Monday, October 19, 2015

Pariwisata, Yang Beda Yang Unik itu yang banyak dikunjungi

Geliat wisata memang harus disikapi dengan positif dan konstruktif. Ketika bangsa Indonesia mampu membawa sektor pariwisata (tourism) menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi masyarakat, hal itu sungguh solusi cerdas mengangkat taraf hidup masyarakat. Bercermin dengan negara tetangga di kawasan Asia tenggara, beberapa diantaranya menjadi destinasi/tujuan favorit wisatawan baik dari Eropa maupun Amerika misal saja Singapura, malaysia dan Thailand, maka Indonesia dengan salah satu ikon yang sudah dikenal yaitu Bali seharusnya ada gereget bagi pihak terkait (stakeholder) untuk juga mengembangkan sektor wisata di daerah lainnya dari sabang sampai merauke. Negara ini kaya dengan panorama alam, bahkan tiap provinsi memiliki keelokan dan daya tarik tersendiri. Namun beberapa fakta di lapangan, prasarana utama yaitu terkait transportasi, jalan penghubung, fasilitas umum di area wisata belum maksimal diperhatikan. Beberapa tempat yang sudah memiliki standar fasilitas yang memadai kadang perawatan kurang terjaga bisa karena rusak faktor alam ataupun faktor manusia, yaitu pengunjung yang tidak bertanggungjawab.
Kenapa sektor wisata di beberapa provinsi belum bisa go international, mungkin alasannya karena kurangnya sosialisasi, ataupun belum melibatkan semua pihak terkait baik dari sisi swasta ataupun masyarakat lokal. Jika wisata mampu menjadi sebuah industri, maka hal yang sangat menguntungkan bagi devisa negara. Faktanya hal tersebut detik ini belum sampai ke level tersebut.
Masyarakat memiliki peran ganda, menurut saya pertama mereka sebagai penikmat/pengunjung domestik (visitors) dan yang kedua sebagai pelaku dunia bisnis yang bergerak dalam jasa/biro wisata, misalnya hotel, penginapan, warung, toko suvenir, pemegang saham, staff/pekerja, dan masih banyak lainnya. Sudahkah peran tersebut disadari oleh kita? Terlihat betapa wisata itu layaknya semacam demokrasi yang menerapkan dari, untuk, dan oleh masyarakat tentunya dengan dukungan penuh (total concern/ massive support) dari pemerintah.
Tidak terjadi masyarakat menganggur, status tanpa penghasilan, tanpa pekerjaan, apalagi wisata mampu menumbuhkan stimulus untuk berwirausaha (entrepreneurship) misalnya dalam bidang suvenir atau oleh-oleh, atau cinderamata khas daerahnya. Cobalah hitung ada berapa provinsi di Indonesia, setiap provinsi banyak kabupaten/kota yang hampir memiliki destinasi wisata yang unik yang khas, yang mana subjektif saya hal ini belum digali, hanya masih sebatas berjalan apa adanya tanpa ada gereget go international, dengang meningkatkan layanan publik, fasilitas, bahkan promosi itu sendiri kepada masyarakat internasional.
Kita merasa bangga dan keren kalau sudah jalan-jalan atau mengunjungi negara tertentu hanya untuk wisata, tanpa ada rasa bangga dan hasrat untuk memperkenalkan daerah kita agar bisa di kenal dan dikunjungi oleh masyarakat internasional. Matahari yang setiap pagi terbit dan sore hari terbenam itu adalah matahari yang sama terbit dan terbenam di seluruh negara di dunia, jadi kita memiliki kesempatan (chance)  yang sama untuk memajukan sektor wisata. Mulailah dari tempat tinggal kita, lihat sekeliling, amati dan cermati peluang yang ada, optimalkan dan hasilkan sesuatu yang lebih bernilai.
Dalam Bahasa Inggris, pembahasan pariwisata (tourism) bisa dimasukkan ke dalam pokok bahasan Genre text Hortatory Exposition, karangan yang membahasa topik tertentu dengan sebuah rekomendasi/saran. Berikut contoh teks Hortatory Exposition:

Tourism Benefit on Local People
What is the benefit of tourism for local people? Well, tourism is now a huge contributor to the economies of most countries. Tourism industries can bring money, job vacancy and advancement especially to developing regions. However, this money often goes into the pockets or foreign investors, and only rarely benefits for local people.
Tourism industries will not give much benefit for local people if, for example, multinational hotel chains don’t care about the surrounding nature when they build new hotels. This can cause many social, cultural and geographical problems. Some local people may get job and money from that International hotel chain. However in case of missing that opportunity, some of them still have their own environment.
Moreover, some facts show that tourists tend to go, visit and spend their money in restaurants, bars and even luxury hotels of that multinational chain. They less go to such places; restaurant, bar, hotel, shop which are owned by local people. This can provide the local people’s business from becoming even larger.
Most important thing, tours or excursions of tourism have little effect on nature. Even it can disrupt or destroy ecosystems and environments, and if it does, the local people will get the risk.
So the local government policies should be put in place to ensure that tourism will make the benefit spreading widely. The policies should guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.
TEXT: HORTATORY EXPOSITION
GOAL: TO PERSUADE THE READERS, WITH SUGGESTION (SARAN)
structure of text:
a. thesis (issue)
b. arguments (pendapat)
c. recommendation (saran)



QUESTIONS
1.       What is the benefit of tourism for local people?
A.  Tourism industries will not give much benefit for local people.
B.   Tourism industries can bring money, job vacancy and advancement.
C. Tourism industries can destroy our country.
D.  Tourism industries will give less benefit for local people.
E, Tourism industries will have little effect on nature.


2.       What problem cause many social, cultural and geographical problems?
A. The money often goes into the pockets of foreign investors.
B.  Multinational hotel chains don’t care about the surrounding nature.
C. The tourist tend to go, visit and spend their money in restaurants, bars and even luxury hotels.
D. Tours or excursions of tourism disrupt or destroy ecosystems and environments.
E.  The policies guarantee that tourism will not cause any harm.

3.       What should the local  government  policies do to ensure that tourism will make the benefit spreading widely?
A. The policies should not guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.
B. The policies should allow that tourism will not cause any harm to any local people or places.
C. The policies should prevent that tourism will not cause any harm to any local people or places.
D. The policies should prohibit that tourism will not cause any harm to any local people or places.
E. The policies should guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.

4.       What is the type of the text above?
A.  Spoof
B. Report
C. Analytical exposition
D. Hortatory exposition
E.  Recount

5.       What is generic structure of the text?
A.  Thesis-orientation-resolution
B. Thesis-recommendation-resolution
C. Thesis-orientation-recommendation
D. Thesis-event-recommendation
E Thesis-argument-recommendation



Sunday, October 18, 2015

Masa Lalu, sejarah lama yang berproses, investasikan masa depanmu

Kejadian masa lalu berlangsung dengan menghabiskan waktu yang kita miliki. Hakikat usia manusia adalah apa yang sudah dilakukan di masa yang lampau yang sudah menjadi goresan sejarah, menjadi kenangan jika hal tersebut merupakan momen/peristiwa yang indah dan menyenangkan, sedangkan menjadi pelajaran berharga jika hal tersebut merupakan peristiwa duka ataupun bencana. Dengan sendirinya waktu yang sudah diambil oleh kita kemudian sudah digunakan menjadi catatan sejarah hidup kita, akan menjadi dasar untuk menapaki masa depan yang belum kita raih.
Sejarah lama itu membutuhkan proses dimasanya, contoh masa saya sekolah di bangku SD dulu membutuhkan 6 tahun untuk menjadi sebuah kisah seorang heri murid SD dengan segala variasi kehidupannya. Sekarang jika melihat ada seorang anak usia 10 tahun yang bersekolah di jenjang SD, dia belum mengetahui catatan bagus atau buruk yang akan ia torehkan dalam kisah hidupnya sampai dia lulus SD.  Analogi yang sama adalah, selama kita berproses dengan baik setiap detik kehidupan kita maka hal tersebut akan menjadi menit yang bagus untuk sejarah kita nanti. Akhirnya menit sejarah itulah yang berakumulasi menjadi puluhan tahun orang hidup di dunia hingga detik terakhir hidupnya.
Berproseslah, boleh sejenak evaluasi sejarah kita ke belakang, kemudian tatap kembali masa depan kita songsong dan sambut dengan waktu terbaik kita. Berbuat, berkaryalah, dan beramal dengan sebaik-baiknya karena itu bentuk dari proses membuat kisah/biografi diri kita.
Umur atau usia memang tidak ada yang tahu pasti, namun jumlah 1 jam secara pasti terdiri 60 menit, dan 60 detiklah yang membentuk 1 menit. Hal itu pasti, sehingga bisa kita rancang, tata, atur, kelola sedemikian rupa sehingga menjadi rangkaian kehidupan yang penuh prestasi. Allahua'lam bishowab.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, masa lampau yang sedang berproses (berlangsung terjadi) disebut simple past continuous (progressive) tense. Berikut ini sekilas pola atau formula dari tenses past continuous:
(+) Subject + was v-ing + object
(-) Subject + was not v-ing + object
(?) Was + subject + v-ing + object?

aplikasi/ diterapkan dalam pola questions and answer, dengan variasi contoh sbb:
Example: Jane/study/English/Paul/watch/movie
Jawab/answer:
Q : Jane was studying English. Was Paul studying English tooo?
A : No, he was not. He was watching movie at the moment.
Latihan jenis ini tepat untuk melatih skill dalam menulis (writing). Let's check these out!
EXERCISES
1. Brian/visit his grandpa/George/go to/cinema
2. Most of us/go to the music concert/you/play/card game
3. People/celebrate the independence day/your sister/cook/the meals
4. We/fix/the broken chair/Tom/send/the letter
5. They/drive/to the post office/your father/make/the handicrafts


Saturday, October 17, 2015

Janji adalah hutang, komitmen melunasi banyak janji

Kita diperbolehkan untuk berjanji, pada siapa saja, dan janji apa saja, jangan lupa kita juga memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk merealisasikan janji kita. Pengingkaran terhadap janji-janji yang sudah kita buat menjadikan kredibilitas kita menurun, komitmen kita dipertaruhkan dan ada beban moral serta psikologis.
Nah, apa jadinya jika kita menjumpai seseorang yang selalu berbuat ingkar terhadap janjinya kemudian orang tersebut tidak merasa bersalah. Saran saya terhadap orang tipe tersebut adalah menghindari berurusan dengannya apalagi kaitannya dengan janji, bersiaplah kita akan sakit hati karena merasa di ingkari.
Ingkar, kata yang banyak dibenci namun kadang banyak orang melakukannya. Kenapa sih, beberapa orang mudah mengingkari sebuah janji? Apakah karena kurangnya komitmen dalam hati atau memang sudah kebiasaan. Bisa jadi, memang dia benar-benar tidak mampu melaksanakan janjinya sehingga akhirnya ingkar. Tapi semudah itukah ingkar menjadi satu-satunya solusi. Saran saja, jika kita terlnjur membuat janji yang ternyata sulit diwujudkan maka beritahu partner kita bahwa kita mengalami kendala atau hambatan, kemudian minta masukan atau alternatif solusi. Jika tidak ada jalan tengah terpaksa meminta maaf.
Belajarlah untuk menepati janji yang pernah kita buat, silahkan membuat ribuan janji itu tidak masalah tetapi tepatilah janji-janji yang pernah kita buat. Ingatlah, agar kita tetap semangat, prinsip seorang muslim jangan pernah mengingkari janji, karena bila ingkar kita termasuk orang yang munafik. Jika ingin membatalkan janji bersegeralah menghubungi orang-orang yang terkait dengan janji tersebut dan segera mengkonfirmasikan pembatalan janji atau sekedar meminta maaf atas pembatalan atau ketidakmampuan kita dalam melaksanakan janji kita.
Ada pertanyaan besar, misalnya seorang calon pemimpin yang berjanji ketika masa kampanye dengan janji ini itu, berjanji mensejahterakan rakyatnya, menumbuhkan gairah perkeonomian bangsa, mengurangi angka pengangguran, bla-bla...bla..bla..Nah ketika jadi pemimpin pilihan rakyat tidak menepatinya alias menipu, maka minta maaflah kepada seluruh rakyat bahkan bangsa ini yang telah tergiur janji-janji palsu yang tak pernah direalisasikan. Tipe pemimpin seperti ini adalah tipe pemimpin munafik.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, marilah kita menelaah dan studi kasus dari lagu milik Harris Jung berjudul I Promise, this song is nice...

"I Promise" Lyrics:
by HARRIS JUNG

I promise anytime you call me
It don't matter where I am
I'll always be there, like you've been there
If you need me closer, I'll be right over
I swear, I swear

Every time that I need you by my side 
Every time I lose my way in life
You're my circle of life, compass and guide
There behind me
And one day when the tables finally turn
And it’s me you’re depending on
I’ll put you first, hold you close
Like you taught me
Know that I'll be there for you, for you

Chorus:
I promise anytime you call me
It don't matter where I am
I'll always be there, like you've been there
If you need me closer, I'll be right over
I swear, I swear
I promise anytime you call me
It don't matter where I am
I'll always care for you, go anywhere for you
If you need me closer, I'll be right over
I swear, ooh

There are days when I just don't want to talk
And your feelings hit a wall
But that won’t change
The love you’ve raised inside this family
Everything that I do is to make you proud
I just want to say it, and say it loud
You're my heat when I'm cold
The place I call home, and always will be
Know that I'll be there for you, for you

CHORUS

Having someone to go to
Having someone to love
Having both is a blessing
That was sent from above
Oh I know that wherever I'll go
You'll be forever in my heart












Sunday, October 11, 2015

Kuatkan fisik, mantapkan nyalimu

JANUR KUNING
Jalan-jalan ke tajur Kegiatan untuk Hiking
Perlengkapan Individu
-lontong 2 buah
-tempe goreng 2 buah
-air mineral 2 botol (@ 600ml)
-ketela mentah 2 buah
-cabe 2 buah
-korek api/ matches 1 bks
-buku catatan Bhs Inggris & 1 ballppoint
-seragam olga (kaus & celana) langsung dipakai
-perlengkapan shalat (sarung/ mukena, sajadah)
-tali rafia 1 m (XII = merah, XI=biru, X = hijau)
-sandal jepang
-sendok makan 1 buah
Perlengkapan (tugas) kelompok
-yel-yel kelompok
-membuat artikel tentang ilmuwan muslim 1 hlm (lembaran kertas)
-hafalan kelompok (XII = QS. Al Hadid, XI = QS. Al Hadid (1-11), X = QS. Al Qomar (1-5))
-Hafalan lagu (XII = mars hiking, XI = prahara anugrah, X = shalawat)
Susunan Acara
06.30-07.00
Asmaul Husna, Al fatikhah, An nas, Al falaq, Al Ikhlas, Ayat Kursi, Al Qomar, doa perlindungan, mohon ampunan, istighfar, shalawat
Cek peserta (absensi) @ kelompok, cek yel-yel, cek penugasan
07.00-08.00
Pemberangkatan ke lokasi (Desa Tajur Kec. Kandangserang) via truk/ alat transportasi
Jalan raya, bukit, hutan pinus
08.00-08.30
Tiba Dilokasi, shalat dhuha, doa, asmaul husna, al fatikhah, an nas, al falaq, alikhlas, ayat kursi, al hadid, perlindungan, mohon ampunan, istighfar, shalawat, doa
Kultum kelompok tentang profil ilmuwan muslim (Saturnus), teori direct marketing, breakfast (lontong 1, tempe 1, minum 1 btl, cabe 1), praktek terjun door to door direct marketing (1 kelompok target 3 rumah), laporan hasil marketing tiap kelompok
08.30-08.45
Persiapan hiking & outbond, cek peserta tiap kelompok, pengingatan tatib (kontrak belajar) Janur Kuning
08.45-09.30
Pos I = vocabulary (puzzle solving), kosakata, kultum ilmuwan muslim (neptunus), cek hafalan Al hadid (Kelas XII)
09.30-10.00
Jalan etape 1= aspal, hutan, naik, berkerikil
Jalan bersama/ long march
10.00-10.15
Pos II = writing test, kalimat, frase, kata, kultum ilmuwan muslim (merkurius), cek hafalan al hadid (1-11)
10.15-11.00
Jalan etape 2, jalan kerikil, hutan, ladang, sawah, jalan bersama (longmarch),
11.00-11.30
Pos III = survival (bakar ketela), lontong 1, tempe 1, air minum1 btl, kultum ilmuwan muslim (venus), cek hafalan al qomar (1-5)
11.30-11.45
Jalan etape 3, jalan aspal kerikil, sawah, ladang, rumput, semak belukar
11.45-12.15
Pos IV = Shalat dhuhur berjamaah, al hadid, doa, kultum ilmuwan muslim (matahari), cek lagu mars hiking, game human tower
12.15-12.45
Jalan etape 4, semak belukar, kerikil, aspal, hutan
12.45-13.00
Pos V = kultum ilmuwan muslim (bumi), cek lagu prahara anugrah, shalawat, pengarahan game perang badar, Perang Badar adalah game strategi, game fisik (full body contact), game teamwork, game power (kekuatan/stamina), game petualang (adventure), game misi (on mission), merebut panji (bendera merah putih), game menyerang, game bertahan (offensive & defensive)
13.00-13.30
Etape akhir = lintas sungai kecil, berbatu, sedikit licin, berair, menurun
13.30
Evaluasi perang badar, cek peserta, doa penutup, pulang menunggu truk
Kontrak belajar (tata tertib/peraturan) Janur Kuning
1.Penugasan
1.1.setiap penugasan 1 benda/instruksi harga 1 baris (atau 2x push up)
1.2.penugasan individu konsekuensi individu, kelompok konsekuensi 1 kelompok
2.Peserta
2.1.setiap peserta mengikuti seluruh sesi (mata acara), 1 sesi harga 2 baris (atau 4x push up)
2.2.setiap peserta menaati & menghormati instruktur sesama peserta & dewan guru, tidak menggunjing, menghina, mengejek, melawan, mengintimidasi instruktur, 1 pelanggaran harga 3 baris (atau 8x push up)
2.3.setiap peserta menjaga lisan dari ucapan sia-sia, bohong, melecehkan, kata kotor, jorok, berisik, membuat kegaduhan yang bukan bentuk tugas, adu mulut, bertengkar, berteriak di luar konteks tugas/misi, 1 pelanggaran harga 3 baris (atau 8x push up)             
2.3.setiap peserta menjaga tangan, kaki (atau anggota tubuh), lisan ataupun perbuatan dari hal yang merugikan orang lain, warga sekitar bahkan alam sekitar, 1 pelanggaran harga 3 baris (atau 8x push up). Contoh: merusak tanaman, membuang sampah atau bekas makanan, kencing di sembarang tempat, dll
3.Panitia/instruktur
3.1.instruktur wajib disiplin & keras, namun tetap menjaga etika
3.2.instruktur adalah koordinator lapangan, petugas pos atau guru
3.3.instruktur tidak dikenai sanksi hanya bertanggungjawab 100% kepada Allah swt
4.Kegiatan
4.1.setiap sesi kegiatan dialokasikan waktu, sehingga menjadi acuan/patokan/pedoman selama kegiatan
4.2.jumlah durasi waktu setiap sesi disesuaikan di lapangan tergantung situasi & kondisi alam
4.3.seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir agar diikuti dengan meluruskan niat untuk ibadah mengharap ridho Allah swt
4.4.selama kegiatan berlangsung dzikir/berdoa selalu terkoneksi dengan sang Khalik 

Saturday, October 10, 2015

Rapi, teratur, tertata, ndak sebaliknya....

Bayangkan seandainya hidup kita amburadul, segala kegiatan tercecer, berserakan, acak-acakan dan lepas kendali tanpa kontrol, tanpa manajemen yang bagus, tanpa jadwal yang rapi, tanpa konsep jelas, pastilah kita menghadapi hidup, aktivitas, atau kegiatan dengan penuh ketidaksiapan sehingga hasilnya jauh dari memuaskan. Kadangkala suatu hal saja masih belum sesuai harapan, padahal sudah dipersiapkan, sudah ditata sedemikian rupa. 
Contoh, saya biasanya punya tempat khusus untuk menaruh hasil ujian, ulangan harian, tes dari para murid, suatu waktu saya lupa mencampur antara satu data dengan data lain di satu tempat. Nah, ketika dibutuhkan saya mengalami kesulitan, yang jelas data yang saya butuhkan tidak cepat dan mudah saya temukan. Padahal sudah ada bentuk usaha untuk merapikan tempat penyimpanannya. Itu yang jelas sudah dirapikan, ditempatkan secara khusus masih saja bisa semrawut, apalagi kalau sama sekali tidak ditata.
Contoh kedua, ketika kita menaruh baju, kaus kaki, atau tas, tidak teratur, tidak pada tempat biasanya, pastilah ketika berangkat ke sekolah, tempat kerja, atau ketika benda tersebut dibutuhkan maka dampak negatifnya adalah gugup, tergesa-gesa, bahkan hal paling buruk kita marah, jengkel, emosi, yang pada akhirnya berpengaruh pada sisi psikologis diri kita, hal tersebut bisa menciptakan temperamen (karakter) buruk, ketidakseimbangan sisi emosional.
Marilah belajar mengatur hidup kita, meskipun segalanya sudah ada garis ketentuan oleh Allah swt, kita harus berikhtiar menata hidup kita lebih baik, dari segi aktivitas sehari-hari, pekerjaan, atau segi ekonomi, atau segi kemasyarakatan, haruslah diatur sedemikian rapi dan tertata. Sehingga muncul seni manajemen hidup, manajemen ekonomi, manajemen keuangan, dsb. Yang tujuannya tidak lain adalah untuk mengatur dan menata, mengelola dan merapikan. Ketika kita tidak ingin diatur orang lain maka atur (tata) diri kita sendiri. Atau sebelum mengatur orang lain jadilah pengatur (manajer) untuk pribadi kita.
Berikut ini poin untuk pembelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan writing (jenis tenses bisa disesuaikan), yaitu menulis ulang (rewrite) agar menjadi sebuah paragraf yang bermakna, dari penulisan yang tidak sesuai kaidah/ aturan penulisan yang berlaku tanpa tanda baca (titik, koma, huruf besar, dll) dan juga tanpa spasi sehingga untuk dibaca sedikit menyulitkan. Kemampuan yang dilatih adalah pengenalan kata, frase dan kalimat.

A. Bahasa Indonesia (Panduan)
4 kalimat
uburuburbukantermasukikanmerekahewanyangtidakbertulangbelakangartinyatidaksepertiikanataumanusiamerekatidakmemilikitulangbelakangkenyataannyamemangsamasekalitidakmemilikitulangbelakang
3 kalimat
uburuburmemilikiperutdanmulutnamuntidakmemilikikepalamerekamemilikijaringansarafuntukmerasakanduniadisekelilingmerekanamunmerekatidakmemilikiotakmerekahampirseluruhnyaterbuatdaricairanyangbisadilihatsecaralangsungolehkita

B. Bahasa Inggris (Target)
4 sentences
Jellyfisharenotfishtheyareinvetebrateanimalsthismeansthatunlikefishorpeopletheyhavenobackbonesinfacttheyhavenobonesatall
3 sentences
jellyfishhavestomachsandmouthsbutnoheadstheyhavenervoussytemsforsensingtheworldaroundthembutnobrainstheyaremadealmostentirelyofwaterwhichiswhyyoucanseethroughthem


Monday, October 5, 2015

Asah Otakmu disini, Kreativitas itu inovasi

Pernahkah kita menyadari bahwa kreativitas yang ada pada diri seseorang terus mengalami perkembangan dan bisa sebaliknya mengalami penurunan bahkan bisa hilang sama sekali. Kreativitas bukanlah hal yang statis, tetapi hal yang memiliki sifat dinamis. Jika kita mampu menggali potensi kita, kerja keras, melatih potensi yang ada maka kreativitas itu mampu ada dalam diri kita.
Layaknya seorang guru yang memiliki kreativitas dalam memberikan materi pelajaran kepada muridnya, jika ia mampu bereksplorasi mengasah kreativitas dalam model pembelajarannya, maka inovasilah hasil akhirnya, dampak positif terhadap peserta didik adalah merasa fun atau enjoy dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
kreativitas tidak hanya dibutuhkan dalam pendidikan saja, dalam bidang ekonomi bahkan manufacture, untuk menciptakan produk yang memiliki daya jual tinggi dan mampu bersaing di pasaran maka diperlukan kreativitas.
Dibawah ini contoh belajar vocabulary dalam Bahasa Inggris menggunakan metode puzzle, dimana bisa dibuat sesuai dengan tingkatan (level) dan kebutuhan.














Questions
ACROSS
1. Maders
3. Edes
5. Peles
8. Pleh
10. Grith
12. Yesa
14. Dene
16. Rute
18. Berreemm
DOWN
1. Sayd
2. Cane
3. Tighs
4. Prod
6. Tela
7. Pyar
9. Nald
11. Dhan
13. Rafet
15. Deler
17. Yee