Sunday, October 11, 2015

Kuatkan fisik, mantapkan nyalimu

JANUR KUNING
Jalan-jalan ke tajur Kegiatan untuk Hiking
Perlengkapan Individu
-lontong 2 buah
-tempe goreng 2 buah
-air mineral 2 botol (@ 600ml)
-ketela mentah 2 buah
-cabe 2 buah
-korek api/ matches 1 bks
-buku catatan Bhs Inggris & 1 ballppoint
-seragam olga (kaus & celana) langsung dipakai
-perlengkapan shalat (sarung/ mukena, sajadah)
-tali rafia 1 m (XII = merah, XI=biru, X = hijau)
-sandal jepang
-sendok makan 1 buah
Perlengkapan (tugas) kelompok
-yel-yel kelompok
-membuat artikel tentang ilmuwan muslim 1 hlm (lembaran kertas)
-hafalan kelompok (XII = QS. Al Hadid, XI = QS. Al Hadid (1-11), X = QS. Al Qomar (1-5))
-Hafalan lagu (XII = mars hiking, XI = prahara anugrah, X = shalawat)
Susunan Acara
06.30-07.00
Asmaul Husna, Al fatikhah, An nas, Al falaq, Al Ikhlas, Ayat Kursi, Al Qomar, doa perlindungan, mohon ampunan, istighfar, shalawat
Cek peserta (absensi) @ kelompok, cek yel-yel, cek penugasan
07.00-08.00
Pemberangkatan ke lokasi (Desa Tajur Kec. Kandangserang) via truk/ alat transportasi
Jalan raya, bukit, hutan pinus
08.00-08.30
Tiba Dilokasi, shalat dhuha, doa, asmaul husna, al fatikhah, an nas, al falaq, alikhlas, ayat kursi, al hadid, perlindungan, mohon ampunan, istighfar, shalawat, doa
Kultum kelompok tentang profil ilmuwan muslim (Saturnus), teori direct marketing, breakfast (lontong 1, tempe 1, minum 1 btl, cabe 1), praktek terjun door to door direct marketing (1 kelompok target 3 rumah), laporan hasil marketing tiap kelompok
08.30-08.45
Persiapan hiking & outbond, cek peserta tiap kelompok, pengingatan tatib (kontrak belajar) Janur Kuning
08.45-09.30
Pos I = vocabulary (puzzle solving), kosakata, kultum ilmuwan muslim (neptunus), cek hafalan Al hadid (Kelas XII)
09.30-10.00
Jalan etape 1= aspal, hutan, naik, berkerikil
Jalan bersama/ long march
10.00-10.15
Pos II = writing test, kalimat, frase, kata, kultum ilmuwan muslim (merkurius), cek hafalan al hadid (1-11)
10.15-11.00
Jalan etape 2, jalan kerikil, hutan, ladang, sawah, jalan bersama (longmarch),
11.00-11.30
Pos III = survival (bakar ketela), lontong 1, tempe 1, air minum1 btl, kultum ilmuwan muslim (venus), cek hafalan al qomar (1-5)
11.30-11.45
Jalan etape 3, jalan aspal kerikil, sawah, ladang, rumput, semak belukar
11.45-12.15
Pos IV = Shalat dhuhur berjamaah, al hadid, doa, kultum ilmuwan muslim (matahari), cek lagu mars hiking, game human tower
12.15-12.45
Jalan etape 4, semak belukar, kerikil, aspal, hutan
12.45-13.00
Pos V = kultum ilmuwan muslim (bumi), cek lagu prahara anugrah, shalawat, pengarahan game perang badar, Perang Badar adalah game strategi, game fisik (full body contact), game teamwork, game power (kekuatan/stamina), game petualang (adventure), game misi (on mission), merebut panji (bendera merah putih), game menyerang, game bertahan (offensive & defensive)
13.00-13.30
Etape akhir = lintas sungai kecil, berbatu, sedikit licin, berair, menurun
13.30
Evaluasi perang badar, cek peserta, doa penutup, pulang menunggu truk
Kontrak belajar (tata tertib/peraturan) Janur Kuning
1.Penugasan
1.1.setiap penugasan 1 benda/instruksi harga 1 baris (atau 2x push up)
1.2.penugasan individu konsekuensi individu, kelompok konsekuensi 1 kelompok
2.Peserta
2.1.setiap peserta mengikuti seluruh sesi (mata acara), 1 sesi harga 2 baris (atau 4x push up)
2.2.setiap peserta menaati & menghormati instruktur sesama peserta & dewan guru, tidak menggunjing, menghina, mengejek, melawan, mengintimidasi instruktur, 1 pelanggaran harga 3 baris (atau 8x push up)
2.3.setiap peserta menjaga lisan dari ucapan sia-sia, bohong, melecehkan, kata kotor, jorok, berisik, membuat kegaduhan yang bukan bentuk tugas, adu mulut, bertengkar, berteriak di luar konteks tugas/misi, 1 pelanggaran harga 3 baris (atau 8x push up)             
2.3.setiap peserta menjaga tangan, kaki (atau anggota tubuh), lisan ataupun perbuatan dari hal yang merugikan orang lain, warga sekitar bahkan alam sekitar, 1 pelanggaran harga 3 baris (atau 8x push up). Contoh: merusak tanaman, membuang sampah atau bekas makanan, kencing di sembarang tempat, dll
3.Panitia/instruktur
3.1.instruktur wajib disiplin & keras, namun tetap menjaga etika
3.2.instruktur adalah koordinator lapangan, petugas pos atau guru
3.3.instruktur tidak dikenai sanksi hanya bertanggungjawab 100% kepada Allah swt
4.Kegiatan
4.1.setiap sesi kegiatan dialokasikan waktu, sehingga menjadi acuan/patokan/pedoman selama kegiatan
4.2.jumlah durasi waktu setiap sesi disesuaikan di lapangan tergantung situasi & kondisi alam
4.3.seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir agar diikuti dengan meluruskan niat untuk ibadah mengharap ridho Allah swt
4.4.selama kegiatan berlangsung dzikir/berdoa selalu terkoneksi dengan sang Khalik 

Saturday, October 10, 2015

Rapi, teratur, tertata, ndak sebaliknya....

Bayangkan seandainya hidup kita amburadul, segala kegiatan tercecer, berserakan, acak-acakan dan lepas kendali tanpa kontrol, tanpa manajemen yang bagus, tanpa jadwal yang rapi, tanpa konsep jelas, pastilah kita menghadapi hidup, aktivitas, atau kegiatan dengan penuh ketidaksiapan sehingga hasilnya jauh dari memuaskan. Kadangkala suatu hal saja masih belum sesuai harapan, padahal sudah dipersiapkan, sudah ditata sedemikian rupa. 
Contoh, saya biasanya punya tempat khusus untuk menaruh hasil ujian, ulangan harian, tes dari para murid, suatu waktu saya lupa mencampur antara satu data dengan data lain di satu tempat. Nah, ketika dibutuhkan saya mengalami kesulitan, yang jelas data yang saya butuhkan tidak cepat dan mudah saya temukan. Padahal sudah ada bentuk usaha untuk merapikan tempat penyimpanannya. Itu yang jelas sudah dirapikan, ditempatkan secara khusus masih saja bisa semrawut, apalagi kalau sama sekali tidak ditata.
Contoh kedua, ketika kita menaruh baju, kaus kaki, atau tas, tidak teratur, tidak pada tempat biasanya, pastilah ketika berangkat ke sekolah, tempat kerja, atau ketika benda tersebut dibutuhkan maka dampak negatifnya adalah gugup, tergesa-gesa, bahkan hal paling buruk kita marah, jengkel, emosi, yang pada akhirnya berpengaruh pada sisi psikologis diri kita, hal tersebut bisa menciptakan temperamen (karakter) buruk, ketidakseimbangan sisi emosional.
Marilah belajar mengatur hidup kita, meskipun segalanya sudah ada garis ketentuan oleh Allah swt, kita harus berikhtiar menata hidup kita lebih baik, dari segi aktivitas sehari-hari, pekerjaan, atau segi ekonomi, atau segi kemasyarakatan, haruslah diatur sedemikian rapi dan tertata. Sehingga muncul seni manajemen hidup, manajemen ekonomi, manajemen keuangan, dsb. Yang tujuannya tidak lain adalah untuk mengatur dan menata, mengelola dan merapikan. Ketika kita tidak ingin diatur orang lain maka atur (tata) diri kita sendiri. Atau sebelum mengatur orang lain jadilah pengatur (manajer) untuk pribadi kita.
Berikut ini poin untuk pembelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan writing (jenis tenses bisa disesuaikan), yaitu menulis ulang (rewrite) agar menjadi sebuah paragraf yang bermakna, dari penulisan yang tidak sesuai kaidah/ aturan penulisan yang berlaku tanpa tanda baca (titik, koma, huruf besar, dll) dan juga tanpa spasi sehingga untuk dibaca sedikit menyulitkan. Kemampuan yang dilatih adalah pengenalan kata, frase dan kalimat.

A. Bahasa Indonesia (Panduan)
4 kalimat
uburuburbukantermasukikanmerekahewanyangtidakbertulangbelakangartinyatidaksepertiikanataumanusiamerekatidakmemilikitulangbelakangkenyataannyamemangsamasekalitidakmemilikitulangbelakang
3 kalimat
uburuburmemilikiperutdanmulutnamuntidakmemilikikepalamerekamemilikijaringansarafuntukmerasakanduniadisekelilingmerekanamunmerekatidakmemilikiotakmerekahampirseluruhnyaterbuatdaricairanyangbisadilihatsecaralangsungolehkita

B. Bahasa Inggris (Target)
4 sentences
Jellyfisharenotfishtheyareinvetebrateanimalsthismeansthatunlikefishorpeopletheyhavenobackbonesinfacttheyhavenobonesatall
3 sentences
jellyfishhavestomachsandmouthsbutnoheadstheyhavenervoussytemsforsensingtheworldaroundthembutnobrainstheyaremadealmostentirelyofwaterwhichiswhyyoucanseethroughthem


Monday, October 5, 2015

Asah Otakmu disini, Kreativitas itu inovasi

Pernahkah kita menyadari bahwa kreativitas yang ada pada diri seseorang terus mengalami perkembangan dan bisa sebaliknya mengalami penurunan bahkan bisa hilang sama sekali. Kreativitas bukanlah hal yang statis, tetapi hal yang memiliki sifat dinamis. Jika kita mampu menggali potensi kita, kerja keras, melatih potensi yang ada maka kreativitas itu mampu ada dalam diri kita.
Layaknya seorang guru yang memiliki kreativitas dalam memberikan materi pelajaran kepada muridnya, jika ia mampu bereksplorasi mengasah kreativitas dalam model pembelajarannya, maka inovasilah hasil akhirnya, dampak positif terhadap peserta didik adalah merasa fun atau enjoy dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
kreativitas tidak hanya dibutuhkan dalam pendidikan saja, dalam bidang ekonomi bahkan manufacture, untuk menciptakan produk yang memiliki daya jual tinggi dan mampu bersaing di pasaran maka diperlukan kreativitas.
Dibawah ini contoh belajar vocabulary dalam Bahasa Inggris menggunakan metode puzzle, dimana bisa dibuat sesuai dengan tingkatan (level) dan kebutuhan.














Questions
ACROSS
1. Maders
3. Edes
5. Peles
8. Pleh
10. Grith
12. Yesa
14. Dene
16. Rute
18. Berreemm
DOWN
1. Sayd
2. Cane
3. Tighs
4. Prod
6. Tela
7. Pyar
9. Nald
11. Dhan
13. Rafet
15. Deler
17. Yee

Saturday, October 3, 2015

Belajar Menghargai

Hargailah apa yang kita miliki. Buatlah ia lebih bermakna dengan mengoptimalkan fungsi & perannya. Anggota tubuh, semua indera alat indera, nyawa/ hidup kita, apapun yang kita miliki haruslah kita hargai. Dengan apa kita menghargainya? Dengan menjaganya, merawatnya, memeliharanya, mensyukurinya, menfungsikannya, menggunakannya untuk hal yang bermanfaat, bukan hanya untuk diri kita melainkan juga bermanfaat untuk orang lain.
Contoh, 1 hal bermakna adalah apabila kita menghargai, memberi nilai pada sepasang mata kita, maka cara terbaik untuk menghargainya agar lebih bermakna adalah menggunakan kedua mata kita untuk membaca, mengamati, melihat yang bukan termasuk maksiat pada Allah swt, sampai menikmati keindahan alam raya beserta penghuninya. Hal tersebut adalah contoh menghargai keberadaan sepasang mata kita agar memiliki makna lebih. Bahkan tidak hanya makna. nilai, harga di dunia ini saja, melainkan juga ada nilai amal kebaikan (pahala kebaikan dari penggunaan mata kita untuk hal manfaat) ketika selepas dari dunia ini, yaitu kehidupan kekal di akhirat kelak.

Harga inilah yang juga bisa kita gunakan dalam prinsip beramal ibadah, dalam prinsip kehidupan, dalam prinsip aktivitas yang kita lakukan. Artinya bahwa motif (yang digunakan sebagai alasan penyemangat dalam melakukan amalan kebaikan) berupa kebaikan yang kita kerjakan memiliki harga. Semakin besar kebaikan tersebut, semakin besar perjuangan dalam melakukan kebaikan, semakin besar pengorbanan yang dilakukan, maka harga yang akan dibayarkan kelak akan semakin besar imbalannya di akhirat. Siapa yang menanam kebaikan dialah yang memanen hasilnya. Jika prinsip ini tertanam dalam setiap dada seorang muslim, terpola dalam cara pandang, cara berpikir (mindset), atau dalam pola pikirnya maka dia tidak akan mudah menyerah tatkala dalam melakukan amal kebaikan menjumpai banyak hambatan (obstacle), rintangan bahkan ujian yang tidak ringan. Justru dia akan semakin bersemangat, karena segala sesuatu yang dia kerjakan dicatat & diperhitungkan khusus oleh Allah swt.
Kelesuan, kemalasan atau kejumudan tidak akan nampak, tidak akan dialami/terjadi ketika kita yakin bahwa yang kita lakukan memiliki makna, memiliki catatan khusus. Ketika amal kebaikan, hal-hal yang baik itu semuanya menyulitkan, memberatkan, melelahkan bahkan membuat pahit maka yakinlah bahwa surgaNya lebih manis dari yang pernah kita bayangkan. Maknanya bahwa segala bentuk ikhtiar yang menguras tenaga, pikiran, waktu, harta bahkan jiwa, ketika itu berupa amal ibadah maka hal tersebut tidak ada yang sia-sia dimata Allah swt. Maka wahai kawan, ayo bersemangatlah menghargai yang kita miliki, memaknainya sebagai pemberian dari Allah swt, yang harus difungsikan untuk aktivitas yang memiliki harga, nilai (value) amal kebaikan.
Pmebelajaran Bahasa Inggris tentang menghargai atau nilai dari aktivitas yang dilakukan manusia agar memiliki catatan yang bagus, yaitu antara lain bisa menggunakan model pembelajaran berupa pembahasaan/analisa, telaah (review) karya sastra. Salah satunya adalah bentuk teks atau lirik lagu. Berikut ini contoh lirik lagunya:
Title: Worth it
Artist : Harris Jung

It's way too late, but I'm still wide-awake
‘Cause I can't sleep yet, I can't sleep yet
Got a thousand words
That won't stop running circles
Around in my head, around in my head
Sometimes I feel just like these days and nights will never end
But will I ever get this chance again?

CHORUS
So I pray, yes I pray
‘Cause I know the life I want
When it's hard I keep working
I‘ll never give this up
Because I know it's worth it in the end
I know it's worth, worth, worth
Worth it in the, in the end 

Yeah I know sometimes I should relax my mind
And take it easy, take it easy 
If I fight my way through every single page
Then I’m a winner, I’m not a quitter, no!
Sometimes I feel just like these days and nights will never end
But will I ever get this chance again?

CHORUS

It's way too late, but I'm still wide-awake
‘Cause I can't sleep yet, I can't sleep yet

My father said to me
Plant one seed and you can grow a tree
That tree will grow in your field of dreams
If you just believe then one day you’ll see, yeah!
When I'm on the case I know it’s worth it
I’m on the path now I'm running like a circuit
Got my dreams in sight and I'm ready for the fight
Now it’s time to put all of the work in, yeah!
One chance, one shot, no I won't give up
All my faith in God that will keep me strong
As I’m sitting here thinking about this world that we’re living in
Some wasting all their time
When others aim for the sky
I sacrifice some time for my success
I know it’s worth it in the end

CHORUS 

I know it’s worth it in the end











song by harris jung

Sunday, September 27, 2015

Surga, Semoga Allah swt Memberikan Ridho pada hambaNya yang Beriman













Surga, ya kata ini tidak hanya ada dalam agama Islam, di beberapa agama, termasuk agama samawi selain Islam, digambarkan sebagai tempat yang sungguh indah, keindahannya belum pernah terbayangkan dalam lintasan pikiran manusia. Sebaliknya kata neraka, tergambarkan sebagai tempat yang sungguh dahsyat siksanya, api membakar, banyak manusia sebagai kayu bakarnya, dimana tempat ini dikhususkan bagi manusia yang ingkar akan keesaan Allah swt, memiliki banyak dosa dan tidak memohon ampunan padaNya. 
Referensi Al Quran untuk dua kata ini yakni surga dan neraka begitu banyak, pembahasan di materi tausyiah (pengajian) juga banyak, dalam ceramah di media penyiaran juga sering disampaikan, dalam artikel juga banyak dibahas. Namun, efek terhadap perbaikan perilaku belum mampu menghadapi terpaan ajakan bermaksiat, karena masih mudah terbawa arus dosa, maksiat, bahkan menjadi pendukung setia. 



Sejujurnya, ketika seseorang yakin akan adanya surga yang dijanjikan untuk orang beriman (sesuai dengan tingkatannya), yakin pula keberadaan neraka bagi orang yang berdosa (bermaksiat) terhadap Allah, baik surga ataupun neraka semuanya atas ridho Allah swt, diharapkan mengimani keduanya bisa merubah dari keadaan yang kurang taat menjadi keadaan yang lebih taat.
Banyak keindahan, kemegahan, kenikmatan yang ada di dunia menutupi, mungkin juga mengaburkan, keindahan surga sehingga ketika melakukan suatu amal kebaikan bahkan kewajiban sebagai seorang muslim menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya tidak begitu bersemangat. Marilah kita memohon ridho Allah swt agar kita dimudahkan melakukan amalan-amalan para penghuni surga, memohon ridho Allah swt agar kita digolongkan kedalam hamba-hambaNYa yang beriman, digolongkan dengan umat Nabi Muhammad SAW, dikumpulkan di surganya Allah kelak. amin.
Seperti prinsip reward and punishment (hadiah & hukuman) dalam belajar, manusia semasa hidup di dunia diberikan pilihan untuk fujur atau takwa, ketika kita berusaha takwa dan menjalankan amal kebaikan karena mengharap ridho Allah semata semoga kita dijauhkan dari siksa api neraka yang sungguh dahsyat. Reward berupa surga, punishment berupa neraka.
Dalam mengkaitkan dengan materi pembelajaran Bahasa Inggris, dengan tema keindahan surga, kita bisa menggunakan lirik lagu yang bercerita tentang surga, dalam bentuk listening practise. Ataupun translation  method. Berikut ini contoh teks lagu tema surga;

     title: Paradise
    Singer: Maher Zain


I remember when I first met you
I felt that God answered my call
There was that one place I always thought about
And I just wanted to be there with you
The place that no eye has ever seen
The place that no heart has ever perceived
I had a great feeling inside of me
That one day I’ll be there with you

And now that we’re here feeling so good
About all the things that we went through
Knowing that God is pleased with us too
It’s not a dream, this is so true
Feeling the peace all around
Seeing things we could never imagine
Hearing the sound of rivers flow
And we know we’ll be here forever
The feeling is indescribable
Knowing that this is our reward

Do you remember the hard times we went through?
And those days we used to argue
But there was not one thing that could bring us down
‘Cause we always had in our minds
The place that no eye has ever seen
The place that no heart has ever perceived
The place we’ve been promised to live in forever
And best of all, it’s just me and you

And now that we’re here feeling so good
About all the things that we went through
Knowing that God is pleased with us too
It’s not a dream, this is so true
Feeling the peace all around
Seeing things we could never imagine
Hearing the sound of rivers flow
And we know we’ll be here forever
The feeling is indescribable
Knowing that this is our reward

I remember us praying at night
And just dreaming about this together
I’m so blessed to have you in my life
And now we can enjoy these blessings forever
Paradise is where we are now
Paradise, a dream come true
Paradise, O what a feeling!
Paradise, thank You Allah!

And now that we’re here feeling so good
About all the things that we went through
Knowing that God is pleased with us too
It’s not a dream, this is so true
Feeling the peace all around
Seeing things we could never imagine
Hearing the sound of rivers flow
And we know we’ll be here forever
The feeling is indescribable
Knowing that this is our reward




Thursday, September 17, 2015

Polusi Udara, Udara yang tidak Sehat Sungguh Kronis

Polusi udara, bayangkan kebutuhan dasar akan oksigen ataupun udara bersih, segar dan steril dari pencemaran menjadi barang yang langka. Apa jadinya kalau hal tersebut melanda dalam sebuah kawasan yang luas, bukan hanya dalam lingkup kota, tapi sudah melebar ke negara tetangga.
Ya, saat ini pencemaran udara menjadi problem yang kadang menjadi musuh berkala, beberapa waktu lalu terjadi asap pekat karena terjadi kebakaran hutan di beberapa wilayah di Indonesia, yang dampaknya tidak kecil bagi penduduk sekitar bahkan sudah ke level zona merah. Level yang patut dicemaskan, kondisi sudah sangat kritis, sudahkah kita memiliki solusi untuk masalah ini? Ya, kita harus saling membantu, saling bekerjasama untuk mengatasi masalah polusi udara.
Sebenarnya udara yang digratiskan oleh Allah swt ini, mampu dijaga dari kondisi buruk sehingga sesuatu yang sebenarnya nikmat tidak menjadi sesuatu yang berbahaya bagi manusia, dalam hal ini bagi sistem pernafasan.
Kadar polusi uadara bukan hanya karena gejala alam saja yang kian hari semakin tidak sesuai siklus, namun didalamnya terdapat campur tangan bahkan karena keberadaan manusia itu sendiri yang kurang begitu memperhatikan keseimbangan alam, tata ruang, bahkan terkait lahan hijau yang berfungsi sebagai paru-paru dunia. Ya, paru-paru yang merupakan organ terpenting yang berfungsi sebagai alat pernafasan.

Dalam bahasa Inggris bahasan mengenai polusi udara termasuk dalam tema materi teks Analytical Exposition (karangan berbentuk analisa dengan kesimpulan dari penulis). Tujuan utama dari jenis teks ini adalah membujuk/ mempengaruhi pembaca terhadap sebuah kasus tertentu, misalnya adalah tentang polusi udara. Biasanya memiliki struktur bacaan : wacana, pendapat & diakhiri kesimpulan pribadi dari penulis.


Berikut ini sekilas tentang bahasan Teks Analytical Exposition;
Type of text: Analytical Exposition
Goal: to persuade the readers to concern with one case
Structure: thesis—arguments—reiteration
For example: 
AIR POLLUTION
Air is said to be polluted if it contains a lot of impurities and another poisonous particle which make people suffer from it. Air pollution causes a great deal suffering for human being. There are two main types of air pollution, natural pollution and pollution caused by human activities.
The damage caused by air pollution is enormous, many flowers and vegetable crops suffer ill effect from car exhaustion gases. Trees have been killed by pollution from power plants. Cattle have been poisoned by the fumes smelter that recover aluminum from ore.

Air pollution causes rubber tires on automobile to deteriorate and become porous. Fine building becomes shabby, their wall blackened with soot that has settled on them. Building surface may actually crack because of air pollution. It also causes irritation, scratchy throat, and respiratory illness. From the fact above, pollution is really dangerous for us especially from those who live near Industrial areas or heavy street.







QUESTIONS
1. How air is considered to be polluted?
2. Do you think that air pollution make our life more convenient? Give your reasons!
3. Mention two types of air pollution!
4. What does the writer warn the readers dealing with air pollution?
5.  “It causes irritation...” What does the underlined word refer to?












Related Posts: