Thursday, February 10, 2022

Gift, Hadiah, Jarahanku dan Tawananmu, Nukilan Game of Thrones Season 5 Episode 7

 

Season 5 di episode 7 ini menceritakan kebengisan dan kedustaan yang menghinggapi watak manusia. Keserakahan akan tahta kekuasan membuat segala jalan ditempuh meski berkubang darah dan perbuatan keji lainnya. Sebuah tontonan yang perlu filter dan renungan mendalam bagaimana perebutan tahta kerajaan dan lika-liku permainan politik dan strategi perang. Drama serial ini sangat menarik, meski film keluaran tahun 2011 namun ceritanya masih apik untuk disimak. Bagaimana perjuangan keluarga Stark yang bertahan untuk tetap survive menjadi  lanskap yang dominan di tengah hiruk pikuk perebutan tahta kerajaan di Seven Kingdoms. Jon Snow, Lord Commande di Nights Watch, menjiwai seorang pimpinan yang pemberani dan tegas dalam mengambil sikap dan keputusan meski resiko sangat tinggi. Di Episode 7 ini, Cersei yang ditangkap dan dipenjara akibat melanggar ajaran the Faith juga menjadi tanda tanya besar dalam peranannya yang ikut menjebloskan ratu Maguire. Serial drama apik ini perlu filter dan saringan yang cukup ketat karena memang produksi film barat yang vulgar baik dari sisi sadisme maupun moral. Nukilan Serial Game of Thrones ini sebetulnya sekilas pesan tentang haus kekuasan dengan berbagai cara mencapainya, namun segala kejahatan tetaplah keburukan hanya kebenaran sejati yang akhirnya menang. Sobat yang suka film action dan kolosal sangat tepat memilih serial drama keluaran tahun 2011 ini, masih sangat layak tonton bagi yang belum mengikuti jalan ceritanya.

Unduh filmnya [GOTS5Ep.7 (425,77 Mb)]

Sunday, November 28, 2021

Class Action Research: Improving Students Ability in Listening Skill Grade 8

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmatNya penulis mendapat kekuatan, semangat, pikiran yang kuat sehingga karya tulis yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual Bagi Siswa Kelas VIII MTs HASBULLAH Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019”, dapat terselesaikan sesuai jadwal waktu yang telah direncanakan.

            Karya ini penulis kerjakan dengan sekuat tenaga, dengan pengorbanan material dan pemikiran untuk pengembangan intelektualitas dan profesionalitas guru Bahasa Inggris MTs Hasbullah Karanganyar.

            Rasa terimakasih perlu penulis sampaikan kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu yang telah membantu sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Untuk itu terimakasih yang sebanyak-banyaknya penulis lanjut sampaikan kepada:

1.      Kepala Madrasah MTs Hasbullah Karanganyar.

2.      Rekan Bapak/Ibu Guru di MTs Hasbullah Karanganyar.

3.      Para siswa dan siswi kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019, yang telah menunjukkan objektivitas yang tinggi sehingga data-data hasil penelitian ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian secara singkat pengantar yang dapat penulis sampaikan, semoga karya ini bermanfaat dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di MTs Hasbullah Karanganyar.

Link dokumen file pdf baca dokumen


Saturday, November 27, 2021

Berlatih Soal Latihan Jelang Penilaian Akhir Semester Gasal Jenjang SMA & MA

 

