Monday, April 16, 2018

Mimpi Yang Berlanjut, Realita Yang Tertunda

Tidur nyenyak adalah sebuah anugerah yang patut di syukuri, karena ada beberapa diantara saudara kita yang terkena penyakit insomnia yaitu kesulitan untuk tidur. Apalagi kalo hawa sejuk di pegunungan, angin bertiup lembut membuat rasa kantuk datang. Semilirnya angin menambah hasrat ingin istirahat sejenak melepaskan penat. Tidur hingga bermimpi. Bisa bangun dari tidur dengan kondisi tubuh bugar adalah kenikmatan yang tiada tara, bisa saja tidurnya kita di malam hari adalah tidur selama-lamanya, jadi bersyukurlah kalo bisa bangun kembali dan sangat dianjurkan untuk berdoa sebelum maupun sesudah bangun tidur. Aktivitas ini adalah sebagai cerminan rasa syukur kita pada Allah swt yang telah membangkitkan kembali diri ini dari kondisi mati sementara. Dalam tidur, terkadang kita bermimpi hal yang menyenangkan, menakutkan, bahkan sesuatu yang kita sendiri merasa bingung akan mimpi yang dialami. Misteri mimpi ini jika dikaji mengandung banyak sisi positif, di dalam mimpi terkadang tersirat suatu pesan tertentu, karena mimpi itu datangnya dari Allah swt, meski ada mimpi yang datangnya dari gangguan jin dan syetan, sehingga memang tidak semua mimpi memiliki makna khusus karena itu hanyalah bagian dari bunga tidur. Salah satu contoh mimpi yang memiliki penafsiran khusus adalah dalam kisah nabi Yusuf As yang menafsirkan mimpi sang raja Mesir kala itu. Kisah yang terkenal adalah kecerdasan nabi Yusuf As yang menafsirkan mimpi tujuh ekor sapi betina gemuk yang dimakan tujuh ekor sapi betina yang kurus, diterjemahkan sebagai pertanda bahwa akan datang dimana masa-masa panen yang melimpah ruah, makmur selama kurun waktu 7 tahun, kemudian disusul masa paceklik selama 7 tahun pula. Sehingga beliau, nabi Yusuf As, menyarankan sang raja agar menyimpan hasil panen selama 7 tahun masa kemakmuran agar nanti ketika musim paceklik tiba, rakyat tidak kelaparan karena masih memiliki cadangan bahan makanan.
Begitulah sebuah contoh penafsiran dari mimpi, masih banyak lagi tentang pemaknaan dari sebuah mimpi yang menghiasi tidur seseorang. Jangan sampai mimpi itu membawa sisi negatif. Berkembang di masyarakat penafsiran tentang sebuah mimpi tertentu sebagai pertanda buruk, pertanda kematian, musibah, dan sebagaianya. Dimana jika kita tidak pandai-pandai menyikapi hal tersebut, maka bisa merusak akidah kita, yakni terhadap hal yang berbau mistis dan takhayul. Hal ini sangat berbeda antara penafsiran mimpi yang dilakukan oleh nabi Yusus As dengan tafsir mimpi versi ramalan dukun yang mengarah pada kepercayaan terhadap hal-hal yang berbau takhayul, mistis, klenik, dari mimpi seseorang. Karena sebetulnya musibah, malapetaka, kematian dsb itu sudah digariskan oleh Allah swt. Manusia bolehlah memprediksi, namun jika percaya pada mimpi-mimpi tertentu kemudian meminta dukun untuk mencari penangkalnya maka hal tersebut sudah tergolong pada tindakan musyrik atau menyekutukan Allah swt.
Beda lagi dengan definisi "mimpi" sebagai pengganti kata "cita-cita" atau asa, semisal dari kalimat berikut: "Bu Mimin bermimpi ingin umrah bulan depan, padahal ia sendiri belum mendaftarkan diri di biro umrah manapun". Nah kata "mimpi" disitu tergolong bermakna berkeinginan, berkehendak, bercita-cita, dsb.
Realita Yang Tertunda ataukah Kenyataan Yang Gagal?
Tentu makna tertunda jelas berbeda dengan pembatalan, karena batal berarti gagal terlaksana. Sedangkan tertunda masih ada kemungkinan dikerjakan dan ditindaklanjuti entah dengan penggantian waktu maupun tempat pelaksanaan. 
Saudaraku penggunaan kata mimpi yang penulis akan wacanakan adalah tentang sebuah cita-cita besar yang saat ini belum terwujud namun harapan tersebut masih sangat besar, hasrat tinggi untuk mewujudkan. Seperti seorang pelajar yang bermimpi memiliki sepatu baru, ia akan sering melihat-lihat model sepatu keluaran terbaru dari merk favoritnya. Pernahkah memiliki mimpi yang terus bergelayut dalam pikiran kita, artinya angan-angan (namun bukan sekedar angan-angan kosong) untuk memiliki ini itu, melakukan hal-hal yang belum juga kesampaian? Jika iya, anggaplah sebagai realita yang tertunda. Bisa disebut sebagai fiksi, kata fiksi ini beberapa hari terakhir menjadi bahan perdebatan terkait sanggahan kecebong yang mempermasalahkan statement Prof. Rocky Gerung di sebuah acara diskusi di salah satu channel TV nasional. Ah sudahlah, memang kecebong tidak terbiasa dengan budaya berpikir dan berdebat secara jernih.
Mimpi yang ada dalam sebuah dongeng cerita berikut ini bisa jadi memiliki makna janganlah terlalu jumawa, arogan, pongah terhadap kondisi yang ada saat ini. Bisa jadi memang saat ini berkuasanya seseorang itu karena sengaja ditakdirkan dengan maksud memperlihatkan borok aslinya, yang sebetulnya bukan bunga mawar namun hanya sekedar bunga bangkai, yang tidak sedap baunya. Dibuka aibnya, ditelanjangi kelemahan-kelemahannya, diperlihatkan ketidakbecusannya untuk melaksanakan setumpuk janji-janji kampanye di tahun 2014 lalu. Kau yang berjanji, kau sendiri yang mengingkari. Bangsa ini harus tersadar, kondisi ibu pertiwi diambang kesemrawutan jika tidak segera dibenahi. Maka sangat cocok tagar #2019GantiPresiden.
Ceritanya adalah sebagai berikut, dikisahkan ada 2 ekor ayam jago yang sedang bertarung. Jelas, dalam setiap pertarungan kalah dan menang adalah hal yang wajar. Namun jago yang satu ini, ia menang dengan berbuat curang. Ia berkokok sekeras-kerasnya. Ya, mirip peribahasa tong kosong nyaring bunyinya. Nah di lokasi tersebut sudah lama seekor rajawali terbang berputar-putar, persis diatas areal pertarungan 2 jago. Jago yang menang dengan congkaknya bertengger dan terus berkokok, sedangkan jago yang kalah bergeser pergi menjauh namun masih di lokasi. Bidikan yang tepat, jago yang menang dan berkokok keras tadi langsung disambar oleh rajawali yang memang sudah lama menunggu kelengahan si jago. Akhirnya nyawa si jago pemenang nan congkak pun melayang menjadi santapan sang elang, si rajawali perkasa. Siapakah yang akhirnya memimpin pekarangan ayam tersebut? Tentu saja jago yang menyingkir tadi, meski kalah dalam pertarungan, dialah yang akhirnya memimpin pekarangan, sebuah kerajaan tempat dimana ayam-ayam tinggal. Tersisa satu jago saja, maka si jago itulah yang berhak memimpin di kerajaan tersebut.
Menang berarti tawadhu, bukan sebaliknya kesombongan menyesakki dada ataupun congkak diperlihatkan. Hal yang sangat wajar jika kaos bisa mengganti presiden, itu bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Sangat nyaman dilakukan, senyaman memakai kaos olahraga dalam setiap kegiatan outdoor. Nyaman sekali jika kaos tersebut mampu merealisasikan sebuah tagar. Logikanya sama dengan baju kotak-kotak yang mampu menipu sekian banyak masyarakat hingga akhirnya menjadikan si anu menjadi presiden. Meski kekecewaan didapatkan, karena ternyata 4 tahun sudah menjadi pembuktian ketidakcakapannya sebagai seorang leader yang amanah terhadap janji-janjinya sendiri sewaktu kampanye. Jangankan mengemban janji rakyat, memakmurkan bangsa, mewujudkan negara yang berkeadilan dan menjunjung tinggi tegaknya persamaan di mata hukum, melaksanakan janjinya sendiri aja ora iso. Mendekati pilpres ia mulai mendadak alim, padahal belum hilang ingatan di kepala kita bagaimana perlakuan terhadap para ulama, pendeskreditan terhadap umat muslim, bahkan sampai terbit perpu ormas yang lagi-lagi menyudutkan pemeluk agama Islam. Satu hal yang terlihat jelas bagi orang awam seperti saya yaitu kelicikan yang dilakukan demi mimpi pribadinya.
Biarlah rajawali menyambar si congkak, rakyat sejatinya memiliki kekuatan perubahan, diberikannya podium kemenangan seharusnya dioptimalkan untuk melaksanakan mandat rakyat secara profesional dan bertanggungjawab. Kalo hanya sesumbar telah bangun proyek ini dan itu, sedangkan kenyataan pertalite naik, listrik mencekik, ekonomi nyungsep, lapangan pekerjaan sedikit, pengangguran masih banyak, utang negara yang makin lama enggak lunas2. Maka pada intinya rakyat sangat wajar mencampakkan, mengacuhkan, melemparkan orang tersebut yang telah gagal menjadi leader ideal, caranya abaikan di pilpres 2019 nanti. Maklum pula, seandainya mimpi yang berlanjut mengganti pemimpin semakin banyak pendukungnya. Memang di tahun 2018  realita untuk ganti si anu masih tertunda, tapi bagi saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang masih ingin Indonesia sejahtera, maka #2019GantiPresiden adalah gerakan mulia untuk menyelamatkan Indonesia dari salah urus, yang selama 4 tahun Indonesia sudah dibuat semrawut oleh si nganu. Bacalah fakta-fakta yang ada tentang sejumlah janji yang sampai april 2018, banyak yang tidak terselesaikan (tertunaikan). Sudahkah meroket? Jika setuju bahwa belum meroket, maka bergabunglah dengan gerakan ini. Bersama-sama melakukan jihad politik untuk melahirkan pemimpin yang amanah, yang membawa Indonesia maju, mensejahterakan bangsanya. Memilih pemimpin, dalam Islam sudah ada tuntunannya, so mengaculah pada Al Quran, jangan mau dikibulin oleh pencitraan musiman. Kalo saja si nganu bagus, maka selama 4 tahun seharusnya Indonesia terbukti mengalami perbaikan dan kemajuan ekonomi. Nyatanya itu fiktif. Memang cerita ganti presiden saat ini di tahun 2018 masih fiksi, dikarenakan belum masuk tanggal mainnya. Hanya masalah waktu saja, #2019GantiPresiden adalah bom waktu yang tiap menitnya semakin membesar dan siap untuk meledak, meletus dan booming. Bismillah untuk menyatukan langkah agar #2019GantiPresiden membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia.
Amiin. Allahu a'lam bishowab. Hanya Allah swt yang Maha Tahu Misteri pilpres 2019.
Cerita ayam jago yang dipaparkan adalah saduran dari sebuah cerita naratif berbahasa Inggris berikut ini:
A New King
It is a story from the farm yard. There were two roosters lived in farmyard. They were fighting fiercely to be the king of the farmyard. One finally gained advantage and the other surrendered. The loosing rooster slunk away and hid itself in a quiet corner. The winner flew up to high wall, flapped its wings and crowed its victory, as loud as it could.
Suddenly, an eagle came sailing through the air and carried it off, with its talons. The loosing rooster immediately came out of its corner and ruled the farmyard from then on.
QUESTIONS
1. From the text we know that ...
A. Only one rooster can rule the roost.
B. The roosters are fighting to flap their wings.
C. The eagle had watched them all day.
D. The farmyard needs a new king.
E. The eagle was the real foe.

2. "...as loud as it could." The underlined word, refers to...
A. an eagle
B. the loosing rooster
C. the winning rooster
D. the winning eagle
E. the surrendered rooster

3. What can we learn from the story?
A. There's always a bigger enemy in this life.
B. Your friend can be your enemy.
C. Always grab an opportunity before you lost it.
D. Don't be arrogant when we have achieved our goal.
E. Don't be cruel person in this life.

Related Posts:

81 comments:

  1. Report Text about CowCow
    Cows are cattle which belong to Bovidae famil and Bovinae upafamili. Cows that have been neutered and are typically used to plow the field named Ox. Cows are cared primarily for the benefit of milk and meat as human food.Cows have a scientific name as Bos Taurus. Cows have a gestation period of over 274 days. Average cow lifespans is 15 years. The male weight is typically around 1,100 kg, while average females’ weight is about 720 kg.
    Sapi
    Sapi adalah hewan ternak anggota suku Bovidae dan anaksuku Bovinae. Sapi yang telah dikebiri dan biasanya digunakan untuk membajak sawah dinamakan Lembu. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia.
    Sapi memiliki nama ilmiah Bos Taurus. Sapi memiliki periode gestasi selama 274 hari. Lama hidup sapi rata – rata adalah 15 tahun. Berat badan sapi jantan biasanya sekitar 1.100 kg, sedangkan betina beratnya sekitar 720 kg.(30)

    ReplyDelete
  2. Report Text about Phone
    Mobile Phone
    A mobile phone (also known as a wireless phone, or cellular telephone) is a very small portable radio telephone.The mobile phone can be used to communicate over long distances without wires. It works by communicating with a nearby base station (also called a "cell site") which connects it to the main phone network. As the mobile phone moves around, if the mobile phone gets too far away from the cell it is connected to, that cell sends a message to another cell to tell the new cell to take over the call. This is called a "hand off," and the call continues with the new cell the phone is connected to. The hand-off is done so well and carefully that the user will usually never even know that the call was transferred to another cell.
    As mobile phones became more popular, they began to cost less money, and more people could afford them. Monthly plans became available for rates as low as US$30 or US$40 a month. Cell phones have become so cheap to own that they have mostly replaced pay phones and phone booths except for urban areas with many people.
    Telepon Genggam
    Sebuah ponsel (juga dikenal sebagai telepon nirkabel, atau telepon seluler adalah telepon radio portabel sangat kecil.
    Telepon selular dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel. Ia terhubung dengan stasiun pangkalan terdekat (juga disebut "situs sel") yang menghubungkannhya ke jaringan telepon utama. Karena ponsel berkembang di seluruh wilayah, jika ponsel terlalu jauh dari sel utama, sel terhubung ke sel yang mengirim pesan ke sel lain untuk memberitahu sel-sel baru untuk mengambil alih panggilan. Ini disebut "takeover," dan panggilan berlanjut dengan sel baru ponsel di mana ponsel terhubung. Pengambilalihan itu dilakukan dengan baik dan hati-hati sehingga pengguna biasanya akan bahkan tidak pernah tahu bahwa panggilan dipindahkan ke sel lain.
    Karena ponsel Menjadi lebih populer, mereka menjadi lebih murah, dan lebih banyak orang bisa membelinya. Rencana biaya bulanan pun menjadi tersedia untuk tarif serendah US $ 30 atau US $ 40 per bulan. Ponsel telah Menjadi sangat murah untuk dimiliki sehingga mereka telah sebagian besar mengantikan telepon koin dan telepon umum kecuali untuk wilayah perkotaan dengan penduduk yang banyak.(90)

    ReplyDelete
  3. Report Text about LaptopLaptop
    Laptop, often called a notebook, is a portable personal computer with a clamshell form factor, suitable for mobile use. Although originally there was a distinction between laptops and notebooks, the former being bigger and heavier than the latter, as of 2014, there is often no longer any difference. Laptops are commonly used in a variety of settings, such as at work, in education, and for personal multimedia.A laptop combines the components, inputs, outputs and capabilities of a desktop computer, including the display screen, speakers, a keyboard, and pointing devices (such as a touchpad or trackpad) into a single unit. Most 2016-era laptops also have integrated webcams and built-in microphones. The device can be powered either from a rechargeable battery or by mains electricity from an AC adapter. Laptops are diverse devices and specialised kinds, such as rugged notebooks for use in construction or convertible computers, have been optimized for specific uses. The hardware specifications, such as the processor speed and memory capacity significantly vary between different types, makes, and models.LaptopLaptop, yang sering disebut notebook, adalah komputer pribadi portabel dengan bentuk buka tutup seperti kerangl, cocok untuk penggunaan yang mobile. Meskipun awalnya ada perbedaan antara laptop dan notebook, bentuk lamanya lebih besar dan lebih berat daripada yang terbaru, pada 2014 , seringkali tidak ada lagi ada perbedaan. Laptop yang umumnya digunakan dalam berbagai tempat, seperti di tempat kerja, di bidang pendidikan, dan untuk kebutuhan multimedia pribadi.
    Sebuah laptop menggabungkan komponen, input, output dan kemampuan dari sebuah komputer desktop, termasuk layar display, speaker, keyboard, dan perangkat penunjuk (seperti touchpad atau trackpad) menjadi satu kesatuan. Kebanyakan laptop era 2016 juga memiliki webcam terintegrasi dan mikrofon built-in. Perangkat dapat dicas baik dengan  baterai isi ulang ataupun dengan induk listrik dari adaptor AC. Laptop adalah perangkat beragam tipe dan jenis-jenis tertentu, seperti notebook kasar yang digunakan sebagai perangkat yang dapat dirakit atau sesuaikan sendiri, dan telah dioptimalkan untuk kegunaan tertentu. Spesifikasi perangkat keras, seperti kecepatan prosesor dan kapasitas memori secara signifikan bervariasi antara berbagai jenis, merek, dan model.(170)

