Tuesday, November 12, 2013

speech in education

Education for future
Quality improvement and the nation must be taken, especially through education. Education is a long process, which ceaselessly to achieve one objective and open to new ideas and new concepts. That's the meaning of education, so that when the result of an education that will foster a new culture with intelligent human being. As long as it has the intelligent human policies and virtue in his soul. Only after that he was able to master science and technology. New culture that is the counter-culture which is then entered into the order of a society (culture) alternative will be chosen by this nation.
Everything is well organized through education: education that can educate, able to foster a virtuous and wise, and mastering science and technology. That later would transform Indonesia into new Indonesian nation. This seems to be a "scourge" for education in Indonesia. Not to mention the shortage of teaching staff resolved the issue, the problem of inadequate educational facilities appear, and following the issue of high cost of education.
We still feel as a nation that remains in many ways compared to other nations. Therefore the only way to achieve the nation is to improve education in order to make an intelligent nation through comprehensive national education system and planned. But to go in that direction, the path is very long and difficult because the issue of education is strongly associated with other factors, including economic issues, security and other social problems. The teacher was expected to begin changing the way students learn. The teachers are no longer allowed to put pressure on students as rote learning and provide multiple choice questions (multiple choice) because it could have an impact on the formation of personality.
The role of education, as a means of empowerment, must consciously prepare learners in people's lives both as individuals and members of society. Empowerment only has meaning if it became part of the empowerment process and the function of the culture. Therefore, education should foster independence, self-moving statements and educators teach students to live in harmony with respect for the difference. Looking ahead, the education system must be transformed from a motivational instructional achievement, creativity, and virtuous character.


Related Posts:




55 comments:

  1. Sampah
    Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau

    degradable

    Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau
    undegradable

    Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha. Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.

    ReplyDelete
  2. Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).

    Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitan adalah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah cair yang dihasiklan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.

    Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

    ReplyDelete
  3. Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi.

    ReplyDelete
  4. Jenis – Jenis Minuman


    Minuman adalah segala sesuatu yang dapat di konsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

    Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran dan buah – buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan serat.

    Minuman banyak warnanya, pewarna yang digunakan ada yang alami ada juga yang buatan. Pewarna alami adalah pewarna yang mengandalkan bahan – bahan yang tersedia di alam, seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang berkhasiat bagi tubuh, contohnya digunakan pada jamu. Pewarna buatan adalah pewarna yang terbuat dari bahan kimia ataupun bahan alami yang diproses secara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang di produksi secara massal di pabrik, contohnya minuman – minuman yang di jual di supermarket.

    ReplyDelete
  5. Minuman yang beredar, ada yang di produksi secara massal di pabrik ada juga yang di buat di industri rumahan. Minuman produksi pabrik jika dilihat dari tampilannya, kemasan yang digunakan lebih menarik, terdapat nama pabrik dan kode produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, dan terdapat bar kode untuk penjualan di supermarket. Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang digunakan sederhana, tidak ada bar kode yang digunakan untuk penjualan di supermarket, dan jarang mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

    ReplyDelete
  6. SMPN 28 Bandar Lampung

    SMPN 28 Bandar Lampung merupakan sekolah menengah yang terletak di jalan Bukit Kemiling Permai kelurahan Kemiling Permai kecamatan Kemiling kelurahan Kemiling Permai Bandar Lampung. Dalam area lingkungan SMPN 28 Bandar lampung terdiri dari 2 jenis lingkungan. Diantaranya yakni lingkungan hidup / benda hidup (biotik) dan lingkungan tidak hidup / benda mati (abiotik). Lingkungan benda hidup terdiri dari tanaman-tanaman hias dan pohon-pohon besar. Sedangkan lingkungan benda mati terdiri atas peralatan belajar, gedung sekolah, dan property sekolah.

    Lingkungan benda hidup mulai dari halaman depan sekolah dan taman-taman kecil di depan kelas ditumbuhi dengan rumput hijau serta tanaman-tanaman hias. Tanaman hias juga terdapat di ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang-ruang kelas siswa.Tanaman hias di lingkungan SMPN 28 Bandar Lampung beragam jenisnya diantaranya yakni bunga mawar, bunga anggrek, bunga lily, bunga Bougenville, bunga Asoka, bunga Kembang sepatu, bunga kemuning, bunga kenanga, bunga Alamanda, dan bunga amarilis.

    ReplyDelete
  7. Dari jenis pepohonan yang ada di lingkungan SMPN 28 Bandar Lampung diantaranya yakni pohon mangga, pohon bambu jepang berukuran kecil, bambu kuning, beringin, beringin karet, beringin putih, pohon cemara, pohon asam jawa, dan pohon jeruk. Di halaman belakang ruang kelas terdapat sisa pekarangan kecil yang dimanfaatkan untuk menanam beberapa tumbuhan perkebunan seperti pohon singkong dan jagung. Selain digunakan untuk keperluan praktikum Biologi, hasilnya juga bisa dikonsumsi bersama-sama pada saat kegiatan eskul seperti pramuka dan lain-lain. Di sebelah kebun terdapat kolam kecil berisikan ikan mas dan gurame. Ada juga kandang kecil tempat memelihara kelinci dan marmut.

    Berikutnya lingkungan benda mati berupa gedung sekolah yang terdiri dari ruang guru, ruang Tata Usaha, ruang kelas siswa, perpustakaan,mushala, ruang UKS, koperasi, gedung serba guna, gudang, dan kamar mardi. Selanjutnya peralatan sekolah seperti meja, kusi, papan tulis, lemari buku, penggaris besar, globe, layar LCD proyektor, dan lain-lain. Berikutnya ada juga peralatan olah raga seperti bola basket, bola tenis, bola voli, jaring voli, jaring bulu tangkis, jaring tenis meja, dan jaring tenis bola. Lapangan terdiri dari lapangan upacara, lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan tenis. Ada juga kolam renang kecil untuk praktek berenang.

    Demikian hasil laporan observasi tentang lingkungan SMPN 28 Bandar Lampung berkenaan dengan jenis lingkungan yang ada di sekolah berupa lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati. Keduanya merupakan kesatuan yang menjadikan sekolah kami asri dan harmoni. Agar keduanya tetap terjaga dan dapat dirasakan kebermanfaatannya perlu adanya keseriusan dan kesadaran untuk bersama-sama menjaga dan merawatnya.

    ReplyDelete
  8. SMK N 2 Kota Tasikmalaya
    SMKN 2 Kota Tasikmalaya merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Jl. Sindanggalih, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Sekolah terbesar di Tasikmalaya ini memiliki 7 jurusan yaitu, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Otomotif (OT), Mesin, Listrik, Gambar Bangunan (GB), Broadcast (BC), dan Audio Video (AV). Semua jurusan dilambangkan dengan warna-warna yang berbeda di lencana pundak. Merah untuk TKJ; biru donker untuk OT; biru muda untuk mesin; kuning untuk listrik; coklat untuk GB; hijau untuk BC, dan orange untuk AV.

    Peraturan di sekolah ini mengharuskan semua siswanya memiliki rambut pendek. Maksimal 2 cm di bagian atas kepala dan 1 cm di bagian sisi kepala. Jumlah siswa laki-laki mendominasi dengan presentase 83% dibandingkan perempuan yang hanya 17% saja. SMKN 2 Tasikmalaya memiliki segudang prestasi, di antaranya juara futsal se-nasional pada tahun 2010 dan di tahun-tahun berikutnya; 2011 juara 3, 2012 juara 2.

    ReplyDelete
  9. Sistem belajar di SMKN 2 Tasikmalaya adalah teori dan praktek dengan presentase 70% : 30%. Teori terdiri dari pelajaran-pelajaran umum seperti matematika, bahasa inggris, fisika, kimia, dan agama. Sementara kegiatan praktek disesuaikan dengan jurusan yang diambil oleh siswa.

    Semua siswa pada semester akhir kelas XI atau semester awal kelas XII diwajibkan untuk melakukan program Prakerin (Praktek Kerja Industri) di perusahaan-perusahaan luar, baik yang sudah berafiliasi dengan sekolah maupun belum. Siswa dibebaskan untuk memilih tempatnya masing-masing.

    Di area lingkungan SMKN 2 Tasikmalaya terdapat dua jenis lingkungan yakni, lingkungan biotik (benda hidup) dan lingkugan abiotik (benda tak hidup). Lingkungan biotik terdiri dari pepohonan, tanaman hias, dan hewan-hewan umum yang sering berada di alam; sedangkan lingkungan abiotik terdiri atas gedung sekolah, peralatan belajar,

    ReplyDelete
  10. Lingkungan abiotik di SMKN 2 berupa gedung sekolah yang terdiri dari, ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang BK, perpustakaan, masjid, koperasi, pos satpam, dan kamar mandi. Gedung praktek siswa terdiri dari bengkel otomotif, bengkel mesin, bengkel listrik, bengkel elektronik, studio broadcasting, lab komputer, dan lab gambar. Kantin terdapat di 5 tempat di setiap penjuru sekolah.

    Selanjutnya peralatan sekolah seperti kursi, meja, papan tulis, spidol, dan LCD proyektor. Peralatan olahraga terdiri dari bola sepak, bola basket, bola tenis, pingpong, jaring bola voli, jaring tenis meja dan mejanya. Berikutnya ada lapangan yang terdiri dari lapangan upacara, lapangan sepak bola, lapangan futsal, basket, badminton, dan voli.

    Lingkungan hidup atau biotik di SMKN 2 Tasikmalaya terdiri dari pepohonan besar di antaranya mahoni dan mangga. Lalu tanaman hias yang ditanam di sepanjang jalan gerbang utama menuju gerbang dalam sekolah; dari pos satpam sampai parkiran dalam.

    ReplyDelete
  11. Banjir Kali Ciliwung
    Lingkungan merupakan sesuatu yang ada di sekitar manusia, menopang kehidupannya, sekaligus mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan yang terbentuk dari saling terhubungnya ruang, benda, dan makhluk hidup di dalamnya. Termasuk manusia. Oleh karena itu lingkungan harus dijaga agar keberlangsungan hidup manusia tetap berjalan sebagaimana mestinya.

    Dalam lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem yaitu, ekosistem darat dan ekosistem perairan. Di antara keduanya, ekosistem airlah yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia. 2/3 bumi adalah air. 60% – 70% kandungan dalam tubuh manusia juga air.

    Ciliwung adalah sungai yang kerap menimbulkan banjir setiap tahunnya. Terutama di bagian hilir. Sungai ini melewati wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok. Sungai ini menjadi salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan dengan panjang aliran utama 120 km.

    ReplyDelete
  12. (jelaskan tentang fakta-fakta sungai ciliwung; peningkatan debit air ketika curah hujan, dll)

    Hasil pengamatan kami, banjir kali ciliwung disebabkan oleh dua faktor:

    1. Ulah Manusia

    Ledakan penduduk di Jakarta, terutama di sekitar sungai ciliwung tidak dibarengi dengan kesadaran tentang bahayanya membuang sampai di kali, akhirnya terjadi penumpukan sampah di sungai ciliwung … (dijelaskan sesuai fakta yang ada, ini hanya contoh).

    2. Faktor Alam

    Setelah diteliti lebih lanjut, ada faktor lain yang mempengaruhi banjir kali ciliwung, yakni rusaknya ekosistem di sepanjang kali ciliwung. Normalisasi yang dilaksanakan oleh PemProv DKI pun hanya menyasar beberapa wilayah saja, akibatnya … (dijelaskan sesuai dengan pengamatan yang dilakukan).

    ReplyDelete
  13. Kelinci
    Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di berbagai belahan bumi. Dahulu kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Sampai sekarang, secara umum kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

    Dilihat dari jenis bulu, kelinci dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu, berbulu panjang dan berbulu pendek. Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis lagi, di antaranya Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan hasil dari observasi kami kelinci jenis Lyon adalah hasil persilangan luar antara Angora dan jenis kelinci yang lainnya.

    ReplyDelete
  14. Kelinci selalu diidentikan dengan wortel sebagai pakannya, tetapi observasi kami membuktikan bahwa kelinci dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, rumput awetan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet juga lahap dimakan kelinci.

    Penelitian membuktikan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit asma. (sebutkan fakta-fakta dan hasil observasi terhadap kelinci; umur maksimal kelinci, jadwal makan kelinci, dll.)

    ReplyDelete
  15. LIDAH BUAYA

    Tumbuhan lidah buaya yang dengan nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Miliear. lidah buaya adalah 1 dari 10 tipe tanaman yang terlaris dan terkenal di dunia yang berpotensi untuk bisa dikembangkan sebagai tanaman obat juga sebagai bahan baku industri.

    lidah buaya bisa hidup ditempat/daerah yang suhunya panas dan biasanya juga ditanam di pot atau pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk agar runcing seperti taji,tidak tipis,getah,dan sisi daun bergerigi,serta permukaan yang bintik-bintik,panjangnya 15-36 cm dengan lebar 2-6 cm.

    Tanaman obat ini juga dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin terkecuali vitamin D. Lidah buaya dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit antara lain,amandel,luka bakar,kadas,bisul,obat cacing,serta menyuburkan,menebalkan dan menghitamkan rambut.

    ReplyDelete
  16. SAMPAH

    Sampah ialah material hasil sisa yang tidak diinginkan ketika setelah berakhirnya suatu proses. kategori sampah bisa bersumber dari,alam,manusia,industri,dan pertambangan. sampah di planet bumi ini akan selalu bertambah selama masih adanya kegiatan yang dilakukan entah alam dan manusia. Di indonesia sampah setiap harinya mencapai 11.330 ton. Sampah-sampah akan dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. yaitu sampah organik dan anorganik.

    Contoh sampah dari organik ialah yang mudah busuk seperti halnya sisa makanan,sayuran,dan daun-daun kering. Sampah organik ini bisa diolah menjadi kompos.

    Contoh sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk,seperti halnya plastik,kaca,dan kaleng. Sampah-sampah anorganik akan di daur ulang menjadi home industri sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah serta sebagai peluang usaha. Sesuai dengan bentuknya sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat,cair,alam dan konsumsi.

    Sampah padat ialah sampah yang wujudnya berbentuk padat. sampah padat bisa berupa sampah dalam rumah tangga. sampah padat bisa dibedakan sesuai kemampuan alam mengurainya.

    Sampah cair merupakan bahan cairan yang sudah digunakan dan tidak manfaatkan lagi seperti halnya limbah. Limbah merupakan sampah yang berbentuk cairan yang dihasilkan dari aktivitas industri. Sampah limbah juga dibedakan menjadi dua yakni limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam merupakan limbah yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet.

    Yang selanjutnya yaitu sampah alam yang merupakan sampah produksi oleh alam melalui proses daur ulang yang alami. Contoh sampah alam ialah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah dan pupuk pohon kembali.

    Yang terakhir ialah sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan kemudian dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sekarang hampir melebihi sampah industri. Oleh karena itu sangat disayangkan sekali jika sampah di negara indonesia ini tidak di manfaatkan.

    ReplyDelete
  17. PEMANASAN GLOBAL

    Pemanasan global secara istilah juga disebut dengan global warming adalah proses meningkatnya suhu bumi setiap tahun yang diakibatkan dari meningkatnya gas buang karbon yang salah satu berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat adanya efek gas rumah kaca berupa gas karbon dioksida (CO2),karbon monoksida (CO),dan gas metan.

    Gas-gas seperti inilah yang menimbulkan greenhouse effect atau dalam bahasa indonesia efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv tertahan dari dalam atmosfer. Seperti ini akan menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi. Sehingga jika dalam jangka panjang akan bisa mengakibatkan naiknya air permukaan laut akibat dari es kutub utara dan selatan mencair.

    Selain itu pemanasan global juga diakibatkan oleh penguraiannya ozon (O3) menjadi oksigen (O2) dan juga unsur O,jadi ozon tidak bisa menangkal dari sinar UV dan secara langsung akan menembus ke permukaan bumi.

    Namun penyebab utama dari pemanasan global merupakan efek rumah kaca yang seperti sudah dijelaskan diatas. Efek dari rumah kaca juga bisa disebabkan oleh perilaku manusia seperti halnya penebangan pohon,dan pemakaian listrik yang berlebihan. Dan menimbulkan jejak karbon yang terus menumpuk di atmosfer bum

    ReplyDelete
  18. . Bunga Bangkai

    Bunga bangkai mempunyai nama latin rafflesia arnoldy dan memiliki ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perlindungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan.

    Bunga bangkai berhabitat asli di hutan sumtera. Akan tetapi saat ini mulai di konservasikan di banyak tempat seperti di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung. Dalam perkembangannya bunga ini mampu menjulang tinggi sampai pada ketinggi 4 meter.

    Pada saat bunga ini mekar, bagian pada kelopak luarnya akan berwarna putih sedangkan mahkotanya berwarna merah tua keunguan.

    Meski ukurannya cukup besar dan terlihat sangat kokoh, bunga ini hanya mampu bertahan selama 7 hari dan kemudian akan mati. Oleh karena itu, tumbuhan ini di kategorikan sebagai tumbuhan langka.

    ReplyDelete
  19. 2. Tumbuhan Damar

    Tumbuhan ini dahulu sangat mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti di Ternate, Lampung, dan Samar. Dalam pertumbuhannya, pohon damar dapat mencapai ketinggian sekitar 60 meter.

    Tumbuhan damar menjadi semakin langka di akibatkan oleh pengeksplotasian secara berlebihan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Getah pohon damar bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kaca, vernis, dan cairan pelapis kertas.

    ReplyDelete
  20. . Kantong Semar

    Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yaitu tumbuhan yang hidup dengan memakan serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, lebah, dan yang lainnya. Tumbuhan ini memangsa serangga dengan cara membuka kantung mulutnya lebar-lebar.

    Ketika ada serangga yang masuk ke dalamnya, tumbuhan ini langsung menutup kelopaknya yang menyerupai mulut. Tumbuhan kantong semar mulai di konservasikan di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya agar tumbuhan ini tidak punah dan tetap terjaga kelestariannya.

    ReplyDelete
  21. 4. Pohon Ulin

    Pohon ulin juga biasa disebut dengan nama kayu besi. Pohon ulin merupakan tumbuhan endemik dari pulau Kalimantan.

    Pohon ulin dikenal dengan kualitas kayunya yang sangat kuat sehingga banyak digunakan untuk bahan kontruksi bangunan. Salah satu penyebab hampir punahnya pohon ulin adalah akibat penebangan liar dan eksploitasi secara berlebihan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab

    ReplyDelete
  22. . Pohon Cendana

    Pohon cendana merupakan jenis pepohonan yang mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu sebagai bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, aroma terapi, dan yang lainnya.

    Hal ini menyebabkan pohon cendana banyak di eksploitasi. Selain itu tanaman ini tidak mudah untuk di budidayakan, sehingga membuat populasi pohon cendana semakin berkurang dan hampir terancam punah.

    ReplyDelete
  23. 6. Anggrek Tebu

    Anggrek tebu merupakan tanaman yang masih satu rumpun dengan bunga anggrek yang mempunyai berat lebih dari 1 ton dengan panjang bisa mencapai 3 meter. Karena ukurannya yang besar, anggrek tebu juga biasa disebut dengan anggrek raksasa.

    Bunga anggrek tebu sangat sedikit keberadaannya. Hal ini dikarenakan anggrek tebu yang sulit untuk di budidayakan. Oleh karena itu, tanaman ini termasuk ke dalam tanaman langka di Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Beruang Madu

    Beruang madu merupakan jenis beruang yang paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang madu merupakan fauna khas Bengkulu sekaligus digunakan sebagai simbol provinsi tersebut.

    Beruang madu ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 1,40 meter, tinggi punggungnya 70 cm dengan berat antara 50 – 65 kg. Karena hidupnya di pepohonan maka telapak kaki beruang madu tidak memiliki bulu sehingga ia dapat bergerak dengan kecepatan 48 km / jam dan mempunyai tenaga yang sangat kuat.

    Beruang madu merupakan binatang mamalia, bulu beruang madu cenderung pendek dan berkilau. Di bawah lehernya terdapat tanda yang sangat unik berwarna oranye yang dipercaya menggambarkan matahari terbit.

    Beruang madu merupakan salah satu binatang omnivora yang memakan apa saja di hutan. Mereka memakan aneka buah-buahan dan tanaman hutan hujan tropis. Termasuk juga tunas tanaman jenis palem. Mereka juga senang memakan serangga, madu, burung, dan binatang kecil lainnya.

    Beruang madu telah di kategorikan sebagai binatang yang mudah diserang dan terancam punah. Hal ini disebabkan oleh perusakan habitat asli beruang madu. Ancaman terbesar bagi beruang madu adalah habitatnya telah hilang.

    ReplyDelete
  25. Bumi dan Bulan

    Bulan merupakan satu-satunya satelit alami bagi Bumi. Bulan juga merupakan satelit terbesar kelima di tata surya. Bulan tidak selalu berada di belahan bumi yang sama. Itu dikarenakan bulan selalu berputar mengelilingi porosnya, yaitu Bumi.

    Hal inilah yang menjadikan kita hanya bisa melihat bulan saat malam hari. Ketika malam, bulan terlihat seperti mempunyai cahaya sendiri. Cahaya bulan berasal dari cahaya matahari.

    Bulan dan Bumi mempunyai jarak yang sangat jauh. Jarak rata-rata Bulan – Bumi dari pusat ke pusat adalah 384.405 km atau sekitar 30 kali diameter bumi.

    Sedangkan bulan sendiri memiliki diameter 3.474 km, sedikit lebih kecil dibandingkan diameter bumi.

    Bulan beredar mengelilingi bumi setiap 27,3 hari (Periode Orbit) dan variasi periodik dalam sitem Bumi – Bulan – Matahari bertanggung jawab atas terjadinya fase-fase bulan yang selalu berulang setiap 29,5 hari (Periode Sinodik).

    Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi. Hal ini disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit bulan yang mengelilingi bumi.

    Besarnya gaya sentrifugal bulan sedikit lebih besar dibandingkan dengan gaya tarik-menarik antara gravitasi bumi dan bulan. Hal ini menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm / tahun.

    Di bulan tidak terdapat air ataupun udara. Kawah yang terdapat di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid. Karena tidak ada udara dan air di Bulan menyebabkan tidak adanya kehidupan di Bulan. Diantara kawah terbesar adalah Clavius dengan diameter 230 km dan sedalam 3,6 km.

    Struktur bulan terdiri atas inti, mantel, dan kerak. Kerak bulan terdiri dari batuan granit dan mineral kalsium dengan ketebalan antara 48-74 km. Di bawah kerak terdapat mantel yang sangat tebal. Terdiri dari banyak mineral silikat dan sedikit logam besi.

    Inti bulan mempunyai bagian dalam yang sangat keras, dengan ketebalan 240 km dan bagian luar yang cari dengan ketebalan 300 km. Inti bulan kaya akan kandungan besi. Inti bulan selalu dikeliling oleh suatu lapisan kental dengan ketebalan 500 km.

    ReplyDelete
  26. Kebersihan Lingkungan Komplek Perumahan

    Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah di serang oleh berbagai macam penyakit.

    Kondisi kebersihan lingkungan di komplek perumahan sangat baik. Selokan selalu terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat oleh sampah. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di setiap rumah warga.

    Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga sangat terawat sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

    Petugas kebersihan selalu mengambil sampah setiap tiga kali sehari. Selain itu setiap satu bulan sekali masyarakat komplek perumahan selalu melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan dan rumput-rumput liat yang terdapat disekitar komplek tersebut.

    Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita selalu membudayakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan benyak manfaat bagi manusia khususnya untuk diri kita sendiri. Kita dapat menjalankan berbagai aktivitas hidup yang sehat dan produktif.

    ReplyDelete
  27. Sampah

    Sampah merupakan material sisa yang tidak digunakan lagi setelah mengalami suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan baik itu oleh alam maupun oleh manusia.

    Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11 ton perharinya. Sampah bisa dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

    Sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai oleh bakteri. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat terurai.

    Contoh sampah organik adalah sisa makanan seperti sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini bisa diolah sebagai pupuk atau kompos.

    Contoh sampah anorganik adalah plastik, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik bisa di daur ulang atau bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

    Berdasarkan bentuknya, sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, dan sampah radio aktif.

    ReplyDelete
  28. Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat.Sampah pada bisa berupa sampah rumah tangga, sampah dapurm kebun dan yang lainnya.

    Sampah cair adalah sampah yang berbentuk cair yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Pengertian limbah adalah sampah cair yang dihasilkan dari aktivitas industri.

    Sampah alam merupakan daun kering yang berasal dari hutan kemudian terurai melalui proses alami.

    Sampah manusia merupakan istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan dari manusia, seperti feses dan urin. Sampah ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

    Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang selalu meningkat.

    Limbah radio aktif merupakan sampah nuklir yang dihasilkan dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radio aktif sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena dapat menghasilkan radiasi yang berdampak buruk bagi kesehatan makhluk hidup.

    Oleh karena itu sampah nuklir disimpan di tempat-tempat yang sangat aman dan tidak sembarangan untuk digunakan. Untuk melakukan aktivitas tempat-tempat yang di tuju biasanya tempat bekas tambang garam atau dasar laut.

    Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian teks laporan hasil observasi, struktur laporan hasil observasi, tujuan teks laporan hasil observasi, fungsi teks laporan hasil observasi serta contoh teks laporan hasil observasi singkat terlengkap untuk SMP dan SMA.

    Mulai dari contoh teks laporan hasil observasi tumbuhan, contoh teks laporan hasil observasi hewan, contoh teks laporan hasil observasi lingkungan, contoh teks laporan hasil observasi alam.

    ReplyDelete
  29. Singa yang memiliki jantung dan paru-paru yang cukup kecil merupakan hewan yang tergolong sebagai hewan yang bukanlah pelari cepat. Kecepatan maksimum seekor singa berlari adalah 60 kilometer per jam. Singa juga diketahui tidak memiliki stamina untuk mempertahankan kecepatan ini lebih dari 100 – 200m.

    Itulah sebabnya mengapa singa mengandalkan penguntitan mangsanya dan jarang menerkam mangsa sampai mereka berada dalam jarak 30m. Terkecuali jika mangsa sedang menghadap ke depan dan tidak dapat melihat pemangsanya.

    Singa menguntit mangsanya, meski perilaku penyergapan telah mulai direncanakan. Hal ini terjadi terutama pada siang hari saat mengintai mangsa dirasakan lebih sulit. Dari 1.300 perburuan yang diamati di Serengeti, 48% hanya melibatkan satu singa, 20% melibatkan dua singa, dan sisanya melibatkan singa dalam kelompok mulai dari tiga ekor hingga delapan ekor.

    Singa betina merupakan aktor yang melakukan sebagian besar perburuan, dan Singa jantan yang ikut serta berburu biasanya tetap tinggal bersembunyi sampai pembunuhan dilakukan. Singa yang berburu berpasangan dan kelompok memiliki tingkat keberhasilan sampai 30%. Sedangkan Singa yang berburu sendiri di siang hari memiliki tingkat keberhasilan 17 – 19%, namun Singa yang berburu dalam kelompok pada malam hari dianggap sebagai kucing yang ramah.

    Sebagian besar perburuan yang sukses di malam hari adalah perburuan yang melawan binatang buruan tunggal. Salah satu alasan tingkat keberhasilan perburuan singa yang relatif rendah adalah karena singa tidak mempertimbangkan arah angin saat berburu; Mereka sering mendekati mangsa dari arah angin yang kencang, sehingga menyadarkan mangsa akan keberadaannya dan pergi kabur.

    ReplyDelete
  30. Kedua, singa umumnya jarang mengubah jalur serangan malah memilih meninggalkan jalur. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan dimana seekor singa yang meleset dari sasarannya pada putaran pertama, biasanya akan meninggalkan pengejaran.

    Perburuan impala dan mangsa berukuran sedang secara signifikan lebih mungkin berhasil bila singa tidak menguntit mangsanya melainkan mengejar mereka segera setelah deteksi. Kebalikannya berlaku untuk spesies mangsa berukuran kecil. Namun, singa lebih cenderung menguntit impala dan spesies berukuran sedang dan menguntit mangsa berukuran kecil.

    Studi tentang taktik berburu kelompok oleh singa menjelaskan mengenai rencana dasar yang serupa dalam proses perburuan. Ketika kelompok singa tersebut melihat mangsa, sebuah perburuan sering diprakarsai oleh singa tunggal yang melihatnya, yang kemudian oleh singa lainnya direspons dengan melihat ke arah yang sama (satu-satunya bentuk “komunikasi” singa) yang jelas dan telah dibuktikan kesuksesannya dalam proses perburuan. Singa kemudian mengepung dan meluncurkan serangan pada mangsa tersebut, hingga mendorong mangsa ke arah yang lain yang menyergap dari posisi penutup mereka.

    ReplyDelete
  31. Menurut pengamatan, singa sering tapi tidak secara eksklusif mengikuti pola berburu yang sama dan membagi singa menjadi beberapa peran seperti pengintai kiri, tengah & posisi sayap kanan. Singa yang berburu dalam peran pilihan mereka memiliki tingkat keberhasilan kelompok sebesar 9%.

    Begitu berada dalam jangkauan mangsa yang lebih kecil, singa menggunakan kaki mereka untuk menampar bagian belakang hewan di kakinya atau menjatuhkannya dari keseimbangan kemudian menyeretnya ke bawah. Gigitan pada leher mangsa tersebut dapat dengan cepat membunuh hewan itu.

    Pada mangsa yang lebih besar, singa akan mendekati hewan pada suatu sudut, melompat ke atasnya dan menggunakan beratnya sendiri untuk menggiring hewan ke tanah. Singa kemudian akan menggigit tulang belakang dalam upaya untuk memutuskan sumsum tulang belakang saat mereka melakukannya.

    Setelah jatuh, mereka menggigit tenggorokan atau bagian atas hidung dan mulut mangsanya untuk mencekiknya, posisi ini pun dilakukan untuk menghalangi mereka keluar dari tanduk yang bisa melukai singa itu.

    ReplyDelete
  32. Ketika banyak persediaan makanan, singa menjorok ke dalam gerak perpindahan yang radiusnya dekat. Pada saat ini, rata-rata singa jantan menelan sekitar 15% dari berat badan mangsa. Makanan dibagikan dengan cukup serakah. Singa terkecil dan paling lemah sering kalah dari orangtuanya yang kelaparan bahkan tidak akan berbagi dengan keturunan mereka sendiri.

    Singa biasanya mulai makan dengan membuka perut dan memakan isi perut dari mangsanya. Kebanyakan singa akan memakan jantung, hati dan ginjal mangsa, tapi tidak banyak singa yang membuka tengkorak untuk mengonsumsi kepalanya.

    Singa pun telah tercatat pernah memakan manusia. Di mana pun singa ditemukan, pasti pernah tercatat kasus dimana singa memangsa manusia sebagai makanan. Kasus singa memakan manusia yang terkenal adalah dua ekor singa jantan yang membunuh 28 orang Indian dan “puluhan” orang Afrika di Tsavo, Kenya, pada akhir abad ke-19 dan satu singa jantan yang membunuh 48 manusia di Ankole, Uganda, pada 1920-an. Korban terbesar yang pernah terjadi adalah dari sekelompok singa yang memangsa 2.000 orang di distrik Njombe, Tanzania, antara tahun 1932 dan 1947.

    ReplyDelete
  33. alah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan sekolah:

    Kami mengunjungi tiga sekolah disbilitas swasta Sekolah untuk anak-anak dengan ketidakmampuan mendengar ini tergolong luar biasa dari sisi rasio guru per siswa yang tinggi dan keterampilan guru yang kami amati. Salah satu anak yang kami amati bernama “Tomas”, dia menunjukkan perkembangan yang lambat sejak masa kanak-kanak dan masih selalu berjuang di sekolah. Di sekolah terakhirnya, dia sangat tidak bahagia. Di sekolah baru ini, kepuasannya baru mulai terlihat dengan baik.

    Ruang kelas Tomas berisi 8 anak, meskipun hanya 4 yang hadir saat kami sedang mengamati pembelajaran. Ternyata keempat siswa yang lain desang berada di ruangan yang berdekatan namun dengan pengajaran dari guru lain. Guru di ruang Tomas mengajarkan setiap siswa secara individual dengan waktu selama sekitar 10 menit, lalu berpindah dan mulai mengajar ke siswa lain.

    Selama sang guru menghampiri setiap siswa, guru secara berkala memeriksa apakah siswa yang lain masih belajar dan tidak melakukan aktifitas lain yang menyimpang dari pembelajaran. Guru kelas ini memiliki kesabaran dan toleransi yang besar terhadap tingkah laku Tomas yang sering meninggalkan tempat duduknya dan membuat gerakan menari atau melompat sedikit dan mengganggu pembelajaran. Akan tetapi guru sesekali memberikan Thomas peringatan untuk mendengarkan pembelajaran dan menunggu guru menjelaskan pada teman-temannya dahulu

    ReplyDelete
  34. Fokus penting dari pengamatan yang saya lakukan di sekolah adalah keberadaan taman bermain. Di sekolah Tomas ini, kedua guru hadir untuk keseluruhan aktivitas bermain pada jam istirahat siswa. Pengamatan ini tentu tergolong tidak biasa. Alasan guru ikut bermain di taman bermain adalah karena banyak yang dapat dipelajari di tempat bermain.

    Guru juga berpendapat kesempatan pembelaran banyak terjadi jika dilakukan dalam bermain dan sangat sayang untuk dilewatkan. Suasana di taman bermain pun terasa santai dan menyenangkan. Tomas perlu dialihkan sekali saat dia menyimpang dari wilayah yang aman.

    Tapi jika tidak, guru pun mengalihkan perhatiannya dengan mengawasi beberapa anak laki-laki yang lebih tua yang sedang bermain dengan teman sekelasnya. Meskipun kesulitan Tomas mengikuti sebuah agenda tampak jelas dalam permainan di taman bermain dan juga di kelas, kemudahan dalam membuat hubungan sosial dan sikap ramahnya tampaknya berkembang dengan pesat di sekolah ini.

    ReplyDelete
  35. Judul

    Manfaat Buah Pisang Ambon
    Pendahuluan

    Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamun dan mineral yang mudah didapatkan sekaligus murah harganya sehingga buah ini sangat bermanfaat untuk dijadikan makanan suplemen pelengkap makanan pokok keluarga.

    Oleh karena kekayaan manfaat yang terkandung dalam buah pisang, tulisan ini bermaksud untuk melaporkan hasil penelitian yang meneliti kandungan serta manfaat pada tiap 100 gram buah pisang.

    Buah yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah buah pisang ambon.
    Isi

    Keberadaan Buah Pisang Di Indonesia

    Di indonesia, pohon pisang bisa dikatakan bisa hidup di daerah manapun baik di dataran rendah ataupun tinggi.

    Di mana-mana, baik di pedesaan atau di pinggir jalan, pasti tanaman ini akan menjadi salah satu pemandangan yang tak pernah absen.

    Hal ini menandakan bahwa buah pisang belum menjadi buah yang langka karena pohon pisang ini berbuah tak mengenal musim; sekiranya pohon pisang telah cukup umurnya, pohon tersebut akan berbuah.

    Yang paling menarik dari keberadaan pohon dan buah pisang ini, berbeda dengan pohon lainnya, pohon pisang meski ditelantarkan begitu saja akan tetap hidup dan beranak pinak asalkan pohon ini tidak mengalami kekeringan yang parah.

    Tentu jika ditanam dengan cara yang lebih baik, maka kualitas hidup pohon pisang serta kualitas buahnya juga akan semakin baik.

    Saat ini, untuk merespon permintaan pasar atas kebutuhan buah pisang, banyak petani yang mulai membudidayakan pohon pisang secara serius dan profesional.

    Meski jumlah produksi pisang di Indonesia tidak sebanyak negara lain seperti Mexico dan negara-negara di Amerika Latin, namun untuk saat ini produksi pisang lokal mampu mencukupi kebutuhan buah pisang dalam negri.

    ReplyDelete
  36. Kandungan Buah Pisang Ambon

    Berikut ini merupakan daftar nutrisi vitamin dan mineral yang terdapat dalam 100 gram pisang ambon.

    Angka yang tertera dalam tabel ini merupakan patokan saja yang artinya setiap buah pisang yang dijadikan objek penelitian akan memiliki kadar kandungan yang sama namun dengan jumlah presentase yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  37. 1. Menjaga Kesehatan Kulit

    Kita bisa melihat dari tabel di atas bahwa dalam 100 gram buah pisang terkandung sekitar 0, 34 gr vitamin B5 yang jika dikonsumsi setiap hari mampu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit seperti kulit kering, jerawat, kulit pecah-pecah, ketombe, dan kulit sensitif.

    Selain dengan cara mengonsumsinya, namun daging buah pisang juga bisa digunakan sebagai masker kulit.

    Berkenaan dengan kesehatan kulit, sebenarnya kulit pisang justru lebih ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, yakni dengan cara menggosokkan bagian permukaan dalam kulit pisang ke area kulit yang kering dan berjerawat setiap hari.

    Bahkan, kulit pisang ini merupakan penjaga kulit yang alami yang bisa membuat kulit selalu sehat dan tapak berseri.

    ReplyDelete
  38. . Menjaga Kesehatan Jantung

    Buah pisang terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan kalium dan antioksidan yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh terutama pada jantung.

    Tak hanya itu, kalium juga berperan untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil sehingga jantung tidak bekerja ekstra.

    Asupan kalium sebanyak 2 gr per hari mampu menurunkan 30 % resiko terserang penyakit jantung. Sementara dalam 100 gram buah pisang terdapat sekitar 360 gr kalium.

    Dari pada mengkonsumsi obat yang akan membut ginjal bekerja ekstra, sebaiknya mengkonsumsi 2-3 buah pisang setiap hari untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

    ReplyDelete
  39. 3. Menjaga Kesehatan Mata

    Buah pisang ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga bisa dipergunakan sebagai salah satu sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan mata sejak dini dengan cara mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

    4. Membantu Pencernaan

    Serat tinggi dalam buah pisang sangat baik untuk membantu sistem pencernaan tubuh.

    Dalam hal ini, mengkonsumsi pisang akan membuat feses tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras sehingga buah pisang bisa dipergunakan sebagai makanan pendamping bagi penderita diare sekaligus penderita sembelit.

    ReplyDelete
  40. 5. Menurunkan Resiko Kanker

    Kanker memang menjadi ancaman bagi setiap orang.

    Namun keganasan penyakit kanker ini sebenarnya sangat mudah untuk ditangkal sejak dini dengan cara banyak memakan sayuran dan buah-buahan yang salah satunya adalah buah pisang.

    Penyakit kanker bisa disebabkan karena adanya tumpukan oksidan atau radikal bebas dalam tubuh.

    Buah pisang yang kaya akan kandungan vitamin c merupakan penangkal alami yang mampu melawan pembentukan radikal bebas dalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari merupakan cara mudah untuk menjaga tubuh dari penyakit kanker.

    ReplyDelete
  41. 6. Menurunkan Resiko Ginjal

    Kalium merupakan zat yang penting untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh.

    Salah satu cara untuk menjaga agar ginjal kita sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar kalium yang tinggi seperti misalnya buah pisang.

    Untuk menjaga agar ginjal kita bebas dari masalah adalah dengan cara mengkonsumsi buah pisang setiap hari.
    Penutup

    Tentunya menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit.

    Menjaga kesehatan tubuh semudah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang salah satunya adalah pisang. Buah pisang ini bukanlah buah yang mahal dan sulit di dapat sehingga siapapun bisa mengkonsumsinya.

    Bila dalam satu hari tubuh mendapat asupan minimal 1 buah pisang saja, hal tersebut akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan serta metabolisme tubuh.

    ReplyDelete
  42. Mengenal Nyamuk Aedes Aegypti
    Pendahuluan

    Nyamuk Aedes Aegypti betina merupakan serangga yang mampu menularkan beberapa penyakit seperti dengue (demam berdarah), chikungunya, demam zika, dan demam kuning.

    Kenapa nyamuk yang betina berbahaya?

    Karena semua jenis nyamuk yang berjenis kelamin betina membutuhkan darah (binatang lain dan manusia) untuk bertelur. Oleh sebab itu, kehadiran nyamuk jenis yang satu ini harus sangat diwaspadai.

    Teks observasi ini akan melaporkan beberapa hal mendasar untuk mengenali seluk beluk nyamuk aedes aegypti.
    Isi

    Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti

    1. Bentuk Tubuh Nyamuk Aedes Aegypti

    Mengenali nyamuk Aedes Aegypti tidaklah sulit. Nyamuk ini berukuran kecil dan ramping, berwarna hitam dengan belang dan bercak putih disekujur tubuhnya hingga di jari-jari kakinya.

    2. Habitat Nyamuk Aedes Aegypti

    Nyamuk Aedes Aegypti secara alami tinggal di daerah lembab dan teduh seperti kebun dan rerumputan. Namun nyamuk ini juga bisa bersarang di dalam rumah dan bersembunyi di tempat yang lembab dan kurang mendapatkan sinar.

    Nyamuk Aedes Aegypti akan bertelur di air yang jernih seperti di bak mandi, penampungan air yang tak tertutup, atau di genangan air sekitar rumah dan kebun.

    3. Perilaku Nyamuk Aedes Aegypti

    Nyamuk Aedes Aegypti jantan hanya menghisap air di dedaunan dan sari bunga untuk bertahan hidup. Sementara yang betina membutuhkan darah agar bisa memproduksi telur.

    Jadwal makan nyamuk Aedes Aegypti betina ini adalah pagi hari dan sore hari, namun ada kalanya nyamuk ini akan tetap mencari mangsa hingga malam hari jika di pagi dan sore hari belum menghisap darah.

    Umumnya, nyamuk Aedes Aegypti akan berusia 2-3 minggu saja. Namun nyamuk ini juga bisa bertahan hidup hingga dua bulan lamanya.

    Nyamuk betina yang tak menghisap darah tak akan menghasilkan telur dan mereka masih tetap bisa bertahan hidup seperti nyamuk jantan dengan menghisap air dan sari bunga.

    ReplyDelete
  43. Bila kita pada pagi atau sore hari beraktifitas di kebun yang lembab dan tiba-tiba ada serombongan nyamuk belang putih menyerang, bisa dipastikan nyamuk-nyamuk tersebut merupakan nyamuk Aedes Aegypti betina yang sedang menunggu mangsa.

    Kadangkala sangat susah untuk mendeteksi kedatangan nyamuk ini karena ketika nyamuk Aedes Aegypti menggigit kulit manusia, gigitan tersebut tidak akan terasa dan akan menjadi gatal beberapa menit setelah gigitan.

    Bekas gigitan nyamuk tersebut adalah bentolan kecil yang disusul dengan bintik merah di kulit yang tidak akan lekas hilang dalam beberapa jam (bahkan hari).

    Jika nyamuk Aedes Aegypti yang menggigit manusia membawa virus penyakit, maka bekas gigitan tersebut tidak akan hilang sebelum tubuh manusia melakukan perlawanan terhadap virus tersebut.

    Jika daya tahan tubuh manusia sedang dalam kondisi buruk, maka sangat mungkin tubuh tersebut akan mengalami demam seperti dengue, demam kuning, chikungunya, dan demam zika (tergantung jenis virus yang dibawa dan ditularkan oleh nyamuk tersebut).

    ReplyDelete
  44. Pemberantasan Nyamuk Aedes Aegypti

    Nyamuk Aedes Aegypti tidaklah sulit untuk diberantas, yakni dengan melakukan cara-cara berikut ini:

    Fogging; cara ini efisien untuk membunuh nyamuk secara masal, namun banyak juga dampak buruknya seperti bikin binatang lain ikut mati dan bikin sesak nafas.
    Mengubur barang bekas yang berpotensi menyimpan air.
    Menutup tempat-tempat penampungan air dan tempat-tempat yang tergenang air.
    Menguras bak mandi.
    Menggunakan obat nyamuk (bakar, semprot, elektrik).
    Menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan dalam dan luar rumah.

    Kesimpulan

    Nyamuk Aedes Aegypti tidak bisa disepelekan karena dampak yang mungkin terjadi bisa sangat berbahaya. Oleh karenanya, nyamuk ini harus terus menerus diperangi agar terputus mata rantainya.

    Membasmi nyamuk memang mudah, namun untuk tetap konsisten dan disiplin untuk melakukannya itulah yang sulit sehingga nyamuk ini akan muncul kembali.

    ReplyDelete
  45. Manfaat Madu Lebah Untuk Tubuh
    Pendahuluan

    Madu bukanlah hal asing dalam kehidupan sehari-hari dan banyak orang menganggap bahwa madu sangat baik untuk kesehatan meski tak banyak orang yang tahu persisnya fungsi madu bagi tubuh.

    Pada label kemasan madu yang dijual di pasaran, disebutkan berbagai jenis manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan tubuh dan anehnya setiap kemasan bisa memberikan informasi yang berlainan terkait dengan fungsi madu bagi tubuh.

    Observasi ini berisi laporan singkat mengenai pengertian madu, kandungan madu, serta manfaatnya bagi tubuh manusia.
    Isi

    Mengenal Madu Lebah

    Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lanceng sebagai cadangan makanan yang mereka kumpulkan dengan cara menghisap nektar bunga tanaman atau cairan gula.

    Madu terbaik merupakan madu yang diciptakan dari nektar bunga. Madu semacam ini biasanya terdapat di hutan atau di tebing pegunungan tempat habitat para lebah atau serangga pengumpul madu lainnya.

    Namun di peternakan lebah, tentu lebah-lebah tersebut tak hanya menghasilkan madu dari nektar bunga, melainkan dari gula yang disediakan oleh peternak lebah madu.

    ReplyDelete
  46. Tidak semua jenis lebah menghasilkan madu terbaik.

    Di seluruh penjuru dunia, ada satu jenis lebah saja yang mampu menghasilkan madu terbaik, yakni lebah Apis Dorsata yang hanya terdapat di kawasan tropis dan sub tropis di benua Asia termasuk di Indonesia yang persisnya terdapat di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTB dan NTT.

    Sehingga jika dikatakan bahwa madu hutan yang berasal dari pulau-pulau tersebut, khususnya NTB dan NTT, merupakan madu alami dengan kualitas nomor satu.

    Lebah tersebut tidak bisa diternakkan atau dikembangbiakan meski di daerah asalnya. Mereka hanya mau hidup di hutan dan sekitar tebing gunung dan mendapatkan makanan serta madu dari berbagai jenis bunga yang ada di wilayah tersebut.

    Lebah Apis Dorsata menciptakan sarang yang besar yang mampu menampung madu hingga seberat 20 Kg.

    Karena lebah tersebut tidak bisa diternakkan, maka jika perburuan madu ini dilakukan secara berlebihan, dikhawatirkan lebah ini akan punah.

    Harga dari madu hutan tersebut sangat mahal sehingga menggoda warga setempat untuk berburu madu sebagai mata pencaharian.

    Rasa madu sangatlah manis seperti gula karena madu itu sendiri tersusun dari glukosa, fraktosa, maltosa, sukrosa, air, gula, dan mineral lainnya seperti chrysin, pinobanksin, vitamin c, pinocembrin dan unsur lainnya yang tergantung pada jenis bunga yang dihisap oleh lebah.

    Berbagai jenis mineral tersebut diubah menjadi madu oleh lebah sebagai cadangan makanan yang minim kandungan air sehingga tidak memungkinkan bagi bakteri lain untuk berkembang biak dalam cairan madu.

    Oleh karena itulah madu tidak bisa membusuk dalam waktu yang lama kecuali madu tersebut telah tercemar dengan cairan atau unsur lain dari luar.

    Sementara pada madu dipeternakan, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada madu tidaklah sekompleks madu hutan.

    Hal ini tentu karena faktor sumber makanan lebah. Semakin banyak lebah mengumpulkan madu dari beragam jenis bunga yang berbeda-beda, maka kandungan vitamin dan mineralnya semakin beragam pula.

    Madu lebah peternakan lebih dominan mengandung glukosa, fraktosa, sukrosa, air dan gula saja. Dengan demikian, manfaatnya tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan madu lebah hutan.

    ReplyDelete
  47. manfaat spesial untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya:

    1. Antioksidan

    Madu mengandung salah satu zat yang disebut sebagai pinocembrin. Zat ini diperoleh oleh lebah dari nektar bunga dan zat ini merupakan antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

    Berbeda dengan antioksidan lainnya, pinocembrin dalam madu sangat mudah diserap oleh tubuh dan bekerja dengan cepat sehingga manfaatnya lebih cepat terasa. Oleh

    sebab itulah mengkonsumsi madu secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit kanker, memperkuat imun tubuh, menjaga stamina tubuh, serta membuat tubuh awet muda.

    2. Menyehatkan Kulit

    Hampir semua produk kecantikan untuk kulit menggunakan bahan madu karena madu terbukti bisa menjaga kelembaban kulit, mengganti sel kulit mati, dan menjaga kulit dari penuaan dini.

    Bahkan madu juga bagus untuk kesuburan rambut dan hal ini tentu pertama-tama madu bekerja untuk menyehatkan kulit kepala yang imbasnya adalah pertumbuhan rambut yang bagus dan baik.

    Cara memanfaatkan madu untuk menjaga kesehatan kulit, selain dikonsumsi secara rutin adalah dengan cara menggunakan madu sebagai lulur alami.

    3. Merangsang Pertumbuhan Sel dan Jaringan Baru Dalam Tubuh

    Dikatakan di berbagai sumber bahwa madu mampu menyembuhkan banyak penyakit, hal ini tentu saja tak lepas dari fungsi madu yang bisa merangsang pertumbuhan sel dan jaringan baru dalam tubuh.

    Dengan kata lain, madu merupakan nutrisi untuk proses pembentukan sel-sel baru dalam tubuh sehingga sel-sel tubuh yang telah mati, terlalu cepat mati karena sakit atau sebab lain akan cepat mendapatkan gantinya.

    Dengan demikian, orang sakit akan lebih cepat sembuh jika dibantu dengan mengkonsumsi madu.

    4. Antibiotik dan Obat Luka Luar

    Madu tak hanya bisa bekerja untuk menjaga kesehatan kulit namun bisa juga menyembuhkan kulit dan daging dari luka gores dan luka bakar.

    Madu bisa langsung dioleskan pada kulit yang terluka dan tanpa proses pencernaan yang melibatkan lambung dan usus, madu bisa langsung diserap oleh darah melalui sel dan jaringan tubuh yang terluka dan seketika madu akan diproses di titik yang memerlukan nutrisi tambahan tersebut.

    Luka luar yang diobati dengan madu biasanya akan sembuh tanpa bekas yang mencolok, berbeda dengan obat luka lainnya yang akan meniggalkan bekas luka pada kulit.
    Kesimpulan

    Nektar bunga pada tanaman akan menjadi sumber nutrisi yang lengkap dan bermanfaat apabila telah diubah oleh lebah untuk menjadi madu.

    Beberapa zat unik yang tak terdapat pada sumber mineral lainnya seperti seperti chrysin, pinobanksin, dan pinocembrin merupakan zat yang sangat ampuh untuk mengobati dan menjaga tubuh dari berbagai jenis penyakit.

    Bahkan, madu bisa membuat tubuh awet muda dan berumur panjang.

    ReplyDelete
  48. Observasi Hutan Pinus dan Danau Ranu Gumbolo di Pagerwojo
    Pendahuluan

    Pagerwojo merupakan salah satu kecamatan di Tulungagung yang daerahnya merupakan perbukitan dengan pemandangan alam yang sejuk dan asri.

    Pemukiman penduduk di wilayah ini bisa dibilang masih jarang dan sebagian besar wilayahnya merupakan hutan jati, pinus, dan area persawahan.

    Di pagerwojo terdapat satu tempat wisata yang khas, yakni waduk wonorejo.

    Di sekitar area tersebut terdapat sebuah danau, yakni Ranu Gumbolo, yang menjadi satu dengan waduk dan di sekitar danau tersebut merupakan hutan pinus yang tertata rapi.

    Oleh sebab itu, pemandangan alam di sekitar danau Ranu Gumbolo tidak sepenuhnya alami, melainkan banyak mendapat campur tangan dari warga setempat dan pemerintah daerah.
    Isi

    Awal Mula Kawasan Ranu Gumbolo di Ciptakan

    Ranu Gumbolo merupakan obyek wisata buatan yang dirintis sejak tahun 2015. Dulunya danau ini merupakan bagian dari waduk Wonorejo.

    Sebelum dibangun beberapa fasilitas sederhana, tempat ini merupakan tempat yang hanya dikunjungi oleh para pemancing. Selain kawasannya yang rindang dan sejuk, ikan di wilayah ini juga sangat banyak.

    Di namai sebagai Ranu Gumbolo hanya karena kawasan ini mirip dengan Danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru.

    Dengan ditetapkanya sebagai destinasi wisata baru, ada dampak positif dan negatif bagi ekosistem di wilayah tersebut.

    ReplyDelete
  49. Sebelumnya, wilayah ini merupakan hutan pinus yang sepi dan belum tertata rapi. Hewan-hewan seperti burung, mamalia kecil dan reptil seperti ular masih sering terlihat.

    Namun setelah resmi menjadi obyek wisata dan mulai ramai didatangi pengunjung, lokasi ini menjadi tertata rapi, memiliki beberapa fasilitas, rute yang nyaman, dan tak lagi tampak binatang liar berkeliaran kecuali ikan-ikan yang ada di tepi perairan.

    Rute Menuju Lokasi

    Lokasi Danau Ranu Gumbolo tidaklah sulit untuk ditemukan.

    Dari kota Tulungagung, para pengunjung bisa menempuh jalur ke barat untuk menuju Pagerwojo.

    Setelah masuk kawasan Pagerwojo, pengunjung akan dengan mudah menemukan pintu masuk menuju waduk Wonorejo karena letaknya persis di pinggir jalan utama.

    Setelah memasuki gapura masuk wilayah waduk Wonorejo, pengunjung bisa mengambil jalan lurus hingga nanti akan bertemu dengan sebuah pertigaan.

    Jika ke arah kiri maka pengunjung akan sampai di waduk Wonorejo dan sebaliknya jika diambil arah ke kanan maka pengunjung akan sampai di danau Ranu Gumbolo.

    Tidak ada harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam di area ini, namun jika pengunjung menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia seperti perahu, parkir, rumah pohon dan kursi santai, pengunjung akan dikenakan biaya dengan harga yang sangat terjangkau.

    Yang menarik sebetulnya tak hanya spot wisata danau Ranu Gumbolo saja, namun sepanjang perjalanan menuju area tersebut pengunjung bisa menikmati pesona hutan pinus.

    Sepanjang pinggir jalan bisa dijadikan tempat tongkrongan karena hampir semuanya merupakan tempat yang rindang dan sejuk.

    ReplyDelete
  50. Jenis Satwa dan Tanaman

    Mayoritas tanaman yang ada di kawasan ini adalah pohon jati, cemara dan pinus.

    Khusus pohon pinus merupakan pohon yang cara penanamannya sangat rapi karena selain ditujukan sebagai pemandangan, pohon tersebut juga disadap getahnya oleh penduduk setempat.

    Selain pepohonan tersebut, jenis tanaman selebihnya adalah tanaman liar, semak-semak, dan beberapa tanaman khas a la pegunungan wilis.

    Beberapa satwa yang terdapat di daerah ini adalah berbagai jenis burung termasuk burung elang, mamalia kecil seperti musang, kucing hutan, tupai dan binatang reptil seperti ular dan biawak.

    Konon di daerah tersebut dikatakan bahwa beberapa kali terjadi penampakan seekor ular pyton raksasa yang menyeberangi danau. Tentu hal tersebut merupakan pemandangan langka.

    Lambat laun binatang-binatang tersebut mulai berkurang dan beberapa diantaranya seperti burung elang sudah enggan menampakkan diri lagi karena banyaknya pemburu yang berburu binatang di daerah tersebut.
    Kesimpulan

    Pembangunan kawasan wisata baru danau Ranu Gumbolo membawa dua hal postitif dan negatif.

    Positifnya adalah warga setempat mendapatkan sumber pemasukan tambahan. Selain itu, area Ranu Gumbolo juga menjadi lebih rapi, bersih, indah serta memiliki beberapa fasilitas meski masih sederhana.

    Sementara itu dampak negatifnya, area Ranu Gumbolo yang dulunya merupakan rumah bagi aneka satwa baik udara, air, dan darat telah berubah dan ramai dikunjungi orang sehingga satwa-satwa tersebut harus pergi ke tempat lain.

    Dengan kata lain, pembangunan danau Ranu Gumbolo telah menghilangkan habitat beberapa jenis satwa yang ada di situ.

    ReplyDelete
  51. Keindahan Goa Gong Pacitan
    Pendahuluan

    Goa Gong merupakan salah satu tempat pariwisata unggulan yang terletak di Kota Pacitan, Jawa Timur.

    Yang membuat goa ini tampak istimewa adalah keindahan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara alami sejak ratusan juta tahun yang lalu bersamaan dengan terbentuknya goa itu sendiri.

    Konon, guratan stalaktit dan stalagmit di goa gong ini merupakan yang terindah se Asia Tenggara sehingga Goa Gong dinobatkan sebagai goa terindah.

    Goa ini bernama Goa Gong bukan tanpa alasan karena pada bagian akhir atau ujung dari goa ini terdapat batu besar yang apabila dipukul-pukul dengan menggunakan tangan akan menghasilkan bunyi yang menggema layaknya sebuah gong yang dipukul.

    Dulunya, sebelum menjadi tempat wisata, Goa Gong merupakan goa yang keramat karena dipergunakan sebagai tempat semedi.

    Namun lambat laun cerita akan keindahan goa tersebut mulai tersebar dan membuat banyak orang penasaran untuk menikmati keindahannya hingga kemudian goa tersebut dikelola sebagai tempat wisata.

    Untuk menuju ke sana bisa menggunakan 2 jalur alternatif, yakni perjalanan melalui Pracimantoro dan perjalanan melalui Kota Pacitan yang berjarak kurang lebih sekitar 30 km dari goa tersebut.

    Goa Gong itu sendiri terletak berdekatan dengan Pantai Klanyar sehingga umumnya para wisatawan akan mengunjungi dua tempat tersebut agar perjalanannya tidak mubadzir.

    ReplyDelete
  52. Menjelajah Kedalaman Goa Gong

    Secara keseluruhan, Goa Gong berbentuk horizontal atau tidak bertingkat dan memiliki panjang sekitar 256 meter dari mulut goa hingga pintu terakhir dari goa tersebut.

    Berdasarkan penataannya, goa tersebut dibagi menjadi 7 ruangan, yakni yang pertama adalah bilik Sendang Bidadari yang dialiri air jernih dan dingin, bilik kedua adalah ruang bidadari.

    Bilik ke tiga dan keempat adalah ruangan yang dihiasi dengan kristal dan marmer yang sangat indah dengan kualitas mendekati sempurna, ruang kelima merupakan ruangan yang terluas dan di ruangan inilah biasanya diadakan event-event tertentu seperti misalnya pertunjukan musik.

    Ruang keenam merupakan ruang suci untuk dijadikan tempat pertapaan dan ruang terakhir merupakan ruang tempat bernaungnya bongkahan batu yang bisa berbunyi layaknya sebuah gong apabila dipukul dengan menggunakan telapak tangan.

    Batu tersebut juga bisa berbunyi sendiri pada saat-saat tertentu ketika goa dalam kondisi sepi.

    Fenomena tersebut tentu juga dibalut dengan cerita-cerita mistis, namun fenomena batu yang berbunyi tersebut merupakan fenomena alami.

    Gesekan angin dan pantulan bunyi tetes air yang jatuh dalam akustik ruangan semacam itu memang akan menimbulkan bunyi dengan kesan mistis. Ruangan terakhir itulah yang dijadikan nama dari goa tersebut, yakni Goa Gong.

    ReplyDelete
  53. Kini Goa Gong juga dilengkapi dengan penambahan unsur artisik berupa penataan cahaya lampu led berwarna-warni yang diarahkan pada spot tertentu untuk menambah kecantikan dari goa tersebut.

    Seluruh permukaan dinding dan atap goa tersebut adalah stalaktit dan stalagmit yang halus dan licin sehingga semua pengunjung tidak disarankan untuk memanjatnya karena selain berbahaya tentu juga bisa menimbulkan kerusakan pada pahatan alami goa tersebut.

    Akses dan Fasilitas Penunjang

    Untuk menuju ke Goa Gong, para pengunjung hanya perlu sedikit berjalan kaki dari tempat parkir yang berjarak sekitar 100 meter.

    Harga tiket masuk hanya 5 ribu rupiah untuk anak-anak dan 10 ribu rupiah untuk dewasa pada hari biasa, namun pada hari libur atau weekend, harga tiket dewasa berubah menjadi 12 ribu rupiah saja.

    Harga tersebut sangat murah untuk keindahan alam yang mengagumkan. Goa Gong mulai dibuka pada pukul 9 pagi dan ditutup pada pukul 5 sore, namun bagi pengunjung yang hendak bertapa akan ada pengecualian.

    Di dalam Goa Gong telah disediakan jalur buatan bagi pengunjung agar bisa menikmati keindahan goa dengan selamat karena goa tersebut sangat licin dan curam.

    ReplyDelete
  54. Meski Goa Gong telah dihias dengan lampu untuk menambah keindahannya, namun lampu-lampu tersebut tidak menjamah seluruh ruangan sehingga di sekitar mulut goa terdapat persewaan lampu senter.

    Dalam perjalanan menuju goa tersebut atau di area luar goa, terdapat banyak penjual makanan, minuman, souvenir dan bahkan ada hotel kecil untuk menginap.

    Sejarah Penemuan Goa Gong

    Dibalik keindahan Goa Gong terdapat kisah-kisah menarik dan beraroma mistis.

    Konon, menurut cerita warga, 65 tahun sebelum tahun 1995, di dusun Pule (pemukiman sekitar Goa Gong) sedang mengalami kemarau panjang.

    Pada waktu itu di dusun tersebut ada 2 orang yang mencoba untuk mencari sumber air, yaitu Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo.

    Mereka berdua mencoba mendapati sebuah goa dan mencoba untuk masuk ke dalamnya dengan menggunakan obor yang terbuat dari ikatan daun kelapa kering untuk alat penerangan. Di sanalah kedua orang tersebut menjumpai sendang bidadari dengan air yang melimpah.

    Tentu dua orang tersebut bukan orang pertama, namun berkat dua orang tersebut setidaknya di dusun Pule mulai beredar tentang kisah keberadaan Goa tersebut terutama tentang keindahan goa dan fenomena aneh tentang bunyi-bunyian dari dalam goa.

    Pastinya hal tersebut membuat orang berfikir ulang untuk menjelajah goa karena takut akan hantu atau siluman penunggu goa yang dianggap membuat bunyi-bunyi tabuhan seperti suara gamelan dan reog sehingga goa tersebut masih dalam kondisi alami dalam waktu lama sejak dua orang tersebut mencoba mencari air di dalamnya.

    Tentu waktu itu di dusun tersebut masih sepi dan pemandangan alam seperti itu tidak dianggap sebagai tempat wisata, melainkan tempat angker karena bagaimanapun juga dulunya area wisata Goa Gong adalah hutan.

    ReplyDelete
  55. Meski Goa Gong telah dihias dengan lampu untuk menambah keindahannya, namun lampu-lampu tersebut tidak menjamah seluruh ruangan sehingga di sekitar mulut goa terdapat persewaan lampu senter.

    Dalam perjalanan menuju goa tersebut atau di area luar goa, terdapat banyak penjual makanan, minuman, souvenir dan bahkan ada hotel kecil untuk menginap.

    Sejarah Penemuan Goa Gong

    Dibalik keindahan Goa Gong terdapat kisah-kisah menarik dan beraroma mistis.

    Konon, menurut cerita warga, 65 tahun sebelum tahun 1995, di dusun Pule (pemukiman sekitar Goa Gong) sedang mengalami kemarau panjang.

    Pada waktu itu di dusun tersebut ada 2 orang yang mencoba untuk mencari sumber air, yaitu Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo.

    Mereka berdua mencoba mendapati sebuah goa dan mencoba untuk masuk ke dalamnya dengan menggunakan obor yang terbuat dari ikatan daun kelapa kering untuk alat penerangan. Di sanalah kedua orang tersebut menjumpai sendang bidadari dengan air yang melimpah.

    Tentu dua orang tersebut bukan orang pertama, namun berkat dua orang tersebut setidaknya di dusun Pule mulai beredar tentang kisah keberadaan Goa tersebut terutama tentang keindahan goa dan fenomena aneh tentang bunyi-bunyian dari dalam goa.

    Pastinya hal tersebut membuat orang berfikir ulang untuk menjelajah goa karena takut akan hantu atau siluman penunggu goa yang dianggap membuat bunyi-bunyi tabuhan seperti suara gamelan dan reog sehingga goa tersebut masih dalam kondisi alami dalam waktu lama sejak dua orang tersebut mencoba mencari air di dalamnya.

    Tentu waktu itu di dusun tersebut masih sepi dan pemandangan alam seperti itu tidak dianggap sebagai tempat wisata, melainkan tempat angker karena bagaimanapun juga dulunya area wisata Goa Gong adalah hutan.

    ReplyDelete