Otak manusia itu harus dilatih, diasah, sering digunakan untuk berpikir. Maka dengan begitu sel-sel neuron otak, saraf otak akan saling terjalin membentuk jaringan saraf yang aktif. Ribuan bahkan jutaan sel neuron di otak kita akan saling terhubung ketika proses berpikir dan belajar dilakukan rutin setiap hari. Sebaliknya, sel neuron yang ada dalam otak, akan mati, jaringan saraf terputus, apabila jarang digunakan. Sering berlatih, sering berpikir logis, mengasah kemampuan logika kita dengan banyak berpikir dan berdiskusi adalah cara erbaik bagi manusia. Keunggulan manusia dibanding makhluk ciptaan tuhan misalnya hewan dan tumbuhan, adalah dari segi akal, secara fisik otak manusia dan hewan dari segi volume sangat berbeda. Intinya adalah kita sebagai manusia harus berpikir, belajar dan memiliki akal, secara logika manusia mampu berkembang maju, baik secara teknologi modern maupun perkembangan peradaban.
Nah, kita sebagai seorang pelajar, tidak terlepas dari salah satu ciri manusia yang memiliki akal dan daya kritis, seyogyanya harus senantiasa mengasah otak kita dengan aktivitas belajar, berdiskusi, membaca, dan menganalisa fenomena alam dan sosial. Belajar sudah menjadi jati diri seorang pelajar. Tugas dan kewajiban telah menyatu menjadi hak dan kebutuhan akan belajar.
Di akhir pembelajaran semester sudah selayaknya seorang pelajar mempersiapkan dirinya untuk menghadapi kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS), meskipun sehari-harinya telah belajar secara rutin namun persiapan khusus juga diperlukan agar hasilnya juga memuaskan.
Proses belajar itu berlangsung secara berkesinambungan, maka long life educatioan atau pendidikan sepanjang hayat, belajar secara terus menerus perlu dibiasakan dan digalakan.
berikut contoh soal-soal latihan yang bisa digunakan sebagai referensi persiapan ulangan semester, materi pembelajaran bahasa Inggris tingkat SMA & MA;

Friday, October 8, 2021

LKPD MATERI AJAR KD 3.6 THERE IS DAN THERE (LEARNING MATERIALS)

 

LEARNING MATERIAL

“THERE IS” AND “THERE ARE”

  

A.    INTRODUCTION

1.      Short Description

This material deals with the daily activities which practically it requires the mastery of using “there is” and “there are”. This material relates in daily activities to apply social functions, text structures, and linguistic elements of spoken and written transactional interaction texts that involve the act of giving and asking for information regarding the whereabouts of people, objects, animals, according to the context of their use.

On top of that, this learning material will help the students to deepen their knowledge and skill in determining social functions, text structures, and linguistic elements related to transactional texts giving and asking for information regarding the existence of people, objects, animals. And also to complete the missing sentences regarding the number of objects by paying attention to linguistic elements:there is” and “there are.

 

2.      Relevance

Based on its function, there is used to give information regarding the singular person, object or animal. Meanwhile, there are used to give information regarding the plural form of people, objects or animals. It also has correlation with the using of countable and uncountable nouns. Then basically it is going to be very useful for the students to make them to be able to apply the sentence or the expression in real life, the students can use it to give information regarding the existence of people, objects (things), and animals around them. Of course, those expressions will be very helpful for them in the effort to improve their skills in English for the next level.

 

3.      Learning Guide

There are three specific activities to help you achieve the goals of learning this materials namely pre-activity, main-activity, and post-activity.

a.       Pre-activity: building background knowledge about the information regarding the things around their environments. Building background knowledge. Since background knowledge greatly influences comprehension, it is important to have specific concepts of countable and uncountable noun using article a/an and using some. The students can provide themselves with factual information such as the information of existences the things around the classroom and check what the students know about the information of countable and uncountable noun using article a/an and using some. The students understand how to indicate something does not exist with using there isn’t/aren’t any.

b.      Main Activity: Many activities encourage understanding and enjoyment while you are comprehending the materials about there is and there are.

·         Post-it Note: You can write notes while learning

·         Observes numbers of things around the classroom.

·         Identify the objects relates countable and uncountable nouns.

·         Determine the functions contained in there is (singular) and there are (plural).

 

c.       Post-Activity: Questioning, Discussion, Creating, and Presenting.

·         Questioning: Questioning activities encourage the students to think and respond the information and ideas regarding the existence people, objects, and animals using there is and there are relates countable and uncountable nouns.

·         Discussion: Discussion is exchanging ideas out loud. The aim is to freely explore ideas, to learn something new or gain a different perspective by pooling the information or insights that more than one person can give.

·         Creating: the students make five sentences using there is and there are in spoken and written.

·         Presenting: the students read their sentences in front of the class.

 

B.     MATERIAL DESCRIPTION

1.      Learning Outcome

In this learning material, you will learn the following competencies:

a.      Attitude

To uphold and apply religious values, moral values, ethical values, personal and social values (honesty, discipline, accountability, independence), care and respect for differences and diversity.

b.      Knowledge

To apply social functions, text structures, and linguistic elements of spoken and written transactional interaction texts that involve the act of giving and asking for information regarding the existence of people, objects, animals, according to the context of their use. And also to complete the missing sentences regarding the number of objects by paying attention to linguistic elements:there is” and “there are.

c.       Skills

After learning this material, you are expected to be able to:

·         Comprehend countable and uncountable noun with article a/an/the.

