Geliat wisata memang harus disikapi dengan positif dan konstruktif. Ketika bangsa Indonesia mampu membawa sektor pariwisata (tourism) menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi masyarakat, hal itu sungguh solusi cerdas mengangkat taraf hidup masyarakat. Bercermin dengan negara tetangga di kawasan Asia tenggara, beberapa diantaranya menjadi destinasi/tujuan favorit wisatawan baik dari Eropa maupun Amerika misal saja Singapura, malaysia dan Thailand, maka Indonesia dengan salah satu ikon yang sudah dikenal yaitu Bali seharusnya ada gereget bagi pihak terkait (stakeholder) untuk juga mengembangkan sektor wisata di daerah lainnya dari sabang sampai merauke. Negara ini kaya dengan panorama alam, bahkan tiap provinsi memiliki keelokan dan daya tarik tersendiri. Namun beberapa fakta di lapangan, prasarana utama yaitu terkait transportasi, jalan penghubung, fasilitas umum di area wisata belum maksimal diperhatikan. Beberapa tempat yang sudah memiliki standar fasilitas yang memadai kadang perawatan kurang terjaga bisa karena rusak faktor alam ataupun faktor manusia, yaitu pengunjung yang tidak bertanggungjawab.
Kenapa sektor wisata di beberapa provinsi belum bisa go international, mungkin alasannya karena kurangnya sosialisasi, ataupun belum melibatkan semua pihak terkait baik dari sisi swasta ataupun masyarakat lokal. Jika wisata mampu menjadi sebuah industri, maka hal yang sangat menguntungkan bagi devisa negara. Faktanya hal tersebut detik ini belum sampai ke level tersebut.
Masyarakat memiliki peran ganda, menurut saya pertama mereka sebagai penikmat/pengunjung domestik (visitors) dan yang kedua sebagai pelaku dunia bisnis yang bergerak dalam jasa/biro wisata, misalnya hotel, penginapan, warung, toko suvenir, pemegang saham, staff/pekerja, dan masih banyak lainnya. Sudahkah peran tersebut disadari oleh kita? Terlihat betapa wisata itu layaknya semacam demokrasi yang menerapkan dari, untuk, dan oleh masyarakat tentunya dengan dukungan penuh (total concern/ massive support) dari pemerintah.
Tidak terjadi masyarakat menganggur, status tanpa penghasilan, tanpa pekerjaan, apalagi wisata mampu menumbuhkan stimulus untuk berwirausaha (entrepreneurship) misalnya dalam bidang suvenir atau oleh-oleh, atau cinderamata khas daerahnya. Cobalah hitung ada berapa provinsi di Indonesia, setiap provinsi banyak kabupaten/kota yang hampir memiliki destinasi wisata yang unik yang khas, yang mana subjektif saya hal ini belum digali, hanya masih sebatas berjalan apa adanya tanpa ada gereget go international, dengang meningkatkan layanan publik, fasilitas, bahkan promosi itu sendiri kepada masyarakat internasional.
Kita merasa bangga dan keren kalau sudah jalan-jalan atau mengunjungi negara tertentu hanya untuk wisata, tanpa ada rasa bangga dan hasrat untuk memperkenalkan daerah kita agar bisa di kenal dan dikunjungi oleh masyarakat internasional. Matahari yang setiap pagi terbit dan sore hari terbenam itu adalah matahari yang sama terbit dan terbenam di seluruh negara di dunia, jadi kita memiliki kesempatan (chance) yang sama untuk memajukan sektor wisata. Mulailah dari tempat tinggal kita, lihat sekeliling, amati dan cermati peluang yang ada, optimalkan dan hasilkan sesuatu yang lebih bernilai.
Dalam Bahasa Inggris, pembahasan pariwisata (tourism) bisa dimasukkan ke dalam pokok bahasan Genre text Hortatory Exposition, karangan yang membahasa topik tertentu dengan sebuah rekomendasi/saran. Berikut contoh teks Hortatory Exposition:
Tourism
Benefit on Local People
What is the benefit of tourism
for local people? Well, tourism is now a huge contributor to the economies of
most countries. Tourism industries can bring money, job vacancy and advancement
especially to developing regions. However, this money often goes into the
pockets or foreign investors, and only rarely benefits for local people.
Tourism industries will not give
much benefit for local people if, for example, multinational hotel chains don’t
care about the surrounding nature when they build new hotels. This can cause
many social, cultural and geographical problems. Some local people may get job
and money from that International hotel chain. However in case of missing that
opportunity, some of them still have their own environment.
Moreover, some facts show that
tourists tend to go, visit and spend their money in restaurants, bars and even
luxury hotels of that multinational chain. They less go to such places;
restaurant, bar, hotel, shop which are owned by local people. This can provide
the local people’s business from becoming even larger.
Most important thing, tours or
excursions of tourism have little effect on nature. Even it can disrupt or
destroy ecosystems and environments, and if it does, the local people will get
the risk.
So the local government policies should be put in
place to ensure that tourism will make the benefit spreading widely. The
policies should guarantee that tourism will not cause any harm to any local
people or places.
GOAL: TO PERSUADE THE READERS, WITH SUGGESTION (SARAN)
structure of text:
a. thesis (issue)
b. arguments (pendapat)
c. recommendation (saran)
QUESTIONS
1.
What is the benefit of
tourism for local people?
A. Tourism industries will not give much benefit for local people.
B. Tourism industries can bring money, job vacancy and advancement.
C. Tourism industries can destroy our country.
D. Tourism industries will give less benefit for local people.
E, Tourism industries will have little effect on nature.
A. Tourism industries will not give much benefit for local people.
B. Tourism industries can bring money, job vacancy and advancement.
C. Tourism industries can destroy our country.
D. Tourism industries will give less benefit for local people.
E, Tourism industries will have little effect on nature.
2.
What problem cause many
social, cultural and geographical problems?
A. The money often goes into the pockets of foreign investors.
B. Multinational hotel chains don’t care about the surrounding nature.
C. The tourist tend to go, visit and spend their money in restaurants, bars and even luxury hotels.
D. Tours or excursions of tourism disrupt or destroy ecosystems and environments.
E. The policies guarantee that tourism will not cause any harm.
A. The money often goes into the pockets of foreign investors.
B. Multinational hotel chains don’t care about the surrounding nature.
C. The tourist tend to go, visit and spend their money in restaurants, bars and even luxury hotels.
D. Tours or excursions of tourism disrupt or destroy ecosystems and environments.
E. The policies guarantee that tourism will not cause any harm.
3.
What should the local government
policies do to ensure that tourism will make the benefit spreading
widely?
A. The policies should not guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.
B. The policies should allow that tourism will not cause any harm to any local people or places.
C. The policies should prevent that tourism will not cause any harm to any local people or places.
D. The policies should prohibit that tourism will not cause any harm to any local people or places.
E. The policies should guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.
A. The policies should not guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.
B. The policies should allow that tourism will not cause any harm to any local people or places.
C. The policies should prevent that tourism will not cause any harm to any local people or places.
D. The policies should prohibit that tourism will not cause any harm to any local people or places.
E. The policies should guarantee that tourism will not cause any harm to any local people or places.
4.
What is the type of the
text above?
A. Spoof
B. Report
C. Analytical exposition
D. Hortatory exposition
E. Recount
A. Spoof
B. Report
C. Analytical exposition
D. Hortatory exposition
E. Recount
5.
What is generic structure
of the text?
A. Thesis-orientation-resolution
B. Thesis-recommendation-resolution
C. Thesis-orientation-recommendation
D. Thesis-event-recommendation
E. Thesis-argument-recommendation
A. Thesis-orientation-resolution
B. Thesis-recommendation-resolution
C. Thesis-orientation-recommendation
D. Thesis-event-recommendation
E. Thesis-argument-recommendation