    ReplyDelete
  4. Definition of Report Report is a text that describes the way things are in general. It is usually referred to a result of systematic observation and analysis. (Report text adalah sebuah text yang menggambarkan tentang semua hal yang berkaitan dengan sebuah benda secara umum. Teks ini biasanya dirujuk dari sebuah hasil penelitian dan analisis yang sistematis.)Generic Structure of Report General classification: Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc which will be described in general. (Menyatakan klasifikasi / gambaran umum tetnang apa yang akan kita gambarkan)Description: Describing the characteristics of the object which will be discussed in detail. Characteristics in this case are form, parts, qualities, behavior, etc. (Menggambarkan ciri – ciri dari objek yang akan didiskusikan secara detail. Ciri – ciri dalam hal ini adalah bentuk, bagian – bagian, sifat, perilaku, dll.Language Feature of Report Describing group or general aspect (Menggambarkan sesuatu dalam sebuah grup / seara umum)Using conditional logical connection; when, so, etc (Menggunakan hubungan kondisi yang logis tentang sesuatu)Using simple present tense (Menggunakan Simple Present Tense) (207)

    ReplyDelete
  5. Report Text about Cat
    Cats Cats also called the domestic cat or house cat (with its scientific name: Felis silvestris catus or Felis catus) is a type of carnivorous mammal of the family Felidae. The word "cat" generally refers to a "cat" that has been tamed, but can also refer to the "big cats" such as lions and tigers.Cats are considered as "perfect carnivore" with teeth and particular digestive tract. The first premolar and molar teeth form a pair of fangs on each side of the mouth that works effectively as a pair of scissors to tear the meat. Although these features also exist in the Canidae or dog, but these traits are better developed in cats. Unlike other carnivores, cats eat almost non vegetable substance. Bears and dogs sometimes eat berries, roots, or honey as a supplement, while cats only eat meat, usually freshly killed prey. In captivity, cats can not adapt to a vegetarian diet because they can not synthesize all the amino acids they need from plant material; it is in contrast with domesticated dogs, which commonly are fed a mixture of meat and vegetables and sometimes it can adapt to a completely vegetarian meal.Cats have mingled with human life since at least 6000 BC, from the skeleton of the cat found on the island of Cyprus. The ancient Egyptians of 3500 BC have used cats to keep away the rats or other rodents from the barn where the crops were saved.Currently, the cat is one of the most popular pet in the world. Cats that his lines are recorded officially as a cat breeds or pure breed are Persian, Siamese, Manx, and the sphinx. These kinds of cat are usually bred in official captivity animal. The number of purebred cat is only 1% of all cats in the world; the rest is a cat with mixed ancestry such as wild cats or domestic cats.(261)

    ReplyDelete
  6. Kucing
    Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus) adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Kata "kucing" biasanya merujukb kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa dan harimau.Kucing dianggap sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada famili Canidae atau anjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing. Tidak seperti karnivora lain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan. Beruang dan anjing kadang memakan buah, akar, atau madu sebagai suplemen, sementara kucing hanya memakan daging, biasanya buruan segar. Dalam penangkaran, kucing tidak dapat diadaptasikan dengan makanan vegetarian karena mereka tidak dapat mensintesis semua asam-asam amino yang mereka butuhkan hanya dengan memakan tumbuhan; berbeda dengan anjing peliharaan, yang sering diberi makan produk campuran daging dan sayuran dan kadang dapat beradaptasi dengan makanan vegetarian secara total.(300)

    ReplyDelete
  7. Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung di mana hasil panen disimpan.Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.(321)

    ReplyDelete
  8. Report Text about Otter
    Otter Otter is a common name for a carnivorous mammal in the subfamily Lutrinae. The 13 extant otter species are all semiaquatic, aquatic or marine, with diets based on fish and invertebrates. Lutrinae is a branch of the weasel family Mustelidae, which also includes badgers, honey badgers, martens, minks, polecats, weasels and wolverines.The word otter derives from the Old English word otor or oter. This, and cognate words in other Indo-European languages, ultimately stem from the Proto-Indo-European language root *wódr̥, which also gave rise to the English word "water".(340)

    ReplyDelete
  9. An otter's den is called a Holt or Couch. Male otters are called dogs or boars, females are called bitches or sows, and their offspring are called pups.The collective nouns for otters are bevy, family, lodge, romp (being descriptive of their often playful nature) or, when in water, raft.Berang-Berang Otter adalah nama umum untuk mamalia karnivora di subfamili Lutrinae. 13 jenis berang-berang yang masih ada adalah semua semiaquatis, air tawar atau laut, dengan makanan utamanya adalah ikan dan invertebrata. Lutrinae adalah cabang dari keluarga musang Mustelidae, yang juga termasuk luak , Ratel , Martens , musang , polecats , musang dan serigala .Kata berang-berang berasal dari Inggris Kuno kata otor atau oter. dan kata-kata serumpun dalam bahasa Indo - Eropa lainnya , yang sebagain besar berakar pada Proto - Indo - Eropa * wódr̥, yang juga memunculkan sebuah kata bahasa Inggris "water" .(366)

    ReplyDelete
  10. Sebuah sarang berang-berang ini disebut “Holt” atau “Couch”. Berang-berang jantan disebut “dogs” atau “boars”, dan yang betina disebut “bitches” atau “sows”, dan keturunan mereka disebut “pups”.Kata benda kolektif untuk berang-berang adalah “bevy, family, lodge, romp” (menjadi gambaran kebiasaan alamiah bermain - main mereka ) atau , ketika di air,&  rakit.
    Report Text about Country
    Country A country is a region that is identified as a distinct entity in political geography. A country may be an independent sovereign state or one that is occupied by another state, as a non-sovereign or formerly sovereign political division, or a geographic region associated with sets of previously independent or differently associated people with distinct political characteristics. Regardless of the physical geography, in the modern internationally accepted legal definition as defined by the League of Nations in 1937 and reaffirmed by the United Nations in 1945, a resident of a country is subject to the independent exercise of legal jurisdiction.(399)

    ReplyDelete
  11. Sometimes the word countries is used to refer both to sovereign states and to other political entities, while other times it refers only to states. For example, the CIA World Factbook uses the word in its "Country name" field to refer to "a wide variety of dependencies, areas of special sovereignty, uninhabited islands, and other entities in addition to the traditional countries or independent states".
    Negara
    Sebuah negara adalah wilayah yang diidentifikasi sebagai sebuah entitas yang berbeda secara geografi dan politik. Sebuah negara bisa menjadi negara berdaulat yang independen atau yang ditempati oleh negara lain, sebagai divisi politik yang tidak berdaulat atau sebelumnya berdaulat, atau wilayah geografis yang terkait dengan kelompok orang yang sebelumnya independen atau berbeda terkait dengan karakteristik politik yang berbeda. Terlepas dari geografi fisik, dalam definisi hukum modern yang diterima secara internasional seperti yang didefinisikan oleh Liga Bangsa-Bangsa pada tahun 1937 dan ditegaskan kembali oleh PBB pada tahun 1945, penduduk suatu negara tunduk pada independensi dari yurisdiksi hukum.(434)

    ReplyDelete
  12. Kadang-kadang kata negara digunakan untuk merujuk negara-negara berdaulat dan entitas politik lainnya, sedangkan pada konteks lainnya hanya mengacu kepada negara. Misalnya, CIA World Factbook menggunakan kata dalam bidang "Nama negara" untuk merujuk kepada "berbagai dependensi, daerah kedaulatan khusus, pulau tak berpenghuni, dan entitas lain selain negara-negara tradisional atau negara merdeka".
    Report Text about Village
    A village is a clustered human settlement or community, larger than a hamlet but smaller than a town, with a population ranging from a few hundred to a few thousand. Though often located in rural areas, the term urban village is also applied to certain urban neighbourhoods. Villages are normally permanent, with fixed dwellings; however, transient villages can occur. Further, the dwellings of a village are fairly close to one another, not scattered broadly over the landscape, as a dispersed settlement.(464)

    ReplyDelete
  13. Although many patterns of village life have existed, the typical village was small, consisting of perhaps 5 to 30 families. Homes were situated together for sociability and defence, and land surrounding the living quarters was farmed.
    Desa Sebuah desa adalah pemukiman tempat berkerumun manusia atau masyarakat, yang lebih besar dari dusun tetapi lebih kecil dari sebuah kota, dengan populasi mulai dari beberapa ratusan hingga beberapa ribuan. Meskipun sering berada di daerah terpencil, istilah desa urban juga diterapkan untuk lingkungan urban tertentu. Desa biasanya permanen, dengan tempat tinggal tetap; namun, desa yang didiami untuk sementara waktu / desa ransien bisa saja terjadi. Selanjutnya, tempat tinggal masyarakat dari sebuah desa yang cukup dekat satu sama lain, tidak tersebar secara luas di penjuru wilayah, sebagai pemukiman yang tersebar.(496)

    ReplyDelete
  14. Meskipun banyak pola kehidupan desa yang telah ada sebelumnya, tipikal desa yang khas itu kecil, terdiri dari mungkin 5 sampai 30 keluarga. Rumah yang terletak berdekatan untuk sebagai sarana sosialisasi dan pertahanan, dan tanah di sekitar tempat tinggal itu cocok untuk lahan pertanian.
    Report Text about Mouse Deer
    Mouse-deer, are small ungulates that make up the family Tragulidae, the only members of the infraorder Tragulina. They are found mostly in forests in South and Southeast Asia, with a single species in the rainforests of Central and West Africa.Mouse-deer have primitive features, closer to non-ruminants such as pigs. All species in the family lack of horns, but both sexes have elongated canine teeth. These are especially prominent in males, where they project out on either side of the lower jaw, and are used in fights. Their legs are short and thin, which make them lack in agility, but also helps them maintain a smaller profile to aid in running through the dense foliage of their environments.(528)

    ReplyDelete
  15. They are solitary or live in pairs. The young are weaned at three months of age, and reach sexual maturity between five and 10 months. Parental care is relatively limited. Although they lack the types of scent glands found in most other ruminants, they do have a chin gland for marking each other as mates or antagonists, and, in the case of the water chevrotain, anal and preputial glands for marking territory. Their territories are relatively small, on the order of 13–24 hectares (32–59 acres), but neighbors generally ignore each other, rather than compete aggressively.
    KancilKancil adalah satu-satunya anggota dari infraorder Tragulina dan ungulata (beberapa kelompok mamalia yang menggunakan ujung kuku mereka untuk menahan berat badannya sewaktu bergerak) kecil yang merupakan familia dari Tragulidae. Mereka kebanyakan ditemukan di hutan-hutan di Asia Selatan dan Tenggara, dengan spesies tunggal di hutan hujan Afrika Tengah dan Barat.
    (557)

    ReplyDelete
  16. Kancil memiliki fitur primitif, yang lebih dekat dengan non-ruminansia (hewan berlambung tunggal) seperti babi. Semua spesies dalam familia ini tidak memiliki tanduk, tapi kedua jenis kelaminnya (jantan dan betina) memiliki gigi taring memanjang. Gigi taring ini sangat menonjol pada jantan, di mana gigi tersebut memanjang keluar dari sisi rahang bawah, dan digunakan dalam perkelahian. kaki mereka yang pendek dan kecil membuat mereka kurang lincah, tetapi juga membantu mereka merunduk dan berlari menerobos dedaunan lebat di lingkungan mereka.
    Mereka soliter atau hidup berpasangan. Kancil muda disapih pada usia tiga bulan, dan mencapai kematangan seksual antara lima dan 10 bulan. Pola pengasuhan mereka relatif terbatas. Meskipun mereka tidak memiliki jenis kelenjar bau yang ditemukan di sebagian besar ruminansia lainnya, mereka memiliki kelenjar dagu untuk menandai satu sama lain sebagai pasangan atau antagonis, dan, dalam kasus chevrotain air, anal dan kelenjar preputial untuk menandai wilayah. wilayah mereka relatif kecil, berkisar antara 13-24 hektar (32-59 are), tetapi komunitas tetangga mereka umumnya memilih saling mengabaikan satu sama lain, dibandingkan harus bersaing secara agresif.(594)

    ReplyDelete
  17. Report Text about Drone Drone
    A drone is an unmanned aircraft. The term drone, more widely used by the public, refers to the resemblance of dumb-looking navigation and loud-and-regular motor sounds to the male bee. Drone is also known as an unmanned aerial vehicle (UAV), as an unmanned aircraft system (UAS), or by several other names.
    The flight of UAVs may operate with various degrees of autonomy: either under remote control by a human operator, or fully autonomously, by computers. A UAV uses aerodynamic forces to provide vehicle lift and can fly autonomously or be piloted remotely. It can also be expendable or recoverable, and can carry a lethal or nonlethal payload." (614)

    ReplyDelete
  18. Drone Drone adalah sebuah pesawat tak berawak. Istilah ”Drone”, lebih banyak digunakan oleh masyarakat, karena mengacu pada kemiripannya dengan navigasi senyap yang tampak dan suara mesin yang keras dan monoton seperti lebah jantan. Drone juga dikenal sebagai kendaraan udara tak berawak / unmanned aerial vehicle ( UAV ), sebagai sistem pesawat tak berawak an unmanned aircraft system ( UAS ), atau dengan beberapa nama lainnya.Penerbangan dari UAV dapat beroperasi dengan berbagai tingkat otomatisasi: baik di bawah kendali remote control oleh operator manusia, atau sepenuhnya dikendalikan oleh komputer. Sebuah UAV menggunakan gaya aerodinamik untuk memberikan daya angkat pada kendaraan dan bisa terbang mandiri atau dikendalikan dari jarak jauh. Benda ini juga dapat dikembangkan atau dikembalikan seperti semula, dan dapat membawa muatan yang mematikan atau yang tidak mematikan
    (640)

    ReplyDelete
  19. Report Text about Dates
    Dates Botanically, dates are the fruits which grow on the palm tree belonging to the family of Arecaceae, in the genus: Phoenix, and scientifically named as Phoenix dactylifera. The tree is believed to originate in the lands on the banks of Nile and Euphrates Rivers of ancient Egypt and Mesopotamia. Date palm is now grown extensively for its edible fruits under warmer climates across all the continents.
    The date fruit is a "drupe", in which its outer fleshy part (exocarp and mesocarp) surrounds the seed inside. The fruit is oval to cylindrical in shape, 3–7 cms long, and 2–3 cms diameter, and ripe dates range from golden-yellow, amber, bright-red to deep-brown depending on the cultivar type.There are many varieties of date palm cultivated. ‘Amir Hajj’, ‘Saidy’, 'Khadrawy' and 'Medjool' are some of the important varieties popular for their rich taste, flavor, and superior quality. Wonderfully delicious, dates are one of the most popular fruits packed with an impressive list of essential nutrients, vitamins, and minerals that are required for normal growth.(637)

    ReplyDelete
  20. Kurma Dalam dunia Botani, kurma adalah buah yang tumbuh di pohon palem-paleman dari familia Arecaceae, dari genus: Phoenix, dan secara ilmiah bernama Phoenix dactylifera. Pohon ini diyakini berasal dari tanah di tepi sungai Nil dan Efrat Mesir kuno dan Mesopotamia. Kurma sekarang tumbuh secara luas karena ia merupakan buah yang dapat dimakan dan dapat dibudidayakan di iklim hangat di semua benua.Buah saat ini adalah "buah berbiji", di mana lapisan berdagingnya (exocarp dan mesocarp) menutupi biji di dalamnya. Buah ini oval berbentuk silinder, dengan panjang 3-7 cm, ber diameter 2-3 cm, dan kurma matang bervariasi mulai dari yang berwarna kuning keemasan, kuning, merah cerah sampai cokelat tergantung pada jenis mutu tanahnya.Ada banyak jenis kurma dibudidayakan. 'Amir Hajj', 'Saidy', 'Khadrawy' dan 'Medjool' adalah beberapa varietas yang sangat populer karena cita rasa mereka yang kaya, rasa, dan kualitasnya yang unggul. Karena kelezatannya yang luar biasa, kurma menjadi salah satu buah yang paling populer dikemas dengan data nutrisi penting yang mengesankan, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan normal.(708)

    ReplyDelete
  21. Nah bagaimana sobat Englishiana, masih mau lebih banyak contoh report text yang lain? Kita belum berakhir sampai di sini karena masih banyak lagi contoh text report yang sudah kami persiapkan untuk sobat Englishiana dimanapun berada. Untuk lebih lanjutnnya silahkan kunjungi link di bawah ini.(717)

    ReplyDelete
  22. THE SUNFLOWER The sunflowers are annual plant in the familyAsteraceae. They have large flower heads(capitulum). The stem can grow up to 3 meters tall, with a flower head that can be 30 cm wide. Other types of sunflowers include the California Royal Sunflower, which has a burgundy (red + purple) flower head.The flower head is actually made of hundreds or thousands of tiny flowers called florets. The central florets look like the center of a normal flower, and the outer florets look like yellow petals. All together they make up a "false flower" or pseudanthium. The benefit to the plant is that it is very easily seen by the insects and birds which pollinate it, and it produces thousands of seeds.The sunflower is the state flower oKansas. That is why Kansas is sometimes called the Sunflower State. To grow well, sunflowers need full sun. They grow best in fertile, wet, well-drained soil with a lot of mulch. In commercial planting, seeds are planted 45 cm (1.5 ft) apart and 2.5 cm (1 in) deep.(749)

    ReplyDelete
  23. BUNGA MATAHARI Bunga matahari adalah tanaman tahunan yang masuk dalam keluarga Asteraceae. Mereka memiliki kepala bunga yang besar (capitulum). Batangnya dapat tumbuh hingga setinggi 3 meter, dengan kepala bunga yang dapat melebar hingga 30 cm. Jenis lain dari bunga matahari adalahCalifornia Royal Sunflower, yang memiliki burgundy (merah + ungu) pada kepala bunga.Kepala bunga sebenarnya terbuat dari ratusan atau ribuan bunga kecil yang disebut floret. Pusat kuntum terlihat seperti pusat bunga normal, dan floret luar terlihat seperti kelopak kuning. Mereka semua bersama-sama membuat sebuah " bunga palsu " atau pseudanthium. Manfaat pada tanaman ini adalah hal ini sangat mudah dilihat oleh serangga dan burung yang menyerbukinya dan menghasilkan ribuan biji.Bunga matahari adalah bunga negara bagian Kansas. Itulah sebabnya Kansas kadang-kadang disebut Negara bunga matahari. Agar tumbuh dengan baik, bunga matahari membutuhkan sinar matahari yang penuh. Mereka tumbuh dengan sangat baik di tanah yang subur, basah, tanah yang kering dengan banyak mulsa. Dalam penanaman komersial, bibit ditanam 45 cm (1,5 ft) terpisah dan 2,5 cm (1 in) di kedalaman.(884)

    ReplyDelete
  24. Report Text about Sakura CHERRY BLOSSOMS / SAKURA Cherry blossoms or sakura are cherry trees and their blossoms. Cherry trees are a symbol of spring for Japanese people. Hanami or Flower viewing is a traditional custom in spring to visit some places where sakura are blooming. Japanese people love cherry blossoms, but the origin of this flower is debatable. Some people believe that the flower is from Japan but some others believe that they came from either China or South Korea.There are 400 different types of cherry trees. They mutate easily. Most of cherry blossom grow in moist low and highland. A place with a little bit moist and protected from sunlight is the best for their natural habitat.The unique fact of cherry blossom is that their flowers which grow earlier than the leaves. Cherry blossoms have many colors such as white, little pink, and red. Most of the flowers are white or pink with five petals, but there are some flowers with almost a hundred petals.CHERRY BLOSSOM ATAU SAKURA Cherry blossom atau sakura adalah pohon ceri berikut bunganya. Pohon ceri adalah simbol musim semi untuk orang Jepang. Hanami atau melihat bunga adalah adat tradisional di musim semi untuk mengunjungi beberapa tempat di mana sakura bermekaran. Orang Jepang menyukai bunga sakura, tapi asal bunga ini masih bisa diperdebatkan. Beberapa orang percaya bahwa bunga ini berasal dari Jepang tetapi beberapa orang lain percaya bahwa mereka berasal dari Cina atau Korea Selatan.(928)

    ReplyDelete
  25. Ada 400 jenis pohon ceri. Mereka bermutasi dengan mudah. Sebagian besar bunga sakura tumbuh di dataran rendah yang lembab dan dataran tinggi. Tempat dengan sedikit lembab dan terlindung dari sinar matahari adalah yang terbaik untuk habitat alami mereka.Fakta unik dari bunga sakura adalah bunga mereka tumbuh lebih awal dari daunnya. Bunga sakura memiliki banyak warna seperti putih, sedikit merah muda, dan merah. Sebagian besar bunga berwarna putih atau merah muda dengan lima kelopak, tetapi ada beberapa bunga dengan hampir seratus kelopak.
    Report Text about Cactus CACTI Cacti or cactuses are member of the plant familyCactaceae. The word "cactus" derives from the ancient Greek, kaktos, a name for a spiny plant whose identity is not certain. Cacti occur in a wide range of shapes and sizes.(952)

    ReplyDelete
  26. Most cacti live in extremely dry environments, even being found in the Atacama Desert, one of the driest places on earth because cacti can conserve water by doing many adaptions. Almost all cacti have thickened, fleshy parts adapted to store water. Most species of cacti have lost true leaves, retaining only spines, which are highly modified leaves. The spines help prevent water loss by reducing air flow close to the cactus and providing some shade.Cacti are native to the Americas, ranging from Patagonia in the south to parts of western Canada in the north—except for Rhipsalis baccifera, which also grows in Africa and Sri Lanka. Cacti have a variety of uses: many species are used as ornamental plants and others for food (particularly their fruit).
    KAKTUS Kaktus atau cactuses adalah anggota dari keluarga tanaman Cactaceae. Kata " kaktus " berasal dari bahasa Yunani kuno, kaktos, nama untuk tanaman berduri yang identitasnya tidak pasti. kaktus  berlaku dalam berbagai bentuk dan ukuran.(983)

    ReplyDelete
  27. Kebanyakan kaktus hidup di lingkungan yang sangat kering, bahkan yang ditemukan di Gurun Atacama, salah satu tempat paling kering di bumi karena kaktus dapat menghemat air dengan melakukan banyak adaptasi. Hampir semua kaktus telah menebal, bagian yang berdaging diadaptasi untuk menyimpan air. Sebagian besar spesies kaktus telah kehilangan daun sejati, hanya mempertahankan duri, yang sangat termodifikasi daunnya. Duri membantu mencegah kehilangan air dengan mengurangi aliran udara dekat dengan kaktus dan memberikan beberapa naungan.Kaktus asli dari Amerika, mulai dari Patagonia di selatan ke bagian barat Kanada di utara - kecualiRhipsalis baccifera, yang juga tumbuh di Afrika dan Sri Lanka. Kaktus memiliki berbagai kegunaan: banyak spesies digunakan sebagai tanaman hias dan lain-lain untuk makanan (terutama buah mereka).(1008)

    ReplyDelete
  28. Report Text about Camel CAMELThe term camel is derived via Latin and Greekcamelus. Camel is an even-toed ungulate within the genus Camelus, bearing distinctive fatty deposits known as "humps" on its back. The two surviving species of camel are the dromedary, or one-humped camel (C. dromedarius), which inhabits the Middle East and the Horn of Africa; and the Bactrian, or two-humped camel (C. bactrianus), which inhabits Central Asia. They provide milk, meat, hair for textiles and are working animals with tasks ranging from human transport to bearing loads.The camel’s average life span is from 40 to 50 years. An adult camel stands 1.85 m (6 ft 1 in) at the shoulder and 2.15 m (7 ft 1 in) at the hump. Camels can run at up to 65 km/h (40 mph) in short bursts and sustain speeds of up to 40 km/h (25 mph). Bactrian camels weigh 300 to 1,000 kg (660 to 2,200 lb) and dromedaries 300 to 600 kg (660 to 1,320 lb).The male dromedary camel has in its throat an organ called a dulla, a large, inflatable sac he extrudes from his mouth when in rut to assert dominance and attract females. Camels mate by having both male and female sitting on the ground, with the male mounting from behind.  The male usually ejaculates three or four times within a single mating session. Camelids are the only ungulates to mate in a sitting position.(1048)

    ReplyDelete
  29. UNTA Istilah unta ini berasal dari bahasa Latin dan Yunani yaitu camelus. Unta adalah hewan berkuku kaki genap dalam genus Camelus, bantalan deposito lemak yang khas yang dikenal sebagai "punuk" di punggungnya. Dua spesies unta yang masih hidup adalah dromedaris, atau unta berpunuk satu (C. dromedarius), yang mendiami Timur Tengah dan Tanduk Afrika; dan Baktria, atau unta berpunuk dua (C. bactrianus), yang menghuni Asia Tengah. Mereka menghasilkan susu, daging, rambut untuk tekstil dan bekerja dengan tugas-tugas mereka mulai dari transportasi manusia sebagai bantalan beban.rata-rata umur unta adalah dari 40 hingga 50 tahun. Seekor unta dewasa tingginya 1,85 m (6 ft 1 in) di bahu dan 2.15 m (7 ft 1 in) di punuk. Unta dapat berjalan sampai dengan 65 km / h (40 mph) dalam semburan pendek dan mempertahankan kecepatan hingga 40 km / jam (25 mph). Berat unta Bactrian 300 ke 1.000 kg (660 ke 2.200 lb) dan dromedary 300 sampai 600 kg (660 ke 1.320 lb).Unta dromedaris laki-laki mempunyai organ di tenggorokannya yang disebut dulla, kantung tiup besar yang keluar dari mulutnya ketika masa berkelamin untuk menegaskan dominasi dan menarik betina. Unta kawin (keduanya laki-laki dan perempuan) dengan duduk di tanah,dimana yang jantan menaiki dari belakang. Ejakulasi unta jantan biasanya tiga atau empat kali dalam sesi kawin tunggal. Camelids adalah satu-satunya unta berkuku yang kawin dalam posisi duduk.(1092)

    ReplyDelete
  30. Report Text about Snake SNAKES Snakes are elongated, legless, carnivorous reptiles of the suborder Serpentes. Many species of snakes can swallow prey much larger than their heads with their highly flexible jaws. To accommodate their narrow bodies, snakes' paired organs (such as kidneys) appear one in front of the other instead of side by side, and most have only one functional lung. Some species retain a pelvic girdle with a pair of vestigial claws on either side of the cloaca.Living snakes are found on every continent except Antarctica, and on smaller land masses. Additionally, snakes which inhabit sea are widespread throughout the Indian and Pacific Oceans. More than 20 families are currently recognized, comprising about 500 genera and about 3,400 species. They range in size from the tiny, 10.4 cm-long thread snake to the reticulated python of 6.95 meters (22.8 ft) in length.Most species are nonvenomous and those that have venom use it primarily to kill prey rather than for self-defense. Some possess venom can cause painful injury or death to humans. Nonvenomous snakes usually swallow their preys alive or kill by constriction.(1127)

    ReplyDelete
  31. ULAR Ular adalah hewan yang memanjang, tanpa kaki, reptil karnivora dari sub-ordo Serpentes. Banyak spesies ular bisa menelan mangsa jauh lebih besar dari kepala mereka dengan rahangnya yang sangat fleksibel. Untuk mengakomodasi tubuh mereka yang sempit, organ ular 'berpasangan (seperti ginjal) muncul satu di depan  bukannya berdampingan, dan sebagian besar hanya memiliki satu paru-paru fungsional. Beberapa spesies mempertahankan korset panggul dengan sepasang cakar vestigial di kedua sisi kloaka. ular hidup ditemukan di setiap benua kecuali Antartika, dan di daratan yang lebih kecil. Selain itu, ular yang menghuni laut yang luas di seluruh Samudra Hindia dan Pasifik. Lebih dari 20 keluarga saat ini diakui, yang terdiri dari sekitar 500 genera dan sekitar 3.400 spesies. Mereka ada dalam berbagai ukuran dari kecil, benang ular 10,4 cm panjang dengan python reticulated dari 6,95 meter (22,8 ft) panjang.
    Sebagian besar spesies yang tidak beracun dan yang beracun menggunakan racunnya terutama untuk membunuh mangsa bukan untuk membela diri. Beberapa racun dapat menyebabkan sakit yang menyakitkan atau kematian bagi manusia. Ular yang tak beracun biasanya menelan mangsanya hidup atau membunuh dengan keadaan terdesak.(1164)

    ReplyDelete
  32. Report Text about Lion LION Lion is one of the big cats in the genus Pantheraand a member of the family Felidae.  It is the second-largest living cat after the tiger. Wild lions currently exist in sub-Saharan Africa and in India. In ancient historic times, their range was in most of Africa, including North Africa, and across Eurasia from Greece and southeastern Europe to India. But now, the lion is classified as a vulnerable species by the IUCN, having seen a major population decline (30–50% per two decades during the second half of the twentieth century.)In the wild, males rarely live longer than 10 to 14 years, as injuries sustained from continual fighting with rival males greatly dampen their longevity. In captivity they are ableto live more than 20 years.Eventhough they may take to bush and forest, they typically inhabit savanna and grassland. Groups of female lions typically hunt together.Although they are also expert scavengers obtaining over 50 percent of their food by scavenging as opportunity allows, lions are apex and keystone predators. While lions do not typically hunt humans, some have. Sleepingespecially during the day, lions are active primarily at night (nocturnal), although sometimes at twilight (crepuscular).The male lion is easily identified by its mane, and its face is one of the most considerably identified animal symbols in human culture. Depictions have existed from the Upper Paleolithic periode, It has been widely depicted in paintings, in sculptures, on national flags, and in contemporary films and literature. Since the time of the Roman Empirelions have been kept in menageries, and have been a key species sought for exhibition in zoos over the world since the late eighteenth century. Zoos are cooperating worldwide in breeding programs for the endangered Asiatic subspecies.(1219)

    ReplyDelete
  33. SINGA Singa adalah salah satu kucing besar dari genusPanthera dan anggota keluarga Felidae. Singa adalah kucing hidup terbesar kedua setelah harimau. Singa liar saat ini ada di sub-Sahara Afrika dan di India. Pada zaman kuno, jangkauan mereka adalah di sebagian besar Afrika, termasuk Afrika Utara, dan seluruh Eurasia dari Yunani dan tenggara Eropa ke India. Tapi sekarang, singa diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan oleh IUCN, setelah melihat penurunan populasi yang besar (30-50% per dua dekade pada paruh kedua abad kedua puluh.)Di alam liar, singa jantan jarang hidup lebih lama dari 10 sampai 14 tahun, karena luka yang diderita akibat dari pertempuran yang terus-menerus dengan pejantan saingan sangat meredam umur panjang mereka. Dalam penangkaran mereka ableto hidup lebih dari 20 tahun. Walaupun mereka mungkin hidup di semak dan hutan, mereka biasanya menghuni savana dan padang rumput. Kelompok singa betina biasanya berburu bersama-sama. Meskipun mereka juga pemulung yang ahli memperoleh lebih dari 50 persen dari makanan mereka dengan pembilasan karena kesempatan yang memungkinkan, singa adalah puncak dan batu kunci predator. Sementara singa  biasanya tidak memburu manusia, hanya beberapa yang melakukannya. Tidur khususnya di siang hari, singa aktif terutama di malam hari (nokturnal), meskipun kadang-kadang di kala senja.(1259)

    ReplyDelete
  34. Singa jantan mudah diidentifikasi oleh jambangnya, dan wajahnya adalah salah satu simbol binatang yang sangat mudah diidentifikasi dalam budaya manusia. Penggambaran telah ada dari periode Paleolitik, Telah banyak digambarkan dalam lukisan, di patung, pada bendera nasional, dan dalam film kontemporer dan sastra. Sejak saat singa Kekaisaran Romawi telah disimpan di menagerie, dan telah menjadi spesies kunci dicari untuk pameran di kebun binatang di seluruh dunia sejak akhir abad kedelapan belas. Kebun Binatang bekerja sama di seluruh dunia dalam program pemuliaan bagi subspesies Asia yang terancam punah.
    Report Text about Elephant
    ELEPHANTS Elephants are large mammals of thefamilyElephantidae and theorder Proboscidea. Two species are traditionally identified,theA fricanelephant (Loxodontaafricana)and the Asianelephant (Elephas maximus), although some evidence suggests that African bush elephants and African forest elephants are separate species (L. africana and L.cyclotis respectively). Male African elephants are the largest extant terrestrial animals and can reach a height of 4 m (13 ft) and weigh 7,000 kg (15,000 lb).
    (1294)

    ReplyDelete
  35. Elephants are herbivorous and can be found in different habitats including forests, deserts,savannas, and marshes. They would rather stay near water. Females ("cows") tend to live in family groups that can consist of one female with her calves or several related females with offspring. The groups are led by an individual known as the matriarch, often the oldest cow. When  males ("bulls")reach puberty, they usually leave their family groups, and may live alone or with other
    males. Elephants communicate by sound, sight,touch, and smell; elephants use infrasound, and seismic communication over long distances. Theycan live up to 70 years in the wild.Elephants are usually used as working animals in Asia. In the past they were used in war; today, they are often exploited for entertainment in circusesor controversially put on display in zoos. Elephants are greatly recognizable and have been featured in art, religion, folklore, literature and popular culture.(1324)

    ReplyDelete
  36. GAJAH Gajah adalah mamalia besar dari keluarga Elephantidae dan ordo Proboscidea. Dua spesiesyang diidentifikasi secara tradisional, gajah Afrika(Loxodonta africana) dan gajah Asia (Elephas maximus), meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak Afrika dan gajah hutan Afrika adalah spesies yang terpisah (L. africana dan L. cyclotis masing-masing). Gajah Afrika laki-laki adalah hewan darat yang terbesar yang masih ada dan dapat mencapai ketinggian 4 m (13 kaki) dan berat 7.000 kg (15.000 lb).Gajah adalah binatang herbivora dan dapat ditemukan di habitat yang berbeda termasuk hutan, gurun, sabana, dan rawa-rawa. Mereka lebih suka tinggal di dekat air. Si Betina ("sapi"), sebutan untuk gajah betina, cenderung hidup dalam kelompok keluarga, yang dapat terdiri dari satu perempuan atau beberapa betina yang terkait dengan keturunan. Kelompok-kelompok yang dipimpin oleh seorang individu yang dikenal sebagai ibu pemimpin, yaitu betina tertua. Ketika laki-laki ("bulls"), gajah jantan, mencapai pubertas, mereka biasanya meninggalkan kelompok keluarga mereka, dan dapat hidup sendiri atau dengan laki-laki lain. Gajah berkomunikasi dengan suara, penglihatan, sentuhan, dan bau; gajah menggunakan infrasonik, dan komunikasi seismik jarak jauh. Mereka dapat hidup sampai 70 tahun di alam liar.(1366)

    ReplyDelete
  37. Gajah biasanya digunakan sebagai hewan pekerja di Asia. Di masa lalu mereka digunakan dalam perang; sekarang, mereka sering dieksploitasi untuk hiburan di sirkus atau dipajang di kebun binatang secara kontroversial. Gajah sangat dikenali dan telah ditampilkan dalam seni, agama, cerita rakyat, sastra dan budaya populer.Nah, bagaimana sudah puas kan membacacontoh report text tumbuhan dan hewan pendek dalam bahasa inggris dan artinya kali ini? Semoga contoh report teks yang kami telah sajikan baik contoh text report pendek tentang tumbuhan dan contoh report text bahasa Inggris tentang hewan kali ini bermanfaat dan menambah pemahaman sobat Englishiana di manapun berada tentang report text itu sendiri. Untuk melihat berbagai contoh teks report yang lain, silahkan baca posting berikut ini:(1391)

    ReplyDelete
  38. Once upon a time, there were two close friends who were walking through the forest together. They knew that anything dangerous can happen any time in the forest. So they promised each other that they would always be together in any case of danger.

    Suddenly, they saw a large bear getting closer toward them. One of them climbed a nearby tree at once. But unfortunately the other one did not know how to climb up the tree. So being led by his common sense, he lay down on the ground breathless and pretended to be a dead man.

    The bear came near the one who was lying on the ground. It smelt in his ears, and slowly left the place because the bears do not want to touch the dead creatures. After that, the friend on the tree came down and asked his friend that was on the ground, "Friend, what did the bear whisper into your ears?" The other friend replied, "Just now the bear advised me not to believe a false friend."

    Moral of the Story- A true friend in need is a friend indeed.

    Teman sejati

    Suatu hari di masa lau, ada dua teman dekat yang berjalan melewati hutan bersama-sama. Mereka tahu bahwa sesuatu yang berbahaya dapat terjadi setiap saat di hutan. Jadi mereka saling berjanji bahwa mereka akan selalu bersama-sama dalam keadaan bahaya sekalipun.

    Tiba-tiba, mereka melihat beruang besar sedang semakin mendekat ke arah mereka. Salah satu dari mereka memanjat pohon terdekat seketika. Tetapi sayangnya satu yang lainnya tidak tahu bagaimana cara untuk memanjat pohon. Jadi terdorong oleh akal sehatnya, ia berbaring di tanah, menahan napas, dan berpura-pura menjadi orang yang sudah mati.

    Beruang itu datang mendekati orang yang sedang berbaring di tanah tersebut. Mencium di telinganya, dan perlahan-lahan meninggalkan tempat karena beruang tidak ingin menyentuh makhluk yang sudah mati. Setelah itu, teman di pohon turun dan bertanya ke pada temannya yang berbaring di tanah itu, " Teman , apa yang beruang bisikan ke telingamu ? " Teman lain menjawab, "Tadi beruang itu menyarankan saya untuk tidak mempercayai teman palsu."

    ReplyDelete
  39. Once upon a time, there were two close friends who were walking through the forest together. They knew that anything dangerous can happen any time in the forest. So they promised each other that they would always be together in any case of danger.

    Suddenly, they saw a large bear getting closer toward them. One of them climbed a nearby tree at once. But unfortunately the other one did not know how to climb up the tree. So being led by his common sense, he lay down on the ground breathless and pretended to be a dead man.

    The bear came near the one who was lying on the ground. It smelt in his ears, and slowly left the place because the bears do not want to touch the dead creatures. After that, the friend on the tree came down and asked his friend that was on the ground, "Friend, what did the bear whisper into your ears?" The other friend replied, "Just now the bear advised me not to believe a false friend."

    Moral of the Story- A true friend in need is a friend indeed.

    Teman sejati

    Suatu hari di masa lau, ada dua teman dekat yang berjalan melewati hutan bersama-sama. Mereka tahu bahwa sesuatu yang berbahaya dapat terjadi setiap saat di hutan. Jadi mereka saling berjanji bahwa mereka akan selalu bersama-sama dalam keadaan bahaya sekalipun.

    Tiba-tiba, mereka melihat beruang besar sedang semakin mendekat ke arah mereka. Salah satu dari mereka memanjat pohon terdekat seketika. Tetapi sayangnya satu yang lainnya tidak tahu bagaimana cara untuk memanjat pohon. Jadi terdorong oleh akal sehatnya, ia berbaring di tanah, menahan napas, dan berpura-pura menjadi orang yang sudah mati.

    Beruang itu datang mendekati orang yang sedang berbaring di tanah tersebut. Mencium di telinganya, dan perlahan-lahan meninggalkan tempat karena beruang tidak ingin menyentuh makhluk yang sudah mati. Setelah itu, teman di pohon turun dan bertanya ke pada temannya yang berbaring di tanah itu, " Teman , apa yang beruang bisikan ke telingamu ? " Teman lain menjawab, "Tadi beruang itu menyarankan saya untuk tidak mempercayai teman palsu."

    ReplyDelete
  40. Tentang Gantungan Kunci
    Ande Ande Lumut

    A long time ago, there were two Kingdom in a region called Kahuripan. They are Jenggala Kingdom, ruled by King Jayengnegara, and Kediri Kingdom, ruled by King Jayengrana. The two kings were asked to unify their kingdom by their ancestor King Airlangga. They finally decided to do it through a marriage of their descendant, prince Panji Asmarabangun (son of king Jayengnegara) and princess Dewi Sekartaji (daughter of king Jayengrana). They all live happily together as a big family.

    One day the kingdom was attacked by enemy. The battle was fierce that it could endangered the live of princess Dewi Sekartaji. The princess decided to flee and hide in a village far away from Jenggala. In order to protect herself princess Dewi Sekartaji changed her identity into Kleting Kuning and lived in a woman’s house by the name Nyai Intan with her daughter: Kleting Abang, Kleting Ijo and Kleting Biru.



    Nyai Intan turned out to be an evil lady. She made Kleting Kuning to do all the house work such as cooking, doing the laundry, cleaning the house every day. Her daughter was no different, they acted as if Kleting Kuning was their house maid. They yelled at her whenever they want something. They only fed Kleting Kuning once a day.

    Meanwhile at the kingdom, prince Panji Asmarabangun had successfully defeat the enemy. At that moment, he realized that his beloved wife was not in the palace anymore and no one knew her whereabout. He was so sad and he decided to sent some of his body guard to search for his wife. They went for a couple of days until one day, one of the body guard returned to the palace with a news.

    ReplyDelete
  41. Your majesty, please forgive me to interrupt your rest” said the body guard.

    “It’s okay. Have you located my wife, soldier?” said the prince.

    “My apology Your majesty, I have not find your wife yet, but I found a girl that looked like princess Dewi Sekartaji in a village far away from here. I couldn’t confirmed it yet because she was working in a house of a rich widow as a house maid.” Said the body guard.

    The prince decided to disguise as a handsome and rich man looking for a wife to attract the girl to come to him so that he will be able to see if the girl was truly his beloved wife or not. He went to Dadapan village near Bengawan Solo river. The village was right across the village where Kleting Kuning lived. The prince stayed in an old widow house by the name Mbok Randa and changed his name into Ande Ande Lumut.

    Kleting Abang, Ijo and Biru were very happy to hear the news. All of them wish to marry the handsome Ande Ande Lumut. They prepared themselves and they wore their best clothes so they became pretty. Kleting Kuning tried to praise them but she got mockery in return from her sisters. They did not allowed Kleting Kuning to go to Dadapan village to see Ande Ande Lumut. They sent her to the river to do the laundry and she followed.

    Kleting Kuning collected all the dirty clothes and went to the river. Truthfully, she had no intention to go with her sister to Dadapan village because she only love one man in her live and the man is her husband, prince Panji Asmarabangun. She promised to herself that she will always be faithful to her husband.

    When she was doing the laundry, suddenly a crane came to her. The crane can talk just like human and it brought a whip on its claw. The crane started talking to the princess, it said that the princess have to go to Dadapan village and she will meet her husband, prince Panji Asmarabangun, in the village. The crane also gave her the whip and ask her to use it when she needed it. After that the crane left. Kleting Kuning rushed back to the house and prepare herself to go to Dadapan village.

    ReplyDelete
  42. Meanwhile Kleting Abang, Ijo and Biru were already at the river bank. The river was very large and there was no boat around. When they were still trying to figure out how to get to the other side of the river, Kleting Abang saw a huge creature floating on the water. It was a giant crab and its name is Yuyu Kangkang. They didn’t know that Yuyu Kangkang was actually the servant of Ande Ande Lumut and it was assigned to test every candidate of his wife.

    Kleting Abang asked if Yuyu Kangkang was willing to take them to the other side of the river. Yuyu Kangkang smiled and said, he will take them on his back to the other side of the river if they agree to kiss him as the reward. All of them agree to Yuyu Kangkang request because they really want to go to Dadapan village, so they kissed the giant crab. After that Yuyu Kangkang took all of them across the river.

    A couple of minutes later, Kleting Kuning also arrived at the river bank. She brought the whip from the crane with her. Yuyu Kangkang gave her the same offer just like her sister but she refuse. She keep asking to Yuyu Kangkang to take her and Yuyu Kangkang keep asking the same offer but she didn’t change her mind. Loosing her patience, Kleting Kuning hit the whip to the river and in instant the water subsided. Yuyu Kangkang was scared to see that and then he took Kleting Kuning to the other side of the river for free.

    The three sisters arrived first before Kleting Kuning. They show their beauty to Ande Ande Lumut right away. Unfortunately, Ande Ande Lumut decided to not choose any of them. They were upset and ask him to explain his reason. When Ande Ande Lumut was about to explain his reason to the three sisters, suddenly Kleting Kuning arrived at the door. Ande Ande Lumut walked toward her right away and he said, “I choose this girl to be my wife.”.

    The three sisters became so angry, and they said “why don’t you choose one of us?”. After that Ande Ande Lumut introduce them to his loyal friend, Yuyu Kangkang, and he said, “I didn’t choose any of you because you give your precious kiss to Yuyu Kangkang so easily, and the only one who refuse to do so is Kleting Kuning.”. Kleting Kuning was so happy because she recognized her husband since the moment she stood at the door. She use the magic whip to turn her back into a beautiful princess. Finally they reunited and live in their palace happily along with Mbok Randa who helped the prince to be back with his wife.

    ReplyDelete
  43. Pada jaman dahulu kala, terdapat dua kerajaan di sebuah wilayah yang disebut Kahuripan. Mereka adalah Kerajaan Jenggala, dipimpin oleh Raja Jayengnegara, dan Kerajaan Kediri, dipimpin oleh Raja Jayengrana. Kedua raja diminta untuk menyatukan kerajaan mereka oleh leluhur mereka Raja Airlangga. Mereka akhirnya memutuskan untuk melakukannya melalui pernikahan keturunan mereka, pangeran Panji Asmarabangun (anak dari Raja Jayengnegara) dan putri Dewi Sekartaji (anak dari Raja Jayengrana). Mereka semua hidup bahagia sebagai keluarga besar.

    Suatu hari kerajaan itu diserang oleh musuh. Pertarungan nya sangat sengit hingga itu bisa membahayakan nyawa dari putri Dewi Sekartaji. Sang putri pun memutuskan untuk melarikan diri dan bersembunyi di sebuah desa yang jauh dari Jenggala. Untuk melindungi dirinya sang putri Dewi Sekartaji merubah identitasnya menjadi Klething Kuning dan tinggal di rumah seorang wanita bernama Nyai Intan dengan anak-anak perempuannya: Kleting Abang, Kleting Ijo dan Kleting Biru.

    ReplyDelete
  44. Nyai Intan ternyata adalah seorang wanita yang jahat. Dia membuat Kleting Kuning mengerjakan semua pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci pakaian, dan membersihkan rumah itu setiap hari. Anak-anak perempuannya juga tidak jauh berbeda, mereka bertindak seolah olah Kleting Kuning adalah pembantu di rumah mereka. Mereka berteriak pada nya kapanpun mereka menginginkan sesuatu. Mereka hanya memberi Kleting Kuning makan satu kali dalam sehari.

    Sementara itu di kerajaan, pangeran Panji Asmarabangun telah berhasil mengalahkan musuh. Pada saat itu, dia menyadari bahwa istri tercintanya tidak berada di istana lagi dan tidak ada satupun yang mengetahui keberadaannya. Dia sangat sedih dan dia memutuskan untuk mengirim beberapa pengwalnya untuk mencari istrinya. Mereka pergi selama beberapa hari hingga pada suatu hari, salah satu pengawal kembali ke istana dengan sebuah berita.

    “Yang mulia, mohon maafkan saya mengganggu istirahatanda” kata pengawal.

    “Tidak apa. Apakah kamu sudah menemukan istriku, prajurit?” kata pangeran.

    “Maafkan saya yang mulia, saya belum menemukan istri anda, namun saya menemukan seorang gadis yang terlihat mirip dengan putri Dewi Sekartaji di sebuah desa yang jauh dari sini. Saya belum bisa memastikan itu karena dia bekerja di sebuah rumah janda kaya sebagai pembantu.” Ungkap pengawal itu.

    Pangeran memutuskan untuk menyamar sebagai pria tampan dan kaya yang sedang mencari istri untuk menarik gadis itu untuk datang padanya agar dia bisa memastikan apakah gadis itu benar-benar istri tercintanya atau bukan. Dia pergi ke desa Dadapan dekat sungai Bengawan Solo. Desa itu berada tepat di seberang desa dimana Kleting Kuning berada. Pangeran tinggal di rumah seorang janda tua yang bernama Mbok Randa dan merubah namanya menjadi Ande Ande Lumut.

    Kleting Abang, Ijo dan Biru sangat gembira mendengar berita itu. Mereka semua berharap bisa menikah dengan si tampan Ande Ande Lumut. Mereka mempersiapkan diri dan memakai pakaian terbaik mereka sehingga mereka terlihat cantik. Kleting Kuning mencoba memuji mereka namun dia mendapatkan ejekan sebagai balasan dari kakak-kakak nya. Mereka tidak mengijinkan Kleting Kuning untuk pergi ke desa Dadapan untuk melihat Ande Ande Lumut. Mereka menyuruhnya pergi mencuci baju di sungai dan dia menuruti itu.

    ReplyDelete
  45. Kleting Kuning mengumpulkan semua pakaian kotor dan pergi ke sungai. Sebenarnya, dia tidak memiliki niat untuk pergi bersama kakak-kakak nya ke desa Dadapan karena dia hanya mencintai satu orang dalam hidupnya dan pria itu adalah suami nya, pangeran Panji Asmarabangun. Dia berjanji pada drinya sendiri bahwa dia akan selalu setia pada suaminya.

    Ketika dia sedang mencuci pakaian, tiba-tiba seekor burung bangau datang padanya. Burung bangau itu bisa bicara layaknya manusia dan hewan itu membawa sebuah cambuk di cakarnya. Burung bangau itu mulai berbicara pada sang putri, ia berkata bahwa sang putri harus pergi ke desa Dadapan dan dia akan bertemu dengan suami nya, pangeran Panji Asmarabangun, di desa itu. Burung bangau itu juga memberikannya cambuk itu dan memintanya untuk menggunakannya ketika dia membutuhkannya. Setelah itu burung bangau itu pergi. Kleting Kuning bergegas kembali ke rumah dan menyiapkan dirinya untuk pergi ke desa Dadapan.

    Sementara itu, Kleting Abang, Ijo dan Biru telah berada di tepi sungai. Sungai itu sangat luas dan tidak ada perahu disekitar sana. Ketika mereka sedang mencoba mencari cara untuk bisa sampai kesebrang sungai, Kleting Abang melihat seekor makhluk berukuran besar mengambang di atas air. Itu adalah seekor kepiting raksasa dan namanya adalah Yuyu Kangkang. Mereka tidak tau bahwa Yuyu Kangkang sebenarnya adalah pelayan dari Ande Ande Lumut dan ia ditugaskan untuk menguji setiap calon istrinya.

    Kleting Abang menanyakan apakah Yuyu Kangkang bersedia membawa mereka ke sisi sebrang sungai. Yuyu Kangkang tersenyum dan berkata, dia akan membawa mereka di punggungnya ke sisi sebrang sungai jika mereka setuju untuk mencium nya sebagai imbalan. Mereka semua setuju dengan permintaan Yuyu Kangkang karena mereka sangat ingin pergi ke desa Dadapan, jadi mereka mencium kepiting raksasa itu. Setelah itu Yuyu kangkang membawa mereka semua menyebrangi sungai.

    Beberapa menit kemudian, Kleting Kuning juga sampai di pinggir sungai. Dia membawa cambuk dari burung bangau itu bersamanya. Yuyu kangkang memberikannya penawaran yang sama seperti kakak-kakak nya namun dia menolak. Dia terus meminta Yuyu Kangkang untuk membawanya dan Yuyu Kangkang terus meminta penawaran yang sama namun dia tidak merubah pemikirannya. Kehilangan kesabarannya, Kleting Kuning memukulkan cambuk itu ke sungai dan dalam sekejap air nya surut. Yuyu Kangkang ketakutan melihat hal itu dan dia membawa Kleting Kuning ke sebrang sungai dengan gratis.

    Ketiga saudari itu tiba duluan sebelum Kleting Kuning. Mereka menunjukkan kecantikan mereka kepada Ande Ande Lumut dengan segera. Sayangnya, Ande Ande Lumut memutuskan untuk tidak memilih salah satu dari mereka. Mereka kecewa dan meminta dia untuk menjelaskan alasannya. Ketika Ande Ande Lumut baru saja akan menjelaskan alasannya kepada ketiga saudari itu, tiba-tiba Kleting Kuning sampai di pintu. Ande Ande Lumut berjalan kearahnya dengan segera dan dia berkata,”Aku memilih gadis ini untuk menjadi istriku.”.

    Ketiga saudari itu menjadi sangat marah, dan mereka mengatakan “mengapa kau tidak memilih salah satu dari kami?”. Setelah itu Ande Ande Lumut memperkenalkan mereka pada teman setianya, Yuyu Kangkang, dan dia berkata, “Aku tidak memilih salah satu diantara kalian karena kalian memberikan ciuman kalian yang berharga kepada Yuyu Kangkang dengan sangat mudahnya, dan satu-satunya yang menolak untuk melakukan itu adalah Kleting Kuning”. Kleting Kuning sangat gembira karena dia langsung mengenali suaminya sejak pertama dia berdiri di pintu itu. Dia menggunakan cambuk ajaib itu dan merubah dirinya kembali menjadi seorang putri yang cantik. Akhirnya mereka bersatu kembali dan hidup di istana mereka dengan bahagia bersama dengan Mbok Randa yang telah membantu pangeran untuk kembali bersama istrinya.

    ReplyDelete
  46. Bawang Merah Bawang Putih

    Once upon a time, there lived a widow with a beautiful daughter and a beautiful stepdaughter. Her daughter’s name is Bawang Merah and her stepdaughter’s name is Bawang Putih. Her husband, Bawang Putih’s biological father, had passed away a long time ago. The three of them live in a small village.

    The widow was not a nice lady. She treated Bawang Putih very badly. She made Bawang Putih to do all the chores such as doing the laundry, serving the meal, cleaning the house, keeping the weter supply and many more. Her daughter, Bawang Merah, is just like her. She is lazy, arrogant, greedy and envious. She treated Bawang Putih as a house maid for her. Whereas Bawang Putih is the opposite of her stepsister. She is humble, unpretentious, diligent, honest and kind hearted. She always follow her stepmother’s instruction without complaining.



    One day, Bawang Putih was doing the laundry at the river bank. She was too busy cleaning the clothes that she didn’t realize that one of her stepmother’s favorite clothes fell into the river and drifted away. By the time she had finished the laundry, she realized that there was a missing clothes. She tried to look for it anywhere, but she couldn’t find it. She was so worried, because she knew that her stepmother will be very angry when she found out that her favorite clothes was missing.

    ReplyDelete
  47. Bawang Putih decided to follow the river flow hoping that she will find the lost clothes. Every time she met someone near the river, she would asked them about the clothes, but no one saw it until she met a fisherman who claimed to have seen it floating in front oh him a while ago. The fisherman told Bawang Putih to chase it, because he believed that the clothes must be not far from there. Bawang Putih thanked the fisherman and continue her search.

    Bawang Putih kept walking at the river bank until she saw that there is an intersection of the river that flow into a cave. She entered the cave and she found out that there is an old woman living in the cave alone. Bawang Putih asked to the old woman about the missing clothes. It turned out that the old woman found it in front of the cave and kept it. Bawang Putih asked the old woman to return the clothes to her and she explained that it was her stepmother’s favorite clothes and she will be angry if Bawang Putih didn’t bring it back.

    The old woman agreed to return the clothes but she asked Bawang Putih to help her to cook and to clean the place. Bawang Putih agreed with the old woman request. She started to cook and after that she cleaned the cave, the job was easy for her because she did it every day at home. The old woman was satisfied with the result and she gave back the clothes to Bawang Putih. She also offered her two pumpkin as a reward for her help. Bawang Putih chose the small one. After that, Bawang Putih thanked the old woman and went back to her house.

    When Bawang Putih arrived at her house, her stepmother and her stepsister was mad at her because she came home late. Bawang Putih tried to explain everything to them but they became more angry because she only brought a small pumpkin. Her stepmother took the pumpkin from her and throw it to the floor. The pumpkin shattered and a lot of jewelry made of gold and diamond came out of the pumpkin. All of them were surprised. The stepmother collected all of the jewelry right away. She became even more upset after that because Bawang Putih chose to bring the small pumpkin instead of the big one.

    ReplyDelete
  48. The next day, Bawang Merah and her mother planned to recreate the situation experienced by Bawang Putih yesterday. Bawang Merah throw a clothes on purpose into the river and let it drifted away. She followed it until she reached the cave where the old woman live. The old woman gave her the same request as she gave to Bawang Putih yesterday, but Bawang Merah refuse it and she insisted the old woman to handed over to her the big pumpkin. The old woman gave the pumpkin to her.



    Bawang Merah rushed back to her house when she received the pumpkin from the old woman. When she arrived at home her mother was waiting for her in front of the house. They couldn’t wait any longer to open the pumpkin and collect the jewelry inside it. They smashed the pumpkin to the floor, but it was not jewelry coming out of the pumpkin, instead a lot of snakes crawled out of the pumpkin. The snake was about to attack them when suddenly Bawang Putih came out from the house and attacked the snake by using a broom. The snakes fled and they were save.

    Bawang Merah and her mother regretted their actions and apologize to Bawang Putih. They realized their mistake and promised that they will never treat Bawang Putih like they used to. Bawang Putih forgave them and they all live happily after that.

    ReplyDelete
  49. Pada suatu masa, hiduplah seorang janda bersama dengan seorang anak perempuan yang cantik dan seorang anak tiri yang cantik pula. Nama anaknya adalah Bawang Merah dan nama anak tiri nya adalah Bawang Putih. Suami nya, ayah kandung dari Bawang Putih, telah lama meninggal. Mereka bertiga hidupdi sebuah desa kecil.

    Ibu janda itu bukanlah wanita yang baik. Dia memperlakukan Bawang Putih dengan sangat buruk. Dia membuat Bawang Putih melakukan semua pekerjaan rumah seperti mencuci baju, menyiapkan makanan, membersihkan rumah, menjaga persediaan air dan banyak lagi. Anaknya, Bawang Merah, sama saja seperti dia. Dia itu malas, sombong, serakah dan iri hati. Dia memperlakukan Bawang Putih sebagai pembantu rumah baginya. Sedangkan Bawang Putih itu adalah kebalikan dari saudari tiri nya. Dia rendah hati, bersahaja, rajin, jujur dan baik hati. Diaselalu menuruti perintah ibu tiri nya tanpa mengeluh.

    Pada suatu hari, Bawang Putih sedang mencuci baju di tepi sungai. Dia sangat sibuk membersihkan pakaian sehingga dia tidak menyadari bahwa salah satu pakaian kesukaan ibu nya jatuh kedalam sungai dan hanyut. Pada saat dia telah selesai mencuci, dia menyadari bahwa ada pakaian yang hilang. Dia mencoba mencari nya kemana-mana, namun dia tidak bisa menemukannya. Dia sangat khawatir, karena dia tau bahwa ibu tirinya akan menjadi sangat marah ketika dia mengetahui bahwa pakaian kesukaannya hilang.

    Bawang Putih memutuskan untuk mengikuti aliran sungai berharap dia akan menemukan pakaian yang hilang itu. Setiap kali dia bertemu seseorang di dekat sungai, dia akan bertanya pada mereka tentang pakaian itu, namun tidak ada satupun yang melihatnya hingga dia bertemu seorang nelayan yang mengaku telah melihat itu mengapung di hadapannya beberapa saat yang lalu. Nelayan itu menyuruh Bawang Putih untuk mengejarnya, karena dia yakin bahwa pakaian itu pasti tidak jauh dari sana. Bawang Putih berterimakasih kepada nelayan itu dan melanjutkan pencariannya.

    ReplyDelete
  50. Bawang Putih terus berjalan di tepian sungai hingga dia melihat adanya cabang sungai yang mengalir kedalam sebuah gua. Dia memasuki gua itu dan dia menemukan bahwa ada seorang wanita tua tinggal di dalam gua itu sendirian. Bawang Putih bertanya kepada wanita tua itu tentang pakaian yang hilang. Ternyata wanita tua itu menemukannya di depan gua dan menyimpannya. Bawang Putih meminta wanita tua itu untuk mengembalikan pakaian itu kepadanya dan dia menjelaskan bahwa itu adalah pakaian kesukaan ibu tiri nya dan dia akan sangat marah jika Bawang Putih tidak membawanya kembali.

    Wanita tua itu setuju untuk mengembalikan pakaian itu namun dia meminta Bawang Putih untuk membantunya memasak dan membersihkan tempat itu. Bawang Putih setuju dengan permintaan sang wanita tua. Dia mulai memasak dan kemudian dia membersihkan gua itu, tugas itu mudah baginya karena dia melakukan itu setiap hari di rumah. Wanita tua itu puas dengan hasilnya dan dia mengembalikan pakaian itu kepada Bawang Putih. Dia juga menawarkan nya dua buah labu sebagai imbalan atas bantuannya. Bawang Putih memilih yang berukuran kecil. Setelah itu, Bawang Putih berterimakasih pada wanita tua itu dan pergi kembali ke rumah nya.

    Saat Bawang Putih tiba di rumah nya, ibu tiri dan saudari tiri nya marah padanya karena dia pulang terlambat. Bawang Putih mencoba menjelaskan semuanya kepada mereka namun mereka menjadi semakin marah karena dia hanya membawa labu yang kecil. Ibu tiri nya mengambil labu itu dari nya dan melemparkannya ke lantai. Labu itu pecah dan begitu banyak perhiasan terbuat dari emas dan berlian keluar dari dalam labu itu. Mereka semua terkejut. Ibu tiri itu mengumpulkan semua perhiasan dengan segera. Dia menjadi makin kecewa setelah itu karena Bawang Putih memilih untuk membawa labu yang kecil daripada yang berukuran besar.

    Keesokan harinya, Bawang Merah dan ibu nya berencana untuk membuat ulang keadaan yang dialami oleh Bawang Putih kemarin. Bawang Merah melemparkan sebuah pakaian dengan sengaja kedalam sungai dan membiarkannya hanyut. Dia mengikutinya hingga dia sampai di gua dimana wanita tua itu tinggal. Wanita tua itu memberinya permintaan yang sama seperti yang dia berikan pada Bawang Putih kemarin, namun Bawang Merah menolak nya dan dia memaksa wanita tua itu untuk menyerahkan labu yang berukuran besar itu. Wanita tua itu memberikan labu itu kepadanya.

    ReplyDelete
  51. Bawang Merah bergegas kembali ke rumahnya saat dia menerima labu itu dari sang wanita tua. Ketika dia sampai di rumah, ibunya telah menunggu nya di depan rumah. Mereka tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk membuka labu itu dan mengumpulkan perhiasan yang ada di dalamnya. Mereka membanting labu itu ke lantai, namun bukanlah perhiasan yang keluar dari dalam labu itu, malahan begitu banyak ular merangkak keluar dari labu itu. Ular itu baru saja akan menyerang mereka ketika tiba-tiba Bawang Putih keluar dari rumah dan menyerang ular itu dengan menggunakan sapu. Ular-ular itu melarikan diri dan mereka pun selamat.

    Bawang Merah dan ibu nya menyesali tindakan mereka dan meminta maaf kepada Bawang Putih. Mereka menyadari kesalahan mereka dan berjanji bahwa mereka tidak akan pernah memperlakukan Bawang Putih seperti mereka biasanya. Bawang Putih memaafkan mereka dan mereka semua hidup bahagia setelah itu.

    Oke deh sobat, itulah akhir dari contoh narrative text panjang tentang Bawang Merah Bawang Putih kali ini, mudah-mudahan kamu terhibur. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website ini setiap harinya ya, karena kami sedang menyiapkan serangkaian cerita rakyat dalam Bahasa Inggris yang tentunya menarik dan bermanfaat bagi perkembangan kemampuan bahasa mu.

    ReplyDelete
  52. Long long time ago, there lived an old woman with her son in a small village in Java. The name of the boy is Jaka Tarub. He was a diligent boy. He always help his mother on the rice field. As he grew older, he became a strong and handsome man. He loves his mother so much and he was always kind to her. They lived happily together until one day the old woman passed away, leaving Jaka Tarub all by himself. Everything started to change after that, Jaka Tarub started to lose his spirit to work. He spent most of his time staring at the ceiling of his house and daydreaming.

    One day, Jaka Tarub dreamt of eating deer meat. So when he woke up in the morning, he decided to go to the forest to hunt a deer. He brought his blowpipe with him. He wandered in the forest from the morning till the afternoon but he didn’t find any deer or mousedeer. He didn’t realize that he got deeper into the forest until he was very tired and he decided to take a rest under a big tree near a small lake. It was windy at that moment and Jaka Tarub fell asleep right away.



    A few moments later, Jaka Tarub woke up because he heard women laughing in a distance. He was curious about the voice, so he decided to check it. It turned out that the voice was coming from the lake, Jaka Tarub took a peek from a bush next to the lake and he saw seven beautiful women who turned out to be angels were having fun in the lake. Jaka Tarub was amazed by their exceptional beauty. He also saw some beautiful scarf near the lake. He thought that it must be their scarf so he decided to take one of it and hide it.

    ReplyDelete
  53. After that, Jaka Tarub kept watching the angels until they finish playing in the lake. The angels started preparing themselves to return to the sky, but one of them couldn’t find her scarf, her name was Nawangwulan. The other angels asked Nawangwulan to be hurry because they have to return to the sky right away. Nawangwulan cried because she still couldn’t locate her scarf and she couldn’t fly to the sky without it. Her sisters took pity on her but they couldn’t do anything and it was time for them to return to the sky, so they left Nawangwulan alone on earth.

    Nawangwulan just stayed there alone and cried. Jaka Tarub who watched her from distance all this time tried to approach her. He pretended to ask her about what has happened to her so she cried like that. Nawangwulan who had no idea that Jaka Tarub was the one who hide her scarf tried to explain to him that her sister left her alone at the lake. Jaka Tarub offered her his help to be her companion. After that, Jaka Tarub invite her to his house and she agreed to go there.

    The life of Jaka Tarub started to change. With the presence of Nawangwulan in his life, Jaka Tarub found his spirit back to work on the rice field. They filled each other life with happiness until a couple months later they decided to get married. Jaka Tarub became even happier after that. He loves his wife so much that it gave him energy to work double than he used to do. Their life became more complete when Nawangwulan gave birth to their first child. It was a girl and they named her Nawangsih.

    Since they got married, Nawangwulan asked her husband to promise one thing to her. The promise was Jaka Tarub should never open the cooking pan whenever Nawangwulan was cooking rice. Jaka Tarub agreed to this request. But, one day when Nawangwulan left the kitchen for a while, Jaka Tarub opened the cooking pan and checked what was in it. He found out that his wife cooked a grain of rice and turned it into a pan full of cooked rice. It was actually Nawangwulan spiritual power. But, since Jaka Tarub broke the agreement, Nawangwulan spiritual power was disappeared.

    ReplyDelete
  54. Ever since that day, Nawangwulan had to cook just like any ordinary girl. This made their consumption on rice became so high and they spent their rice stock in their storage so fast. One day when their stock was about to run out, Nawangwulan found her scarf burried under the rice stock. She finally realized that her husband was the one who hide her scarf. She was very upset to her husband. She put on the scarf and went to confront her husband.



    Nawangwulan told her husband that she was disappointed with him because he was lying all this time. She also said that she will return to the sky right away. Jaka Tarub asked for her forgiveness and he also asked her to stay with him and their daughter. But Nawangwulan has made up her mind to return to the sky and nothing will be able to change that. Before she left, Nawangwulan asked to Jaka Tarub to build a small hut in front of their house and she also asked him to put their daughter in the hut every night so she could fed her and took care of her. After that Nawangwulan flew to the sky and left Jaka Tarub with their child. Jaka Tarub fulfill Nawangwulan’s request and he built the small hut as she instructed.

    After that, Jaka Tarub can only watch his daughter and his wife playing at the hut from his house. Every night, Nawangwulan came to the hut to take care of Nawangsih until she fell asleep and then Nawangwulan returned to the sky after that. It happened every day until Nawangsih grew older. Although they never see each other again when Nawangsih has grown up, but every time they needed something, help will come right away, and they believe it was from Nawangwulan.

    ReplyDelete
  55. Pada jaman dahulu kala, hiduplah seorang wanita tua dengan anak laki-laki nya di sebuah desa kecil di Jawa. Nama anak laki-laki itu adalah Jaka Tarub. Dia adalah seorang anak yang rajin. Dia selalu membantu ibu nya di sawah. Saat dia tumbuh dewasa, dia menjadi seorang pria yang kuat dan tampan. Dia sangat mencintai ibunya dan dia selalu berlaku baik padanya. Mereka hidup bahagia bersama hingga suatu hari sang wanita tua itu meninggal dunia, meninggalkan Jaka Tarub seorang diri. Semua nya mulai berubah sejak saat itu, Jaka Tarub mulai kehilangan semangatnya untuk bekerja. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya menatap langit-langit rumahnya dan melamun.

    Suatu hari, Jaka Tarub bermimpi memakan daging rusa. Jadi ketika dia bangun di pagi hari, dia memutuskan untuk pergi ke hutan untuk berburu seekor rusa. Dia membawa senjata sumpit miliknya. Dia berkeliling di dalam hutan dari pagi hingga sore namun dia tidak menemukan satu pun rusa atau kancil. Dia tidak menyadari bahwa dia masuk semakin dalam kedalam hutan itu hingga dia kelelahan dan memutuskan untuk beristirahat di bawah sebuah pohon besar di dekat telaga kecil. Saat itu keadaan nya berangin dan Jaka Tarub segera tertidur.

    Beberapa saat kemudian, Jaka Tarub terbangun karena dia mendengar suara wanita tertawa di kejauhan. Dia penasaran dengan suara itu, jadi dia memutuskan untuk memeriksanya. Ternyata suara itu datang dari telaga, Jaka Tarub mengintip dari semak-semak dekat telaga itu dan dia melihat tujuh wanita cantik yang ternyata adalah bidadari sedang bersenang-senang di telaga itu. Jaka Tarub kagum dengan kecantikan mereka yang luar biasa. Dia juga melihat beberapa selendang yang indah di dekat telaga itu. Dia pikir itu pastilah selendang milik mereka jadi dia memutuskan untuk mengambil salah satunya dan menyembunyikannya.



    Setelah itu, Jaka Tarub terus mengawasi bidadari itu hingga mereka selesai bermain di telaga. Para bidadari itu mulai menyiapkan diri mereka untuk kembali ke langit, namun salah satu dari mereka tidak bisa menemukan selendangnya, namanya adalah Nawangwulan. Bidadari yang lain meminta Nawangwulan untuk bergegas karena mereka harus segera kembali ke langit. Nawangwulan menangis karena dia masih tidak bisa menemukan selendangnya dan dia tidak bisa terbang ke langit tanpa selendang itu. Kakak-kakaknya kasihan kepada nya namun mereka tidak bisa melakukan apa-apa dan itu sudah saatnya begi mereka untuk kembali ke langit, jadi mereka meninggalkan Nawangwulan sendirian di bumi.

    ReplyDelete
  56. Nawangwulan hanya berdiam di sana sendiri dan menangis. Jaka Tarub yang mengawasi nya dari kejauhan selama ini mencoba untuk mendekatinya. Dia berpura-pura bertanya tentang apa yang telah terjadi padanya sehingga dia menangis seperti itu. Nawangwulan yang sama sekali tidak tau bahwa Jaka Tarub lah yang telah menyembunyikan selendang miliknya mencoba menjelaskan kepada nya bahwa kakak-kakak nya meninggalkan dia sendirian di telaga. Jaka Tarub menawarkan bantuan kepadanya untuk menjadi kawannya. Setelah itu, Jaka Tarub mengajak dia kerumahnya dan dia setuju untuk pergi kesana.

    Kehidupan Jaka Tarub mulai berubah. Dengan kehadiran Nawangwulan di kehidupannya, Jaka Tarub menemukan kembali semangatnya untuk bekerja di sawah. Mereka saling mengisi kehidupan satu sama lainnya dengan kebahagiaan hingga beberapa bulan kemudian mereka memutuskan untuk menikah. Jaka Tarub menjadi semakin bahagia setelahnya. Dia sangat mencintai istrinya hingga itu memberikannya tenaga untuk bekerja dua kali lebih banyak dari dia biasanya. Hidup mereka menjadi semakin lengkap ketika Nawangwulan melahirkan anak pertama mereka. Itu adalah seorang perempuan dan mereka menamainya Nawangsih.

    Sejak mereka menikah, Nawangwulan meminta suaminya untuk berjanji satu hal kepadanya. Janji itu adalah Jaka Tarub tidak pernah boleh membuka panci pemasak ketika Nawangwulan sedang memasak nasi. Jaka Tarub setuju dengan permintaan ini. Namun, suatu hari ketika Nawangwulan meninggalkan dapur sebentar, Jaka Tarub membuka panci pemasak itu dan memeriksa apa yang ada di dalamnya. Dia menemukan bahwa istrinya memasak sebutir beras dan merubah nya menjadi satu panci penuh nasi. Itu sebenarnya merupakan kekuatan spiritual Nawangwulan. Tapi, karena Jaka Tarub merusak persetujuan mereka, kekuatan spiritual Nawangwulan menghilang.

    Semenjak hari itu, Nawangwulan harus memasak seperti wanita biasa pada umumnya. Hal ini membuat konsumsi mereka akan beras menjadi tinggi dan mereka menghabiskan persediaan beras mereka di dalam tempat penyimpanan dengan cepat. Suatu hari ketika persediaan mereka sudah hampir habis, Nawangwulan menemukan selendang miliknya terkubur di bawah persediaan beras. Dia akhirnya menyadari bahwa suami nya lah yang menyembunyikan selendangnya. Dia sangat kecewa pada suaminya. Dia memakai selendang itu dan pergi untuk menemui suaminya.

    Nawangwulan mengatakan pada suaminya bahwa dia sangat kecewa dengan nya karena dia telah berbohong selama ini. Dia juga mengatakan bahwa dia akan kembali ke langit segera. Jaka Tarub meminta maaf darinya dan dia juga memintanya untuk tetap tinggal bersamanya dan anak mereka. Namun Nawangwulan telah memutuskan untuk kembali ke langit dan tidak ada satupun yang akan bisa merubahnya. Sebelum dia pergi, Nawangwulan meminta Jaka Tarub untuk membangun sebuah pondok kecil di depan rumah mereka dan dia juga meminta pada nya untuk meletakkan anak mereka di pondok itu setiap malam sehingga dia bisa menyusui dan mengurusnya. Setelah itu Nawangwulan terbang ke langit dan meninggalkan Jaka Tarub dengan anak mereka. Jaka Tarub memenuhi permintaan Nawangwulan dan dia membangun pondok kecil seperti yang dimintanya.

    ReplyDelete
  57. Setelah itu, Jaka Tarub hanya bisa melihat anak dan istrinya bermain di pondok itu daru rumahnya. Setiap malam, Nawangwulan datang ke pondok itu dan mengurus Nawangsih hingga ia tertidur kemudian Nawangwulan kembali ke langit setelahnya. Hal itu terjadi setiap hari hingga Nawangsih tumbuh dewasa. Meski mereka tidak pernah bertemu lagi ketika Nawangsih telah dewasa, namun setiap kali mereka membutuhkan sesuatu, bantuan akan datang dengan segera, dan mereka percaya itu berasal dari Nawangwulan.

    ReplyDelete
  58. long time ago, there lived a wise man in Bintan island. His name is Batin Lagoi. He was the leader of the Sea Tribe of Riau Islands. He was always nice to his people and all member of the Sea Tribe respected him very much. Batin Lagoi often walked around the village in order to keep an eye on the condition of his people.
    One day, he went to the shore. There were so many pandanus shrubs at the shore. He was enjoying the scenery when suddenly he heard a soft voice of a baby crying. He wondered where did the voice came from. He was about to leave the place when he heard the voice for the second time, so he decided to look for the source of the voice.
    He walked into the shrubs of the thorny pandanus and he wiped the leaves to the sides. He was so surprised to see a baby girl inside the pandanus shrubs. Batin Lagoi tried to look around searching for people nearby, but no one was around at that time and the baby cried even louder. He finally decided to take the baby with him. Surprisingly, the baby stopped crying when Batin Lagoi carried her on his chest.
    Batin Lagoi decided to raise the baby as his own child and he named her Putri Pandan Berduri. He told everyone in the village about the baby and he invited them to his house to express his gratitude. He was so happy with the presence of the baby in his life, because he was not lonely anymore as he used to.
    Time flew so quickly and Putri Pandan Berduri had grown into a beautiful young lady. Her attitude always pleased anyone who met her. All people in the Sea Tribe respected her the same way as they respected her father. There were so many young man fell in love with her but none of them was brave enough to propose her. Besides, her father hoping that she would wed a king or a leader of a region.

    ReplyDelete
  59. Meanwhile, far across the ocean, there lived a king in Galang Island. The king had two sons. The name of the first son is Julela and the name of the second son is Jenang Perkasa. The relationship between Julela and Jenang Perkasa was not as close as when they were kid. Everything changed since their father, The King, designated Julela as his successor to be the next king of Galang Island.
    Ever since that day, Julela turned to be arrogant. He also treated Jenang Perkasa badly. He often forced Jenang Perkasa to follow his order as if he was already crowned as a king. When Jenang Perkasa refused to do what he asked him to, Julela would be mad and threatened to exile him from the kingdom.
    Jenang Perkasa decided to leave Galang Island because he was very disappointed with his brother, Julela. He sail without purpose for days until he arrived at Bintan Island. From the moment he set foot on the island, he decided to start a new life in that place so he didn't tell anyone about who he really is. He chose to work as a merchant so he searched for a place to start his own shop.


    Jenang Perkasa was a very nice person. He adapted so quickly with the society of the Sea Tribe. He treated every customer who came to his small shop nicely. His behaviour and the way he talked to every person left people to wonder if he really is an ordinary person, because usually only noble who talked and acted the way he did. Soon, he became a topic discussion among the people in Bintan Island.
    The story about a young man with a very nice attitude finally reached Batin Lagoi. He was so curious to see the young man in person. In order to make it not obvious, Batin Lagoi decided to held a gala dinner and he invited all leading figure in Bintan Island including Jenang Perkasa.
    On the evening, the guests started to come to his house. Batin Lagoi welcome all his guests including Jenang Perkasa. During the dinner, Batin Lagoi kept observing Jenang Perkasa. He was so impressed by Jenang Perkasa's manner at the dinner. An intention suddenly grew in his heart to ask Jenang Perkasa to marry his daughter, Putri Pandan Berduri.

    ReplyDelete
  60. When the dinner is over, Batin Lagoi approached Jenang Perkasa and said "My child, I've heard so many good stories about you". Jenang Perkasa replied it with big smile on his face. "Tonight I've proven it myself" said Batin Lagoi when he saw that Jenang Perkasa was smiling. Jenang Perkasa just stay still because he didn't know what to say. All of sudden, Batin Lagoi expressed his intention to Jenang Perkasa, he said "I think I would be really happy if you would like to marry my daughter. What do you think?". Jenang Perkasa was so surprised to hear the proposal. He couldn't believe that the father of the most beautiful woman in the village wanted him to be the husband of his beautiful daughter. He thought about it for some seconds and then he nodded showing his confirmation on the proposal.
    A few days later they held the wedding party. All people in the village attended the party. The villager were happy to see their future leader. Not long after that, Batin Lagoi decided to retire and he appointed Jenang Perkasa and Putri Pandan Berduri as the new leader of the Sea Tribe. The villager live happily under their reign and it was because Jenang Perkasa inherited the leadership from his father. Putri Pandan Berduri gave birth to three children. They named them Batin Mantang, Batin Mapoi and Kelong.

    ReplyDelete
  61. Pada jaman dahulu kala, hiduplah seorang pria bijak di pulau Bintan. Nama nya adalah Batin Lagoi. Dia adalah pemimpin Suku Laut di kepulauan Riau. Dia selalu bersikap baik kepada masyarakat nya dan semua anggota Suku Laut sangat menghormati nya. Batin Lagoi sering berjalan keliling kampung untuk mengawasi kondisi masyarakat nya.
    Pada suatu hari, dia pergi ke tepi pantai. Terdapat begitu banyak semak pandan di sekitar tepian pantai itu. Dia sedang menikmati pemandangan ketika tiba-tiba dia mendengar suara lembut seorang bayi yang sedang menangis. Dia menduga-duga dari mana suara itu berasal. Dia baru saja akan pergi dari tempat itu ketika dia mendengar suara itu untuk kedua kali nya, jadi dia memutuskan untuk mencari sumber suara itu.
    Dia berjalan ke arah semak-semak pandan berduri dan dia menyapu daun-daun nya ke arah samping. Dia sangat terkejut saat melihat seorang bayi perempuan di dalam semak pandan itu. Batin Lagoi mencoba melihat ke sekeliling mencari orang lain yang berada di sekitar, namun tidak ada siapapun di sana pada saat itu dan bayi itu menangis semakin kencang. Dia akhirnya memutuskan untuk membawa bayi itu bersama nya. Hal yang mengejutkan, bayi itu berhenti menangis ketika Batin Lagoi menggendong nya di dada nya.
    Batin Lagoi memutuskan untuk membesarkan bayi itu sebagai anaknya sendiri dan menamai nya Putri Pandan Berduri. Dia memberitahu semua orang di desa nya tentang bayi itu dan dia mengundang mereka ke rumah nya sebagai ungkapan rasa syukur nya. Dia sangat bahagia dengan kehadiran bayi itu dalam hidupnya, karena dia tidak kesepian lagi seperti dahulu.

    ReplyDelete
  62. Waktu berlalu begitu cepat dan Putri Pandan Berduri telah tumbuh menjadi seorang wanita muda yang cantik. Sikap nya selalu menyenangkan setiap orang yang bertemu dengan nya. Semua orang di Suku Laut menghormati nya sama halnya dengan cara mereka menghormati ayahnya. Ada begitu banyak pemuda yang jatuh cinta dengan nya namun tidak ada satupun dari mereka yang cukup berani untuk melamar nya. Selain itu, ayah nya berharap bahwa dia akan menikahi seorang raja atau pemimpin suatu daerah.
    Sementara itu, jauh di sebrang lautan, hiduplah seorang raja di pulau Galang. Sang raja memiliki dua orang putra. Nama putra pertama adalah Julela dan nama putra kedua adalah Jenang Perkasa. Hubungan antara Julela dan Jenang Perkasa tidak sedekat ketika mereka masig kecil. Semua nya berubah semenjak ayah mereka, sang raja, menunjuk Julela sebagai penerus nya untuk menjadi raja berikut nya dari pulau Galang.
    Semenjak hari itu, Julela berubah menjadi angkuh. Dia juga memperlakukan Jenang Perkasa secara buruk. Dia memaksa Jenang Perkasa untuk mengikuti perintah nya seolah-olah dia telah dinobatkan menjadi raja. Ketika Jenang Perkasa menolak melakukan apa yang diperintahkan kepada nya, Julela akan marah dan mengancam untuk mengasingkannya dari kerajaan itu.
    Jenang Perkasa memutuskan untuk meninggalkan pulau Galang karena dia sangat kecewa dengan kakak nya, Julela. Dia berlayar tanpa tujuan selama berhari-hari hingga dia tiba di pulau Bintan. Sejak saat dia menginjakkan kaki di pulau itu, dia memutuskan untuk memulai kehidupan baru di sana, jadi dia tidak memberitahukan kepada siapapun tentang siapa dia sebenarnya. Dia memilih untuk bekerja sebagai pedagang, jadi dia mencari tempat untuk memulai toko nya sendiri.
    Jenang Perkasa adalah orang yang sangat baik. Dia beradaptasi dengan sangat cepat dengan masyarakat Suku Laut. Dia memperlakukan setiap pelanggan yang datang ke toko kecil miliknya dengan ramah. Sikap nya dan juga cara nya berbicara kepada setiap orang membuat orang penasaran apakah dia benar hanya orang biasa, karena umumnya hanya bangsawan yang bicara dan bertindak seperti diri nya. Dengan segera, dia menjadi bahan pembicaraan diantara penduduk di pulau Bintan.

    ReplyDelete
  63. Cerita tentang seorang pemuda dengan tingkah laku yang sangat baik ini akhirnya sampai kepada Batin Lagoi. Dia sangat penasaran dan ingin melihat pemuda itu secara langsung. Agar tujuannya tersebut tidak terlalu terlihat, Batin Lagoi memutuskan untuk mengadakan makan malam besar dan dia mengundang semua tokoh terkemuka di pulau Bintan termasuk Jenang Perkasa.
    Pada malam hari nya, para tamu mulai berdatangan. Batin Lagoi menyambut semua tamu nya termasuk Jenang Perkasa. Selama makan malam itu, Batin Lagoi terus mengamati Jenang Perkasa. Dia sangat kagum dengan sikap Jenang Perkasa selama acara makan malam itu. Sebuah niatan tiba-tiba tumbuh dalam hati nya untuk meminta Jenang Perkasa untuk menikahi anak perempuannya, Putri Pandan Berduri.
    Saat makan malam telah selesai, Batin Lagoi mendekati Jenang Perkasa dan berkata "Anakku, aku sudah mendengar banyak cerita baik tentangmu". Jenang Perkasa membalas nya dengan senyuman lebar di wajah nya. "Malam ini, aku telah membuktikannya sendiri" kata Batin Lagoi saat dia melihat Jenang Perkasa sedang tersenyum. Jenang Perkasa hanya bisa terdiam karena dia tidak tau apa yang harus dikatakan. Tiba-tiba, Batin Lagoi menyatakan niatannya pada Jenang Perkasa, dia berkata "aku rasa, aku akan sangat bahagia jika kau mau menikahi anakku, apa pendapatmu?". Jenang Perkasa sangat terkejut mendengar lamaran itu, dia tidak percaya bahwa ayah dari seorang wanita paling cantik di kampung itu memintanya untuk menjadi suami dari anak perempuannya yang cantik. Dia berpikir selama beberapa detik dan kemudian dia menganggukkan kepala nya menunjukkan persetujuannya terhadap lamaran itu.
    Beberapa hari kemudian mereka melaksanakan pesta pernikahan. Semua orang di desa itu hadir dalam pesta pernikahan tersebut. Warga desa bahagia melihat pemimpin masa depan mereka. Tak lama dari itu, Batin Lagoi memutuskan untuk pensiun dan menunjuk Jenang Perkasa serta Putri Pandan Berduri sebagai pemimpin yang baru bagi Suku Laut. Warga desa hidup bahagia dibawah pemerintahan mereka dan hal itu karena Jenang Perkasa mewarisi sikap kepemimpinan dari ayahnya. Putri Pandan Berduri melahirkan tiga orang anak. Mereka menamai nya Batin Mantang, Batin Mapoi dan Kelong.

    ReplyDelete
  64. Onece upon a time, there lived a fisherman with his family in the coastal area of West Sumatra. That little family consist of the fisherman, his wife and his son. The name of his son was Malin Kundang. They have lived in poverty for a long time. One day the fisherman decided to sail to a new world hoping that he will find his fortune and change the life of his family. Months passed by but there was no news from the fisherman and after more than a year the fisherman was still not returning to his hometown.