·         Comprehend the linguistic elements: there is and there are.

·         Compare among the use linguistic elements: there is and there are.

·         Create five sentences using there is and there are in positive, negative and interrogative form.

·         Then read it in front of the class.

 

2.      Learning Materials and Learning Activities

a.      The definition

"There is and there are" are used to say that something exists.

b.      Social Functions

Mentioning the existence of people, objects, animals. An also describing the existence of people, objects, animals and so on.

c.       Text structure

·         Starting

·         Responding (expected/unexpected)

d.      Linguistic Elements

·         Expressions with There is/are

·         Words that amount not certain: little, few, some, many, much, a lot (of).

·         Preposition phrases: in, on, under, in front of, below, above, and others.

·         Speech, word stress, intonation, spelling, punctuation, and handwriting.

e.       Topics

The presence of people, animals, objects, in the classroom, school, home, and surroundings that can foster the behavior contained in main/ core competence.


Unduh dokumen lengkap LKPD bahan ajar kelas 8 KD 3.6 dalam bentuk word disini [unduh]




Saturday, October 2, 2021

Identifikasi Masalah Pembelajaran: Rendahnya Kemampuan Siswa dalam Reading & Writing

 

Untuk masa depan yang lebih baik, siswa diharapkan mencapai kompetensi yang sudah ditentukan oleh guru. Biasanya dikenal dengan kompetensi dasar (KD) yang ada dalam setiap materi mata pelajaran.
Siswa bisa melejitkan kemampuan belajarnya dengan membaca dan berlatih secara rutin terjadwal. Giat berlatih merupakan kunci sukses belajar.
Hambatan atau permasalahan yang muncul harus dicarikan solusinya. Dengan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang ada maka diharapkan solusi yang diberikan bisa tepat langsung tertuju pada inti masalah.
Rendahnya kemampuan siswa dalam reading dan writing, khususnya dalam mapel bahasa inggris. Dalam pelajaran bahasa inggris dikenal jenis tipe teks/ bacaan berbasis genre, ada juga berupa short functional text. 
Selain bentuk teks, siswa juga belajar ungkapan (expressions) yang mencakup banyak hal, diantaranya expression asking and giving suggestion, praise/ compliment, asking and giving opinion, dsb menyesuaikan grade/ kelas siswa atau peserta didik. Dengan cukup banyaknya materi pelajaran yang ada, siswa harus mampu mengatur bahkan menjadwal aktivitas belajarnya agar materi pelajaran tsb dapat dikuasai dengan komprehensif.
Berikut contoh soal untuk persiapan PTS maupun PHB (Penilaian Harian Bersama). Bisa diunduh dalam bentuk file pdf:
1. latihan soal kelas 10 [unduh pdf]
2. latihan soal kelas 11 [unduh pdf]
3. latihan soal kelas 12 [unduh pdf]





Monday, August 30, 2021

LK 1 Modul Bahasa Inggris Public Information, KB 1 dan 2

Lembar Kerja Belajar Mandiri

Judul Modul: English for public information 

Judul Kegiatan Belajar: Public Notice

Daftar Peta Konsep (Istilah dan definisi)

KB 1. Exploring Public Notice

A.    Definition

A notice is a formal means of communication. The purpose of a notice is to announce or display information to a specific group of people.

B.     The function of Public Notice

-       In social communication, there are many functions or purposes of Notice text, they are used:

-  to give an instruction, information, direction, and  ask people to….

-  to advice/to suggest / to recommend people to….

-  to remind people to….

-  to warn / to give warning

-  to ban / to forbid / to prohibit people to…

C.    Characteristics of Notice Text

Below are the characteristics of notice text:

-   short text (simple words, phrases, or clauses)

-   easy to understand

-   written in capital font

-   mostly use images/pictures

 

D.     Generic Structure

-   Attention gather (optional)

-   Information

-   Closure (optional)

E.    Grammar and Language Features

-   Using Imperative mood (imperative sentence)

-   Using Declarative reference

-   Spoken / written language features



Unduh LK 1Modul Bahasa Inggris KB 1 dan 2 bentuk file versi dokumen/ word bisa diedit, silakan klik [unduh doc]