Lembar Kerja Belajar Mandiri
Judul Modul: English for public information
Judul Kegiatan Belajar: Public Notice
KB
1. Exploring Public Notice
A.
Definition
A
notice is a formal means of communication. The purpose of a notice is to
announce or display information to a specific group of people.
B. The function of Public Notice
-
In social communication, there are
many functions or purposes of Notice text, they are used:
- to give an instruction, information, direction, and ask
people to….
- to advice/to suggest / to recommend people to….
- to remind people to….
- to warn / to give warning
- to ban / to forbid / to prohibit people to…
C.
Characteristics of Notice Text
Below
are the characteristics of notice text:
- short text (simple words, phrases, or
clauses)
- easy to understand
- written in capital font
- mostly use images/pictures
D.
Generic
Structure
- Attention gather (optional)
- Information
- Closure (optional)
E.
Grammar
and Language Features
- Using Imperative mood (imperative sentence)
- Using Declarative reference
- Spoken / written language features
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
ReplyDeleteMenentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait teks transaksional memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang.
ReplyDeleteMelengkapi kalimat-kalimat rumpang mengenai jumlah benda dengan memperhatikan unsur kebahasaan:
1.1 Fungsi Sosial
ReplyDelete- Menyebutkan keberadaan orang, benda, binatang,
- Mendeskripsikan keberadaan orang, benda, binatang dan sebagainya
1.2 Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
1.3 Unsur Kebahasaan
- Ungkapan dengan There is/are
- Kata jumlah yang tidak tertentu: little, few, some, many, much, a lot (of).
- Frasa kata depan: in, on, under, in front of, below, above, dan lain lain.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
1.4 Topik
Keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
kompetensi inti
ReplyDeleteuraian materi
ReplyDeleteLesson Learn yang saya peroleh selama kegiatan penyusunan materi ajar:
ReplyDeleteKegiatan penyusunan materi ajar ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya. Saya merasa, baru kali ini saya mencoba membuat bahan ajar secara lebih serius untuk siswa. Dan ternyata membuat materi ajar untuk siswa itu tidak mudah!
Melalui kegiatan ini, saya mendapatkan tambahan pengetahuan bagaimana membuat bahan ajar dengan baik dan lebih tertata sitematis.
Kesulitan yang saya alami dalam penyusunan materi ajar:
Saya merasa kesulitan mencari sumber-sumber pembelajaran. Daftar pustaka dalam bahan ajar yang saya susun, jumlahnya sedikit sekali.
Bagi saya yang kurang/tidak berpengalaman menyusun bahan/materi ajar, waktu setengah hari (12 jam) untuk membuat materi ajar ternyata tidak cukup. Saya bingung hendak mulai dari mana.
Saya terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bertanya kepada diri sendiri, "Kalau seperti ini, bahan ajar saya bisa diterima atau tidak ya? Apakah bahan ajar saya sudah memenuhi syarat? Apakah bahan ajar seperti ini sudah cukup bagus?"
Tingkat kebermanfaatan kegiatan dalam menunjang tugas saya sebagai guru:
Kegiatan penyusunan materi ajar hari sangat-sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru.
Dengan presentasi bahan ajar yang disusun, dan kemudian mendapatkan komentar penilaian dan masukan dari dosen dan teman sejawat, akan membuat kita menjadi lebih baik lagi dalam menyusun bahan ajar selanjutnya.
Bagian Proses Pembelajaran yang Menarik
Prose pembelajaran yang paling menarik dalam kegiatan penyusunan materi ajar, tentu saja pada saat praktik membuat bahan ajar. Kami harus berkejaran dengan waktu, dalam waktu yang relatif singkat bagi kami harus menyelesaikan bahan ajar yang bagus untuk pembelajaran siswa.