perancis, sementara Uni Soviet merebut kembali semua teritori yang pernah dicaplok dan menyerbu Jerman beserta sekutunya. Perang di Eropa berakhir dengan pendudukan Berlin oleh tentara Soviet dan Polandia dan penyerahan tanpa syarat Jerman pada tanggal 8 Mei 1945. Sepanjang 1944 dan 1945, Amerika Serikat mengalahkan Angkatan Laut Jepang dan menduduki beberapa pulau di Pasifik Barat, menjatuhkan bom atom di negara itu menjelang invasi ke Kepulauan Jepang. Uni Soviet kemudian mengikuti melalui negosiasi dengan menyatakan perang terhadap Jepang dan menyerbu Manchuria. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros.

    Perang Dunia II mengubah haluan politik dan struktur sosial dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan untuk memperkuat kerja sama internasional dan mencegah konflik-konflik yang akan datang. Para kekuatan besar yang merupakan pemenang perang—Amerika Serikat, Uni Soviet, Tiongkok, Britania Raya, dan Perancis—menjadi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.[3] Uni Soviet dan Amerika Serikat muncul sebagai kekuatan super yang saling bersaing dan mendirikan panggung Perang Dunia yang kelak bertahan selama 46 tahun selanjutnya. Sementara itu, pengaruh kekuatan-kekuatan besar Eropa mulai melemah, dan dekolonisasi Asia dan Afrika dimulai. Kebanyakan negara yang industrinya terkena dampak buruk mulai menjalani pemulihan ekonomi. Integrasi politik, khususnya di Eropa, muncul sebagai upaya untuk menstabilkan hubungan pascaperang.

    ReplyDelete
  42. Nama : Letnan Jenderal Anumerta S.
    Pangkat : Mayor Jenderal
    Tanggal Lahir : 4 Agustus 1918
    Riwayat Hidup : Letjen. Anumerta Siswondo Parman lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, 4 Agustus 1918. Dia merupakan salah satu dari tujuh pahlawan revolusi dan korban kebiadaban PKI. Pria kelahiran Wonosobo, Jawa Tengah ini merupakan perwira intelijen, sehingga banyak tahu tentang kegiatan rahasia PKI karena itulah dirinya termasuk salah satu di antara para perwira yang menolak rencana PKI untuk membentuk Angkatan Kelima yang terdiri dari buruh dan tani. Penolakan yang membuatnya dimusuhi dan menjadi korban pembunuhan PKI. Pendidikan umum yang pernah diikutinya adalah sekolah tingkat dasar, sekolah menengah, dan Sekolah Tinggi Kedokteran. Namun sebelum menyelesaikan dokternya, tentara Jepang telah menduduki Republik sehingga gelar dokter pun tidak sampai berhasil diraihnya.

    Setelah tidak bisa meneruskan sekolah kedokteran, ia sempat bekerja pada Jawatan Kenpeitai. Di sana ia dicurigai Jepang sehingga ditangkap, namun tidak lama kemudian dibebaskan kembali. Sesudah itu, ia malah dikirim ke Jepang untuk mengikuti pendidikan pada Kenpei Kasya Butai. Sekembalinya ke tanah air ia kembali lagi bekerja pada Jawatan Kempeitai.
    Awal kariernya di militer dimulai dengan mengikuti Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yaitu Tentara RI yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan. Pada akhir bulanDesember, tahun 1945, ia diangkat menjadi Kepala Staf Markas Besar Polisi Tentara (PT) di Yogyakarta.

    Selama Agresi Militer II Belanda, ia turut berjuang dengan melakukan perang gerilya. Pada bulan Desember tahun 1949 ia ditugaskan sebagai Kepala Staf Gubernur Militer Jakarta Raya. Salah satu keberhasilannya saat itu adalah membongkar rahasia gerakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang akan melakukan operasinya di Jakarta di bawah pimpinan Westerling. Selanjutnya, pada Maret tahun 1950, ia diangkat menjadi kepala Staf G. Dan setahun kemudian dikirim ke Amerika Serikat untuk mengikuti pendidikan pada Military Police School.

    Sekembalinya dari Amerika Serikat, ia ditugaskan di Kementerian Pertahanan untuk beberapa lama kemudian diangkat menjadi Atase Militer RI di London pada tahun 1959. Lima tahun berikutnya yakni pada tahun 1964, ia diserahi tugas sebagai Asisten I Menteri/Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad) dengan pangkat Mayor Jenderal. Ketika menjabat Asisten I Menteri/Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad) ini, pengaruh PKI juga sedang marak di Indonesia. Partai Komunis ini merasa dekat dengan Presiden Soekarno dan sebagian rakyat pun sudah terpengaruh. Namun sebagai perwira intelijen, S. Parman sebelumnya sudah banyak mengetahui kegiatan rahasia PKI. Maka ketika PKI mengusulkan agar kaum buruh dan tani dipersenjatai atau yang disebut dengan Angkatan Kelima. Ia bersama sebagian besar Perwira Angkatan Darat lainnya menolak usul yang mengandung maksud tersembunyi itu. Dengan dasar itulah kemudian dirinya dimusuhi oleh PKI.

    Maka pada pemberontakan yang dilancarkan oleh PKI tanggal 30 September 1965, dirinya menjadi salah satu target yang akan diculik dan dibunuh. Dan pada tanggal 1 Oktober 1965 dinihari, Letjen. TNI Anumerta S. Parman bersama enam perwira lainnya yakni Jend. TNI Anumerta Achmad Yani; Letjen. TNI Anumerta Suprapto; Letjen. TNI Anumerta M.T. Haryono; Mayjen. TNI Anumerta D.I. Panjaitan; Mayjen. TNI Anumerta Sutoyo S; dan Kapten CZI TNI Anumerta Pierre Tendean berhasil diculik kemudian dibunuh secara membabi buta dan jenazahnya dimasukkan ke sumur tua di daerah Lubang Buaya tanpa prikemanusiaan.

    ReplyDelete
  43. Nama : Kapten Peiere Andreas Tandean
    Pangkat : Ajudan dari Jenderal Besar DR. A.H. Nasution.
    Tanggal Lahir : 21 Februari 1939
    Riwayat Hidup : Kapten Czi (Anm.) Pierre Andreas Tendean (lahir di Jakarta, 21 Februari 1939 – meninggal di Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 26 tahun) adalah salah seorang korban pada peristiwa Gerakan 30 September dan merupakan pahlawan nasional Indonesia dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.
    Beliau adalah ajudan dari Jenderal Besar DR. Abdul Harris Nasution (Menko Hankam/Kepala Staf ABRI) pada era Soekarno. Abdul Harris Nasution lolos dari peristiwa penculikan tetapi anaknya, Ade Irma Suryani Nasution tewas tertembus peluru. Pierre Tendean sendiri ditangkap oleh segerombolan penculik dan dibunuh di Lubang Buaya. Ia diculik karena dikira adalah Jenderal Besar DR. A.H. Nasution.
    Pierre adalah pria blasteran Minahasa - Perancis yang fasih berbahasa Jawa. Lulusan ATEKAD tahun 1961 ini bergabung dengan corps Genie (sekarang corps Zeni) dan posisinya dua tahun junior di bawah mantan Wapres Try Sutrisno.
    Setelah lulus dari pendidikan militer, ia langsung mengajukan diri untuk bergabung dengan garis depan dalam peristiwa Konfrontasi Indonesia-Malaysia. Wajah indo-nya membuat Pierre dengan mudah bolak balik Indonesia - Singapura sebagai intelijen untuk mengumpulkan data. Kurang lebih Pierre berhasil melakukan infiltrasi sebanyak 6 kali, yang terakhir nyaris membuatnya terbunuh
    Saat ini sedang direncanakan tentang pembuatan film mengenai Pierre Tendean dengan judul Pierre.

    ReplyDelete
  44. Nama : Letnan Jenderal Anumerta Suprapto
    Pangkat : Panglima Besar Sudirman
    Tanggal Lahir : 20 Juni 1965
    Riwayat Hidup : Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto lahir di Purwokerto, 20 Juni 1920, ini boleh dibilang hampir seusia dengan Panglima Besar Sudirman. Usianya hanya terpaut empat tahun lebih muda dari sang Panglima Besar. Pendidikan formalnya setelah tamat MULO (setingkat SLTP) adalah AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakarta yang diselesaikannya pada tahun 1941. Sekitar tahun itu pemerintah Hindia Belanda mengumumkan milisi sehubungan dengan pecahnya Perang Dunia Kedua. Ketika itulah ia memasuki pendidikan militer pada Koninklijke Militaire Akademie di Bandung. Pendidikan ini tidak bisa diselesaikannya sampai tamat karena pasukan Jepang sudah keburu mendarat di Indonesia.


    Oleh Jepang, ia ditawan dan dipenjarakan, tapi kemudian ia berhasil melarikan diri. Selepas pelariannya dari penjara, ia mengisi waktunya dengan mengikuti kursus Pusat Latihan Pemuda, latihan keibodan, seinendan, dan syuisyintai. Dan setelah itu, ia bekerja di Kantor Pendidikan Masyarakat. Di awal kemerdekaan, ia merupakan salah seorang yang turut serta berjuang dan berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Cilacap. Selepas itu, ia kemudian masuk menjadi anggota Tentara Keamanan Rakyat di Purwokerto. Itulah awal dirinya secara resmi masuk sebagai tentara, sebab sebelumnya walaupun ia ikut dalam perjuangan melawan tentara Jepang seperti di Cilacap, namun perjuangan itu hanyalah sebagai perjuangan rakyat yang dilakukan oleh rakyat Indonesia pada umumnya.

    Selama di Tentara Keamanan Rakyat (TKR), ia mencatatkan sejarah dengan ikut menjadi salah satu yang turut dalam pertempuran di Ambarawa melawan tentara Inggris. Ketika itu, pasukannya dipimpin langsung oleh Panglima Besar Sudirman. Ia juga salah satu yang pernah menjadi ajudan dari Panglima Besar tersebut. Setelah Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan, ia sering berpindah tugas. Pertama-tama ia ditugaskan sebagai Kepala Staf Tentara dan Teritorial (T&T) IV/ Diponegoro di Semarang. Dari Semarang ia kemudian ditarik ke Jakarta menjadi Staf Angkatan Darat, kemudian ke Kementerian Pertahanan. Dan setelah pemberontakan PRRI/Permesta padam, ia diangkat menjadi Deputy Kepala Staf Angkatan Darat untuk wilayah
    Sumatera yang bermarkas di Medan. Selama di Medan tugasnya sangat berat sebab harus menjaga agar pemberontakan seperti sebelumnya tidak terulang lagi.



    Pada pemberontakan yang dilancarkan oleh PKI tanggal 30 September 1965, dirinya menjadi salah satu target yang akan diculik dan dibunuh. Dan pada tanggal 1 Oktober 1965 dinihari, Letjen. TNI Anumerta R. Suprapto bersama enam perwira lainnya yakni Jend. TNI Anumerta Achmad Yani; Letjen. TNI Anumerta S. Parman; Letjen. TNI Anumerta M.T. Haryono; Mayjen. TNI Anumerta D.I. Panjaitan; Mayjen. TNI Anumerta Sutoyo S; dan Kapten CZI TNI Anumerta Pierre Tendean berhasil diculik kemudian dibunuh secara membabi buta dan jenazahnya dimasukkan ke sumur tua di daerah Lubang Buaya tanpa prikemanusiaan.


    R. Suprapto gugur sebagai Pahlawan Revolusi untuk mempertahankan Pancasila. Bersama enam perwira lainnya ia dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata. Pangkatnya yang sebelumnya masih Mayor Jenderal kemudian dinaikkan satu tingkat menjadi Letnan Jenderal sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Untuk menghormati jasa para pahlawan tersebut, oleh pemerintah Orde Baru ditetapkanlah tanggal 1 Oktober setiap tahunnya sebagai hari Kesaktian Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional. Dan di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur, di depan sumur tua tempat jenazah ditemukan, dibangun tugu dengan latar belakang patung ketujuh Pahlawan Revolusi tersebut. Tugu tersebut dinamai Tugu Kesaktian Pancasila.

    ReplyDelete
  45. Nama : Jenderal TNI Anumerta Yani
    Pangkat :
    Tanggal Lahir : 19 Juni 1922
    Riwayat Hidup : Jenderal TNI Anumerta AChmad Yani (Purworejo, 19 Juni 1922]]-Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Pendidikan formal diawalinya di HIS (setingkat Sekolah Dasar) Bogor, yang diselesaikannya pada tahun 1935. Kemudian ia melanjutkan sekolahnya ke MULO (setingkat Sekolah Menegah Pertama) kelas B Afd. Bogor. Dari sana ia tamat pada tahun 1938, selanjutnya ia masuk ke AMS (setingkat Sekolah Menengah Umum) bagian B Afd. Jakarta. Sekolah ini dijalaninya hanya sampai kelas dua, sehubungan dengan adanya milisi yang diumumkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.


    Achmad Yani kemudian mengikuti pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang dan secara lebih intensif di Bogor. Dari sana ia mengawali karir militernya dengan pangkat Sersan. Kemudian setelah tahun 1942 yakni setelah pendudukan Jepang di Indonesia, ia juga mengikuti pendidikan Heiho di Magelang dan selanjutnya masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.

    Berbagai prestasi pernah diraihnya pada masa perang kemerdekaan. Achmad Yani berhasil menyita senjata Jepang di Magelang. Setelah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia diangkat menjadi Komandan TKR Purwokerto. ketika Agresi Militer Pertama Belanda terjadi, pasukan Achmad Yani yang beroperasi di daerah Pingit berhasil menahan serangan Belanda di daerah tersebut. Maka saat Agresi Militer Kedua Belanda terjadi, ia dipercayakan memegang jabatan sebagai Komandan Wehrkreise II yang meliputi daerah pertahanan Kedu. Setelah Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan, ia diserahi tugas untuk melawan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) yang membuat kekacauan di daerah Jawa Tengah. Ketika itu dibentuk pasukan Banteng Raiders yang diberi latihan khusus hingga pasukan DI/TII pun berhasil dikalahkan. Seusai penumpasan DI/TII tersebut, ia kembali ke Staf Angkatan Darat.

    Pada tahun 1955, Achmad Yani disekolahkan pada Command and General Staff College di Fort Leaven Worth, Kansas, USA selama sembilan bulan. Pada tahun 1956, ia juga mengikuti pendidikan
    selama dua bulan pada Spesial Warfare Course di Inggris. Tahun 1958 saat pemberontakan PRRI terjadi di Sumatera Barat, Achmad Yani yang masih berpangkat Kolonel diangkat menjadi Komandan Komando Operasi 17 Agustus untuk memimpin penumpasan pemberontakan PRRI dan berhasil menumpasnya. Hingga pada tahun 1962, ia diangkat menjadi Menteri/Panglima Angkatan Darat.

    Achmad Yani selalu berbeda paham dengan PKI (Partai Komunis Indonesia). Ia menolak keinginan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima yang terdiri dari buruh dan tani yang dipersenjatai. Oleh karena itu, ia menjadi salah satu target PKI yang diculik dan dibunuh di antara tujuh petinggi TNI Angkatan Darat melalui Pemberontakan G30S/PKI (Gerakan Tiga Puluh September/PKI). Achmad Yani ditembak di depan kamar tidurnya pada tanggal 1 Oktober 1965 (dinihari). Jenazahnya kemudian ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur dan dimakamkan secara layak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Achmad Yani gugur sebagai Pahlawan Revolusi. Pangkat sebelumnya sebagai Letnan Jenderal dinaikkan satu tingkat (sebagai penghargaan) menjadi Jenderal.

    ReplyDelete
  46. Nama : Letnan Jenderal Anumerta M.T.Haryono
    Pangkat : Letnan Jenderal
    Tanggal Lahir : 20 Januari 1924
    Riwayat Hidup : Dikesempatan kali ini, saya kembali ingin memberikan sebuah kisah seorang pahlawan nasional indonesia yang ikut berjuang melawan penjajahan dalam memerdekakan negara kesatuan republik indonesia (NKRI) Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 20 Januari 1924 – meninggal di Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 41 tahun) adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang terbunuh pada persitiwa G30S PKI. Ia dimakamkan di TMP Kalibata – Jakarta.
    Letjen Anumerta M.T. Haryono kelahiran Surabaya, 20 Januari 1924, ini sebelumnya memperoleh pendidikan di ELS (setingkat Sekolah Dasar) kemudian diteruskan ke HBS (setingkat Sekolah Menengah Umum). Setamat dari HBS, ia sempat masuk Ika Dai Gakko (Sekolah Kedokteran masa pendudukan Jepang) di Jakarta, namun tidak sampai tamat.
    Ketika kemerdekaan RI diproklamirkan, ia yang sedang berada di Jakarta segera bergabung dengan pemuda lain untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan itu sekaligus dilanjutkannya dengan masuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Awal pengangkatannya, ia memperoleh pangkat Mayor.
    Selama terjadinya perang mempertahankan kemerdekaan yakni antara tahun 1945 sampai tahun 1950, ia sering dipindahtugaskan. Pertama-tama ia ditempatkan di Kantor Penghubung, kemudian sebagai Sekretaris Delegasi RI dalam perundingan dengan Inggris dan Belanda. Suatu kali ia juga pernah ditempatkan sebagai Sekretaris Dewan Pertahanan Negara dan di lain waktu sebagai Wakil Tetap pada Kementerian Pertahanan Urusan Gencatan Senjata. Dan ketika diselenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB), ia merupakan Sekretaris Delegasi Militer Indonesia.

    ReplyDelete
  47. Sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa pada Allah SWT, tentu tidak akan pernah terlepas dari ibadah. Selalu banyak kesempatan kita untuk melakukan ibadah kepada Allah dalam keadaan apapun, dimanapun dan kapanpun kita mau melakukan pasti banyak kesempatan. Baik itu ibadah secara langsung kepada Allah seperti sholat, puasa, zakat, naik haji, maupun kepada sesama umat manusia yang didalamnya berkaitan dengan masalah tolong menolong, muamalah, menepati janji, berkata jujur, berbuat baik pada kedua orang tua, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, seputarpengetahuan.com akan menjelaskan tentang arti ibadah itu sendiri baik secara bahasa maupun istilah. Berikut ini penjelasannnya.
    Ibadah secara bahasa adalah tunduk atau merendahkan diri. Sedangkan secara istilah atau syara’, ibadah merupakan suatu ketaatan yang dilakukan dan dilaksanakan sesuai perintah-Nya, merendahkan diri kepada Allah SWT dengan kecintaan yang sangat tinggi dan mencakup atas segala apa yang Allah ridhai baik yang berupa ucapan atau perkataan maupun perbuatan yang dhahir ataupun bathin. Adapun ibadah terbagi tiga yaitu ibadah hati, ibadah lisan dan ibadah anggota badan atau perbuatan.

    Ibadah hati (qalbiah) antara lain : memiliki rasa takut, rasa cinta (mahabbah), mengharap (raja’), senang (raghbah), ikhlas, tawakkal.

    Ibadah lisan & hati (lisaniyah wa qalbiyah) antara lain : dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, takbir, syukur, berdoa, membaca ayat Al-qur’an.

    Ibadah perbuatan fisik dan hati (badaniyah wa qalbiyah) antara lain : sholat, zakat, haji, berjihad, berpuasa.

    Masih banyak contoh-contoh lain dari jenis-jenis ibadah. Dalam mengetahui apakah ibadah yang dilakukan diridhai atau dicintai Allah dapat kita ketahui melalui perintahnya yang telah tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an dan Hadits Nabi, segala tindakan yang dilakukan karena ibadah mengandung kebaikan bagi orang lain. Syarat ibadah dengan benar yakni ikhlas dan ittiba’ sesuai dengan ajaran dan tuntunan Rasulullah SAW.

    Jadi jelaslah bahwa ibadah merupakan satu kata yang mencakup segala hal yang dicintai oleh Allah SWT dan diridhai-Nya, baik itu perkataan ataupun perbuatan, perkara dhahir ataupun batin.

    ReplyDelete
  48. Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah SAW, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:yg artinya Artinya :
    Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut. (HR. Muslim)
    Yang dimaksud dari 12 Raka'at yaitu 4 raka'at sebelum Zhuhur, 2 raka'at setelahnya, 2 raka'at setelah Maghrib, 2 raka'at setelah Isya' dan 2 raka'at sebelum Fajar. Untuk lebih jelasnya mengenai jum'lah rak'aat sholat rawatib, silakan Anda pelajari artikel sebelumnya yaitu; Niat Sholat Sunnah Qobliyyah dan Ba'diyaah "Sholat Rawatib")

    Di dalam riwayat lain, Dua rakaat itu lebih aku cintai daripada seluruh dunia ini. Amalan yang banyak manfaatnya mengandung banyak keistimewaan dan rahasia . Ibnu Umar rodhiyallahu 'anhuma meriwayatkan ada seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah, Ya Rasulullah, tunjukkanlah satu amalan yang bermanfaat untukku. Beliau bersabda: Shalatlah dua rakaat sebelum shubuh, karena di dalamnya terdapat keistimewaan. (HR. Ath-Thabrani) .

    Di dalam riwayat lain berbunyi, Saya mendengar Rasulullah bersabda, Jangan kalian tinggalkan dua rakaat sebelum Subuh, karena di sana tersimpan banyak rahasia. Tak pernah ditinggalkan orang-orang hebat Imam Malik mendapat kabar bahwa Ibnu Umar pernah meninggalkan dua rakaat sunat fajar, kemudian ia mengqadhanya setelah matahari terbit. (Malik) Siapa yang menjaga Qobliyah Ba'diyah Dzuhur Allah mengharamkan api neraka buatnya. Ummi Habibah rodhiyallahu 'anha berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda : Allah SWT pasti mengharamkan api neraka bagi orang yang menjaga empat rakaat sebelum dan setelah Dzuhur. (HR. Ahmad).

    Saat Qobliyah Dzuhur adalah saat pintu langit sedang dibuka, Rasulullah senang sekali bila amal shalehnya diangkat saat terbaik itu Abdullah bin as-Saib meriwayatkan, Rasulullah pernah shalat empat rakaat setelah matahari tergelincir sebelum Dzuhur, kemudian beliau bersabda : Saat ini pintu langit sedang dibuka, aku lebih suka agar amal salehku diangkat pada saat itu. (HR. At-Tirmidzi).

    Dari beberapa uraian diatas, kini kita mengatahui betapa besarnya manfaat, hikmah dan keutamaan sholat rawatib. Maka dari itu, marilah kita senantiasa untuk mengamalkan sholat sunnah yang penuh hikmah ini, agar supaya mendapatkan istana di surga sebagaimana yang telah di janjikan oleh Allah SWT. Amien.

    ReplyDelete
  49. Kemerdekaan adalah suatu keadaan dimana suatu posisi keadaan menjadi bebas. Bebas yang dimaksud adalah bebas menentukan jalan hidup dan masa depan secara mandiri tanpa adanya campur tangan pihak lain.
    Suatu keadaan merdeka merupakan suatu keadaan yang begitu diidamkan bagi siapapun, begitu juga pada suatu negara seperti Indonesia. Dengan keadaan Indonesia yang telah menderita begitu lama oleh penjajahan yang dialakukan oleh Belanda dan Jepang, menjadikan suatu kemerdekaan merupakan puncak cita-cita yang ingin diraih dan diusahakan.
    Merebut suatu kekuasaan yang telah lama mengakar dan begitu kuat, menjadikan bangsa Indonesia begitu sulit untuk terlepas dari cengkraman para penjajah. Samapi pada usaha untuk mengupayakan kemerdekaan dengan begbagai cara yang akhirnya berbuat manis dengan hadiah kemerdekaan itu sendiri pada 17 Agustus 1945.
    Namun yang namanya negara baru berdiri secara de facto, memang memiliki suatu keadaan yang tidak setabil. Yang dimaksud adalah posisinya begitu rentan terhadap ancaman dari luar karena memang masih dalam tahap merangkak menjadi suatu negara yang independen. Terutama ancaman dari negara yang pernah menjajah, karena ingin kembali menguasai dan mengeksploitasi negara jajahan.
    Dengan demikian berbagai upaya dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaanya, hal tersebut juga semakin menjadi berat karena aksi perlawanan para penjajah yang lebih keras. Sehingga dari hal ini munculah suatu keadaan yang begitu rumit yang menjadikan bangsa Indonesia melakukan perlawanan dan memunculkan perang yang bertujuan untuk mempertahankan posisi kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pembahasan lebih mendalam akan hal ini. Yang menjadikan suatu pemaparan sejarah perang kemerdekaan Indonesia.
    1.2 Rumusan Masalah
    Rumusan masalah dalam makalah ini adalah
    1. Apa yang dimaksud dengan perang kemerdekaan?
    2. Bagaimana keadaan Indonesia sebelum terjadinya perang kemerdekaan?
    3. Apa latar belakang terjadinya perang kemerdekaan?
    4. Apa tujuan dari perang kemerdekaan Indonesia?
    5. Bagaimana tahapan dan prosesi perang kemerdekaan Indonesia?
    6. Bagaimana hasil dari terjadinya perang kemerdekaan?
    1.3 Tujuan dan Manfaat
    Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah
    1. Mengetahui dan memahami dengan apa yang dimaksud perang kemerdekaan;
    2. Mengetahui dan memahami keadaan Indonesia sebelum terjadinya perang kemerdekaan;
    3. Mengetahui dan memahami latar belakang terjadinya perang kemerdekaan Indonesia;
    4. Mengetahui dan memahami tujuan dari perang kemerdekaan Indonesia;
    5. Mengetahui dan memahami tahapan dan prosesi dari perang kemerekaan Indonesia;
    6. Mengetahui dan memahami hasil dari terjadinya perang kemerdekaan.
    Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah
    1. Dapat mengetahui lebih jauh akan pengertian kemerdekaan;
    2. Dapat mengetahui lebih jauh akan keadaan Indonesia sebelum perang kemerdekaan, latar belakang perang kemerdekaan, tujuan, tahapan, dan prosesi dari perang kemerdekaan Indonesia;
    3. Dapat mengetahui lebih jauh akan tujuan dan hasil dari perang kemerdekaan Indonesia.

    ReplyDelete
  50. Dongeng Monyet dan Unta Peniru - Pada suatu perayaan besar untuk menghormati sang Singa si Raja Hutan, seekor monyet diminta untuk menari di depan hewan yang hadir pada perayaan itu. Tarian sang Monyet begitu indahnya sehingga semua hewan yang hadir menjadi senang dan gembira melihatnya.
    Pujian yang didapatkan oleh sang Monyet membuat seekor unta yang hadir menjadi iri hati. Dia sangat yakin bahwa ia bisa menari seindah tarian sang monyet, bahkan mungkin lebih baik lagi, karena itu dia maju ke depan menerobos kerumunan hewan yang menonton tarian monyet, dan sang Unta mengangkat kaki depannya, mulai menari. Tapi unta yang sangat besar itu membuat dirinya kelihatan konyol saat menendang-nendangkan kakinya ke depan dan memutar-mutarkan lehernya yang kaku dan panjang. Selain itu, sang unta sulit untuk menjaga agar tapak kakinya yang besar tetap terangkat ke atas.
    Akhirnya, salah satu tapak kakinya yang besar hampir mengenai hidung sang Raja Hutan sehingga hewan-hewan yang jengkel melihat tingkah sang Unta, mengusirnya keluar sampai ke padang gurun.
    Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari dongeng monyet dan unta peniru ini adalah
    Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dapat kamu lakukan.

    ReplyDelete
  51. Diantara Asmaul Husna yang dimiliki Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Al-Hakim yang bermakna : “Yang menetapkan Hukum, atau Yang mempunyai sifat Hikmah, di mana Allah tidak berkata dan bertindak dengan sia-sia. Oleh karena itulah semua syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai kebaikan yang besar dan manfaat yang banyak bagi hamba-Nya di dunia seperti kebagusan hati, ketenangan jiwa dan kebaikan keadaan. Juga akibat yang baik dan kemenangan yang besar di kampung kenikmatan (akhirat) dengan melihat wajah-Nya dan mendapatkan ridha-Nya.

    Demikian pula haji, sebuah ibadah tahunan yang besar yang Allah syari’atkan bagi para hamba-Nya, mempunyai berbagai manfaat yang besar dan tujuan yang besar pula, yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Dan diantara hikmah ibadah haji ini adalah.

    1. Mengikhlaskan Seluruh Ibadah
    Beribadah semata-mata untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menghadapkan hati kepada-Nya dengan keyakinan bahwa tidak ada yang diibadahi dengan haq, kecuali Dia dan bahwa Dia adalah satu-satunya pemilik nama-nama yang indah dan sifat-sifat yang mulia. Tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada yang menyerupai-Nya dan tidak ada tandingan-Nya.

    Dan hal ini telah diisyaratkan dalam firman-Nya.

    وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِي شَيْئًا وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

    “Dan ingatlah ketika Kami menempatkan tempat Baitullah untuk Ibrahim dengan menyatakan ; “Janganlah engkau menyekutukan Aku dengan apapun dan sucikan rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, beribadah, ruku dan sujud” [al-Hajj/22: 26]

    Mensucikan rumah-Nya di dalam hal ini adalah dengan cara beribadah semata-mata kepada Allah di dekat rumah-Nya (Ka’bah) yang mulia, mebersihkan sekitar Ka’bah dari berhala-berhala, patung-patung, najis-najis yang Allah Subhanahu wa Ta’ala haramkan serta dari segala hal yang mengganggu orang-orang yang sedang menjalankan haji atau umrah atau hal-hal lain yang menyibukkan (melalaikan, -pent) dari tujuan mereka.

    2. Mendapat Ampunan Dosa-Dosa Dan Balasan Jannah

    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : اَلْعُمْرَةُ إِلَى اَلْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا, وَالْحَجُّ اَلْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا اَلْجَنَّةَ

    “Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah” [HR Bukhari dan Muslim, Bahjatun Nanzhirin no. 1275]

    مَنْ حَجَّ لِلَّه فَلَمْ يَرْفُثْ وَ لَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

    “Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata : “Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa barang siapa berhaji ke Baitullah ini karena Allah, tidak melakukan rafats dan fusuuq, niscaya ia kembali seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya” [HR Bukhari]

    Rafats : jima’ ; pendahuluannya dan ucapan kotor, Fusuuq : kemaksiatan

    Sesungguhnya barangsiapa mendatangi Ka’bah, kemudian menunaikan haji atau umrah dengan baik, tanpa rafats dan fusuuq serta dengan ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni dosa-dosanya dan menuliskan jannah baginya. Dan hal inilah yang didambakan oleh setiap mu’min dan mu’minah yaitu meraih keberuntungan berupa jannah dan selamat dari neraka.

    3. Menyambut Seruan Nabi Ibrahima Alaihissalam

    وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

    “Dan serulah manusia untuk berhaji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh”[al-Hajj/22: 27]

    Nabi Ibrahim Alaihissalam telah menyerukan (agar berhaji) kepada manusia. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan siapa saja yang Dia kehendaki (untuk bisa) mendengar seruan Nabi Ibrahim Alaihissalam tersebut dan menyambutnya. Hal itu berlangsung semenjak zaman Nabi Ibrahim hingga sekarang.

    ReplyDelete
  52. Pengertian Ibadah Dalam Islam
    A. Definisi Ibadah
    Ibadah secara bahasa (etimologi) berarti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan menurut syara’ (terminologi), ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah:

    1. Ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-Nya.

    2. Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.

    3. Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. Yang ketiga ini adalah definisi yang paling lengkap.

    Ibadah terbagi menjadi ibadah hati, lisan, dan anggota badan. Rasa khauf (takut), raja’ (mengharap), mahabbah (cinta), tawakkal (ketergantungan), raghbah (senang), dan rahbah (takut) adalah ibadah qalbiyah (yang berkaitan dengan hati). Sedangkan tasbih, tahlil, takbir, tahmid dan syukur dengan lisan dan hati adalah ibadah lisaniyah qalbiyah (lisan dan hati). Sedangkan shalat, zakat, haji, dan jihad adalah ibadah badaniyah qalbiyah (fisik dan hati). Serta masih banyak lagi macam-macam ibadah yang berkaitan dengan amalan hati, lisan dan badan.

    Ibadah inilah yang menjadi tujuan penciptaan manusia. Allah berfirman:

    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

    “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rizki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi makan kepada-Ku. Sesungguhnya Allah Dia-lah Maha Pemberi rizki Yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh.” [Adz-Dzaariyaat: 56-58]

    Allah Azza wa Jalla memberitahukan bahwa hikmah penciptaan jin dan manusia adalah agar mereka melaksanakan ibadah hanya kepada Allah Azza wa Jalla. Dan Allah Mahakaya, tidak membutuhkan ibadah mereka, akan tetapi merekalah yang membutuhkan-Nya, karena ketergantungan mereka kepada Allah, maka barangsiapa yang menolak beribadah kepada Allah, ia adalah sombong. Siapa yang beribadah kepada-Nya tetapi dengan selain apa yang disyari’atkan-Nya, maka ia adalah mubtadi’ (pelaku bid’ah). Dan barangsiapa yang beribadah kepada-Nya hanya dengan apa yang disyari’atkan-Nya, maka ia adalah mukmin muwahhid (yang mengesakan Allah).

    ReplyDelete
  53. Latar belakang terjadinya kemerdekaan[sunting | sunting sumber]
    Sesuai dengan perjanjian Wina pada tahun 1942, negara-negara sekutu bersepakat untuk mengembalikan wilayah-wilayah yang kini diduduki Jepang pada pemilik koloninya masing-masing bila Jepang berhasil diusir dari daerah pendudukannya.
    Menjelang akhir perang, tahun 1945, sebagian wilayah Indonesia telah dikuasai oleh tentara sekutu. Satuan tentara Australia telah mendaratkan pasukannya di Makasar danBanjarmasin, sedangkan Balikpapan telah diduduki oleh Australia sebelum Jepang menyatakan menyerah kalah. Sementara Pulau Morotai dan Irian Barat bersama-sama dikuasai oleh satuan tentara Australia dan Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Douglas MacArthur, Panglima Komando Kawasan Asia Barat Daya (South West Pacific Area Command/SWPAC).
    Setelah perang usai, tentara Australia bertanggung jawab terhadap Kalimantan dan Indonesia bagian Timur, Amerika Serikat menguasai Filipina dan tentara Inggris dalam bentuk komando SEAC (South East Asia Command) bertanggung jawab atas India, Burma, Srilanka, Malaya, Sumatra, Jawa dan Indocina. SEAC dengan panglima Lord Mountbatten sebagai Komando Tertinggi Sekutu di Asia Tenggara bertugas melucuti bala tentera Jepang dan mengurus pengembalian tawanan perang dan tawanan warga sipil sekutu (Recovered Allied Prisoners of War and Internees/RAPWI).
    Mendaratnya Belanda diwakili NICA[sunting | sunting sumber]
    Berdasarkan Civil Affairs Agreement, pada 23 Agustus 1945 Inggris bersama tentara Belanda mendarat di Sabang, Aceh. 15 September 1945, tentara Inggris selaku wakil Sekutu tiba di Jakarta, dengan didampingi Dr. Charles van der Plas, wakil Belanda pada Sekutu. Kehadiran tentara Sekutu ini, diboncengi NICA (Netherland Indies Civil Administration - pemerintahan sipil Hindia Belanda) yang dipimpin oleh Dr. Hubertus J van Mook, ia dipersiapkan untuk membuka perundingan atas dasar pidato siaran radioRatu Wilhelmina tahun 1942 (statkundige concepti atau konsepsi kenegaraan), tetapi ia mengumumkan bahwa ia tidak akan berbicara dengan Soekarno yang dianggapnya telah bekerja sama dengan Jepang. Pidato Ratu Wilhemina itu menegaskan bahwa di kemudian hari akan dibentuk sebuah persemakmuran yang di antara anggotanya adalah Kerajaan Belanda dan Hindia Belanda, di bawah pimpinan Ratu Belanda.
    Pertempuran melawan Sekutu dan NICA[sunting | sunting sumber]
    Terdapat berbagai pertempuran yang terjadi pada saat masuknya Sekutu dan NICA ke Indonesia, yang saat itu baru menyatakan kemerdekaannya. Pertempuran yang terjadi di antaranya adalah:
    1. Peristiwa 10 November, di daerah Surabaya dan sekitarnya.
    2. Palagan Ambarawa, di daerah Ambarawa, Semarang dan sekitarnya.
    3. Perjuangan Gerilya Jenderal Soedirman, meliputi Jawa Tengah dan Jawa Timur
    4. Bandung Lautan Api, di daerah Bandung dan sekitarnya.
    5. Pertempuran Medan Area, di daerah Medan dan sekitarnya.
    6. Pertempuran Margarana, di Bali
    7. Serangan Umum 1 Maret 1949, di Yogyakarta
    8. Pertempuran Lima Hari Lima Malam, di Palembang
    9. Pertempuran Lima Hari, di Semarang
    Ibukota pindah ke Yogyakarta[sunting | sunting sumber]
    Karena situasi keamanan ibukota Jakarta (Batavia saat itu) yang makin memburuk, maka pada tanggal 4 Januari 1946, Soekarno dan Hatta dengan menggunakan kereta api, pindah ke Yogyakarta sekaligus pula memindahkan ibukota. Meninggalkan Sutan Syahrir dan kelompok yang pro-negosiasi dengan Belanda di Jakarta.[1]

    ReplyDelete
  54. Pemindahan ke Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan kereta api, yang disebut dengan singkatan KLB (Kereta Luar Biasa). Orang lantas berasumsi bahwa rangkaian kereta api yang digunakan adalah rangkaian yang terdiri dari gerbong-gerbong luar biasa. Padahal yang luar biasa adalah jadwal perjalanannya, yang diselenggarakan di luar jadwal yang ada, karena kereta dengan perjalanan luar biasa ini, mengangkut Presiden beserta Wakil Presiden, dengan keluarga dan staf, gerbong-gerbongnya dipilihkan yang istimewa, yang disediakan oleh Djawatan Kereta Api (DKA) untuk VVIP.[2]
    1946[sunting | sunting sumber]
    Perubahan sistem pemerintahan[sunting | sunting sumber]
    Pernyataan van Mook untuk tidak berunding dengan Soekarno adalah salah satu faktor yang memicu perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer. Gelagat ini sudah terbaca oleh pihak Republik Indonesia, karena itu sehari sebelum kedatangan Sekutu, tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republik diganti oleh Sutan Sjahrir yang seorang sosialis dianggap sebagai figur yang tepat untuk dijadikan ujung tombak diplomatik, bertepatan dengan naik daunnya partai sosialis di Belanda.
    Terjadinya perubahan besar dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia (dari sistem Presidensiil menjadi sistem Parlementer) memungkinkan perundingan antara pihak RI dan Belanda. Dalam pandanganInggris dan Belanda, Sutan Sjahrir dinilai sebagai seorang moderat, seorang intelek, dan seorang yang telah berperang selama pemerintahan Jepang.
    Diplomasi Syahrir[sunting | sunting sumber]
    Ketika Syahrir mengumumkan kabinetnya, 15 November 1945, Letnan Gubernur Jendral van Mook mengirim kawat kepada Menteri Urusan Tanah Jajahan (Minister of Overseas Territories, Overzeese Gebiedsdelen), J.H.A. Logemann, yang berkantor di Den Haag: "Mereka sendiri [Sjahrir dan Kabinetnya] dan bukan Soekarno yang bertanggung jawab atas jalannya keadaan". Logemann sendiri berbicara pada siaran radio BBC tanggal 28 November 1945, "Mereka bukan kolaborator seperti Soekarno, presiden mereka, kita tidak akan pernah dapat berurusan dengan Dr Soekarno, kita akan berunding dengan Sjahrir". Tanggal 6 Maret 1946 kepada van Mook, Logemann bahkan menulis bahwa Soekarno adalah persona non grata.
    Pihak Republik Indonesia memiliki alasan politis untuk mengubah sistem pemerintahan dari Presidensiil menjadi Parlementer, karena seminggu sebelum perubahan pemerintahan itu, Den Haag mengumumkan dasar rencananya. Ir Soekarno menolak hal ini, sebaliknya Sjahrir mengumumkan pada tanggal 4 Desember 1945 bahwa pemerintahnya menerima tawaran ini dengan syarat pengakuan Belanda atas Republik Indonesia.
    Tanggal 10 Februari 1946, pemerintah Belanda membuat pernyataan memperinci tentang politiknya dan menawarkan mendiskusikannya dengan wakil-wakil Republik yang diberi kuasa. Tujuannya hendak mendirikan persemakmuran Indonesia, yang terdiri dari daerah-daerah dengan bermacam-macam tingkat pemerintahan sendiri, dan untuk menciptakan warga negara Indonesia bagi semua orang yang dilahirkan di sana. Masalah dalam negeri akan dihadapi dengan suatu parlemen yang dipilih secara demokratis dan orang-orang Indonesia akan merupakan mayoritas. Kementerian akan disesuaikan dengan parlemen tetapi akan dikepalai oleh wakil kerajaan. Daerah-daerah yang bermacam-macam di Indonesia yang dihubungkan bersama-sama dalam suatu susunan federasi dan persemakmuran akan menjadi rekan (partner) dalam Kerajaan Belanda, serta akan mendukung permohonan keanggotaan Indonesia dalam organisasi PBB.
    Pada bulan April dan Mei 1946, Sjahrir mengepalai delegasi kecil Indonesia yang pergi berunding dengan pemerintah Belanda di Hoge Veluwe. Lagi, ia menjelaskan bahwa titik tolak perundingan haruslah berupa pengakuan atas Republik sebagai negara berdaulat. Atas dasar itu Indonesia baru mau berhubungan erat dengan Kerajaan Belanda dan akan bekerja sama dalam segala bidang.

    ReplyDelete
  55. Karena itu Pemerintah Belanda menawarkan suatu kompromi yaitu: "mau mengakui Republik sebagai salah satu unit negara federasi yang akan dibentuk sesuai dengan Deklarasi 10 Februari".
    Sebagai tambahan ditawarkan untuk mengakui pemerintahan de facto Republik atas bagian Jawa dan Madura yang belum berada di bawah perlindungan pasukan Sekutu. Karena Sjahrir tidak dapat menerima syarat-syarat ini, konferensi itu bubar dan ia bersama teman-temannya kembali pulang.
    Tanggal 17 Juni 1946, Sjahrir mengirimkan surat rahasia kepada van Mook, menganjurkan bahwa mungkin perundingan yang sungguh-sungguh dapat dimulai kembali. Dalam surat Sjahrir yang khusus ini, ada penerimaan yang samar-samar tentang gagasan van Mook mengenai masa peralihan sebelum kemerdekaan penuh diberikan kepada Indonesia; ada pula nada yang lebih samar-samar lagi tentang kemungkinan Indonenesia menyetujui federasi Indonesia - bekas Hindia Belanda dibagi menjadi berbagai negara merdeka dengan kemungkinan hanya Republik sebagai bagian paling penting. Sebagai kemungkinan dasar untuk kompromi, hal ini dibahas beberapa kali sebelumnya, dan semua tokoh politik utama Republik mengetahui hal ini.
    Tanggal 17 Juni 1946, sesudah Sjahrir mengirimkan surat rahasianya kepada van Mook, surat itu dibocorkan kepada pers oleh surat kabar di Negeri Belanda. Pada tanggal 24 Juni 1946, van Mook mengirim kawat ke Den Haag: "menurut sumber-sumber yang dapat dipercaya, usul balasan (yakni surat Sjahrir) tidak disetujui oleh Soekarno dan ketika dia bertemu dengannya, dia marah. Tidak jelas, apa arah yang akan diambil oleh amarah itu". Pada waktu yang sama, surat kabar Indonesia menuntut dijelaskan desas-desus tentang Sjahrir bersedia menerima pengakuan de facto Republik Indonesia terbatas pada Jawa dan Sumatra.
    Penculikan terhadap PM Sjahrir
    Tanggal 27 Juni 1946, dalam Pidato Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Wakil Presiden Hatta menjelaskan isi usulan balasan di depan rakyat banyak di alun-alun utama Yogyakarta, dihadiri oleh Soekarnodan sebagian besar pucuk pimpinan politik. Dalam pidatonya, Hatta menyatakan dukungannya kepada Sjahrir, akan tetapi menurut sebuah analisis, publisitas luas yang diberikan Hatta terhadap surat itu, menyebabkan kudeta dan penculikan terhadap Sjahrir.
    Pada malam itu terjadi peristiwa penculikan terhadap Perdana Menteri Sjahrir, yang sudah terlanjur dicap sebagai "pengkhianat yang menjual tanah airnya". Sjahrir diculik di Surakarta, ketika ia berhenti dalam perjalanan politik menelusuri Jawa. Kemudian ia dibawa ke Paras, kota dekat Solo, di rumah peristirahatan seorang pangeran Solo dan ditahan di sana dengan pengawasan Komandan Batalyon setempat.
    Pada malam tanggal 28 Juni 1946, Ir Soekarno berpidato di radio Yogyakarta. Ia mengumumkan, "Berhubung dengan keadaan di dalam negeri yang membahayakan keamanan negara dan perjuangan kemerdekaan kita, saya, Presiden Republik Indonesia, dengan persetujuan Kabinet dan sidangnya pada tanggal 28 Juni 1946, untuk sementara mengambil alih semua kekuasaan pemerintah". Selama sebulan lebih, Soekarno mempertahankan kekuasaan yang luas yang dipegangnya. Tanggal 3 Juli 1946, Sjahrir dibebaskan dari penculikan; namun baru tanggal 14 Agustus 1946, Sjahrir diminta kembali untuk membentuk kabinet.

    ReplyDelete
  56. Dengan Massachusetts dengan kekuatan senjata. Rakyat koloni tidak menghiraukan tuntutan dan adanya peristiwa teh di Boston, George III bertekad untuk menundukkan ancaman Inggris, dua belas negara koloni lainnya telah menyatakan setia kawan berdiri di belakangnya. Pada awal Desember 1774, ke tiga belas koloni mengadakan pertemuan di Philadelphia (yang kemudian dikenal dengan Kongres Kontinental I) untuk menentukan langkah dalam menghadapi Inggris.

    Peristiwa ini merupa-kan pertama kalinya bagi ketiga belas koloni di Amerika untuk bersatu dan saling bekerja sama. Kongres Kontinental I menghasilkan pernyataan yang pada dasarnya bahwa rakyat koloni di Amerika tetap setia kepada Raja Inggris dan menuntut kebijaksanaan agar memulihkan hubungan baik antara daerah koloni dan negara induk Inggris.Sementara itu, telah terjadi pertempuran antara pasukan Inggris dan rakyat koloni. Pertempuran pertama meletus di Lexington, kemudian menjalar ke Concord, dan Boston.

    Inggris menolak tuntutan warga koloni. Adanya The Boston Tea Party dan tuntutan tanah koloni dianggap sebagai tanda dimulainya suatu pemberontakan. Pemerintah Inggris segera memperbesar jumlah pasukannya di Amerika. Sejak saat itulah kaum koloni Amerika yakin bahwa jalan damai untuk menuntut hak-haknya sebagai orang Inggris tidak mungkin dapat tercapai. Bahkan, mereka terancam akan dimusnahkan segalanya sehingga mereka bertekad untuk mempertahankan kebebasannya. Kaum koloni Amerika kemudian mengangkat Goeroge Washington, seorang yang berjasa kepada Inggris dalam Perang Laut Tujuh Tahun untuk menghadapi Inggris.

    ReplyDelete
  57. 5 Penyebab Utama Terjadinya Perang Dunia 1
    ________________________________________
    Perang Dunia I dipicu oleh serangkaian faktor yang jauh lebih rumit daripada sekedar beberapa penyebab.
    Sementara terdapat rantai peristiwa yang langsung mengarah ke pecahnya perang, akar penyebab sebenarnya jauh lebih dalam dan masih menjadi topik perdebatan.
    Daftar berikut merupakan penyebab paling populer yang dianggap sebagai akar penyebab Perang Dunia I:
    1. Aliansi Pertahanan Bersama
    Seiring waktu, negara-negara di seluruh Eropa saling membuat perjanjian pertahanan bersama yang pada akhirnya menarik mereka ke dalam perang dunia.
    Perjanjian ini terutama berisi, jika salah satu negara diserang, negara-negara sekutu yang terikat dalam perjanjian harus turut membantu.
    Sebelum Perang Dunia I, terdapat beberapa aliansi, diantaranya:
    – Rusia dan Serbia
    – Jerman dan Austria-Hongaria
    – Perancis dan Rusia
    – Inggris, Perancis dan Belgia
    – Jepang dan Inggris
    Austria-Hungaria pada awalnya menyatakan perang terhadap Serbia, yang disusul Rusia terlibat untuk membela Serbia. Jerman yang melihat mobilisasi Rusia lantas menyatakan perang terhadap Rusia.
    Perancis kemudian menyusul terlibat melawan Jerman dan Austria-Hungaria. Jerman kemudian menyerang Perancis melalui Belgia sehingga menarik keterlibatan Inggris ke dalam perang.
    Jepang juga memasuki perang yang disusul Italia dan Amerika Serikat yang membela sekutu.
    2. Imperialisme
    Imperialisme terjadi ketika sebuah negara menguasai wilayah lain untuk kemudian mengambil kekayaan dari wilayah yang dikusainya.
    Sebelum Perang Dunia I, Afrika dan sebagian Asia adalah titik perebutan antara negara-negara Eropa.
    Mereka berebut daerah jajahan untuk mendapatkan berbagai bahan baku bagi keperluan negara penjajah.
    Meningkatnya persaingan dan keinginan untuk memperbesar wilayah imperialisme turut mendorong dunia ke dalam Perang Dunia I.
    3. Militerisme
    Ketika dunia memasuki abad ke-20, perlombaan senjata juga dimulai. Pada tahun 1914, Jerman tercacat mengalami peningkatan kekuatan militer terbesar.
    Inggris dan Jerman juga sama-sama berusaha meningkatkan kekuatan angkatan laut mereka.
    Di sisi lain, khususnya di Jerman dan Rusia, kelompok militer mulai memiliki peran lebih besar dalam mempengaruhi kebijakan publik.
    Peningkatan militerisme akhirnya membantu mendorong pecahnya Perang Dunia I.
    4. Nasionalisme
    Secara khusus, faktor nasionalisme dipicu atas keinginan bangsa Slavia di Bosnia dan Herzegovina untuk tidak lagi menjadi bagian dari Austria-Hungaria melainkan menjadi bagian dari Serbia.
    Namun, secara lebih umum, berbagai negara di seluruh Eropa juga berusaha membuktikan dominasi dan kekuasaan mereka.
    Nasionalisme yang saling berbenturan ini lantas memicu pecahnya perang.
    5. Penyebab Segera: Pembunuhan Archduke Franz Ferdinand
    Penyebab langsung dari Perang Dunia I yang menjadi katalis berbagai faktor sebelumnya adalah pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria-Hungaria.
    Pada Juni 1914, seorang nasionalis Serbia membunuh Franz Ferdinand dan istrinya saat mereka berada di Sarajevo, Bosnia yang merupakan bagian dari Austria-Hungaria.
    Pembunuhan ini dilancarkan sebagai upaya protes atas kontrol Austria-Hungaria pada wilayah tersebut.
    Pembunuhan ini menyebabkan Austria-Hungaria menyatakan perang terhadap Serbia.
    Ketika Rusia mulai memobilisasi kekuatan karena aliansinya dengan Serbia, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia.

    ReplyDelete
  58. Sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia I
    1. Pertentangan antara Negara di Eropa.
    Jerman dan Inggris bersaing memperebutkan daerah jajahan, armada laut, dan tempat pemasaran industri.
    Pertentangan Jerman dengan Perancis yang dilatar belakangi keinginan Perancis membalas kekalahannya dalam perang ditahun 1871.
    Jerman dan Rusia bertikai karena Rusia menganggap Jerman telah menjadi penghambat dalam menguasai pelabuhan-pelabuhan di Laut Tengah.

    Pertentangan Austria-Hongaria dengan Rusia memperebutkan daerah Balkan.
    Turki dan Rusia berebut pelabuhan-pelabuhan di Balkan. Politik Air Hangat Rusia yang bertujuan memperoleh pelabuhan-pelabuhan laut yang pada musim dingin tidak beku selalu dihalangi Turki.
    Pertikaian Bulgaria dengan Serbia yang diawali tuntutan Bulgaria agar Serbia mengembalikan daerah yang direbutnya dalam perang tahun 1913.
    Pertentangan Austria-Hongaria dan Serbia memperebutkan wilayah Bosnia Herzegovina.

    2. Politik Mencari Kawan (Politik aliansi)
    Triple Alliantie yang terdiri dari Jerman dan Austria, Hongaria dan Italia berdiri tahun 1882
    Triple Entente yang terdiri dari Perancis, Rusia dan Inggris berdiri tahun 1907.

    3. Perlombaan Senjata.
    Berbagai negara berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas persenjataan karena kecurigaan adanya serangan dari luar, seperti senapan, pistol, artileri, tank, pesawat tempur dan gas kimia.
    Sebab khusus terjadinya Perang Dunia I
    Terjadinya insiden Sarajevo, yaitu terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinand dan istrinya di Sarajevo (ibu kota Bosnia) oleh anggota Serbia Raya Gavrilo Principe tanggal 28 Juni 1914.
    Kemudian Austria mengeluarkanultimatum kepada Serbia agar menyerahkanpembunuhnya dalam waktu dekat, tapi ultimatum itu tidak dihiraukanoleh Serbia. Akibatnya Austria mengumumkan perang terhadap Serbia pada tanggal 28 Juli 1914. Pada tanggal 1 Agustus 1914 sekutu Austria yaitu Jerman menyatakanperang terhadap Rusia dan tanggal 4 Agustus 1914 Jerman menyatakan perang terhadap Perancis dan Inggris, dalam waktu singkat perang meluas keseluruh Eropa.

    ReplyDelete
  59. Hikmah Ibadah Haji
    Diantara Asmaul Husna yang dimiliki Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Al-Hakim yang bermakna : “Yang menetapkan Hukum, atau Yang mempunyai sifat Hikmah, di mana Allah tidak berkata dan bertindak dengan sia-sia. Oleh karena itulah semua syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai kebaikan yang besar dan manfaat yang banyak bagi hamba-Nya di dunia seperti kebagusan hati, ketenangan jiwa dan kebaikan keadaan. Juga akibat yang baik dan kemenangan yang besar di kampung kenikmatan (akhirat) dengan melihat wajah-Nya dan mendapatkan ridha-Nya.

    Demikian pula haji, sebuah ibadah tahunan yang besar yang Allah syari’atkan bagi para hamba-Nya, mempunyai berbagai manfaat yang besar dan tujuan yang besar pula, yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Dan diantara hikmah ibadah haji ini adalah.

    1. Mengikhlaskan Seluruh Ibadah
    Beribadah semata-mata untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menghadapkan hati kepada-Nya dengan keyakinan bahwa tidak ada yang diibadahi dengan haq, kecuali Dia dan bahwa Dia adalah satu-satunya pemilik nama-nama yang indah dan sifat-sifat yang mulia. Tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada yang menyerupai-Nya dan tidak ada tandingan-Nya.

    Dan hal ini telah diisyaratkan dalam firman-Nya.

    وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِي شَيْئًا وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

    “Dan ingatlah ketika Kami menempatkan tempat Baitullah untuk Ibrahim dengan menyatakan ; “Janganlah engkau menyekutukan Aku dengan apapun dan sucikan rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, beribadah, ruku dan sujud” [al-Hajj/22: 26]

    Mensucikan rumah-Nya di dalam hal ini adalah dengan cara beribadah semata-mata kepada Allah di dekat rumah-Nya (Ka’bah) yang mulia, mebersihkan sekitar Ka’bah dari berhala-berhala, patung-patung, najis-najis yang Allah Subhanahu wa Ta’ala haramkan serta dari segala hal yang mengganggu orang-orang yang sedang menjalankan haji atau umrah atau hal-hal lain yang menyibukkan (melalaikan, -pent) dari tujuan mereka.

    2. Mendapat Ampunan Dosa-Dosa Dan Balasan Jannah

    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : اَلْعُمْرَةُ إِلَى اَلْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا, وَالْحَجُّ اَلْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا اَلْجَنَّةَ

    “Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah” [HR Bukhari dan Muslim, Bahjatun Nanzhirin no. 1275]

    مَنْ حَجَّ لِلَّه فَلَمْ يَرْفُثْ وَ لَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

    “Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata : “Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa barang siapa berhaji ke Baitullah ini karena Allah, tidak melakukan rafats dan fusuuq, niscaya ia kembali seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya” [HR Bukhari]

    Rafats : jima’ ; pendahuluannya dan ucapan kotor, Fusuuq : kemaksiatan

    Sesungguhnya barangsiapa mendatangi Ka’bah, kemudian menunaikan haji atau umrah dengan baik, tanpa rafats dan fusuuq serta dengan ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni dosa-dosanya dan menuliskan jannah baginya. Dan hal inilah yang didambakan oleh setiap mu’min dan mu’minah yaitu meraih keberuntungan berupa jannah dan selamat dari neraka.

    ReplyDelete
  60. Sebab umum dan khusus Perang Dunia II
    • Google+penyebab perang tersebut yang terbagi menjadi dua yaitu penyebab umum dan penyebab khusus.
    Sebab Umum
    1. Politik balas dendam (Refansi Idea)
    2. Konflik faham (pertentangan ideologi)
    3. Munculnya Politik Ekspansi (penguasaan Negara lain).
    4. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia.
    5. Perlombaan senjata canggih
    6. Politik aliansi (mencari sekutu)
    – Blok Fasis : Negara Italia, Jerman, Jepang
    – Blok Sekutu terdiri dari 2 blok :
    1. Blok Demokrasi : Negara Perancis, Inggris, Amerika Serikat dan Belanda.
    2. Blok Komunis : Negara Uni Sovyet, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslowakia.
    Sebab Khusus
    1. Bagi Eropa serangan kilat JErman terhadap Polandia tanggal 1 September 1939.
    2. Bagi Pasifik dan Amerika Serikat : serbuan Jepang terhadap pangkalan armada angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawai) tanggal 7 Desember 1941.
    Sebab umum dan khusus Perang Dunia II – Perang dunia kedua terjadi pada tahun 1939 sampai 1945. Pihak-pihak yang berperang dalam perang dunia kedua ini adalah kelompok negara-negara poros (Jerman, Italia, dan Jepang) dengan kelompok negara-negara sekutu (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Denmark, dan Norwegia).
    Secara garis besar perang ini terbagi dalam perang di kawasan Eropa dan kawasan Asia Pasifik. Di Eropa perang tersebut diawali oleh serangan Jerman ke Polandia pada tanggal 1 September 1939. Serangan tersebut telah memicu berbagai peperangan lain di kawasan Eropa.
    Di sisi lain Jepang yang berada di kawasan Asia Pasifik secara tiba-tiba mengebom pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawai) pada tanggal 7 Desember 1941. Dalam waktu yang relatif singkat Jepang berhasil menduduki basis militer Amerika Serikat dan sekutunya di Asia Pasifik.
    Beberapa kepulauan di Lautan Pasifik dan daerah jajahan Inggris, Perancis dan Belanda di Asia Timur dan Asia Tenggara diduduki Jepang memang telah lama bercita-cita membentuk imperiuam Asia Timur Raya. Perang Dunia kedua ini telah membawa pengaruh besar bagi Indonesia.

    ReplyDelete
  61. Penyebab Perang Dunia II di bedakan menjadi 2, yaitu Penyebab Umum dan Penyebab khusus.

    Penyebab Umum
    Penyebab umum terjadinya Perang Dunia II antara lain:
    • Kegagalan Liga Bangsa-bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya, misalnya pada tahun1935 Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia.


    • Negara-negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataan. Dengan kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italia mencurigai komunismeRusia tetapi kemudian Rusia mencurigai fasisme Italia dan nasionalis-sosialis Jerman. Oleh karena saling mencurigai akhirnya negara-negara tersebut memperkuat militer dan persenjataannya.
    • Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan). Kekawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari kawan dan muncullah dua blok besar yakni;
    1. Blok Fasis, terdiri atas Jerman, Italia dan Jepang.
    2. Blok Sekutu, terdiri atas
    • Blok Demokrasi yaitu Prancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda.
    • Blok Komunis yaitu Rusia, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania dan Cekoslovakia.
    • Adanya pertentangan - pertentangan ekspansi
    1. Jerman mengumumkan Lebensaroumnya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah.
    2. Italia menginginkan Italia Irredenta yang meliputi seluruh laut Tengah danAbyssinia.
    3. Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya.
    Penyebab Khusus
    Penyebab khusus terjadinya perang dunia II

    • Eropa : Sebab khusus terjadinya perang dunia II adalah Serbuan Jerman ke kota Dansig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia merupakan Negara di bawah pengawasan Liga-liga Bangsa. Hitler menuntut Dansig karena penduduknya adalah bangsa Jerman, tetapi Polandia menolak tuntutan itu. Pada tanggal 3 September 1939 Negara-negara pendukung LBB terutama Inggris dan Prancis mengumumkan perang pada Jerman. kemudian di ikuti sekutu-sekutunya.
    • Asia Pasifik : Perang dunia di Pasifik di sebabkan oleh serbuan Jepang terhadap Pangkalann Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour, Hawai 7 Desember 1941.

    ReplyDelete
  62. SEBAB-SEBAB TERJADINYA PERANG DUNIA II
    Perang Dunia II sesungguhnya merupakan lanjutan dari Perang Dunia I. Hakikat dari Perang Dunia II juga merupakan persaingan antara kaum imperialisme muda yang sedang tumbuh berkembang dengan kaum imperialisme tua yang telah mempunyai kedudukan
    yang mantap.
    1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II
    Perang Dunia II terjadi karena sebab-sebab berikut.
    a. Jerman yang kalah dalam Perang Dunia I dan merasa sangat dihinakan dalam Perjanjian Versailles ingin membalas (revanche) kekalahan terhadap musuh-musuhnya, terutama Perancis.
    b. Italia ingin mendirikan Risorgimento yang berartinya Italia Raya.
    c. Jepang ingin melaksanakan politik ekspansi atau perluasan wilayah.
    d. Timbulnya pertentangan ideologi Fasisme, Naziisme dan Militerisme yang anti demokrasi dengan paham-paham lainnya.
    e. Perkembangan industri, persenjataan, dan krisis ekonomi dunia (terjadi pada tahun 1929)
    f. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa untuk menciptakan perdamaian dan menjauhkan peperangan. Bahkan Liga Bangsa-Bangsa dalam kenyataannya merupakan alat negara-negara besar dan kegiatannya lebih banyak dalam bidang politik.
    2. Sebab Khusus Meletusnya Perang Dunia II
    Selain sebab umum, meletusnya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh sebab-sebab berikut.
    a. Di Eropa, pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia, sebuah negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Sebaliknya pada tanggal 3 September 1939
    negara-negara pendukung LBB, terutama Inggris dan Perancis menyerang Jerman.
    b. Di Pasifik, pada tanggal 8 September 1941 Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Teluk Mutiara (Hawaii)
    JALANYA PERANG DUNIA II
    Mula-mula terjadi perang antara Jerman melawan Inggris dan Perancis. Tindakan Inggris segera diikuti oleh negara-negara jajahannya, sedangkan Jerman diikuti oleh Sekutunya
    yaitu Italia dan Jepang. Rusia sebelum perang meletus telah diajak Jerman untuk mengadakan perjanjian tidak saling menyerang. Tetapi tidak beberapa lama diserbu juga oleh Jerman,
    yaitu pada tahun 1941, sehingga Rusia juga terseret dalam kancah perang. Begitulah, maka hampir semua negara di dunia turut serta dalam peperangan besar. Negara totaliter Jerman, Italia, dan Jepang yang disebut Blok Poros (Blok AS), dilawan oleh Blok Sekutu yang antara lain terdiri dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Cina dan Rusia
    1. Front Eropa
    Hanya dalam waktu empat minggu saja Jerman dapat menduduki sebagian besar Polandia. Dengan strategi “Blitzkreig” atau “Perang Kilat” Jerman menyerbu Denmark, Norwegia, dan Swedia untuk mencari bahan tambang. Inggris yang akan membantunya
    dalam pertempuran di Narvik menderita kekalahan. Belanda, Belgia, dan Perancis juga diserbu oleh Jerman pada bulan Mei 1940. Dalam waktu 6 hari saja Belanda dan Belgia menyerah. Pemerintah dan Ratu Belanda Wilhelmina mengungsi ke Inggris. Setelah Perancis jatuh ke tangan Jerman, Hitler menawarkan
    perdamaian kepada Inggris. Usaha Hitler ternyata tidak berhasil. Bahkan Royal Air Force (Angkatan Udara Inggris) mulai melakukan serangan balasan pada tahun 1941. Sementara itu di Balkan, Italia, dan Jerman bersama-sama berhadapan dengan Ingris.
    Rumania dan Yugoslavia serta daerah-daerah sekitarnya berhasil diduduki Jerman. Kemudian Jerman juga ingin menguasai Ukraina tahun 1941, tetapi usahanya dapat dipatahkan oleh tentara Rusia di bawah pimpinan Jenderal Zukov.
    2. Front Afrika
    Pada tahun 1941 tentara Italia-Jerman didaratkan di Afrika Utara untuk menguasai Terusan Suez. Terjadilah pertempuran-pertempuran dahsyat di daerah padang pasir. Tentara Jenderal Rommel yang amat terkenal itu dapat dipukul mundur oleh tentara Inggris– Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Montgomery dan Alexander. Tentara Amerika Serikat di bawah pimpinan Eisenhower mendarat di Maroko pada tahun 1943. Ia membebaskan Tunisia, bahkan seluruh Afrika Utara jatuh ke tangan Sekutu.
    3. Front Pasifik
    Pertempuran ini terjadi antara Jepang melawan Amerika Serikat dengan sekutu-sekutunya. Perang di daerah Pasifik disebut Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya

    ReplyDelete
  63. PERJANJIAN DAN AKIBAT YANG DITIMBULKAN DARI PERANG DUNIA II
    1. Perjanjian Pasca Perang Dunia II
    Di antara perjanjian penting pasca Perang Dunia II adalah antara Sekutu dan Jerman serta Sekutu dan Jepang. Adapun perjanjian-perjanjian tersebut adalah sebagai berikut.
    a. Perjanjian Postdam Perjanjian Postdam Tahun 1945 (Sekutu-Jerman) Perjanjian tersebut oleh pihak Sekutu ditentukan oleh Truman (Amerika serikat), Stalin (Uni Soviet), dan Atlee (Inggris). Isi perjanjian antara lain:
    1) Jerman dibagi dalam empat daerah pendudukan, yaitu Jerman Timur oleh Rusia sedangkan Jerman Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.
    2) Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Rusia juga diduduki, Berlin Timur diduduki oleh Rusia dan Berlin Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.
    3) Danzig, Jerman di sebelah timur Sungai Order, dan Niesse diberikan kepada Polandia.
    4) Demiliterisasi dari Jerman.
    5) Penjahat perang (crime war) dihukum.
    6) Jerman harus membayar ganti kerugian perang.
    b. Perjanjian San Francisco tahun 1951 (Sekutu-Jepang)
    Isi perjanjian tersebut adalah sebagai berikut.
    1) Kepulauan Jepang diperintah oleh tentara pendudukan Amerika Serikat.
    2) Daerah hasil ekspansi Jepang dikembalikan, Kepulauan Kurilen dan Sakhalin Selatan diserahkan kepada Rusia, Mansyuria, dan Taiwan kepada Cina, Kepulauan Jepang di Pasifik kepada Amerika Serikat. Korea dibagai menjadi dua, di bagian utara diduduki
    Rusia dan di selatan oleh Amerika Serikat.
    3) Penjahat perang harus dihukum.
    4) Jepang harus membayar kerugian perang.
    Sejumlah menteri Jerman seperti Von Ribbentrop, Goering, Gobbels, dan Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo diadili sebagai penjahat perang dan dijatuhi hukuman gantung.
    2. Akibat Perang Dunia II
    Perang Dunia II menimbulkan akibat-akibat sebagai berikut.
    a. Bidang Politik
    1) Amerika Serikat dan Uni Soviet keluar sebagai pemenang dan menyebabkan keduanya
    menjadi negara raksasa (super power).
    2) Terjadinya persaingan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet.
    3) Politik memecah belah. Kedua negara super power tersebut menjalankan politik memecah belah bangsa lain demi kepentingan mereka.
    4) Timbulnya negara-negara nasional. Negara-negara imperialis barat, seperti Inggris, Perancis, Belanda, Portugis, Spanyol tidak mampu lagi menghalangi semangat perjuangan bangsa-bangsa yang mereka jajah.
    5) Timbul persekutuan-persekutuan lagi. Sebagai balance of power policy, negara-negara raksasa berusaha mengadakan persekutuan baru demi keamanan bersama. Misalnya Amerika serikat dan sekutunya membentuk NATO dan Uni Soviet bersama sekutunya
    membentuk Pakta Warsawa.
    b. Bidang Ekonomi
    1) Ekonomi dunia kacau
    2) Jerman dan Jepang muncul sebagai negara industri lagi.
    c. Bidang Sosial
    1) Golongan cerdik pandai kuat kedudukannya
    2) Banyaknya badan-badan sosial
    d. Bidang Rohani
    Didirikan United Nation Organization (UNO) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai penyempurnaan dari Liga Bangsa-Bangsa (LBB) pada tanggal 24 Oktober 1945.

    ReplyDelete
  64. 3.side
    4.guide
    5.the tables
    6.depending
    8.days
    9.talk
    10.change
    11.insde

    ReplyDelete
  65. 12.everyting
    13.proud
    14.love
    15.heart
    16.know

    ReplyDelete
  66. 9.menemukan :found
    14.dialog
    20 .friend

    ReplyDelete
  67. 2.corrct
    8.see9.again
    10.must
    12.that
    15.will
    16.sure
    18.right
    19.then

    ReplyDelete
  68. 7.was

    6.after wards
    11.afterwards
    13.activites
    20.last

    ReplyDelete
  69. Perang Dunia II sesungguhnya merupakan lanjutan dari Perang Dunia I. Hakikat dari Perang Dunia II juga merupakan persaingan antara kaum imperialisme muda yang sedang tumbuh berkembang dengan kaum imperialisme tua yang telah mempunyai kedudukan
    yang mantap.

    1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II
    Perang Dunia II terjadi karena sebab-sebab berikut.
    a. Jerman yang kalah dalam Perang Dunia I dan merasa sangat dihinakan dalam Perjanjian Versailles ingin membalas (revanche) kekalahan terhadap musuh-musuhnya, terutama Perancis.
    b. Italia ingin mendirikan Risorgimento yang berartinya Italia Raya.
    c. Jepang ingin melaksanakan politik ekspansi atau perluasan wilayah.
    d. Timbulnya pertentangan ideologi Fasisme, Naziisme dan Militerisme yang anti demokrasi dengan paham-paham lainnya.
    e. Perkembangan industri, persenjataan, dan krisis ekonomi dunia (terjadi pada tahun 1929)
    f. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa untuk menciptakan perdamaian dan menjauhkan peperangan. Bahkan Liga Bangsa-Bangsa dalam kenyataannya merupakan alat negara-negara besar dan kegiatannya lebih banyak dalam bidang politik.

    ReplyDelete
  70. 13.too
    15.it
    16.she

    1.day
    8.draw
    10.receive


    1.watcing tv

    ReplyDelete
  71. 1.a.any
    3.d.you're apologized
    4.a.any
    9.a.are we going to
    10.b.am going to

    ReplyDelete
  72. Diantara Asmaul Husna yang dimiliki Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Al-Hakim yang bermakna : “Yang menetapkan Hukum, atau Yang mempunyai sifat Hikmah, di mana Allah tidak berkata dan bertindak dengan sia-sia. Oleh karena itulah semua syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai kebaikan yang besar dan manfaat yang banyak bagi hamba-Nya di dunia seperti kebagusan hati, ketenangan jiwa dan kebaikan keadaan. Juga akibat yang baik dan kemenangan yang besar di kampung kenikmatan (akhirat) dengan melihat wajah-Nya dan mendapatkan ridha-Nya.

    Demikian pula haji, sebuah ibadah tahunan yang besar yang Allah syari’atkan bagi para hamba-Nya, mempunyai berbagai manfaat yang besar dan tujuan yang besar pula, yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Dan diantara hikmah ibadah haji ini adalah.

    1. Mengikhlaskan Seluruh Ibadah
    Beribadah semata-mata untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menghadapkan hati kepada-Nya dengan keyakinan bahwa tidak ada yang diibadahi dengan haq, kecuali Dia dan bahwa Dia adalah satu-satunya pemilik nama-nama yang indah dan sifat-sifat yang mulia. Tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada yang menyerupai-Nya dan tidak ada tandingan-Nya.

    Dan hal ini telah diisyaratkan dalam firman-Nya.

    وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِي شَيْئًا وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

    “Dan ingatlah ketika Kami menempatkan tempat Baitullah untuk Ibrahim dengan menyatakan ; “Janganlah engkau menyekutukan Aku dengan apapun dan sucikan rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, beribadah, ruku dan sujud” [al-Hajj/22: 26]

    Mensucikan rumah-Nya di dalam hal ini adalah dengan cara beribadah semata-mata kepada Allah di dekat rumah-Nya (Ka’bah) yang mulia, mebersihkan sekitar Ka’bah dari berhala-berhala, patung-patung, najis-najis yang Allah Subhanahu wa Ta’ala haramkan serta dari segala hal yang mengganggu orang-orang yang sedang menjalankan haji atau umrah atau hal-hal lain yang menyibukkan (melalaikan, -pent) dari tujuan mereka.

    2. Mendapat Ampunan Dosa-Dosa Dan Balasan Jannah

    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : اَلْعُمْرَةُ إِلَى اَلْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا, وَالْحَجُّ اَلْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا اَلْجَنَّةَ

    “Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah” [HR Bukhari dan Muslim, Bahjatun Nanzhirin no. 1275]

    مَنْ حَجَّ لِلَّه فَلَمْ يَرْفُثْ وَ لَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

    “Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata : “Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa barang siapa berhaji ke Baitullah ini karena Allah, tidak melakukan rafats dan fusuuq, niscaya ia kembali seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya” [HR Bukhari]

    Rafats : jima’ ; pendahuluannya dan ucapan kotor, Fusuuq : kemaksiatan

    Sesungguhnya barangsiapa mendatangi Ka’bah, kemudian menunaikan haji atau umrah dengan baik, tanpa rafats dan fusuuq serta dengan ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni dosa-dosanya dan menuliskan jannah baginya. Dan hal inilah yang didambakan oleh setiap mu’min dan mu’minah yaitu meraih keberuntungan berupa jannah dan selamat dari neraka.

    3. Menyambut Seruan Nabi Ibrahima Alaihissalam

    وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

    “Dan serulah manusia untuk berhaji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh”[al-Hajj/22: 27]

    Nabi Ibrahim Alaihissalam telah menyerukan (agar berhaji) kepada manusia. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan siapa saja yang Dia kehendaki (untuk bisa) mendengar seruan Nabi Ibrahim Alaihissalam tersebut dan menyambutnya. Hal itu berlangsung semenjak zaman Nabi Ibrahim hingga sekarang.

    ReplyDelete
  73. 5 Penyebab Utama Terjadinya Perang Dunia 1
    ________________________________________
    Perang Dunia I dipicu oleh serangkaian faktor yang jauh lebih rumit daripada sekedar beberapa penyebab.
    Sementara terdapat rantai peristiwa yang langsung mengarah ke pecahnya perang, akar penyebab sebenarnya jauh lebih dalam dan masih menjadi topik perdebatan.
    Daftar berikut merupakan penyebab paling populer yang dianggap sebagai akar penyebab Perang Dunia I:
    1. Aliansi Pertahanan Bersama
    Seiring waktu, negara-negara di seluruh Eropa saling membuat perjanjian pertahanan bersama yang pada akhirnya menarik mereka ke dalam perang dunia.
    Perjanjian ini terutama berisi, jika salah satu negara diserang, negara-negara sekutu yang terikat dalam perjanjian harus turut membantu.
    Sebelum Perang Dunia I, terdapat beberapa aliansi, diantaranya:
    – Rusia dan Serbia
    – Jerman dan Austria-Hongaria
    – Perancis dan Rusia
    – Inggris, Perancis dan Belgia
    – Jepang dan Inggris
    Austria-Hungaria pada awalnya menyatakan perang terhadap Serbia, yang disusul Rusia terlibat untuk membela Serbia. Jerman yang melihat mobilisasi Rusia lantas menyatakan perang terhadap Rusia.
    Perancis kemudian menyusul terlibat melawan Jerman dan Austria-Hungaria. Jerman kemudian menyerang Perancis melalui Belgia sehingga menarik keterlibatan Inggris ke dalam perang.
    Jepang juga memasuki perang yang disusul Italia dan Amerika Serikat yang membela sekutu.
    2. Imperialisme
    Imperialisme terjadi ketika sebuah negara menguasai wilayah lain untuk kemudian mengambil kekayaan dari wilayah yang dikusainya.
    Sebelum Perang Dunia I, Afrika dan sebagian Asia adalah titik perebutan antara negara-negara Eropa.
    Mereka berebut daerah jajahan untuk mendapatkan berbagai bahan baku bagi keperluan negara penjajah.
    Meningkatnya persaingan dan keinginan untuk memperbesar wilayah imperialisme turut mendorong dunia ke dalam Perang Dunia I.
    3. Militerisme
    Ketika dunia memasuki abad ke-20, perlombaan senjata juga dimulai. Pada tahun 1914, Jerman tercacat mengalami peningkatan kekuatan militer terbesar.
    Inggris dan Jerman juga sama-sama berusaha meningkatkan kekuatan angkatan laut mereka.
    Di sisi lain, khususnya di Jerman dan Rusia, kelompok militer mulai memiliki peran lebih besar dalam mempengaruhi kebijakan publik.
    Peningkatan militerisme akhirnya membantu mendorong pecahnya Perang Dunia I.
    4. Nasionalisme
    Secara khusus, faktor nasionalisme dipicu atas keinginan bangsa Slavia di Bosnia dan Herzegovina untuk tidak lagi menjadi bagian dari Austria-Hungaria melainkan menjadi bagian dari Serbia.
    Namun, secara lebih umum, berbagai negara di seluruh Eropa juga berusaha membuktikan dominasi dan kekuasaan mereka.
    Nasionalisme yang saling berbenturan ini lantas memicu pecahnya perang.
    5. Penyebab Segera: Pembunuhan Archduke Franz Ferdinand
    Penyebab langsung dari Perang Dunia I yang menjadi katalis berbagai faktor sebelumnya adalah pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria-Hungaria.
    Pada Juni 1914, seorang nasionalis Serbia membunuh Franz Ferdinand dan istrinya saat mereka berada di Sarajevo, Bosnia yang merupakan bagian dari Austria-Hungaria.
    Pembunuhan ini dilancarkan sebagai upaya protes atas kontrol Austria-Hungaria pada wilayah tersebut.
    Pembunuhan ini menyebabkan Austria-Hungaria menyatakan perang terhadap Serbia.
    Ketika Rusia mulai memobilisasi kekuatan karena aliansinya dengan Serbia, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia.

    ReplyDelete
  74. Pengertian Ibadah Dalam Islam
    A. Definisi Ibadah
    Ibadah secara bahasa (etimologi) berarti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan menurut syara’ (terminologi), ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah:

    1. Ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-Nya.

    2. Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.

    3. Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. Yang ketiga ini adalah definisi yang paling lengkap.

    Ibadah terbagi menjadi ibadah hati, lisan, dan anggota badan. Rasa khauf (takut), raja’ (mengharap), mahabbah (cinta), tawakkal (ketergantungan), raghbah (senang), dan rahbah (takut) adalah ibadah qalbiyah (yang berkaitan dengan hati). Sedangkan tasbih, tahlil, takbir, tahmid dan syukur dengan lisan dan hati adalah ibadah lisaniyah qalbiyah (lisan dan hati). Sedangkan shalat, zakat, haji, dan jihad adalah ibadah badaniyah qalbiyah (fisik dan hati). Serta masih banyak lagi macam-macam ibadah yang berkaitan dengan amalan hati, lisan dan badan.

    Ibadah inilah yang menjadi tujuan penciptaan manusia. Allah berfirman:

    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

    “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rizki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi makan kepada-Ku. Sesungguhnya Allah Dia-lah Maha Pemberi rizki Yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh.” [Adz-Dzaariyaat: 56-58]

    Allah Azza wa Jalla memberitahukan bahwa hikmah penciptaan jin dan manusia adalah agar mereka melaksanakan ibadah hanya kepada Allah Azza wa Jalla. Dan Allah Mahakaya, tidak membutuhkan ibadah mereka, akan tetapi merekalah yang membutuhkan-Nya, karena ketergantungan mereka kepada Allah, maka barangsiapa yang menolak beribadah kepada Allah, ia adalah sombong. Siapa yang beribadah kepada-Nya tetapi dengan selain apa yang disyari’atkan-Nya, maka ia adalah mubtadi’ (pelaku bid’ah). Dan barangsiapa yang beribadah kepada-Nya hanya dengan apa yang disyari’atkan-Nya, maka ia adalah mukmin muwahhid (yang mengesakan Allah).

    ReplyDelete
  75. Latar belakang terjadinya kemerdekaan[sunting | sunting sumber]
    Sesuai dengan perjanjian Wina pada tahun 1942, negara-negara sekutu bersepakat untuk mengembalikan wilayah-wilayah yang kini diduduki Jepang pada pemilik koloninya masing-masing bila Jepang berhasil diusir dari daerah pendudukannya.
    Menjelang akhir perang, tahun 1945, sebagian wilayah Indonesia telah dikuasai oleh tentara sekutu. Satuan tentara Australia telah mendaratkan pasukannya di Makasar danBanjarmasin, sedangkan Balikpapan telah diduduki oleh Australia sebelum Jepang menyatakan menyerah kalah. Sementara Pulau Morotai dan Irian Barat bersama-sama dikuasai oleh satuan tentara Australia dan Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Douglas MacArthur, Panglima Komando Kawasan Asia Barat Daya (South West Pacific Area Command/SWPAC).
    Setelah perang usai, tentara Australia bertanggung jawab terhadap Kalimantan dan Indonesia bagian Timur, Amerika Serikat menguasai Filipina dan tentara Inggris dalam bentuk komando SEAC (South East Asia Command) bertanggung jawab atas India, Burma, Srilanka, Malaya, Sumatra, Jawa dan Indocina. SEAC dengan panglima Lord Mountbatten sebagai Komando Tertinggi Sekutu di Asia Tenggara bertugas melucuti bala tentera Jepang dan mengurus pengembalian tawanan perang dan tawanan warga sipil sekutu (Recovered Allied Prisoners of War and Internees/RAPWI).
    Mendaratnya Belanda diwakili NICA[sunting | sunting sumber]
    Berdasarkan Civil Affairs Agreement, pada 23 Agustus 1945 Inggris bersama tentara Belanda mendarat di Sabang, Aceh. 15 September 1945, tentara Inggris selaku wakil Sekutu tiba di Jakarta, dengan didampingi Dr. Charles van der Plas, wakil Belanda pada Sekutu. Kehadiran tentara Sekutu ini, diboncengi NICA (Netherland Indies Civil Administration - pemerintahan sipil Hindia Belanda) yang dipimpin oleh Dr. Hubertus J van Mook, ia dipersiapkan untuk membuka perundingan atas dasar pidato siaran radioRatu Wilhelmina tahun 1942 (statkundige concepti atau konsepsi kenegaraan), tetapi ia mengumumkan bahwa ia tidak akan berbicara dengan Soekarno yang dianggapnya telah bekerja sama dengan Jepang. Pidato Ratu Wilhemina itu menegaskan bahwa di kemudian hari akan dibentuk sebuah persemakmuran yang di antara anggotanya adalah Kerajaan Belanda dan Hindia Belanda, di bawah pimpinan Ratu Belanda.
    Pertempuran melawan Sekutu dan NICA[sunting | sunting sumber]
    Terdapat berbagai pertempuran yang terjadi pada saat masuknya Sekutu dan NICA ke Indonesia, yang saat itu baru menyatakan kemerdekaannya. Pertempuran yang terjadi di antaranya adalah:
    1. Peristiwa 10 November, di daerah Surabaya dan sekitarnya.
    2. Palagan Ambarawa, di daerah Ambarawa, Semarang dan sekitarnya.
    3. Perjuangan Gerilya Jenderal Soedirman, meliputi Jawa Tengah dan Jawa Timur
    4. Bandung Lautan Api, di daerah Bandung dan sekitarnya.
    5. Pertempuran Medan Area, di daerah Medan dan sekitarnya.
    6. Pertempuran Margarana, di Bali
    7. Serangan Umum 1 Maret 1949, di Yogyakarta
    8. Pertempuran Lima Hari Lima Malam, di Palembang
    9. Pertempuran Lima Hari, di Semarang
    Ibukota pindah ke Yogyakarta[sunting | sunting sumber]
    Karena situasi keamanan ibukota Jakarta (Batavia saat itu) yang makin memburuk, maka pada tanggal 4 Januari 1946, Soekarno dan Hatta dengan menggunakan kereta api, pindah ke Yogyakarta sekaligus pula memindahkan ibukota. Meninggalkan Sutan Syahrir dan kelompok yang pro-negosiasi dengan Belanda di Jakarta.[1]

    ReplyDelete
  76. 2.correct
    3.sound
    8.see
    11.connected
    12.that
    13.now
    14.try
    15.will
    16.sure
    19.then



    1.watcing tv

    ReplyDelete
  77. 9. answer

    2.precede
    9.consumers
    17.controling

    3.sound
    8.see
    9.again
    10.must
    11.connected
    12.that
    14.try
    18.right
    19.then

    7. stong8.c.good
    9.d.clean
    10.d. forgets

    2.[false]

    12.there
    13.too
    7.they
    20.altough

    9.place
    10 some
    16.that's
    18.clear


    ReplyDelete
  78. Pemindahan ke Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan kereta api, yang disebut dengan singkatan KLB (Kereta Luar Biasa). Orang lantas berasumsi bahwa rangkaian kereta api yang digunakan adalah rangkaian yang terdiri dari gerbong-gerbong luar biasa. Padahal yang luar biasa adalah jadwal perjalanannya, yang diselenggarakan di luar jadwal yang ada, karena kereta dengan perjalanan luar biasa ini, mengangkut Presiden beserta Wakil Presiden, dengan keluarga dan staf, gerbong-gerbongnya dipilihkan yang istimewa, yang disediakan oleh Djawatan Kereta Api (DKA) untuk VVIP.[2]
    1946[sunting | sunting sumber]
    Perubahan sistem pemerintahan[sunting | sunting sumber]
    Pernyataan van Mook untuk tidak berunding dengan Soekarno adalah salah satu faktor yang memicu perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer. Gelagat ini sudah terbaca oleh pihak Republik Indonesia, karena itu sehari sebelum kedatangan Sekutu, tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republik diganti oleh Sutan Sjahrir yang seorang sosialis dianggap sebagai figur yang tepat untuk dijadikan ujung tombak diplomatik, bertepatan dengan naik daunnya partai sosialis di Belanda.
    Terjadinya perubahan besar dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia (dari sistem Presidensiil menjadi sistem Parlementer) memungkinkan perundingan antara pihak RI dan Belanda. Dalam pandanganInggris dan Belanda, Sutan Sjahrir dinilai sebagai seorang moderat, seorang intelek, dan seorang yang telah berperang selama pemerintahan Jepang.
    Diplomasi Syahrir[sunting | sunting sumber]
    Ketika Syahrir mengumumkan kabinetnya, 15 November 1945, Letnan Gubernur Jendral van Mook mengirim kawat kepada Menteri Urusan Tanah Jajahan (Minister of Overseas Territories, Overzeese Gebiedsdelen), J.H.A. Logemann, yang berkantor di Den Haag: "Mereka sendiri [Sjahrir dan Kabinetnya] dan bukan Soekarno yang bertanggung jawab atas jalannya keadaan". Logemann sendiri berbicara pada siaran radio BBC tanggal 28 November 1945, "Mereka bukan kolaborator seperti Soekarno, presiden mereka, kita tidak akan pernah dapat berurusan dengan Dr Soekarno, kita akan berunding dengan Sjahrir". Tanggal 6 Maret 1946 kepada van Mook, Logemann bahkan menulis bahwa Soekarno adalah persona non grata.
    Pihak Republik Indonesia memiliki alasan politis untuk mengubah sistem pemerintahan dari Presidensiil menjadi Parlementer, karena seminggu sebelum perubahan pemerintahan itu, Den Haag mengumumkan dasar rencananya. Ir Soekarno menolak hal ini, sebaliknya Sjahrir mengumumkan pada tanggal 4 Desember 1945 bahwa pemerintahnya menerima tawaran ini dengan syarat pengakuan Belanda atas Republik Indonesia.
    Tanggal 10 Februari 1946, pemerintah Belanda membuat pernyataan memperinci tentang politiknya dan menawarkan mendiskusikannya dengan wakil-wakil Republik yang diberi kuasa. Tujuannya hendak mendirikan persemakmuran Indonesia, yang terdiri dari daerah-daerah dengan bermacam-macam tingkat pemerintahan sendiri, dan untuk menciptakan warga negara Indonesia bagi semua orang yang dilahirkan di sana. Masalah dalam negeri akan dihadapi dengan suatu parlemen yang dipilih secara demokratis dan orang-orang Indonesia akan merupakan mayoritas. Kementerian akan disesuaikan dengan parlemen tetapi akan dikepalai oleh wakil kerajaan. Daerah-daerah yang bermacam-macam di Indonesia yang dihubungkan bersama-sama dalam suatu susunan federasi dan persemakmuran akan menjadi rekan (partner) dalam Kerajaan Belanda, serta akan mendukung permohonan keanggotaan Indonesia dalam organisasi PBB.
    Pada bulan April dan Mei 1946, Sjahrir mengepalai delegasi kecil Indonesia yang pergi berunding dengan pemerintah Belanda di Hoge Veluwe. Lagi, ia menjelaskan bahwa titik tolak perundingan haruslah berupa pengakuan atas Republik sebagai negara berdaulat. Atas dasar itu Indonesia baru mau berhubungan erat dengan Kerajaan Belanda dan akan bekerja sama dalam segala bidang.

    ReplyDelete
  79. Perang Dunia II, atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat menjadi PDII atau PD2), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.[1]

    Kekaisaran Jepang berusaha mendominasi Asia Timur dan sudah memulai perang dengan Republik Tiongkok pada tahun 1937,[2] tetapi perang dunia secara umum pecah pada tanggal 1 September 1939 dengan invasi ke Polandia oleh Jerman yang diikuti serangkaian pernyataan perang terhadap Jerman oleh Perancis dan Britania. Sejak akhir 1939 hingga awal 1941, dalam serangkaian kampanye dan perjanjian, Jerman membentuk aliansi Poros bersama Italia, menguasai atau menaklukkan sebagian besar benua Eropa. Setelah Pakta Molotov–Ribbentrop, Jerman dan Uni Soviet berpisah dan menganeksasi wilayah negara-negara tetangganya sendiri di Eropa, termasuk Polandia. Britania Raya, dengan imperium dan Persemakmurannya, menjadi satu-satunya kekuatan besar Sekutu yang terus berperang melawan blok Poros, dengan mengadakan pertempuran di Afrika Utara dan Pertempuran Atlantik. Bulan Juni 1941, Poros Eropa melancarkan invasi terhadap Uni Soviet yang menandakan terbukanya teater perang darat terbesar sepanjang sejarah, yang melibatkan sebagian besar pasukan militer Poros sampai akhir perang. Pada bulan Desember 1941, Jepang bergabung dengan blok Poros, menyerang Amerika Serikat dan teritori Eropa di Samudra Pasifik, dan dengan cepat menguasai sebagian besar Pasifik Barat.

    Serbuan Poros berhenti tahun 1942, setelah Jepang kalah dalam berbagai pertempuran laut dan tentara Poros Eropa dikalahkan di Afrika Utara dan Stalingrad. Pada tahun 1943, melalui serangkaian kekalahan Jerman di Eropa Timur, invasi Sekutu ke Italia, dan kemenangan Amerika Serikat di Pasifik, Poros kehilangan inisiatif mereka dan mundur secara strategis di semua front. Tahun 1944, Sekutu Barat menyerbu Perancis, sementara Uni Soviet merebut kembali semua teritori yang pernah dicaplok dan menyerbu Jerman beserta sekutunya. Perang di Eropa berakhir dengan pendudukan Berlin oleh tentara Soviet dan Polandia dan penyerahan tanpa syarat Jerman pada tanggal 8 Mei 1945. Sepanjang 1944 dan 1945, Amerika Serikat mengalahkan Angkatan Laut Jepang dan menduduki beberapa pulau di Pasifik Barat, menjatuhkan bom atom di negara itu menjelang invasi ke Kepulauan Jepang. Uni Soviet kemudian mengikuti melalui negosiasi dengan menyatakan perang terhadap Jepang dan menyerbu Manchuria. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros.

    ReplyDelete
  80. Dongeng Monyet dan Unta Peniru - Pada suatu perayaan besar untuk menghormati sang Singa si Raja Hutan, seekor monyet diminta untuk menari di depan hewan yang hadir pada perayaan itu. Tarian sang Monyet begitu indahnya sehingga semua hewan yang hadir menjadi senang dan gembira melihatnya.
    Pujian yang didapatkan oleh sang Monyet membuat seekor unta yang hadir menjadi iri hati. Dia sangat yakin bahwa ia bisa menari seindah tarian sang monyet, bahkan mungkin lebih baik lagi, karena itu dia maju ke depan menerobos kerumunan hewan yang menonton tarian monyet, dan sang Unta mengangkat kaki depannya, mulai menari. Tapi unta yang sangat besar itu membuat dirinya kelihatan konyol saat menendang-nendangkan kakinya ke depan dan memutar-mutarkan lehernya yang kaku dan panjang. Selain itu, sang unta sulit untuk menjaga agar tapak kakinya yang besar tetap terangkat ke atas.
    Akhirnya, salah satu tapak kakinya yang besar hampir mengenai hidung sang Raja Hutan sehingga hewan-hewan yang jengkel melihat tingkah sang Unta, mengusirnya keluar sampai ke padang gurun.
    Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari dongeng monyet dan unta peniru ini adalah
    Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dapat kamu lakukan.

    ReplyDelete
  81. 1.c.MRSYULIDA


    10.NAT

    4.CASSAVA
    9.CABBAGE
    13.MOUNTAIN
    19.OCEAN

    1.FOOD
    2.FOLGET
    4.FROM
    5.FAR
    8.MEAT
    9.ANIMALS
    10.BECAUSE
    11.POND
    14.CLEAN
    16.KEEPS
    20.CATCHES


    16.C.GARDENING
    19.A.FISHING
    20.C.JOGGING


    2.MEDICINE
    3.LUCK
    6.SWIM
    9.SOME
    10.CHSS
    13.MADE
    19.HOBBY

    4.GULDE
    5.THE TABLES
    6.DEPENDING
    7.NYWHERE
    8.DAYS
    9.TALK
    10.CHANGE
    11.INSIDE
    12.EVERYTHING
    13.PROUD
    14.LOUD
    15.HEAT
    16.KNOW










    9.FUN

    2.F


    3.MEAN6.TEMPERATUR
    9.PLACE
    15.CAREFULLY
    13.DEGREES
    15.STARTING
    16.TELL
    17.SECOND
    18.CLEAR
    19.NEXT


    4.NEVER
    1.POND
    13.TOO
    15.IT
    20.ALTOUGH


    4.WANTS
    5.EVERYTING
    10.RECEIVE

    ReplyDelete
  82. Nama : Jenderal TNI Anumerta Yani
    Pangkat :
    Tanggal Lahir : 19 Juni 1922
    Riwayat Hidup : Jenderal TNI Anumerta AChmad Yani (Purworejo, 19 Juni 1922]]-Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Pendidikan formal diawalinya di HIS (setingkat Sekolah Dasar) Bogor, yang diselesaikannya pada tahun 1935. Kemudian ia melanjutkan sekolahnya ke MULO (setingkat Sekolah Menegah Pertama) kelas B Afd. Bogor. Dari sana ia tamat pada tahun 1938, selanjutnya ia masuk ke AMS (setingkat Sekolah Menengah Umum) bagian B Afd. Jakarta. Sekolah ini dijalaninya hanya sampai kelas dua, sehubungan dengan adanya milisi yang diumumkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.


    Achmad Yani kemudian mengikuti pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang dan secara lebih intensif di Bogor. Dari sana ia mengawali karir militernya dengan pangkat Sersan. Kemudian setelah tahun 1942 yakni setelah pendudukan Jepang di Indonesia, ia juga mengikuti pendidikan Heiho di Magelang dan selanjutnya masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.

    Berbagai prestasi pernah diraihnya pada masa perang kemerdekaan. Achmad Yani berhasil menyita senjata Jepang di Magelang. Setelah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia diangkat menjadi Komandan TKR Purwokerto. ketika Agresi Militer Pertama Belanda terjadi, pasukan Achmad Yani yang beroperasi di daerah Pingit berhasil menahan serangan Belanda di daerah tersebut. Maka saat Agresi Militer Kedua Belanda terjadi, ia dipercayakan memegang jabatan sebagai Komandan Wehrkreise II yang meliputi daerah pertahanan Kedu. Setelah Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan, ia diserahi tugas untuk melawan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) yang membuat kekacauan di daerah Jawa Tengah. Ketika itu dibentuk pasukan Banteng Raiders yang diberi latihan khusus hingga pasukan DI/TII pun berhasil dikalahkan. Seusai penumpasan DI/TII tersebut, ia kembali ke Staf Angkatan Darat.

    Pada tahun 1955, Achmad Yani disekolahkan pada Command and General Staff College di Fort Leaven Worth, Kansas, USA selama sembilan bulan. Pada tahun 1956, ia juga mengikuti pendidikan
    selama dua bulan pada Spesial Warfare Course di Inggris. Tahun 1958 saat pemberontakan PRRI terjadi di Sumatera Barat, Achmad Yani yang masih berpangkat Kolonel diangkat menjadi Komandan Komando Operasi 17 Agustus untuk memimpin penumpasan pemberontakan PRRI dan berhasil menumpasnya. Hingga pada tahun 1962, ia diangkat menjadi Menteri/Panglima Angkatan Darat.

    Achmad Yani selalu berbeda paham dengan PKI (Partai Komunis Indonesia). Ia menolak keinginan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima yang terdiri dari buruh dan tani yang dipersenjatai. Oleh karena itu, ia menjadi salah satu target PKI yang diculik dan dibunuh di antara tujuh petinggi TNI Angkatan Darat melalui Pemberontakan G30S/PKI (Gerakan Tiga Puluh September/PKI). Achmad Yani ditembak di depan kamar tidurnya pada tanggal 1 Oktober 1965 (dinihari). Jenazahnya kemudian ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur dan dimakamkan secara layak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Achmad Yani gugur sebagai Pahlawan Revolusi. Pangkat sebelumnya sebagai Letnan Jenderal dinaikkan satu tingkat (sebagai penghargaan) menjadi Jenderal.

    ReplyDelete
  83. Nama : Letnan Jenderal Anumerta M.T.Haryono
    Pangkat : Letnan Jenderal
    Tanggal Lahir : 20 Januari 1924
    Riwayat Hidup : Dikesempatan kali ini, saya kembali ingin memberikan sebuah kisah seorang pahlawan nasional indonesia yang ikut berjuang melawan penjajahan dalam memerdekakan negara kesatuan republik indonesia (NKRI) Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 20 Januari 1924 – meninggal di Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 41 tahun) adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang terbunuh pada persitiwa G30S PKI. Ia dimakamkan di TMP Kalibata – Jakarta.
    Letjen Anumerta M.T. Haryono kelahiran Surabaya, 20 Januari 1924, ini sebelumnya memperoleh pendidikan di ELS (setingkat Sekolah Dasar) kemudian diteruskan ke HBS (setingkat Sekolah Menengah Umum). Setamat dari HBS, ia sempat masuk Ika Dai Gakko (Sekolah Kedokteran masa pendudukan Jepang) di Jakarta, namun tidak sampai tamat.
    Ketika kemerdekaan RI diproklamirkan, ia yang sedang berada di Jakarta segera bergabung dengan pemuda lain untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan itu sekaligus dilanjutkannya dengan masuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Awal pengangkatannya, ia memperoleh pangkat Mayor.
    Selama terjadinya perang mempertahankan kemerdekaan yakni antara tahun 1945 sampai tahun 1950, ia sering dipindahtugaskan. Pertama-tama ia ditempatkan di Kantor Penghubung, kemudian sebagai Sekretaris Delegasi RI dalam perundingan dengan Inggris dan Belanda. Suatu kali ia juga pernah ditempatkan sebagai Sekretaris Dewan Pertahanan Negara dan di lain waktu sebagai Wakil Tetap pada Kementerian Pertahanan Urusan Gencatan Senjata. Dan ketika diselenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB), ia merupakan Sekretaris Delegasi Militer Indonesia.

    ReplyDelete
  84. Perang Dunia II, atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat menjadi PDII atau PD2), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.[1]

    Kekaisaran Jepang berusaha mendominasi Asia Timur dan sudah memulai perang dengan Republik Tiongkok pada tahun 1937,[2] tetapi perang dunia secara umum pecah pada tanggal 1 September 1939 dengan invasi ke Polandia oleh Jerman yang diikuti serangkaian pernyataan perang terhadap Jerman oleh Perancis dan Britania. Sejak akhir 1939 hingga awal 1941, dalam serangkaian kampanye dan perjanjian, Jerman membentuk aliansi Poros bersama Italia, menguasai atau menaklukkan sebagian besar benua Eropa. Setelah Pakta Molotov–Ribbentrop, Jerman dan Uni Soviet berpisah dan menganeksasi wilayah negara-negara tetangganya sendiri di Eropa, termasuk Polandia. Britania Raya, dengan imperium dan Persemakmurannya, menjadi satu-satunya kekuatan besar Sekutu yang terus berperang melawan blok Poros, dengan mengadakan pertempuran di Afrika Utara dan Pertempuran Atlantik. Bulan Juni 1941, Poros Eropa melancarkan invasi terhadap Uni Soviet yang menandakan terbukanya teater perang darat terbesar sepanjang sejarah, yang melibatkan sebagian besar pasukan militer Poros sampai akhir perang. Pada bulan Desember 1941, Jepang bergabung dengan blok Poros, menyerang Amerika Serikat dan teritori Eropa di Samudra Pasifik, dan dengan cepat menguasai sebagian besar Pasifik Barat.
    Balas

    ReplyDelete
  85. Haji (bahasa Arab: حج‎ transliterasi: Hajj) adalah rukun Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

    Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah pada tanggal 10 Zulhijah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.Secara lughawi, haji berarti menyengaja atau menuju dan mengunjungi.[1] Menurut etimologi bahasa Arab, kata haji mempunyai arti qashd, yakni tujuan, maksud, dan menyengaja. Menurut istilah syara', haji ialah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula. Yang dimaksud dengan tempat-tempat tertentu dalam definisi diatas, selain Ka'bah dan Mas'a(tempat sa'i), juga Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Yang dimaksud dengan waktu tertentu ialah bulan-bulan haji yang dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Adapun amal ibadah tertentu ialah thawaf, sa'i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumrah, mabit di Mina, dan lain-lainOrang-orang Arab pada zaman jahiliyah telah mengenal ibadah haji ini yang mereka warisi dari nenek moyang terdahulu dengan melakukan perubahan disana-sini. Akan tetapi, bentuk umum pelaksanaannya masih tetap ada, seperti thawaf, sa'i, wukuf, dan melontar jumrah. Hanya saja pelaksanaannya banyak yang tidak sesuai lagi dengan syariat yang sebenarnya. Untuk itu, Islam datang dan memperbaiki segi-segi yang salah dan tetap menjalankan apa-apa yang telah sesuai dengan petunjuk syara' (syariat), sebagaimana yang diatur dalam al-Qur'an dan sunnah rasul.[2] Latar belakang ibadah haji ini juga didasarkan pada ibadah serupa yang dilaksanakan oleh nabi-nabi dalam agama Islam, terutama nabi Ibrahim (nabinya agama Tauhid). Ritual thawaf didasarkan pada ibadah serupa yang dilaksanakan oleh umat-umat sebelum nabi Ibarahim. Ritual sa'i, yakni berlari antara bukit Shafa dan Marwah (daerah agak tinggi di sekitar Ka'bah yang sudah menjadi satu kesatuan Masjid Al Haram, Makkah), juga didasarkan untuk mengenang ritual istri kedua nabi Ibrahim ketika mencari susu untuk anaknya nabi Ismail. Sementara wukuf di Arafah adalah ritual untuk mengenang tempat bertemunya nabi Adam dan Siti Hawa di muka bumi, yaitu asal mula dari kelahiran seluruh umat manusia.

    ReplyDelete
  86. Jenis ibadah haji

    Setiap jamaah bebas untuk memilih jenis ibadah haji yang ingin dilaksanakannya. Rasulullah memberi kebebasan dalam hal itu, sebagaimana terlihat dalam hadis berikut.

    Aisyah berkata: Kami berangkat beribadah bersama rasulullah S.A.W dalam tahun hajjatul wada. Di antara kami ada yang berihram, untuk haji dan umrah dan ada pula yang berihram untuk haji. Orang yang berihram untuk umrah ber-tahallul ketika telah berada di Baitullah. Sedang orang yang berihram untuk haji jika ia mengumpulkan haji dan umrah. Maka ia tidak melakukan tahallul sampai dengan selesai dari nahar.[1][3]

    Berikut adalah jenis dan pengertian haji yang dimaksud.[1]

    Haji ifrad, berarti menyendiri. Pelaksanaan ibadah haji disebut ifrad bila sesorang bermaksud menyendirikan, baik menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah. Dalam hal ini, yang didahulukan adalah ibadah haji. Artinya, ketika mengenakan pakaian ihram di miqat-nya, orang tersebut berniat melaksanakan ibadah haji dahulu. Apabila ibadah haji sudah selesai, maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan umrah.
    Haji tamattu', mempunyai arti bersenang-senang atau bersantai-santai dengan melakukan umrah terlebih dahulu di bulan-bulah haji, lain bertahallul. Kemudian mengenakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan ibadah haji, pada tahun yang sama. Tamattu' dapat juga berarti melaksanakan ibadah di dalam bulan-bulan serta di dalam tahun yang sama, tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal.
    Haji qiran, mengandung arti menggabungkan, menyatukan atau menyekaliguskan. Yang dimaksud disini adalah menyatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak miqat makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai, meskipun mungkin akan memakan waktu lama. Menurut Abu Hanifah, melaksanakan haji qiran, berarti melakukan dua thawaf dan dua sa'i.

    Kegiatan ibadah haji
    Seorang haji pada masa Hindia Belanda (litografi berdasarkan gambar oleh Auguste van Pers, 1854)

    Berikut adalah kegiatan utama dalam ibadah haji berdasarkan urutan waktu:

    Sebelum 8 Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
    8 Zulhijah, jamaah haji bermalam di Mina. Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina.
    9 Zulhijah, pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah.
    10 Zulhijah, setelah pagi di Muzdalifah, jamaah segera menuju Mina untuk melaksanakan ibadah Jumrah Aqabah, yaitu melempar batu sebanyak tujuh kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi mengusir setan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa Tawaf Haji (menyelesaikan Haji), atau bermalam di Mina dan melaksanakan jumrah sambungan (Ula dan Wustha).
    11 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
    12 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
    Sebelum pulang ke negara masing-masing, jamaah melaksanakan Thawaf Wada' (thawaf perpisahan).

    ReplyDelete
  87. 8.idea
    12.if
    17.way20.is

    ReplyDelete
  88. Serbuan Poros berhenti tahun 1942, setelah Jepang kalah dalam berbagai pertempuran laut dan tentara Poros Eropa dikalahkan di Afrika Utara dan Stalingrad. Pada tahun 1943, melalui serangkaian kekalahan Jerman di Eropa Timur, invasi Sekutu ke Italia, dan kemenangan Amerika Serikat di Pasifik, Poros kehilangan inisiatif mereka dan mundur secara strategis di semua front. Tahun 1944, Sekutu Barat menyerbu Perancis, sementara Uni Soviet merebut kembali semua teritori yang pernah dicaplok dan menyerbu Jerman beserta sekutunya. Perang di Eropa berakhir dengan pendudukan Berlin oleh tentara Soviet dan Polandia dan penyerahan tanpa syarat Jerman pada tanggal 8 Mei 1945. Sepanjang 1944 dan 1945, Amerika Serikat mengalahkan Angkatan Laut Jepang dan menduduki beberapa pulau di Pasifik Barat, menjatuhkan bom atom di negara itu menjelang invasi ke Kepulauan Jepang. Uni Soviet kemudian mengikuti melalui negosiasi dengan menyatakan perang terhadap Jepang dan menyerbu Manchuria. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros.

