Sunday, August 29, 2021

MODUL 1 English For Public Information (Modul 1 KB 1, Notice)

 

BAHASA INGGRIS UNTUK INFORMASI PUBLIK


A. Pendahuluan

Selamat datang di Modul 1. Modul ini berjudul Bahasa Inggris untuk Informasi Publik. Sesuai dengan namanya, modul ini disusun agar Anda sebagai pembelajar bahasa Inggris dan sebagai guru bahasa Inggris mengetahui dan memahami tentang cara belajar dan mengajar bahasa Inggris untuk Informasi publik.

Modul ini juga akan mengeksplorasi tentang pemahaman dan kemampuan teks fungsional pendek. Anda akan diperkenalkan dengan konsep pemberitahuan publik, posting dan spanduk, teks penyelenggara grafis, dan teks infografis. Anda akan diminta untuk mengamati macam-macam contoh pengumuman publik, postingan dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis di Indonesia. Anda harus membuat produk pemberitahuan publik, posting dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis.

Apa yang akan Anda pelajari dari buku ini?

1. pengetahuan untuk melakukan fungsi sosial dalam struktur teks fungsional pendek dan unsur leksiko-gramatika berterima kontekstual
2. fungsi sosial, struktur teks, dan unsur leksiko-gramatikal dari sejumlah teks fungsional pendek dengan memperhatikan konteks situasi
3. perbedaan dan persamaan sejumlah teks fungsional pendek dari konteks situasi yang bervariasi, ditinjau dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur leksikogramnya
4. cara memproduksi teks fungsional pendek dengan fungsi sosial yang berterima kontekstual, dengan teks berterima kontekstual struktur dan fitur leksikogramatikal.

B. Tujuan

Modul Bahasa Inggris untuk Informasi Publik ini bertujuan untuk membantu Anda

1. memiliki pengetahuan yang lebih baik khususnya dalam beberapa jenis teks fungsional pendek.
2. memahami empat jenis teks fungsional pendek yang fungsi sosialnya adalah untuk menginformasikan, memperingatkan, mengingatkan pembaca – teks pemberitahuan publik, poster dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis.
3. membiasakan Anda dengan semua keterampilan bahasa dalam bahasa Inggris, yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing.
4. memiliki pemikiran tingkat tinggi dengan berkreasi membuat contoh pengumuman publik, poster dan spanduk, organisator grafis, dan infografis.

C. Kegiatan

Modul ini memiliki empat kegiatan pembelajaran yang terakreditasi untuk satu SKS setara dengan delapan jam pelajaran dan didistribusikan di:

1. Kegiatan Pembelajaran 1: Menjelajahi Maklumat Umum
2. Kegiatan Belajar 2: Menjelajahi Poster dan Spanduk
3. Kegiatan Belajar 3: Menjelajahi Penyelenggara Grafik
4. Kegiatan Belajar 4: Menjelajahi Infografis

Setelah mempelajari modul ini diharapkan anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis teks fungsional pendek termasuk pemberitahuan publik, poster dan spanduk, penyelenggara grafis, dan infografis. Pengetahuan dan pemahaman Anda tentang teks fungsional pendek akan sangat membantu Anda untuk membuat teks Anda sendiri dan untuk mengajar siswa Anda secara bermakna. Saat Anda menguasai materi tentang teks fungsional pendek, ini memungkinkan Anda untuk memahami makna di balik teks dan membuat sampel Anda sendiri.
Ada tiga kegiatan khusus untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran modul ini yaitu pra kegiatan, kegiatan utama, dan pasca kegiatan.


A. Pra kegiatan: membangun latar belakang pengetahuan tentang teks fungsional pendek. Membangun pengetahuan latar belakang. Karena latar belakang pengetahuan sangat mempengaruhi pemahaman, penting untuk memiliki konsep khusus teks fungsional pendek. Anda dapat memberikan sendiri informasi faktual seperti informasi dari ensiklopedia atau daftar kata kunci dari cerita dan memeriksa sendiri apa yang Anda ketahui tentang informasi tersebut.


B. Kegiatan Utama: Banyak kegiatan yang mendorong pemahaman dan kesenangan saat Anda memahami materi tentang teks fungsional pendek.
• Post-it Note: Anda dapat menulis catatan sambil belajar
• Mengidentifikasi berbagai jenis teks fungsional pendek.
• Menentukan isi ikhtisar teks fungsional pendek.
• Menemukan informasi faktual dari berbagai teks fungsional pendek.
• Temukan informasi implisit dari berbagai teks fungsional pendek.
• Menentukan arti kata berdasarkan konteks.

C. Pasca Kegiatan: Bertanya, Berdiskusi, Berkreasi, dan Mempresentasikan.
1. Menanya: Kegiatan menanya mendorong Anda untuk memikirkan dan menanggapi informasi dan gagasan tentang teks fungsional pendek.
2. Diskusi: Diskusi adalah bertukar pikiran dengan suara keras. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi ide secara bebas, mempelajari sesuatu yang baru atau memperoleh perspektif yang berbeda dengan mengumpulkan informasi atau wawasan yang dapat diberikan oleh lebih dari satu orang.
3. Membuat: Membuat teks sendiri (pemberitahuan, peringatan, dan larangan) adalah aktivitas menyenangkan lainnya.
4. Menyajikan teks Anda: Menyajikan teks Anda sendiri adalah kegiatan lain yang menyenangkan.

A.    PENDAHULUAN
1. Deskripsi Singkat

Bagian ini menyampaikan Kegiatan Pembelajaran 1 Modul 1 “Bahasa Inggris untuk Informasi Publik”. Pernahkah Anda melihat contoh pemberitahuan publik? Dapatkah Anda memahami makna atau informasi yang terkandung dalam teks? Untuk menjawabnya, Anda bisa membaca uraian singkat di bawah ini.
Orang biasanya menggunakan pemberitahuan untuk memberikan informasi, instruksi atau peringatan. Oleh karena itu dalam pemberitahuan tersebut, orang menggunakan kata sederhana dengan font sederhana yang ditulis pada plakat atau papan pengumuman. Notice/Hati-hati adalah suatu bentuk teks Fungsional yang digunakan sebagai petunjuk atau petunjuk kepada seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Pemberitahuan/hati-hati dapat berupa frase (gabungan kata), klausa (Kalimat), atau gambar/tanda/tanda.
Pemberitahuan harus mudah dipahami dan mudah dibaca, sehingga biasanya pemberitahuan atau pemberitahuan selalu menggunakan kata-kata yang sederhana, ditulis dengan huruf yang sederhana, dan besar. Dan biasanya diletakkan di tempat-tempat umum. Pemberitahuan juga bisa menjadi tanda.

2. Relevansi

Dapatkah Anda dengan mudah menemukan contoh pemberitahuan di lingkungan Anda? Bagaimana Anda melihat itu? Bisakah Anda mengambil informasi dari pemberitahuan yang Anda temukan? Apakah Anda pernah mencoba membuat salah satunya? Jika Anda belum pernah membuat pemberitahuan, maka kursus ini akan banyak membantu Anda untuk memperdalam pemahaman Anda tentang pemberitahuan serta menggali kreativitas Anda dalam membuat rangkaian pemberitahuan. Jadi, mari kita mulai dan periksa!

3. Panduan Pembelajaran
Ada tiga kegiatan khusus untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran modul ini yaitu pra kegiatan, kegiatan utama, dan pasca kegiatan.
A. Pra-kegiatan: membangun latar belakang pengetahuan tentang pemberitahuan
Membangun latar belakang pengetahuan. Karena latar belakang pengetahuan sangat mempengaruhi pemahaman, penting untuk memiliki konsep khusus teks fungsional pendek. Anda dapat memberikan sendiri informasi faktual seperti informasi dari ensiklopedia atau daftar kata kunci dari cerita dan memeriksa sendiri apa yang Anda ketahui tentang informasi tersebut.

B. Kegiatan Utama: Banyak kegiatan yang mendorong pemahaman dan kesenangan saat Anda memahami materi tentang pemberitahuan.

• Post-it Note: Anda dapat menulis catatan sambil belajar
• Mengidentifikasi rangkaian contoh pemberitahuan

  Menentukan pesan yang terkandung dalam pemberitahuan
• Menemukan informasi faktual dari berbagai pemberitahuan


c. Pasca Kegiatan: Bertanya, Berdiskusi, Berkreasi, dan Mempresentasikan.
• Menanyakan: Kegiatan bertanya mendorong Anda untuk memikirkan dan menanggapi informasi dan gagasan tentang pemberitahuan.
• Diskusi: Diskusi adalah bertukar pikiran dengan suara keras. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi ide secara bebas, mempelajari sesuatu yang baru atau memperoleh perspektif yang berbeda dengan mengumpulkan informasi atau wawasan yang dapat diberikan oleh lebih dari satu orang.
• Membuat: Membuat pemberitahuan Anda sendiri.
• Menyajikan pemberitahuan yang Anda buat.

B. BAGIAN UTAMA
1. Hasil Belajar
Pada Kegiatan Pembelajaran 1 Anda akan mempelajari kompetensi berikut:
a. Sikap
Menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai agama, nilai moral, nilai etika, nilai pribadi dan nilai sosial (kejujuran, disiplin, akuntabilitas, kemandirian), peduli dan menghargai perbedaan dan keragaman, toleransi, perdamaian, kerjasama, dan nasionalisme.
B. Pengetahuan
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur leksiko-gramatikal pemberitahuan dalam kaitannya dengan konteks situasi.
C. Keterampilan
Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:
• memahami rangkaian pemberitahuan secara bermakna.
• membandingkan fungsi sosial pemberitahuan mengenai konteks situasi, target pembaca, poin kepentingan atau kepentingan.

• membandingkan perbedaan antara jenis pemberitahuan.
• memahami fitur bahasa pemberitahuan.
• membuat pemberitahuan.


2. Materi Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran
a. Pengertian Notice
Tahukah kamu apa itu notice? Bisakah Anda menjelaskan definisi pemberitahuan? Bagaimana mereka dibangun? Bagaimana pemberitahuan dirancang untuk? Jika Anda tidak punya ide untuk menjawab pertanyaan di atas, silakan lihat gambar di bawah ini. Video akan memberikan gambaran tentang apa itu pemberitahuan, sehingga Anda dapat memahami definisi, struktur, serta fungsi pemberitahuan.

b. Fungsi Sosial Teks Pemberitahuan Publik Pemberitahuan

Adalah sarana komunikasi formal. Tujuan pemberitahuan adalah untuk mengumumkan atau menampilkan informasi kepada sekelompok orang tertentu. Dalam komunikasi sosial, ada banyak fungsi atau tujuan dari teks Notice, yaitu digunakan:
 Untuk memberikan instruksi / untuk menginstruksikan orang untuk….
 Untuk memberi informasi / menginformasikan orang kepada….
 Memberi arahan
 Meminta orang untuk….
 Untuk menasihati / menyarankan / merekomendasikan orang untuk….
 Untuk mengingatkan orang untuk ….
 Untuk memperingatkan / memberi peringatan
 Untuk melarang / melarang / melarang orang untuk…


Tujuan teks pemberitahuan didasarkan pada pesan yang tertulis dalam pemberitahuan tersebut. Karena fungsi-fungsi di atas, maka dalam pemberitahuan, orang menggunakan kata sederhana dengan font sederhana yang ditulis di plakat atau papan pengumuman.

C. Ciri
Ciri Teks Pemberitahuan Berikut ini ciri-ciri teks pemberitahuan:

 Teks pendek (kata, frasa, atau klausa sederhana)
 Mudah dipahami
 Ditulis dengan huruf kapital
 Kebanyakan menggunakan gambar/gambar 

B.    Struktur Umum Pemberitahuan Publik
Sebagaimana dikemukakan oleh Nurdiono (2016), ada tiga bagian dari struktur umum pemberitahuan publik: pengumpulan perhatian, informasi, dan penutupan. Deskripsi masing-masing bagian digambarkan di bawah ini.

Pengumpulan perhatian (opsional)
Pengumpulan perhatian berarti menggunakan ekspresi atau frasa yang dapat menarik perhatian pembaca atau orang seperti Pemberitahuan, Peringatan, atau Perhatian. Lihat kata awal dari beberapa contoh di bawah ini.


Informasi
Informasi disini dapat diartikan sebagai pesan atau informasi dari teks yang ingin disampaikan kepada orang-orang.
Lihatlah contoh di bawah ini.



Penutupan (opsional)

Dapatkah Anda melihat bagian penutupan dalam pemberitahuan di bawah ini?



Jika Anda tidak dapat melihat bagian penutupan dari pemberitahuan di atas, Anda harus membaca deskripsi singkat tentang apa itu penutupan. Penutupan adalah tindakan penutupan: kondisi ditutup. Penutupan dalam teks pemberitahuan dapat didefinisikan sebagai pernyataan penutup dari pemberitahuan. Sebagai karakteristik opsional, penutupan dapat dihilangkan atau dapat ditulis di bagian akhir teks. Fungsi penutupan adalah untuk menutup pernyataan pemberitahuan.
Setelah Anda membaca deskripsi penutupan, sekarang dapatkah Anda menemukan pemberitahuan penutupan di atas?

e. Fitur Bahasa Pemberitahuan Publik
Menggunakan Imperative mood (kalimat imperatif)
Imperative mood adalah bentuk kata kerja yang membuat perintah atau permintaan. Misalnya: b. John mengosongkan tempat sampah. (Kata kerja ini tidak dalam mood imperatif. Ini dalam mood indikatif.)
a. Kosongkan tempat sampah, John.
(Ini adalah kata kerja dalam suasana imperatif.)

Kata kerja utama (yaitu, kata kerja terbatas) dalam kalimat imperatif akan berada dalam mood imperatif. Dengan kata lain, itu akan menjadi perintah atau permintaan yang sopan.
Berikut adalah beberapa contoh verba dalam mood imperatif (berbayang):
a. Lari!
b. Keluar!
c. Hentikan pendarahan.
d. Saya akan melintasi lapangan. Berteriak ketika Anda melihat banteng.
(Saya akan pergi adalah mood indikatif (yaitu, hanya sebuah pernyataan). Namun, teriakan adalah dalam mood imperatif.)

 Menggunakan referensi Deklaratif

Tanda baca terakhir biasanya berupa titik/titik (.).
Kalimat deklaratif bisa dalam bentuk positif atau negatif, dan dalam bentuk apapun serta pemberitahuan.


Fitur Bahasa Lisan
Tulisan Dalam teks pemberitahuan tertulis, kita dapat menggunakan gaya bahasa lisan atau tulisan. Perbedaan antara kedua fitur tersebut disajikan dalam grafik berikut.



Bagan di atas menjelaskan tentang perbedaan antara fitur bahasa lisan dan tulisan dalam pemberitahuan tertulis.
1. Penggunaan kata ganti orang
Dalam bahasa lisan, kata ganti orang sering digunakan, namun untuk bahasa tulisan jarang digunakan.
2. Struktur
kalimat Struktur kalimat bahasa lisan lebih pendek dan lebih mudah diikuti daripada struktur kalimat bahasa tulis.
aku aku aku.

