Saturday, October 17, 2015

Janji adalah hutang, komitmen melunasi banyak janji

Kita diperbolehkan untuk berjanji, pada siapa saja, dan janji apa saja, jangan lupa kita juga memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk merealisasikan janji kita. Pengingkaran terhadap janji-janji yang sudah kita buat menjadikan kredibilitas kita menurun, komitmen kita dipertaruhkan dan ada beban moral serta psikologis.
Nah, apa jadinya jika kita menjumpai seseorang yang selalu berbuat ingkar terhadap janjinya kemudian orang tersebut tidak merasa bersalah. Saran saya terhadap orang tipe tersebut adalah menghindari berurusan dengannya apalagi kaitannya dengan janji, bersiaplah kita akan sakit hati karena merasa di ingkari.
Ingkar, kata yang banyak dibenci namun kadang banyak orang melakukannya. Kenapa sih, beberapa orang mudah mengingkari sebuah janji? Apakah karena kurangnya komitmen dalam hati atau memang sudah kebiasaan. Bisa jadi, memang dia benar-benar tidak mampu melaksanakan janjinya sehingga akhirnya ingkar. Tapi semudah itukah ingkar menjadi satu-satunya solusi. Saran saja, jika kita terlnjur membuat janji yang ternyata sulit diwujudkan maka beritahu partner kita bahwa kita mengalami kendala atau hambatan, kemudian minta masukan atau alternatif solusi. Jika tidak ada jalan tengah terpaksa meminta maaf.
Belajarlah untuk menepati janji yang pernah kita buat, silahkan membuat ribuan janji itu tidak masalah tetapi tepatilah janji-janji yang pernah kita buat. Ingatlah, agar kita tetap semangat, prinsip seorang muslim jangan pernah mengingkari janji, karena bila ingkar kita termasuk orang yang munafik. Jika ingin membatalkan janji bersegeralah menghubungi orang-orang yang terkait dengan janji tersebut dan segera mengkonfirmasikan pembatalan janji atau sekedar meminta maaf atas pembatalan atau ketidakmampuan kita dalam melaksanakan janji kita.
Ada pertanyaan besar, misalnya seorang calon pemimpin yang berjanji ketika masa kampanye dengan janji ini itu, berjanji mensejahterakan rakyatnya, menumbuhkan gairah perkeonomian bangsa, mengurangi angka pengangguran, bla-bla...bla..bla..Nah ketika jadi pemimpin pilihan rakyat tidak menepatinya alias menipu, maka minta maaflah kepada seluruh rakyat bahkan bangsa ini yang telah tergiur janji-janji palsu yang tak pernah direalisasikan. Tipe pemimpin seperti ini adalah tipe pemimpin munafik.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, marilah kita menelaah dan studi kasus dari lagu milik Harris Jung berjudul I Promise, this song is nice...

"I Promise" Lyrics:
by HARRIS JUNG

I promise anytime you call me
It don't matter where I am
I'll always be there, like you've been there
If you need me closer, I'll be right over
I swear, I swear

Every time that I need you by my side 
Every time I lose my way in life
You're my circle of life, compass and guide
There behind me
And one day when the tables finally turn
And it’s me you’re depending on
I’ll put you first, hold you close
Like you taught me
Know that I'll be there for you, for you

Chorus:
I promise anytime you call me
It don't matter where I am
I'll always be there, like you've been there
If you need me closer, I'll be right over
I swear, I swear
I promise anytime you call me
It don't matter where I am
I'll always care for you, go anywhere for you
If you need me closer, I'll be right over
I swear, ooh

There are days when I just don't want to talk
And your feelings hit a wall
But that won’t change
The love you’ve raised inside this family
Everything that I do is to make you proud
I just want to say it, and say it loud
You're my heat when I'm cold
The place I call home, and always will be
Know that I'll be there for you, for you

CHORUS

Having someone to go to
Having someone to love
Having both is a blessing
That was sent from above
Oh I know that wherever I'll go
You'll be forever in my heart












113 comments:

  1. assalam'mualaikum pak,perkenalkan nama saya muhammad riskin saya dari kelas X.2
    MA HASBULLAH KARANGANYAR,lagunya sangat bagus pak tapi maaf aku tidak bisa membacanya karena menurut saya [m.riskin] lagu ini gampang-gampang sulit pak
    jadi maafkan saya pak nilai saya kurang maksimal pakk... wassalam ???

    ReplyDelete
  2. perkenalkan nama saya muhammad syahrul anam, saya dari kelas X.2 MA HASBULLAH KARANGANYAR,lagu yang berjudul I PROMISE yang di nyanyikan oleh HARRIS JUNG sangat bagus tapi lirik lagunya terlalu sulit bagi saya, jadi ma'afkan saya apabila nilainya kurang maksimal.dan sekian terima kasih. illaliqo'...????
    wassalam good bye see you........

    ReplyDelete
  3. SITI MUFRODAH XII.AK OneOctober 18, 2015 at 3:03 PM

    lagunya bagus jadi saya bisa jawab soal listening nya

    ReplyDelete
  4. lagu "I Promise" enak didengar pak,,,gak terlalu cepat juga musiknya,,sayangnya aku gak bisa ikut pas tadi pelajaran pak,,tapi juga bisa dengerin sendiri kok,,,,kpan-kapan albumnya harris jung dikeluarin lagi ya pak yang asik-asik lagunya,,,komentar 20 baris ini bentuk tanggung jawab ku yang sudah ditentukan pak heri, karena tadi gak bisa ikut pelajaran inggris...dalam lirik lagunya pun saya lihat juga lumayan gampang didengar/dihafal , soalnya kata-katanya banyak yang sama,,jadi kita tinggal teliti aja dalam pengisian kata-katanya,,,,,I promise artinya saya berjanji,,,,jadi kalau sudah janji itu yang harus ditepati,,janji kan juga hutang , kalau hutang yaa haruss dibayarr kembali dong jangan disepelekan...kalo spele dengan janji/hutang itu tanggungan akhirat nantinya....lebih pedih dan rumit kalau sudah urusan dengan yang namanya akhirat,,,,dari lagu itu saya siihh gak ngerti arti aslinya pak,,tapi saya ngerti intinya yaitu tentang janji,,,,i promise anytime you call me...it don't matter where i am i'll always be there, like you've been there,,,if you need me closer, i'll be right over,,,i swear i swear,,,,,seperti halnya lirik itu pak saya tidak tahu persis artinya tapi yaa gak papa yang penting tahu inti dari lirik lagu itu,,,,album harris jung lagi trending topik di mahaka ni pak khususnya di pelajaran inggris,,karena selain penyanyinya yang good lagunya pun juga very-very good,,,sampai-sampai kalo dengerin serasa kebawa sama lagunya yang angklesss itu pak,,,hehehe bingung pak koment.nya meh gimana lagi,,kehabisan kata-kata,,koment.nya aja udah 20 baris,,kaya gini po'o yang penting koment.nya diterima....thanks

    ReplyDelete
  5. tarlina kls XII AK oneOctober 18, 2015 at 4:21 PM

    lagunya cool pak. .tapi gak punya lagunya pak

    ReplyDelete
  6. song this very good MR..HERY, gak kecepetan pas pas aja

    ReplyDelete
  7. Atiieka Sarii XII AK-onEOctober 18, 2015 at 4:47 PM

    kece parraaaaaaaaaaaaahhhhh itu menurutt ku ... di dengerin sama ngeliatin vidiionya ..terasa menyentuhh hatii bangettt yaa walau nggak tau artinya secara keseluruhan ssiih .. parah nggak udah belajar 2tahun lebih bahasa inggriss sama pak heri tapibelum bisaa berbahasa inggriss . paling taunya cuma kata kata yang familiar ..tapii nggak papa lahh namanya juga belajar semunya butuh prosess. apalagii pengen menguasai berbahasa inggriss. pelajaran bahasa inggriss konsep pak herii itu beda , beda darii guru guru yang lain dan guru guru yang udah pernah mengajariiku dulu . yang paling aku sukaii ituu ya listening .. tpp bukan listening unit by unit , part by part yang adda di buku pakett ituu . melainkan listening song . karna itu hobiiku dengerin laguu walau ngga bisa nyanyiin lagunya . tapii pastii yang diiberikan pak herii itu saya suka lagunya .. mulaii darii musik lagu bahkan sampai yang nyanyiin lagunya . parahh nggak tuhh . jatuh cinta sama haris joung dehh jadiinya .. aliiandoo mah kalahh , haris joung itu udah kece ganteng agamiss kreatif . pinterr lagiii . uhhh idaman anakk jaman sekarang banget pokokknya .. boleh lahh pakk kapan kapan touring bertemu sama maher zain and then hariss joung . biarr nggak ngiler cuma biisa liiatt dii vidio sama dii fotonya doang.. heehe bolehlah bermimpii setinggi mungkin asalkan kalo jatuh siiap menanggung nya .. ckck coment nya di terima yya pak wallaw acakk acakkan muter muter nggak nyambung laggi .. yahh masalahh 20bariss pak jadii yaa sama dengan bang eep atoo kerennya khaerul anam .. kehabisan kata kata .ckup sekian dan terima kasihh

    ReplyDelete
  8. PAK lagunya bagus dan asik .
    TAPI LAMBAT

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu perkenalkan nama saya ali usman saya dari kelas X.1 MA HASBULLAH KARANGANYAR, lagu yang berjudul I PROMISE yang di nyanyikan harris jung lagunya bagus tapi lirik saya bingung, karena kata-katanya sulit di pahami terus memakai bahasa inggris bikin saya tidak tahu. wassalamualaikum.

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum wr.wb nama saya sita renia saya kelas X.2 MA HASBUALLAH KARANGANYAR, lagu yang berjudul I PROMISE yang dinyanyikan oleh HARRiS JUNG lagunya bagus dan asik ,tapi sayangnya penempatan kata tugas dari pak heri saya kebalik-balik. wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum wr.wb
    Nama saya Evi selviyana kelasX.1 MA HASBULLAH KARANGANYAR. Pak lagunya enak didengar dan slow banget. tapi karena saya kurang konsentrasi jadi nilainya kurang maksimal. :-)
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum wr.wb
    nama saya Muhammad Taufik kelas X.1 MA HASBULLAH KARANGANYAR. Lagunya mantap pak, tapi saya nggak bisa artinya.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  13. 6)Depending
    7)Anywhere
    8)Days
    12)Everything
    13)Proud
    14)Loud
    15)Heat
    16)Know

    ReplyDelete
  14. 3)Side
    6)Depending
    7)Anywhere
    8)Days
    10)Change
    11)Inside
    12)Everything
    13)Proud
    14)Loud
    15)Heat
    16)Know
    17)love

    ReplyDelete
  15. 6).Depending
    8).Days
    13).Proud
    14).Loud
    15).Heat
    16).know
    20)Wherever

    ReplyDelete
  16. 6)Depending
    8)Days
    11)Inside
    14)Loud
    15)Heat
    16)know

    ReplyDelete
  17. 8)Days
    13)Proud
    14)Loud
    15)Heat
    19)Above











    ReplyDelete
  18. Sahir Syakir FC VIIIOctober 20, 2015 at 8:08 PM

    8.Days
    9.talk
    13.proud
    14.loud
    15.heat
    16.know
    18.blessing

    ReplyDelete
  19. 5)The teables
    6)Depending
    8)Days
    13)Proud
    14)Loud
    15)Heat
    16)Know

    ReplyDelete
  20. 5)The tables
    6)Depending
    8)Days
    13)Proud
    14)Loud
    15)Heat
    16)Know

    ReplyDelete
  21. 3S dari saya :) , yaituuuu Senyum,sapa dan salam ,Assalamu'alaikum wr.wb Mr herii . hehehe . vidio yangdi atassss baggggguuuuuuuuuuuuuss bageettttttttttt pokok nya . sampae sampae berulang-ulang saya mendengarkan nya . heheheh . tapi sayangbagett , saya belum bisa menguasaibahasanya . susah bageettt buat nghaalnya Mr. so lebih baik saya listening song ajaaa yaaa Mr. gak apa-apa kan Mr. och iyaaa Saking asyiiik nya listening song " I PROMISE ", saya jadi lupa mengenalkan jatidiri saya . hehehehe . Yang penting saya adalah siswa Mr. Heri yang rumah nya jauhhh bageett dan saya siswa kelas X11 IPS1 :). yang terpenting Bagett adalah saya scool in MA HASBULLAH KARANGANYAR. pododadi , kempong . hehhee . verry much buat listening song yang diatas yaaaa Mr. Herii.Yang Terkesan dari lagu diatas yaitu kaa " You'll be forever in My heart " / tapi saya belum tau arti dari proud, swear, and guide. dan song tersebut bisa membawa Motifasi . contoh nya seperti saya . dan saya terharusaat listening song i promise tersebut Mr . saya sukaaa bagettt listening song , walaupun suara saya tidak seindah suara Mr. tapi saya sukaaaa bageett listening song .. listening song diatas nada nya tidak kecepatan dan tidak lambat . paas dan enak di dengar . Thank's juga ya Mr. yang selalu membangkitkan semangat siswa MAHAKA , terutama dikelas X11 IPS 1 . do'akan selalu ya Mr. Moga kelas X11 IPS 1 bisa LULUS 100persen dan bisa mendapatkan nilai-nilai yang baik dan bagus,. Do'a MR. selalu dinanti dan dirindukan . :) . Sekian dari sitta nur adila . sekian dan terimkasih Mr ? Good luch .

    ReplyDelete
  22. 3S dari saya :) , yaituuuu Senyum,sapa dan salam ,Assalamu'alaikum wr.wb Mr herii . hehehe . vidio yangdi atassss baggggguuuuuuuuuuuuuss bageettttttttttt pokok nya . sampae sampae berulang-ulang saya mendengarkan nya . heheheh . tapi sayangbagett , saya belum bisa menguasaibahasanya . susah bageettt buat nghaalnya Mr. so lebih baik saya listening song ajaaa yaaa Mr. gak apa-apa kan Mr. och iyaaa Saking asyiiik nya listening song " I PROMISE ", saya jadi lupa mengenalkan jatidiri saya . hehehehe . Yang penting saya adalah siswa Mr. Heri yang rumah nya jauhhh bageett dan saya siswa kelas X11 IPS1 :). yang terpenting Bagett adalah saya scool in MA HASBULLAH KARANGANYAR. pododadi , kempong . hehhee . verry much buat listening song yang diatas yaaaa Mr. Herii.Yang Terkesan dari lagu diatas yaitu kaa " You'll be forever in My heart " / tapi saya belum tau arti dari proud, swear, and guide. dan song tersebut bisa membawa Motifasi . contoh nya seperti saya . dan saya terharusaat listening song i promise tersebut Mr . saya sukaaa bagettt listening song , walaupun suara saya tidak seindah suara Mr. tapi saya sukaaaa bageett listening song .. listening song diatas nada nya tidak kecepatan dan tidak lambat . paas dan enak di dengar . Thank's juga ya Mr. yang selalu membangkitkan semangat siswa MAHAKA , terutama dikelas X11 IPS 1 . do'akan selalu ya Mr. Moga kelas X11 IPS 1 bisa LULUS 100persen dan bisa mendapatkan nilai-nilai yang baik dan bagus,. Do'a MR. selalu dinanti dan dirindukan . :) . Sekian dari sitta nur adila . sekian dan terimkasih Mr ? Good luch .

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum,wr.wb nama saya purwoningsih kelas X.I menurut saya lagu janji itu lagu yang sangat bagus dan mengesankan bagi saya,tapi cepat banget nyanyianya.

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum.wr.wb
    Nama saya Riska faramadina kelas X.2 MA HASBULLAH KARANGANYAR.menurut saya, lagu ''I PROMISE'' sangat bagus dan menarik tapi sayang sekali lagunya terlalu cepat dan butuh konsentrasi untuk mendengarkannya.
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  25. lagunya bagus sih, tapi sayang waktu disuruh melangkapi liriknya saya salah tiga,
    salah nulis nulis and terbalik jawabanya, lagunya bagus kok pak, saya suka- saya suka sekian. wassalam

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum.wr.wb
    Nama saya Sulis Karyawati kls X.1 menurut saya lagu ''I PROMISE'' sangat bagus lagunya santai dan liriknya bagus

    ReplyDelete
  27. 6. depending
    8. days
    13. proud
    14. loud
    15. heat
    16. know

    ReplyDelete
  28. assalamuallaikum wr. wb, nama saya heny setyawati dari MA HASBULLAH KARANGANYAR, kelas X.2 menurut saya lagu yang berjudul '' I PROMISE'' yang di nyayikan oleh harris jung sangat bagus untuk di dengar ,nada yang ga' terlalu cepat dan gak terlalu pelan memudahkan kita mengerti tentang kata-kata ,pokoknya bagues..bingit deh..yang gak dengerin lagunya bakal nyesel dehh...

    ReplyDelete
  29. assalamu'alaikum saya rouful hakimah kelas X.2 , lagunya asyik di dengerin
    tapi waktu di suruh melengkapi lirik saya kurang jelas mendengarkannya
    ya gini deh jadinya di suruh komentar
    udah dulu ahh komennya wassalamu'alaikum...

    ReplyDelete
  30. 6. depending
    8. days
    13. proud
    14. loud
    15. heat
    16. know

    ReplyDelete
  31. APRILIYANI LESTARI . . .X2October 22, 2015 at 11:03 AM

    Assalamualaikum Mr.Heri saya APRILIYANI LESTARI dari X2 MA Hasbullah karanganyar Kab, Pekalongan. . . . .. . . .. . . . .. . . . . . . .saya disuruh untuk berkomentar tentang lagu janji, karena
    saya telah salah dalam mengisi listening lagu tersebut
    padahal si lagunya bagus tetapi pelafalanya kurang jelas
    dan pemutaran musiknya kurang keras sehingga saya kurang bisa mengerti . . .. . . . .. .. .. . .. . tetapi jika bisa memilih lagunya
    jangan yang cepat-cepat ya Mr. oooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooh ya
    jangan keseringan listening juga ya Mr.heri .
    kayak nya cukup gitu ajha deh . .makasih .
    wassalamualaikum Mr. heri

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, april, jangan terlalu banyak huruf kembar, komen yang normal aja, okey..

      Delete
  32. assalamualaikum saya nur lita putri mawadah kelas sepuluh dua pada saat mengerjakan untuk mengisi kata kata yang kurang saya sangat kesusahan karena saya kurang berkonsentrasi untuk mengisinya kata'' yang benar dan menurut saya lagunya kurang jelas jadi saya di suruh untuk mengomen di internet

    ReplyDelete
  33. Assalamualaiku wr.wb
    Nama saya Nur laeli kelas X.2 MA HASBULLAH KARANGANYAR. Saya mengikuti pelajaran bahasa inggris materi listening. Lagu yang berjudul ''I PROISE'' itu pelan tapi nyanyinya kurang jelas.
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  34. assalamualaikum wr.wb
    perkenalkan nama saya muhammad anggih, dari kelas X.1. lagu yang berjudul I PROMISE, yang di nyanyikan oleh harris jung itu sangat bagus, tetapi waktu itu saya sedang tidak konsen, jadi saya mengerjakannya ada yang salah....
    wassalamualaikum wr. wb

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum wr.wb
    salah satu materi bhs.inggris adalah listening lagu I PROMISE yang di populerkan oleh harris jung . lagunya bagus enak di dengar terus slow tapi ada lirik yang enggak jelas jadi salah dengar . walaupun enggak tahu artinya tapi saya suka lagunya . menurut saya penyanyinya juga keren dan ganteng , suaranya bagus jadi pingin dengerin semua lagunya harris jung . saya Arima Agustin kelas X.2
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  36. assalamulaikum...saya umi nasikha kelas sepuluh dua ,saya suka lagu "I PROMISE" milik nya HARRIS JUNG .Lagunya bagus,keren,asik lagi,walaupun nggak tau artinya, tp belajarlah sedikit biar bisa kayak Mr.heri. Saya koment lima baris di krnkan pada saat mengerjakan listening lagu "I PROMISE" salah lima. kedepanya akan belajar lagi biar bisa. sekian dulu aja ya terima kasih wasalammm...

    ReplyDelete
  37. assalamualaikum...nama saya siti khotijah kelas sepuluh dua lagunya bagus deh pak menyentuh hati banget tapi cuman agak terlalu cepat sih tapi emang bagus lagunya HARRIS JUNG .Dan saya sangat senannnnnnnnnnnggggggg bannnnngggggeet kpan lagunya yg lebih bagus lagi yaa mr.heri.sekian dulu ya pak ...wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, hindari terlalu banyak huruf kembar, khotijah

      Delete
  38. asalamualaikum wr wb. Pak Her ini saya Kuwat Subhi murid kelas XI di MA Hasbullah Karanganyar kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. janji memang harus di tepati, karena jika seseorang tidak bisa mengingkari janjinya makaia termasuk orang-orang munafik.

    ReplyDelete
  39. assalamualaikum wr.wb
    saya mughni alata kelas X-2
    Berdasarkan ajaran agama Islam, secara garis besar janji itu ada tiga macam, yaitu janji kepada Allah swt., janji kepada sesama manusia dan janji seseorang kepada diri sendiri.
    Tentang janji yang pertama yaitu janji kepada Allah berupa kesaksian akan adanya Allah Yang Maha Esa, yang diberikan saat ditiupkan roh ke dalam jasad manusia, ketika manusia masih berada dalam kandungan ibunya.
    Sehubungan dengan janji jenis yang pertama ini, Allah swt. berfirman dalam Al-Our'an surat Al-A'raf (7) ayat 172 yang artinya sebagaio berikut :
    "Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu?"Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini".
    Dalam bentuknya yang lain, sebagai orang Islam kita juga sudah berikrar atau berjanji dalam dua kalimat syahadat. Kita wajib menunaikan ikrar atau janji kita kepada Allah, yaitu dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, dengan penuh kesadaran dan keikhlasan yang mendalam.
    Dalam Firman Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an surat An-Nahl (16)ayat 91 tentang perintah menepati janji kepada Allah yang artinya sebagai berikut :
    Artinya: "Dan tepatilah janji dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu melanggar sumpah setelah diikrarkan, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat".

    ReplyDelete
  40. siti ktijah X11 ak oneOctober 23, 2015 at 1:56 PM

    lagu diatas bagus bikin nangis kalo ngeliat sayangnya layanan di internet kurang memuaskan ga ada alat yang buat dengerin lagu jadi bisanya cuma liat gambarnya aja dech,tp gambarnya ja udah bagus ko,nyesel banget nggak berangkat hari minggu,jadi gak bisa ngeliat lagunya dech,tp ini menjadi pelajaran untuk aku.aku jadi ngerti sedikit tentang internet,suka banget sama lagu'nya haris jung.lagunya itu menyentuh hati dan perasaan aku,,kalo ngliat video haris jung yang i promise inget ma janji janji yang dulu,dan juga inget kata guruku dulu, kalo janji adalah hutang,kalo nggak ditepati dosa..janji itu emang gampang diucapkan tapi nepatinya yang susah,jadi kalo mau buat janji harus ditepati ,,udah lagunya bagus penyanyinya juga ganteng jadi pingin ketemu,sayang dia jauh disana,,,,disana mana ya hahaha,kalo aku disuruh milih harris jung sama al ghazali,,,percaya dech aku bakal milih dua-duanya hehehe,,,,saya mohon maaf pak karna hari minggu gak ikut pelajaran,saya bingung mau komentar apa lagi......intiya saya minta maaf karna nggak ikut pelajaran,,,,,tolong maafkan saya insyallah saya nggak akan mengulangi kesalahan saya lagi untuk yg ke dua kalinya.
    saya juga belum paham dan belum menulis lirik lagunya pak..
    kapan -kapan saya minta lagunya pak buat musikan dirumah'...
    dan buat belajar..biar hafal lagunya dan fasih bahasa inggris.....
    sekian pak kesel ngetikeeeee........

    ReplyDelete
  41. ainaya al fatikhah kls XIOctober 24, 2015 at 8:44 AM

    lagu i promise asik dan enak di dengar pak.. ,
    tapi sayang saya mengerjakan listening lagu yang berjudul I Promise salah enam dan di suruh komentar di internet enam baris
    lagunya berisi tentang janji.. ,jadi janji itu harus ditepati .
    karena janji itu adalah hutang.
    .kalau tidak mau hutang berarti janjinya harus di tepati

    ReplyDelete
  42. krisniyati risqiyah XIOctober 24, 2015 at 8:50 AM

    sudah berjanji lalu menepatinya adalah bukti bahwa kamu adalah orang yang bisa di percaya . betul gak pak ?

    ReplyDelete
  43. janji adalah hutang, hutang adalah janji maka lunasilah hutang mu dan tepatilah janji mu jika ingin kau masih di percaya .

    ReplyDelete
  44. m. nurul mustaqim xIOctober 24, 2015 at 8:56 AM

    janji adalah sesuatu yang harus di tepati oleh seseorang atau orang yang mengungkapkannya karena janji berkaitan dengan kepercayaan dari orang laen jadi jika berjanji maka tepatilah, karena janji adalah hutang .

    ReplyDelete
  45. Assalamu'alaikum wr.wb
    Nama saya Ni'matu Rofiqoh kelas X.1 ,lagu ''I PROMISE'' sangat bagus dan keren. Tetapi gara-gara saya kurang teliti dan tidak konsentrasi ,jawaban saya terbalik.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya Arif maulana kelas X.1 MA Hasbullah Kec.Karanganyar,Kabupaten Pekalongan.Menurut saya; ,lagu '' I PROMISE'' yang dinyanyikan oleh vokalis muda yang bernama ''Haris Jung'' ini sangat bagus dan keren , dan saya pun menikmatinya .walaupun saya kurang tahu artinya tetapi liriknya bagus dan membuat saya menyukainya. Lagu ini mengajarkan seseorang agar menepati janjinya, karena janji adalah hutang. Saya jadi menyesal tidak mengikuti pelajaran Bahasa Inggris waktu itu, akhirnya saya disuruh komentar di internet 20 baris. Dari kejadian ini, saya bisa mengerti bahwa janji harus di tepati. Setelah saya mendengarkan lagu ''I PROMISE'', saya jadi mengerti maksud dari lagu tersebut. Selain itu, kita juga bisa belajar Bahasa Inggris lewat lagu tersebut. Lagu ''I PROMISE'' ini sangat menarik karena lirik lagu tersebut bisa membuat hati seseorang yang mendengarnya menjadi tenang dan tentram. Kalau boleh saya ingin mempunyai lagu serta video klip ''I PROMISE''.
    Dengan begitu, saya bisa mempelajarinya dan mendengarkan sendiri di rumah. Kapan-kapan lagunya diputar lagi ya pak.....................................................................................................................
    Agar saya bisa mendengarnya secara langsung. ...............
    Semoga lagu lain yang dinyanyikan Haris Jung, bisa diputar di sekolahan saat pelajaran Bahasa Inggris.................................................................
    Saya tunggu lagu Haris Jung yang lain ya pak.......................................
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum wr.wb
    Perkenalkan pak nama saya nur azizah kelas X.2 Ma Hasbullah karanganyar lagu yang berjudul '' I PROMISE'' ini sangat bagus pak kapan-kapan d puter lagi ya pak.
    Wassalamualaikum Wr.wb

    ReplyDelete
  48. assalamualaikum wr.wb
    nama saya kukuh atmaji kelas X.2 Ma Hasbullah karanganyar lagu yang berjudul "I PROMISE" sangatlah enak didengarkan walau lagunya agak sulit siih...tpi saya suka
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  49. assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatu perkenalkan nam saya teguh arisman kelasX.2 saya dari MA HASBULLAH KARANGANYAR PEKALONGAN, saya berasal dari desa brengkolang kajen pekalongan saya anak 5 dari 5 bersaudara saya suka olahraga, menurut saya lagu I PROMISE yang di nyanyikan oleh HARIS JUNG cukup bagus tapi kata katanya sedikit untuk saya dengarkan karena memakai bahasa inggris

    ReplyDelete
  50. 6.DEPENDING
    8.DAYS
    13.PROUD
    14.LOUD
    15.HEAT
    16.KNOW

    ReplyDelete
  51. 6.DEPENDING
    8.DAYS
    13.PROUD
    14.LOUD
    15.HEAT
    16.KNOW

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya Abi Nugraha kelas XI.1 MA Hasbullah Kec.Karanganyar,Kabupaten Pekalongan.Menurut saya; ,lagu '' I PROMISE'' yang dinyanyikan oleh vokalis muda yang bernama ''Haris Jung'' ini sangat bagus dan keren , dan saya pun menikmatinya .walaupun saya kurang tahu artinya tetapi liriknya bagus dan membuat saya menyukainya. Lagu ini mengajarkan seseorang agar menepati janjinya, karena janji adalah hutang. Saya jadi menyesal tidak mengikuti pelajaran Bahasa Inggris waktu itu, akhirnya saya disuruh komentar di internet 20 baris. Dari kejadian ini, saya bisa mengerti bahwa janji harus di tepati. Setelah saya mendengarkan lagu ''I PROMISE'', saya jadi mengerti maksud dari lagu tersebut. Selain itu, kita juga bisa belajar Bahasa Inggris lewat lagu tersebut. Lagu ''I PROMISE'' ini sangat menarik karena lirik lagu tersebut bisa membuat hati seseorang yang mendengarnya menjadi tenang dan tentram. Kalau boleh saya ingin mempunyai lagu serta video klip ''I PROMISE''.
    Dengan begitu, saya bisa mempelajarinya dan mendengarkan sendiri di rumah. Kapan-kapan lagunya diputar lagi ya pak
    Agar saya bisa mendengarnya secara langsung.
    Semoga lagu lain yang dinyanyikan Haris Jung, bisa diputar di sekolahan saat pelajaran Bahasa Inggris
    Saya tunggu lagu Haris Jung ya pak
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, abi, tolong komentar bedakan dengan milik arif maulana

      Delete
  53. Assalamualaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya Agus priyonokelas XIl MA Hasbullah Kec.Karanganyar,Kabupaten Pekalongan.Menurut saya; ,lagu '' I PROMISE'' yang dinyanyikan oleh vokalis muda yang bernama ''Haris Jung'' ini sangat bagus dan keren , dan saya pun menikmatinya .walaupun saya kurang tahu artinya tetapi liriknya bagus dan membuat saya menyukainya. Lagu ini mengajarkan seseorang agar menepati janjinya, karena janji adalah hutang. Saya jadi menyesal tidak mengikuti pelajaran Bahasa Inggris waktu itu, akhirnya saya disuruh komentar di internet 20 baris. Dari kejadian ini, saya bisa mengerti bahwa janji harus di tepati. Setelah saya mendengarkan lagu ''I PROMISE'', saya jadi mengerti maksud dari lagu tersebut. Selain itu, kita juga bisa belajar Bahasa Inggris lewat lagu tersebut. Lagu ''I PROMISE'' ini sangat menarik karena lirik lagu tersebut bisa membuat hati seseorang yang mendengarnya menjadi tenang dan tentram. Kalau boleh saya ingin mempunyai lDiputar lagita video klip ''I PROMISE''.
    Dengan begitu, saya bisa mempelajarinya dan mendengarkan sendiri di rumah. Kapan-kapan lagi ya pak
    Agar saya bisa mendengarnya secara langsung. .
    Semoga lagu lain yang dinyanyikan Haris Jung, bisa diputar di sekolahan saat pelajaran Bahasa Inggris
    Diputar
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, agus priyono, isi komen jangan sama (copy paste) punya arif maulana

      Delete
  54. lagu diatas bagus bikin nangis kalo ngeliat sayangnya layanan di internet kurang memuaskan ga ada alat yang buat dengerin lagu jadi bisanya cuma liat gambarnya aja dech,tp gambarnya ja udah bagus ko,nyesel banget nggak berangkat hari minggu,jadi gak bisa ngeliat lagunya dech,tp ini menjadi pelajaran untuk aku.aku jadi ngerti sedikit tentang internet,suka banget sama lagu'nya haris jung.lagunya itu menyentuh hati dan perasaan aku,,kalo ngliat video haris jung yang i promise inget ma janji janji yang dulu,dan juga inget kata guruku dulu, kalo janji adalah hutang,kalo nggak ditepati dosa..janji itu emang gampang diucapkan tapi nepatinya yang susah,jadi kalo mau buat janji harus ditepati ,,udah lagunya bagus penyanyinya juga ganteng jadi pingin ketemu,sayang dia jauh disana,,,,disana mana ya hahaha,kalo aku disuruh milih harris jung sama al ghazali,,,percaya dech aku bakal milih dua-duanya hehehe,,,,saya mohon maaf pak karna hari minggu gak ikut pelajaran,saya bingung mau komentar apa lagi......intiya saya minta maaf karna nggak ikut pelajaran,,,,,tolong maafkan saya insyallah saya nggak akan mengulangi kesalahan saya lagi untuk yg ke dua kalinya.
    saya juga belum paham dan belum menulis lirik lagunya pak..
    kapan -kapan saya minta lagunya pak buat musikan dirumah'...
    dan buat belajar..biar hafal lagunya dan fasih bahasa inggris.....

    sekian pak kesel ngetikeeeee........

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, andu, komen jangan kembar dengan punya khotijah

      Delete
  55. Janji memang ringan diucapkan namun berat untuk ditunaikan. Betapa banyak orangtua yang mudah mengobral janji kepada anaknya tapi tak pernah menunaikannya. Betapa banyak orang yang dengan entengnya berjanji untuk bertemu namun tak pernah menepatinya. Dan betapa banyak pula orang yang berhutang namun menyelisihi janjinya. Bahkan meminta udzur pun tidak. Padahal, Rasulullah telah banyak memberikan teladan dalam hal ini termasuk larangan keras menciderai janji dengan orang-orang kafir.
    Manusia dalam hidup ini pasti ada keterikatan dan pergaulan dengan orang lain. Maka setiap kali seorang itu mulia dalam hubungannya dengan manusia dan terpercaya dalam pergaulannya bersama mereka, maka akan menjadi tinggi kedudukannya dan akan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Sementara seseorang tidak akan bisa meraih predikat orang yang baik dan mulia pergaulannya, kecuali jika ia menghiasi dirinya dengan akhlak-akhlak yang terpuji. Dan di antara akhlak terpuji yang terdepan adalah menepati janji.
    Sungguh Al-Qur`an telah memerhatikan permasalahan janji ini dan memberi dorongan serta memerintahkan untuk menepatinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

    وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلاَ تَنْقُضُوا اْلأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيْدِهَا …
    “Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya….” (An-Nahl: 91)
    Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

    وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلاً
    “Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya.” (Al-Isra’: 34)
    Demikianlah perintah Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman untuk senantiasa menjaga, memelihara, dan melaksanakan janjinya. Hal ini mencakup janji seorang hamba kepada Allah SWT, janji hamba dengan hamba, dan janji atas dirinya sendiri seperti nadzar. Masuk pula dalam hal ini apa yang telah dijadikan sebagai persyaratan dalam akad pernikahan, akad jual beli, perdamaian, gencatan senjata, dan semisalnya

    ReplyDelete
  56. Janji ialah ucapan seseorang kepada orang lain yang menyangkut kepentingan keduanya. Menepati Janji termasuk Sifat yang Terpuji. Orang yang Suka Menepati Janji berarti dia Mempunyai Akhlak yang Terpuji. Janji itu Mudah Diucapkan, namun Sulit untuk Dilakukan. Barang siapa yang berjanji harus Ditepati. Sebagai seorang Muslim, sebaiknya apabila kita Berjanji, jangan lupa sambil berucap InsyaAllah, artinya Jika Allah Menghendaki, karena kita tidak tau apa yang akan terjadi setelah kita berjanji. Manusia Hanya Sanggup Merencanakan, namun Allahlah yang Menentukan semuanya.
    Seandainya Janji tidak dapat Ditepati karena “Sesuatu” yang Tidak Disengaja, asal Mengucap Insya Allah, maka Allah SWT akan Mengampuninya. Sekalipun demikian, kita harus “Meminta Maaf” dan Memberi Penjelasan Sekiranya “Ada Halangan”.
    Firman Allah SWT yang Memiliki Arti:
    “… dan Penuhilah Janji, sesungguhnya Janji itu pasti diminta Pertanggungjawabannya.” (QS. Al-Israak ayat 34)
    Dalam Surah Lain, juga dijelaskan dengan Bunyi Arti:
    “Hai Orang-orang yang Beriman, Penuhilah akad-akad atau Janji-janji itu…” (QS. Al-Maidah ayat 10)
    Pengertian kedua ayat tersebut Menegaskan bahwa, Sebagai Umat ISLAM, kita harus Selalu Menepati Janji. Sebaiknya, sebelum Berjanji kita pikirkan terlebih dahulu, apakah kita sanggup untuk menepatinya atau tidak, karena Janji itu adalah Hutang. Kita juga Dilarang Berkhianat dan Mengadakan Perjanjian yang Tidak Pernah Ditepati. Orang yang Sengaja Tidak Menepati Janji, maka orang tersebut Termasuk kedalam Golongan Orang-orang yang Munafik, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang Artinya:
    “Ciri-ciri orang Munafik ada tiga, apabila Berkata dia Berdusta, apabila Berjanji dia Mengingkari, apabila Dipercaya dia Berkhianat”. (HR. Bukhari dan Muslim)
    Hadist diatas Menegaskan bahwa Agama ISLAM mengajarkan Kepada Umatnya agar selalu Menepati Janji dan Wajib Melaksanakan Janji tersebut dengan Sebaik-sebaiknya. Semua Orang Islam yang Imannya Kukuh Pasti Tidak Mengingkari Janji. Mudah*n dg saya coment ini tugas clear...hehe

    ReplyDelete
  57. Dalam pergaulan kita sehari-hari, ada satu jenis bumbu pergaulan yang disebut dengan ‘‘janji”. Janji sering digunakan oleh orang yang mengadakan transaksi perdagangan, oleh politikus yang tengah berkampanye, oleh orang yang memiliki hutang tetapi sampai waktunya dia belum bisa memenuhinya, bahkan janji dilakukan pula oleh ibu-ibu kepada anak-anaknya di saat mau pergi ke pasar tanpa mengajak mereka dengan maksud agar si anak rela untuk tidak ikut ke pasar. Mereka begitu menganggap enteng untuk mengucapkan janji.
    Ujung-ujungnya, ada di antara mereka yang konsisten dengan janjinya, sehingga dia berupaya untuk memenuhi janjinya itu. Namun ada dan banyak pula di antara mereka yang ingkar janji, sehingga membuat kecewa berat bagi orang yang mendapat janji tadi.
    Padahal Rasulullah Saw dengan tegas mengatakan bahwa janji itu adalah hutang dan Allah SWT sendiri telah mengingatkan melalui Al Quran surat Al Isra’ 34 bahwa janji itu harus ditepati, karena janji itu akan dimintai pertanggungjawabannya.
    Di dalam makalah ini, sedikit kami jelaskan tentang tuntutan menepati janji. Kami berharap dengan adanya makalah ini, semoga dapat membantu menghadapi berbagai persoalan yang berkaitan dengan masalah ini.

    ReplyDelete