Monday, March 26, 2018

Sepatu Dahlan, Kegigihan Membuahkan Keajaiban


Keajaiban (miracle) jangan terlalu diandalkan, artinya kita enggak boleh tergantung pada keajaiban. Di sebuah sinopsis film Sepatu Dahlan ini tergambar betapa keajaiban dengan sendirinya datang pada anak manusia yang gigih mewujudkan mimpi-mimpinya. Belajar tak harus bersanding dengan fasilitas mewah, agar belajar itu memberikan dampak nyata ia tak butuh kelengkapan fasilitas yang wah dan canggih, ia tetap bisa diraih dengan ketekunan. Betapa banyak murid yang dengan gadget canggih justru ia terkendala dalam belajarnya, hanya konsen pada tawaran fitur gadget tersebut bukan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran namun hanya sekedar hiburan dan media sosial saja. Di sisi lain tidak sedikit anak dengan segala keterbatasan mampu mewujudkan prestasi yang cemerlang dalam belajar. Jangankan gadget canggih dengan koneksi internet super cepat, sepatu saja ia tidak memilikinya. Berangkat ke sekolah harus berjalan kaki, belum lagi medan yang ditempuh bukanlah jalanan mulus tetapi berupa sungai, ladang, kebun, hingga jalan setapak penuh tanaman berduri. Jika panas terik membakar ia tak pantang menyerah bahkan ketika kondisi siang hari sepulang dari sekolah. Sesampai di rumah ia harus nyabit rumput untuk makan kambingnya. Menjadi sukses bukanlah tanpa hambatan, dikala ia harus membagi waktu dengan belajar dan menyabit rumput, ia harus ekstra tenaga untuk berlatih dengan tim bola volly di sekolahnya. Ujian besar itu datang, ibunya jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit di kota sehingga ia dan adiknya dihadapkan dengan kondisi kelaparan yang sangat. Hanya dia dan adiknya saja di rumah tanpa ditinggali bahan makanan, namun rasa lapar yang sangat itu tidak menyurutkan semangat agar tetap bersekolah dan berlatih volly serta menyabit rumput. Dirinya memiliki semangat yang sungguh kuat, namun adiknya sedikit berbeda, adiknya belum mampu menahan rasa lapar yang membuat perut melilit. Maka ia sebagai kakak terpaksa memutar otaknya bagaimana cara agar adiknya itu mampu menahan rasa lapar yang hebat. Ia keluarkan jurus jitu yakni mengikatkan sarung di perutnya dengan kencang dengan maksud mengganjal perut yang keroncongan. Namun apa boleh buat, si adik yang masih kecil tetap saja enggak mampu bertahan mengatasi kondisi lapar tersebut.
Ini memang diangkat dari kisah asli yaitu biografi Dahlan Iskan, dengan kemasan film yang cerdas, mendidik dan cukup menghibur ini nasihat-nasihat positif mampu ditampilkan secara lugas dan mudah dipahami oleh siapapun. Sangat cocok untuk pendongkrak semangat bagi para pejuang sejati, pecinta belajar, para orang-orang yang tidak puas dengan belajar hingga ingin terus belajar, untuk anak-anak muda yang haus akan ilmu dan tantangan. Cocok juga bagi para guru yang ingin menularkan semangat kepada muridnya.
Ujian yang lebih berat tatkala ibunya yang pulang dari rumah sakit dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Meninggalnya sang ibu menimbulkan goncangan batin yang cukup mendalam pada dirinya. Disinilah pentingnya sang ayah untuk terus memompa, memberi dorongan agar cita-cita si anak tetap berkobar menyala.
Doa tulus yang dilantunkan sang adik yang rutin dipanjatkan pada Tuhan juga membuat keajaiban tersendiri. Doa orang-orang yang menyayangi kita, doa orang-orang terdekat, dan doa para guru ternyata sungguh penting selain doa yang dipanjatkan oleh diri sendiri. Doa sang adik agar kakaknya memiliki sepatu akhirnya terkabul. Memang cita-cita tersebut terwujud dengan sukses, namun jangan sangka terkabulnya doa dan cita-cita itu mulus tanpa hambatan, tanpa aral melintang, tanpa batu ujian. Kegagalan bisa saja terjadi berkali-kali, jatuh bangun yang tidak cukup sekali, terseok-seok menapaki jalan menuju sukses bisa jadi sangat menyita waktu dan menyedot habis energi, namun janganlah berputus asa. Kendor dalam semangat harus disingkirkan, kegigihan itu akan muncul kembali jika kita menilik apa tujuan awal dari semua yang kita lakukan. Kegigihan juga harus berteman dengan kedisiplinan. Dahlan yang masuk dalam tim volly tidak serta merta ia menjadi pemain kunci dalam tim atau secara langsung keahliannya terasah. Semuanya itu harus ia dapatkan dengan susah payah, pingsan ketika berlatih ia sudah mengalaminya. Berolahraga tanpa sarapan pagi membuatnya menjadi lemas, tubuh tanpa suplai makanan yang cukup membuat tidak kuat untuk aktivitas yang berat. Setelah siuman dari pingsannya ia justru mendapatkan rezeki makan gratis plus dibungkuskan nasi untuk dibawa pulang kerumah dihadiahkan buat sang adik.
Keajaiban sangat dekat dengan Orang yang gigih
Mana mungkin mengharap keajaiban sedangkan kita sendiri hanya berpangku tangan. Harus ada usaha melayakkan (memantaskan) diri kita di hadapan Tuhan untuk memperoleh keajaiban, keberkahan dan penjagaan serta rahmat Nya. Sudahkah kita melayakkan diri kita?
Contoh saja sebagai muslim jika ingin layak mendapat pertolongan Allah maka ia sendiri harus menolong agamaNya. Dengan apa itu? Tentunya gigih berjuang, berdakwah, serta mengajak orang untuk berbuat kebaikan. Bersemangat kita melakukan kebaikan hingga berlomba-lomba bergegas melakukan kebaikan. Menikmati ibadah sholat, puasa ramadhan, zakat, dengan penuh ketulusan, enjoy melakukan ibadah-ibadah tersebut tanpa merasa terbebani sebagai kewajiban berat. Jika yang wajib/ yang fardhu sudah mampu dilaksanakan dengan enjoy, maka mulai menyukai mendawamkan ibadah sunah, sholat sunah, shaum sunah, dan mencintai sunah-sunah yang telah diajarkan oleh Rasul.
Jika belum mampu melaksanakan ibadah dengan enjoy gimana caranya? Paksa diri sendiri, gigihlah memaksa diri sendiri untuk selevel lebih tinggi dalam setiap harinya. Kegigihan itu membuahkan keajaiban, Allah swt akan mendekat pada orang-orang yang berniat mendekatkan diri pada Nya. Luarbiasa jika kesadaran hati, pintu hati, kelapangan jiwa, itu semuanya sudah dimiliki.
Milikilah cita-cita tinggi dan mulia. Bolehlah memiliki cita-cita dunia namun jangan tertipu dengan keberhasilan di dunia saja. Tapi berharaplah hingga cita-cita mulia yakni mendapatkan surga milik Allah dengan ridho Nya. Jadi cita-cita jangan terbatas pada keinginan punya sepatu bagus, mobil bagus, rumah bagus, pengen jadi profesor, dapat beasiswa keluar negeri, dll. Namun ketika semuanya itu didapat namun ternyata enggak mampu mengarahkan pada jalan ke surga tentunya sia-sia saja. Tambahkan nilai plus pada cita-cita yang dimiliki, agar punya sepatu bagus yang nantinya mampu menjembatani amalan ahli surga, menjadi profesor yang memberi manfaat pada umat dan agama, mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri yang mampu bermanfaat terhadap dakwah, lebih-lebih jika memiliki cita-cita menjadi presiden kemudian keajaiban datang dan menjadi presiden sungguhan, maka jadilah seorang presiden yang dengan status presidennya itu mampu mengantarkan kita ke surganya Allah swt.
Teraturnya dalam Barisan Jamaah
Tokoh Dahlan dalam film Sepatu Dahlan, ia memiliki prestasi tinggi dalam bidang olahraga, ia menjadi pemain inti dalam tim bola voli sekolahnya. Ia hebat bukan untuk dirinya sendiri, ia hebat juga bukan berarti tim tidak membutuhkan orang lain. Menonjolkan diri dalam sebuah tim itu tidak perlu, karena sejatinya tim itu adalah skill kehebatan kolektif/ bersama Dengan saling mensupport, mendukung, dan saling mengisi maka tim menjadi hebat. Jangan merasa paling hebat dalam sebuah jamaah. Barisan itu akan rapi jika ada irama langkah, ritme gerak yang sama dari anggotanya. So, tokoh dahlan tetap menaati aturan agar rutin latihan dengan anggota tim lain, ia harus memiliki jiwa korsa semangat kebersamaan yang tinggi. Jangan pernah juga mengorbankan kelompok hanya gara-gara memuaskan ambisi individu semata. Hilangkan sifat egois dan ketamakan pribadi, maka tim tersebut menjadi hebat karena diisi orang-orang yang punya komitmen. Kehebatan itu muncul bukan karena kesempurnaan yang ada pada tiap anggota tim, namun kekurangan yang ada pada tiap individu itu ditutupi oleh keunggulan orang lain dalam timnya.
Unduh film Sepatu Dahlan pada link berikut:
1. Sepatu Dahlan 2014 webdl.mp4 (1.02 GB)
2. Dilan 1990 (2018) webdl.mp4 (1.06 GB)
3. Merantau 2009 Bluray.mp4 (673.4 MB)
4. Rudy Habibie 2016 webdl.mp4 (548.9 MB)


36 comments:

  1. 40baris
    Contoh Recount Text : Pangandaran Beach

    The tour to Pangandaran Beach started on holiday last semester. We decided to go to Pangandaran Beach by our motorbike. That was very interesting tour. Riding a motorbike from my hometown, Cirebon, to Pangandaran Beach with my best friends made me feel exited.

    The tour to Pangandaran Beach began at 09.00 a.m. in the morning and it took 5 hours riding to Pangandaran Beach. There were so many story that my friends and I got when we were in the tour such as there was my friend who got lost, ran out of fuel in the middle of jungle, and so forth. But it was interesting, because it was the first moment that I ever had in touring.

    We arrived at Pangandaran Beach at 02.00 p.m. and we stright to move to the beach. At beach we just lied down there to stretch our muscle because of 5 hours riding. We also had a lunch there by eating some foods that we brought from Cirebon. That was very nice moment when we shared our own food to others.
    Check This Out


    Last month my family and I went to Toraja to attend Grandpa’s funeral. It was my first time to go to such a ceremony. We gathered there with our kin in the ceremony.

    Overall, the ceremony was quite elaborate. It took about a week. Several days before the ceremony was done, grandpa’s body was kept in a series of houses arranged in a circular row around an open field called tongkonan. His corpse was dressed in a fine wearing.
    On the last day, the grandpa’s coffin were lowered from the funeral tower and brought up to the mountain side family graveyard. It was followed by great shouting and excitement from the relatives and the guests. Finally, we installed the wooden puppet on a high balcony where other puppets representing the members of a whole family were already there. The funeral ceremonies made my family and me tired. However, we were grateful because it ran smoothly.

    The funeral was performed in two phases. First, we slaughtered the pigs and buffaloes, and then moved the corpse to face north. In this ceremony we wore black clothes. After that, the corpse was placed in a sandal wood coffin. Then, it was brought out of the house and placed on an open platform beneath the granary. Meanwhile, my uncle, my brother, and I prepared the wooden puppet and a funeral tower called lakian. The next phase of the ceremony was held in this place. The coffin is borne from the house and placed in the lakian. During the day, there were also

    1. A. Vacation to London
    Mr. Richard’s family was on vacation. They are Mr. and Mrs. Richard with two sons. They went to London. They saw their travel agent and booked their tickets. They went to the British Embassy to get visas to enter Britain. They had booked fourteen days tour. This includes travel and accommodation. They also included tours around London
    They boarded a large Boeing flight. The flight was nearly fourteen hours. On the plane the cabin crews were very friendly. They gave them news paper and magazine to read. They gave them food and drink. There was a film for their entertainment. They had a very pleasant flight. They slept part of the way.
    On arrival at Heathrow Airport, they had to go to Customs and Immigration. The officers were pleasant. They checked the document carefully but their manners were very polite. Mr. Richard and his family collected their bags and went to London Welcome Desk. They arranged the transfer to a hotel.

    ReplyDelete
  2. 20 baris lunasssssssssssssss
    tThe hotel was a well-known four-star hotel. The room had perfect view of the park. The room had its own bathroom and toilet. Instead of keys for the room, they inserted a key-card to open the door. On the third floor, there was a restaurant serving Asian and European food. They had variety of food.
    The two week in London went by fast. At the end of the 14-day, they were quite tired but they felt very happy.
    1. B. Between Recount and Narrative
    Something which happened in the past is the main resource to compose both recount and narrative text. In writer’s point of view, the thing is an experience. It can be what the writer has done, hear, read, and felt. Composing recount and narrative is retelling the experiences of the past event to be a present event.
    What does recount differ from narrative?
    The easiest way to catch the difference is analyzing the generic structure. Recount text presents the past experiences in order of time or place; what happened on Sunday, then on Monday, the on Tuesday. In simple way, recount describes series of events in detail. It does not expose the struggle on how to make them happen. The event happened smoothly. On the other hand, narrative introduces crises and how to solve them. Narrative text always appear as a hard potrait of participant’s past experience. It reveals the conflict among the participants. Cinderella’s conflicts with her step mother and sister are the example. The conflict is the most important element in a narrative text. Narrative without comflicts is not narrative any more.

    ReplyDelete
  3. As we know that so much water in the world. There are many kinds of water that we can consume every day all time.

    Consuming water can be made as therapy of disease, because water that we consume with enough amounts and the right method can purify of poisons in our body. The therapy of water can save water availability in the body.

    Therapy of water can keep the beauty too. Skins is the out part of the body that has contact with dirty air, sun light and pollutions. To keep the skin elasticity, water is needed in the enough amounts. Water can dampen of skin until not easy to dry and make crimp.

    To keep the balancing of size body, water is needed. In fact, water can increase the metabolism and pressing of eat desire. Consume a lot of water can filtrate much calories.

    So, let’s consume water everyday at least eight glasses to keep our healthy and beauty. But, the water must be clean and hygiene. Find, buy and consume the best mineral water!

    Itulah contoh hortatory exposition tentang manfaat air bagi kecantikan tubuh kita. Text hortatory ini bersumber dari: fatiyaulfa.blogspot.com/2010/12/example-of-hortatory-text.html

    ReplyDelete
  4. As the national exam is an annual activity organized by the Education and Culture Ministry, it can be prepared for as early as possible. It is very difficult to understand why the implementation of this year’s exam was so chaotic.
    I think it was caused by poor management within the central committee, so the minister should be responsible for its implementation. In an era where all activities can be supported by advanced technology, 11 provinces had to delay the exams due to the failure in the distribution of exam materials.
    The quality of education reflects the progress of the nation. Therefore, the ministry needs to thoroughly assess its failure.

    Well I think the text is easy to understand. However If some of you still do not understand or get difficulty of some vocabularies, the text can be understood from the following rough translation.

    ReplyDelete
  5. .The Importance of Speaking English
    English nowadays has an important role in our daily life. It is the massive means of communication. Is there a strong argument which says that English will not give any benefit?
    Learning to speak English well may be the best way to improve our life. It seems all the people in the world have agreed to use English to talk to each other. About 1,500,000,000 people in the world speak English. While another 1,000,000,000 are still learning English.
    If we can communicate in English, we can contact people from all over the world. We can talk about our ideas and opinions on Internet discussion groups. We can chat with other interesting people to learn about their life and culture.
    If we can communicate in English, we can travel more easily. English is spoken in more than 100 countries. If we lost, we can ask directions or ask for help. Who knows, English will save our life somewhere someday.
    That is why we should make every effort possible to find somebody to speak with. Where can we find people who can speak English with us? We can find them at school, shopping mall, tourist destination, etc
    Above all, don't be afraid to speak English. We must try to speak, even if we make mistakes. We cannot learn without mistakes. So, speak English as much as possible!
    1. Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris
    Bahasa Inggris saat ini memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini adalah cara besar komunikasi. Apakah ada argumen yang kuat yang mengatakan bahwa bahasa Inggris tidak akan memberikan manfaat apapun?
    Belajar untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik mungkin menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kehidupan kita. Tampaknya semua orang di dunia telah sepakat untuk menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara satu sama lain. Tentang 1500000000 orang di dunia berbahasa Inggris. Sementara 1000000000 lain masih belajar bahasa Inggris.
    Jika kita bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kita dapat menghubungi orang-orang dari seluruh dunia. Kita bisa bicara tentang ide-ide kita, dan opini tentang kelompok diskusi internet. Kita bisa chatting dengan orang lain yang menarik untuk belajar tentang kehidupan dan budaya mereka.
    Jika kita bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kita dapat melakukan perjalanan lebih mudah. Bahasa Inggris dituturkan di lebih dari 100 negara. Jika kami kalah, kita dapat meminta arah atau meminta bantuan. Siapa tahu, bahasa Inggris akan menyelamatkan hidup kita di suatu tempat suatu hari nanti.
    Itulah mengapa kita harus melakukan segala upaya yang mungkin untuk menemukan seseorang untuk berbicara dengan. Di mana kita dapat menemukan orang-orang yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan kami? Kita bisa menemukan mereka di sekolah, pusat perbelanjaan, tujuan wisata, dll
    Di atas semua, jangan takut untuk berbicara bahasa Inggris. Kita harus mencoba untuk berbicara, bahkan jika kita membuat kesalahan. Kita tidak bisa belajar tanpa kesalahan. Jadi, berbicara bahasa Inggris sebanyak mungkin!

    ReplyDelete
  6. .The Importance of Speaking English
    English nowadays has an important role in our daily life. It is the massive means of communication. Is there a strong argument which says that English will not give any benefit?
    Learning to speak English well may be the best way to improve our life. It seems all the people in the world have agreed to use English to talk to each other. About 1,500,000,000 people in the world speak English. While another 1,000,000,000 are still learning English.
    If we can communicate in English, we can contact people from all over the world. We can talk about our ideas and opinions on Internet discussion groups. We can chat with other interesting people to learn about their life and culture.
    If we can communicate in English, we can travel more easily. English is spoken in more than 100 countries. If we lost, we can ask directions or ask for help. Who knows, English will save our life somewhere someday.
    That is why we should make every effort possible to find somebody to speak with. Where can we find people who can speak English with us? We can find them at school, shopping mall, tourist destination, etc
    Above all, don't be afraid to speak English. We must try to speak, even if we make mistakes. We cannot learn without mistakes. So, speak English as much as possible!
    1. Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris
    Bahasa Inggris saat ini memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini adalah cara besar komunikasi. Apakah ada argumen yang kuat yang mengatakan bahwa bahasa Inggris tidak akan memberikan manfaat apapun?
    Belajar untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik mungkin menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kehidupan kita. Tampaknya semua orang di dunia telah sepakat untuk menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara satu sama lain. Tentang 1500000000 orang di dunia berbahasa Inggris. Sementara 1000000000 lain masih belajar bahasa Inggris.
    Jika kita bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kita dapat menghubungi orang-orang dari seluruh dunia. Kita bisa bicara tentang ide-ide kita, dan opini tentang kelompok diskusi internet. Kita bisa chatting dengan orang lain yang menarik untuk belajar tentang kehidupan dan budaya mereka.
    Jika kita bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kita dapat melakukan perjalanan lebih mudah. Bahasa Inggris dituturkan di lebih dari 100 negara. Jika kami kalah, kita dapat meminta arah atau meminta bantuan. Siapa tahu, bahasa Inggris akan menyelamatkan hidup kita di suatu tempat suatu hari nanti.
    Itulah mengapa kita harus melakukan segala upaya yang mungkin untuk menemukan seseorang untuk berbicara dengan. Di mana kita dapat menemukan orang-orang yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan kami? Kita bisa menemukan mereka di sekolah, pusat perbelanjaan, tujuan wisata, dll
    Di atas semua, jangan takut untuk berbicara bahasa Inggris. Kita harus mencoba untuk berbicara, bahkan jika kita membuat kesalahan. Kita tidak bisa belajar tanpa kesalahan. Jadi, berbicara bahasa Inggris sebanyak mungkin!

    ReplyDelete
  7. Online Job
    Online jobs are selected in part-time employment for many, and some have taken more seriously. A growing number of people are willing to take a job online. Working online has its advantages if we manage efectively. Why not?
    It offers flexibility and convenience that no other job can give. We can work from home with minimal investment and get a good income. The idea of adding weight to our pocket and makes life easier and comfortable is the most reassuring.
    The reason behind this great opportunity is that every day there are new companies to join. Every day and every minute men are seeking information aboute verything under the sky of the Internet.
    As we know, the Internet is the answer to every question, web sites need to update each section and also add reports on developments that have recently joined. Therefore, it is an expansive space for articles.
    There are a number of jobs we can work online. Some of them which strongly recommeded are writing, marketing, stock trading, and online education. However we should be very careful because scamming opportunities are always there.
    3. Pekerjaan Online
    Pekerjaan online yang dipilih dalam paruh waktu kerja bagi banyak orang, dan beberapa telah mengambil lebih serius. Semakin banyak orang yang bersedia untuk mengambil pekerjaan secara online. Bekerja secara online memiliki keuntungan jika kita berhasil efectively. Kenapa tidak?
    Ini menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang tidak ada pekerjaan lain dapat memberikan. Kita dapat bekerja dari rumah dengan investasi minimal dan mendapatkan penghasilan yang baik. Ide menambah berat badan untuk saku kita dan membuat hidup lebih mudah dan nyaman adalah yang paling meyakinkan.
    Alasan di balik kesempatan besar ini adalah bahwa setiap hari ada perusahaan baru untuk bergabung. Setiap hari dan setiap menit orang mencari informasi aboute verything di bawah langit dari Internet.
    Seperti kita ketahui, Internet adalah jawaban untuk setiap pertanyaan, situs web harus memperbarui setiap bagian dan juga menambahkan laporan perkembangan yang baru saja bergabung. Oleh karena itu, ruang luas untuk artikel.
    Ada sejumlah pekerjaan kita dapat bekerja secara online. Beberapa dari mereka yang sangat recommeded menulis, pemasaran, perdagangan saham, dan pendidikan online. Namun kita harus sangat berhati-hati karena menipu peluang selalu ada.

    ReplyDelete
  8. .Gesang Should hold a National Hero Status
    "Those who don't learn from history are condemned to repeat it" and "A great nation is one which fully appreciates its heroes." say popular English aphorism and national adage. Then, proposing an important person who has taken a role in our nation history is important. I think Gesang should be a national hero.
    Who have never heard Bengawan Solo song? I doubt it if there is. This keroncong song has been a part of national voices. Gesang is a senior composer whose songs gained fame all the way to Japan. He has received a number of awards in art and everyone will admit that his art talent was dedicated to this nation.
    Government has declared the other great composer; WR. Suratman and Ismail Marzuki as national Heroes. Gesang might not be compared to others, but in my opinion, Gesang is as great as them. All of them are maestros. Due to his keroncong music maestro, Gesang has taken a role in building our national identity.
    It is obvious that government should name Gesang National Hero. We should not delay and wait for, in case, our neighbor countries or other international communities go a head to recognize him and grant an award for what he deserves.
    4.Gesang Harus Mendapatkan Status Pahlawan Nasional
    "Mereka yang tidak belajar dari sejarah dikutuk untuk mengulanginya" dan "A bangsa yang besar adalah salah satu yang sepenuhnya menghargai pahlawan." mengatakan pepatah bahasa Inggris populer dan pepatah nasional. Kemudian, mengusulkan orang penting yang telah mengambil peran dalam sejarah bangsa kita adalah penting. Saya pikir Gesang harus menjadi pahlawan nasional.
    Yang belum pernah mendengar lagu Bengawan Solo? Saya ragu jika ada. Lagu keroncong ini telah menjadi bagian dari suara nasional. Gesang adalah komposer senior yang yang mendapatkan ketenaran lagu sepanjang jalan ke Jepang. Dia telah menerima sejumlah penghargaan dalam seni dan semua orang akan mengakui bahwa bakat seninya didedikasikan untuk bangsa ini.
    Pemerintah telah menyatakan komposer besar lainnya; WR. Pahlawan nasional sebagai Suratman dan Ismail Marzuki. Gesang mungkin tidak dibandingkan dengan orang lain, tapi menurut saya, Gesang sama besar seperti mereka. Semua dari mereka adalah maestro. Karena maestro musik keroncong itu, Gesang telah mengambil peran dalam membangun identitas nasional kami.
    Hal ini jelas bahwa pemerintah harus nama Gesang Pahlawan Nasional. Kita tidak harus menunda dan menunggu, dalam kasus, negara-negara tetangga kita atau komunitas internasional lainnya pergi kepala untuk mengakui dia dan memberikan penghargaan untuk apa yang dia layak.

    ReplyDelete
  9. Manfaat Pariwisata pada Masyarakat Lokal
    Apa manfaat pariwisata bagi masyarakat lokal? Pariwisata Nah, sekarang menjadi kontributor besar terhadap perekonomian sebagian besar negara. Industri pariwisata dapat membawa uang, lowongan dan kemajuan terutama untuk daerah-daerah berkembang. Namun, uang ini sering masuk ke kantong investor asing, dan jarang manfaat bagi masyarakat setempat.
    Industri pariwisata tidak akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat lokal jika, misalnya, jaringan hotel multinasional tidak peduli tentang alam sekitarnya ketika mereka membangun hotel baru. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah sosial, budaya dan geografis. Beberapa orang lokal mungkin mendapatkan pekerjaan dan uang itu jaringan hotel Internasional. Namun dalam kasus hilang kesempatan itu, beberapa dari mereka masih memiliki lingkungan mereka sendiri.
    Selain itu, beberapa fakta menunjukkan bahwa wisatawan cenderung untuk pergi, mengunjungi dan menghabiskan uang mereka di restoran, bar dan hotel bahkan kemewahan yang rantai multinasional. Mereka kurang pergi ke tempat-tempat seperti; restoran, bar, hotel, toko yang dimiliki oleh orang-orang lokal. Hal ini dapat mencegah bisnis masyarakat lokal dari menjadi lebih besar.
    Yang paling penting hal, wisata atau kunjungan pariwisata memiliki sedikit efek pada alam. Bahkan dapat mengganggu atau merusak ekosistem dan lingkungan, dan jika tidak, masyarakat akan mendapatkan risiko.
    Jadi kebijakan pemerintah daerah harus diletakkan di tempat untuk memastikan bahwa pariwisata akan membuat saling penyebaran secara luas. Kebijakan harus menjamin bahwa pariwisata tidak akan menyebabkan kerusakan apapun kepada orang lokal atau tempat.

    ReplyDelete
  10. .Removing Lead From Patrol
    In all the discussion over the removal of lead from petrol (and the atmosphere) there doesn't seem to have been any mention of the difference between driving in the city and the country.
    While I realize my leaded petrol car is polluting the air wherever I drive, I feel that when you travel through the country, where you only see the another car every five to ten minutes, the problem is not as severe as when traffic is concentrated on city roads.
    Those who want to penalize older, leaded petrol vehicles and their owners don't seem to appreciate that, in the country, there is no public transport to fall back upon and one's own vehicle is the only way to get about.
    I feel that the country people, who often have to travel huge distances to the nearest town and who already spend a great deal of money on petrol, should be treated differently to the people who live in the city.
    6.Removing Timbal Dari Patroli
    Dalam semua diskusi selama penghapusan timbal dari bensin (dan suasana) ada tampaknya tidak telah penyebutan perbedaan antara mengemudi di kota dan negara.
    Sementara aku menyadari mobil bensin bertimbal saya mencemari udara di mana pun saya pergi, saya merasa bahwa ketika Anda melakukan perjalanan melalui negara, di mana Anda hanya melihat mobil lain setiap lima sampai sepuluh menit, masalahnya tidak separah ketika lalu lintas terkonsentrasi pada jalan kota.
    Mereka yang ingin menghukum tua, kendaraan bensin bertimbal dan pemiliknya tampaknya tidak menghargai itu, di negara ini, tidak ada angkutan umum untuk jatuh kembali pada dan satu kendaraan sendiri adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan sekitar.
    Saya merasa bahwa orang-orang negara, yang sering harus melakukan perjalanan jarak besar ke kota terdekat dan yang sudah menghabiskan banyak uang pada bensin, harus diperlakukan berbeda dengan orang-orang yang tinggal di kota.

    ReplyDelete
  11. Learning English through music and songs is Fun
    Learning English through music and songs can be very enjoyable. You can mix pleasure with learning when you listen to a song and exploit the song as a means to your English progress. Some underlying reason can be drawn to support the idea why we use songs in language learning.
    Firstly, “the song stuck in my head” Phenomenon (the echoing in our minds of the last song we heard after leaving a restaurant, shopping malls, etc) can be both enjoyable and sometimes unnerving. This phenomenon also seems to reinforce the idea that songs work on our short-and-long term memory.
    Secondly, songs in general also use simple conversational language, with a lot of repetition, which is just what many learners look for sample text. The fact that they are effective makes them many times more motivating than other text. Although usually simple, some songs can be quite complex syntactically, lexically and poetically, and can be analyzed in the same way as any other literary sample.
    Furthermore, song can be appropriated by listener for their own purpose. Most pop songs and probably many other types don’t have precise people, place or time reference.
    In addition, songs are relaxing. They provide variety and fun, and encourage harmony within oneself and within one group. Little wonder they are important tools in sustaining culture, religion, patriotism and yeas, even revolution.
    Last but not least, there are many learning activities we can do with songs such as studying grammar, practicing selective listening comprehension, translating songs, learning vocabulary, spelling and culture.
    From the elaboration above, it can be concluded that learning through music and songs, learning English can be enjoyable and fun.

    ReplyDelete
  12. Learning English through music and songs is Fun
    Learning English through music and songs can be very enjoyable. You can mix pleasure with learning when you listen to a song and exploit the song as a means to your English progress. Some underlying reason can be drawn to support the idea why we use songs in language learning.
    Firstly, “the song stuck in my head” Phenomenon (the echoing in our minds of the last song we heard after leaving a restaurant, shopping malls, etc) can be both enjoyable and sometimes unnerving. This phenomenon also seems to reinforce the idea that songs work on our short-and-long term memory.
    Secondly, songs in general also use simple conversational language, with a lot of repetition, which is just what many learners look for sample text. The fact that they are effective makes them many times more motivating than other text. Although usually simple, some songs can be quite complex syntactically, lexically and poetically, and can be analyzed in the same way as any other literary sample.
    Furthermore, song can be appropriated by listener for their own purpose. Most pop songs and probably many other types don’t have precise people, place or time reference.
    In addition, songs are relaxing. They provide variety and fun, and encourage harmony within oneself and within one group. Little wonder they are important tools in sustaining culture, religion, patriotism and yeas, even revolution.
    Last but not least, there are many learning activities we can do with songs such as studying grammar, practicing selective listening comprehension, translating songs, learning vocabulary, spelling and culture.
    From the elaboration above, it can be concluded that learning through music and songs, learning English can be enjoyable and fun.

    ReplyDelete
  13. Learning English through music and songs is Fun
    Learning English through music and songs can be very enjoyable. You can mix pleasure with learning when you listen to a song and exploit the song as a means to your English progress. Some underlying reason can be drawn to support the idea why we use songs in language learning.
    Firstly, “the song stuck in my head” Phenomenon (the echoing in our minds of the last song we heard after leaving a restaurant, shopping malls, etc) can be both enjoyable and sometimes unnerving. This phenomenon also seems to reinforce the idea that songs work on our short-and-long term memory.
    Secondly, songs in general also use simple conversational language, with a lot of repetition, which is just what many learners look for sample text. The fact that they are effective makes them many times more motivating than other text. Although usually simple, some songs can be quite complex syntactically, lexically and poetically, and can be analyzed in the same way as any other literary sample.
    Furthermore, song can be appropriated by listener for their own purpose. Most pop songs and probably many other types don’t have precise people, place or time reference.
    In addition, songs are relaxing. They provide variety and fun, and encourage harmony within oneself and within one group. Little wonder they are important tools in sustaining culture, religion, patriotism and yeas, even revolution.
    Last but not least, there are many learning activities we can do with songs such as studying grammar, practicing selective listening comprehension, translating songs, learning vocabulary, spelling and culture.
    From the elaboration above, it can be concluded that learning through music and songs, learning English can be enjoyable and fun.

    ReplyDelete
  14. Why you should eat breakfast
    A lot of people, especially young people, go through the day without having breakfast. Many people believe that it is not necessary, or they say that they don’t have time for that, and begin their day with no meal. I believe that everyone should eat breakfast before going to their activities. The purpose of this paper is to show the importance of breakfast, especially for students.
    The first reason why you should eat breakfast before going to school is for your health. When you skip breakfast and go to school, you are looking for a disease because it’s not healthy to have an empty stomach all day long. It’s very important to have a meal and not let your stomach work empty. All you are going to get is gastritis and a lot of problems with your health if you don’t eat breakfast.
    Another reason for eating breakfast is because you need food for to do well in your classes. You body and your brain are not going to function as good as they could because you have no energy and no strength. When you try to learn something and have nothing in your stomach, you are going to have a lot of trouble succeeding. A lot of people think that they should not eat because they are going to feel tired, but that’s not true. Breakfast is not a very big meal, and on the contrary, you’re going to feel tired if you don’t have breakfast
    The last reason to have breakfast every day is because you can avoid diseases if you eat some breakfast in the morning. If you don’t eat, you are going to get sick, and these diseases will have a stronger effect on you because you’re going to get sick easier than people who have breakfast every day.
    You have to realize that breakfast is the most important meal of the day, and you cannot skip it without consequences for your health, your school and your defense mechanism. It is better to wake up earlier and have a good breakfast that run to school without eating anything. It is time for you to do something for your health, and eating breakfast is the better

    ReplyDelete
  15. Mengapa Anda harus makan sarapan
    Banyak orang, terutama orang-orang muda, melalui hari tanpa sarapan. Banyak orang percaya bahwa itu tidak perlu, atau mereka mengatakan bahwa mereka tidak punya waktu untuk itu, dan memulai hari mereka tanpa makan. Saya percaya bahwa setiap orang harus makan sarapan sebelum pergi ke kegiatan mereka. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menunjukkan pentingnya sarapan, terutama bagi siswa.
    Alasan pertama mengapa Anda harus makan sarapan sebelum pergi ke sekolah adalah untuk kesehatan Anda. Ketika Anda melewatkan sarapan dan pergi ke sekolah, Anda mencari suatu penyakit karena tidak sehat untuk memiliki perut kosong sepanjang hari. Ini sangat penting untuk memiliki makan dan tidak membiarkan pekerjaan perut Anda kosong. Semua Anda akan dapatkan adalah gastritis dan banyak masalah dengan kesehatan Anda jika Anda tidak makan sarapan.
    Alasan lain untuk makan sarapan adalah karena Anda membutuhkan makanan untuk melakukannya dengan baik di kelas Anda. Tubuh Anda dan otak Anda tidak akan berfungsi sebaik mereka bisa karena Anda tidak memiliki energi dan kekuatan. Ketika Anda mencoba untuk belajar sesuatu dan tidak ada di perut Anda, Anda akan memiliki banyak masalah berhasil. Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak harus makan karena mereka akan merasa lelah, tapi itu tidak benar. Sarapan tidak makan yang sangat besar, dan sebaliknya, Anda akan merasa lelah jika Anda tidak memiliki sarapan karena Anda telah menghabiskan sepanjang malam sebelumnya tanpa makanan.
    Alasan terakhir untuk sarapan setiap hari karena Anda dapat menghindari penyakit jika Anda makan sarapan di pagi hari. Jika Anda tidak makan, Anda akan sakit, dan penyakit ini akan memiliki efek yang lebih kuat pada Anda karena Anda akan mendapatkan sakit lebih mudah daripada orang-orang yang sarapan setiap hari.
    Anda harus menyadari bahwa sarapan adalah makan yang paling penting hari, dan Anda tidak dapat melewati itu tanpa konsekuensi bagi kesehatan Anda, sekolah Anda dan mekanisme pertahanan Anda. Lebih baik untuk bangun lebih awal dan memiliki sarapan yang baik yang berjalan ke sekolah tanpa makan apa pun. Ini adalah waktu bagi Anda untuk melakukan sesuatu bagi kesehatan Anda, dan makan sarapan adalah cara yang lebih baik untuk memulai hari Anda.

    ReplyDelete
  16. Why You Should Not Smoke
    I am sure that you know that smoking harms your body. Then why do you continue smoking? Maybe you do it because you haven’t really become conscious about all the effects that smoking has. There are a lot of reasons why you shouldn’t smoke. Some of them are that smoking affects your health, that you spend a lot of money on cigarettes, and that when you smoke you are not respecting people around you.
    The first reason why you shouldn’t smoke is that smoking affects your health. If you smoke, your physical condition will be negatively affected, so it will be very difficult for you to succeed in sports. Also, smoking produces lethal diseases like cancer and reduces the length and quality of your life. Maybe you don’t notice all the physical effects of smoking immediately, but you surely will be sorry one day.
    The second reason why you shouldn’t smoke is because of all the money that you spend on it. Maybe you start smoking only when someone offers you a cigarette, but there will be a day when you will feel the need of a cigarette. By this time, you will pay whatever to smoke, and each time you will smoke more, so you will spend more money. All the money you would spend on cigars could have be spent in something better, don’t you think?
    The last reason why you shouldn’t smoke is out of respect for the people around you. When you smoke, you not only harm yourself, but you also harm all the people around you. So you mustn’t be selfish; you should at least avoid smoking in front of people who don’t smoke. Also, many people don’t like the cigarette’s smell, so they won’t enjoy your company. Would you like that?
    I have said just some reasons of why you shouldn’t smoke, so I hope that now those of you who smoke are able to think a little and try to make a smart decision. In addition to all the reasons I’ve said, I would like you to think about how much you love yourself and then whether you want to continue harming yourself. Think also about all the people who love you, like your family who doesn’t want to see you suffering or sick. If you decide to continue smoking, what a pity. But if you decide to stop smoking, congratulations! Remember that "If you can dream it, you can do it.

    ReplyDelete
  17. Mengapa anda tidak harus merokok
    Saya yakin bahwa Anda tahu bahwa merokok merugikan tubuh Anda. Lalu mengapa Anda terus merokok? Mungkin Anda melakukannya karena Anda belum benar-benar menjadi sadar tentang semua efek merokok yang memiliki. Ada banyak alasan mengapa Anda tidak harus merokok. Beberapa dari mereka adalah bahwa merokok mempengaruhi kesehatan Anda, bahwa Anda menghabiskan banyak uang pada rokok, dan bahwa ketika Anda merokok Anda tidak menghormati orang di sekitar Anda.
    Alasan pertama mengapa Anda tidak harus merokok adalah bahwa merokok mempengaruhi kesehatan Anda. Jika Anda merokok, kondisi fisik Anda akan terpengaruh secara negatif, sehingga akan sangat sulit bagi Anda untuk berhasil dalam olahraga. Juga, merokok menghasilkan penyakit mematikan seperti kanker dan mengurangi panjang dan kualitas hidup Anda. Mungkin Anda tidak melihat semua efek fisik merokok segera, tetapi Anda pasti akan menyesal satu hari.
    Alasan kedua mengapa Anda tidak harus merokok adalah karena semua uang yang Anda habiskan untuk itu. Mungkin Anda mulai merokok hanya ketika seseorang menawarkan rokok, tapi akan ada hari ketika Anda akan merasa perlu rokok. Pada saat ini, Anda akan membayar apa pun untuk merokok, dan setiap kali Anda akan merokok lebih banyak, sehingga Anda akan menghabiskan lebih banyak uang. Semua uang yang Anda akan menghabiskan pada cerutu bisa dihabiskan dalam sesuatu yang lebih baik, bukan begitu?
    Alasan terakhir mengapa Anda tidak harus merokok adalah untuk menghormati orang-orang di sekitar Anda. Ketika Anda merokok, Anda tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi Anda juga merugikan semua orang di sekitar Anda. Jadi Anda tidak harus egois; Anda setidaknya harus menghindari merokok di depan orang yang tidak merokok. Juga, banyak orang tidak suka bau rokok, sehingga mereka tidak akan menikmati perusahaan Anda. Apakah Anda ingin itu?
    Saya telah mengatakan hanya beberapa alasan mengapa Anda tidak harus merokok, jadi saya berharap bahwa sekarang Anda yang merokok dapat berpikir sedikit dan mencoba untuk membuat keputusan cerdas. Selain semua alasan yang telah saya katakan, saya ingin Anda untuk berpikir tentang berapa banyak Anda mencintai diri sendiri dan kemudian apakah Anda ingin terus merugikan diri sendiri. Pikirkan juga tentang semua orang yang mencintai Anda, seperti keluarga yang tidak ingin melihat Anda menderita atau sakit. Jika Anda memutuskan untuk terus merokok, sayang. Tapi jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, selamat! Ingat bahwa "Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannya.

    ReplyDelete
  18. Why People Should Exercise
    In the past, I have never been inclined to participate in sports. Honestly, I didn’t like it, but many persons whom I lived with kept telling me everyday how good it was. Since the peer pressure was growing, I decided to go to the gym. It wasn’t until then that I could really understand people when they said exercise really helped a person get organized and keep yourself in a healthy physically and mentally.
    For starters, when you are a lazy person, it is difficult to take the first step, but it is all a matter of committing yourself to something that will provide you a lot of positive feedback. Once you start doing exercise and observing positive results, you actually enjoy it. It takes a lot of effort and strong will, but it's worth it. The principal thing to do is to participate in an activity you like. If you do you’ll start organizing your day in a way that enables you to do everything you have to, including exercising. You will no longer be a person stressed-out without time to carry on with all your activities.
    Second, it is obvious that once you exercise you will have a better condition. You will be healthier in a physical way. It is probable that you will lose weight and your muscles will get stronger and stronger. Your body will feel good, full of energy and it will respond immediately to any action you want to do, any activity that has to be done with high spirits.
    The third reason why exercising is good is that it affects you positively in a mental and psychological way. Doing exercise helps you set specific goals which along with strong will can be achieved. When you do that, you are aware of your abilities, accept your weaknesses, and your self-esteem goes up. Any sport distracts you because it helps you not to think about school, friends, problems, among other things. It brings you time to think about yourself and no one else. It helps you keep your mind busy and to avoid dangerous habits like drugs.

    Doing exercise is very important to any person of any age. The positive effects of exercising, which I’ve already mentioned, are like a chain. Once you do a sports activity that you like, you get organized; therefore, you start doing things the right way and get enormous benefits which make you feel good as a whole human being. You start living your life happily.

    ReplyDelete
  19. Mengapa orang harus olahraga
    Di masa lalu, saya tidak pernah cenderung untuk berpartisipasi dalam olahraga. Jujur, saya tidak suka itu, tapi banyak orang yang saya tinggal dengan terus mengatakan saya sehari-hari bagaimana baik itu. Karena tekanan teman sebaya tumbuh, saya memutuskan untuk pergi ke gym. Ia tidak sampai kemudian bahwa saya benar-benar bisa mengerti orang-orang ketika mereka mengatakan latihan benar-benar membantu seseorang mendapatkan terorganisir dan
    Sebagai permulaan, ketika Anda adalah orang yang malas, sulit untuk mengambil langkah pertama, tapi itu semua soal melakukan diri Anda untuk sesuatu yang akan memberikan Anda banyak umpan balik positif. Setelah Anda mulai melakukan latihan dan mengamati hasil positif, Anda benar-benar menikmatinya. Dibutuhkan banyak usaha dan kemauan yang kuat, tapi itu worth it. Hal utama yang harus dilakukan adalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang Anda suka. Jika Anda melakukannya Anda akan mulai mengatur hari Anda dengan cara yang memungkinkan Anda untuk melakukan segala sesuatu yang Anda harus, termasuk berolahraga. Anda tidak akan lagi menjadi orang stres-out tanpa waktu untuk melanjutkan dengan semua kegiatan Anda.
    Kedua, jelas bahwa setelah Anda berolahraga Anda akan memiliki kondisi yang lebih baik. Anda akan lebih sehat dengan cara fisik. Ini adalah kemungkinan bahwa Anda akan kehilangan berat badan dan otot-otot Anda akan mendapatkan lebih kuat dan lebih kuat. Tubuh Anda akan merasa baik, penuh energi dan akan segera merespon tindakan apapun yang ingin Anda lakukan, setiap kegiatan yang harus dilakukan dengan semangat tinggi.
    Alasan ketiga mengapa berolahraga yang baik adalah bahwa hal itu mempengaruhi Anda secara positif dengan cara mental dan psikologis. Melakukan latihan akan membantu Anda menetapkan tujuan yang spesifik yang bersama dengan kemauan yang kuat dapat dicapai. Ketika Anda melakukan itu, Anda menyadari kemampuan Anda, menerima kelemahan Anda, dan harga diri Anda naik. Olahraga mengalihkan perhatian Anda karena membantu Anda untuk tidak berpikir tentang sekolah, teman-teman, masalah, antara lain. Ini membawa Anda waktu untuk berpikir tentang diri sendiri dan tidak ada orang lain. Ini membantu Anda menjaga pikiran Anda sibuk dan menghindari kebiasaan berbahaya seperti obat-obatan.
    Melakukan latihan sangat penting untuk setiap orang dari segala usia. Efek positif dari berolahraga, yang saya sudah sebutkan, seperti rantai. Setelah Anda melakukan aktivitas olahraga yang Anda sukai, Anda mendapatkan terorganisir; Oleh karena itu, Anda mulai melakukan hal-hal dengan cara yang benar dan mendapatkan manfaat yang sangat besar yang membuat Anda merasa baik sebagai manusia yang utuh. Anda mulai menjalani hidup Anda bahagia.

    ReplyDelete
  20. How To Use The Internet Should Be Required
    In this age of technology all students in the Montana University System should be required to learn Internet use, and there should be a course to teach it as a core requirement.
    The first reason is going to school in the twenty-first century almost all classes require some computer use. Every time you go to the library at M.S.U.C.O.T, you need to know how to go online as there are very few books anymore, and almost everything is on the Web.
    Following that when you go to find a job, more and more companies are using computers. It’s getting almost impossible to find a job that dosen’t require computer skills of some sort. One of the big things is communications within the company. Most companies use electronic communications of some sort, such as e-mail or memos on line.
    Even the jobs people used to think of as unskilled labors such as a mechanic are using computers. All cars built today have a computer built into them. The mechanic uses it to figure out what’s wrong with your car, then a lot of time they go online to find out the beat way to fix it faster, saving time and money.
    Some people might say that the courses that need to have computer skills have them built into them, but I say we should get a jump on the future and have all students learn the internet. If people don’t learn it, they will fall behind in the job market and in life.

    ReplyDelete
  21. Mengetahui Cara Menggunakan Internet Itu Keharusan
    Pada era teknologi saat ini, semua mahasiswa di Universitas Montana diminta untuk belajar menggunakan Internet, dan harus ada mata kulia tentang cara menggunakan Internet sebagi mata kuliah wajib. Alasan pertama adalah bahwa kuliah pada abad kedua puluh satu ini menharuskan punya pengetahuan pemanfaatan kompueter pada hampir semua kelas yang diberikan. Setiap kali kalian pergi ke perpustakaan, kalian seharusnya mengetahui bagaimana untuk belajr secara online karena hanya sangat sedikit saja buku yang tersedia secara fisik, dan hampir semuanya ada dalam bentuk Website.
    Kemudian ketika kalia mau mencari pekerjaan, semakin banyak perusahaan yang menggunakan komputer. Hampir mustahil mendapatkan jenis pekerjaan yang tidak mensyaratkan keterampilan komputer. Salah satunya adalahurusan komunikasi. Sebagian besar perusahaan menggunakan komunikasi elektronik dengan berbagai macam bentuknya, seperti e-mail atau memo Online.
    Bahkan jenis-jenis pekerjaan yang dulunya dikelompokkan sebagai “unskilled labour”, tenaga kerja tidak berktrampilan tingkat tinggi seperti perbengkelan saat ini justru harus menggunakan komputer. Semua mobil yang diproduksi hari ini justru memasukkan komponen koputer didalamnya. Para montir menggunakan komputer itu untuk mencari tahu apa yang salah dengan mobil tersebut. Para montir tersebut bergelut dengan media Online untuk mencari tahu cara memperbaikinya engan lebih cepat, sehingga bisa menghemat waktu dan uang.
    Beberapa orang mungkin berpikir bahawa kemampuan menggunakan komputer itu sudah melekat pada semua mata kuliah yang telah diberikan selama ini, tapi saya harus katakan bahwa kita harus melakukan lompatan ke masa depan dan mengharuskan semua maha siswa belajar internet. Jika orang tidak belajar Internet, mereka akan tertinggal dibelakang dalam dunia kerja dan kehidupan.

    ReplyDelete
  22. Why Should Wearing a Helmet when Motorcycling
    We often hear lots of stories from road regarding people taking spill on motorcycle when they are riding without using helmet. Mostly the riders badly end up in mess.
    Wearing a fitted protective helmet offers many benefits which reduces the negative aspects of riding. First and the most important is that wearing the correct helmet can save a rider’s life, physical ability, family pain, and money. The recommended designs of motorcycle helmets can provide total protection. They not only protect riders from getting a worse road injured accident but also from flying bugs, such as rain, sleet, mud and other potential projectiles.
    Second, wearing a helmet can gives the raiders a matter of style. Helmets give the opportunity for rider to express the image they may want to project when riding on they way. This benefit may not be important to some people, but to others, it means a lot and important. By choosing the most appropriate helmet from all of the various styles, such as beanie, shorty, German, and many others, wearing a helmet which can projecting an image is an inherent crucial part of motorcycling and help riders feel more confident when riding on the road.
    However, what most important is wearing helmet when riding is a matter of using it properly. Bikers should use the helmets which are fixed to their head. It is really not good if they places simply the helmets on the head without settling them properly. The bikers should fasten the helmet correctly to their head in order to get safe and comfort.
    12.Mengapa Harus Memakai Helm ketika Sepeda Motor
    Kita sering mendengar banyak cerita dari jalan mengenai orang yang memakai tumpahan sepeda motor ketika mereka mengendarai tanpa menggunakan helm. Sebagian besar pengendara buruk berakhir dalam kekacauan.
    Mengenakan helm pelindung dipasang menawarkan banyak manfaat yang mengurangi aspek-aspek negatif dari berkuda. Pertama dan yang paling penting adalah bahwa memakai helm yang benar dapat menyelamatkan nyawa pengendara, kemampuan fisik, nyeri keluarga, dan uang. Desain yang direkomendasikan helm sepeda motor dapat memberikan perlindungan total. Mereka tidak hanya melindungi pengendara dari mendapatkan kecelakaan di jalan terluka parah tetapi juga dari bug terbang, seperti hujan, hujan es, lumpur dan proyektil potensial lainnya.
    Kedua, memakai helm dapat memberikan perampok masalah gaya. Helm memberikan kesempatan bagi pengendara untuk mengekspresikan citra mereka mungkin ingin proyek ketika menunggangi mereka cara. Manfaat ini mungkin tidak penting untuk beberapa orang, tetapi untuk orang lain, itu berarti banyak dan penting. Dengan memilih helm yang paling tepat dari semua berbagai gaya, seperti beanie, kerdil, Jerman, dan banyak lainnya, mengenakan helm yang dapat memproyeksikan gambar merupakan bagian penting yang melekat dari sepeda motor dan membantu pengendara merasa lebih percaya diri ketika naik di jalan.
    Namun, apa yang paling penting adalah memakai helm saat mengendarai adalah masalah menggunakannya dengan benar. Bikers harus menggunakan helm yang tetap untuk kepala mereka. Ini benar-benar tidak baik jika mereka menempatkan hanya helm di kepala tanpa menyelesaikan dengan benar. Para bikers harus mengikat helm dengan benar untuk kepala mereka untuk mendapatkan aman dan kenyamanan.

    ReplyDelete
  23. Consume Water to Have Beauty
    As we know that so much water in the world. There are many kinds of water that we can consume every day all time.
    Consuming water can be made as therapy of disease, because water that we consume with enough amounts and the right method can purify of poisons in our body. The therapy of water can save water availability in the body.
    Therapy of water can keep the beauty too. Skins is the out part of the body that has contact with dirty air, sun light and pollutions. To keep the skin elasticity, water is needed in the enough amounts. Water can dampen of skin until not easy to dry and make crimp.
    To keep the balancing of size body, water is needed. In fact, water can increase the metabolism and pressing of eat desire. Consume a lot of water can filtrate much calories.
    So, let’s consume water everyday at least eight glasses to keep our healthy and beauty. But, the water must be clean and hygiene. Find, buy and consume the best mineral water



    13. Mengkonsumsi Air Untuk Kecantikan
    Seperti yang kita tahu bahwa begitu banyak air di dunia. Ada banyak jenis air yang kita dapat mengkonsumsi setiap hari sepanjang waktu.
    Mengkonsumsi air dapat dibuat sebagai terapi penyakit, karena air yang kita konsumsi dengan cukup jumlah dan metode yang tepat dapat memurnikan racun dalam tubuh kita. Terapi air dapat menyimpan ketersediaan air dalam tubuh.
    Terapi air dapat menjaga keindahan juga. Kulit adalah keluar bagian tubuh yang memiliki kontak dengan udara kotor, cahaya matahari dan polusi. Untuk menjaga elastisitas kulit, air yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Air dapat meredam kulit sampai tidak mudah kering dan membuat halangan.
    Untuk menjaga keseimbangan ukuran tubuh, air yang dibutuhkan. Bahkan, air dapat meningkatkan metabolisme dan menekan dari makan keinginan. Mengkonsumsi banyak air dapat filtrat banyak kalori.
    Jadi, mari kita mengkonsumsi air sehari-hari setidaknya delapan gelas untuk menjaga keindahan sehat dan kami. Tapi, air harus bersih dan higienis. Cari, membeli dan mengkonsumsi air mineral terbaik

    ReplyDelete
  24. Ozone Destruction Because of Global Warming
    Currently we are facing a big problem that can threaten human existence. The problem is global warming. Global warming is the rising of earth’s temperature average abnormally. This phenomenon will lead to the depletion of ozone’s layer in earth’s atmosphere. The ozone’s layer which is supposed to protect us from sun’s ray now starts to perforate so that the sun’s rays directly will light us. This will endanger life of all creatures on earth. The destruction of ozone layer in atmospheres can be caused by our activities that we unknowingly harm us. What’s cause ozone destruction? The following are factors that can damage ozone:
    The first is the use of a motor vehicle which is too much. The development in the field of transportation turned out to be one of the factors causing ozone destruction. We are very addicted on motor vehicle now. We don’t realize that the use of motor vehicle will produce combustion gases such as CO and CO2. These gases will be collected and settle in atmospheres so that it scrapes ozone’s layer gradually. The more motor vehicle used the more CO and CO2 gas will be produced. Consequently, the destruction of ozone will be happened sooner.
    The second is illegal logging. This irresponsible act is done by greedy and irresponsible human being. They continue to cut trees on their behalf without knowing the importance of trees for this earth. Though tree can convert gases CO2 into O2 which are very important for us. Without trees gases CO and CO2 will be increase more and more. Of course this will fasten ozone destruction.
    The third is the development of the industry. The rapid industry development also accelerates the damage of ozone layer. Many factories were established, especially in big cities produce fumes which are very dangerous. Similar to motor vehicle’s fumes, factory’s smoke will also produce gases CO and CO2.
    The fourth is the use of fossil fuels. Today, Human prefers use fossil fuels such as kerosene, gasoline, diesel and others. Fossil fuels are used in all aspects of human life such as household, office and industry. They do not consider that every use of fossil fuels will produce harmful gases for the ozone layer.
    The last is the Use of CFCs (Chloro Fluro Carbon). CFC gases are gases which are generated from the use of spray cans (Aerosol) as perfume, Refrigerator, Air Conditioner and solvent substances. CFC gases that accumulate in the atmosphere will decompose when exposed to ultraviolet light and turn into chlorine atoms which are substances ozone destroyer.
    Based on the discussion above, we can conclude that the destruction of ozone’s layer is as the result of our own actions. Therefore let us stop ruining ozone and keep our protective layer by reducing the use of motor vehicles, looking for alternative sources of energy that are friendly for environmental, reducing the use of tools that produce CFCs and doing reforestation. With the preservation of the ozone layer, we will be safe from the sun’s ray which is very dangerous.

    ReplyDelete
  25. Rusaknya Lapisan Ozon karena Global Warming
    Saat ini kita menghadapi masalah besar yang dapat mengancam keberadaan manusia. masalah besar ini adalah global warming. Global warming adalah menaiknya suhu rata-rata permukaan bumi secara tidak normal. Fenomena ini akan menyebabkan menipisnya lapisan ozone di atmoshper bumi. Lapisan ozon yang seharusnya melindungi kita dari sinar langsung matahari kini mulai berlubang sehingga sinar matahari langsung mengenai kita. hal ini akan membahayakan kehidupan semua makhluk di bumi. Rusaknya lapisan ozon di athmospher dapat disebabkan oleh aktivitas-aktivitas manusia sendiri yang tanpa kita sadari membahayakan kita. apa saja yang menyebabkan rusaknya lapisan ozone? berikut adalah beberapa hal yang kita lakukan yang dapat merusak lapisan ozone:
    Yang pertama adalah penggunaan kendaraan bermotor yang terlalu banyak. kemajuan di dalam bidang transportasi ini ternyata merupakan salah satu faktor penyebab rusaknya lapisan ozone. Kita sangat tergantung dengan kendaraan bermotor. Tanpa kita sadari penggunaan kendaraan bermotor akan menghasilkan gas-gas hasil pembakaran seperti CO dan CO2. Gas-gas ini akan terkumpul dan mengendap di athmosphere sehingga mengikis lapisan ozone. Semakin banyak kendaraan bermotor semakin banyak pula gas CO dan CO2 yang dihasilkan. Akibatnya semakin cepat pula perusakan lapisan ozone ini.
    Yang kedua adalah penebangan hutan liar. Perbuatan yang sangat tidak bertanggung jawab ini dilakukan oleh manusia-manusia yang rakus tidak bertanggung jawab. Mereka terus menebang pohon yang ada demi kepentingan mereka tanpa mengetahui betapa pentingnya pohon untuk bumi ini. Padahal pohon bisa mengubah gas-gas CO2 menjadi O2 yang sangat penting buat kita. Tanpa adanya pohon gas-gas CO dan CO2 akan semakin banyak. tentunya hal ini akan mempercepat kerusakan Ozone.
    Yang ketiga adalah perkembangan industry. perkembangan industry yang sangat pesat juga ikut mempercepat kerusakan lapisan ozone. Banyak pabrik-pabrik yang berdiri terutama di kota-kota besar dan menghasilakn asap-asap hasil produksi yang sangat berbahaya. Sama halnya dengan asap kendaraan bermotor, asap pabrik ini juga menghasilakn gas-gas CO dan CO2.
    Yang keempat adalah penggunaan bahan bakar fosil. manusia saat ini sangat tergantung dengan penggunaan bahan bakar fosil seperti Minyak tanah, bensin, solar dan lain-lain. Bahan bakar fosil ini digunakan di semua aspek kehidupan manusia seperti keperluan rumah tangga, perkantoran dan industry. setiap penggunan bahan bakar fosil akan menghasilkan gas-gas berbahaya buat lapisan ozone.
    Yang terakhir adalah Pengunaan gas CFC (Kloro Fluro Karbon). Gas CFC merupakan gas-gas yang dihasilkan dari penggunaan kaleng-kaleng penyemprot (Aerosol) seperti farfume, Lemari Es, Air Conditioner dan zat-zat pelarut. Gas CFC yang menumpuk di atmosphere tersebut akan terurai apabila terkena sinar ultra violet dan berubah menjadi atom klorin yang merupakan zat penghancur ozon.
    Berdasarkan diskusi diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa Perusakan lapisan ozon merupakan hasil dari perbuatan kita sendiri. oleh karena itu marilah kita berhenti merusak dan menjaga lapisan pelindung kita ini dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mencari sumber alternative energy yang ramah lingkungan, mengurangi penggunaan alat-alat yang menghasilkan CFC dan melakukan Reboisasi. dengan terjaganya lapisan ozone kita, kita akan selamat dari sinar matahari yang sangat berbahaya.

    ReplyDelete
  26. Let’s Make City Clean and Fresh
    A clean and fresh city will surely make the inhabitantshealthy. Every morningespecially in dry season, all roads must be watered with clean water and swept by the workers of the regionalgovernment under the Major’s instruction.
    To keep the people from heavy pollution caused by cars, trucks andmotorcycles, enough trees must be planted along all roads. Every building or house in the city must be surrounded short and small trees which bear colorful flower.
    Bad and improper habits which cause disadvantages, bad smell and dangerous diseases to people such as smoking and throwing rubbish anywhere should be stopped at once.
    The major of each city will have to think over the way how to educate people, so that they realize on how important cleanliness and health are for their own sake. Building more public lavatories at every busy place is very badly needed.
    It will be wise if the Major decides a certain amount of fine to be paid by those who disobey the government regulation on cleanliness matter. A man who urinate not at lavatory, smoke not at smoking room or throw rubbish at the roads should be fined for instance. Besides dirtying the environment with cigarettes’ butts, smoking will also cause pollution and lungs disease to other people.
    So bad habits and impolite attitude should be immediately stopped, otherwise the city will be dirty, unhealthy badly polluted and will never attract foreign or domestic tourist.

    ReplyDelete
  27. Mari Membuat Kota Bersih dan Segar
    Sebuah kota yang bersih dan segar pasti akan membuat inhabitantshealthy tersebut. Setiap morningespecially di musim kemarau, semua jalan harus disiram dengan air bersih dan tersapu oleh pekerja dari regionalgovernment bawah instruksi Mayor.
    Untuk menjaga orang-orang dari polusi berat yang disebabkan oleh mobil, truk andmotorcycles, cukup pohon harus ditanam di sepanjang semua jalan. Setiap bangunan atau rumah di kota harus dikelilingi pohon-pohon pendek dan kecil yang menanggung bunga berwarna-warni.
    Kebiasaan buruk dan tidak tepat yang menyebabkan kerugian, bau dan penyakit berbahaya untuk orang seperti merokok dan membuang sampah di mana saja harus dihentikan sekaligus.
    Utama dari masing-masing kota harus memikirkan cara bagaimana untuk mendidik masyarakat, sehingga mereka menyadari tentang betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan untuk kepentingan mereka sendiri. Membangun toilet lebih umum di setiap tempat yang sibuk sangat sangat dibutuhkan.
    Ini akan menjadi bijaksana jika Mayor memutuskan sejumlah denda yang harus dibayar oleh mereka yang tidak mematuhi peraturan pemerintah tentang masalah kebersihan. Seorang pria yang buang air kecil tidak di WC, merokok tidak di ruang merokok atau membuang sampah di jalan-jalan harus didenda misalnya. Selain mengotori lingkungan dengan puntung rokok ', merokok juga akan menyebabkan polusi dan paru-paru penyakit kepada orang lain.
    Kebiasaan begitu buruk dan sikap sopan harus segera dihentikan, jika tidak kota akan menjadi kotor, tidak sehat buruk tercemar dan tidak akan pernah menarik wisatawan asing atau domestik.

    ReplyDelete
  28. Garbage

    Garbage is unwanted material after the end of a process. Garbage is defined by human based on the degrees of the use. In natural processes actually, there is no concept of garbage, there are only products produced after and during the process was held. Because in human life there is a definition of environment concept, garbage can be divided based on its types.

    The location of waste management which is inadequate and uncontrolled is a suitable place for some organisms and attractive to various animals like flies and dogs which can cause disease.

    The potential danger of health that can inflict by garbage are as follows: cholera, and typhus that spread rapidly because of the virus that derived from improper waste management can be mingled with drinking water, a disease of dengue fever that can also increase rapidly in regions with less adequate management of garbage, a fungus disease, a disease that can spread through the food chain. An example is a disease by the tapeworm. A report says that in Japan about 40,000 people died due to consuming fish that has been contaminated by mercury. Mercury is derived from garbage dumped into the sea by the factory that produces a battery and accumulator.

    Seepage liquid waste that goes into the river will pollute water or drainage. A variety of organisms including fish can die so that some species will disappear, this causes a changing of biological water ecosystem. The decomposition of garbage dumped into the water will produce an organic acid and gas-liquid organic, such as methane. Besides the smelling is bad, the gas can explode in a high concentration.

    Waste management, that is detrimental, can form an uncomfortable environment for the people, unpleasant and bad smell because the garbage scattered everywhere. It gives negative impact on tourism. Inadequate waste management causes low level of public health. The important thing here is increasing indirect fund to treat people in the hospital.

    Solid waste disposal to the main water can cause flood and for will give the impact to the facilities and public services such as roads, the bridge, drainage, and others. Other infrastructures can also be affected by inadequate waste management, as high as the cost to water conservation. People also tend to throw garbage on the road. This case causes the road is needed often cleaning and repairing.

    To handle and solve this problem, I think it is not only the government’s responsibility but also the community’s. We must also participate in helping government. How to do it? It is easy! Just fix first the ethics of disposing the garbage in the right way and place. Train ourselves to dispose the waste in the right place. It is easy to say, but it feels difficult to do. Everything should be based on with the inner intention. Then, what should we do with the garbage or waste? Maybe we can try the se following ideas such as: reuse it as the craft, recycle it and use it as the basic building material.

    ReplyDelete
  29. Sampah

    Sampah adalah bahan yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia berdasarkan tingkat penggunaan. Dalam proses alam sebenarnya, tidak ada konsep sampah, hanya ada produk yang dihasilkan setelah dan selama proses berlangsung. Karena dalam kehidupan manusia ada definisi konsep lingkungan, sampah dapat dibagi berdasarkan jenisnya.

    Lokasi pengelolaan sampah yang tidak memadai dan tidak terkendali adalah tempat yang cocok untuk beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menyebabkan penyakit.

    Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh sampah adalah sebagai berikut: kolera, tifus dan yang menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari pengelolaan limbah yang tidak tepat dapat bercampur dengan air minum, penyakit demam berdarah yang juga dapat meningkat dengan cepat di daerah dengan manajemen sampah yang kurang memadai, penyakit jamur, penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Contohnya adalah penyakit dengan cacing pita. Sebuah laporan mengatakan bahwa di Jepang sekitar 40.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh merkuri. Mercury berasal dari sampah yang dibuang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator.

    Limbah cair rembesan yang masuk ke sungai akan mencemari air atau drainase. Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan hilang, ini menyebabkan perubahan ekosistem perairan biologis. Dekomposisi sampah dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik, seperti metana. Selain berbau busuk, gas bisa meledak dalam konsentrasi tinggi.

    Pengelolaan limbah, yang merugikan, dapat membentuk lingkungan yang tidak nyaman bagi orang-orang, bau yang tidak menyenangkan dan buruk karena sampah berserakan di mana-mana. Ini memberikan dampak negatif pada pariwisata. Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Yang penting di sini adalah meningkatkan dana langsung untuk mengobati orang di rumah sakit.

    Pembuangan limbah padat ke dalam air dapat menyebabkan banjir dan akan memberikan dampak terhadap fasilitas dan pelayanan publik seperti jalan, jembatan, drainase, dan lain-lain. Infrastruktur lainnya juga dapat dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, setinggi biaya untuk konservasi air. Orang juga cenderung membuang sampah di jalan. Kasus ini menyebabkan jalan perlu sering dibersihkan dan diperbaiki.

    Untuk menangani dan mengatasi masalah ini, saya pikir itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat. Kita juga harus berpartisipasi dalam membantu pemerintah. Bagaimana cara melakukannya? Sangat mudah! Pertama, memperbaiki etika membuang sampah dengan cara yang benar dan tepat. Melatih diri kita untuk membuang sampah di tempat yang tepat. Sangat mudah untuk mengatakan, tapi rasanya sulit untuk dilakukan. Semuanya harus didasarkan pada dengan maksud batin. Lalu, apa yang harus kita lakukan dengan sampah atau limbah? Mungkin kita bisa mencoba ide-ide seperti: menggunakannya kembali sebagai kerajinan, daur ulang dan menggunakannya sebagai bahan dasar bangunan.

    ReplyDelete
  30. Ande Ande Lumut

    A long time ago, there were two Kingdom in a region called Kahuripan. They are Jenggala Kingdom, ruled by King Jayengnegara, and Kediri Kingdom, ruled by King Jayengrana. The two kings were asked to unify their kingdom by their ancestor King Airlangga. They finally decided to do it through a marriage of their descendant, prince Panji Asmarabangun (son of king Jayengnegara) and princess Dewi Sekartaji (daughter of king Jayengrana). They all live happily together as a big family.

    One day the kingdom was attacked by enemy. The battle was fierce that it could endangered the live of princess Dewi Sekartaji. The princess decided to flee and hide in a village far away from Jenggala. In order to protect herself princess Dewi Sekartaji changed her identity into Kleting Kuning and lived in a woman’s house by the name Nyai Intan with her daughter: Kleting Abang, Kleting Ijo and Kleting Biru.

    Nyai Intan turned out to be an evil lady. She made Kleting Kuning to do all the house work such as cooking, doing the laundry, cleaning the house every day. Her daughter was no different, they acted as if Kleting Kuning was their house maid. They yelled at her whenever they want something. They only fed Kleting Kuning once a day.

    Meanwhile at the kingdom, prince Panji Asmarabangun had successfully defeat the enemy. At that moment, he realized that his beloved wife was not in the palace anymore and no one knew her whereabout. He was so sad and he decided to sent some of his body guard to search for his wife. They went for a couple of days until one day, one of the body guard returned to the palace with a news.

    “Your majesty, please forgive me to interrupt your rest” said the body guard.

    “It’s okay. Have you located my wife, soldier?” said the prince.

    “My apology Your majesty, I have not find your wife yet, but I found a girl that looked like princess Dewi Sekartaji in a village far away from here. I couldn’t confirmed it yet because she was working in a house of a rich widow as a house maid.” Said the body guard.

    The prince decided to disguise as a handsome and rich man looking for a wife to attract the girl to come to him so that he will be able to see if the girl was truly his beloved wife or not. He went to Dadapan village near Bengawan Solo river. The village was right across the village where Kleting Kuning lived. The prince stayed in an old widow house by the name Mbok Randa and changed his name into Ande Ande Lumut.

    Kleting Abang, Ijo and Biru were very happy to hear the news. All of them wish to marry the handsome Ande Ande Lumut. They prepared themselves and they wore their best clothes so they became pretty. Kleting Kuning tried to praise them but she got mockery in return from her sisters. They did not allowed Kleting Kuning to go to Dadapan village to see Ande Ande Lumut. They sent her to the river to do the laundry and she followed.

    ReplyDelete
  31. Kleting Kuning collected all the dirty clothes and went to the river. Truthfully, she had no intention to go with her sister to Dadapan village because she only love one man in her live and the man is her husband, prince Panji Asmarabangun. She promised to herself that she will always be faithful to her husband.

    When she was doing the laundry, suddenly a crane came to her. The crane can talk just like human and it brought a whip on its claw. The crane started talking to the princess, it said that the princess have to go to Dadapan village and she will meet her husband, prince Panji Asmarabangun, in the village. The crane also gave her the whip and ask her to use it when she needed it. After that the crane left. Kleting Kuning rushed back to the house and prepare herself to go to Dadapan village.

    Meanwhile Kleting Abang, Ijo and Biru were already at the river bank. The river was very large and there was no boat around. When they were still trying to figure out how to get to the other side of the river, Kleting Abang saw a huge creature floating on the water. It was a giant crab and its name is Yuyu Kangkang. They didn’t know that Yuyu Kangkang was actually the servant of Ande Ande Lumut and it was assigned to test every candidate of his wife.

    Kleting Abang asked if Yuyu Kangkang was willing to take them to the other side of the river. Yuyu Kangkang smiled and said, he will take them on his back to the other side of the river if they agree to kiss him as the reward. All of them agree to Yuyu Kangkang request because they really want to go to Dadapan village, so they kissed the giant crab. After that Yuyu Kangkang took all of them across the river.

    ReplyDelete
  32. Kleting Kuning collected all the dirty clothes and went to the river. Truthfully, she had no intention to go with her sister to Dadapan village because she only love one man in her live and the man is her husband, prince Panji Asmarabangun. She promised to herself that she will always be faithful to her husband.

    When she was doing the laundry, suddenly a crane came to her. The crane can talk just like human and it brought a whip on its claw. The crane started talking to the princess, it said that the princess have to go to Dadapan village and she will meet her husband, prince Panji Asmarabangun, in the village. The crane also gave her the whip and ask her to use it when she needed it. After that the crane left. Kleting Kuning rushed back to the house and prepare herself to go to Dadapan village.

    Meanwhile Kleting Abang, Ijo and Biru were already at the river bank. The river was very large and there was no boat around. When they were still trying to figure out how to get to the other side of the river, Kleting Abang saw a huge creature floating on the water. It was a giant crab and its name is Yuyu Kangkang. They didn’t know that Yuyu Kangkang was actually the servant of Ande Ande Lumut and it was assigned to test every candidate of his wife.

    Kleting Abang asked if Yuyu Kangkang was willing to take them to the other side of the river. Yuyu Kangkang smiled and said, he will take them on his back to the other side of the river if they agree to kiss him as the reward. All of them agree to Yuyu Kangkang request because they really want to go to Dadapan village, so they kissed the giant crab. After that Yuyu Kangkang took all of them across the river.

    ReplyDelete
  33. Ande Ande Lumut

    Pada jaman dahulu kala, terdapat dua kerajaan di sebuah wilayah yang disebut Kahuripan. Mereka adalah Kerajaan Jenggala, dipimpin oleh Raja Jayengnegara, dan Kerajaan Kediri, dipimpin oleh Raja Jayengrana. Kedua raja diminta untuk menyatukan kerajaan mereka oleh leluhur mereka Raja Airlangga. Mereka akhirnya memutuskan untuk melakukannya melalui pernikahan keturunan mereka, pangeran Panji Asmarabangun (anak dari Raja Jayengnegara) dan putri Dewi Sekartaji (anak dari Raja Jayengrana). Mereka semua hidup bahagia sebagai keluarga besar.

    Suatu hari kerajaan itu diserang oleh musuh. Pertarungan nya sangat sengit hingga itu bisa membahayakan nyawa dari putri Dewi Sekartaji. Sang putri pun memutuskan untuk melarikan diri dan bersembunyi di sebuah desa yang jauh dari Jenggala. Untuk melindungi dirinya sang putri Dewi Sekartaji merubah identitasnya menjadi Klething Kuning dan tinggal di rumah seorang wanita bernama Nyai Intan dengan anak-anak perempuannya: Kleting Abang, Kleting Ijo dan Kleting Biru.

    Nyai Intan ternyata adalah seorang wanita yang jahat. Dia membuat Kleting Kuning mengerjakan semua pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci pakaian, dan membersihkan rumah itu setiap hari. Anak-anak perempuannya juga tidak jauh berbeda, mereka bertindak seolah olah Kleting Kuning adalah pembantu di rumah mereka. Mereka berteriak pada nya kapanpun mereka menginginkan sesuatu. Mereka hanya memberi Kleting Kuning makan satu kali dalam sehari.

    Sementara itu di kerajaan, pangeran Panji Asmarabangun telah berhasil mengalahkan musuh. Pada saat itu, dia menyadari bahwa istri tercintanya tidak berada di istana lagi dan tidak ada satupun yang mengetahui keberadaannya. Dia sangat sedih dan dia memutuskan untuk mengirim beberapa pengwalnya untuk mencari istrinya. Mereka pergi selama beberapa hari hingga pada suatu hari, salah satu pengawal kembali ke istana dengan sebuah berita.

    “Yang mulia, mohon maafkan saya mengganggu istirahatanda” kata pengawal.

    “Tidak apa. Apakah kamu sudah menemukan istriku, prajurit?” kata pangeran.

    “Maafkan saya yang mulia, saya belum menemukan istri anda, namun saya menemukan seorang gadis yang terlihat mirip dengan putri Dewi Sekartaji di sebuah desa yang jauh dari sini. Saya belum bisa memastikan itu karena dia bekerja di sebuah rumah janda kaya sebagai pembantu.” Ungkap pengawal itu.

    ReplyDelete
  34. Pangeran memutuskan untuk menyamar sebagai pria tampan dan kaya yang sedang mencari istri untuk menarik gadis itu untuk datang padanya agar dia bisa memastikan apakah gadis itu benar-benar istri tercintanya atau bukan. Dia pergi ke desa Dadapan dekat sungai Bengawan Solo. Desa itu berada tepat di seberang desa dimana Kleting Kuning berada. Pangeran tinggal di rumah seorang janda tua yang bernama Mbok Randa dan merubah namanya menjadi Ande Ande Lumut.

    Kleting Abang, Ijo dan Biru sangat gembira mendengar berita itu. Mereka semua berharap bisa menikah dengan si tampan Ande Ande Lumut. Mereka mempersiapkan diri dan memakai pakaian terbaik mereka sehingga mereka terlihat cantik. Kleting Kuning mencoba memuji mereka namun dia mendapatkan ejekan sebagai balasan dari kakak-kakak nya. Mereka tidak mengijinkan Kleting Kuning untuk pergi ke desa Dadapan untuk melihat Ande Ande Lumut. Mereka menyuruhnya pergi mencuci baju di sungai dan dia menuruti itu.

    Kleting Kuning mengumpulkan semua pakaian kotor dan pergi ke sungai. Sebenarnya, dia tidak memiliki niat untuk pergi bersama kakak-kakak nya ke desa Dadapan karena dia hanya mencintai satu orang dalam hidupnya dan pria itu adalah suami nya, pangeran Panji Asmarabangun. Dia berjanji pada drinya sendiri bahwa dia akan selalu setia pada suaminya.

    Ketika dia sedang mencuci pakaian, tiba-tiba seekor burung bangau datang padanya. Burung bangau itu bisa bicara layaknya manusia dan hewan itu membawa sebuah cambuk di cakarnya. Burung bangau itu mulai berbicara pada sang putri, ia berkata bahwa sang putri harus pergi ke desa Dadapan dan dia akan bertemu dengan suami nya, pangeran Panji Asmarabangun, di desa itu. Burung bangau itu juga memberikannya cambuk itu dan memintanya untuk menggunakannya ketika dia membutuhkannya. Setelah itu burung bangau itu pergi. Kleting Kuning bergegas kembali ke rumah dan menyiapkan dirinya untuk pergi ke desa Dadapan.

    Sementara itu, Kleting Abang, Ijo dan Biru telah berada di tepi sungai. Sungai itu sangat luas dan tidak ada perahu disekitar sana. Ketika mereka sedang mencoba mencari cara untuk bisa sampai kesebrang sungai, Kleting Abang melihat seekor makhluk berukuran besar mengambang di atas air. Itu adalah seekor kepiting raksasa dan namanya adalah Yuyu Kangkang. Mereka tidak tau bahwa Yuyu Kangkang sebenarnya adalah pelayan dari Ande Ande Lumut dan ia ditugaskan untuk menguji setiap calon istrinya.

    Kleting Abang menanyakan apakah Yuyu Kangkang bersedia membawa mereka ke sisi sebrang sungai. Yuyu Kangkang tersenyum dan berkata, dia akan membawa mereka di punggungnya ke sisi sebrang sungai jika mereka setuju untuk mencium nya sebagai imbalan. Mereka semua setuju dengan permintaan Yuyu Kangkang karena mereka sangat ingin pergi ke desa Dadapan, jadi mereka mencium kepiting raksasa itu. Setelah itu Yuyu kangkang membawa mereka semua menyebrangi sungai.

    Beberapa menit kemudian, Kleting Kuning juga sampai di pinggir sungai. Dia membawa cambuk dari burung bangau itu bersamanya. Yuyu kangkang memberikannya penawaran yang sama seperti kakak-kakak nya namun dia menolak. Dia terus meminta Yuyu Kangkang untuk membawanya dan Yuyu Kangkang terus meminta penawaran yang sama namun dia tidak merubah pemikirannya. Kehilangan kesabarannya, Kleting Kuning memukulkan cambuk itu ke sungai dan dalam sekejap air nya surut. Yuyu Kangkang ketakutan melihat hal itu dan dia membawa Kleting Kuning ke sebrang sungai dengan gratis.

    Ketiga saudari itu tiba duluan sebelum Kleting Kuning. Mereka menunjukkan kecantikan mereka kepada Ande Ande Lumut dengan segera. Sayangnya, Ande Ande Lumut memutuskan untuk tidak memilih salah satu dari mereka. Mereka kecewa dan meminta dia untuk menjelaskan alasannya. Ketika Ande Ande Lumut baru saja akan menjelaskan alasannya kepada ketiga saudari itu, tiba-tiba Kleting Kuning sampai di pintu. Ande Ande Lumut berjalan kearahnya dengan segera dan dia berkata,”Aku memilih gadis ini untuk menjadi istriku.”.

    ReplyDelete
  35. Ketiga saudari itu menjadi sangat marah, dan mereka mengatakan “mengapa kau tidak memilih salah satu dari kami?”. Setelah itu Ande Ande Lumut memperkenalkan mereka pada teman setianya, Yuyu Kangkang, dan dia berkata, “Aku tidak memilih salah satu diantara kalian karena kalian memberikan ciuman kalian yang berharga kepada Yuyu Kangkang dengan sangat mudahnya, dan satu-satunya yang menolak untuk melakukan itu adalah Kleting Kuning”. Kleting Kuning sangat gembira karena dia langsung mengenali suaminya sejak pertama dia berdiri di pintu itu. Dia menggunakan cambuk ajaib itu dan merubah dirinya kembali menjadi seorang putri yang cantik. Akhirnya mereka bersatu kembali dan hidup di istana mereka dengan bahagia bersa

    ReplyDelete
  36. bersama dengan Mbok Randa yang telah membantu pangeran untuk kembali bersama istrinya.
    Bawang Merah Bawang Putih

    Once upon a time, there lived a widow with a beautiful daughter and a beautiful stepdaughter. Her daughter’s name is Bawang Merah and her stepdaughter’s name is Bawang Putih. Her husband, Bawang Putih’s biological father, had passed away a long time ago. The three of them live in a small village.

    The widow was not a nice lady. She treated Bawang Putih very badly. She made Bawang Putih to do all the chores such as doing the laundry, serving the meal, cleaning the house, keeping the weter supply and many more. Her daughter, Bawang Merah, is just like her. She is lazy, arrogant, greedy and envious. She treated Bawang Putih as a house maid for her. Whereas Bawang Putih is the opposite of her stepsister. She is humble, unpretentious, diligent, honest and kind hearted. She always follow her stepmother’s instruction without complaining.

    One day, Bawang Putih was doing the laundry at the river bank. She was too busy cleaning the clothes that she didn’t realize that one of her stepmother’s favorite clothes fell into the river and drifted away. By the time she had finished the laundry, she realized that there was a missing clothes. She tried to look for it anywhere, but she couldn’t find it. She was so worried, because she knew that her stepmother will be very angry when she found out that her favorite clothes was missing.

    Bawang Putih decided to follow the river flow hoping that she will find the lost clothes. Every time she met someone near the river, she would asked them about the clothes, but no one saw it until she met a fisherman who claimed to have seen it floating in front oh him a while ago. The fisherman told Bawang Putih to chase it, because he believed that the clothes must be not far from there. Bawang Putih thanked the fisherman and continue her search.

    Bawang Putih kept walking at the river bank until she saw that there is an intersection of the river that flow into a cave. She entered the cave and she found out that there is an old woman living in the cave alone. Bawang Putih asked to the old woman about the missing clothes. It turned out that the old woman found it in front of the cave and kept it. Bawang Putih asked the old woman to return the clothes to her and she explained that it was her stepmother’s favorite clothes and she will be angry if Bawang Putih didn’t bring it back.

    ReplyDelete