    With the help of Malin Kundang, his mother started to work in order to fulfill their daily need. Luckily, Malin Kundang was a smart and diligent boy so he always try to lighten the burden of his mother. But he was also a bit naughty. There was once a day where Malin was chasing a chicken and he accidentally stumbled on a rock and he injured his right arm leaving a permanent scratch mark on it.



    When he was older, he decided to be a ship’s crew so that he can sail to a new place and find his fortune so he can make her mother happy with his wealth that he earned from his trip. He got this idea when he saw a ship captain that was once a poor man now had became a very wealthy man after he came back from his trip. When he had made up his mind, he told his mother about his plan. His mother disagree with his idea, but Malin kept forcing his mother to allow him to go. Finally his mother gave him her permission.

    ReplyDelete
  65. The next day, after preparing for some supplies, Malin and his mother went to the pier where the ship was waiting for him. He said good bye to his mother and his mother told him to never forget her and to return when he had became a successful man. She let Malin go with tears in her eyes. They waved their hand to each other as the ship moved away from the pier until it couldn’t be seen anymore.

    Malin Kundang spent his time on the ship learning about sailorship from some senior ship’s crew. Unfortunately, the ship was attacked by pirates in the middle of the sea. All merchandise on the ship was raided by the pirates. The pirates also killed most of the ship’s crew. Malin Kundang was safe because during the attack, he hid in a small secret chamber of the ship. When the pirates had acquired all valuable stuff from the ship, they went away and left the ship to sink.

    The ship was drifted to the shore. Malin Kundang was the only survivor from the ship. He was so tired but he forced himself to walk and search for the nearest village. When he arrived at the nearest village, the villagers helped him and give him some food and water. After that, Malin Kundang told them the story about the ship and the pirates. The villagers took pity on him so they helped him to start a live in their village.

    The soil in the village was very fertile so Malin Kundang decided to start his own farm. He worked diligently on his farm every day. Day by day he became even more wealthy. With knowledge that he acquired during his time on his old ship, he started to buy some ship and build his own fleet with more than 100 employee. As soon as he became a rich man, he wedded a very beautiful girl in the village.

    The story of Malin Kundang who had became a wealthy man spread across the ocean until it was heard by his mother in his hometown. His mother was so happy and grateful to hear the news that her son had became a successful man. Ever since she heard the news, Malin Kundang’s mother went to the pier every day hoping that she can see it right away when Malin Kundang returned to the village. But, Malin Kundang was never showed up.

    ReplyDelete
  66. Years have passed since the first time the news reach Malin Kundang’s hometown. One day, Malin and his wife decided to go on a sea voyage with their large and beautiful ship. One of the place that they visited was Malin’s hometown. Malin Kundang’s mother who kept showing up at the pier every day quickly recognized her son who was standing on the ship’s deck with a beautiful woman. She became even more certain that it was Malin Kundang when she saw the scratch mark on his right arm.



    Malin Kundang’s mother run toward Malin Kundang and hug him. “Malin Kundang, my son, I miss you so much, why didn’t you sent any news all this time? I’ve been waiting for you” she said. Instead of hugging his mother, Malin Kundang pushed the old woman backward until she fell to the ground. “Who are you?” said Malin Kundang pretending that he didn’t recognize his mother, “I don’t know you!” he yelled at her. “I’m your mother Malin, have you forgotten me, son?” asked his mother. “Is this really your mother Malin?” asked his wife. “No, absolutely not. She was just a beggar who pretended to be my mother so she can get my treasure” he said. Malin Kundang’s mother was very angry to hear what he said, she raised her hand and pray to God, “Oh god, my heart was so hurt, if he really is my son, i cursed him into a stone” she said. Not long after that, a storm came and destroyed Malin’s ship, after that Malin Kundang’s body slowly turned into coral.

    ReplyDelete
  67. Pada suatu masa, hiduplah seorang nelayan bersama dengan keluarganya di daerah pesisir Sumatera Barat. Keluarga kecil itu terdiri dari si nelayan, istrinya dan anak laki-laki nya. Nama anak laki-laki itu adalah Malin Kundang. Mereka telah lama hidup dalam kemiskinan. Suatu hari si nelayan memutuskan untuk berlayar ke dunia baru berharap dia akan menemukan keberuntungannya dan merubah kehidupan keluarganya. Bulan-bulan telah berlalu namun tidak ada berita dari si nelayan dan setelah lebih dari satu tahun si nelayan belum juga kembali ke kampung halamannya.

    Dengan bantuan Malin Kundang, ibu nya mulai bekerja demi memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Untungnya, Malin Kundang adalah seorang anak yang pandai dan rajin sehingga dia selalu berusaha untuk meringankan beban ibu nya. Namun dia juga sedikit nakal. Pernah suatu hari dimana Malin sedang mengejar seekor ayam dan dia secara tidak sengaja tersandung batu dan dia melukai lengan kanan nya dan meninggalkan bekas luka yang permanen di sana.

    Ketika dia telah tumbuh dewasa, dia memutuskan untuk menjadi awak kapal sehingga dia bisa berlayar ke tempat yang baru dan menemukan keberuntungannya agar dia bisa membahagiakan ibunya dengan kekayaan yang dia peroleh dari perjalanannya itu. Dia mendapatkan ide ini ketika dia melihat seorang kapten kapal yang dulunya adalah seorang pria miskin sekarang telah menjadi orang yang sangat kaya setelah dia kembali dari perjalanannya. Ketika dia telah yakin dengan keputusannya, dia mengatakan rencananya kepada ibu nya. Ibu nya tidak setuju dengan ide itu, namun Malin tetap memaksa ibu nya untuk mengijinkannya pergi. Akhirnya ibu nya memberikan ijin kepadanya.

    ReplyDelete
  68. Keesokan hari nya, setelah menyiapkan beberapa bekal, Malin dan ibu nya pergi ke dermaga dimana sebuah kapal telah menunggu nya. Dia mengucapkan selamat tinggal pada ibu nya dan ibu nya berpesan kepadanya untuk tidak pernah melupakan nya dan memintanya kembali ketika dia telah menjadi orang yang sukses. Dia melepaskan kepergian Malin dengan air mata di matanya. Mereka saling melambaikan tangan disaat kapal mulai bergerak menjauh dari dermaga hingga itu tidak dapat dilihat lagi.

    Malin Kundang menghabiskan waktu nya di atas kapal dengan belajar tentang pelayaran pada beberapa awak kapal yang lebih berpengalaman. Sungguh sial, kapal itu diserang oleh bajak laut di tengah laut. Semua barang dagangan di atas kapal di rampas oleh bajak laut itu. Bajak laut itu juga membunuh sebagian besar awak kapal. Malin Kundang selamat karena selama penyerangan itu, dia bersembunyi di dalam sebuah ruangan rahasia kecil di kapal itu. Ketika si bajak laut telah mendapatkan semua barang berharga dari kapal itu, mereka pergi dan meninggalkan kapal itu begitu saja.

    Kapal itu hanyut ke pantai. Malin Kundang adalah satu-satu nya orang yang selamat dari kapal itu. Dia sangat kelelahan namun dia memaksakan dirinya untuk berjalan dan mencari desa terdekat. Ketika dia sampai di desa terdekat, penduduk desa membantunya dan memberinya sedikit makanan dan air. Setelah itu, Malin Kundang menceritakan pada mereka cerita tentang kapal dan bajak laut itu. Penduduk desa merasa kasihan kepadanya sehingga mereka membantunya untuk memulai kehidupan di desa mereka.

    Tanah di desa tersebut sangat subur sehingga Malin Kundang memutuskan untuk memulai pertaniannya sendiri. Dia bekerja dengan rajin di kebunnya setiap hari. Hari demi hari dia menjadi semakin kaya. Dengan pengetahuan yang dia dapat selama dia berada di kapal lamanya, dia mulai membeli beberapa kapal dan membangun armada nya sendiri dengan lebih dari 100 pekerja. Segera setelah dia menjadi pria kaya, dia menikahi seorang gadis yang sangat cantik di desa nya.

    Cerita tentang Malin Kundang yang telah menjadi pria kaya menyebar melintasi samudera hingga itu terdengar oleh ibu nya di kampung. Ibu nya sangat gembira dan bersyukur mendengar berita bahwa anak laki-laki nya telah menjadi seorang yang sukses. Semenjak dia mendengar berita itu, ibu Malin Kundang pergi ke dermaga setiap hari berharap bahwa dia akan bisa langsung melihatnya ketika Malin Kundang kembali ke kampung halaman. Namun, Malin Kundang tidak pernah muncul.

    Tahun-tahun telah berlalu sejak berita itu pertama kali sampai ke kampung halaman Malin Kundang. Suatu hari, Malin dan istrinya memutuskan untuk pergi dalam sebuah pelayaran laut dengan kapal mereka yang besar dan cantik. Salah satu tempat yang mereka kunjungi adalah kampung halaman Malin. Ibu Malin Kundang yang terus datang ke dermaga setiap hari dengan segera mengenali anak nya yang sedang berdiri di geladak kapal bersama seorang wanita cantik. Dia menjadi semakin yakin bahwa itu adalah Malin Kundang ketika dia melihat tanda bekas luka di lengan kanan nya.

    Ibu Malin Kundang berlari kearah Malin Kundang dan memeluknya. “Malin Kundang, anak ku, aku sangat merindukanmu, mengapa kau tidak mengirim berita selama ini? Aku telah menunggumu” kata nya. Bukannya memeluk ibunya, Malin Kundang mendorong wanita tua itu kebelakang hingga dia jatuh ke tanah. “Siapa kau?” kata Malin Kundang berpura pura bahwa dia tidak mengenali ibu nya, “Aku tak mengenalmu!” dia berteriak padanya. “Aku ibu mu Malin, apakah kau telah melupakanku, nak?” tanya ibunya. “Apakah ini benar-benar ibu mu Malin?” tanya istrinya. “Tidak, tentu saja tidak. Dia hanyalah seorang pengemis yang berpura-pura menjadi ibuku agar dia bisa mendapatkan hartaku” kata nya. Ibu Malin Kundang sangat marah mendengar yang dia katakan, dia pun mengangkat tangannya dan berdoa pada Tuhan, “Oh Tuhan, hatiku sangat sakit, jika dia benar adalah anakku, aku kutuk dia menjadi batu” kata nya. Tak lama setelah itu, badai datang dan menghancurkan kapal milik Malin, setelah itu tubuh Malin Kundang perlahan berubah menjadi batu karang.

    ReplyDelete
  69. Long long time ago, there lived two princess in a big kingdom in Java. Their name were Dewi Galuh and Candra Kirana. They have an opposite personality. Candra Kirana was beautiful and kind while Dewi Galuh was evil and envious. They were never really close to each other because every time Candra Kirana have something, Dewi Galuh will always try to find a way to make it hers.

    One day, Candra Kirana was engaged with the crown prince of Kahuripan kingdom named Raden Inu Kertapati. He was a wise, handsome, brave, kind and talented man. A lot of woman in his kingdom adored him. Dewi Galuh was very jealous of Candra Kirana because Dewi Galuh had crush on Raden Inu Kertapati. She started to use her cunning mind to find a way to get rid of Candra Kirana from him.



    Dewi Galuh finally decided to use the help of the great witch to curse Candra Kirana. The witch agreed to help her but she also told her that her magic had a weakness. One day, when Candra Kirana was walking at the beach the witch showed up in front of her. The witch started to cast her spell toward Candra Kirana and turn her into a golden snail. The witch then picked the golden snail up and throw it into the ocean. Before that, the witch told the golden snail that she will be able to return to her original form when she met her true love.

    One day an old lady was walking at the beach. She saw the golden snail from distance. She decided to approach it because it was beautiful. She thought that it would be a good pet for her. After that, she picked it up and brought it home. She put the golden snail in a water jar.

    ReplyDelete
  70. The next day, when she woke up in the morning, she found a lot of food were served on the table. She tasted it and it turned out to be very delicious. She was very hungry so she didn’t think to much about where did the food came from even though she was actually surprised. When she had finished her breakfast, the old lady went out to look for some fish and she returned on the afternoon.

    Every day when the old lady woke up, the same thing happened over and over again. So many delicious food were served on the table. After a couple of days, she decided to find out who the person behind all this decent food on her table every day. One morning, she pretended to went out as she used to do but she didn’t really go. She hid at her backyard and wait for a couple of minutes. After that she took a peek inside through the window.

    She saw the golden snail turned into a beautiful lady, she also watched her cooking and cleaning the house. The old lady walked back to her house and surprised Candra Kirana. “Who are you my dear” said the old lady. “I’m Candra Kirana, I was a princess of Daha kingdom” said Candra Kirana. “What happened to you?” asked the old lady. “I was cursed by an evil witch sent by my sister, because my sister was envy to me.” Candra Kirana replied to the old lady question. After that Candra Kirana turned back into the golden snail.

    Meanwhile at the palace, Raden Inu Kertapati was doing everything that he can to find Candra Kirana. He finally decided to disguise himself as an ordinary villager so he can continue the search by himself. He walked from one house to another trying to talk to the villagers and collecting information about his beloved fiancee. No one gave him a valuable information about it. So he continued the search to another village.

    One day, Raden Inu Kertapati was very tired and thirsty. He saw a small hut and decided to go there. He knocked the door several times until finally someone opened the door. He was very surprised to see that the person who opened the door was his beloved fiancee, Candra Kirana. They were very happy. The curse broke forever because Candra Kirana finally met her true love. Candra Kirana told him everything. They decided to went back to the palace along with the old lady.

    ReplyDelete
  71. At the palace, Candra Kirana told the whole story to her father, the King. The king summoned Dewi Galuh to the main hall. When she showed up in the main hall, she saw Candra Kirana and Raden Inu Kertapati was standing next to her father. She realized that her father knew what she did to her sister the moment she entered the room, so she run away from the palace into the forest. Unfortunately she felt into a cliff.

    A couple weeks after that, Raden Inu Kertapati and Candra Kirana got married. The King celebrate it by helding a big wedding party. Everybody in their kingdom was invited. After that, they live happily ever after.

    ReplyDelete
  72. Pada jaman dahulu kala, hiduplah dua orang puteri di sebuah kerajaan yang besar di Jawa. Nama mereka adalah Dewi Galuh dan Candra Kirana. Mereka memiliki kepribadian yang bertolak belakang. Candra Kirana itu cantik dan baik sementara Dewi Galuh itu jahat dan iri hati. Mereka tidak pernah benar-benar dekat satu sama lainnya karena setiap kali Candra Kirana memiliki sesuatu, Dewi Galuh akan selalu mencoba mencari cara untuk membuat itu menjadi miliknya.

    Suatu hari, Candra Kirana bertunangan dengan putra mahkota karajaan Kahuripan yang bernama Raden Inu Kertapati. Dia adalah seorang yang bijak, tampan, pemberani, baik dan berbakat. Banyak wanita di kerajaan nya mengagumi nya. Dewi Galuh sangat cemburu pada Candra Kirana karena Dewi Galuh menyukai Raden Inu Kertapati. Dia mulai menggunakan pikiran liciknya untuk mencari cara menyingkirkan Candra Kirana dari nya.

    Dewi Galuh akhirnya memutuskan untuk menggunakan bantuan penyihir besar untuk mengutuk Candra Kirana. Penyihir itu setuju untuk membantu nya namun dia juga mengatakan pada Dewi Galuh bahwa sihir nya memiliki kelemahan. Suatu hari saat Candra Kirana sedang berjalan di pantai, penyihir itu muncul dihadapannya. Penyihir itu mulai melemparkan mantra nya kearah Candra Kirana dan merubahnya menjadi seekor keong mas. Penyihir itu kemudian mengangkat keong mas dan membuang nya ke lautan. Sebelum itu, penyihir itu mengatakan pada keong mas bahwa dia akan bisa berubah kembali ke bentuk asli nya ketika dia bertemu cinta sejatinya.

    Suatu hari seorang wanita tua sedang berjalan di pantai. Dia melihat keong mas itu dari kejauhan. Dia memutuskan untuk mendekati nya karena itu sangat cantik. Dia berfikir bahwa itu akan menjadi peliharaan yang bagus untuknya. Setelah itu, dia mangambil nya dan membawanya pulang. Dia meletakkan keong mas itu dalam sebuah tempat air.

    ReplyDelete
  73. Keesokan harinya ketika dia terbangun di pagi hari, dia menemukan begitu banyak makanan telah tersedia di atas meja. Dia mencicipi nya dan ternyata itu sangat lezat. Dia sangat lapar hingga dia tidak berpikir terlalu jauh tentang dari mana makanan tersebut berasal meski sebenarnya dia sangat terkejut. Ketika telah selesai sarapan, wanita tua itu pergi ke luar untuk mencari ikan dan dia kembali pada sore hari.

    Setiap hari ketika sang wanita tua itu terbangun, hal yang sama terjadi lagi dan lagi. Begitu banyak makanan lezat telah tersedia di meja. Setelah beberapa hari, dia memutuskan untuk mencari tau siapa orang dibalik semua makanan enak yang ada di meja nya setiap hari. Pada suatu pagi, dia berpura-pura pergi ke luar seperti yang biasanya dia lakukan namun dia tidak benar-benar pergi. Dia bersembunyi di halaman belakang rumahnya dan menunggu beberapa menit. Setelah itu dia mengintip ke dalam melalui jendela.

    Dia melihat keong mas itu berubah menjadi seorang wanita yang cantik, dia juga melihat nya memasak dan membersihkan rumah. Wanita tua itu berjalan kembali ke rumah nya dan mengejutkan Candra Kirana. “Siapakah engkau anakku?” kata wanita tua itu. “Aku Candra Kirana, aku adalah putri kerajaan Daha” kata Candra kirana. “Apa yang terjadi padamu?” tanya wanita tua itu. “Aku dikutuk oleh seorang penyihir jahat yang dikirim oleh saudariku, karena saudari ku iri kepadaku.” ujar Candra Kirana menjawad pertanyaan wanita tua itu. Setelah itu Candra Kirana berubah kembali menjadi keong mas.

    Sementara itu di istana, Raden Inu Kertapati sedang melakukan segala yang dia bisa untuk menemukan Candra Kirana. Dia akhirnya memutuskan untuk menyamar sebagai seorang penduduk desa biasa sehingga dia dapat melanjutkan pencarian itu sendiri. Dia berjalan dari satu rumah ke rumah lainnya berusaha berbicara dengan penduduk desa dan mengumpulkan informasi tentang tunangan tercintanya. Tidak ada satupun yang memberinya informasi berharga tentang itu. Jadi dia melanjutkan pencariannya ke desa lain.

    Suatu hari, Raden Inu Kertapati sangat lelah dan haus. Dia melihat sebuah pondok kecil dan memutuskan untuk pergi ke sana. Dia mengetuk pintu beberapa kali hingga akhirnya seseorang membukakan pintu. Dia sangat terkejut melihat orang yang membukakan pintu itu adalah tunangan tercintanya, Candra Kirana. Mereka sangat bahagia. Kutukan itu hilang selamanya karena Candra Kirana akhirnya bertemu cinta sejatinya. Candra Kirana menceritakan padanya semuanya. Mereka memutuskan untuk kembali ke istana bersama dengan sang wanita tua.

    Di istana, Candra Kirana menceritakan keseluruhan cerita pada ayahnya, sang raja. Raja pun memanggil Dewi Galuh ke ruang utama. Ketika dia muncul di ruang utama, Dewi Galuh melihat Candra Kirana dan Raden Inu Kertapati sedang berdiri di sebelah ayahnya. Dia menyadari bahwa ayahnya tau apa yang dia lakukan pada saudari nya pada saat dia memasuki ruangan itu, jadi dia melarikan diri dari istana menuju hutan. Sungguh sial dia terjatuh ke jurang.

    ReplyDelete
  74. Once upon a time, there lived an old widow. Her name was mbok Sirni. She lived by herself for years since her husband had passed away many years ago. She was very lonely and she expected a child in her life. She kept praying to God every day for her dream and she believed that miracle would happened to those who had hope in their heart.

    One night, a giant came into her dream. The giant told her to go into the jungle where she usually collected firewood. The giant also told her that she would find the answer of her dream in that place. When she woke up in the morning, she decided to follow the instruction in her dream.



    Mbok Sirni went to the jungle in the morning and headed to the direction that the giant told her in her dream. When she arrived in the location she saw a huge golden cucumber laying on the ground. She was about to take the golden cucumber when suddenly a giant showed up in front of her. It was the giant that she saw in her dream. She was really afraid when she saw the giant and she said, “please, don’t eat me Giant”.

    The Giant laughed to hear mbok Sirni’s statement. The giant said “I’m not here to eat you old woman. I am here to grant you your wish”. “My wish, what do you mean Giant?” asked mbok Sirni to the giant. “You said that you wanted a child, didn’t you?” said the giant. “Yes, that’s true” said mbok Sirni. “Well, if you really want to have a child, take this golden cucumber with you. You will find a baby inside it. You can keep the child with you but one day, you have to bring the child to me so I can eat it.” Said the giant. Mbok Sirni agree to the giant offer because she had been waiting for so long to have a child and she thought that this was the only way to achieve it.

    ReplyDelete
  75. Mbok Sirni brought the golden cucumber back to her house. She cut it open and she found that there was a baby girl inside it. The baby was very pretty. Mbok Sirni was very happy that she finally had a child. She named the baby “Timun Mas” as the baby was from a golden cucumber. Drowned in her happiness, she forgot her promise to the giant.

    The years went by and Timun Mas had grown into a beautiful, smart and kind young lady. Mbok Sirni was very proud of what Timun Mas had become. Their life was so complete until one night the giant showed up in mbok Sirni’s dream again. The giant remind her that he would come to their house next week. The giant also told her to prepare her child to be his food.

    Ever since that night, mbok Sirni was uneasy. She was so afraid of losing her child, but she also realized that this was all her mistake when she made the promise to the giant. She finally decided to tell Timun Mas about the problem. Timun Mas was so shocked to find out the truth. She refused to go with the giant because she wanted to stay with her mother. After discussing the problem, they decided to ask for a help from an ascetic who lived in a mountain.

    The next day, they went to the mountain where the ascetic lived. They started the journey in the morning and they managed to arrive in the place by the afternoon. It was a huge cave and they entered it. The ascetic man greet them and asked their purpose to come into that place. Mbok Sirni explained everything to the ascetic man and she asked for his help. The ascetic man asked them to wait and he walked into his secret chamber.

    When the ascetic man went out from his secret chamber, he brought four small bundles made of banana leaves in his hand. He gave it to mbok Sirni and Timun Mas. He told them that each of the bundle contain different thing such as: cucumber seed, needle, salt and shrimp paste (terasi). He also told Timun Mas to bring it with her when the giant came to take her, and if the giant tried to chase her, Timun Mas had to throw the bundle one by one toward the giant. After that they thanked the ascetic man and went back to their house.

    ReplyDelete
  76. Timun Mas and mbok Sirni waited for the day when the giant would come to their house, but this time they were not afraid anymore because they already had a weapon to fight the giant. After a couple of day, the giant came to their house. Mbok Sirni came out of the house and face the giant. She asked the giant to release Timun Mas from their agreement, but the giant refused. Mbok Sirni called Timun Mas and asked her to come out of the house. Timun Mas introduced herself and stood up in front of the giant.

    When the giant saw Timun Mas, his hunger get even worse. He was about to grab Timun Mas with his hand when Timun Mas suddenly dodged and run away from him. The giant start chasing Timun Mas, but Timun Mas was very agile so she can buy some distance between them.

    After a couple of minutes, Timun Mas started to be tired and the giant started to catch up. She decided to open the first bundle, and the content was cucumber seed. She throwed the bundle toward the giant and suddenly the jungle turned into a large field of cucumber tree. In instant the cucumber tree grew around the giant body and bind him. It stopped the giant for a while and Timun Mas managed keep the distance between them. But it wasn’t long until the giant managed to get out of the trap and chased Timun Mas again.

    Timun Mas opened the second bundle and throw it toward the giant when she realized that the giant was so close. It turned out that the second bundle contained some magic needles that grow into a large field of bamboo tree. The bamboo tree stabbed the giant’s foot so it bleed, but the giant managed to get out of the trap for the second time.

    Timun Mas was so surprised to see the giant get out of the trap easily, so she decided to open the third bundle and throw it toward the giant. The third bundle contained salt that magically turned the field into a vast and deep ocean. For the third time, the giant managed to swim across the ocean easily. Timun Mas became more nervous this time, because there was only one remaining weapon in her hand, and it was the last bundle which contained shrimp paste (terasi). With her remaining energy, she threw the last bundle toward the giant and in instant the land turned into flaming lava and the giant was drowned in it and died.

    Timun Mas was so relief that she finally free from the Giant who wanted to consume her. She went back home to her mother who was waiting for her to return home safely. They were so happy and they prayed to God to show their gratitude. Finally, Timun Mas and mbok Sirni live happily ever after.

    ReplyDelete
  77. Pada suatu masa, hiduplah seorang janda tua. Namanya adalah mbok Sirni. Dia tinggal sendirian selama bertahun-tahun semenjak suami nya meninggal dunia bertahun-tahun yang lalu. Dia sangat kesepian dan dia mengharapkan seorang anak dalam hidupnya. Dia terus berdoa pada tuhan setiap hari untuk mimpinya ini dan dia percaya bahwa keajaiban akan terjadi pada mereka yang memiliki harapan di dalam hatinya.

    Suatu malam, seorang raksasa datang kedalam mimpinya. Raksasa itu menyuruhnya untuk pergi kedalam hutan dimana dia biasanya mengumpulkan kayu bakar. Raksasa itu juga mengatakan padanya bahwa dia akan menemukan jawaban dari mimpinya di tempat itu. Ketika dia bangun di pagi hari, dia memutuskan untuk mengikuti petunjuk dalam mimpinya.



    Mbok Sirni pergi ke hutan di pagi hari dan berjalan kearah yang diberitahukan oleh sang raksasa di dalam mimpinya. Ketika dia tiba di lokasi itu dia melihat sebuah timun berwarna emas yang sangat besar tergeletak di atas tanah. Dia baru saja akan mengambil timun emas itu ketika tiba-tiba seorang raksasa muncul di hadapannya. Itu adalah raksasa yang dia lihat dalam mimpinya. Dia sangat ketakutan ketika dia melihat sang raksasa dan dia berkata, “tolong, jangan makan aku raksasa”.

    Raksasa itu tertawa mendengar pernyataan mbok Sirni. Raksasa itu berkata “Aku di sini bukan untuk memakanmu wanita tua. Aku di sini untuk mengabulkan permintaanmu”. “Permintaanku, apa maksudmu wahai raksasa?” tanya mbok Sirni kepada sang raksasa. “Kamu bilang bahwa kamu menginginkan seorang anak, ya kan?” kata raksasa itu. “Ya, itu benar” kata mbok Sirni. “Baiklah, jika kamu benar-benar ingin memiliki seorang anak, bawalah timun emas ini bersamamu. Kamu akan menemukan seorang bayi di dalam nya. Kamu bisa merawat anak itu bersamamu namun suatu hari, kamu harus membawa anak itu padaku agar aku bisa memakannya.” Kata raksasa itu. Mbok Sirni setuju dengan penawaran sang raksasa karena dia telah menunggu begitu lama untuk memiliki anak dan dia pikir bahwa ini adalah satu-satu nya cara untuk mencapai itu.

    ReplyDelete
  78. Mbok Sirni membawa pulang timun emas itu ke rumah nya. Dia membelahnya dan dia menemukan bahwa ada seorang bayi perempuan di dalamnya. Bayi itu sangat cantik. Mbok Sirni sangat bahagia karena pada akhirnya memiliki seorang anak. Dia menamai anak itu “Timun Mas” karena bayi itu berasal dari sebuah timun berwarna emas. Tenggelam dalam kebahagiaannya, dia lupa akan janji nya pada sang raksasa.

    Tahun-tahun berlalu dan Timun Mas telah tumbuh menjadi gadis muda yang cantik, pandai dan baik. Mbok Sirni sangat bangga akan perkembangan Timun Mas. Hidup mereka sangat lengkap hingga pada suatu malam sang raksasa muncul lagi dalam mimpi mbok Sirni. Raksasa itu mengingatkannya bahwa dia akan datang ke rumah mereka minggu depan. Raksasa itu juga mengatakan padanya untuk menyiapkan anak itu sebagai makanannya.

    Semenjak malam itu, mbok Sirni menjadi gelisah. Dia sangat takut kehilangan anak nya, namun dia juga menyadari bahwa ini semua merupakan kesalahannya ketika dia membuat janji pada sang raksasa. Dia akhirnya memutuskan untuk memberitahukan masalah itu pada Timun Mas. Timun Mas sangat terkejut saat mengetahui kebenaran itu. Dia menolak untuk ikut dengan sang raksasa karena dia ingin tetap tinggal bersama dengan ibu nya. Setelah mendiskusikan masalah itu, mereka memutuskan untuk meminta bantuan dari seorang pertapa yang tinggal di sebuah gunung.

    Keesokan hari nya, mereka pergi ke gunung dimana pertapa itu tinggal. Mereka memulai perjalanan di pagi hari dan mereka berhasil tiba di tempat itu pada sore hari. Tempat itu adalah sebuah gua yang besar dan mereka memasuki nya. Pertapa itu menyapa mereka dan menanyakan tujuan mereka datang ke tempat itu. Mbok Sirni menjelaskan semua nya pada sang pertapa dan dia meminta bantuan pertapa itu. Pertapa itu meminta mereka untuk menunggu dan dia berjalan memasuki kamar rahasia nya.

    Saat pertapa itu keluar dari ruangan rahasia nya, dia membawa empat bungkusan kecil terbuat dari daun pisang di tangannya. Dia memberikan itu pada mbok Sirni dan Timun Mas. Dia memberitahu mereka bahwa masing-masing bungkusan itu berisikan hal yang berbeda-beda seperti: biji timun, jarum, garam dan terasi. Dia juga menyuruh Timun Mas untuk membawa bungkusan itu bersamanya ketika sang raksasa tiba untuk mengambilnya, dan jika sang raksasa mencoba mengejarnya, Timun Mas harus melemparkan bungkusan itu satu per satu kearah sang raksasa. Setelah itu mereke berterimakasih pada sang pertapa dan kembali ke rumah mereka.

    Timun Mas dan mbok Sirni menunggu hari dimana raksasa itu akan datang ke rumah mereka, namun kali ini mereka tidak takut lagi karena mereka telah memiliki senjata untuk melawan raksasa itu. Setelah beberapa hari, sang raksasa datang ke rumah mereka. Mbok Sirni keluar dari rumah dan menghadapi sang raksasa. Dia meminta sang raksasa untuk membebaskan Timun Mas dari perjanjian mereka, namun sang raksasa menolaknya. Mbok Sirni memanggil Timun Mas dan memintanya untuk keluar dari rumah. Timun Mas memperkenalkan dirinya dan berdiri di depan sang raksasa.

    Ketika sang raksasa melihat Timun Mas, rasa lapar nya semakin menjadi-jadi. Dia baru saja akan menangkap Timun Mas dengan tangannya saat Timun Mas tiba-tiba mengelak dan kabur dari sang raksasa. Sang raksasa mulai mengejar Timun Mas, namun Timun Mas sangat gesit sehingga dia mampu memberi jarak antara mereka.

    Setelah beberapa menit, Timun Mas mulai kelelahan dan sang raksasa mulai menyusul. Dia memutuskan untuk membuka bungkusan pertama, dan isinya adalah biji ketimun. Dia melemparkan bungkusan itu ke arah si raksasa dan tiba-tiba hutan itu berubah menjadi ladang tanaman timun yang besar. Dalam sekejap pohon ketimun itu tumbuh disekitar tubuh sang raksasa dan mengikatnya. Hal itu menghentikan sang raksasa sebentar dan Timun Mas berhasil untuk menjaga jarak antara mereka. Namun itu tidak butuh waktu yang lama hingga sang raksasa berhasil keluar dari jebakan itu dan mengejar Timun Mas lagi.

    ReplyDelete
  79. Timun Mas membuka bungkusan kedua dan melemparkannya kearah sang raksasa ketika dia menyadari bahwa sang raksasa sudah begitu dekat. Ternyata bungkusan kedua berisi beberapa jarum ajaib yang tumbuh menjadi ladang pohon bambu yang luas. Pohon bambu itu menusuk kaki sang raksasa hingga itu berdarah, namun sang raksasa berhasil keluar dari jebakan itu untuk kedua kali nya.

    Timun Mas sangat terkejut melihat sang raksasa bisa keluar dari jebakan dengan mudah nya, jadi dia memutuskan untuk membuka bungkusan ketiga dan melemparkannya kearah sang raksasa. Bungkusan ketiga ini berisi garam yang secara ajaib merubah ladang itu menjadi lautan yang dalam dan luas. Untuk ketiga kali nya, sang raksasa berhasil berenang menyebrangi lautan dengan mudah. Timun Mas menjadi semakin gugup saat ini, karena hanya tersisa satu senjata di tangannya, dan itu adalah bungkusan terakhir yang berisi terasi. Dengan tenaga nya yang tersisa, dia melemparkan bungkusan terakhir kearah sang raksasa dan dalam sekejap tanah di tempat itu berubah menjadi lahar panas yang menyala dan sang raksasa tenggelam di dalamnya dan mati.

    Timun Mas sangat lega karena dia akhirnya terbebas dari sang raksasa yang ingin memakannya. Dia pulang kerumah kepada ibu nya yang telah menunggu nya pulang dengan selamat. Mereka sangat bahagia dan mereka berdoa pada tuhan untuk menunjukkan rasa bersyukur mereka. Akhirnya, Timun Mas dan mbok Sirni hidup bahagia selamanya.

    ReplyDelete
  80. Long long time ago in a small village in Lampung, there lived a wealthy family. The family only had one child and his name is Buyung. The way his parents treated him has made Buyung to be a spoiled child. He was so lazy and he loved to spend money on unimportant things.

    A couple years later, Buyung had grown into a handsome man, but still he didn’t want to work or to do anything to earn money. One day he met a very beautiful girl and decided to marry her. A couple of months later they held their wedding party. After that they live in luxury in Buyung’s house. Every day they just stay in Buyung’s house spending their time doing nothing.

    ReplyDelete
  81. Jenis permainan Sabung Ayam terdapat 3 jenis:
    ♣ Sabung Ayam S128
    ♣ Sabung Ayam SV388
    ♣ Kungfu Chicken

    Untuk setiap permainan berbeda beda minimal bettingan nya..

    Untuk minimal Deposit dan Withdraw adalah Rp 50.000 saja , yang cukup terjangkau.

    Dengan Rp 50.000 saja sudah bisa menang kan sampai ratusan juta Rupiah, cukup menguntungkan bukan?

    Tunggu apalagi? Segera daftar dirimu juga di www.bolavita.vip

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete