Sunday, November 28, 2021

Class Action Research: Improving Students Ability in Listening Skill Grade 8

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmatNya penulis mendapat kekuatan, semangat, pikiran yang kuat sehingga karya tulis yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual Bagi Siswa Kelas VIII MTs HASBULLAH Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019”, dapat terselesaikan sesuai jadwal waktu yang telah direncanakan.

            Karya ini penulis kerjakan dengan sekuat tenaga, dengan pengorbanan material dan pemikiran untuk pengembangan intelektualitas dan profesionalitas guru Bahasa Inggris MTs Hasbullah Karanganyar.

            Rasa terimakasih perlu penulis sampaikan kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu yang telah membantu sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Untuk itu terimakasih yang sebanyak-banyaknya penulis lanjut sampaikan kepada:

1.      Kepala Madrasah MTs Hasbullah Karanganyar.

2.      Rekan Bapak/Ibu Guru di MTs Hasbullah Karanganyar.

3.      Para siswa dan siswi kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019, yang telah menunjukkan objektivitas yang tinggi sehingga data-data hasil penelitian ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian secara singkat pengantar yang dapat penulis sampaikan, semoga karya ini bermanfaat dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di MTs Hasbullah Karanganyar.

Link dokumen file pdf baca dokumen


Saturday, November 27, 2021

Berlatih Soal Latihan Jelang Penilaian Akhir Semester Gasal Jenjang SMA & MA

 

Otak manusia itu harus dilatih, diasah, sering digunakan untuk berpikir. Maka dengan begitu sel-sel neuron otak, saraf otak akan saling terjalin membentuk jaringan saraf yang aktif. Ribuan bahkan jutaan sel neuron di otak kita akan saling terhubung ketika proses berpikir dan belajar dilakukan rutin setiap hari. Sebaliknya, sel neuron yang ada dalam otak, akan mati, jaringan saraf terputus, apabila jarang digunakan. Sering berlatih, sering berpikir logis, mengasah kemampuan logika kita dengan banyak berpikir dan berdiskusi adalah cara erbaik bagi manusia. Keunggulan manusia dibanding makhluk ciptaan tuhan misalnya hewan dan tumbuhan, adalah dari segi akal, secara fisik otak manusia dan hewan dari segi volume sangat berbeda. Intinya adalah kita sebagai manusia harus berpikir, belajar dan memiliki akal, secara logika manusia mampu berkembang maju, baik secara teknologi modern maupun perkembangan peradaban.
Nah, kita sebagai seorang pelajar, tidak terlepas dari salah satu ciri manusia yang memiliki akal dan daya kritis, seyogyanya harus senantiasa mengasah otak kita dengan aktivitas belajar, berdiskusi, membaca, dan menganalisa fenomena alam dan sosial. Belajar sudah menjadi jati diri seorang pelajar. Tugas dan kewajiban telah menyatu menjadi hak dan kebutuhan akan belajar.
Di akhir pembelajaran semester sudah selayaknya seorang pelajar mempersiapkan dirinya untuk menghadapi kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS), meskipun sehari-harinya telah belajar secara rutin namun persiapan khusus juga diperlukan agar hasilnya juga memuaskan.
Proses belajar itu berlangsung secara berkesinambungan, maka long life educatioan atau pendidikan sepanjang hayat, belajar secara terus menerus perlu dibiasakan dan digalakan.
berikut contoh soal-soal latihan yang bisa digunakan sebagai referensi persiapan ulangan semester, materi pembelajaran bahasa Inggris tingkat SMA & MA;

Friday, October 8, 2021

LKPD MATERI AJAR KD 3.6 THERE IS DAN THERE (LEARNING MATERIALS)

 

LEARNING MATERIAL

“THERE IS” AND “THERE ARE”

  

A.    INTRODUCTION

1.      Short Description

This material deals with the daily activities which practically it requires the mastery of using “there is” and “there are”. This material relates in daily activities to apply social functions, text structures, and linguistic elements of spoken and written transactional interaction texts that involve the act of giving and asking for information regarding the whereabouts of people, objects, animals, according to the context of their use.

On top of that, this learning material will help the students to deepen their knowledge and skill in determining social functions, text structures, and linguistic elements related to transactional texts giving and asking for information regarding the existence of people, objects, animals. And also to complete the missing sentences regarding the number of objects by paying attention to linguistic elements:there is” and “there are.

 

2.      Relevance

Based on its function, there is used to give information regarding the singular person, object or animal. Meanwhile, there are used to give information regarding the plural form of people, objects or animals. It also has correlation with the using of countable and uncountable nouns. Then basically it is going to be very useful for the students to make them to be able to apply the sentence or the expression in real life, the students can use it to give information regarding the existence of people, objects (things), and animals around them. Of course, those expressions will be very helpful for them in the effort to improve their skills in English for the next level.

 

3.      Learning Guide

There are three specific activities to help you achieve the goals of learning this materials namely pre-activity, main-activity, and post-activity.

a.       Pre-activity: building background knowledge about the information regarding the things around their environments. Building background knowledge. Since background knowledge greatly influences comprehension, it is important to have specific concepts of countable and uncountable noun using article a/an and using some. The students can provide themselves with factual information such as the information of existences the things around the classroom and check what the students know about the information of countable and uncountable noun using article a/an and using some. The students understand how to indicate something does not exist with using there isn’t/aren’t any.

b.      Main Activity: Many activities encourage understanding and enjoyment while you are comprehending the materials about there is and there are.

·         Post-it Note: You can write notes while learning

·         Observes numbers of things around the classroom.

·         Identify the objects relates countable and uncountable nouns.

·         Determine the functions contained in there is (singular) and there are (plural).

 

c.       Post-Activity: Questioning, Discussion, Creating, and Presenting.

·         Questioning: Questioning activities encourage the students to think and respond the information and ideas regarding the existence people, objects, and animals using there is and there are relates countable and uncountable nouns.

·         Discussion: Discussion is exchanging ideas out loud. The aim is to freely explore ideas, to learn something new or gain a different perspective by pooling the information or insights that more than one person can give.

·         Creating: the students make five sentences using there is and there are in spoken and written.

·         Presenting: the students read their sentences in front of the class.

 

B.     MATERIAL DESCRIPTION

1.      Learning Outcome

In this learning material, you will learn the following competencies:

a.      Attitude

To uphold and apply religious values, moral values, ethical values, personal and social values (honesty, discipline, accountability, independence), care and respect for differences and diversity.

b.      Knowledge

To apply social functions, text structures, and linguistic elements of spoken and written transactional interaction texts that involve the act of giving and asking for information regarding the existence of people, objects, animals, according to the context of their use. And also to complete the missing sentences regarding the number of objects by paying attention to linguistic elements:there is” and “there are.

c.       Skills

After learning this material, you are expected to be able to:

·         Comprehend countable and uncountable noun with article a/an/the.

·         Comprehend the linguistic elements: there is and there are.

·         Compare among the use linguistic elements: there is and there are.

·         Create five sentences using there is and there are in positive, negative and interrogative form.

·         Then read it in front of the class.

 

2.      Learning Materials and Learning Activities

a.      The definition

"There is and there are" are used to say that something exists.

b.      Social Functions

Mentioning the existence of people, objects, animals. An also describing the existence of people, objects, animals and so on.

c.       Text structure

·         Starting

·         Responding (expected/unexpected)

d.      Linguistic Elements

·         Expressions with There is/are

·         Words that amount not certain: little, few, some, many, much, a lot (of).

·         Preposition phrases: in, on, under, in front of, below, above, and others.

·         Speech, word stress, intonation, spelling, punctuation, and handwriting.

e.       Topics

The presence of people, animals, objects, in the classroom, school, home, and surroundings that can foster the behavior contained in main/ core competence.


Unduh dokumen lengkap LKPD bahan ajar kelas 8 KD 3.6 dalam bentuk word disini [unduh]




Saturday, October 2, 2021

Identifikasi Masalah Pembelajaran: Rendahnya Kemampuan Siswa dalam Reading & Writing

 

Untuk masa depan yang lebih baik, siswa diharapkan mencapai kompetensi yang sudah ditentukan oleh guru. Biasanya dikenal dengan kompetensi dasar (KD) yang ada dalam setiap materi mata pelajaran.
Siswa bisa melejitkan kemampuan belajarnya dengan membaca dan berlatih secara rutin terjadwal. Giat berlatih merupakan kunci sukses belajar.
Hambatan atau permasalahan yang muncul harus dicarikan solusinya. Dengan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang ada maka diharapkan solusi yang diberikan bisa tepat langsung tertuju pada inti masalah.
Rendahnya kemampuan siswa dalam reading dan writing, khususnya dalam mapel bahasa inggris. Dalam pelajaran bahasa inggris dikenal jenis tipe teks/ bacaan berbasis genre, ada juga berupa short functional text. 
Selain bentuk teks, siswa juga belajar ungkapan (expressions) yang mencakup banyak hal, diantaranya expression asking and giving suggestion, praise/ compliment, asking and giving opinion, dsb menyesuaikan grade/ kelas siswa atau peserta didik. Dengan cukup banyaknya materi pelajaran yang ada, siswa harus mampu mengatur bahkan menjadwal aktivitas belajarnya agar materi pelajaran tsb dapat dikuasai dengan komprehensif.
Berikut contoh soal untuk persiapan PTS maupun PHB (Penilaian Harian Bersama). Bisa diunduh dalam bentuk file pdf:
1. latihan soal kelas 10 [unduh pdf]
2. latihan soal kelas 11 [unduh pdf]
3. latihan soal kelas 12 [unduh pdf]





Monday, August 30, 2021

LK 1 Modul Bahasa Inggris Public Information, KB 1 dan 2

Lembar Kerja Belajar Mandiri

Judul Modul: English for public information 

Judul Kegiatan Belajar: Public Notice

Daftar Peta Konsep (Istilah dan definisi)

KB 1. Exploring Public Notice

A.    Definition

A notice is a formal means of communication. The purpose of a notice is to announce or display information to a specific group of people.

B.     The function of Public Notice

-       In social communication, there are many functions or purposes of Notice text, they are used:

-  to give an instruction, information, direction, and  ask people to….

-  to advice/to suggest / to recommend people to….

-  to remind people to….

-  to warn / to give warning

-  to ban / to forbid / to prohibit people to…

C.    Characteristics of Notice Text

Below are the characteristics of notice text:

-   short text (simple words, phrases, or clauses)

-   easy to understand

-   written in capital font

-   mostly use images/pictures

 

D.     Generic Structure

-   Attention gather (optional)

-   Information

-   Closure (optional)

E.    Grammar and Language Features

-   Using Imperative mood (imperative sentence)

-   Using Declarative reference

-   Spoken / written language features



Unduh LK 1Modul Bahasa Inggris KB 1 dan 2 bentuk file versi dokumen/ word bisa diedit, silakan klik [unduh doc]





Sunday, August 29, 2021

MODUL 1 English For Public Information (Modul 1 KB 1, Notice)

 

BAHASA INGGRIS UNTUK INFORMASI PUBLIK


A. Pendahuluan

Selamat datang di Modul 1. Modul ini berjudul Bahasa Inggris untuk Informasi Publik. Sesuai dengan namanya, modul ini disusun agar Anda sebagai pembelajar bahasa Inggris dan sebagai guru bahasa Inggris mengetahui dan memahami tentang cara belajar dan mengajar bahasa Inggris untuk Informasi publik.

Modul ini juga akan mengeksplorasi tentang pemahaman dan kemampuan teks fungsional pendek. Anda akan diperkenalkan dengan konsep pemberitahuan publik, posting dan spanduk, teks penyelenggara grafis, dan teks infografis. Anda akan diminta untuk mengamati macam-macam contoh pengumuman publik, postingan dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis di Indonesia. Anda harus membuat produk pemberitahuan publik, posting dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis.

Apa yang akan Anda pelajari dari buku ini?

1. pengetahuan untuk melakukan fungsi sosial dalam struktur teks fungsional pendek dan unsur leksiko-gramatika berterima kontekstual
2. fungsi sosial, struktur teks, dan unsur leksiko-gramatikal dari sejumlah teks fungsional pendek dengan memperhatikan konteks situasi
3. perbedaan dan persamaan sejumlah teks fungsional pendek dari konteks situasi yang bervariasi, ditinjau dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur leksikogramnya
4. cara memproduksi teks fungsional pendek dengan fungsi sosial yang berterima kontekstual, dengan teks berterima kontekstual struktur dan fitur leksikogramatikal.

B. Tujuan

Modul Bahasa Inggris untuk Informasi Publik ini bertujuan untuk membantu Anda

1. memiliki pengetahuan yang lebih baik khususnya dalam beberapa jenis teks fungsional pendek.
2. memahami empat jenis teks fungsional pendek yang fungsi sosialnya adalah untuk menginformasikan, memperingatkan, mengingatkan pembaca – teks pemberitahuan publik, poster dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis.
3. membiasakan Anda dengan semua keterampilan bahasa dalam bahasa Inggris, yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing.
4. memiliki pemikiran tingkat tinggi dengan berkreasi membuat contoh pengumuman publik, poster dan spanduk, organisator grafis, dan infografis.

C. Kegiatan

Modul ini memiliki empat kegiatan pembelajaran yang terakreditasi untuk satu SKS setara dengan delapan jam pelajaran dan didistribusikan di:

1. Kegiatan Pembelajaran 1: Menjelajahi Maklumat Umum
2. Kegiatan Belajar 2: Menjelajahi Poster dan Spanduk
3. Kegiatan Belajar 3: Menjelajahi Penyelenggara Grafik
4. Kegiatan Belajar 4: Menjelajahi Infografis

Setelah mempelajari modul ini diharapkan anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis teks fungsional pendek termasuk pemberitahuan publik, poster dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis. Pengetahuan dan pemahaman Anda tentang teks fungsional pendek akan sangat membantu Anda untuk membuat teks Anda sendiri dan untuk mengajar siswa Anda secara bermakna. Saat Anda menguasai materi tentang teks fungsional pendek, ini memungkinkan Anda untuk memahami makna di balik teks dan membuat sampel Anda sendiri.
Ada tiga kegiatan khusus untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran modul ini yaitu pra kegiatan, kegiatan utama, dan pasca kegiatan.


A. Pra kegiatan: membangun latar belakang pengetahuan tentang teks fungsional pendek. Membangun pengetahuan latar belakang. Karena latar belakang pengetahuan sangat mempengaruhi pemahaman, penting untuk memiliki konsep khusus teks fungsional pendek. Anda dapat memberikan sendiri informasi faktual seperti informasi dari ensiklopedia atau daftar kata kunci dari cerita dan memeriksa sendiri apa yang Anda ketahui tentang informasi tersebut.


B. Kegiatan Utama: Banyak kegiatan yang mendorong pemahaman dan kesenangan saat Anda memahami materi tentang teks fungsional pendek.
• Post-it Note: Anda dapat menulis catatan sambil belajar
• Mengidentifikasi berbagai jenis teks fungsional pendek.
• Menentukan isi ikhtisar teks fungsional pendek.
• Menemukan informasi faktual dari berbagai teks fungsional pendek.
• Temukan informasi implisit dari berbagai teks fungsional pendek.
• Menentukan arti kata berdasarkan konteks.

C. Pasca Kegiatan: Bertanya, Berdiskusi, Berkreasi, dan Mempresentasikan.
1. Menanya: Kegiatan menanya mendorong Anda untuk memikirkan dan menanggapi informasi dan gagasan tentang teks fungsional pendek.
2. Diskusi: Diskusi adalah bertukar pikiran dengan suara keras. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi ide secara bebas, mempelajari sesuatu yang baru atau memperoleh perspektif yang berbeda dengan mengumpulkan informasi atau wawasan yang dapat diberikan oleh lebih dari satu orang.
3. Membuat: Membuat teks sendiri (pemberitahuan, peringatan, dan larangan) adalah aktivitas menyenangkan lainnya.
4. Menyajikan teks Anda: Menyajikan teks Anda sendiri adalah kegiatan lain yang menyenangkan.

A.    PENDAHULUAN
1. Deskripsi Singkat

Bagian ini menyampaikan Kegiatan Pembelajaran 1 Modul 1 “Bahasa Inggris untuk Informasi Publik”. Pernahkah Anda melihat contoh pemberitahuan publik? Dapatkah Anda memahami makna atau informasi yang terkandung dalam teks? Untuk menjawabnya, Anda bisa membaca uraian singkat di bawah ini.
Orang biasanya menggunakan pemberitahuan untuk memberikan informasi, instruksi atau peringatan. Oleh karena itu dalam pemberitahuan tersebut, orang menggunakan kata sederhana dengan font sederhana yang ditulis pada plakat atau papan pengumuman. Notice/Hati-hati adalah suatu bentuk teks Fungsional yang digunakan sebagai petunjuk atau petunjuk kepada seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Pemberitahuan/hati-hati dapat berupa frase (gabungan kata), klausa (Kalimat), atau gambar/tanda/tanda.
Pemberitahuan harus mudah dipahami dan mudah dibaca, sehingga biasanya pemberitahuan atau pemberitahuan selalu menggunakan kata-kata yang sederhana, ditulis dengan huruf yang sederhana, dan besar. Dan biasanya diletakkan di tempat-tempat umum. Pemberitahuan juga bisa menjadi tanda.

2. Relevansi

Dapatkah Anda dengan mudah menemukan contoh pemberitahuan di lingkungan Anda? Bagaimana Anda melihat itu? Bisakah Anda mengambil informasi dari pemberitahuan yang Anda temukan? Apakah Anda pernah mencoba membuat salah satunya? Jika Anda belum pernah membuat pemberitahuan, maka kursus ini akan banyak membantu Anda untuk memperdalam pemahaman Anda tentang pemberitahuan serta menggali kreativitas Anda dalam membuat rangkaian pemberitahuan. Jadi, mari kita mulai dan periksa!

3. Panduan Pembelajaran
Ada tiga kegiatan khusus untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran modul ini yaitu pra kegiatan, kegiatan utama, dan pasca kegiatan.
A. Pra-kegiatan: membangun latar belakang pengetahuan tentang pemberitahuan
Membangun latar belakang pengetahuan. Karena latar belakang pengetahuan sangat mempengaruhi pemahaman, penting untuk memiliki konsep khusus teks fungsional pendek. Anda dapat memberikan sendiri informasi faktual seperti informasi dari ensiklopedia atau daftar kata kunci dari cerita dan memeriksa sendiri apa yang Anda ketahui tentang informasi tersebut.

B. Kegiatan Utama: Banyak kegiatan yang mendorong pemahaman dan kesenangan saat Anda memahami materi tentang pemberitahuan.

• Post-it Note: Anda dapat menulis catatan sambil belajar
• Mengidentifikasi rangkaian contoh pemberitahuan

  Menentukan pesan yang terkandung dalam pemberitahuan
• Menemukan informasi faktual dari berbagai pemberitahuan


c. Pasca Kegiatan: Bertanya, Berdiskusi, Berkreasi, dan Mempresentasikan.
• Menanyakan: Kegiatan bertanya mendorong Anda untuk memikirkan dan menanggapi informasi dan gagasan tentang pemberitahuan.
• Diskusi: Diskusi adalah bertukar pikiran dengan suara keras. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi ide secara bebas, mempelajari sesuatu yang baru atau memperoleh perspektif yang berbeda dengan mengumpulkan informasi atau wawasan yang dapat diberikan oleh lebih dari satu orang.
• Membuat: Membuat pemberitahuan Anda sendiri.
• Menyajikan pemberitahuan yang Anda buat.

B. BAGIAN UTAMA
1. Hasil Belajar
Pada Kegiatan Pembelajaran 1 Anda akan mempelajari kompetensi berikut:
a. Sikap
Menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai agama, nilai moral, nilai etika, nilai pribadi dan nilai sosial (kejujuran, disiplin, akuntabilitas, kemandirian), peduli dan menghargai perbedaan dan keragaman, toleransi, perdamaian, kerjasama, dan nasionalisme.
B. Pengetahuan
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur leksiko-gramatikal pemberitahuan dalam kaitannya dengan konteks situasi.
C. Keterampilan
Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:
• memahami rangkaian pemberitahuan secara bermakna.
• membandingkan fungsi sosial pemberitahuan mengenai konteks situasi, target pembaca, poin kepentingan atau kepentingan.

• membandingkan perbedaan antara jenis pemberitahuan.
• memahami fitur bahasa pemberitahuan.
• membuat pemberitahuan.


2. Materi Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran
a. Pengertian Notice
Tahukah kamu apa itu notice? Bisakah Anda menjelaskan definisi pemberitahuan? Bagaimana mereka dibangun? Bagaimana pemberitahuan dirancang untuk? Jika Anda tidak punya ide untuk menjawab pertanyaan di atas, silakan lihat gambar di bawah ini. Video akan memberikan gambaran tentang apa itu pemberitahuan, sehingga Anda dapat memahami definisi, struktur, serta fungsi pemberitahuan.

b. Fungsi Sosial Teks Pemberitahuan Publik Pemberitahuan

Adalah sarana komunikasi formal. Tujuan pemberitahuan adalah untuk mengumumkan atau menampilkan informasi kepada sekelompok orang tertentu. Dalam komunikasi sosial, ada banyak fungsi atau tujuan dari teks Notice, yaitu digunakan:
 Untuk memberikan instruksi / untuk menginstruksikan orang untuk….
 Untuk memberi informasi / menginformasikan orang kepada….
 Memberi arahan
 Meminta orang untuk….
 Untuk menasihati / menyarankan / merekomendasikan orang untuk….
 Untuk mengingatkan orang untuk ….
 Untuk memperingatkan / memberi peringatan
 Untuk melarang / melarang / melarang orang untuk…


Tujuan teks pemberitahuan didasarkan pada pesan yang tertulis dalam pemberitahuan tersebut. Karena fungsi-fungsi di atas, maka dalam pemberitahuan, orang menggunakan kata sederhana dengan font sederhana yang ditulis di plakat atau papan pengumuman.

C. Ciri
Ciri Teks Pemberitahuan Berikut ini ciri-ciri teks pemberitahuan:

 Teks pendek (kata, frasa, atau klausa sederhana)
 Mudah dipahami
 Ditulis dengan huruf kapital
 Kebanyakan menggunakan gambar/gambar 

B.    Struktur Umum Pemberitahuan Publik
Sebagaimana dikemukakan oleh Nurdiono (2016), ada tiga bagian dari struktur umum pemberitahuan publik: pengumpulan perhatian, informasi, dan penutupan. Deskripsi masing-masing bagian digambarkan di bawah ini.

Pengumpulan perhatian (opsional)
Pengumpulan perhatian berarti menggunakan ekspresi atau frasa yang dapat menarik perhatian pembaca atau orang seperti Pemberitahuan, Peringatan, atau Perhatian. Lihat kata awal dari beberapa contoh di bawah ini.


Informasi
Informasi disini dapat diartikan sebagai pesan atau informasi dari teks yang ingin disampaikan kepada orang-orang.
Lihatlah contoh di bawah ini.



Penutupan (opsional)

Dapatkah Anda melihat bagian penutupan dalam pemberitahuan di bawah ini?



Jika Anda tidak dapat melihat bagian penutupan dari pemberitahuan di atas, Anda harus membaca deskripsi singkat tentang apa itu penutupan. Penutupan adalah tindakan penutupan: kondisi ditutup. Penutupan dalam teks pemberitahuan dapat didefinisikan sebagai pernyataan penutup dari pemberitahuan. Sebagai karakteristik opsional, penutupan dapat dihilangkan atau dapat ditulis di bagian akhir teks. Fungsi penutupan adalah untuk menutup pernyataan pemberitahuan.
Setelah Anda membaca deskripsi penutupan, sekarang dapatkah Anda menemukan pemberitahuan penutupan di atas?

e. Fitur Bahasa Pemberitahuan Publik
Menggunakan Imperative mood (kalimat imperatif)
Imperative mood adalah bentuk kata kerja yang membuat perintah atau permintaan. Misalnya: b. John mengosongkan tempat sampah. (Kata kerja ini tidak dalam mood imperatif. Ini dalam mood indikatif.)
a. Kosongkan tempat sampah, John.
(Ini adalah kata kerja dalam suasana imperatif.)

Kata kerja utama (yaitu, kata kerja terbatas) dalam kalimat imperatif akan berada dalam mood imperatif. Dengan kata lain, itu akan menjadi perintah atau permintaan yang sopan.
Berikut adalah beberapa contoh verba dalam mood imperatif (berbayang):
a. Lari!
b. Keluar!
c. Hentikan pendarahan.
d. Saya akan melintasi lapangan. Berteriak ketika Anda melihat banteng.
(Saya akan pergi adalah mood indikatif (yaitu, hanya sebuah pernyataan). Namun, teriakan adalah dalam mood imperatif.)

 Menggunakan referensi Deklaratif

Tanda baca terakhir biasanya berupa titik/titik (.).
Kalimat deklaratif bisa dalam bentuk positif atau negatif, dan dalam bentuk apapun serta pemberitahuan.


Fitur Bahasa Lisan
Tulisan Dalam teks pemberitahuan tertulis, kita dapat menggunakan gaya bahasa lisan atau tulisan. Perbedaan antara kedua fitur tersebut disajikan dalam grafik berikut.



Bagan di atas menjelaskan tentang perbedaan antara fitur bahasa lisan dan tulisan dalam pemberitahuan tertulis.
1. Penggunaan kata ganti orang
Dalam bahasa lisan, kata ganti orang sering digunakan, namun untuk bahasa tulisan jarang digunakan.
2. Struktur
kalimat Struktur kalimat bahasa lisan lebih pendek dan lebih mudah diikuti daripada struktur kalimat bahasa tulis.
aku aku aku.

3. Cara menekankan gagasan
Dalam gaya bahasa lisan, untuk menekankan gagasan kata, pengulangan, dan frasa lebih banyak terjadi daripada gaya tulis yang gagasannya disampaikan melalui bahasa yang tepat dan bervariasi.
4. Nada
percakapan diterapkan dalam bahasa lisan, sedangkan dalam bahasa tulis berlaku nada formal.
5. Kosakata
Kata-kata yang familier sebagian besar digunakan dalam gaya lisan untuk memastikan pemahaman pembaca, sedangkan dalam gaya tulisan, kosakata yang kaya dan tepat diterapkan.
6. Referensi ke informasi yang disebutkan sebelumnya 

Referensi yang lebih sedikit ke informasi yang disebutkan sebelumnya adalah sebagai fitur gaya bahasa lisan seperti "seperti yang disebutkan di atas". Namun, dalam gaya tertulis, informasi yang disebutkan sebelumnya mungkin diperlukan seperti "seperti pada yang pertama".

F. Macam-Macam Pemberitahuan dan Contohnya

Di bawah ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis pemberitahuan dan contohnya.
Perintah
Kalimat perintah digunakan ketika Anda menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.
Perintah biasanya dimulai dengan kata kerja imperatif, juga dikenal sebagai 'kata kerja bossy', karena perintah tersebut menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.

Lihat contoh 1, kata "keep" adalah kata kerja imperatif, dan itu memberitahu seseorang atau orang untuk melakukan sesuatu.
Contoh:

Jaga Pintu Tetap Tertutup

• Pelan-pelan
• Jaga Kebersihan Ruangan

Perhatian
Perhatian adalah peringatan formal yang diberikan kepada orang yang telah mengakui pelanggaran. Biasanya digunakan untuk mengingatkan orang atau pembaca agar lebih berhati-hati.
Contoh:

HATI-HATI lantai basah
HATI-HATI Permukaan Panas

Informasi :
Informasi artinya memberi informasi. Pemberitahuan informasi memberikan atau memberikan informasi atau materi yang terkandung dalam teks pemberitahuan kepada pembaca/masyarakat.
Contoh:
• Untuk Staf Saja
• Area Istirahat
• Rute Sepeda


Larangan

Larangan adalah tindakan melarang atau menghambat atau melarang (atau contohnya) untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, orang atau pembaca tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang tertulis dalam pemberitahuan tersebut.

Contoh:
• Pejalan Kaki Dilarang lewat

• Dilarang
Merokok
• Dilarang Parkir
• Dilarang membuang sampah sembarangan

Peringatan
Peringatan biasanya mengacu pada pesan yang menginformasikan bahaya. Itu bisa dalam bentuk tertulis dan lisan. Biasanya dimaksudkan untuk menyadarkan pembaca atau masyarakat tentang kondisi bahaya di sekitar mereka.
Contoh:
• Peringatan Tegangan Tinggi
• Peringatan Jauhkan dari Jangkauan Anak-anak
• Waspadai Pencopet




Link unduh materi Modul 1 bentuk word klik [unduh modul doc] [pdf]