3. Cara menekankan gagasan
Dalam gaya bahasa lisan, untuk menekankan gagasan kata, pengulangan, dan frasa lebih banyak terjadi daripada gaya tulis yang gagasannya disampaikan melalui bahasa yang tepat dan bervariasi.
4. Nada
percakapan diterapkan dalam bahasa lisan, sedangkan dalam bahasa tulis berlaku nada formal.
5. Kosakata
Kata-kata yang familier sebagian besar digunakan dalam gaya lisan untuk memastikan pemahaman pembaca, sedangkan dalam gaya tulisan, kosakata yang kaya dan tepat diterapkan.
6. Referensi ke informasi yang disebutkan sebelumnya 

Referensi yang lebih sedikit ke informasi yang disebutkan sebelumnya adalah sebagai fitur gaya bahasa lisan seperti "seperti yang disebutkan di atas". Namun, dalam gaya tertulis, informasi yang disebutkan sebelumnya mungkin diperlukan seperti "seperti pada yang pertama".

F. Macam-Macam Pemberitahuan dan Contohnya

Di bawah ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis pemberitahuan dan contohnya.
Perintah
Kalimat perintah digunakan ketika Anda menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.
Perintah biasanya dimulai dengan kata kerja imperatif, juga dikenal sebagai 'kata kerja bossy', karena perintah tersebut menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.

Lihat contoh 1, kata "keep" adalah kata kerja imperatif, dan itu memberitahu seseorang atau orang untuk melakukan sesuatu.
Contoh:

Jaga Pintu Tetap Tertutup

• Pelan-pelan
• Jaga Kebersihan Ruangan

Perhatian
Perhatian adalah peringatan formal yang diberikan kepada orang yang telah mengakui pelanggaran. Biasanya digunakan untuk mengingatkan orang atau pembaca agar lebih berhati-hati.
Contoh:

HATI-HATI lantai basah
HATI-HATI Permukaan Panas

Informasi :
Informasi artinya memberi informasi. Pemberitahuan informasi memberikan atau memberikan informasi atau materi yang terkandung dalam teks pemberitahuan kepada pembaca/masyarakat.
Contoh:
• Untuk Staf Saja
• Area Istirahat
• Rute Sepeda


Larangan

Larangan adalah tindakan melarang atau menghambat atau melarang (atau contohnya) untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, orang atau pembaca tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang tertulis dalam pemberitahuan tersebut.

Contoh:
• Pejalan Kaki Dilarang lewat

• Dilarang
Merokok
• Dilarang Parkir
• Dilarang membuang sampah sembarangan

Peringatan
Peringatan biasanya mengacu pada pesan yang menginformasikan bahaya. Itu bisa dalam bentuk tertulis dan lisan. Biasanya dimaksudkan untuk menyadarkan pembaca atau masyarakat tentang kondisi bahaya di sekitar mereka.
Contoh:
• Peringatan Tegangan Tinggi
• Peringatan Jauhkan dari Jangkauan Anak-anak
• Waspadai Pencopet




Link unduh materi Modul 1 bentuk word klik [unduh modul doc] [pdf]

Monday, May 31, 2021

Enjoy your life, Always Learn & Study Everyday (Yuk Selalu Belajar)

Jika seseorang melakukan suatu aktivitas secara berulang-ulang maka ia bisa dipastikan akan menguasai aktivitas yang digelutinya. Istilah learning by doing, belajar sambil melakukan masih berlaku untuk hampir semua disiplin ilmu. 

Seperti seorang anak yang main game online, mobile legend misalnya, ia ketika kali pertama main dengan hero baru mungkin akan mengalami kesulitan dalam kontrol dan penguasaan skill bermainnya. Seiring dengan waktu karena ia sering memainkan game tersebut secara otomatis ia beradaptasi dan menjadi lihai dan terampil dalam permainan online tersebut. Hal demikian juga berlaku dalam belajar, contoh saja belajar bahasa inggris, awalnya mungkin akan kesulitan karena bahasa inggris adalah bahasa asing bukan bahasa asli sehari-hari, namun jika gigih dan disiplin mempelajarinya sambil learning by doing (mempraktekkan dan menerapkan dalam keseharian) maka dijamin akan mahir berbahasa inggris secara lisan maupun tulisan (atau teori). Jadi intinya lakukan aktivitas belajar secara berulang-ulang, rutin dan terjadwal maka insyaallah kita menjadi pandai, cerdas dan tentunya berilmu dalam bidang yang kita tekuni. Istiqomah adalah kunci dari keberhasilan, khususnya sukses belajar (dalam hal ini status pelajar berkewajiban dan butuh untuk mencapainya). Selamat mencoba ya kawan, berikut link latihan soal bahasa inggris:

1. latihan soal kelas 10 [unduh pdf]

2. latihan soal kelas 11 [unduh pdf]




Saturday, March 20, 2021

Yuk Semangat Belajar, Hadapi Ulangan Dengan Penuh Optimisme

 

Semangat adalah energi terbesar seseorang dalam menggapai tujuan, dari energi besar inilah seseorang tersebut mampu menggali potensi yang ada dalam dirinya untuk difokuskan meningkatkan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian, ia memiliki bekal yang memadai dalam mengerjakan aktivitas dan misi besarnya dalam hidup.

Sebagai pelajar, tugas yang paling pokok adalah belajar, aktivitas ini seyogyanya bisa selalu dilakukan dalam kesehariannya baik ia sedang sibuk  maupun santai. Belajar perlu dibiasakan karena hal-hal yang baik biasanya terasa berat di awal/permulaan, namun akan terasa ringan jika sudah di rutinkan.

Disiplin dalam belajar tentunya akan semakin mendekatkan kita pada kesuksesan, keberhasilan itu sendiri harus diupayakan bukan sesuatu yang jatuh dari langit (taken for granted). Belajar menjadi cerminan bagi pelajar sejati yang memang mencintai masa depannya. Contoh aktivitas sederhana belajar antara lain latihan soal, membaca teori, berdiskusi dan tentu saja salah satunya memahami materi yang sudah pernah diajarkan oleh bapak ibu guru kita ataupun ilmu pengetahuan yang kita peroleh dari berbagai sumber entah itu buku bacaan maupun hasil searching di internet. Contoh soal latihan untuk PHB kelas 11 unduh disini [unduh] dan PHB kelas 10 klik disini [unduh].

Saturday, November 21, 2020

Allah SWT Sang Pencipta, Allah Made Everything


Lagu berjudul Allah made everything, merupakan lagu religi bernafaskan islam yang mengajarkan pada kita semua bahwa alam semesta dan isinya termasuk diri kita, manusia, diciptakan oleh Allah swt. Sebagai hambaNya kita harus patuh dan taat pada perintah Allah swt. Yuk belajar bahasa Inggris melalui media lirik lagu Islam karangan Zain Bikha ini. Berikut liriknya kawan-kawan semua:

Allah made everything
Allah made everything
Allah made everything
The earth and the blue sky

Hey little fish in the bottom of the ocean
Moving along in a really cool motion
Did you ever wonder where you came from?
Who is the Lord of all creation
The little fish said "That's my Lord"
The little fish said "That's my Lord"
The little fish said "That's my Lord"
"Allah the Creator of us all"

Hey little bird so way up high
Light up the sky with your color design
Tell me who made you and I
Me to walk and you to fly
The little bird said "That's my Lord"
The little bird said "That's my Lord"
The little bird said "That's my Lord"
"Allah the Creator of us all"

الله أكبر
Our Creator
There's no one greater
Than Allah
So why do we stand tall
Too proud to recognize

What's right before our eyes
Signs from our Lord

Hey alligator laying so still
Who's your maker, by who's will
Do you crawl and do you swim
Who controls everything
The alligator said "That's my Lord"
The alligator said "That's my Lord"
The alligator said "That's my Lord"
"Allah the Creator of us all"

Hey king of the jungle, the mighty lion
Top of the food chain, no denying
But who is the one that you rely on
Life or death who is deciding
The Lion said "That's my Lord"
The Lion said "That's my Lord"
The Lion said "That's my Lord"
"Allah the Creator of us all"

الله أكبر
Our Creator
There's no one greater
Than Allah
So why do we stand tall
Too proud to recognize
What's right before our eyes
Signs from our Lord

Hey my brother, hey my sister
See yourself as self sustainer
But don't you see what will come later
We all return to the Creator
Then we'll say "That's my Lord"
Then we'll say "That's my Lord"
Then we'll say "That's my Lord"
"Oh Allah, forgive us all"

I travelled the world, north to the south
East to the west and there ain't no doubt
Whoever I see, whatever I've found
I can hear them sing out loud
الحمد لله praise my Lord
الحمد لله praise my Lord
الحمد لله praise my Lord
Allah the Creator of us all

الله أكبر
Our Creator
There's no one greater
Than Allah
So why do we stand tall
Too proud to recognize
What's right before our eyes
Signs from our Lord

'Cause Allah made everything
Allah made everything
Allah made everything
You and I
Allah made everything
Allah made everything
Allah made everything
The earth and the blue sky
Do we remember him
Thank him for everything
Surrender to only Him
With all our lives

'Cause Allah made everything
Allah made everything
Allah made everything
You and I
Allah made everything
Allah made everything
Allah made everything
The earth and the blue sky
But do we remember him
Thank him for everything
Surrender to only Him
With all our lives
Allah....

Untuk mengunduh lagu tersebut klik link berikut ini:

1. Allah Made Everything.MP4 [MP4 | 58.8 MB]

2. Allah Made Everything.Mp3 [Mp3 | 6.6 MB]

Thursday, August 27, 2020

Jangan Keras Kepala, Mintalah Maaf

 

Marilah sejenak kita merenungi segala nikmat yang sudah kita peroleh dari Allah swt. Syukuri apa yang ada, caranya dengan mengoptimalkan nikmat-nikmat tersebut untuk kebaikan. Sebagai pelajar yang mengedepankan ilmu pengetahuan, sudah saatnya kita untuk senantiasa berpikir maju. Berbuat dengan perencanaan yang matang, mengisi waktu dengan hal manfaat, belajar dengan tekun dan tentunya mengerjakan segala tugas yang sudah diberikan oleh guru kepada kita.
Mulailah kerjakan tugas saat ini juga, jangan suka menundanya, apalagi melalaikan sama sekali. Hanya gara-gara bermain seharian kita melupakan tugas sekolah, melalaikan pekerjaan rumah yang sebetulnya tujuannya baik untuk meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran yang terkait. Kompetensi yang harus dicapai dalam setiap pembelajaran sudah dituliskan dengan jelas sehingga hal ini seharusnya dijadikan target agar pelajar mencapai kompetensi tersebut. Untuk kelas online bisa mempelajarari dialog berikut terkait meminta maaf. Siswa yang hanya sibuk bermain, menyia-nyiakan waktu luang yang ada, bermalas-malasan dan tidak mau memperbaiki diri, sifat-sifat tersebut mencerminkan orang yang tidak mau maju, yang tidak ingin masa depannya cerah. Ayo kita bangkit, buka wawasan kita, belajar memanfaatkan waktu yang ada, membaca buku yang berisi motivasi dan energi positif sehingga kita menjadi orang yang mandiri dan memiliki integritas yang tinggi. Apapun kesibukkan kita, jangan sampai lalai terhadap kewajiban belajar. Jika perlu bahkan belajar itu harus dijadikan sebagai kebutuhan primer, sehingga peningkatan kualitas pribadi terwujud dalam kesehariannya beraktivitas. Hindari hal yang melenakan dan membuat kita cenderung menyepelekan tugas yang sudah diamanahkan kepada kita sebagai pelajar.

Untuk kelas online pelajari dialog berikut:

Dialog
Teacher: Denny, you didn't show me your homework.
Denny: I am sorry, Sir I haven't done it.
Teacher: Oh, why?
Denny: I wasn't well yesterday.
teacher: What was wrong with you?
Denny: I had a headache.
Teacher: But you now, I saw you playing kite yesterday evening. Aren't you telling a lie?
Denny: Extremely sorry, Sir.
Teacher: You're stubborn. Now you have to apologize.


Questions
1. Where does the dialog take place?
2. Why Denny didn't do his homework?
3. Is Denny telling a lie to the teacher?

Silahkan teman-teman kelas online membaca dialog diatas antara guru dan Denny, kemudian kerjakanlah soal essay 3 nomer diatas. Selamat berlatih, selamat menjadi pelajar yang mandiri dan berwawasan global. Have a nice try!

Thursday, August 13, 2020

Apologizing: Ungkapan Minta Maaf, Perlu dilakukan

Minta maaflah jika kita bersalah, tidak bisa melakukan sesuatu hal, tidak datang ke suatu acara atau karena kita belum bisa melakukan sesuai dengan harapan. Jadilah orang baik, yang apabila melakukan kesalahan segera meminta maaf. Dan apabila diminta maafnya juga pandai-pandai melupakan dan memaafkan kesalahan orang lain pada kita. Permohonan maaf dalam bahasa inggris disebut apologizing, ungkapannya bisa beragam tergantung konteks penggunaannya. 

Ungkapan (expression) meminta maaf ini sering digunakan dalam berbagai kondisi, situasi dan keadaan tertentu. Cara pengucapannya bisa saja melalui bahasa formal maupun informal. Formal jika dalam sebuah forum diskusi atau seminar, informal ketika percakapan biasa antar teman.

Nah, untuk bisa mempraktekkan peercakapan bahasa inggris dengan topik ungkapan minta maaf maka perlu berlatih. Bentuk latihannya pun beragam, mulai dari membaca dialog hingga peer to peer dalam kelompok kecil berpasangan. Speaking adalah bentuk ketrampilan yang ada dalam bahasa inggris dimana metode pembelajarannya sedikit berbeda dengan materi grammar (tata bahasa) ataupun writing (menulis). Sedikit banyak metode pembelajarannya hampir mirip dengan ketrampilan listening (mendengarkan) yaitu harus banyak praktek. Ternyata penguasaan kosakata juga diperlukan agar lebih bervariasi dan tentunya percakapan tersebut berjalan lancar, tidak berhenti gara-gara kehabisan kosakata.

Bacalah dialog meminta maaf (kelas online), latihan membaca dengan spelling dan pronunciation yang tepat, semakin rajin dan sering berlatih maka hasilnya semakin lancar dan kualitas membaca yang kita lakukan akan meningkat. Berikut ini dialog yang berisi ungkapan meminta maaf:

Dialog Apologizing

Rendy: Julie, why you didn't come to my birthday party last night?

Julie: I do apologize for it Rendy. I really want to come to your party.

Rendy: Then why you didn't come?

Julie: My mother is sick and I have to take care of her.

Rendy: Oh my goodness. I'm sorry I didn't know that. You've to tell me earlier.

Julie: That's okay Rendy.

Question (soal latihan)

1. Who are talking in the dialog?

2. How many people are in the dialog?


Dengan giat berlatih, tentunya skill akan meningkat, kemampuan semakin bertambah. Durasi belajar perlu ditambah sehingga kita menjadi pembelajar yang memiliki daya tahan tinggi, juga hal tersebut dilakukan untuk melatih kekuatan daya pikir, menguatkan saraf-saraf neuron otak kita dan meningkatkan kemampuan daya ingat. Jadi teruslah berkembang dan semakin terampil dalam bidang keahlian yang kita sukai, selamat menjadi generasi emas, generasi pembelajar yang tangguh.