Saturday, October 24, 2015

Masalahnya pro dan kontra itu bagaikan Kucing Dan Anjing

Banyak ditemui, perseteruan antara pro dan kontra terjadi di masyarakat akhir-akhir ini terhadap banyak kasus, bahkan di media sosial pro dan kontra tersebut memunculkan kelompok haters  dan lovers. Sebenarnya mudah saja mengamati dua pihak yang berseteru, apalagi ketika kedua kubu tersebut sudah melakukan perbuatan secara etika tidak patut bahkan cenderung anarki. Publik dibuat tercengang ketika berita terbaru sebut saja masalah revisi UU KPK, antara pendukung pemimpin yang suka pencitraan & tebar pesona dengan kelompok yang membenci pemimpin tersebut. Contoh lain misalnya, tidak diperkarakannya pelaku pembakaran masjid di Tolikara (antara pro dan kontra), atau masalah sepele bagi beberapa orang seperti  perbedaan mahzab, yang berbau agama misalnya pro dan kontra pengawasan isi khutbah jumat di masjid-masjid yang dipantau oleh anggota intelijen. Banyak masalah pro dan kontra yang muncul di masyarakat yang jika penanganannya tidak tepat dan bijak bisa memicu ketegangan bahkan konflik antar masyarakat.
Sebetulnya terdapat disiplin ilmu yang terkait dengan adanya pro dan kontra yaitu manajemen konflik. Seseorang yang memiliki sedikit banyak ketrampilan dalam manajemen konflik, biasanya mampu menjadikan konflik sebagai peluang untuk sukses. Lho berarti mengambil keuntungan dari konflik seseorang dong? Sebetulnya bisa dikatakan iya, namun tidak sertamerta menari-nari diatas penderitaan orang lain, hanya saja merekayasa sebuah konflik agar tercipta kondisi yang lebih baik sebelum adanya konflik, bahasa sederhananya seperti mengelola musibah agar menjadi sebuah anugrah.
Pihak yang berkepentinganlah yang kadang lebih ngotot, baik yang fanatik pro atau fanatik menentang/kontra, dan jumlahnya bisa mengembang busa (hanya kuantitas) atau sebaliknya terlihat sedikit, tetapi mewakili suara masyarakat banyak (fenomena gunung es/ iceberg). Jika hanya layaknya busa, berarti masalah tersebut kecil hanya dibantu blow up media saja, yang akan mereda sendiri ketika masyarakat bosan. Sedangkan jika masalah yang pro dan kontra dimana dua kubu tersebut seperti gunung es, maka harus segera dipecahkan solusinya, hal ini dikhawatirkan akan menjadi snowball, yang lambat laun dengan berjalannya waktu menjadi masalah besar yang serius, akan menjadi bom waktu yang bisa memakan korban.
Nah, ada titik perbedaan yang seharusnya ditarik garis yang bersinggungan yang memungkinkan menjadi titik temu (persamaan), sehingga butuh mediasi, butuh orang yang bijak, jalan akhir adalah ke ranah hukum.
Lihatlah ketika anjing dan kucing melakukan interaksi, saat 2 binatang tersebut bertemu, perkelahian mereka tidak mencapai frekuensi 100% dari seluruh pertemuan yang ada, misalnya dari 100 pertemuan 80x berkelahi, 15x biasa tanpa reaksi, 5x reaksi dengan suara. Artinya, meskipun benar-benar musuh ada kalanya perlu gencatan senjata, perlu keadaan yang kondusif yang tidak gaduh. Dalam Islam sudah jelas, jika kita marah, membenci seseorang bahkan terlanjur bermusuhan,  maka janganlah melebihi dari 3 hari, artinya ada pembatasan jumlah hari kita untuk marah dengan tetangga, saudara sesama muslim, atau teman kita. Bolehlah adu argumen, namun ketika diluar forum diskusi berbaikan kembali. Hindarilah perdebatan, beda pendapat itu sah-sah saja, cari solusinya dengan jalan musyawarah/ syuro, karena ada keberkahan dalam mekanisme musyawarah, duduk bersama secara kekeluargaan, tidak memaksakan kehendak, belajar melihat melalui sudut pandang yang berbeda atau lebih dari satu sudut pandang.
Belajar Teks Bahasa Inggrisn yang membahas tentang pro dan kontra termasuk dalam genre text discussion text. Text tersebut mengetengahkan isu/topik dari dua sudut pandang yang berbeda antara yang setuju dan yang bertolak belakang. Berikut contoh teks discussion:

TEXT DISCUSSION
goal/aim/purpose:  to present two points of view about an issue
structure: issue -- arguments for --- arguments against -- conclusion/recommendation
feature: conjunctive relation

Helpful and Harmful Effects of Technology
The technology that helped bring about our modern society began about 200 years ago. At that time, more and more factories were built. These factories began using machines powered by steam. The machines could make things faster and often cheaper than people could make them by hand. This kind of technology affected people's lives more and more. It has had both helpful and harmful effects on the world.
Technology has helped people in many different ways. First of all, it allows them to make more things now than they did in the past. For example 150 years ago, people and animals did most of the work on farm in the United States. Today, machines do most of the work on U.S. farms.
Another way technology has helped people is by giving them more time to relax. Because machines can do so much work, people today do not have to work as hard as people in the past. Technology has also made work easier and safer.
Pollution is one of the most harmful effects of modern technology. Many countries face air, water, soil and noise pollution. Our technology also uses up many natural resources, such as oil, wood and coal. Many of these resources cannot be replaced after they are used.
Computers and other machines have replaced people in the workplace. It's often hard for these people to find new jobs. Another problem with technology is that it lets people produce more powerful weapons. such weapons make the world more dangerous place.
Today, technology helps people meet goals that would have been impossible a hundred years ago. But it also presents great challenges, or issues to think about. One challenge is finding ways to end the harmful effects of technology. Another is how to make sure the same problems won't happen with new technologies.

18 comments:

  1. => narrative text mempunyai arti yaitu teks yang berupa cerita bertujuan untuk menghibur orang banyak atau penonton atau sii pembaca .
    => discussion berarti teks untuk menyajikan berbagai sudut pandang yg berbeda tentang sebuah issue untuk membantu memperoleh pemahaman yg lengkap.

    ReplyDelete
  2. SUKA merupakan suatu perasaan atau pendapat seseorang yang menyetujui atau sependapat tentang suatu hal
    EXPLANATION merupakan teks yg digunakan untuk menerangkan cara atau proses sesuatu terjadi, terutama yg berkaitan dg fenomena alam, dunia ilmiah bahkan sosbud.

    ReplyDelete
  3. 2.Narrative Text teks yang mana berfungsi untuk menceritakan kisah masa lampau dan untuk hiburan. Sehingga menggunakan tenses past tense.
    3.Discussion Text : Penjelasan, Social Function dan Generic StructureDiscussion text ini masih tergolong Argumentaive Essay, sama seperti Analytical dan hortatory exposition.
    4.Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.
    5.Janji adalah hutang, banyak janji berarti banyak hutang akan ditagih bahkan sampai diakherat. Maka janganlah mudah memberi janji.

    ReplyDelete
  4. siti khotijah kls XIINovember 1, 2015 at 2:23 PM

    2.narrative adl jenis teks yang bertujuan untuk menoeritakan suatu carita yang nemiliki rangkaian peritiwa kronologis yang saling terhubung.sprti dongeng.
    3.dicussion,sebuah teks yang menyajikan sebuah masalah.yang menimbulkan pro dan kontra.
    4.explanation.teks yang digunakan untuk menerangkan(proses sesuatu yg terjadi,seperti fenomena alam.
    5.janji.sebuah hutang kepada seseorang/diri sendiri ,yang pada dasarnya janji adalah hutang.
    6. blame/menyalahkan :menyalahkan orang lain , menyatakan bahwa seseorang bertanggung jawab atas suatu kesalahan.
    7. suka ; ungkapan kesukaan akan sesuatu / seseorang.
    8. tidak suka : ungkapan ketidaksukaan akan sesuatu / seseorang.
    9. menuduh / acucuse : menuduh orang lain bersalah atas kejadian suatu hal.

    ReplyDelete
  5. 2. Narrative :jenis teks yang bertujuan untuk menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung.
    3. discussion : sebuah teks yang menyajikan sebuah masalah yang menimbulkan pro dan kontra.
    4. explanation : teks yang digunakan untuk menerangkan cara ( proses ) sesuatu yang terjadi , spt fenomena alam, sosial dan budaya.
    5. janji : sebuah hutang yang kita ucapkan kepada seseorang atau diri sendiri, yang pada dasarnya janji atau hutang haruslah ditepati.
    6. blame/ menyalahkan : menyalahkan orang lain , menyatakan bahwa seseorang bertanggung jawab atas suatu kesalahan.
    7. suka : ungkapan kesukaan akan sesuatu atau seseorang.
    8. tidak suka ; UNGKAPAN ketidaksukaan akan sesuatu atau seseorang .
    9. menuduh / accuse : menuduh orang lain bersalah atas kejadian suatu hal.

    ReplyDelete
  6. 1. Naratif adalah teks yang berupa cerita yg bertujuan untuk mnghibur orang banyak atau penonton
    2. Discussion adalah sebuah teks yang menyajikan sebuah masalah yang menimbulkan pro dan kontra

    ReplyDelete
  7. 2. Naratif adalah teks yg berisi menceritakan tentang hewan atau suatu tempat .
    3. Discussion adalah hal yang menyangkut tentang diskusi .
    4. Explanation adalah teks yang di gunakan untuk menerangkan sesuatu yang terjadi .
    5. Promise adalah suatu hal yang menyangkut tentang janji kepada orang lain .
    6. Blame adalah hal suatu yang menyalahkan orang lain, menyatakan bahwa seseorang bertanggung jawab atas suatu kesalahan .
    7. Suka adalah suatu perasaan kepada suatu hal yang menarik .
    8. Tidak suka atau benci adalah ungkapan tidak suka kepada seseorang yg tidak di suka
    9. menuduh accuse adalah hal suatu tuduhan kpda orang yang bersalah

    ReplyDelete
  8. 2.Narrative adalah bentuk teks yang berupa cerita hewan hewan dan legenda yang memilii rangkaian peritiwa yang salng terhubung
    3. Discussion adalah sebuah teks yang menyajikan sebuah masalah yang menimbulkan ro dan kontra
    4.Explanation adalah texs yang mempunyai struktur general,statement,
    exsplanation,condusion.
    5. Promise/janji menurut saya adalah sesuatu yang harus kita tepati tidak boleh inkar dan janji harus di tepati
    6. Blame menurut saya tidak baik karena blame atau menyalahkan belum tentu benar dan bisa saja menimbulan keributan
    7. Suka menurut saya sesuatu hal yang wajar apalagi suka dengan lawan jenis
    8. Tidak sula menurut saya hal yang buruk, islam melarang kita untuk saling membenci sesama muslim
    9. Menuduh menurut saya tidak baik karena menuduh bisa menjadi salah sangka satu sama lain cuman gara gara menuduh yang belum pasti sebab akibatnya
    10. Pengandaian atau imajinasi menurut saya yang merupakan khayalan seseorang untuk masa depan

    ReplyDelete
  9. 2. Narrative : sejenis teks yang bertujuan untuk menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian periatiwa kronologi yang saling terhubung.
    3. Discussion : sebuah teks yang menyajikan sebuah masalah yang menimbulkan pro dan kontra
    4. Explanation : teks yang digunakan untuk menerangkan cara (proses) sesuatu yang terjadii , sepertii fenomena alam ,sosial dan budaya
    5. Janji : sebuah hutang yang kita ucapkan kepada seseorang atau diri sendiri yang pada dasarnya janji atau hutang harus ditepatii
    6. Blame / menyalahkan : menyalahkan orang lain,menyatakan bahwa seseorang bertanggung jawab atas suatu kesalahan.
    7. Suka : ungkapan kesukaan akan sesuatu atau seseorang
    8. Tidak suka : ungkapan ketidaksukaan akan sesuatu atau seseorang
    9. Menuduh/accuse : menuduh orang lain bersalah atas kejadian sesuatu hal.
    10. Pengadaian/imajinasi : khayalan seseorang untuk masa depan .

    ReplyDelete