    Perang Dunia II mengubah haluan politik dan struktur sosial dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan untuk memperkuat kerja sama internasional dan mencegah konflik-konflik yang akan datang. Para kekuatan besar yang merupakan pemenang perang—Amerika Serikat, Uni Soviet, Tiongkok, Britania Raya, dan Perancis—menjadi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.[3] Uni Soviet dan Amerika Serikat muncul sebagai kekuatan super yang saling bersaing dan mendirikan panggung Perang Dunia yang kelak bertahan selama 46 tahun selanjutnya. Sementara itu, pengaruh kekuatan-kekuatan besar Eropa mulai melemah, dan dekolonisasi Asia dan Afrika dimulai. Kebanyakan negara yang industrinya terkena dampak buruk mulai menjalani pemulihan ekonomi. Integrasi politik, khususnya di Eropa, muncul sebagai upaya untuk menstabilkan hubungan pascaperang.

    ReplyDelete

  89. Setiap jamaah bebas untuk memilih jenis ibadah haji yang ingin dilaksanakannya. Rasulullah memberi kebebasan dalam hal itu, sebagaimana terlihat dalam hadis berikut.

    Aisyah berkata: Kami berangkat beribadah bersama rasulullah S.A.W dalam tahun hajjatul wada. Di antara kami ada yang berihram, untuk haji dan umrah dan ada pula yang berihram untuk haji. Orang yang berihram untuk umrah ber-tahallul ketika telah berada di Baitullah. Sedang orang yang berihram untuk haji jika ia mengumpulkan haji dan umrah. Maka ia tidak melakukan tahallul sampai dengan selesai dari nahar.[1][3]

    Berikut adalah jenis dan pengertian haji yang dimaksud.[1]

    Haji ifrad, berarti menyendiri. Pelaksanaan ibadah haji disebut ifrad bila sesorang bermaksud menyendirikan, baik menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah. Dalam hal ini, yang didahulukan adalah ibadah haji. Artinya, ketika mengenakan pakaian ihram di miqat-nya, orang tersebut berniat melaksanakan ibadah haji dahulu. Apabila ibadah haji sudah selesai, maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan umrah.
    Haji tamattu', mempunyai arti bersenang-senang atau bersantai-santai dengan melakukan umrah terlebih dahulu di bulan-bulah haji, lain bertahallul. Kemudian mengenakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan ibadah haji, pada tahun yang sama. Tamattu' dapat juga berarti melaksanakan ibadah di dalam bulan-bulan serta di dalam tahun yang sama, tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal.
    Haji qiran, mengandung arti menggabungkan, menyatukan atau menyekaliguskan. Yang dimaksud disini adalah menyatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak miqat makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai, meskipun mungkin akan memakan waktu lama. Menurut Abu Hanifah, melaksanakan haji qiran, berarti melakukan dua thawaf dan dua sa'i.

    Kegiatan ibadah haji
    Seorang haji pada masa Hindia Belanda (litografi berdasarkan gambar oleh Auguste van Pers, 1854)

    Berikut adalah kegiatan utama dalam ibadah haji berdasarkan urutan waktu:

    Sebelum 8 Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
    8 Zulhijah, jamaah haji bermalam di Mina. Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina.
    9 Zulhijah, pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah.
    10 Zulhijah, setelah pagi di Muzdalifah, jamaah segera menuju Mina untuk melaksanakan ibadah Jumrah Aqabah, yaitu melempar batu sebanyak tujuh kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi mengusir setan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa Tawaf Haji (menyelesaikan Haji), atau bermalam di Mina dan melaksanakan jumrah sambungan (Ula dan Wustha).
    11 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
    12 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
    Sebelum pulang ke negara masing-masing, jamaah melaksanakan Thawaf Wada' (thawaf perpisahan

    ReplyDelete
  90. Setiap jamaah bebas untuk memilih jenis ibadah haji yang ingin dilaksanakannya. Rasulullah memberi kebebasan dalam hal itu, sebagaimana terlihat dalam hadis berikut.

    Aisyah berkata: Kami berangkat beribadah bersama rasulullah S.A.W dalam tahun hajjatul wada. Di antara kami ada yang berihram, untuk haji dan umrah dan ada pula yang berihram untuk haji. Orang yang berihram untuk umrah ber-tahallul ketika telah berada di Baitullah. Sedang orang yang berihram untuk haji jika ia mengumpulkan haji dan umrah. Maka ia tidak melakukan tahallul sampai dengan selesai dari nahar.[1][3]

    Berikut adalah jenis dan pengertian haji yang dimaksud.[1]

    Haji ifrad, berarti menyendiri. Pelaksanaan ibadah haji disebut ifrad bila sesorang bermaksud menyendirikan, baik menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah. Dalam hal ini, yang didahulukan adalah ibadah haji. Artinya, ketika mengenakan pakaian ihram di miqat-nya, orang tersebut berniat melaksanakan ibadah haji dahulu. Apabila ibadah haji sudah selesai, maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan umrah.
    Haji tamattu', mempunyai arti bersenang-senang atau bersantai-santai dengan melakukan umrah terlebih dahulu di bulan-bulah haji, lain bertahallul. Kemudian mengenakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan ibadah haji, pada tahun yang sama. Tamattu' dapat juga berarti melaksanakan ibadah di dalam bulan-bulan serta di dalam tahun yang sama, tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal.
    Haji qiran, mengandung arti menggabungkan, menyatukan atau menyekaliguskan. Yang dimaksud disini adalah menyatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak miqat makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai, meskipun mungkin akan memakan waktu lama. Menurut Abu Hanifah, melaksanakan haji qiran, berarti melakukan dua thawaf dan dua sa'i.

    Kegiatan ibadah haji
    Seorang haji pada masa Hindia Belanda (litografi berdasarkan gambar oleh Auguste van Pers, 1854)

    Berikut adalah kegiatan utama dalam ibadah haji berdasarkan urutan waktu:

    Sebelum 8 Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
    8 Zulhijah, jamaah haji bermalam di Mina. Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina.
    9 Zulhijah, pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah.
    10 Zulhijah, setelah pagi di Muzdalifah, jamaah segera menuju Mina untuk melaksanakan ibadah Jumrah Aqabah, yaitu melempar batu sebanyak tujuh kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi mengusir setan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa Tawaf Haji (menyelesaikan Haji), atau bermalam di Mina dan melaksanakan jumrah sambungan (Ula dan Wustha).
    11 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
    12 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
    Sebelum pulang ke negara masing-masing, jamaah melaksanakan Thawaf Wada' (thawaf perpisahan

    ReplyDelete
  91. 1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

    a. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) . dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya, misalnya pada tahun 1935 Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia.

    b. Negara - negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya. Dengan kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italia mencurigai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia mencurigai fasisme Italia dan nasional-sosialis Jerman. Oleh karena saling mencurigai akhirnya negara- negara tersebut memperkuat militer dan pesenjataannya.

    c. Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan). Kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari kawan dan muncullah dua blok besar yakni:

    1. Blok Fasis terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang
    2. Blok Sekutu terdiri atas:

    a) Blok demokrasi yaitu Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda
    b) Blok komunis yaitu Rusia,Polandja, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovalcia.

    d. Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi. Jerman mengumumkan “Lebensraum “nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Italia menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya. ini berarti merupakan tantangan terhadap imperialisme Jnggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

    e. Adanya pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme.

    f. Adanya politik balas dendam (“Revanche Idea”) . Jerman terhadap Perancis, karena Jerman merasa dihina dengan Perjanjian Versailles.


    2. Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II
    Di Eropa, Sebab khusus terjadi Perang dunia II adalah serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia merupakan negara di bawah pengawasan liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut Danzig karena penduduknya adalah bahasa jerman, tetapi Polandia menolak tuntutan itu. Pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman, kemudian diikuti sekutu-sekutunya. Perang Dunia di Pasifik disebabkan oleh serbuan jepang terhadap Pangkalan armada angkatan laut Amerika di Pearl Harbour , Hawai (7 Desember 1941)

    ReplyDelete
  92. Dr zakir naik mengislamkan orang india
    Ada seorang pemuda bernama anshul bagsi yang berasal dari india dia bagian dari tim riset dalam tim tallent acquistion diaberterima kasih karena terlah diberi kesempatan untuk bertanya kepada dr zakir naik pertannyaannya sebenarnya tidak berhubungan dengan agama namun pemuda itu bertanya dengan bertele-tele ketika dr zakir akan menjawab pertanyannya ia malah kembali bertanya dr zakit memintannya untuk bertannya maksimal dua pertanyaan penting dan pertanyaan itu adalah “apa tujuan tuhan menciptakan jagad raya? Dan apakah tujuan umum dibalik itu?” kemudian dr. Zakir menjawab tuhan adalah pencipta jika dia sang pencipta dia harus menciptakan apakah tujuan dari setiap ciptaan? Setiap ciptaan berbeda-beda dan tujuan dari setiap ciptaan itu pun berbeda-beda tujuan dari binatang berbeda dengan manusia tapi secara keseluruhan semua ciptaan yang di ciptakan tuhan dia adalah sang pencipta dan pencipta ada dua tipe salah satu pencipta adalah yang menciptakan sesuatu dari sesuatu yang lain, dimana kita bisa melakukannya misal kita bisa mengambil kayu,memotongnnya,memalunnya dan membuat sebuah meja jadi kita juga pencipta tapi terbatas tapi ada pencipta yang bisa menciptakan sesuatu dari ketiadaan, itu hanya bisa dilakukan oleh tuhan seperti bagaimana jagad raya tercipta allah berfirman dalam surat al anbiya(21): ayat 30
    Yang artinnya “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”
    Sekarang peneliti melakukan riset apakah ini benar atau tidak


    ReplyDelete
  93. 20 baris
    Queen Of Arabia and Three Sheiks
    Once upon a time there was a queen of Arabia named Maura. Maura is the most beautiful lady who had many suitors. Almost of it counts had discarded one by one, until just three sheiks reduced to the list. Those three were young and handsome. They were strong and also rich. The queen was hard to decide who would be the only one being the best.
    One day in the night, Maura disguised herself and went to the sheiks’ camps near her castle. Maura had an idea to made a dinner for them, “Would you like something to eat, sheiks?” asked her. The first gave her some left in the table over food. And the second one gave her something strange, some unappetizing camel’s tail. The last one who named Hakim, offered the most tasty meat and tender.
    After the lovely occasion, the queen left the camp.
    Then in tomorrow, the queen invited those three sheiks to have a dinner at her castle. She ordered as same as the foods which is given to queen yesterday. The first sheiks who gave all over the food get the same menu. And he ate all the menu by himself. The second one who gave the unappetizing camel’s tail get the same and ate by himself. The third one , hakim, Get the same menu as he gave to the queen, but he didn’t want to eat it if all the people around him could not get too.
    The queen was smiling. “Hakim, you are the person who I am searching for, now I announce that Hakim the person I will marry with!”
    Itulah guys contoh dari gue

    ReplyDelete
  94. 50 baris
    Story of Bawang Merah and Bawang Putih Sebagai Contoh Text Narrative
    Bawang Putih lived with her step mother and her step sister, Bawang Merah. Bawang Putih’s mother died when she was a baby. Her father remarried another woman and later her step sister was born. Unfortunately, not long after that her father died. Since then, Bawang Putih’s life was sad. Her step mother and her step sister treated Bawang Putih badly and always asked her to do all the household chores.
    One morning, Bawang Putih was washing some clothes in a river. Accidentally, her mother’s clothes were washed away by the river. She was really worried so she walked along the river side to find the clothes. Finally she met an old woman. She said that she kept the clothes and would give them back to Bawang Putih if she helped the old woman do the household chores. Bawang Putih helped her happily. After everything was finished, the old woman returned the clothes. She also gave Bawang Putih a gift. The old woman had two pumpkins, one pumpkin was small and the other one was big. Bawang Putih had to choose one.
    Bawang Putih was not a greedy girl. So she took the small one. After thanking the old woman, Bawang Putih then went home. When she arrived home, her step mother and Bawang Merah were angry. They had been waiting for her all day long. Bawang Putih then told about the clothes, the old woman, and the pumpkin. Her mother was really angry so she grabbed the pumpkin and smashed it to the floor. Suddenly they all were surprised. Inside the pumpkin they found jewelries. “Bawang Merah, hurry up. Go to the river and throw my clothes into the water. After that, find the old woman. Remember, you have to take the big pumpkin,” the step mother asked Bawang Merah to do exactly the same as Bawang Putih’s experience. Bawang Merah immediately went to the river. She threw the clothes and pretended to search them. Not long after that, she met the old woman. Again she asked Bawang Merah to do household chores. She refused and asked the old woman to give her a big pumpkin. The old woman then gave her the big one. Bawang Merah was so happy. She ran very fast. When she arrived home, her mother was impatient. She directly smashed the pumpkin to the floor. They were screaming. There were a lot of snakes inside the pumpkin! They were really scared. They were afraid the snakes would bite them. “Mom, I think God just punished us. We had done bad things to Bawang Putih. And God didn’t like that. We have to apologize to Bawang Putih,” said Bawang Merah.
    Finally both of them realized their mistakes. They apologized and Bawang Putih forgave them. Now the family is not poor anymore. Bawang Putih decided to sell all the jewelries and used the money for their daily lives.

    ReplyDelete
  95. Dr.ZAKIR NAIK
    MENGISLAMKAN PEMUDA INDIA
    Pada suatu hari ada seorang pemuda INDIA yang bernama ANZUL BAGSI dia adalah salah satu dari tim riset dalam tim tallen acquistion di sebuah Gedung pertemuan yang di datangi berjuta jamaah yang beragama muslim maupun non muslim, Anzul Bagsi bertanya kepada Dr.ZAKIR NAIK. Pemuda itu bertanya kepada beliau “Kenapa Tuhan menciptakan Jagad Raya ini ?” kemudian beliau menjawab : “Tuhan adalah pencipta atau menciptakan sesuatu dari ketiadaan menjadi ada. Tujuan dari Jagad Raya ini agar manusia dan makhluk lain bisa hidup di dalamnya. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S AL-ANBIYA’ ayat[21]30 yang artinya “Aku tidak akan menciptakan manusia ,jin, dan Malaikat. Melainkan agar mereka tunduk dan patuh kepada aku” kemudian pemuda itu bertanya kembali “Mengapa saat ada seorang wanita yang diperkosa di DELHI , kenapa Tuhan tidak menolongnya, dimanakah Tuhan itu?” lalu Dr.ZAKIR menjawab : suatu saat akan ada balasannya mungkin wanita itu di dunia mendapat posisi rendah, suatu saat dia akan mendapat Jannah (SURGA) apabila wanita itu tidak menginginkan pemerkosaan itu terjadi dan orang yang memperkosa di dunia hanya merasakan kenikmatan 2,3 jam mungkin di Neraka dia akan disiksa selamanya, karena Tuhan Maha Adil atas semua yang diciptakan. Setelah mengajukan beberapa pertanyaan yang menurut Dr.ZAKIR NAIK baik dan bagus lalu Dr.ZAKIR menjawabnya dengan jelas dan meyakinkan kalau TUHAN yang patut disembah adalah ALLAH dan NABI MUHAMMAD adalah utusan ALLAH, dan AL-QURAN adalah pedoman hidup dengan membandingkan dengan agama yang lain, lalu Anzul Bagsi bersedia untuk memeluk agama islam dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat yang dituntun oleh Dr.ZAKIR NAIK didepan jutaan jamaah yang hadir dalam pertemuan tersebut tanpa adanya paksaan .

    ReplyDelete
  96. 70 baris
    The legend of nyi roro kidul
    Once upon a time, there was a beautiful princess named Kadita. Because of her beauty she was called Dewi Srengenge. It meant the goddess of sun. Her father was King Munding Wangi. Although he had a beautiful daughter, he was unhappy because he always expected to have a son.

    The king decided to marry Dewi Mutiara. He had a son from her. Dewi Mutiara wanted her son to become a king in the future. She asked the King to send his daughter away. The king did not agree.

    Dewi Mutiara called a black wizard to curse Kadita. She wanted Kadita’s beautiful body full of ulcer. Then, Kadita’s body was full of ulcer. It smelled bad. The beautiful princess cried.

    The King was sad. No one could cure his daughter’s illness. The king did not want her daughter to be a rumor so he sent her away.

    The poor princess did not know where to go. However, she had a noble heart. She did not have any bad feeling about her step mother. She walked for almost seven days and seven nights. Then, she came to the south Ocean. The ocean was so clean and clear. She jumped into the water and swam.

    Suddenly, there was a miracle. The ocean water cured her illness. She became more beautiful than before. She also had a power to command the whole South Ocean. She became a fairy called Nyi Roro Kidul or The Queen of South Ocean.

    ReplyDelete
  97. Dr.ZAKIR NAIK
    MENGISLAMKAN PEMUDA INDIA
    Pada suatu hari ada seorang pemuda INDIA yang bernama ANZUL BAGSI dia adalah salah satu dari tim riset dalam tim tallen acquistion di sebuah Gedung pertemuan yang di datangi berjuta jamaah yang beragama muslim maupun non muslim, Anzul Bagsi bertanya kepada Dr.ZAKIR NAIK. Pemuda itu bertanya kepada beliau “Kenapa Tuhan menciptakan Jagad Raya ini ?” kemudian beliau menjawab : “Tuhan adalah pencipta atau menciptakan sesuatu dari ketiadaan menjadi ada. Tujuan dari Jagad Raya ini agar manusia dan makhluk lain bisa hidup di dalamnya. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S AL-ANBIYA’ ayat[21]30 yang artinya “Aku tidak akan menciptakan manusia ,jin, dan Malaikat. Melainkan agar mereka tunduk dan patuh kepada aku” kemudian pemuda itu bertanya kembali “Mengapa saat ada seorang wanita yang diperkosa di DELHI , kenapa Tuhan tidak menolongnya, dimanakah Tuhan itu?” lalu Dr.ZAKIR menjawab : suatu saat akan ada balasannya mungkin wanita itu di dunia mendapat posisi rendah, suatu saat dia akan mendapat Jannah (SURGA) apabila wanita itu tidak menginginkan pemerkosaan itu terjadi dan orang yang memperkosa di dunia hanya merasakan kenikmatan 2,3 jam mungkin di Neraka dia akan disiksa selamanya, karena Tuhan Maha Adil atas semua yang diciptakan. Setelah mengajukan beberapa pertanyaan yang menurut Dr.ZAKIR NAIK baik dan bagus lalu Dr.ZAKIR menjawabnya dengan jelas dan meyakinkan kalau TUHAN yang patut disembah adalah ALLAH dan NABI MUHAMMAD adalah utusan ALLAH, dan AL-QURAN adalah pedoman hidup dengan membandingkan dengan agama yang lain, lalu Anzul Bagsi bersedia untuk memeluk agama islam dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat yang dituntun oleh Dr.ZAKIR NAIK didepan jutaan jamaah yang hadir dalam pertemuan tersebut tanpa adanya paksaan .

    ReplyDelete
  98. 81 baris
    Beauty and the Beast

    Once upon a time there was a prince. He was good looking and very rich. He lived in a beautiful castle together with his knights and servants.

    One rainy dark night, a woman came to his castle. She was old and ugly. The prince didn't like her and sent her away. After he sent the woman away, she turned into a beautiful fairy. She cast a spell over the prince and his castle. The prince became a beast. He was no longer good looking. He looked very ugly instead and all his servants turned into furniture.

    One day, an old man named Maurice was traveling past the castle. It was raining so hard that he decided to enter the castle. When the beast saw him, he captured him. After sometime Maurice's daughter, Belle began to worry about him.

    She started to look for him. Finally, she arrived in the castle and she found her father there. She asked the beast to let her father go but he refused. Belle, then, agreed to stay in the castle so that her father could go home.

    While Belle was staying at the castle the beast slowly changed. He was not meant anymore. Belle began to like him and finally they fell in love with each other. Right after she declared her love for him the spell was broken. The beast and her servants became human again.Then, the beast and Belle got married. They lived happily ever after.

    ReplyDelete
  99. 107 baris
    Wanita Cantik dan Pria Berwajah Binatang
    Pada suatu masa hiduplah seorang pangeran. Dia sangat tampan dan kaya. Dia tinggal di sebuah istana yang indah bersama para pengawal dan pelayannya.

    Pada suatu malam yang gelap dan hujan, datanglah seorang wanita ke istananya. Dia berumur tua dan jelek rupa. Pangeran tidak suka padanya dan mengusirnya. Setelah mengusir wanita itu, wanita itu berubah menjadi peri yang cantik. Dia mengutuk pangeran dan istananya. Pangeran berubah menjadi seekor binatang buas. Dia tak lagi tampan. Dia berubah menjadi buruk rupa dan seluruh pelayannya berubah menjadi alat perabotan rumah tangga.

    Suatu hari, seorang laki-laki tua bernama Maurice berjalan melewati istana. Karena hujan deras, dia memutuskan masuk ke dalam istana. Ketika binatang itu melihatnya, dia menangkapnya. Setelah beberapa waktu, anaknya Maurice, Belle mulai mengkhawatirkannya.

    Dia mulai mencarinya. Akhirnya, dia tiba di istana dan menemukan ayahnya disana. Dia menemukan ayahnya disana. Dia meminta binatang buas itu melepaskan ayahnya, tapi dia menolak. Belle akhirnya mau tinggal di istana asalkan ayahnya boleh pulang.

    Setelah Belle tinggal di istana, binatang buas itu pelahan berubah. Dia tidak buas lagi. Belle mulai menyukainya dan akhirnya mereka jatuh cinta satu sama lain. Pada saat ia menyatakan cintanya kepada si binatang, kutukan akhirnya lenyap. Binatang buas dan pembantunya berubah menjadi manusia lagi. Lalu, pangeran menikah dengan Belle. Mereka hidup bahagia selamanya.

    ReplyDelete
  100. 129 baris
    Bondowoso Love Story

    Long time ago, there was a love story in Bondowoso. The story happened in a junior high school. A young boy fell in love with a young girl. The couple loved each other. But unfortunately their parents didn't agree with the relationship.

    A few years later, they were successful in the exam. They passed it well. The couple planned to continue to senior high school. Actually, they wanted to go to the same school. But the fact was different. The girl's parent wanted to send her girl to the Islamic boarding school in another town.

    The time brought them to make a part. But, the distance couldn't separate. They still had a good relationship using mail. They could have in touch using love letter.

    One day, the boy sent his love letter again. 2 days time, he hoped the letter would have a reply. He waited. Two days, three days, four days, until a week, the letter wasn't replied. The boy was confused. He was upset to know that. He wanted to know her girlfriend's news. But, there was no news at all until the end of the year.

    2 years later that was a graduation party of senior high school. The boy received a letter. It wasn't love letter from her girlfriend. But, it was an invitation card. The card was for him. Inside he read "You are invited to come to our wedding party, on August 8, 2004. Yours: Ana and David."

    The boy couldn't move. He felt his body very heavy. He read again. He knew Ana was his girlfriend. Why did she send him an invitation card like that?

    A moment later, the boy couldn't see anything in front of him. His sight was black. He tried to walk, but he couldn't. He tried to shout, but no voice came out.


    ReplyDelete
  101. 7. Dikumpulkan(C-D)= COLLECTED
    10. Mengubur(B-D)= BURIED
    15. Berteriak(S-D)= SHOUTED

    ReplyDelete
  102. 156 baris
    Once upon a time, there was a young girl named Cinderella. She lived with her step mother and two step sisters.
    The step mother and sisters were conceited and bad tempered. They treated Cinderella very badly. Her step mother made Cinderella do the hardest works in the house; such as scrubbing the floor, cleaning the pot and pan and preparing the food for the family. The two step sisters, on the other hand, did not work about the house. Their mother gave them many handsome dresses to wear.
    One day, the two step sister received an invitation to the ball that the kings son was going to give at the palace. They were excited about this and spent so much time choosing the dresses they would wear. At last, the day of the ball came, and away went the sisters to it. Cinderella could not help crying after they had left.
    Why are crying, Cinderella? a voice asked. She looked up and saw her fairy godmother standing beside her, because I want so much to go to the ball said Cinderella. Well said the godmother,youve been such a cheerful, hardworking, uncomplaining girl that I am going to see that you do go to the ball.
    Magically, the fairy godmother changed a pumpkin into a fine coach and mice into a coachman and two footmen. Her godmother tapped Cinderellas raged dress with her wand, and it became a beautiful ball gown. Then she gave her a pair of pretty glass slippers. Now, Cinderella, she said; You must leave before midnight. Then away she drove in her beautiful coach.
    Cinderella was having a wonderfully good time. She danced again and again with the kings son. Suddenly the clock began to strike twelve, she ran toward the door as quickly as she could. In her hurry, one of her glass slipper was left behind.
    A few days later, the king son proclaimed that he would marry the girl whose feet fitted the glass slipper. Her step sisters tried on the slipper but it was too small for them, no matter how hard they squeezed their toes into it. In the end, the kings page let Cinderella try on the slipper. She stuck out her foot and the page slipped the slipper on. It fitted perfectly.
    Finally, she was driven to the palace. The kings son was overjoyed to see her again. They were married and live happily ever after.

    ReplyDelete
  103. 209 baris
    Sangkuriang


    Long time ago in West Java, lived a beautiful girl named Dayang Sumbi. She was also smart and clever. Her beauty and intelligence made a prince from the heavenly kingdom of Kahyangan desire her as his wife. The prince asked permission from his father to marry Dayang Sumbi. People from Kahyangan could never live side by side with humans, but his father approved on one condition, when they had a child, the prince would transform into a dog. The prince accepted the condition.
    They get married and lived happily in the woods until Dayang Sumbi gave birth to a baby boy. The prince then changed into a dog named Tumang. Their son is named Sangkuriang. He was very smart and handsome like his father. Everyday, he hunted animals and looked for fruits to eat. One day, when he was hunting, Sangkuriang accidentally killed Tumang. His arrow missed the deer he was targeting and hit Tumang instead. He went home and tells her mother about the dog. What? Dayang Sumbi was appalled. Driven by sadness and anger, she grabbed a weaving tool and hit Sangkuriangs head with it. Dayang Sumbi was so sad; she didnt pay any attention to Sangkuriang and started to cry.
    Sangkuriang feel sad and also confused. How can his mother love a dog more than him? Sangkuriang then decided to go away from their home and went on a journey. In the morning, Dayang Sumbi finally stopped crying. She started to feel better, so she went to find Sangkuriang. But her son was no where to be found. She looked everywhere but still couldnt find him. Finally, she went home with nothing. She was exhausted. She fell asleep, and in her dream, she meets her husband. Dayang Sumbi, dont be sad. Go look for my body in the woods and get the heart. Soak it with water, and use the water to bathe, and you will look young forever, said the prince in her dream. After bathing with the water used to soak the dogs heart, Dayang Sumbi looked more beautiful and even younger.
    And time passed by. Sangkuriang on his journey stopped at a village and met and fell in love with a beautiful girl.He didnt realize that the village was his homeland and the beautiful girl was his own mother, Dayang Sumbi. Their love grew naturally and he asked the girl to marry him. One day, Sangkuriang was going on a hunt. He asked Dayang Sumbi to fix the turban on his head. Dayang Sumbi was startled when she saw a scar on his head at the same place where she, years ago, hit Sangkuriang on the head.
    After the young man left, Dayang Sumbi prayed for guidance. After praying, she became convinced that the young man was indeed her missing son. She realized that she had to do something to prevent Sangkuriang from marrying her. But she did not wish to disappoint him by cancelling the wedding. So, although she agreed to marry Sangkuriang, she would do so only on the condition that he provides her with a lake and built a beautiful boat, all in one night.
    Sangkuriang accepted this condition without a doubt. He had spent his youth studying magical arts. After the sun went down, Sangkuriang went to the hill. Then he called a group of genie to build a dam around Citarum River. Then, he commands the genies to cut down trees and build a boat. A few moments before dawn, Sangkuriang and his genie servants almost finished the boat.


    ReplyDelete
  104. Dayang Sumbi, who had been spying on him, realised that Sangkuriang would fulfill the condition she had set. Dayang Sumbi immediately woke all the women in the village and asked them to wave a long red scarf. All the women in the village were waving red scarf, making it look as if dawn was breaking. Deceived by false dawn, the cock crowed and farmers rose for the new day.
    Sangkuriangs genie servants immediately dropped their work and ran for cover from the sun, which they feared. Sangkuriang grew furious. With all his anger, he kicked the unfinished boat. The boat flew and landed on a valley. The boat then became a mountain, called Mount Tangkuban Perahu (Tangkuban means upturned or upside down, and Perahu means boat). With his power, he destroyed the dam. The water drained from the lake becoming a wide plain and nowadays became a city called Bandung (from the word Bendung, which means Dam).

    ReplyDelete
  105. LIBURAN KE BALI



    Ketika saya masih duduk di kelas 3 SMP, saya dan teman-teman saya pergi ke Bali. Kami berada di sana selama lima hari. Aku mendapatkan banyak pengalaman yang mengesankan selama liburan.



    Hari pertama, kami mengunjungi Pantai Kuta di pagi hari. Kami melihat indahnya matahari terbit bersama-sama. Itu adalah pemandangan yang luar biasa indah. Kemudian, kami check in ke hotel pada malam harinya. Setelah menginap semalam, Kami pergi mengunjungi ke Tanah Lot. Tanah Lot adalah tempat yang indah. Sangat cocok untuk berfoto. Kami bertemu begitu banyak turis lain di sana.



    Hari kedua, kami mengunjungi di pantai Tanjung Benoa. Kami bermain olahraga air seperti banana boat dan speedboat. Pada sore harinya, kami juga pergi ke pulau Penyu untuk melihat banyak hewan yang unik seperti kura-kura, ular, dan burung laut. Kami sangat senang dan menikmatinya..



    Hari terakhir, kami menghabiskan waktu kita di Sangeh. Kita bisa menikmati hutan hijau dan teduh. Ada begitu banyak monyet. Mereka jinak tapi kadang-kadang mereka bias menjadi nakal. Kita bias begitu dekat dengan mereka. Setelah itu, kami pergi ke pasar Sukowati untuk berbelanja. Saya membeli beberapa Bali T-Shirt,souvenir dan makanan khas Bali.



    Di malam hari, kami harus check out dari hotel. Kami akan pulang dan membawa begitu banyak kenangan yang tidak akan terlupakan dari Bali.

    ReplyDelete
  106. 235 baris
    Each day, he went cutting woods for the towns people. One day, an idea illuminated his mind, the idea of crafting a puppet, which he will call it Pinocchio. He crafted that puppet and during the night, the puppet becomes alive!
    One year of happiness and thriller passed, on a Sunday morning, Gepetto told Pinocchio:
    Its my birthday soon, my little son! I hope you didnt forget it!
    Euh, sure, I didnt!
    Pinocchio felt awkward. He didnt thought about that. Gepettos birthday was coming in only three days, and he hadnt even a present.
    After a long night of reflecting, Pinocchio finally decided to offer a homemade chocolate cake to him as a present.
    When the sun rose, Pinocchio was already ready to go outside find the ingredients. The main problem was he didnt even known the in and the recipe.
    So after school, he decided to go ask someone for the ingredients to bake a cake. During his walk, Pinocchio, the wooden puppet, met the towns sorcerer.
    Hey, little boy, do you need some help for your chocolate cake?
    HumYou can help me?, asked Pinocchio.
    Sure, I can. Follow me!
    After walking few minutes so, Pinocchio saw a big, big, big candy house. They entered together and Pinocchio got caught by a big cage.
    Mouahahaha!!! I finally caught you! Youll be mine, youre gonna work for me!, said the evil sorcerer.
    Pinocchio was so scared. When the guards came and took him out of the cage, he immediately ran away very fast and he succeeded to escape.
    At the same time, the evil sorcerer, calling all his troops with him, ran after him and he took out his magic wand. The evil devil changed the little wooden puppet into a chocolate cake!
    When he came back home, he told the entire story to his father and they went to find the god fairy.
    After a long trip, they finally find the god fairy and they got the magical potion for Pinocchio.

    ReplyDelete
  107. 240 baris
    There was a fisherman who lived in Batak Land. His name was Batara Guru Sahala. When he was angling, he caught a fish. He was surprised to find that fish because the fish could talk and it begged to set it free. He did accordingly.
    After getting free, the fish changed into a beautiful woman and Sahala fell in love with her. Sahala asked her to marry him and the woman received him. However, she asked his promised not to tell anyone the secret that she was once a fish. They were very happily married, and got two daughters.
    It was a pity on Sahala. One day when he got very angry with his daughters, he forgot his promise and he broke it. He told his daughters that they were the daughters of a fish.
    His wife could not forgive him. Suddenly, the earth began to shake and volcanoes started to erupt. The earth cracked and formed a big hole. People said that the hole became Lake Toba.

    ReplyDelete
  108. Contoh Recount Text Singkat Tentang Liburan KeluargaPosted by admin in Recount Text On September 26, 2015


    Contoh Recount Text Singkat Tentang Liburan Keluarga – Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi maupun aktifitas yang terjadi di waktu lampau. Karena itulah saat menulis recount text, tense (grammar) yang digunakan adalah past tense (bentuk kedua). Tujuan recount text adalah menghibur atau menginformasikan sesuatu kepada para pembaca.

    Generic structure dari recount text (1) Orientation: berisi siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi dalam cerita tersebut, dimana tempat terjadinya cerita tersebut, dan kapan terjadinya cerita tersebut. (2) Events: menguraikan apa yang terjadi di dalam cerita tersebut. (3) Reorientation: Berisi penutup atau akhir dalam cerita. Di bawah ini akan diberikan contoh dari recount text tentang liburan keluarga.

    Trip to Jogjakarta



    On the last holiday, my family and I went to Jogjakarta. That was my the third time visited Jogjakarta, but I still love to be there. Jogjakarta is very classic and very special, that’s what I am feeling about this city. As soon as we arrived in Jogjakarta, my family and I checked in at a hotel called “Septia”.

    Our first day in Jogjakarta, we went to Prambanan temple. That was the third time I went to Prambanan temple. The situation still looks like the last time when I visited it. My family and I started to walk around the Prambanan temple. There, my family and I took pictures of ourselves. We also took some pictures with tourists from another country.

    The second day we visited Jogjakarta palace. Just like Prambanan temple, that was also the third time I visited Jogjakarta palace. I was not really interest about the palace, because I thought that palace still like that. But, there was something different from the last time I visited it. My parents asked a guide that full of spirit to explain anything about the palace. He explained anything, from the statue, the building and the pictures in that palace.

    In the evening, my family and I went to “Malioboro”. We were so happy at “Malioboro” because there, we bought so many things until our legs got weak. So, we decided to stop and eat something before we continue to shop. We ate “mie ayam” and drank a glass of iced tea. After we finished, we continued to shop although we already felt tired. Finally we went back to the hotel at ten o’clock at night.

    The last day at Jogjakarta my family and I went to “Bumi Jawa”. “Bumi Jawa” is a place to buy special gifts from Jogjakarta. There, we could buy many traditional Jogjakarta foods such as, Bakpia, Geplak, Gethuk, and any other traditional food. We also could taste it before we buy it. My parents bought a lot of foods there, because it would be used as souvenirs for the other family members at home. After we have finished, we went back to the hotel and we directly tidy up our stuff to our suitcase because we need to go back home on the next day. It was nice holiday. Hopefully my family and I can visit Jogjakarta again someday.

    ReplyDelete
  109. Amy sangat supel. Dia selalu ramah dan suka bersenang-senang. Dia memiliki selera humor yang fantastis dan dia selalu membuat saya tertawa. Namun, dia bisa menjadi dewasa sedikit di kali. Misalnya, ketika dia tidak mendapatkan apa yang dia inginkan, dia bertindak kekanak-kanakan dan perangko kakinya.

    Amy sangat rajin studinya. Dia suka mendengarkan musik dan kadang-kadang, dia menghabiskan banyak uang untuk berbelanja.
    Suatu kesenangan bagiku untuk bersamanya dan saya benar-benar menikmati kepribadiannya. Saya yakin kita akan selalu menjadi teman dekat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  110. 72 BARIS
    GAJAH
    Gajah adalah hewan herbivora dan makan semua jenis tumbuhan seperti rumput, daun, dan buah-buahan. Mereka memiliki kulit yang hampir gundul, mempunyai empat kaki, dan sebuah belalai yang panjang, fleksibel, dan dapat memegang/beralih fungsing menjadi tangan. Gajah yang juga dikenal sebagai yang terbesar dari semua hewan menyusui yang ada di darat, biasanya hidup dalam kelompok yang terdiri dari gajah betina, dewasa sebagai pemimpin kelompok, anak-anak mereka dan gajah betina keluarga mereka.

    Gajah juga memiliki pendengaran yang sangat tajam karena mereka memiliki telinga yang besar dan juga lebar. Dengan telinga ini, mereka dapat mendengar suara dari jarak sekitar puluhan kilometer.

    ReplyDelete
  111. 26 baris
    A long time ago, there lived a widow in a village. She had a son whose name was Jaka Tarub. Everyday, Jaka Tarub went to a forest to collect some woods and hunting for animals.


    One day, when Jaka tarub went to the forest, he heard a noise from a river near the forest. So, he came closer to the river and searched for them. He saw seven girls were taking bath in the river. After the girls were finished, they took their shawl and flew to the sky through a rainbow. Amazingly, they were not human but they were fairies.

    On the next day, Jaka Tarub went back to the river. He had an idea. When the fairies were taking bath in the river. He stole one of their shawl. So, after the fairies were finished, one of them whose name was Nawang Wulan could not find her shawl. Her friends had to go back to the heaven. So, they left her in the river. Nawang Wulan cried. And then Jaka Tarub approached her and invited her to stay at his house. Not long after that, they got married and had a baby girl.

    As a fairy, Nawang Wulan had a spiritual power. Everytime she cooked a rice, she just needed a small portion of rice and when it had done, the pot will be full of rice. But, the pot musn’t be opened before it had done.

    One day, Jaka Tarub was really curious. He opened the pot before it had done. Consequently, Nawang Wulan’s spiritual power disappeared. She had to cook as an ordinary human being. She needed more rice than usual. The stock of rice in the silo diminished rapidly. Then one day, when she took rice in the silo, she found her shawl. It hidden by Jaka Tarub.

    Finally, as a fairy, she had to come back to the heaven. Nawang Wulan asked Jaka Tarub to take care her daughter and build a tower. Every full moon, she will came to the tower to meet her daughter. Then, Nawang Wulan went back to the heaven and Jaka Tarub was very sad.

    ReplyDelete
  112. 48 baris
    The Legenda Golog Batu
    Folklore dari Nusa Tenggara Barat
    Sekali waktu, ada sebuah keluarga petani. Nama ayah adalah Amaq Lebain dan nama ibu itu Inaq Lebain. Mereka memiliki dua anak, seorang putra dan seorang putri. Mereka hidup bahagia.
    Para orang tua benar-benar mencintai anak-anak mereka. Setiap kali mereka pergi bertani, mereka selalu membawa anak-anak mereka ke sawah.
    Suatu hari sang ayah pergi ke pasar untuk menjual hasil panennya Sementara itu, ibu pergi ke sawah saja untuk pon beras. Dan seperti biasa, dia membawa anak-anak ke sawah.
    “Pllease mengurus anak-anak kita. Aku tidak akan menjadi panjang di pasar. Aku akan pergi ke sawah setelah saya selesai menjual panen,” kata sang ayah.
    “Aku akan berhati-hati,” kata sang ibu.
    “Oke, Ibu,” kata anak-anak.
    Kemudian ibu sibuk menumbuk padi. Itu cukup berisik. Anehnya, setiap kali ibu ditumbuk beras, batu di mana anak-anak duduk tumbuh. Anak-anak takut. Mereka menjerit.
    “Ibu? Batu semakin tinggi!” Mereka menjerit.
    Sang ibu tidak bisa mendengar dengan baik. Dia pikir anak-anak memintanya untuk pulang.
    “Hanya anak-anak menit, aku akan menyelesaikan ini segera,” kata sang ibu.
    “Tapi ibu, batu semakin tinggi. Kami takut,” anak-anak menangis.
    “Bersabarlah, saya akan menyelesaikan menumbuk padi segera,” kata sang ibu.
    Sekali lagi, dia tidak bisa mendengar dengan baik. Ini diulang lagi dan lagi. Batu Golog semakin tinggi dan lebih tinggi dan akhirnya mencapai awan. Anak-anak tidak bisa dilihat lagi.
    Ketika ibu selesai menumbuk padi, ia terkejut! Dia tidak bisa menemukan anak-anaknya. Dia menangis. Dia kemudian berdoa kepada Tuhan. Dia ingin membawa anak-anaknya turun tapi dia tidak tahu bagaimana melakukannya. Entah bagaimana Tuhan menjawab doa-nya. Dia harus menggunakan penumbuk padi untuk mengurangi batu Golog.
    Lalu dia memukul batu dengan penumbuk padi. Hebatnya, batu pecah menjadi tiga bagian. Bagian pertama jatuh di daerah yang kemudian disebut Gembong Village. Bagian kedua jatuh di daerah yang kemudian bernama Dasan Batu, dan bagian terakhir jatuh di daerah yang kemudian diberi nama Montong Teker. Sayangnya, kedua anak tidak bisa datang kembali ke ibu mereka. Mereka telah berubah menjadi burung.

    ReplyDelete
  113. 88 baris
    A Bolivia Legenda
    Ada pernah tinggal armadillo yang mencintai musik lebih dari apa pun di dunia ini. Setelah setiap hujan, armadillo akan menyeret cangkang mereka ke kolam besar yang penuh dengan katak dan ia akan mendengarkan katak hijau besar bernyanyi bolak-balik, bolak-balik satu sama lain dengan suara yang paling menakjubkan.
    “Oh,” pikir armadillo, “Oh betapa aku berharap aku bisa menyanyi.”
    Armadillo akan merayap ke tepi air dan menonton melompat katak dan berenang di balet panik hijau, dan mereka akan menelepon kembali dan sebagainya, bolak-balik dengan nada yang indah, musik. Dia suka mendengarkan musik yang mereka buat ketika mereka berbicara, meskipun ia tidak memahami kata-kata mereka, yang sama dengan baik – untuk tertawa katak ini hewan lucu yang sangat ingin bernyanyi seperti katak.
    “Jangan konyol,” bernyanyi katak saat mereka bermain. “Armadillo tidak bisa menyanyi.”
    Lalu suatu hari keluarga kriket pindah ke rumah baru di dekat armadillo, dan ia kagum mendengar mereka berkicau dan bernyanyi riang katak. Dia akan merangkak di samping rumah mereka dan mendengarkan dan mendengarkan sepanjang hari, sepanjang malam untuk suara musik mereka.
    “Oh,” desah armadillo, “Oh betapa aku berharap aku bisa menyanyi.”
    “Jangan konyol,” jangkrik menyanyikan nada merdu mereka. “Armadillo tidak bisa menyanyi.”
    Namun armadillo tidak bisa memahami bahasa mereka, dan jadi dia hanya mendesah dengan kerinduan dan mendengarkan suara indah tawa mereka.
    Kemudian suatu hari seorang pria turun jalan membawa kandang penuh kenari. Mereka berkicau dan flittering dan menyanyikan lagu-lagu bahkan lebih indah dari suara jangkrik dan katak. Armadillo terpesona. Dia mengikuti pria dengan kandang kakinya secepat jalan akan membawanya, mendengarkan lagu dari burung kenari.
    “Oh,” terengah-engah armadillo, “Oh betapa aku berharap aku bisa menyanyi.”
    Di kandang, sebuah kicau kenari dan cekikikan.
    “Jangan konyol,” kenari bernyanyi karena mereka mengepak sekitar. “Armadillo tidak bisa menyanyi.”
    The armadillo lelah miskin tidak dapat bersaing dengan laki-laki dan kandang, dan akhirnya ia jatuh kelelahan di penyihir besar yang tinggal di daerah tersebut. Menyadari di mana ia berada, armadillo memutuskan untuk memohon rahmat pria.
    Takut-takut, armadillo mendekati penyihir, yang sedang duduk di depan rumah dan berkata: “. Penyihir besar, itu adalah keinginan terdalam saya untuk belajar menyanyi seperti kodok dan jangkrik dan burung kenari”
    Bibir penyihir berkedut sedikit geli, karena siapa yang pernah mendengar tentang armadillo yang bisa menyanyi. Tapi dia menyadari bahwa binatang kecil serius. Dia membungkuk rendah ke tanah dan melihat makhluk di mata.
    “Saya bisa membuat Anda bernyanyi, sebuah armadillo kecil,” katanya. “Tapi Anda tidak ingin membayar harga, karena itu berarti kematian Anda.”

    ReplyDelete
  114. 7. dikumpulkan(C-D)= collected

    ReplyDelete
  115. 109 baris
    “Maksudmu, kalau aku mati aku akan bisa menyanyi?” armadillo bertanya dengan takjub.
    “Ya, ini begitu,” kata sang penyihir.
    “Lalu aku ingin mati sekarang!” armadillo kata. “Saya akan melakukan apa saja untuk bisa menyanyi!”
    Wizard dan armadillo membahas masalah ini selama berjam-jam, ke wizard enggan untuk mengambil hidup juga armadillo. Tapi makhluk itu bersikeras, jadi penyihir akhirnya membunuh armadillo, membuat alat musik yang indah dari cangkangnya, dan memberikannya kepada musisi terbaik di kota untuk bermain.
    Kadang-kadang musisi akan memainkan alat musik oleh kolam di mana katak hidup, dan mereka akan melihat dia dengan mata besar dan berkata: “. Ai Ai armadillo telah belajar menyanyi”
    Kadang-kadang seorang musisi akan memainkan alat musiknya dengan jangkrik rumah tinggal, dan mereka akan menyelinap keluar untuk melihat dia dengan mata besar dan berkata: “. Ai Ai armadillo telah belajar menyanyi”
    Dan sering musisi akan mengunjungi rumah seorang teman yang memiliki kandang kenari penuh – yang juga seorang musisi – dan dua orang akan memainkan instrumen mereka bersama-sama, sambil menonton burung-burung kecil dengan sayap beterbangan dan berkicau dengan takjub: “Ai Ai armadillo! telah belajar menyanyi. “
    Dan itulah yang terjadi. Armadillo telah belajar menyanyi pada akhirnya, dan suaranya adalah yang terbaik di negeri ini. Tapi seperti musisi terbaik di dunia, armadillo yang mengorbankan hidupnya untuk seni nya.


    ReplyDelete
  116. 137 baris
    The monkeys and the men story

    Long, long ago. There were many monkeys living in the forest around Chiengmai. Hunters used to go there from Bangkok to catch them. Some were sold to zoos, some to people who wanted them as pets, and others to people who liked monkey soup.
    One day, a hunter caught many monkeys in his traps. They were all screaming and making a loud noise except one who sat very quite. “He must be a very unusual monkey.” The hunter said to himself, “I’ll keep him for myself.”
    He sold all the other monkeys and kept this one in a big wooden cage in his house. He was very proud of him. When his friends came to visit him, he showed them the monkey. The monkey always sat very quietly in a corner of the cage.
    “He’s very polite and well-behaved,” said his friends. “He’s like a human being. Why don’t you let him out of the cage? We’re sure he won’t run away.”
    The hunter did this. As soon as he opened the door of the cage. The monkey ran away to the jungle at the back of the hunter’s house. He soon met some other monkeys. They were interested in him, as a monkey who had been caught by hunter seldom returned.
    “What happened?” they asked him. “What was it like living in the monkey hunter’s house?”
    The monkey scratched his head and ate a banana before replying to them. “I lived in a cage,” he said. “I had a good chance to watch the hunter and his friends very closely. First of all, they talk a lot. They all talked at the same time. Some of them played silly games. They threw away food they didn’t eat and left it lying around.”
    The monkey’s new friends did not want to hear any more. They expected the monkey would tell them something more interesting. They started chatting among themselves and eating bananas and throwing away the skin. Some chased their own tails and scratched their heads.
    “Wait,” the monkey called to them. “I haven’t finished yet.”
    “we don’t want to hear any more,” the other monkeys said.
    “The hunter and his friends don’t seem to be any different from us.”

    ReplyDelete
  117. 27 BARIS
    THE ELEPHANT
    The elephants are herbivores and eat all types of vegetation such as grasses, leaves, and fruits. They have almost hairless skin, four legs, and a distinctive long, flexible, prehensile trunk. The elephants which is also known as the largest of all land mammals usually live in groups consisting of adult female elephant as the leader of the group, their children and their relative female elephants.

    The elephants also have very sharp auditory because they have big and wide ears. By these ears, they can hear sounds from a distance about tens kilometer. At the back of the ears, they have one of the softest parts of their body which is called the knuckle. In a zoo, Mahouts (elephant trainers) use their feet to steer or give commands to the animal via tha knuckle. Now, they are a kind of protected animals because their population remains little in their habitat. Their population began to decline year by year.

    Gajah adalah hewan herbivora dan makan semua jenis tumbuhan seperti rumput, daun, dan buah-buahan. Mereka memiliki kulit yang hampir gundul, mempunyai empat kaki, dan sebuah belalai yang panjang, fleksibel, dan dapat memegang/beralih fungsing menjadi tangan. Gajah yang juga dikenal sebagai yang terbesar dari semua hewan menyusui yang ada di darat, biasanya hidup dalam kelompok yang terdiri dari gajah betina, dewasa sebagai pemimpin kelompok, anak-anak mereka dan gajah betina keluarga mereka.

    Gajah juga memiliki pendengaran yang sangat tajam karena mereka memiliki telinga yang besar dan juga lebar. Dengan telinga ini, mereka dapat mendengar suara dari jarak sekitar puluhan kilometer. Di bagian belakang telinga, mereka memiliki salah satu bagian paling lembut dari tubuh mereka yang biasa disebut dengan knuckle. Di kebun binatang, Mahouts (pawing gajah) menggunakan kaki mereka untuk mengarahkan atau memberi perintah kepada hewan ini melalui knuckle. Saat ini, gajah adalah salah satu jenis hewan yang dilindungi karena populasi mereka sangat sedikit di habitatnya. Populasi mereka mulai menurun dari tahun ke tahun.

    ReplyDelete
  118. 164 baris
    The farmer and the beet story

    Once upon a time, a farmer planted a beet. The beet grew and grew.
    One day the farmer pulled on the beet, but the beet did not come up. “Horse, please help me pull up this beet. I want to eat it for dinner,” said the farmer. “Sure, I’ll help you,” said the horse. But the beet did not come up.
    Then the farmer went to the cow. “dear cow, please help me pull up this beet. I want to eat it for dinner,” said the farmer. “Sure I’ll help,” said the cow. But the beet did not come up. So the farmer went to a goat. “My lovely goat, please help me pull up this beet. I want to eat it for dinner,” said the farmer.”Sure I’ll help,” said the goat. But the beet did not come up.
    Next the farmer went to the cat. “Oh my dear cat, please help me pull up this beet. I want to eat it for dinner,” said the farmer.. “Sure I’ll help.” said the cat. But again the beet did not come up. So the farmer went to the mouse. “Lovely mouse, please help me pull up this beet. I want to eat it for dinner,” said the farmer.. “Sure I’ll help.” said the mouse. So the mouse pulled on the cat. The cat pulled on the goat, and the goat pulled on the cow. The cow pulled on the horse, the horse pulled on the farmer, and the farmer pulled on the beet. And the beet came up! “Thank you, horse. Thank you cow. Thank you, goat. Thank you cat. And thank you mouse!” sai the farmer. “Now we can all eat dinner.” And they did.

    ReplyDelete
  119. 180 baris
    The tiger, the monkey, and the mousedeer story
    (Favourite story from Malaysia)


    There was a tiger whose greatest friend was a monkey. One day, the tiger went away fo a holyday and told the monkey to look after his cave. A mousedeer, his wife and family came to live in the cave.
    “you can’t do that,” said the monkey. “This cave belongs to the King of the Forest.”
    “Oh, does it?” the mousedeer replied. “My father lived here long before the tiger come. Anyway, I’m not afraid of the tiger, he’s only a paper tiger to me.”
    He told his wife what to do when the tiger returned. “You must make our babies cry. I’ll then ask you why they’re crying. You must say that they want to eat tiger meat,”
    A few days later, the monkey heard that the tiger was coming home. He ran to meet him. “The mousedeer’s living in your cave.” He told him. “He says he’s not afraid of you and that you’re only a paper tiger.”
    “Is that so?” growled the tiger. “I’ll soon teach hi a lesson.”
    The tiger did not believe that the small mousedeer could be so brave. He crept up to the cave.
    The mousedeer’s children were crying loudly, “Keep quiet,” said Mrs. Mousedeer ”Your father will soon get some tiger meat for you.”
    Then tiger heard this and ran back to the monkey.
    “I thought that mousedeer only ate grass and vegetables,” he said. “But Mrs. Mousedeer said that her husband would soon get some tiger meat to feed their children. Perhaps the mousedeer has changed?”
    “Don’t worry,” the monkey replied, “They’re only saying that to frightened you. The mousedeer is not big and strong. He can’t fight.”
    The next day, the tiger went to the cave again. The mousedeer’s children were again crying.
    “Tell them to kept quiet,” said the mousedeer to his wife. “We shall certainly get some tiger meat today. The monkey has promised to send the tiger here.”
    When the tiger heard this, he became very angry with his friend, he quickly run after the monkey and killed him.
    The tiger did not go back to the cave, and the mousedeer and his family lived there happily ever after.

    ReplyDelete
  120. Dr. Zakir Naik mengislamkan pemuda India
    Seorang pemuda india yang bernama anshul bertanya kepada Dr. Zakir Naik di tempat dimana semua orang dari berbagai agama berkumpul dan membandingkan agamanya masing,ia bertanya‘’mengapa tuhan menciptakan jagat raya ini dan manusia...? kemudian Dr. Zakir Naik menjawab sesungguhnya tuhan menciptakan sesuatu dari ketiadaan menjadi ada dan sesungguhnya tuhan adalah pencipta yana sebaik-baiknya, tuhan juga menciptakan mahluknya berbeda seperti manusia dan hewan berbeda manusia mempunyai akal sedangkan hewan tidak. Allah berfirman dalam Qs. Al ANNBIYA yang artinya ’’Aku tidak akan menciptakan manusia, jin dan malaikat melainkan agar mereka tunduk kepada-Ku. Dan mengapa tuhan menciptakan jagat raya ini alasanya karena agar manusia dan mahluk ciptaan tuhan lainya dapat hidup di dalamnya. Dari jawaban ini dapat disimpulka bahwa tuhan tidak akan menciptakan sesuatu tanpa adanya maksud di dalamnya.
    Jika seseorang ingin derajatnya di naikkan maka ia harus melewati serangkaian ujian terlebih dahulu dan ujian tersebut harus di sertai pengorbanan.seperti jika kita ingin naik kelas maka kita harus mengikuti tes terlebih dahulu agar jita bisa naik kelas. Tuhan adalah maha kuasa dan tuhan maha adil lagi bijaksana terhadap setiap mahluknya. Seperti jika kita ingin masuk surga maka kita harus melakukAn hal-hal yang baik karena sesungguhnya tuhan akan membalas setiap perbuatan kita di dunia. Karena tuhan telah mengatur jalan kehidupan kita di dunia. Jika kita ingin masuk agama islam syaratnya mudah engkau harus tunduk kepada tuhanmu,tidak peduli mau agama apapun baik islam,kristen maupun hindu yang terpenting adalah ketundukannya kepada tuhan. Dan dari penjelasan yang di jelaskan oleh Dr. Zakir Naik dapat membuka pintu hidayah bagi seorang pemuda asal india yang akhirnya masuk islam tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Dan sejatinya islam adalah sebenar-benarnya agama.

    ReplyDelete
  121. Dr. Zakir Naik mengislamkan pemuda India
    Seorang pemuda india yang bernama anshul bertanya kepada Dr. Zakir Naik di tempat dimana semua orang dari berbagai agama berkumpul dan membandingkan agamanya masing,ia bertanya‘’mengapa tuhan menciptakan jagat raya ini dan manusia...? kemudian Dr. Zakir Naik menjawab sesungguhnya tuhan menciptakan sesuatu dari ketiadaan menjadi ada dan sesungguhnya tuhan adalah pencipta yana sebaik-baiknya, tuhan juga menciptakan mahluknya berbeda seperti manusia dan hewan berbeda manusia mempunyai akal sedangkan hewan tidak. Allah berfirman dalam Qs. Al ANNBIYA yang artinya ’’Aku tidak akan menciptakan manusia, jin dan malaikat melainkan agar mereka tunduk kepada-Ku. Dan mengapa tuhan menciptakan jagat raya ini alasanya karena agar manusia dan mahluk ciptaan tuhan lainya dapat hidup di dalamnya. Dari jawaban ini dapat disimpulka bahwa tuhan tidak akan menciptakan sesuatu tanpa adanya maksud di dalamnya.
    Jika seseorang ingin derajatnya di naikkan maka ia harus melewati serangkaian ujian terlebih dahulu dan ujian tersebut harus di sertai pengorbanan.seperti jika kita ingin naik kelas maka kita harus mengikuti tes terlebih dahulu agar jita bisa naik kelas. Tuhan adalah maha kuasa dan tuhan maha adil lagi bijaksana terhadap setiap mahluknya. Seperti jika kita ingin masuk surga maka kita harus melakukAn hal-hal yang baik karena sesungguhnya tuhan akan membalas setiap perbuatan kita di dunia. Karena tuhan telah mengatur jalan kehidupan kita di dunia. Jika kita ingin masuk agama islam syaratnya mudah engkau harus tunduk kepada tuhanmu,tidak peduli mau agama apapun baik islam,kristen maupun hindu yang terpenting adalah ketundukannya kepada tuhan. Dan dari penjelasan yang di jelaskan oleh Dr. Zakir Naik dapat membuka pintu hidayah bagi seorang pemuda asal india yang akhirnya masuk islam tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Dan sejatinya islam adalah sebenar-benarnya agama.

    ReplyDelete
  122. 65 BARIS
    THE GOLDEN CUCUMBER
    Once upon a time, near a jungle, lived a farmer couple, a husband and a wife. Every day they prayed for a child.

    One night, while they were praying, a giant passed by their home. The giant heard them pray and said:

    “Don’t worry. I can help you. But you must give me the child to me on her 17th birthday.”

    They were so happy and agreed to the condition set by the giant. The giant gave them a few of cucumber seeds. The farmers took the seeds and planted them.

    Soon enough, the cucumber plants grew and a big golden cucumber grew in the plants. The farmers plucked the ripened cucumber and cut it open. They were astonished to see a beautiful child inside the cucumber. They named her Timun Mas (Golden Cucumber). The couple were so happy. They rise Timun Mas into a beautiful girl with loving care.

    Time passed and Timun was almost 17 years old. They knew they had to keep their promise to the giant but they also did not want to lose their beloved daughter. They called Timun Mas and said:

    “My daughter, take this bag. It can save you from the giant,” said the father.

    “What giant? What do you mean, Father? I don’t understand,” said Timun Mas. The farmers narrated the story of her birth to Timun Mas.

    Right then, the giant entered their house.

    “Run Timun Mas. Save your life!” said the mother.

    The giant grew angry when he heard this. Timun Mas had started running. He ran after her. Timun Mas looked behind and saw that the giant was getting closer and closer.

    She opened the bag and threw a handful of salt at him. It became a sea. The giant had to swim to cross the sea. When she saw that the giant was nearing her again, she opened the bag and threw some chilies in his path. The chilies grew and formed a jungle blocking his way. The sharp thorns on the trees hurt the giant.

    However he cut away the trees and continued chasing Timun Mas. Timun Mas took her third magic stuff. It was cucumber seeds. She threw them and they turned into a cucumber field. The giant’s legs were tangled in the cucumber creepers and he kept falling down.

    Still the giant managed to escape and continued running after Timun Mas. Timun searched her bag again. She had one last magic stuff in the bag. It was a terasi ( shrimp paste ). She threw it at him and the terasi turned into a big swamp.

    The giant tried to swim across the swamp. But he was too tired by now and drowned in the. Seeing that the giant had died, Timun Mas went back home. Timun’s parents were happy to see their daughter return and the family was finally together again.

    ReplyDelete
  123. 74 BARIS
    BEING LATE
    ditulis oleh Era Meiswarawati

    Last morning, Dinar, my roommate woke up late and she had to go to campus.
    When she wanted to take her motorcycle, in fact she couldn’t move it because there were some motorcycles that blocked up her motorcycle.
    She tried to move all of the motorcycles, so that her motorcycle could move from the garage. But she couldn’t do it.
    Then, she called Adel who had that motorcycle which blocked it up. After that, her friend who had that motorcycle helped her. Finally, she could move her motorcycle and rode it to go to campus.

    ReplyDelete
  124. 93 BARIS
    Descriptive Text About Tanjung Setia Beach
    The beach is probably not popular because it is placed in an isolated district in Lampung , but the wave on the beach in Tanjung Setia are referred as one of the highest waves in the world by international surfers. You should know that the wave on this beach is equal with the waves in Hawaii.

    If you want to visit, you should travel in about 273 km or at least 6 hours from the city of Bandar Lampung by bus. This beach is directly adjacent to the Indian Ocean so this incredible place has such a challenging wave. Nevertheless, despite this beach has waves with height up to 7 meters, but it is not as famous as some beaches in Bali and Lombok.
    Pantai ini mungkin tidak populer karena pantai ini bertempat di sebuah Kabupaten terpencil di Lampung, tapi gelombang di pantai Tanjung Setia disebut sebagai salah satu gelombang tertinggi di dunia oleh peselancar internasional. Anda harus tahu bahwa gelombang di pantai ini sama dengan gelombang di Hawaii.

    Jika anda ingin mengunjunginya, anda harus melakukan perjalanan sekitar 273 km atau setidaknya 6 jam dari kota Bandar Lampung ditembuh dengan bus. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga tempat luar biasa ini memiliki gelombang sangat menantang. Namun demikian, walaupun pantai ini memiliki ombak dengan ketinggian hingga 7 meter, pantai ini tidak setenar beberapa pantai di Bali dan Lombok.

    ReplyDelete
  125. Dr. Zakir Naik mengislamkan pemuda India
    Seorang pemuda india yang bernama anshul bertanya kepada Dr. Zakir Naik di tempat dimana semua orang dari berbagai agama berkumpul dan membandingkan agamanya masing,ia bertanya‘’mengapa tuhan menciptakan jagat raya ini dan manusia...? kemudian Dr. Zakir Naik menjawab sesungguhnya tuhan menciptakan sesuatu dari ketiadaan menjadi ada dan sesungguhnya tuhan adalah pencipta yana sebaik-baiknya, tuhan juga menciptakan mahluknya berbeda seperti manusia dan hewan berbeda manusia mempunyai akal sedangkan hewan tidak. Allah berfirman dalam Qs. Al ANNBIYA yang artinya ’’Aku tidak akan menciptakan manusia, jin dan malaikat melainkan agar mereka tunduk kepada-Ku. Dan mengapa tuhan menciptakan jagat raya ini alasanya karena agar manusia dan mahluk ciptaan tuhan lainya dapat hidup di dalamnya. Dari jawaban ini dapat disimpulka bahwa tuhan tidak akan menciptakan sesuatu tanpa adanya maksud di dalamnya.
    Jika seseorang ingin derajatnya di naikkan maka ia harus melewati serangkaian ujian terlebih dahulu dan ujian tersebut harus di sertai pengorbanan.seperti jika kita ingin naik kelas maka kita harus mengikuti tes terlebih dahulu agar jita bisa naik kelas. Tuhan adalah maha kuasa dan tuhan maha adil lagi bijaksana terhadap setiap mahluknya. Seperti jika kita ingin masuk surga maka kita harus melakukAn hal-hal yang baik karena sesungguhnya tuhan akan membalas setiap perbuatan kita di dunia. Karena tuhan telah mengatur jalan kehidupan kita di dunia. Jika kita ingin masuk agama islam syaratnya mudah engkau harus tunduk kepada tuhanmu,tidak peduli mau agama apapun baik islam,kristen maupun hindu yang terpenting adalah ketundukannya kepada tuhan. Dan dari penjelasan yang di jelaskan oleh Dr. Zakir Naik dapat membuka pintu hidayah bagi seorang pemuda asal india yang akhirnya masuk islam tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Dan sejatinya islam adalah sebenar-benarnya agama.

    ReplyDelete
  126. 23 baris
    Naruto was walking alone in the Konoha village, he saw Hinata and waved to her. Fortunately
    Hinata turned around and walked over to him.

    "Hey, Hinata, would you like to take a walk with me?" Naruto asked smilingly but Hinata blushed and looked down, quiet for a second.
    "Hm? What's wrong?" Naruto ask looking at her.
    "Oh! Um nothing Naruto kun. I... I love to.. walk with with you." Hinata said shyly.

    Naruto placed his hands behind his head and smiled. Hinata walked by him as the two were silent for a moment. "Hinata, why are you so quiet all the time?" Naruto broke the silent.
    Hinata didnt answer, then hesitated, "....I.... I've... always... been... that way." She said softly.
    "I see. You need to talk more-- how am I supposed to know more about you, if you don't talk. You're always acting weird around me." Naruto pointed out.
    Hinata looked at him shyly then looked down looking ashamed. "S.......sorry. I--"
    "Hm?" Naruto replied not opening his mouth.
    "I..... I l--li.....like y.. you!" She said finally committing her feelings. Her face blushed a deep red.

    Naruto stopped walking. He didn't know what to say. Silence took ove the moment.
    Tears filled in Hinata's eyes "S-sorry!" She said in a quiet tone as she took off running, ashamed. Tears flew from her eyes as she ran passed.

    Naruto ran after her. But Hinata ran fast. Suddenly She tripped on a tree stump. Her face implanted in the dirt, as her hands clenched the grass and dirt. She sobbed quietly.


    Naruto finally caught up to her. He crouched down, placed his hand, shaking on Hinatas shoulder. "Hinata... do... do you really like me?" He asked in his quiet tone.
    Under her muffled crying voice, Hinata answered, "y...yes..."
    Naruto didn't answer for a moment, then he replied, "Well... I have...feelings for you too.... I like you, Hinata"

    ReplyDelete