Saturday, November 16, 2013

membuat KKM

ada beberapa kriteria ketika seorang guru mapel membuat KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal, misalnya saja kompleksitas dari materi yaitu standar kompetensi dan kompetensi dasar, kemudian daya dukung (yang berarti fasilitas yang ada di sekolah tersebut yang mendukung berlangsung proses pembelejaran sesuai dengan mapel dan kompetensi dasar), dan yang terakhir adalah intake siswa itu sendiri.
Oke, bagi bro & sis yang punya masukan bisa share. Di bawah ini contoh kkm Bahasa Inggris:

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: BAHASA INGGRIS


Sekolah              : MA Hasbullah Karanganyar
Kelas                  : XII
Semester            : I (SATU)
KKM                  :  78

Kompetensi Dasar dan Indikator
Standar
KKM
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya dukung
Intake siswa
STANDAR KOMPETENSI
1.1   Mendengarkan
·         Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
78
81
75
78
·         Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan memerintah
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur meminta usulan
77
82
75
78
·         Merespons tindak tutur meminta usulan (mengusulkan)
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur mengeluh
78
81
75
78
·         Menrespons tindak tutur mengeluh
78
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
77
82
75
78
·         Merespons tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
78
81
75
78
·         Merespons tindak tutur memerintah
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
858:11
KKM ( BHS. INGGRIS SK 1 )
78
STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
2.            Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.




2.1          Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan memerintah
77
82
75
78
·         Membuat respons yang tepat terhadap situasi yang diberikan.
77
81
75
78
·         Bermain peran secara berpasangan.
78
81
75
78
Jumlah 1 KD
234:3
KKM ( BHS. INGGRIS SK 2 )
78
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
3.            Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.




·         Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisa si) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dal- am konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menya lahkan, menuduh, meng-ungkapkan keinginta huan dan hasrat, dan menyata kan berbagai sikap
78
82
75
78
·         Mendengarkan percaka- pan interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal
77
82
75
78
·         Mendiskusikan berbagai tindak tutur yang diguna kan dalam percakapan secara berpasangan
77
82
75
78
·         Mendiskuksikan respons yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
78
82
75
78
Jumlah 1 KD
312 : 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 3 )
78
STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
4.            Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.




·         Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosiali- sasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menya lahkan, menuduh, meng-ungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyata kan berbagai sikap
78
81
75
78
·         Membuat respons yang tepat terhadap situasi yang diberikan.
77
82
75
78
·         Bermain peran secara berpasangan.
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
234 : 3
KKM ( BHS. INGGRIS SK 4 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MENDENGARKAN
5.            Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.




·         Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi beberapa teks secara mandiri dan (atau) berkelompok
78
81
75
78
·         Mendengarkan teks melalui tape secara klasikal
78
81
75
78
·         Mendiskusikan isi dan dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
312 : 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 5 )
78
STANDAR KOMPETENSI
BERBICARA
6.            Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari




·         Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
77
82
75
78
·         Menghasilkan teks dan menyampaikan nya di depan kelas
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
159 : 2
KKM ( BHS. INGGRIS SK 6 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MENDENGARKAN
7.            Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari




·         Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
77
82
75
78
·         Mendengarkan pembacaan wacana.
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi informasi yang ada dalam wacana.
77
82
75
78
·         Mendiskusikan isi wacana.
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
312 : 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 7 )
78
STANDAR KOMPETENSI
BERBICARA
8.            Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari




·         Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
78
81
75
78
·         Membuat teks monolog dan menyampaikan nya kepada teman.
79
81
75
78
·         Membuat teks monolog dan menyampaikan nya di depan kelas
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
234 : 3
KKM ( BHS. INGGRIS SK 8 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
9.            Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan




9.1          Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
75
82
75
77
·         Mengidentifikasi beberapa teks secara mandiri atau berkelompok.
77
82
75
78
·         Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
233 : 3
KKM ( BHS. INGGRIS SK 9 )
77, 67
STANDAR KOMPETENSI
MENULIS
10.          Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari




10.1        Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Menulis teks dan mempublikasikannya di kelas
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
156 : 2
KKM ( BHS. INGGRIS SK 10 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
11.          Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan




11.1        Merespons makna dan langkah retorika dalam esai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, explanation, dan discussion
77
82
75
78
·         Membaca teks secara individu.
76
82
75
78
·         Mendiskusikan berbagai aspek dalam teks secara berpasangan.
76
82
75
78
·         Mendiskusikan berbagai aspek dalam teks secara berkelompok.
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
312: 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 11 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MENULIS
12.          Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari




12.1        Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation, dan discussion
78
81
75
78
·         Membuat draft penulisan teks.
77
82
75
78
·         Mengumpulkan bahan yang diperlukan untuk membuat tulisan
76
82
75
78
·         Melakukan penyuntingan terhadap tulisan teman.
77
82
75
78
·         Melakukan penyuntingan terhadap tulisan sendiri.
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
390 : 5
KKM ( BHS. INGGRIS SK 12 )
78

                                                                                                  Karanganyar, September 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                                                      Guru Mata Pelajaran     




SHOFIYAH. S. E.                                                                  Heri Sutanto, S. Pd





KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: BAHASA INGGRIS


Kelas                  : XII
Semester            : II (DUA)
KKM                  : 78

Kompetensi Dasar dan Indikator
Standar
KKM
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya dukung
Intake siswa
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari




·         Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur mencegah
77
82
75
78
·         Merespons tindak tutur mencegah
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur mengkritik
77
82
75
78
·         Merespons tindak tutur mengkritik
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
390 : 5
KKM ( BHS. INGGRIS SK 13 )
78
STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
·         Mengungkapkan makna dalam teks interaksional dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
76
82
75
78
·         Menggunakan tindak tutur mencegah.
77
82
75
78
·         Menggunakan tindak tutur mengkritik.
77
82
75
78
·         Menggunakan tindak tutur mencegah.
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
390 : 5
KKM ( BHS. INGGRIS SK 14 )
78
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
·         Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
78
81
75
78
·         Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana
79
81
75
78
·         Merespons tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan penilaian
76
82
75
78
·         Merespons tindak tutur memberikan penilaian
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
468 : 6
KKM ( BHS. INGGRIS SK 15 )
78
STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
·         Mengungkapkan makna dalam teks interaksional dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
78
81
75
78
·         Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
78
81
75
78
·         Menggunakan tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana
78
81
75
78
·         Menggunakan tindak tutur memberikan penilaian
78
81
75
78
Jumlah 1 KD
312 : 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 16 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MENDENGARKAN
·         Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi topik dari teks
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi tujuan dari teks
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
390 : 5
KKM ( BHS. INGGRIS SK 17 )
78
STANDAR KOMPETENSI
BERBICARA
·         Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Menyampaikan teks secara lisan
76
82
75
78
·         Menggunakan bahasa lisan
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
312 : 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 18 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MENDENGARKAN
·         Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
76
82
75
78
·         Memahami dan merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
76
82
75
78
·         Merespons wacana
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi tujuan teks yang didengar.
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks yang didengar.
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi tokoh dalam teks yang didengar.
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi pesan dalam teks yang didengar.
78
81
75
79
·         Mengidentifikasi karakteristik tokoh dalam teks yang didengar
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
624 : 8
KKM ( BHS. INGGRIS SK 19 )
78
STANDAR KOMPETENSI
BERBICARA
·         Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
78
81
75
78
·         Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis  secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
78
81
75
78
·         Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan narrative.
78
81
75
78
·         Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan review.
78
81
75
78
Jumlah 1 KD
312 : 4
KKM ( BHS. INGGRIS SK 20 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
·         Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
78
81
75
78
·         Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
78
81
75
78
·         Merespons wacana
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi topik (gagasan) dari teks.
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi penggunaan bahasa dan susunan teks.
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
390 : 5
KKM ( BHS. INGGRIS SK 21 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MENULIS
·         Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esai  berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
77
82
75
78
·         Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan review
77
82
75
78
·         Menulis teks yang diacak ke dalam teks dengan generic structure yang tepat
76
82
75
78
·         Merespons wacana secara tepat
78
81
75
78
·         Menentukan tujuan penulisan teks
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam teks
78
81
75
78
·         Melakukan penyuntingan terhadap teks yang telah ditulis.
78
81
75
78
·         Menghasilkan tulisan berbentuk narrative
78
81
75
78
·         Menghasilkan tulisan berbentuk review
77
82
75
78
Jumlah 1 KD
702 : 9
KKM ( BHS. INGGRIS SK 22 )
78
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
·         Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
78
81
75
78
·         Merespons makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative dan review
79
81
75
78
·         Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi tujuan penulisan teks.
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
77
82
75
78
·         Mengidentifikasi tokoh dalam teks.
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi gagasan utama dalam teks.
78
81
75
78
·         Mengidentifikasi karakteristik tokoh dalam teks yang didengar.
76
82
75
78
·         Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.
76
82
75
78
Jumlah 1 KD
780 : 10
KKM ( BHS. INGGRIS SK 23 )
78


Karanganyar, September 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                                                           Guru Mata Pelajaran     




SHOFIYAH, S. E.                                                                         Heri Sutanto, S. Pd




  




KKM BAHASA INGGRIS KELAS XII
NO
KKM BAHASA INGGRIS
KKM
1
BAHASA INGGRIS SK 1
78
2
BAHASA INGGRIS SK 2
78
3
BAHASA INGGRIS SK 3
78
4
BAHASA INGGRIS SK 4
78
5
BAHASA INGGRIS SK 5
78
6
BAHASA INGGRIS SK 6
78
7
BAHASA INGGRIS SK 7
78
8
BAHASA INGGRIS SK 8
78
9
BAHASA INGGRIS SK 9
77, 67
10
BAHASA INGGRIS SK 10
78
11
BAHASA INGGRIS SK 11
78
12
BAHASA INGGRIS SK 12
78
13
BAHASA INGGRIS SK 13
78
14
BAHASA INGGRIS SK 14
78
15
BAHASA INGGRIS SK 15
78
16
BAHASA INGGRIS SK 16
78
17
BAHASA INGGRIS SK 17
78
18
BAHASA INGGRIS SK 18
78
19
BAHASA INGGRIS SK 19
78
20
BAHASA INGGRIS SK 20
78
21
BAHASA INGGRIS SK 21
78
22
BAHASA INGGRIS SK 22
78
23
BAHASA INGGRIS SK 23
78
Jumlah
1793,67 : 23
Total KKM BAHASA INGGRIS Kelas XII
77.98 (78 pembulatan)


Tuesday, November 12, 2013

speech in education

Education for future
Quality improvement and the nation must be taken, especially through education. Education is a long process, which ceaselessly to achieve one objective and open to new ideas and new concepts. That's the meaning of education, so that when the result of an education that will foster a new culture with intelligent human being. As long as it has the intelligent human policies and virtue in his soul. Only after that he was able to master science and technology. New culture that is the counter-culture which is then entered into the order of a society (culture) alternative will be chosen by this nation.
Everything is well organized through education: education that can educate, able to foster a virtuous and wise, and mastering science and technology. That later would transform Indonesia into new Indonesian nation. This seems to be a "scourge" for education in Indonesia. Not to mention the shortage of teaching staff resolved the issue, the problem of inadequate educational facilities appear, and following the issue of high cost of education.
We still feel as a nation that remains in many ways compared to other nations. Therefore the only way to achieve the nation is to improve education in order to make an intelligent nation through comprehensive national education system and planned. But to go in that direction, the path is very long and difficult because the issue of education is strongly associated with other factors, including economic issues, security and other social problems. The teacher was expected to begin changing the way students learn. The teachers are no longer allowed to put pressure on students as rote learning and provide multiple choice questions (multiple choice) because it could have an impact on the formation of personality.
The role of education, as a means of empowerment, must consciously prepare learners in people's lives both as individuals and members of society. Empowerment only has meaning if it became part of the empowerment process and the function of the culture. Therefore, education should foster independence, self-moving statements and educators teach students to live in harmony with respect for the difference. Looking ahead, the education system must be transformed from a motivational instructional achievement, creativity, and virtuous character.


Related Posts: