Wednesday, January 20, 2016

Baru Saja, Ingin Kembali Seperti Semula

Dari gambar disamping sedikit disimpulkan bahwa kadangkala hidup ini RINGAN atau BERAT, bergantung dari jalan yang kita pilih. Apa yang dirasakan saat ini adalah efek dari apa yang kita perbuat sebelumnya, bisa jadi 1 detik yang lalu, 1 menit yang lalu atau 1 jam yang lalu bahkan lebih. Seperti minum obat, efeknya bisa 1 menit setelahnya atau mungkin baru sembuh 3 hari sesudahnya. Yang jelas perbuatan itu memiliki efek, hanya jangka panjang atau pendek. Pernahkah melihat seorang pemulung dengan pakaiannya rada kumal dan lusuh, tetap mengais meski di bawah terik, mereka tegar melakukan pekerjaan itu karena ada efek setelahnya yaitu mendapat uang dari pengepul sampah. Mengambil sampah satu persatu, bau yang kadang membuat perut mual tidak dipedulikan, sebuah gambaran jelas bagaimana perjuangan bertahan hidup. Jika hanya sekedar untuk makan (hidup), Allah swt sudah menjamin kehidupan dan rezeki manusia, namun yang belum di jamin adalah iman atau sebaliknya, surga dan neraka itu prerogatif Allah swt, namun ada amal perbuatan yang mampu memperberat timbangan ke surga, kebanyakan dari perbuatan itu tantangannya berat dilakukan karena bertolakbelakang dari syahwat dan nafsu dunia. Baru saja tahun berganti, otomatis semakin berkurangnya jatah usia kita, kadang kemeriahan dalam merayakan pergantian tahun adalah cerminan tindakan yang jauh dari semangat memperbaiki diri karena bekal akhirat itu tidak bisa hanya dengan hura-hura, kemeriahan semata, atau pesta-pesta tanpa orientasi yang jelas, syahwat yang tidak ada batasannya, kebebasan yang membawa kerusakan moral dan kepribadian.
Ingin kembali ke tempo sebelum diri ini banyak dosa, seperti komputer yang terlalu banyak virus, harus di reinstall agar program yang ada dan performanya kembali bagus. Kembali seperti semula, dimana keadaan diri masih baik masih bagus. Sehingga tidak masalah jika sekarang terpuruk ingin balik lagi seolah-olah kejadian atau peristiwa buruk itu tidak pernah dialaminya. Nah, tiba-tiba kita baru tersadar bahwa waktu berjalan maju, artinya secara alamiah, kita tidak bisa kembali masa lalu atapun lompat ke masa depan, yang ada adalah peluang saat ini di optimalkan. Ada amalan yang bisa menghapus dosa-dosa besar misalnya saja sholat baik fardhu atau sunah, sehingga penyesalan seorang ahli maksiat bentuk taubatnya adalah melakukan taubatan nasuha, ibadah yang lebih taat, agar Allah swt benar-benar ridho terhadap diri kita. Seperti sedia kala ketika manusia baru terlahir di dunia tanpa dosa masih fitrah, karena bayi yang baru lahir belum terlumuri oleh dosa meski orang tuanya seorang ahli maksiat. Sehingga jika ada perasaan yang berandai-andai ingin kembali kedalam kondisi semula, itu bisa membuka pintu untuk syetan masuk menggoda kita, menyesali keadaan yang terlanjur terjadi tanpa perbaikan dan peningkatan ibadah. Ada aktivitas dunia yang bernilai ibadah sebaliknya aktivitas akhirat yang nilai ibadahnya tidak ada gara-gara niat/orientasi awal yang salah.
Satu langkah saat ini menentukan 1000 langkah selanjutnya, pastikan langkah kita benar dan tepat. Pernah ada seorang lelaki usia diatas 62 tahun berujar baru saja kemarin menikmati masa mudanya tidak terasa sekarang dia sudah senja, yang artinya jatah usianya semakin berkurang karena ajal adalah kepastian bagi semua yang hidup, tidak ada yang kekal di dunia, hanya dzat ilahi Rabbi, Allah swt yang Maha kekal.
Tengoklah masa lalu sebagai pijakan kedepan, tanpa merusak masa sekarang dan mengganggu masa lalu. Jika aib masa lalu sudah ditutupi oleh Allah swt kenapa kita membukanya, bisa bentuk kasih sayangNya adalah menutup dosa-dosa yang lalu agar kita tidak terganggu dengannya kemudian kita fokus dalam amal-amal sekarang, be positive. Carilah kebaikan, karena satu kebaikan bisa berlipat ganda menarik kebaikan-kebaikan yang lainnya sedangkan satu keburukan juga akan mengundang keburukan lainnya.
Baru saja, ingin kembali seperti semula, namun realitas waktulah yang menyadarkan bahwa seyogyanya perubahan itu akan terjadi seperti waktu yang terus berjalan, karena waktu itu yang membawa perubahan, hanya saja individu mana yang mampu mengendalikan dirinya maka dialah yang berhasil mencipatakan sejarah hidup yang lebiih baik.
Peristiwa yang baru saja dialami ddan rentang waktu yang terjadi masih dirasakan termasuk kedalam jenis waktu present perfect tense, yang penggunaannya bisa dalam bentuk kalimat pengandaian (if clause). Berikut pola kalimat present perfect tense:
Pola/pattern: subject+has/have+past participle+object
For example: Iman has arranged Biology paper this morning at his office.
EXERCISE
1. Sullivan/fry/omelett/this morning/at Rendy's house
2. Charles/meet/his servants/this afternoon/in the garage
3. Peter/complete/his journal/this morning/at Mr. Abraham's personal library

255 comments:

  1. belajar menghafal alquran menurutku penting karena bisaaa untuk bekal d.akhirat nanti. . belajar menghafal alquran lebih baik di mulai sejak usia dini..menghafal alquran bukan berarty kita cuman menghafal dan tidak tauu ap isi dan makna dari bacaan tersebut..jika kita cuman menghafal tok itu cuman sia sia karena tidak tauu maksud dan isinya..yhaaa kalao kita tidak sanggup untu menghafal alquran minimal kita bisa membaca dengan lafadz yang jelas,benar,dan tpat

    ReplyDelete
  2. menhafal alquran bukan untuk pamer atau karena orang lain menghafal alquran karena diri sendiri bukan karnena paksaan

    ReplyDelete
  3. 49.C. Cells in the airways may make less mucus than normal

    ReplyDelete
  4. Dan untuk memudahkan menghafalnya, ada beberapa teknik dan persiapan khusus yang bisa dipakai. Beberapa di antaranya:

    * lkhlaskan niat dan bersabar
    * Jangan lupa baca basmillah dulu
    * Berdoa kepada Allah swt
    * Bersih dari hadas kecil dan besar
    * Sebaiknya menghadap kiblat
    * Memakai pakaian putih yang bersih dan menutup aurat
    * Jangan banyak berkata dan ketawa ketika membaca dan menghafal
    * Memberikan perhatian sepenuhnya
    * Jangan membaca ketika mengantuk atau menguap
    * Berhenti membaca ketika ingin buang angin
    * Salat dua rakaat sebelum memulai

    ReplyDelete
  5. Dalam ajaran Islam, disampaikan bahwa ciri-ciri seorang Muslim yang diharapkan adalah pribadi yang menghargai waktu. Seorang Muslim tidak patut menunggu dimotivasi oleh orang lain untuk mengelola waktunya, sebab sudah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Ajaran Islam menganggap pemahaman terhadap hakikat menghargai waktu sebagai salah satu indikasi keimanan dan bukti ketaqwaan, sebagaimana tersirat dalam Al-Qur’an yang berbunyi: “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.” (Al-Furqan 25 : 62)
    Manajemen waktu yang islami adalah manajemen waktu yang menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi sebagai postulat. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan Nabi Muhammad SAW bahwa:“Aku tinggalkan untuk kalian dua urusan, kamu tidak akan tersesat selama berpegang pada keduanya. Kitab Allah dan Sunnah Nabi.” (H.R. Muslim)
    Sebagai seorang Muslim yang baik sudah sepantasnya kita menghargai waktu kita dan menggunakannya dengan baik pula, dalam Islam sendiri waktu diibaratkan sebagai sebuah pedang yang jika seseorang dapat menggunakannya maka ia akan selamat dan dapat mengambil manfaat dari pedang tersebut, akan tetapi jika ia tidak dapat menggunakannya dengan baik maka ia akan celaka atau bahkan terbunuh karena pedang tersebut.
    Bisa kita bayangkan jika di dunia ini tidak ada waktu apa yang akan terjadi? Yang terjadi adalah tidak ada kehidupan, karena kehidupan dan waktu adalah sesuatu yang sudah menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Ibarat langit dan bumi, siang dan malam dan lain sebagainya. Karena Allah SWT menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasangan.
    Waktu adalah salah satu nikmat tertinggi yang diberikan Allah SWT kepada Manusia. Sudah sepatutnya manusia memanfaatkannya seefektif dan seefisien mungkin untuk menjalankan tugasnya sebagai makhluk Allah SWT di bumi ini. Karena pentingnya manajemen waktu ini maka Allah SWT telah bersumpah pada permulaan berbagai surat dalam Al-Qur’an yang turun di mekkah dengan berbagai macam bagian dari waktu. Misalnya bersumpah: demi waktu malam, demi waktu siang, demi waktu fajar, demi waktu dhuha, dan demi masa. Semisal dalam surat Al-Lail ayat 1-2, Allah berfirman:“Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), dan siang apabila terang benderang.”
    Sementara itu sunnah nabawiah juga mengukuhkan nilai waktu, dan menetapkan adanya tanggung jawab manusia terhadap waktu di hadapan Allah SWT kelak di hari kiamat. Terlebih, ada empat pertanyaan pokok yang akan dihadapkan kepada setiap mukallaf di hari perhitungan kelak, dan ada dua pertanyaa dasar yang khusus berkenaan dengan waktu. Tentang hal tersebut telah diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal ra, bahwa Nabi SAW telah bersabda: “Tiada tergelincir kedua telapak kaki seorang hamba di hari Kiamat, sehingga ditanya tentang empat hal, yaitu tentang umurnya di mana ia habiskan, tentang masa mudanya di mana ia binasakan, tentang hartanya dari mana ia peroleh dan ia belanjakan, dan tentang ilmunya bagaimana ia mengamalkannya.”

    ReplyDelete
  6. Kewajiban-kewajiban dan etika Islam telah menetapkan adanya makna yang agung, yaitu nilai waktu dan upaya memperhatikan setiap tingkatan dan setiap bagiannya. Kewajiban ini menyadarkan dan mengingatkan manusia agar menghayati pentingnya waktu, dan irama gerak alam, peredaran cakrawala, perjalanan matahari, planet-planet lain serta pergantian malam dan siang. Sebagaimana ditentukannya waktu-waktu untuk shalat, zakat, puasa, dan haji. Hal ini merupakan memberikan pelajaran bagi setiap muslim harus senantiasa sadar terhadap perputaran masa dan mengawasi gerak pergantiannya, sehingga tidak menunda-nunda waktu terhadap ibadah-ibadah yang telah ditentukan dan agenda-agenda harian yang telah direncanakan. Waktu mempunyai karakteristik khusus yang istimewa. Kita wajib mengerti secara sungguh-sungguh dan wajib mempergunakannya sesuai dengan pancara cahayanya. Di antara karakteristik waktu adalah sebagai berikut:
    a. Cepat habis.
    Waktu itu berjalan laksana awan dan lari bagaikan angin, baik waktu senang atau suka ria maupun saat susah datau duka cita. Apabila yang sedang dihayati itu hari-hari gembira, maka lewatnya masa itu terasa lebih cepat, sedangkan jika yang dihayati itu waktu prihatin, amaka lewatnya masa-masa itu terasa lambat. Namun, pada hakikatnya tidaklah demikian, karena perasaan tersebut hanyalah perasaan orang yang sedang menghayati masa itu sendiri. Kendati umur manusia dalam kehidupan dunia ini cukup panjang, namun pada hakikatnya umur manusia hanya sebentar, selama kesudahan yang hidup itu tibalah saat kematian. Dan tatkala mati telah merenggut, maka tahun-tahun dan masa yang dihayati manusia telah selesai, hingga laksana kejapan mata yang lewat bagaikan kilat yang menyambar.
    b. Waktu yang telah habis tak akan kembali dan tak mungkin dapat diganti.
    Inilah ciri khas waktu dari berbagai karakteristik khusus waktu. Setiap hari yang berlalu, setiap jam yang habis dan setiap kejapan mata yang telah lewat, tidak mungkin dapat dikembalikan lagi dan tidak mungkin dapat diganti.
    c. Modal terbaik bagi manusia.
    Oleh karena waktu sangat cepat habis, sedangkan yang telah lewat tak akan kembali dan tidak dapat diganti dengan sesuatu pun, maka waktu merupakan modal terbaik. Modal yang paling indah dan paling berharga bagi manusia. Keindahan waktu itu dapat diketahui melalui fakta bahwa waktu merupakan wadah bagi setiap amal perbuatan dan segala produktivitas. Karena itulah, maka secara realistis waktu itu merupakan modal yang sesungguhnya bagi manusia, baik secara individu (perorangan) maupun kolektif atau kelompok masyarakat.

    ReplyDelete
  7. Kiat yang benar untuk menyikapi waktu menurut Islam, ialah pandangan yang mencakup masa lalu, masa sekarang dan masa depan secara keseluruhan. Oleh karena itu, manusia wajib melihat, mengisi, dan mempersiapkan ketiga masa tersebut.
    a. Wajib melihat masa lalu.
    Melihat ke masa lalu, dimaksudkan untuk mengambil pealjaran dengan segala peristiwa yang terjadi pada masa tersebut. Menerima nasehat dengan kejadian yang dialami umat saat itu dan sunnatullah terhadapa mreeka, sebab masa lalu merupakan wadah peristiwa dan khazanah pelajaran.
    b. Melihat masa depan.
    Melihat ke masa depan memang hal wajib, sebab manusia itu sesuai dengan fitrahnya senantiasa terikat ke masa depan. Ia tak akan dapat melupakannya atau menyembunyikannya di balik kedua telinganya. Sebagaimana manusia itu diberi rezeki ingatan yang menghubungkannya dengan masa lalu dan apa yang terjadi di dalamnya, maka iapun deberi rezeki upaya menggambarkan masa depan dan apa yang akan diharapkan.
    c. Memperhatikan masa kini.
    Apabila seorang mukmin berkewajibanmelihat ke masa lalu untuk mengambil pelajaran, mengambil manfaat, dan mawas diri. Di samping itu, juga perlu melihat ke masa depan untuk mempersiapkan perbekalan. Maka, ada kewajiban untuk memperhatikan masa kini, yaitu masa di mana secara nyata kita sedang menjalani dan menghayatinya, agar kita dapat menggunakannya sebelum lepas dan tersia-sia.
    Selain itu, memenej waktu untuk merencanakan, mengatur, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada haruslah memiliki landasan-landasan berikut.
    1. Pengetahuan kaidah yang rinci tentang optimalisasi waktu
    Setiap muslim, hendaknya memahami dan mengetahui kaidah-kaidah yang rinci tentang cara mengoptimalkan waktunya. Hal ini bertujuan untuk kebaikan dan kemaslahatan dirinya dan orang lain. Tokoh-tokoh seperti Imam Ibnul Jauzi, Imam Nawawi, dan Imam Suyuthi adalah orang-orang yang menjadi teladan bagi orang-orang yang bisa mengoptimalkan waktu semasa hidupnya.
    2. Memiliki manajemen hidup yang baik
    Setiap muslim haruslah pandai mengatur segala urusan hidupnya dengan baik, menghindari kebiasaan yang tak jelas, matang dalam pertimbangan dan mempunyai perencanaan sebelum melakukan pekerjaan. Ia harus berpikir, membuat program, mempersiapkan, mengatur dan melaksanakannya.
    3. Memiliki Wudhuhul Fikrah
    Seorang muslim haruslah memiliki keluasan atau fleksibilitas dalam berpikir, seperti mampu berpikir benar sebelum bertindak, berpengetahuan luas, mampu memahami substansi pemikiran dan paham. Hal itu penting sebagai dasar pengembangan berpikir ilmiah.
    4. Visioner
    Seorang muslim juga harus memiliki pandangan jauh ke depan, bisa mengantisipasi berbagai persoalan yag akan terjadi di tahun-tahun mendatang.
    5. Melihat secara utuh setiap persoalan
    Setiap orang yang dapat mengatur waktunya secara optimal, tidak melihat masalah secara parsial. Karena bisa jadi, persoalan itu memiliki kaitan dengan yang lainnya.
    6. Mengetahui Perencanaan dan skala prioritas
    Mengetahui urutan ibadah dan prioritas, serta mengklasifikasi berbagai masalah adalah faktor penting dalam mengatur waktu agar menghasilkan kerja yang optimal. Dengan membuat skala prioritas, akan menghindarkan dari ketidakteraturan kegiatan.

    ReplyDelete
  8. 7. Tidak Isti’jal dalam mengerjakan sesuatu
    Mengerjakan sesuatu dengan tidak tergesa-gesa dan berdasar pada ketenangan jiwa yang stabil merupakan landasan yang penting dalam mewujudkan hidup yang lebih baik.
    Sementara, orang yang musta’jil menginginkan agar dalam waktu singkat ia mampu melakukan hal-hal yang terpuji, sekaligus meninggalkan hal-hal yang tidak terpuji. Hal ini jelas tidak sesuai dengan sunah kauniyah, yaitu hukum alam dan kebiasaan.
    8. Berupaya seoptimal mungkin
    Jika kita menginginkan terwujudnya aktivitas amal shalih, maka secara optimal kita harus mengarahkan diri pada persoalan itu sesuai kemampuan yang ada pada diri kita.
    9. Spesialisasi dan pembagian pekerjaan
    Setiap muslim haruslah memiliki keahlian tertentu. Ia boleh memiliki pengetahuan luas, tetapi ia juga perlu memfokuskan pada keahlian tertentu.
    Perlu kita fahami bahwa, apabila seorang Muslim mampu mengelola waktu dengan baik, maka akan memperoleh optimalisasi dalam kehidupannya. Namun, apabila tidak mampu, maka seseorang tidak akan mampu mengelola sesuatu apapun karena waktu merupakan modal dasar bagi kehidupan seorang Muslim yang bertaqwa, sebagaimana firman Allah SWT:
    “Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Yunus: 6)

    ReplyDelete
  9. 49.C. Cells in the airways may make less mucus than normal

    ReplyDelete
  10. 10.kilat =lightning
    12.petir =thunder
    14.meletakkan =laid

    ReplyDelete
  11. Al-Qur’an sebagai pegangan hidup seseorang memberikan implikasi bahwa, al-Qur’an harus pula dihayati akan nilai-nilai Islam yang terkandung di dalamnya, agar nilai-nilai itu bisa menjadi kekuatan yang memotivasi dan mendasari kegiatan sehari-hari, dan menjadi alat perjuangan di bidang kemasyarakatan atau keilmuan. Lebih indah lagi kalau penghayatan itu meningkat atau berkembang menjadi usaha untuk meningkatkan pengkajian tafsir al-Qur’an (Rahardjo, 2002), bahkan berusaha menghafalkannya sebagai bagian dari ibadah. Sebab menghafal al-Qur’an bagi orang-orang tertentu, meskipun terdiri dari 30 juz dan 114 surah, bukanlah hal yang sulit.Memang membaca, memahami, dan menghafal al-Qur’an bukan fardhu kifayah yang dapat diwakili atau dibebankan kepada ulama, kiai atau ustadz. Tetapi seperti dicontohkan oleh para sahabat, semua itu dilakukan sebagai kewajiban individual setiap kaum muslimin.

    ReplyDelete
  12. Masa remaja merupakan masa yang sangat kritis, masa untuk melepaskan ketergantungan terhadap orang tua dan berusaha mencapai kemandirian sehingga dapat diterima dan diakui sebagai orang dewasa. keberhasilan para remaja melalui masa transisi sangat dipengaruhi oleh faktor biologis(faktor fisik), kognitif(kecerdasan intelektual), psikologis(faktor mental), maupun faktor lingkungan. Dalam kesehariannya,remaja tidak lepas dari pergaulan dengan remaja lain. remaja dituntut memiliki keterampilan sosial (social skill) untuk dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari. keterampilan-keterampilan tersebut meliputi kemampuan berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, mendengarkan pendapat/ keluhan dari orang lain, memberi / menerima umpan balik, memberi/ menerima kritik, bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku, dan lain-lain.
    Prinsip-prinsip etika pergaulan remaja.
    \1. Hak dan kewajiban
    Hak kita memang layak untuk kita tuntut, tapi juga jangan sampai meninggalkan kewajiban kita sebagai makhluk sosial.
    2. Tertib dan disiplin
    Selalu tertib dan disiplin dalam melakukan setiap aktivitas. Disiplin waktu biar nggak keteteran.
    3. Kesopanan
    Senantiasa menjaga sopan santun, baik dengan teman sebaya atau orang tua dan juga guru dimanapaun dan kapanpun.
    4. Kesederhanaan
    Bersikaplah sederhana .
    5. Kejujuran
    Jujur akan membawa kita ke dalam kebenaran. Bersikap jujurlah walau itu pahit.
    6. Keadilan
    Senantiasa bersikap adil dalam bergaul. Tidak membeda-bedakan teman.
    7. Cinta Kasih
    Saling mencintai dan menyayangi teman kita agar terhindar dari permusuhan.
    8. Suasana & tempat pergaulan kita
    Ini sangat penting juga buat kita. Musti diperhatiin ya nih.
    \Faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja\Sebagai makhluk sosial, individu di tuntut untuk mampu mengatasi segala permasalahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sosial dan mampu menampilkan diri sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku. Begitu juga dengan pergaulan pada remaja, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhinya antara lain :
    1.Kondisi fisik
    2. Kebebasan Emosiona
    3. Interaksi sosial.
    4. Pengetahuan terhadap kemampuan diri
    5. Penguasaan diri terhadap nilai-nilai moral dan agama
    \ Prinsip dasar pergaulan yang sehat
    \Pergaulan yang sehat adalah pergaulan yang tidak terjebak dalam dua kutub yang ekstrem, yaitu terlalu sensitive (menutup diri) atau terlalu bebas. Semestinya lebih di tekankan kepada hal-hal positif, seperti untuk mempertegas eksistensi diri atau guna menjalin persaudaraan serta menambah wawasan.

    1.Saling menyadari bahwa semua orang saling membutuhkan
    dan merasa paling benar. Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap manusia pasti akan membutuhkan manusia lain. Keadaan ini harus kita sadari betul, supaya kita tidak menjadi manusia paling egois
    2.Hubungan memberikan nilai positif bagi kedua belah pihak
    Hubungan yang baik adalah hubungan yang saling menguntungkan. Saya yakin anda tidak suka di rugikan demikian sebaliknya orang lain juga tidak suka kita rugikan. Dari itulah salah satu dasar pergaulan sehat yang lain adalah simbiosis mutualisme. Jangan sampai kita berpikir untuk merugikan orang lain
    3. Saling menghormati dan menghargai
    Satu kata yang selalu saya ingat jika kita ingin di harga dan di hormati orang lain, maka kita harus lebih dulu bisa menghargai dan menghormati orang lain. Mengahargai dan menghormati orang lain ini bisa di lakukan dengan banyak hal seperti menghargai dan menghormati pendapat orang lain, menghargai dan menghormati cara beribadah orang lain, menghargai dan menghormati adat istiadat orang lain, menghargai dan menghormati cara berpikir orang lain dan sebagainya.
    4.Tidak berprasangka buruk
    Agama menapun jelas melarang seseorang untuk berprasangka buruk kepada orang lain. Karena prasangka buruk hanya akan mendatangkan masalah dan permusuhan antara kita dengan orang lain.

    ReplyDelete
  13. Memahami Etika dalam Pergaulan

    Dari pembahasan di atas kami menyimpulkan:

    1. Etika pergaulan adalah sopan santun atau tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum dan lain-lain.

    2. Cara yang baik bersikap dalam pergaulan adalah bagaimana seseorang tersebut mengutamakan perilaku yang sopan santun saat berhubungannya dengan setiap orang.

    3. Dunia pergaulan banyak jenisnya. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor umur, pekerjaan, keterikatan, lingkungan dan sebagainya.

    4. Dampak positif dari pergaulan adalah Mampu membentuk kepribadian yang baik yang bisa diterima di berbagai lapisan sehingga bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok individu yang pantas diteladani.

    5. Dampak negatif dari pergaulan adalah tumbuh menjadi sosok individu dengan kepribadian yang menyimpang.

    Berbagai masalah tentang masalah pergaulan remaja pada masa ini, terutama di negara kita Indonesia, yang dikenal dengan baik budaya ketimuran kita yang terkenal mengerti akan sopan santun juga marak terjadi.

    Semua permasalahan itu contohnya :

    Narkoba

    Penyakit HIV/AIDS

    Hamil di luar nikah

    Mencuri

    Clubing

    Perkataan Buruk dan Jorok

    Tawuran dan Perkelahian

    Merokok

    Membolos Sekolah

    Peniruan Budaya Barat, dsb.

    ReplyDelete
  14. tadi terlabat tiga menit sama dengan tigaaaaa komentar di intrnet .
    \Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok.

    ReplyDelete
  15. Masa remaja dimulai dari saat sebelum baligh dan berakhir pada usia baligh. Oleh sebagian ahli psikologi, masa remaja berada dalam kisaran usia antara 11-19 tahun. Adapula yang mengatakan antara usia 11-24 tahun.

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum
    Saya akan menyampaikan hasil meringkas saya film HARY POTTER yang pertama, ringaksan ini saya ketik hari senin tanggal 25 januari 2016 tepatnya dimulai pukul 9 lebih 40 menit. Saya menulis ringkasan ini ditemani Mr. Heri guru bahasa inggris saya di MA Hasbullah Karanganyar. Beliau rumahnya didesa Tajur Kandangserang kabupaten Pekalongan provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Beliau juga mengajar di MTs Hasbullah Karanganyar yang masih dalam satu naungan di Yayasan Pendidikan Islam Hasbullah, yang beralamatkan di Kempong desa Pododadi kecamatan Karanganyar kabupaten pekalongan provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Dan saya adalah murid di MA Hasbullah yang maish kelas XI. Saya mengambil jurusan Ilmu Sosial. Oke langsung saja says akan memberikan sedikit ringkasan film Harry Potter yang kemarin saya lihat dan tonton bersama teman teman sekelas saya. Ringkasan saya buat untuk melengkapi tugas salah satu mata pelajaran di MA Hasbullah Karanganyar. Ini dia ringkasannya:
    Pada suatu hari Professor Dumbledor yang mempunyai nama lengkap Albus Dumbledore sedang mengambil cahaya lampu jalan di pinggir jalan di suatu perumahan dengan alat sihir yang dimilikinya yang ditempat itu Harry Potter kecil akan dititipkan hingga ia siap menjadi seorang penyihir hebat. Ternyata disana Profesor Mcganal seorang penyihir wanita sudah menunggu untuk menyaksikan saat saat itu. Dan berapa lampu setelah mereka berbincang bincang tentang hal yang sangat penting, datang sorang yang membawa bayi, bayi itu sedang tertidur. Bayi itu terlelap saat sedang dalam perjalanan menuju lokasi yang telah ditentukan tadi dimana Profesor Dumbledore dan Profesor Mcganal sudah menunggu. Orang itu datang dengan mengendarai sepeda motor. Setelah turun dari sepeda motornya, orang itu langsung menyerahkan bayi itu kepada Profesor Dumbledore dan oleh Profesor Dumbledore Harry kecil dititipkan disalah satu rumah di perumahan itu. Bayi Harry kecil itu ditinggalkan dengan sebuah surat yang berisi biografi tentang Harry dan keluarganya. Saat akan meninggalkan Harry kecil didepan sebuah rumah tadi, orang yang membawanya menangis karena tidak tega meninggalkan Harry sendirian, ia dihibur dengan mengatakan bahwa suatu hari nanti ia psi akan bertemu lagi dengan Harry disaat yang tepat nanti. Harry kecil hidup dikeluarga yang tidak menyukainya, keluarga itu sangat membenci penyihir karena sesuatun hal, ia selalu diberi sesuatu yang membuat dirinya terganggu bahkan sedih. Saat ulang tahun usianya yang kesebelas ia tidsak dberi hadiah sepeserpun bahkan tidak diberi ucapan selamat oleh keluarga itu. Hingga suatu hari datang sebuah surat tetapi surat itu direbut oleh ayah keluarga itu, karena sesuatu hal. Karena surat itu tidak diberikan kepada Harry kecil, banyak datang surat yang sama sehingga mereka para burung hantu yang mengirim surat meneror mereka dengan mengirim banyaks eklai surat yang hampir mmenuhi rumah tersebut, tetapi Harry masih dilarang untuk memiliki ataupun hanya membaca dan mengetahui isi dari surat tersebut. Karena teror yang terus menrus akhirnya keluarga kecil itu pergi mengungsi kesebuah tempat yang terpencil jauh dari keramain di tengah lautan. Pada suatu malam yang sedang diterjang badai, tiba tiba pintu depan di dorong paksa hingga rusak karena tidak mampu menahan dorongan tersebut. Ternyata yang telah mendorong dan merusak pintu itu adalah orang yang dulu membawa bayi Harry untuk dititipka kepada keluarga itu. Orang itu membawa hadiah kecil berupa kue ulang tahun untuk Harry. Harry sangat senang mendapat hadiah itu karen itu adalah hadiah yang pertama kali diterimanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi, kuwat subhi, salah kamar di kisah tukang cukur

      Delete
  17. Perang Dunia II , atau Perang Dunia Kedua
    (biasa disingkat menjadi PDII atau PD2 ),
    adalah sebuah perang global yang berlangsung
    mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini
    melibatkan banyak sekali negara di dunia —
    termasuk semua kekuatan besar —yang pada
    akhirnya membentuk dua aliansi militer yang
    saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang
    ini merupakan perang terluas dalam sejarah
    yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di
    berbagai pasukan militer. Dalam keadaan
    " perang total ", negara-negara besar
    memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi,
    industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang,
    sehingga menghapus perbedaan antara
    sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh
    sejumlah peristiwa penting yang melibatkan
    kematian massal warga sipil, termasuk
    Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam
    peperangan, perang ini memakan korban jiwa
    sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa . Jumlah
    kematian ini menjadikan Perang Dunia II
    konflik paling mematikan sepanjang sejarah
    umat manusia .[1]
    Kekaisaran Jepang berusaha mendominasi
    Asia Timur dan sudah memulai perang dengan
    Republik Tiongkok pada tahun 1937, [2] tetapi
    perang dunia secara umum pecah pada
    tanggal 1 September 1939 dengan invasi ke
    Polandia oleh Jerman yang diikuti serangkaian
    pernyataan perang terhadap Jerman oleh
    Perancis dan Britania . Sejak akhir 1939 hingga
    awal 1941, dalam serangkaian kampanye dan
    perjanjian , Jerman membentuk aliansi Poros
    bersama Italia , menguasai atau menaklukkan
    sebagian besar benua Eropa. Setelah Pakta
    Molotov–Ribbentrop , Jerman dan Uni Soviet
    berpisah dan menganeksasi wilayah negara-
    negara tetangganya sendiri di Eropa, termasuk
    Polandia . Britania Raya, dengan imperium dan
    Persemakmurannya, menjadi satu-satunya
    kekuatan besar Sekutu yang terus berperang
    melawan blok Poros, dengan mengadakan
    pertempuran di Afrika Utara dan Pertempuran
    Atlantik . Bulan Juni 1941, Poros Eropa
    melancarkan invasi terhadap Uni Soviet yang
    menandakan terbukanya teater perang darat
    terbesar sepanjang sejarah, yang melibatkan
    sebagian besar pasukan militer Poros sampai
    akhir perang. Pada bulan Desember 1941,
    Jepang bergabung dengan blok Poros,
    menyerang Amerika Serikat dan teritori Eropa
    di Samudra Pasifik, dan dengan cepat
    menguasai sebagian besar Pasifik Barat.

    ReplyDelete
  18. Perang Dunia II mengakibatkan
    kematian sekitar 55 juta orang di
    seluruh dunia. Perang ini adalah
    konflik terbesar dan paling destruktif
    sepanjang sejarah. Jerman memulai
    Perang Dunia II dengan menginvasi
    Polandia pada tanggal 1 September
    1939. Inggris dan Prancis
    meresponsnya dengan menyatakan
    perang terhadap Jerman. Pasukan
    Jerman menginvasi Eropa barat pada
    musim semi tahun 1940. Dengan
    dukungan dari Jerman, Uni Soviet
    menduduki negara-negara Baltik pada
    bulan Juni 1940. Italia, anggota Blok
    Poros (negara yang bersekutu dengan
    Jerman), ikut terjun dalam perang pada
    tanggal 10 Juni 1940. Dari tanggal 10
    Juli hingga 31 Oktober 1940, Nazi
    terlibat dalam perang udara di langit
    Inggris dan akhirnya kalah. Perang ini
    disebut Pertempuran Britania.
    Setelah mengamankan wilayah Balkan
    dengan menginvasi Yugoslavia dan
    Yunani pada tanggal 6 April 1941,
    pasukan Jerman dan para sekutunya
    menginvasi Uni Soviet pada tanggal 22
    Juni 1941, dan ini berarti melanggar
    secara langsung Pakta Jerman-Soviet.
    Pada bulan Juni dan Juli 1941, Jerman
    juga menduduki negara -negara Baltik.
    Pemimpin Soviet Joseph Stalin
    kemudian menjadi pemimpin utama
    Sekutu pada masa perang untuk
    melawan Jerman Nazi dan sekutu blok
    Porosnya. Selama musim panas dan
    musim gugur tahun 1941, pasukan
    Jerman semakin merangsek masuk ke
    Uni Soviet. Pada tanggal 6 Desember
    1941, pasukan Soviet melancarkan
    serangan balasan hebat. Keesokan
    harinya, pada tanggal 7 Desember 1941,
    Jepang (salah satu kekuatan blok Poros)
    mengebom Pearl Harbor, Hawaii,
    sehingga menyebabkan Amerika Serikat
    terjun ke dalam kancah peperangan dan
    bersekutu dengan Inggris Raya dan Uni
    Soviet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. good,fajar (jml baris berlaku hanya 1/2 karena tidak full)

      Delete
  19. Pada bulan Mei 1942, Angkatan Udara
    Kerajaan Inggris menyerang kota
    Cologne di Jerman dengan ribuan
    pesawat pengebom, dan untuk pertama
    kalinya membuat penduduk Jerman ikut
    merasakan perang ini. Selama tiga
    tahun berikutnya, angkatan udara
    Sekutu secara sistematis mengebom
    pabrik industri dan kota-kota di seluruh
    Reich, sehingga pada tahun 1945 kota-
    kota di Jerman hanya tinggal
    reruntuhan.
    Di front timur, selama musim panas
    tahun 1942, Jerman dan blok Porosnya
    kembali menyerang Uni Soviet, dengan
    tujuan merebut Stalingrad di Sungai
    Volga, serta kota Baku dan ladang
    minyak Kaukasia. Serangan Jerman
    terhenti di kedua medan perang
    tersebut pada akhir musim panas 1942.
    Pada bulan November, pasukan Soviet
    melancarkan serangan balasan di
    Stalingrad dan pada tanggal 2 Februari
    1943, Angkatan Darat Keenam Jerman
    menyerah kepada tentara Soviet.
    Pasukan Jerman melancarkan satu
    serangan lagi di Kursk pada bulan Juli
    1943, yang merupakan pertempuran
    tank terbesar dalam sejarah, tetapi
    pasukan Soviet menundukkan serangan
    itu dan memegang dominasi militer
    yang terus dipertahankan selama masa
    peperangan.
    Pada bulan Juli 1943, pasukan Sekutu
    mendarat di Sisilia dan pada bulan
    September merapat di pantai daratan
    utama Italia. Setelah Dewan Agung
    Partai Fasis Italia melepaskan jabatan
    perdana menteri Italia Benito Mussolini
    (sekutu Hitler), militer Italia mengambil
    alih dan melakukan negosiasi untuk
    menyerah kepada pasukan Anglo-
    Amerika pada tanggal 8 September.
    Pasukan Jerman yang ditugaskan di
    Italia merebut kendali atas separuh dari
    wilayah peninsula bagian utara, dan
    terus melanjutkan perlawanan.
    Mussolini, yang telah ditangkap oleh
    pihak militer Italia, diselamatkan oleh
    komando SS Jerman pada bulan
    September dan mendirikan rezim
    boneka neo-Fasis (di bawah pengawasan
    Jerman) di Italia utara. Pasukan Jerman
    terus menguasai Italia utara hingga
    menyerah pada tanggal 2 Mei 1945.
    Pada tanggal 6 Juni 1944 (Hari-H),
    sebagai bagian dari operasi militer
    besar-besaran, lebih dari 150.000
    tentara Sekutu mendarat di Prancis, dan
    Prancis dibebaskan pada akhir Agustus.
    Pada tanggal 11 September 1944,
    pasukan A.S. pertama menyeberang
    masuk ke Jerman, sebulan setelah
    pasukan Soviet melintasi perbatasan
    timur. Pada pertengahan Desember,
    Jerman melancarkan serangan balasan
    di Belgia dan Prancis utara yang
    dikenal sebagai Pertempuran Bulge,
    namun gagal. Angkatan udara Sekutu
    menyerang pabrik-pabrik industri Nazi,
    seperti pabrik yang berada di kamp
    Auschwitz (meskipun begitu, kamar gas
    tak pernah dijadikan sasaran).
    Pasukan Soviet memulai serangan pada
    tanggal 12 Januari 1945 dan
    membebaskan Polandia barat sehingga
    memaksa Hungaria (sekutu blok Poros)
    menyerah. Pada pertengahan Februari
    1945, Sekutu mengebom kota Dresden di
    Jerman, membunuh sekitar 35.000
    orang warga sipil. Pasukan Amerika
    menyeberangi Sungai Rhine pada
    tanggal 7 Maret 1945. Serangan terakhir
    Soviet pada tanggal 16 April 1945,
    memungkinkan pasukan Soviet
    mengepung ibu kota Jerman, Berlin.
    Saat pasukan Soviet bertempur untuk
    merangsek masuk ke Kekanseliran
    Reich, Hitler bunuh diri pada tanggal 30
    April 1945. Pada tanggal 7 Mei 1945,
    Jerman menyerah tanpa syarat kepada
    pasukan Sekutu Barat di Reims dan
    pada tanggal 9 Mei kepada Soviet di
    Berlin. Pada bulan Agustus, perang di
    Pasifik berakhir setelah A.S.
    menjatuhkan bom atom di dua kota
    Jepang, Hiroshima dan Nagasaki,
    membunuh 120.000 orang warga sipil.
    Jepang menyerah secara resmi pada
    tanggal 2 September.

    ReplyDelete
  20. tugas : assignment
    sering : intentionally
    A : agriculture contribute the highest among other sector

    ReplyDelete
  21. 2. A. Agriculture contribute the highest among other sector

    ReplyDelete
  22. 1.mencontek (c-g) : cheating
    11.membolehkan (a-d) : allowed
    12.secara rahasia (d-y) :discreetly
    13.banyak (L-t) : lot
    19.sering (i-y) : intentionally

    ReplyDelete
  23. 36
    Petasan, Granat dan Bom
    August 20, 2012 by Blontank Poer
    Ketika sebuah mention di Twitter meminta konfirmasi benar-tidaknya ada insiden pelemparan bom ke Pos Polisi Gladag, pertama yang muncul di kepala adalah: siapa lagi hendak bermain di Solo? Langkah pertama, karena tak sedang di Solo, saya mengontak teman-teman wartawan yang saya yakini sedang meliput ‘insiden’ itu.
    Jawaban yang saya dapat sangat melegakan. Kata teman, yang dilempar hanya petasan besar, yang bunyinya menggelegar, lantas diasosiasikan sebagai bom. Sekitar pukul 02.00 pada Minggu, 19 Agustus, saya memperoleh update, bahwa petasan dibuat dengan medium sejenis pipa paralon, bukan kertas seperti lazimnya petasan.
    Ditambahkan sang teman: tak ada indikasi penggunaan unsur bahan peledak yang lazim digunakan dalam merakit bom.
    Pagi, usai shalat Ied, kaget baca berita, di mana Kapolres Solo menyebut ledakan di malam takbiran sekira pukul 23.30 itu, berasal dari granat berdaya ledak rendah (low explosive). Sejujurnya, saya bingung. Ketika seorang Kapolres menyebut demikian, saya jadi bertanya-tanya, mungkinkah seorang perwira menengah tidak tahu beda granat dan bom (dan petasan)???
    Mungkin lantaran kepicikan saya saja, sebab belum pernah mendengar sebuah granat merupakan produk handmade alias rakitan. Kalau bom, saya sudah sering dengar, apalagi sejak bom Bali pertama, hingga bom-bom seterusnya.
    Yang kian membingungkan adalah ketika baca berita, Presiden Yudhoyono minta penuntasan kasus ‘bom Solo’. Presiden, tentu tak boleh gegabah asal berujar. Karena SBY posisinya seperti saya, di mana sama-sama tidak di Solo, tentu dasar pernyataannya pasti atas sebuah laporan. Bedanya, saya tanya teman, SBY memperoleh laporan resmi, termasuk hasil analisis intelijen.
    Jika demikian adanya, bahwa yang terjadi di Solo adalah pelemparan bom, maka orang seperti saya boleh berspekulasi dalam membuat interpretasi. Yakni, apa yang terjadi di Solo pada malam takbiran itu, bukan peristiwa biasa.
    Entah siapa yang melakukan, pasti tindakan tersebut bermuatan sebuah PESAN penting. Terlalu dini jika pesan itu dikaitkan dengan kotanya Jokowi yang sedang berlaga jadi calon gubernur ibukota. Namun, agak berlebihan pula jika mengaitkan dengan ‘jaringan teroris Solo’, yakni sebutan untuk Islamis garis keras di sekitar Kota Bengawan.

    ReplyDelete
  24. 9. Memiliki : own
    11. Membolehkan : allowed
    14. Lebih murah : cheaper

    ReplyDelete
  25. lunas
    Untuk menyebut insiden tersebut sebagai eksperimen keamanan, atau proyek keamanan, tentu akan dibolehkan, mengingat tidak jelasnya informasi. Apalagi, selama ini, saya kerap mencium ada gelagat sebagian kecil oknum aparat bereksperimen agak giat.
    Pada perkara bom bunuh diri di Gereja Kepunton, beberapa bulan silam, pun tidak terlalu gamblang penjelasannya. Saya sendiri, cenderung mudah berprasangka lantaran rajin pula mengira-ira sebuah pola pada sejumlah perkara.
    Secara pribadi (tentu sangat sumir karena tak mampu tunjukkan argumen memadai, apalagi bukti petunjuk), saya menganggap apa yang terjadi di Gladag, pada malam takbiran itu, bersumber dari sebuah petasan yang dilempar. Entah siapa pelemparnya, dan untuk tujuan apa, hanya pelaku, dalang, dan Tuhan yang tahu persisnya.
    Saya menduga, hingga sekian bulan ke depan, tak akan ada kejelasan penyelesaiannya. Yang standar: kesulitan mencari barang bukti dan identitas pelaku karena peristiwa berlangsung sangat cepat. Itu juga berlaku untuk perkara penembakan oleh seseorang pemegang senjata yang diduga berjenis FN ke arah petuas jaga di posko mudik polisi di Gemblegan, Sabtu dinihari (sekira pukul 01.30?) yang mengakibatkan dua petugas terluka.

    ReplyDelete
  26. 5.mengganggu:disrupts
    9.memiliki:own
    12.secara rahasia:discreetly
    13.banyak:lot
    17.alat:device
    18.bahkan:even

    ReplyDelete
  27. 3. E. Agriculture is much more essential than other supporting tools in economic development
    6. E. Essential

    ReplyDelete
  28. 2. A. Agriculture contribute the highest among other sector

    ReplyDelete
  29. 2.A. agriculture contribute the highest among other sector
    6.E.essential

    ReplyDelete
  30. 1.mencontek : cheating
    6.tdk bertanggungjawab: irresponsibly
    11. membolehkan : allowed
    12. secara rahasia : discreetly
    13. banyak: lot
    19.sering: intentionally

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hutan memainkan peran penting dalam menjaga keberlangsungan sumber daya alam di bumi dan mendukung kehidupan di bumi .
      Petama,hutan adalah sebagai penyedia dari produk-produk yang berharga . hutan mengandung sumber daya alam yang berguna untuk bahan makanan,obat-obatan,serat,bahan bakar,bahan industri dan lainnya .
      Kedua, dihutan kita masih mungkin bisa menjumpai kehidupan hayati dan keseimbangan dari kehidupan hewan dan pertumbahan makanan. Ilmu pengetahuan misalnya "sistem" digunakan untuk meningkatkan hasil panen dan hewan ternak dan merangsang penelitian bidang industri dan pengembangan obat-obatan alami.
      Ketiga, hutan juga mempunyai fungsi ekologi , hutan mencegah erosi pengikisan air dan bahaya banjir , hutan juga mengatur kondisi iklim lokal dan regional.
      Dari alasan tersebut diatas, kita seharusnya ambil bagian dalam pelestarian hutan bahkan kita harus melundunguli hutan kita.

      Delete
  31. 9. Memiliki : own
    10. Meningkat : increased
    12. Secara rahasia : discreetly
    13. Banyak : lot
    15 . Berperilaku : behave
    16 Tugas : assignment
    17. Alat : device
    18 Bahkan : even

    ReplyDelete
  32. 2. A. Agriculture contribute the highest among other sector

    ReplyDelete
  33. 4.gemuk: overweight
    5.jumlah: amount

    ReplyDelete
  34. Vocab 20 nomer.
    1.puas(s-n): satisfaction
    2.prestasi(a-t): achievement
    3.pendidikan(e-n): education
    4.perilaku(a-e):attitude
    5.lebih baik(b-r): better
    6.kurang(l-s):less
    7.diharapkan(e-d):experted
    8.pernikahan(m-e):marriage
    9.lebih tinggi(h-r):higher
    10.ingin(w-s): wants
    11.kebebasan(f-m):freedom
    12.berguna(u-l):useful
    13.bakat(t-s):talents
    14.ibu rumah tangga(h-e):housewife
    15.menemukan(d-r):discrover
    16.bangga(p-d):proud
    17.oleh karena itu(t-e):therefore
    18.bisa(a-e): able
    19.melalui(t-h): through
    20.enggan(r-t):reluctant.

    ReplyDelete
  35. 2. A. Agriculture contribute the highest among other sector

    ReplyDelete
  36. 3. E. Agriculture is much more essential than other supporting tools in economic development
    6. E. Essential

    ReplyDelete
  37. 1.puas(s-n): satisfaction
    2.prestasi(a-t): achievement
    3.pendidikan(e-n): education
    4.perilaku(a-e):attitude
    5.lebih baik(b-r): better
    6.kurang(l-s):less
    7.diharapkan(e-d):experted
    8.pernikahan(m-e):marriage
    9.lebih tinggi(h-r):higher
    10.ingin(w-s): wants
    11.kebebasan(f-m):freedom
    12.berguna(u-l):useful
    13.bakat(t-s):talents
    14.ibu rumah tangga(h-e):housewife
    15.menemukan(d-r):discrover
    16.bangga(p-d):proud
    17.oleh karena itu(t-e):therefore
    18.bisa(a-e): able
    19.melalui(t-h): through
    20.enggan(r-t):reluctant

    ReplyDelete
  38. 25 baris
    Sebenarnya cara membuat bom itu tidak terlalu rumit, hanya saja yang patut disadari adalah resiko pembuatannya. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan beberapa bisa mencederai tubuh jika terkena kontak langsung. Pada umumnya semua bahan bahan yang dibutuhkan tersedia di toko kimia, tidak terlalu sulit mendapatkannya tentu saja jika uang anda cukup untuk mempraktekkan cara membuat bom ini.

    Bom yang sesungguhnya memerlukan detonator dan potassium atau dalam kondisi tertentu timer yang bisa menentukan waktu ledakan. Tujuan bom diciptakan adalah:

    1. Menghancurkan orang lain, dan atau,
    2. Menghancurkan diri sendiri.

    Untuk kategori yang kedua kita sebut dengan bom bunuh diri.

    Jadi orang yang berkutat pada urusan bom terbagi pada dua kelompok.

    1. Penjahat. atau,
    2. Tentara.

    Difficulty:
    Easy

    Cara Membuat Bom Rakitan

    Things You Need:
    Cottoclarin. + LAS.
    Na2SO4.
    Na2CO3
    STPP .
    Enzym AR
    Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.

    ReplyDelete
  39. Hutan memainkan peran penting dalam menjaga keberlangsungan sumber daya alam di bumi dan mendukung kehidupan di bumi .
    Petama,hutan adalah sebagai penyedia dari produk-produk yang berharga . hutan mengandung sumber daya alam yang berguna untuk bahan makanan,obat-obatan,serat,bahan bakar,bahan industri dan lainnya .
    Kedua, dihutan kita masih mungkin bisa menjumpai kehidupan hayati dan keseimbangan dari kehidupan hewan dan pertumbahan makanan. Ilmu pengetahuan misalnya "sistem" digunakan untuk meningkatkan hasil panen dan hewan ternak dan merangsang penelitian bidang industri dan pengembangan obat-obatan alami.
    Ketiga, hutan juga mempunyai fungsi ekologi , hutan mencegah erosi pengikisan air dan bahaya banjir , hutan juga mengatur kondisi iklim lokal dan regional.
    Dari alasan tersebut diatas, kita seharusnya ambil bagian dalam pelestarian hutan bahkan kita harus melundunguli hutan kita.

    ReplyDelete
  40. 58 baris
    Meskipun demikian, kedua tipe itu ada kesamaannya: Bekerja Untuk Menghancurkan.! Penjahat bertujuan menghancurkan peradaban (teroris), dan tentara bertujuan menghancurkan penjahat. Tentara dan penjahat adalah dua jalah hidupan yang berbeda.

    Seorang perakit bom yang canggih seringkali memadukan kualitas daya ledak dan TI. Karena itu bom yang canggih seringkali menggunakan pemicu jarak jauh, menggunakan telepon genggam dan sebagainya dan seterusnya…. Tapi Boom yang ingin kita bahas kali ini tidak memerlukan detonator, potasium dan teknologi yang tinggi lainnya. Meskipun demikian saya jamin kekuatannya luar biasa ampuh merontokkan target. (Agar tidak rancu, anda perlu melihat terminology Boom yang kami maksud di ujung posting)

    Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:

    1. Bahan Aktif.
    Bahan aktif ini merupakan inti pembuatan bom sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan.. Secara kimia, bahan ini dapat berupa Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES). SLES ini dikenal dengan namaCottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya gel translucent (pasta). Selain SLES, bahan aktif dari bom adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    2. Bahan pengisi.
    Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku pembuat boom. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).

    3. Bahan Penunjang.
    Salah satu contoh bahan penunjang bom adalah (Na2CO3) yang bentuknya serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Keberadaan bahan ini dalam bom tidak boleh terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.

    ReplyDelete
  41. 1. text tell about forest
    2. First, forest are suppliers of valuable products. Forest contains resources that are useful for food, medicine, fibers, fuels, industrial materials, and others. Second, in forest, we still may find basic life and balance of animal life and food growth. The knowledge of such "system" is used to improve crops and livestock and stimulate industrial research and natural drug development. Third, forest also has an ecological function.
    3. forest prevents watershed erosion and flooding
    4. we should take part in forest preservation, even we should save our forests.
    5. yes, forest able to determine climate of certain areas

    ReplyDelete
  42. 1. text tell about forest
    2. First, forest are suppliers of valuable products. Forest contains resources that are useful for food, medicine, fibers, fuels, industrial materials, and others. Second, in forest, we still may find basic life and balance of animal life and food growth. The knowledge of such "system" is used to improve crops and livestock and stimulate industrial research and natural drug development. Third, forest also has an ecological function.
    3. forest prevents watershed erosion and flooding
    4. we should take part in forest preservation, even we should save our forests.
    5. yes, forest able to determine climate of certain areas

    ReplyDelete
  43. 92 baris
    4. Bahan Tambahan (aditif)
    Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada di dalam pembuatan bom. Namun demikian, produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari produk itu sendiri. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi anti redeposisi).

    5. Pemilihan Aroma.
    Keberadaan bahan aroma ini sangat penting keberadaannya, sebab suatu bom dengan aroma yang baik, akan disukai pelanggan

    6. Bahan tambahan untuk membuat bom yang kualitas istimewa:
    Extrableach: 3-10%.
    Lipozyme: 2-10%.
    Protease: 2-10%.
    Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.

    Komposisi kimia pembuatan boom:

    1. Cottoclarin/Ultra Sles/Texapone 5-10% 2. LS:10%. 3. Na2SO4 10-20% 4. Na2CO3 35-50% 5. STPP 5-20% 6. Enzym AR 2-10% 7. Kimia Aroma.
    Silahkan hubungi Toko Kimia Langganan anda. Sebagai informasi tambahan, Texapon (Na2SO4) dan (NaCO3) dibandroli dengan dollar oleh Bahtera Adi jaya. Masing masing 2 Dollar dan 3,2 Dollar per Kilogram. Sedang PT Cognis yang beralamat di Cimanngis jalan raya Bogor – Depok hanya melayani partai besar. Di toko grosir kimia Jakarta dan Bogor menjual Texapon bubuk dan Texapon Jel masing-masing kisaran 60 ribu perkilo dan 40 ribu perkilo. Bahkan Texapon import Jerman dihargai 150 ribu perkilo oleh Nauli Kimia, Bogor. Cukup murah/mahal membuat bom rakitan.

    Peralatan yang dibutuhkan membuat bom: Wadah, pengaduk kayu, dan saringan bahan kimia. Untuk memproduksi bom dalam jumlah banyak bisa menggunakan alat POWDER MIXER.

    Cara membuat Boom:

    1.Cottoclarin + LAS diaduk rata.
    2. Semua Bahan bahan serbuk diaduk rata.
    3.(1) + (2) diaduk rata.
    4. (3) + Bahan Tambahan .
    5. Diayak dan dikeringkan.
    6. Semprot dengan kimia aroma.
    7. Dikemas dan siap dipasarkan.

    ReplyDelete
  44. 102 baris
    Sebelum dipasarkan, sebaiknya uji dulu produk ini. Silahkan masukkan bubuk Boom kedalam rendaman cucian anda, atau mesin cuci anda. Jika Boom masih kurang balance dengan keinginan anda, pasti dosis kimia tertentu ada yang kelebihan atau kekurangan. Karena itu anda pasti sudah tahu bagaimana memperbaikinya. Saya berharap Boom anda benar-benar booming, dan pakaian anda benar-benar bersih dari noda. Saya harap boom yang telah selesai dirakit benar-benar dahsyat meluluh lantakkan noda yang membandel di pakaian anda. Satu lagi yang paling utama, bom ini tidak melukai orang lain, tidak meluluh lantakkan bangunan, dan tidak bisa dibuat jadi alat bom bunuh diri. Meski begitu, mengingat boom ini bernilai ekonomis, pasti akan cepat Meledak di pasaran...!

    ReplyDelete
  45. 1. text tell about forest
    2. First, forest are suppliers of valuable products. Forest contains resources that are useful for food, medicine, fibers, fuels, industrial materials, and others. Second, in forest, we still may find basic life and balance of animal life and food growth. The knowledge of such "system" is used to improve crops and livestock and stimulate industrial research and natural drug development. Third, forest also has an ecological function.
    3. forest prevents watershed erosion and flooding
    4. we should take part in forest preservation, even we should save our forests.
    5. yes, forest able to determine climate of certain areas

    ReplyDelete
  46. 26 baris
    TEMPO.CO, Bandung - Kurnia Widodo, mantan teroris anggota kelompok Cibiru, Bandung, mengatakan telah lama memprediksi akan terjadi teror di Jakarta jauh hari sebelum insiden bom dan penembakan itu terjadi di pusat pertokoan Sarinah, Jakarta Pusat, kemarin. Menurut Kurnia, dugaan bakal terjadinya teror itu muncul setelah ia membaca seruan di website milik ISIS yang berbahasa Arab.

    "Sebelumnya ada seruan, sewaktu kasus Santoso akhir 2015, melalui media. Ada ancaman ke Indonesia. Menggunakan bahasa Arab," ujarnya.

    Namun ia tidak pernah menduga bahwa salah satu pelaku teror tersebut merupakan sejawatnya saat di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, yaitu Afif. "Saya tidak menyangka, kok orang sekeras Afif bisa leluasa merancang," katanya.

    SIMAK: Ini Sosok Afif, Penembak Polisi dalam Teror Sarinah

    Kurnia merupakan mantan narapidana kasus kepemilikan bom dari kelompok Cibiru, Kota Bandung. Ia dipenjara di LP Cipinang pada 2011. Kurnia merupakan murid Aman Abdurrahman saat di Bandung. Kurnia juga pernah satu sel dengan Sanikem alias Afif, terduga pelaku teror di kawasan Sarinah.

    Menurut Kurnia, Afif baru keluar dari penjara sekitar pertengahan 2015. Saat itu, Afif terbukti bersalah terkait dengan tindak pidana terorisme saat mengikuti pelatihan bersenjata di Aceh. Karena itu, Kurnia menduga para pelaku bom dan penembakan di Sarinah sebagian merupakan anggota pelatihan senjata di Aceh. "Sepertinya senjata-senjata yang dipakai merupakan sisa-sisa waktu dulu."

    SIMAK: Teror di Sarinah: Polisi Periksa Rumah Afif cs di Karawang

    Sebelumnya, aksi teror terjadi di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis, 14 Januari 2016. Lima ledakan terjadi di halaman parkir Starbucks, pos polisi, dan perempatan Jalan M.H. Thamrin. Satu merupakan bom bunuh diri.

    Polisi terlibat baku tembak dengan pelaku teror. Akibatnya, timbul 31 korban, 7 orang di antaranya tewas dan sisanya luka-luka. Dari ketujuh orang meninggal tersebut, lima orang diduga sebagai pelaku peledakan bom dan penembakan. Dua orang lainnya adalah warga sipil, masing-masing satu orang warga negara Belanda dan warga Indonesia.

    Hari ini, pemerintah Indonesia menyatakan situasi sudah terkendali. Meski begitu, pemerintah mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati karena menghadapi teroris bukan suatu hal yang mudah.

    ReplyDelete
  47. 124 baris
    Membuat Bom Asap dari Gula Masak
    1.Siapkan semua bahannya. Bom asap sederhana yang bisa menghasilkan asap abu-abu pekat dengan pijaran api berwarna ungu bisa dibuat dengan hanya menggunakan dua bahan: gula pasir putih dan kalium nitrat, bahan yang bisa ditemukan di kantong es.[1] Mencampurkan dua bahan sederhana ini akan menghasilkan bom yang terbakar pelan dan tahan lama
    o Jika tidak ada gula pasir, gunakan gula bubuk, tetapi proses pembuatan bomnya sedikit berbeda.
    o Jika tidak ada kantong es, cari sumber kalium nitrat (atau juga disebut saltpeter). Bahan ini sering dijual di bagian pupuk di toko bahan bangunan dan pertamanan. Anda juga bisa membeli saltpaper di internet atau buat sendiri jika Anda cukup berambisi.
    o Anda mungkin juga membutuhkan panci berukuran sedang, kertas alumunium, cetakan bom asap, dan tali berlapis lilin (pilihan)

    2. Takar gula dan kalium nitrat. Jika Anda ingin membuat bom asap besar (bom yang bisa dinyalakan dengan mudah dan menyala selama waktu yang cukup lama), hal paling penting yang harus diperhatikan adalah perbandingan bahan-bahan. Anda butuh 3 bagian kalium nitrat dan 2 bagian gula. Takar 1 ½ mangkuk kalium nitrat dan 1 mangkuk gula untuk bom asap berukuran lumayan besar.
    • Menambahkan gula terlalu banyak akan membuat bom sulit menyala dan terbakar perlahan.
    • Menambahkan kalium nitrat terlalu banyak akan membuat bom menyala terlalu cepat dan terbakar cepat.

    ReplyDelete
  48. Manajemen waktu adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) produktivitas waktu. Sebab waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk melakukan pekerjaan, dan merupakan sumber daya yang harus dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas dapat terlihat dari tercapainya target atau tujuan manajemen waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dan kata efisien tidak lain mengandung 2 (dua) makna, yaitu makna pengurangan waktu yang ditentukan dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang telah ada.
    Pentingnya manajemen waktu

    Kenapa manajemen waktu sangatlah penting? karena waktu itu sangat berharga dan watu yang berlalu tak dapat di ulang lagi, inilah alasannya:

    Dapat membantu kita untuk bekerja secara lebih efektif dan efesien dengan skala prioritas.
    Dapat menjauhkan kita dari depresi, stress karena dengan menerapkan manajemen waktu kita dapat mengontrol setiap pekerjaan atau tugas dan tanggal waktunya.
    Dan membuat kita lebih produktif.
    Manfaat manajemen waktu

    Sistem manajemen waktu yang sesuai dengan kebutuhan bisa membantu kita dalam menyelesaikan tugas pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Apapun prioritasnya, mempelajari bagaimana cara mengatur waktu akan membantu kita dalam mencapai target atau tujuan yang sudah di tetapkan sebelumnya, inilah beberapa apa lasan mengapa kita harus me-manage waktu:

    Dapat membantu kita membuat prioritas. Seperti misalnya, manakah yang harus di dahulukan membayar uang sekolah atau membeli handphone baru.
    Dapat mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda tugas atau pekerjaan.
    Dapat membantu menghindari tabrakan waktu atau bentrok. Seperti misalnya, menghindari 2 (dua) kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan secara bersamaan.
    Dan dapat membantu mengevaluasi perkembangan atau kemajuan kita dalam menyelesaikan tugas atau perkerjaan.

    ReplyDelete
  49. Tafsir Tahlili Surah al-Hadid 1-19

    سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (1) لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (2) هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآَخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (3) هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (4) لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ (5) يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَهُوَ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ (6)

    “Telah bertasbih kepada Allah semua yang berada di langit dan di bumi, Dialah yang maha perkasa lagi bijaksana (1). Kepunyaan-Nya kerajaan langit dan bumi, Dia yang menghidupkan dan dia yang mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu (2). Dialah yang awal dan yang akhir, yang nyata dan yang tersembunyi, Dia maha mengetahui segala sesuatu (3). Dia yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, kemudian ia bersemayam di atas ‘arsy. Dia mengetahui apa yang masuk kedalam bumi dan apa yang keluar daripadanya, dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke langit. Dia bersamamu dimana saja kamu berada, dan Allah melihat semua yang kamu kerjakan (4). Kepunyaan-Nya lah kerajaan langit dan bumi. Dan kepada Allah segala urusan dikembalikan (5). Dia lah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia maha mengetahui segala isi hati (6). ”

    ReplyDelete
  50. Kosa Kata

    اسْتَوَى: (bersemanyam).

    يَلِجُ فِي الْأَرْضِ: (masuk ke dalam bumi).

    Pada ayat pertama dari surah al-Hadid, Allah menerangkan bahwa segala sesuatu di dalam alam semesta telah bertasbih kepadaNya. (سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ) Bertasbih seluruh alam semesta berserta isinya memuji kebesaran Allah. Segala makhluk hidup baik malaikat, manusia, hewan, tumbuhan bertasbih kepada Allah. Dialah Allah yang maha perkasa dan bijaksana. Bertasbih sebagaimana yang diterangkan Wahbah Zuhaili adalah tanzih, taqdis dan ibadah kepada Allah.[5] Ayat ini juga dikuatkan oleh ayat lain surah al-Isra’ ayat 44:

    تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالأرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ لا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

    “Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun”.

    Menurut Ibn Katsir, surah al-Hadid yang diawali dengan ayat musabbihat (سَبَّحَ) ini memiliki keutamaan tersendiri. Ibn Katsir menukil hadis yang menjelaskan bahwa pada saat sebelum tidur Nabi membaca surat-surat musabbihat. Nabi berkata di dalam surah musabbihat terdapat satu ayat yang lebih utama dari seribu ayat.

    أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرأ المسبحات قبل أن يرقد، ويقول: إن فيهن آية خير من ألف آية. [6]

    Kekuasaan Allah sangatlah luas, meliputi langit dan bumi beserta isinya (لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ). Kata langit yang terdapat dalam ayat tersebut berbentuk jama’, hal ini menegaskan bahwa kekuasaan Allah sangat luas dan besar sekali. Allah pemilik mutlak alam semesta ini. (يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ) Allah memiliki kekuasaan dan kehendaknya untuk menghidupkan atau mematikan segala sesuatu. Al-Khazin dalam tafsirnya menjelaskan bahwa Allah mampu menghidupkan segala sesuatu yang telah mati pada hari kebangkitan kelak. Allah pula mampu mematikan kehidupan di dunia.[7]
    (هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآَخِرُ) Menurut Wahbah, ayat ini berarti bahwa Allah mengawali segala sesuatu sebelum sesuatu lainnya ada, dan ia kekal –tetap ada- ketika sesuatu lainnya tiada. (وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ) Dialah yang lahir wujudNya karena banyak sekali tanda-tanda kebesarannya. Pada saat bersamaan, Dialah Allah yang batin, tidak dapat dicapai oleh akal. (وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ) Karena Allah adalah yang awal dan akhir, yang zahir dan yang batin, maka ia mengetahui segala sesuatu. Dalam penjelasannya, Wahbah menukil sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim[8]

    ReplyDelete
  51. Hutan memainkan peran penting dalam menjaga keberlangsungan sumber daya alam di bumi dan mendukung kehidupan di bumi .
    Petama,hutan adalah sebagai penyedia dari produk-produk yang berharga . hutan mengandung sumber daya alam yang berguna untuk bahan makanan,obat-obatan,serat,bahan bakar,bahan industri dan lainnya .
    Kedua, dihutan kita masih mungkin bisa menjumpai kehidupan hayati dan keseimbangan dari kehidupan hewan dan pertumbahan makanan. Ilmu pengetahuan misalnya "sistem" digunakan untuk meningkatkan hasil panen dan hewan ternak dan merangsang penelitian bidang industri dan pengembangan obat-obatan alami.
    Ketiga, hutan juga mempunyai fungsi ekologi , hutan mencegah erosi pengikisan air dan bahaya banjir , hutan juga mengatur kondisi iklim lokal dan regional.
    Dari alasan tersebut diatas, kita seharusnya ambil bagian dalam pelestarian hutan bahkan kita harus melundunguli hutan kita.

    ReplyDelete
  52. 31 baris
    Bahan-bahan kimia Untuk Bom
    Saya tak akan bicara bagaimana cara merakit bom. Saya sendiri belum pernah melihat, apalagi membuat. Semoga tidak. Tapi saya sedikit ingin ngegombal. Ingat bukan menggurui. Tapi tentu tidak sekedar omong. Paling tidak berdasar pengalaman selama liputan di polisi, khususnya saat terjadi kasus teror bom.lanjutkan
    Bom pada dasarnya adalah benda yang menggunakan bahan peledak komersial atau non komersial. Dulu, pengeboman merupakan suatu metode serangan yang biasa digunakan dalam peperangan. Namun kini metode ini banyak digunakan oleh kelompok teroris untuk mengacaukan keamana
    Rangkaian bom yang meledak di Poso, Sulawesi Tengah pada kurun waktu 2003 hingga 2007, atau di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton pertengahan Juli lalu menjadi contohnya.
    Berdasarkan daya ledaknya, bom yang selama ini yang meledak di beberapa wilayah ditanah air dibedakan menjadi dua. Yakni berdaya ledak tinggi atau high explosive, dan berdaya ledak rendah atau low explosive.
    Berdaya ledak rendah apabila memiliki kecepatan detonasi 400 hingga 800 meter per detik. Sementara berdaya ledak tinggi apabila kecepatan detonasi antara 1000 hingga 8500 meter perdetik.
    Bom-bom tersebut bisa dibuat dengan bahan-bahan kimia atau material yang banyak dijual bebas dipasaran.
    Bom low explosive menggunakan bahan jenis black powder atau mesiu petasan. Komposisinya potasium kolorat dalam jumlah besar dicampur belerang, serbuk aluminium, dan cahcoal. Ramuan bahan ini biasa digunakan untuk membuat petasan.
    Meski berdaya ledak rendah, bahan-bahan tersebut bisa diracik menjadi bom dahsyat yang bisa memakan banyak korban. Kelompok teroris yang banyak beraksi di Indonesia biasanya menambahkan benda-benda padat seperti pecahan kaca, mur-baut, paku gotri, atau pecahan logam.
    Selain bahan diatas, Komisari Besar Amri Kamil, ahli forensik dari Markas Besar Kepolisian RI menyebut, saat ini banyak dijual bebas bahan-bahan kimia yang bisa dirakit menjadi bom.
    Dalam buku Metode Identifikasi Berbagai Kasus Kejahatan, Amri menyebut setidaknya ada tiga kelompok bahan kimia yang bisa dirakit menjadi bom.
    Pertama, Kelompok Oksidator. Merupakan bahan kimia yang bersifat pembawa oksigen dalam proses peledakan atau pembakaran oksigen. Dalam kelompok ini antara lain; asam sulfat, asam nitrat, asam oksalat, hidrogen peroksida, natrium broksida, kalium peroksida, kalium klorat, kalium nitrat, kaporit, dan zat asam.

    ReplyDelete
  53. 31
    Pembuatan Black Powder dengan Metode Pencampuran Basah
    Halo? Sudah lebih sebulan tidak memposting tulisan di blog ini karena berbagai kesibukan. Sebenarnya ide ada banyak, tapi nggak sempat nulis. Oleh karena itu hari ini jadi posting banyak deh. Oke, kali ini saya akan memberitahukan cara membuat black powder dengan metode pencampuran basah (wet processing). Sebelumnya sudah pernah diberikan cara membuat black powder dengan metode pencampuran kering, dan tentu saja hasilnya tak sebagus black powder yang dibuat dengan pencampuran basah. Hal ini dipengaruhi ukuran partikel bahan (KNO3, arang dan belerang) dan keseragaman (kehomogenan) campuran. Pada metode pencampuran basah, kalium nitrat dilarutkan dalam air lalu dicampur dengan arang dan belerang kemudian dijemur (evaporasi) sehingga terjadi rekristalisasi kalium nitrat. Dengan begitu, kalium nitrat dapat mengkristal pada pori-pori arang. Untuk lebih jelas, berikut langkah-langkah membuat 200 g BP dengan metode pencampuran basah.
    Alat:
    1. neraca
    2. blender
    3. nampan logam
    4. mortar (lumpang dan alu) atau palu
    5. sendok atau spatula

    Bahan:
    1. 150 gram kalium nitrat (KNO3)
    2. 30 gram arang kayu
    3. 20 gram belerang (S8)
    4. air panas (± 125 mL)

    Cara membuat:
    1. Jika arang yang Anda peroleh masih berupa bongkahan, hancurkan terlebih dahulu dengan mortar atau palu sehingga menjadi serpihan kecil (seukuran kelereng) lalu gerus menggunakan blender. Jangan sekali-kali menggerus arang dalam ukuran besar! Jika telah selesai simpan bubuk arang dalam plastik kering dan bersihkan gelas blender dengan tisu atau lap kering.

    ReplyDelete
  54. 62
    2. Pasang kembali gelas blender dengan kuat, masukkan kalium nitrat dan air panas lalu gerus dengan kelajuan rendah (bila blender Anda mempunyai lebih dari satu settingan kecepatan) selama dua menit.
    3. Matikan blender lalu masukkan bubuk arang dan belerang dengan hati-hati agar tidak beterbangan. Tutup blender dan gerus lagi selama 3×2 menit dengan kecepatan maksimal. Gunakan spatula blender untuk mengaduk-aduk adonan.
    4. Setelah digerus selama enam menit, campuran akan berbentuk seperti lumpur kental.Tuang adonan ini dalam nampan logam dan jemur hingga kering. Saat campuran hampir kering, sesekali aduk adonan.
    5. Saat campuran telah mengering dan mengeras, hancurkan menggunakan alu (alu cobek juga bisa) dengan cara diulek. Saat semua sudah menjadi bubuk kasar, jemur lagi hingga benar-benar kering dan simpan dalam kantong plastik/botol yang tertutup rapat jika belum digunakan.

    Catatan:
    1. Jika Anda tertarik dengan proyek ini dalam jangka panjang, belilah blender baru khusus untuk laboratirium Anda. Anda sudah bisa mendapatkan blender dengan uang Rp 150.000,00. Jika menggunakan blender dapur pastikan Anda telah mendapat izin dari ibu serta cucilah gelas dan cawan pisau dengan bersih. Noda pada cawan pisau agak sulit dihilangkan, gunakan bantuan deterjen dan abu gosok.
    2. Jangan sekali-kali menyalakan blender secara kontinyu lebih dari tiga menit. Hal ini akan mempersingkat usia pakai blender. Setiap sesi, istirahatkan mesin blender selama 4-5 menit. Saat mencuci gelas blender, jangan mencuci karet pendukung dengan deterjen dan jangan dijemur agar karet tetap elastik.
    3. Bubuk yang lembab berwarna hitam, sedangkan bubuk yang kering berwarna abu-abu gelap dan agak kehijauan bila terkena cahaya matahari. Bubuk yang diperoleh dengan metode pencampuran basah tetap baik kualitasnya beskipun ukuran bubuknya agak kasar. Anda tidak perlu menggerusnya hingga sangat halus.
    4. Demi keamanan Anda, jagalah kebersihan meja kerja. Hindarkan motor blender dari tumpahan cairan.

    ReplyDelete
  55. 96
    Indikasi bahwa terorisme peledakan bom sudah sangat berbahaya ditandai peledakan bom di Bali yang begitu dahsyat. Akibatnya, lebih dari 184 orang tewas dan lebih dari 300 orang menderita luka-luka serius. Dari berbagai kasus peledakan bom beberapa tahun terakhir ini, bahan peledak yang digunakan dapat berupa high explosive ataupun low explosive.
    Ternyata, diantara berbagai peledakan bom yang terjadi selama ini, bahan peledak low explosive menjadi primadona pilihan sebagai bahan pembuat bomnya meskipun bahan peledak tersebut mempunyai daya ledak yang kurang dahsyat dibandingkan dengan bahan peledak high explosive. Terdapat beberapa alasan mengapa banyak bahan peledak dipilih sebagai bahan pembuat bom selama ini.
    Alasan yang masuk akal ialah bahan peledak tersebut murah dan mudah didapat di pasar bebas. Sebagai contoh, potasium klorat, salah satu bahan untuk membuat korek api, petasan, dan kembang api ini, sangat mudah didapat dan dibeli di toko-toko bahan kimia.
    Dalam jumlah yang besar dan dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti belerang, serbuk alumunium (bronze), dan charcoal, bahan-bahan tersebut dapat berubah menjadi bom yang dahsyat. Komposisi bahan peledak ini merupakan bahan untuk membuat petasan yang kadangkala disebut pula black powder.
    Pada dasarnya, mengidentifikasi jenis bahan peledak dari bom yang meledak bukan pekerjaan mudah. Pekerjaaan tersebut kadang memerlukan waktu yang cukup lama, selain sangat diperlukan orang yang ahli dibidangnya dan didukung peralatan analisis laboratorium canggih. Misalnya, gas kromatografi, ion kromatografi, kromatografi lapis tipis, plasma kromatografi, high-performance liquid chromatography, ion scan, supercritical fluid chromatography, dan scanning electron microscope.
    Sulitnya mengidentifikasi jenis bahan peledak yang telah meledak itu disebabkan bahan peledak terdekomposisi menjadi senyawa penyusunnya berupa residu bahan peledak. Dengan demikian, untuk mengidentifikasi jenis bahan peledak, diperlukan waktu lama. Sebagai contoh, untuk mengidentifikasi jenis bahan peledak amonium nitrat yang meledakkan gedung Murrah City Building di Oklahoma City, Amerika, beberapa tahun lalu, dengan terpidana mati McVeigh, ternyata diperlukan waktu lama.
    Bahan peledak kimia adalah suatu rakitan yang terdiri atas bahan-bahan berbentuk padat atau cair atau campuran keduanya yang apabila terkena aksi -misalnya benturan, panas, dan gesekan-dapat bereaksi dengan kecepatan tinggi disertai terbentuknya gas-gas dan menimbulkan efek panas serta tekanan yang sangat tinggi. Bahan peledak kimia dibedakan menjadi dua macam, yaitu low explosive dan high explosive.

    ReplyDelete
  56. 132
    Bahan peledak low explosive adalah bahan peledak berdaya ledak rendah yang mempunyai kecepatan detonasi (velocity of detonation) antara 400-800 meter per detik. Bandingkan dengan bahan peledak high explosive yang mempunyai kecepatan detonasi antara 1.000-8.500 meter per detik. Bahan peledak low explosive ini sering disebut propelan (pendorong). Sebab, jenis bahan peledak tersebut banyak digunakan sebagai propelan peluru dan roket.
    Jenis bahan peledak low explosive yang dikenal adalah black powder (gun powder) dan smokeless powder. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, black powder tersebut banyak digunakan sebagai pembuat petasan dikalangan masyarakat Pasuruan dan sekitarnya. Bahan peledak ini digunakan sebagai bahan pembuatan mercon banting serta bom ikan.
    Black powder adalah jenis bahan peledak tertua, yang ditemukan oleh bangsa China pada abad ke-9, sebagai bahan pembuatan petasan dan kembang api. Black powder saat ini banyak digunakan sebagai propelan peluru dan roket, roket signal, petasan, sumbu ledak, dan sumbu ledak tunggu.
    Beberapa komposisi pembuatan black powder yang dikenal, antara lain,
    A. Campuran antara potasium nitrat (KNO3), charcoal, dan belerang;
    B. Campuran antara sodium nitrat (NaNO3), charcoal, dan belerang;
    C. Campuran antara potasium nitrat dan charcoal (tanpa belerang); dan,
    D. Pyrodex, merupakan campuran antara potasium nitrat, potasium perklorat (KClO4), charcoal, belerang, cyanoguanidin, sodium benzoat, dan dekstrin.
    Kadang komposisi pembuatan black powder itu dimodifikasi untuk mengurangi kecepatan pembakaran dan peledakannya dengan menambah serbuk silikat dan grafit, resin, atau mencampurkan black powder dengan nitroselulosa dalam suatu pelarut.

    Kandungan utama bahan peledak smokeless powder adalah nitroselulosa, dan banyak dimanfaatkan sebagai propelan. Bahan peledak ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu single-base powder, double-base powder, dan triple-base powder. Single-base powder adalah propelan yang terdiri atas hanya dari plasticized nitroselulosa sebagai sumber energinya. Contohnya adalah campuran antara nitroselulosa, diphenylamin, dan potasium sulfat.
    Double-base powder adalah propelan yang berisi bahan plasticized cair, seperti nitrogliserin. Contohnya adalah campuran antara nitroselulosa, nitrogliserin, potasium nitrat, ethyl centralite, dan grafit. Triple-base powder adalah propelan berbentuk bahan kristalin, seperti nitroguanidin. Contohnya adalah campuran antara nitroselulosa, nitrogliserin, nitroguanidin, ethyl centralite, dan sodium alumunium fluoride. Double dan triple-base nitroselulosa ini banyak digunakan sebagai propelan roket dan peluru.

    ReplyDelete
  57. 142
    Bahan peledak low explosive ini kurang sensitif terhadap shock dan gesekan dibandingkan dengan bahan peledak high explosive. Toh, tidak berarti bahan peledak low explosive kurang berbahaya. Bahan peledak low explosive ini dapat dimanfaatkan untuk membuat bom dahsyat yang dapat membahayakan orang lain bila jumlahnya sangat banyak. Belum lagi bila bom dengan bahan peledak low explosive tersebut disertai benda-benda padat, seperti pecahan kaca, mur-baut, paku gotri, atau pecahan logam.
    Bila bomnya diledakkan, benda-benda padat di dalamnya akan terhambur ke segala arah dan membahayakan apa saja disekitarnya, termasuk manusia. Contohnya, bom malam Natal 2000 di Mojokerto yang pembuatannya disertai benda-benda padat, seperti gotri dan paku, sehingga korbannya terkena terjangan benda padat yang terhambur saat bom meledak.

    ReplyDelete
  58. 172
    Granat genggam atau granat tangan, serta cara pemakaian
    Dalam catatan saya kali ini, saya akan menulis tentang "Granat genggam atau granat tangan, serta cara pemakaian".

    Granat genggam, mekanisme penggunaan, dan granat cabe
    Granat tangan, granat genggam, atau granat nanas adalah bom yang digenggam dan dilemparkan dengan menggunakan tangan. Istilah granat ini berasal dari bahasa Perancis Kuno dari kata (pome) grenate (pomegranate: buah delima), buah yang ukurannya mirip dengan granat genggam versi awal, dan karena kandungan serpihan granat tangan juga mirip dengan biji dalam buah itu.
    Selain granat tangan, ada juga granat yang dirancang untuk ditembakkan dari senapan dan pelontar granat. Granat jenis ini bukan granat tangan, karena tidak bisa diaktifkan hanya dengan menggunakan tangan.
    []

    Desain
    Terdapat berbagai bentuk dan ukuran granat, yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pada umumnya granat dirancang untuk meledak dan melontarkan serpihan-serpihan tajam ke segala arah. Ada juga granat yang terbakar, dan melepaskan asap. Tetapi semua granat memiliki dua kesamaan, yaitu pertama, bisa diisi oleh bahan peledak atau bahan kimia. Kedua, granat memiliki liang untuk memasukkan sumbu.
    Pada dasarnya granat adalah bom kecil yang cara kerjanya mirip petasan. Petasan dibuat dari kertas yang diisi dengan bubuk mesiu dan mempunyai sumbu kecil. Apabila sumbu dinyalakan, api akan berjalan dari sumbu menuju bubuk mesiu, membuatnya meledak. Granat tangan berfungsi dengan cara yang sama, perbedaan adalah sumbu granat dinyalakan oleh mekanisme elektronik atau piroteknik, dan bukan api.

    Karakteristik
    Latihan melempar granat.



    Granat mempunyai empat karakteristik:
    1. Jarak penggunaan yang dekat (10-30 meter)
    2. Daerah kerusakan yang kecil.
    3. Ada penundaan ledakan agar bisa dilempar dengan aman.
    4. Kulitnya yang keras membuatnya bisa dipantulkan pada tembok atau tanah

    ReplyDelete
  59. 197
    Granat mempunyai bagian utama seperti berikut:
    1. Badan – mengandungi pengisi dan dalam kebanyakan granat juga mengandungi serpihan.
    2. Pengisi – bahan kimia atau bahan peledak dalam granat, yang menentukan kegunaan granat
    3. Sumbu – membuat granat berfungsi dengan menyalakan atau meledakkan bahan pengisi.

    Jenis-jenis granat
    • Granat serpihan
    Granat serpihan (bahasa Inggris: fragmentation grenade) adalah granat yang dirancang untuk membunuh infanteri, yang dibuat untuk memuntahkan serpihan ke segala arah. Badannya dibuat dari plastik keras atau besi, lalu badannya diisi serpihan tajam, kawat, bola-bola besi, atau badan luarnya sendiri pun bisa bekerja sebagai serpihan. Bila kata "granat" digunakan tanpa penjelasan lebih lanjut, selalu diasumsikan bahwa yang dimaksud adalah granat jenis ini.
    Granat asap

    Granat asap kuning.
    Granat asap merupakan granat berbentuk kaleng yang digunakan sebagai alat isyarat darat atau darat ke udara, penanda zona sasaran atau pendaratan, atau penyembunyi pergerakan tentara. Granat asap biasanya terbentuk dari silinder logam dengan lubang di bagian atas dan bawah untuk mengeluarkan asap. Ada dua jenis utama granat ini: granat asap berwarna dan granat penyembunyi. Pada granat asap berwarna, pengisinya biasanya terdiri daripada 250 hingga 350 gram campuran asap pewarna (kebanyakannya potasium nitrat, laktose dan pewarna). Tersedia warna-warna merah, hijau, kuning, dan ungu. Granat asap penyembunyi biasanya berisi campuran HC (hexachloroethane/zinc) atau campuran TA (terephthalic acid).
    Jenis granat asap lain, adalah jenis asap meledak. Granat ini berisi fosforus putih (WP). Granat WP meledak dan menyebarkan phosphorus putih ke segala arah, lalu phosphorus terbakar apabila ketika bertemu udara, dan terbakar dengan api kuning terang, sambil menghasilkan asap putih yang banyak (phosphorus pentoksida). Ia juga berfungsi sebagai granat pembakar.

    ReplyDelete
  60. 230
    Granat anti-kerusuhan

    Granat gas CS.
    Granat gas ini berisi gas air mata, yang biasanya berupa gas CS (Chlorobenzol malononitrile). Bentuk dan pengoperasian granat ini sama dengan gas asap, tetapi bedanya granat ini berisi 80 sampai 120 gram gas air mata, yang akan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernafasan.
    Apabila seseorang terkena gas ini untuk waktu yang lama (lebih dari 10 menit) granat ini mampu menyebabkan lepuh pada kulit dan luka permanen pada paru-paru. Dan bagi orang yang lemah atau sudah tua, gas CS mampu menyebabkan kematian. Gas air mata adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata dan/atau sistem pernapasan. Gas air mata bisa disimpan dalam bentuk semprotan maupun granat. Alat ini sangat lazim digunakan oleh kepolisian dalam melawan kerusuhan dan dalam penangkapan. Bahan kimia yang sering dipakai pada gas air mata antara lain gas CS, CN, CR, dan semprotan merica gas OC. Pemakaian granat gas sering keliru, granat ini seharusnya tidak digunakan untuk membubarkan segerombolan orang banyak karena akan menyebabkan panik. Pemakaian yang tepat adalah untuk menggunakan granat ini untuk membuat pagar pembatas, untuk mengarahkan pergerakan massa, atau untuk melindungi anggota kepolisian yang sedang terkepung.

    Granat pembakar

    Granat pembakar TH3.
    Granat pembakar (bahasa Inggris: incendiary grenade) menghasilkan panas sangat tinggi melalui reaksi kimia. Bentuknya hampir serupa seperti granat asap dan gas. Pengisinya terdiri daripada 600 hingga 800 gram thermat (TH3), yang merupakan versi thermit yang diperbarui, bahan pembakar yang digunakan dalam granat sewaktu Perang Dunia II. Sebagian daripada campuran thermat berubah menjadi besi cair, yang terbakar pada suhu 2204° Celsius. Granat ini dapat melelehkan logam yang bersentuhan dengannya. Pengisi thermate bagi granat AN-M14 terbakar selama 40 detik dan mampu membakar menembusi 12,7 mm kepingan baja. Granat ini juga tidak memerlukan oksigen dalam pembakaran dan mampu terbakar di bawah air. Fosforus putih juga digunakan sebagai pengisi granat pembakar, yang membakar pada suhu 2760 °C.
    Pembakaran thermat dan fosforus adalah dapat menyebabkan luka bakar yang paling parah dan menyakitkan karena thermat dan fosfor terbakar pada secara cepat dan suhu yang membuat satu partikel kimia tersebut membakar menembus kulit, saraf, otot dan juga tulang. Selain itu, fosforus putih amat beracun. Dosis 50-100 miligram bisa menyebabkan kematian.

    ReplyDelete
  61. 260
    Granat kejut
    Granat kejut, flashbang.
    Granat kejut (bahasa Inggris: stun grenade), atau disebut juga flashbang, pada awalnya dirancang dan dibuat untuk dipakai Special Air Service Inggris. Granat ini dirancang untuk membingungkan, atau mengalihkan perhatian musuh selama beberapa detik. Granat jenis ini yang paling banyak ditemui adalah granat kejut M84, yang diberi julukan "Flashbang", karena menghasilkan cahaya membutakan (6-8 juta Candela) dan ledakan yang keras (170-180 desibel). Ketika meledak, granat tersebut tetap utuh tanpa menghasilkan serpihan. Granat ini berbentuk tabung segienam besi dengan lubang untuk pengeluaran ledakan cahaya dan bunyi. Pengisinya adalah 4,5 gram peledak campuran oksida logam magnesium dan ammonium perklorat atau potasium perklorat.

    Pelontar granat
    Pelontar granat, disebut juga peluncur granat (bahasa Inggris: grenade launcher), adalah senjata yang menembakkan atau melontarkan granat lebih jauh, lebih akurat, dan lebih cepat dari granat yang dilemparkan menggunakan tangan seorang tentara. Sebagian besar pelontar granat bisa dibawa satu orang, ditembakkan dari bahu, dan biasanya terpasang pada senapan serbu seperti AK-74 dan M16. Beberapa juga bisa digunakan sendiri tanpa dipasang, seperti M79 dan AG36. Pelontar granat ini hampir selalu menembak secara satu-satu dan diisi secara manual, menggunakan granat berkaliber 30 sampai 40 mm. Granat yang dilontarkan tidak mirip dengan granat tangan tapi lebih mirip peluru artileri kecil.
    Selain pelontar granat ringan diatas, ada juga pelontar granat berat seperti Mk 19 buatan Amerika Serikat. Pelontar granat ini mampu menembakkan granat dengan kecepatan yang relatif tinggi. Pelontar granat otomatis seperti ini digunakan untuk menghancurkan kendaraan ringan dan bangunan. Sebagian besar kendaraan tempur lapis baja juga dilengkapi pelontar granat sebagai alat perlindungan. Pelontar granat ini menembakkan granat asap yang digunakan untuk menyembunyikan kendaraan dibalik sebuah selimut asap.

    ReplyDelete
  62. 293
    Granat berpeluncur roket
    Granat berpeluncur roket (bahasa Inggris: rocket propelled grenade, disingkat RPG), adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut senjata anti-tank yang ditembakan dari bahu, dan menembakkan roket berhulu ledak. RPG awalnya adalah singkatan dalam bahasa Rusia dari "Ruchnoy Protivotankovy Granatomyot" (Ручной противотанковый гранатомёт, РПГ) yang terjemahan bahasa Inggrisnya adalah handheld anti-tank grenade-launcher (pelontar granat anti-tank genggam). Istilah ini kemudian diadaptasikan ke istilah rocket propelled grenade, yang disesuaikan dengan singkatan RPG.
    Hampir semua tank tempur utama (main battle tank, MBT) tahan ditembak senjata seperti ini karena perlindungannya yang tebal dan kuat. Tapi RPG sangat ampuh untuk digunakan melawan kendaraan lapis baja ringan seperti pengangkut lapis baja dan kendaraan beroda, serta gedung dan bunker.

    Mekanisme pemakaian granat
    Dalam peperangan manapun, granat banyak digunakan. Alat ledak ini cukup praktis, mengapa? Sebab ia bisa dibawa kemana saja, sebab beban granat tidak seberat bahan peledak lainya. Setiap orang sudah tak asing lagi mendengar kata granat, tapi tak setiap orang pernah menggunakanya. Penggunaan granat sebagai senjata tempur dianggap cukup mampu untuk memporak-porandakan musuh.
    Granat tangan atau granat genggam adalah bom yang dipegang dengan tangan, dan dilempar. Sebutan granat (untuk bahasa Indonesia) berasal dari bahasa inggris-“grenade”. Granat juga berasal dari bahasa Spanyol “granada” (buah delima), sebutan ini karena ukuran granat genggam generasi awal sebesar buah delima, juga karena kandungan serpihan granat tangan mirip dengan bijih dalam buah itu.
    Pada dasarnya granat adalah bom kecil. Bila sumbunya dinyalakan, sumbu tersebut akan terbakar, sehingga serbuk-serbuk mesiu akan meledak. Granat memilliki fungsi sumbu bakar pada mercon diganti dengan detonator yang memiliki sistem peledakan mekanis dengan per (spring).
    Granat klasik mempunyai pemegang dan pin pengaman yang mencegah meledaknya granat secara tidak sengaja jika jatuh. Setelah pin pengaman dilepas dan granat dilempar, granat akan meledak dalam waktu tunda (delay time) empat detik. Terkait waktu tunda itu, pemakai granat harus memperhitungkan selang waktu antara pelemparan dengan terjadinya ledakan. Setelah itu granat digenggam dan pin pengaman dilepas, namun tangkai pengaman yang menahan detonator harus tetap dipegang. Tangkai ini otomatis akan melenting jika granat dilemparkan, melepaskan mekanisme pengetuk yang meledakkan detonator.

    ReplyDelete
  63. 313
    Setelah meledak, granat akan menyebarkan serpihan logam yang sangat berbahaya dalam radius jangkauan ledakannya. Jika lemparan yang dilakukan tak cukup jauh, pelempar justru bisa menjadi korban senjata makan tuan. Langkah keselamatan dasarnya adalah senantiasa melempar granat dari tempat terlindung. Dengan begitu, seandainya lemparan tak cukup jauh, pelempar masih terlindung dari efek ledakan.
    Selain dilemparkan ke musuh granat juga sering digunakan sebagai ranjau darat. Caranya dengan membuka pin pengaman dan menahan tangkai dengan alat perangkap (boobytrap). Alat perangkap ini bisa dihubungkan dengan mekanisme pelepas seperti pintu lemari dan rumah. jika musuh membuka pintu, granat akan meledak. Granat biasanya dibuat ringan agar mudah dilempar. Biasanya granat mempunyai berat 500 gram dan diameter 10 cm dengan isian bahan peledak, biasanya campuran RDX, Komposisi B atau TNT.dengan ukuran ini, granat bisa delempar sejauh 25 hingga 35 meter oleh tentara yang terlatih.
    Selain granat unuk membunuh musuh, ada juga jenis lain untuk mengeluarkan asap, gas air mata (CS), dan cahaya. Pasukan khusus biasanya menggunakan granat pengejut (flash-bang) untuk menggoncangkan moral sasaran serangan saat memasuki ruangan, tanpa bertujuan menyebabkan luka permanen. Beberapa granat lain sengaja dibuat unntuk jangkauan lemparan yang lebih baik. Granat penghancur misalnya, mempunyai tangkai pemegang dari kayu yang bisa meningkatkan jarak lemparan hinggga 50 meter.

    ReplyDelete
  64. 31
    CARA MEMBUAT BOM RAKITAN SEDERHANA
    The Black Powder
    Bahan yang diperlukan:
    - toples/tempat bekas selai(kaca)
    - penggiling kopi, klo g ad boleh pke mortar dan lumpang, klo g ad jg pke palu dan mangkuk.
    klo g ada juga,pke gigi aja gerogotin
    - 4 kepingan logam/coin,lbih berat lbih bgus .pke kelereng juga bisa
    cara membuat:
    - pertama tuangin 70 g sulfur ke coffe grinder,klo g ad boleh ditumbuk pke mortar ama lumpang ato tersrahlah
    mo pke apaan,yg pnting bsa jdi halus.trus klo udh halus tuangin ke toples
    - yang kedua,masukin beberapa arang ke coffee grinder/tumbuk aja scara manual.klo udh halus,campur sma 12 g sulfur
    .trus tumbuk lagi ampe halus.udh gono msukin campuran arang sma sulfur tadi kedalam toples yg tdi.msukin kelereng/coin ke toples
    .trus tutup rapat-rapat toplesnya,kocok dah.klo udh kluarin kelereng.
    hati-hati ledakan lumayan gede jangan sampe terjadi kehancuran di muka anda
    Ini terjadinya reaksi kimia yang sangat kompleks....
    yang kedua :
    Firework Project!
    bahan...
    - black powder
    - benang
    - alkohol
    alat
    - mangkuk kecil,atau sejenisnya
    - sendok kecil
    - otak yg pnya perkiraan bagus(Recomended)
    * pertama campur black powder ama alkohol di mangkuk,trus diaduk(jgn kekentelan,jgn keenceran,mkanya diperkirakan)

    ReplyDelete
  65. 61
    * klo udh msukin benang skitar 10cm ke dlm mangkuk tadi(kasih sekitar 2 cm buat tempat megang,jdi jgn kna black powdernya).
    * tunggu/aduk-aduk ampe benang tdi nyerep campuran alkohol ama black powdernya.
    * trakir,kluarin benang dri mangkuk,trus keringin dgn cra digantung vertikal kebawah.klo udh kring,bkar ujungnya ringgal tonton dah.
    Sumber: Cara buat Bom sederhana - IndoForum http://www.indoforum.org/t72911/#ixzz1RKl3mBqH
    Hak Cipta: www.indoforum.org
    Bahan yang diperlukan :
    1. Inti
    - Potassium Nitrat / Kalium Nitrat (KNO3 / Sendawa Dapur)
    - Glukosa (gula pasir) / Fruktosa (tapi gw blum pernah pake fruktosa)
    2. Mantel
    - Alumunium foil
    - Baking Powder (untuk mendinginkan kalor).
    3. Selubung
    - Kaleng besi bekas susu kental manis.
    4. Sumbu
    - Karbit
    Alat :
    1. Pakaian Laboratorium lengkap dengan masker dan sarung tangan karet.
    2. Gunting.
    3. Korek api (apa ajah).
    4. Timbangan Elektrik.
    5. Sendok makan.
    6. Lilin.
    7. Panci ukuran kecil.

    ReplyDelete
  66. 73
    Cara kerja :
    1. Campurkan KNO3 500 gr, dan gula pasir 300 gr pada panci kecil.
    2. Masak dengan lilin dan aduk dengan sendok (diaduk terus jgn berhenti, krn klo brhnti bsa terbakar) dengan amat hati-hati, hingga berwarna coklat caramel.
    3. Lapisi af dengan baking powder dengan agak tebal.
    4. Gunting alumunium foil (af) membentuk lingkaran dengan diameter 10 cm (kalo mau tau rumus luas lingkaran : phi.r^2)
    5. Langsung tuang larutan tersebut ke atas af dengan cepat sebelum larutan mengental, lalu bungkus.
    6. Tancapkan karbit pada larutan dalam bungkus af.
    7. Masukkan af ke dalam kaleng bekas lalu tunggu ampe beku/mengeras.
    8. Bakar karbit.
    9. lalu lempar (klo u g mau lempar taro di tempat yang u pengen) lalu.
    10. KABUUUUUUUUURRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR!!…

    Catatan: INI HANYA PERCOBAAN REAKSI KIMIA......TIDAK DIPERKENANKAN DIGUNAKAN UNTUK TEROR..

    ReplyDelete
  67. 101
    Cara membuat bom dari baterai - OTAKU INDONESIA
    halo para sahabat otaku/yg lain , saya disini bru ngepost gara gara ujian nasional yg panjang . tapi , pernah denger kebakaran rumah gak ? biasanya gara garab korsleting ( mungkin otak gua juga korslet ) . dan saya disini juga akan menjelaskan apa yg terjadi jika terjadi korslet dengan bantuan BATERAI .

    oke tanpa basa basi kita mulai

    BAHAN :
    - BATERAI AA ( terseah mau pake baterai apa , yg penting bisa digunakan )
    - kawat tembaga ( kupas aja kabel kabel yg dirumah lo )
    - isolasi
    - gunting

    ALAT :
    - sarung tangan ( biasanya pas memasang kawat dibaterai langsung kayak ditusuk jarum alias kesetrum )

    CARA PEMBUATANNYA :
    - siapkan baterai , kawat tembaga , dan isolasi
    - dikutub positif , tempelkan kawat tembaga pada baterai dan isolasi . kemudian kutub negatifnya juga harus begitu ( yg penting positif dan negatif harus nyambung dengan kawat )
    contoh :

    NB : garis yg berwarna abu abu itu kawat tembaga . ujungnya masing masing harus diisolasi

    - lalu cepat taruh dijalan ( jangan dilempar ) dan KABURRRRRRR . tunggu hingga keluar letupan api

    nah gitu caranya buat bom dari baterai . gua saranin buatnya ditempat yg lapang yah . DAN SEBELUM ARTIKEL INI LO COPAS KE BLOGMU , TULIS JUGA SUMBERNYA . YG TULIS SUMBERNYA KU DOAIN BISA SUKSES DUNIA DAN AKHIRAT

    NB : kami tak bertanggung jawab atas kecelakaan apapun yg terjadi pada anda

    SILAHKAN BERKOMENTAR YG BAIK TENTANG ARTIKEL INI DIBAWAH

    ReplyDelete
  68. 136
    BOM Merupakan alat peledak yang sangat berbahaya dan mematikan. Untuk itu, sebelum Anda bertindak lebih jauh, sebaiknya Anda pahami dulu dengan resiko atau dampak buruk ketika membuat Bom.
    Saya tidak mengajarkan Anda cara membuat BOM secara detail, Disini saya hanya akan memberi gambaran yang saya harapkan bisa membantu Anda untuk keperluan tugas sekolah atau praktek lainya.
    Jangan disalah gunakan untuk mencelakai orang lain atau bahkan menghilangkan nyawa orang.
    Ingat!!
    Beberapa bahan kimia yang akan Anda gunakan bisa mencederai tubuh Anda dan yang ada di sekitar Anda jika terjadi kontak langsung. Maka Anda harus sangat berhati-hati dan teliti ketika mulai praktik membuat boom.

    Pada umumnya semua bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat BOOM tersedia di toko kimia, jadi Anda bisa mendapatkannya disana satu persatu, termasuk detonator dan potassium atau timer yang bisa menentukan waktu terjadinya ledakan.

    Adapun tujuan diciptakan bom adalah sbb:
    1. Menghancurkan orang lain atau benda tertentu dan atau,
    2. Menghancurkan diri sendiri "bom bunuh diri".

    Biasanya, orang yang bergelut di dunia keras seperti ini adalah pasukan tentara, dan atau mungkin penjahat/ teroris. Jadi, Anda adalah siapa?
    PENTING!! BACA:
    Seorang perakit bom yang telah professional seringkali menggunakan pemicu jarak jauh, misalnya; menggunakan telepon genggam dan sebagainya. Tapi Boom yang akan saya uraikan kali ini tidak memerlukan alat teknologi yang canggih, seperti; detonator dan potasium yang mampu memicu ledakan dari jarak jauh. Meskipun demikian kekuatan atau daya ledakan yang dihasilkan untuk Boom sederhana ini cukup mematikan pasaran lain dan luar biasa ampuh untuk menghancurkan hingga diameter tertentu.

    Bahan yang diperlukan untuk membuat boom rakitan:
    1. Bahan Aktif.
    Bahan kimia aktif "Sodium Lauril Ether Sulfate (SLES)". SLES dikenal dengan nama Cottoclarin, texapone ataupun ulta SLES. Secara fungsional bahan ini berguna meningkatkan kedahsyatan bom rakitan. Bahan aktif ini mempunyai busa yang banyak dan bentuknya gel translucent (pasta).
    Selain SLES, bahan aktif lainya untuk merakit BOM adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS), bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Fungsi LAS sama dengana Ulta SLES, sebagai bahan utama pembuatan bom, dengan LAS, maka bom akan lebih keset.

    ReplyDelete
  69. 166
    2. Bahan Pengisi dan Bahan Penunjang.
    Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume boom. Keberadaan bahan ini dalam boom semata-mata dilihat dari aspek ekonomis tujuannya agar bom rakitan kita murah meriah. Bahan pengisi tersebut disini menggunakan Sodium Sulfat (NA2SO4).
    Untuk bahan penunjang bom, kita menggunakan (Na2CO3) berbentuk serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai menambah daya. Anda tidak perlu membumbui dengan serbuk putih terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan.
    Bahan penunjang lainnya adalah STPP (Sodium Tripoly Posphate), kimia yang satu ini sering digunakan dalam bahan baku pupuk jenis tertentu.
    3. Bahan Tambahan (aditif)
    Namanya juga bahan tambahan, jadi keberadaannya tidak wajib. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi sebagai anti redeposisi.
    4. Pemilihan Aroma.
    Pemilihan bahan aroma disini difungsikan sebagai pemikat para pembeli jika Anda perjual belikan, sebab suatu bom dengan aroma yang baik pasti memiliki nilai plus dan disukai pelanggan.
    5. Bahan tambahan untuk membuat bom yang kualitas istimewa:
    Extrableach: 3-10%.
    Lipozyme: 2-10%.
    Protease: 2-10%.
    Bioenzyme (Bintik Biru), dosis pemakaian secukupnya.

    Komposisi kimia pembuatan boom:
    1. Cottoclarin/ Ultra Sles/ Texapone 5-10%
    2. LS:10%.
    3. Na2SO4 10-20%
    4. Na2CO3 35-50%
    5. STPP 5-20%
    6. Enzym AR 2-10%
    7. Kimia Aroma.

    ReplyDelete
  70. 199
    Jika Anda kesulitan mencari alamat Toko Kimia, saya akan memberikan informasi untuk mempermudah Anda disini:
    Biasanya, untuk Texapon (Na2SO4) dan (NaCO3) masing-masing dibandroli sampai 2 Dollar (atau setara dengan Rp.25.000) oleh Bahtera Adi jaya.
    Sedangkan untuk PT Cognis yang beralamat di Cimanngis jalan raya Bogor – Depok hanya melayani partai besar.
    Di toko grosir kimia Jakarta dan Bogor menjual Texapon bubuk dan Texapon Jel masing-masing kisaran 60 ribu perkilo dan 40 ribu perkilo.
    Bahkan Texapon import Jerman dibandrol dengan harga 150 ribu perkilo oleh Nauli Kimia, Bogor.

    Peralatan yang dibutuhkan membuat bom:
    Wadah, pengaduk kayu, dan saringan bahan kimia.
    Untuk memproduksi bom dalam jumlah banyak bisa menggunakan alat POWDER MIXER.
    Berikut Langkah-langkah Membuat Boom Rakitan
    1.Cottoclarin + LAS diaduk rata.
    2. Semua Bahan bahan serbuk diaduk rata.
    3.(1) + (2) diaduk rata.
    4. (3) + Bahan Tambahan .
    5. Diayak dan dikeringkan.
    6. Semprot dengan kimia aroma.
    7. Dikemas dan siap dipasarkan.

    Sebelum dipasarkan, sebaiknya uji dulu hasil karya Anda.
    Untuk mengujinya, bisa dengan masukkan bubuk Boom kedalam rendaman cucian, atau mesin cuci.
    Jika Boom masih kurang balance dengan keinginan anda, pasti dosis kimia tertentu ada yang kelebihan atau kekurangan.
    Karena itu anda tentu tahu bagaimana cara memperbaikinya.

    Saya berharap Boom anda benar-benar booming, dan pakaian anda benar-benar bersih dari noda. Saya harap boom yang telah selesai dirakit benar-benar dahsyat meluluh lantakkan noda yang membandel di pakaian anda. Satu lagi yang paling utama, bom ini tidak melukai orang lain, tidak bisa merobohkan bangunan, dan tidak bisa dibuat jadi alat bom bunuh diri. Meski begitu, mengingat boom ini bernilai ekonomis, pasti akan cepat Meledak di pasaran...!

    ReplyDelete
  71. 201
    Boom yang dimaksud di sini adalah DETERGEN untuk mencuci pakaian.
    Source: http://www.kaskus.co.id/thread/519da85e4f6ea17866000003/cara-membuat-bom-rakitan-sederhana-tapi-mematikan/1

    ReplyDelete
  72. 231
    Cara membuat bom berbahaya dengan peralatan sederhana
    Diposting oleh Eramugawati pada 14:56, 09-Sep-13
    Cara membuat bom sederhana. Sebenarnya gampang mudah. Peralatanya: bubuk mesium/bahan peledak papan/ atau kayu tipis lebar atau barang yg bisa dijadikan papan. Batray/ aki. Terserah mau aki mobil motor aki lainya yg penting bisa menghasilkan listrik. Kabel satu meter. Lem atau perekat penempel lainya. Hp jadul atau hp yang sudah tidak berguna masih aktif skrop kabel kuningan tampa bungkus karet pada kabel. Benda berlubang seperti pralon kaleng tebal bambu atau benda tebal sejenis botol. Beli alat mesin pembesar listrik biasanya di toko alat electronic tersedia, bahkan di radio besar ada sebagian. Paku guna untuk memperkuat bahan2 yang mau di rangkai atau skrop obeng. Pertama ambil kayu, lalu bahan kaleng atau benda sejenis botol tadi kamu isi bahan peledaktpi jangan sampay penuh2 2c hampir penuh, beri kabel di ujung kanan dan kiri lalu ke2 kabel itu kamu satukan kuninganya, kuningan kabel yang akar pastikan kuningan menyentuk bahan peledak. Kalo bisa kuningan panjang, biar pasti penyentuan terhadap peledak, bahan peledak bisa di campur kapur bubuk pasir lembut bahan betasan karbit yang sudh di hancurkan. Setelah selesay. Pralon dll itu kamu psang di pinggir papan tadi terserah berapa banyak bahan peledak yg kamu kasi ke botol, 5botol jga gk papa. Kamu tempel dengan papan terserah mau kamu tempel dengan alat apa yg penting nempel dan ada kabel menyalur kesitu lalu kabel kabel itu salurkan ke papan tengah dan kamu beri kuningan sebanyak, Dan buat bentuk seperti rel kereta, lalu kamu pasang hp ke papan jangan terlalu kuat dan pastikan hp itu bila kamu telfon getar dan geser ke tempat lain di atas papan, lalu hp itu kamu ikat dengan kabel yg sbagian lecet berikuningan, kabel yg menyalur ke hp tadi kamu salurkan ke mesin pembesar listrik, sebelumnya kamu tempel mesin kepapan pinggir satunya, lali kabelnya yg satunya bawaan mesin kamu salurkan ke listrik atau aki yg sudah ditambahkan ke papan. Tapi hati hati banget karena hp yg banyak kuningan kabel saluran aki jangan sampay menyentuh kabel seperti rel kereta api yg kamu buat tadi jauhkan dulu, kalo sampay bersebtuhan kesua kabel peledak dan kabel aki bisa meledak ketika kamu rancang, saran: hp yg kamu tempelkan kalau bisa tali dengan pensil atau lainya dekat kabel peledak kamu lubangi dan kamu pasang hp yg diikat dengan pensil dll tadi, fungsinya untuk menahan hp biar tidak bisa geser ketika di bawa rakitan tadi, tapi hp tersebut masih bisa berputar, lubang papan harus kendor ketika pensil hp itu di pasang biar bisa mutar seperti kipas,, hehe,,,, lalu kamu sambung dengan peralatan

    ReplyDelete
  73. 258
    lainya untuk menutupi alat rangkaian tersebut, sekali lagi kabel peledak dan kabel listrik jgn sampay bersentuhan, kalo bisa jangan kamu pasang kabel itu ke aki, supaya kalo umpama hp gan peledak tadi bersentuhan biar tidah memakan diri sendiri, soalnya bom bahaya, sambung kabel aki ke hp bila mau di ledakan, terserah mau dngan cara apa bebtuk apa bom rakit tersebut, kamu coba di lapangan atau hutan yang masih di jangkau signal, kamu sambung kbel listrik ke hp lalu kamu menjauh masa percobaan, Lalu kanu siapkan nomer hp bom tadi, setelah kamu jauh, kamu boleh panggil hp itu, setelah kanu panggil pastikan hp itu getar dan tidak bersuara, dan getar memutar ketika kmu masih merakit bom, kamu kasih sedikit minyak licin biar ceapt memutar ketika hp sedang getar, setelah getar hp itu ada kuningan tebal dan kuningan tersebut menyalur ke aki, dan kuningan seperti rel kereta api yg menyalur ke peledak, setelah hp getar dalam beberapa menit otomatis hp akan memutar dan tidak geser sebab ada pensil pelicin di lubang papan, geser geser hp itu dalam beberapa detik kuningan tebal yg terdapat pada body hp akan menyentuh kabel kuningan yg menyalur ke bom peledak tadi listrik akan menyalur/ mengalir ke dalam botol bahan peledak tadi lalu meledak keras hingga menghancurkan benda di sekitar bom tersebut, bila botol kecil paling ledakan sampai lima m. Kalo besar atau lbih besar bisa jauh, bahkan bisa jadi danau kambing tu tanah satu runah hancur rumah berukuran standatd, intinya bubuk mesium kan sensi dan mudah terbakar, dan digunakan untuk senjata api bom dan senjata tentara di dunia. Tapi sangat sulit untuk mendapatkan bubuk itu, bahan bubuk itu batu belerang di pinggir gunung biasanya terdapat banyak, dan rakitan itu ketika kamu bawa sampay terjatuh soalnya bisa menimbulkan ledakan 50%meledak. Seperti granat bom. Hanya mengambil fungsi buka kunci bubuk lalu lempar ada benturan terjadi meledak, lebih bahaya lagi bila ada paku di dalam bahan peledak tersebut, apa lagi kalau terkena listrik, terkena benturan aja bisa meledak saking sensitif nya, wah bahaya jugaya, tapi saran saya jangan sampay info ini bocor ke tangan orang2 yg tidk bertanggung jawap apa lagi anak kecil, atau orang pemarah pendendam lainya, jangan digunakan untuk kejahatan info ini hanya memberi tau caranya, jangan digunakan untuk membunuh banyak orang. Prenulis by: Bocah Creative4

    ReplyDelete
  74. 288
    Teroris Indonesia Kini Bikin Bom dari Mentega dan Garam
    on 13 Nov 2013 at 16:19 WIB
    12Shares
    Jaringan teroris Indonesia sekarang tidak perlu repot mendapatkan bahan untuk membuat bom. Sebab, mereka telah mampu membuat bom dengan meracik bahan-bahan dapur. Mirip petunjuk di majalah Alqaeda dalam artikel Make a bomb in the kitchen of your mom.

    Itulah salah satu fakta yang tertuang dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum untuk kasus terorisme dengan terdakwa Sigit Indrajid alias Abu Yahya yang didakwa terlibat rencana peledakan Kantor Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta.

    Dalam surat dakwaan itu, Jaksa menyebut kelompok Sigit melakukan pelatihan merakit bom sebelum melancarkan aksinya. Tempat pelatihan disediakan oleh Sigit. Bahan-bahan yang disiapkan untuk pelatihan merakit bom itu antara lain 1 kantong plastik belerang, 1 tupperware arang, 1 plastik berisi mentega, 1 plastik berisi garam, 1 teko pemanas air, 1 toples berisi mesiu, dan barang lainnya.

    "Sekitar bulan Januari 2013, pelatihan membuat bom akhirnya dilaksankan di rumah nenek terdakwa yang beralamat di Desa Babakan, Muncul, Serpong, Tangerang," kata Jaksa Heru Anggoro saat membaca surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11/20103).

    Menurut Heru, pelatihan tersebut diikuti oleh rekan-rekan Sigit yang juga menjadi terdakwa dalam kasus ini, yakni Sefariano alias Mambo, Saeful, Rokhadi alias Shiro Kosmos, Imam dan Ahcmad Taufiq alias Ovie.

    "Pada saat itu Sefariano alias Mambo memberikan pelatihan dalam perakitan bom tersebut. Sementara Shiro, Imam, Saeful dan Ovie memperhatikan dan mencatat apa yang disampaikan Mambo," tambah dia.

    Pelatihan berikutnya dilakukan pada Februari 2013. Lagi-lagi Sigit menyediakan tempat untuk latihan kali ini. Jika bulan Januari pelatihan digelar di rumah nenek Sigit, kali ini latihan dilakukan di rumah mertuanya di Bekasi.

    Kala itu Sigit juga menerima barang berupa bom dalam kantong plastik warna hitam dari Shiro. "Di mana ketika itu Shiro berkata: ini barang yang dari Generasi Toifah Mansuroh (GTM)," tutur Heru.

    ReplyDelete
  75. 298
    Saat barang yang diserahkan Shiro itu dibuka, isinya ternyata serbuk warna seperti bubuk petasan dan 1 pipa paralon besi sepanjang sekitar 15 centimeter berkabel yang terhubung dengan tombol.

    Di bulan Februari pula, Sigit membuat kelompok kecil bernama Al Kataib Al Imam. Ditunjuk sebagai ketua Rokhadi alias Shiro. Sedangkan Sigit sebagai wakil ketua I.

    "Bahwa terdakwa mengetahui rencana peledakan bom terhadap Kedubes Myanmar di Jakarta dan menerima sebuah bom dari Rokhadi alias Shiro," ungkap Jaksa Heru.

    Oleh karena itu, Jaksa menjerat Sigit dengan pasal berlapis. Jaksa menjeratkan Pasal 15 jo Pasal 9, Pasal 15 jo Pasal 7, lalu Pasal 13 huruf c Perpu Nomor 1 Tahun 2002 tentang Terorisme sebagaiman ditetapkan menjadi UU No 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme dengan Ancaman hukuman mati. (Eks/Mut)

    ReplyDelete
  76. 30
    Cara Membuat Bom Asap Dan Lainnya
    25 Juni 2014 krisnadwi 27 Komentar
    Cara Membuat Bom Asap Dan Lainnya
    Bom memang hal yang cukup tabu untuk di perbincangkan karena banyak pihak yang memanfaatkannya untuk melakukan fitnah yang keji terhadap sekelompok orang. misalnya saja orang ingin belajar membuat bom. Lalu orang tersebut akan di fitnah sebagai teroris lalu akan di tembak sebelum fakta terungkap. Disinilah anehnya negeri ini. Di luar sana mereka sudah bisa membuat bom nuklir, disini hanya belajar membuat “petasan” saja sudah dihabisi.
    Namun tenang saja, disini saya hanya ingin berbagi cara membuat bom asap dan lainnya , maksudnya ialah bom bom lainnya yang sederhana. Sedangkan bom asap sendiri sudah banyak tutorialnya bertebaran mulai dari situs luar negeri hingga dalam negeri. Bagi yang belum tahu, akan saya pandu bagaimana cara membuat bom Asap Secara Singkat:
    BOM ASAP
    Cara membuat bom asap ini sebenarnya gampang gampang sulit, karena bahannya cukup mudah dicari. Namun yang sulit ini ialah meramu komposisinya. Sungguh banyak yang sudah sharing ke saya mengatakan malah yang dibuatnya hanya bom api saja karena tidak banyak berasap namun langsung mati. Saya akan mengambil referensi dari situs luar negeri yang bisa dilihat disini
    Bahan bahan :
    1. KNO3 (kami juga menjualnya , silahkan buka ini)
    2. Sukrosa (gula pasir)
    3. Teflon
    4. Aluminium foil
    Cara membuatnya :
    1. campurkan 3 bagian kno3 dan 2 bagian gula
    2. panaskan di teflon dengan api kecil dan diaduk
    3. jika semuaa telah menjadi coklat , matikan apinya
    4. tuang campuran ke aluminium foil
    5. Jika tidak ingin membersihkan teflon segera, tuangkan dengan air panas untuk melarutkan gula. jangan sampai gula mengering

    ReplyDelete
  77. 6. tunggu diamkan bom asap
    Untuk lebih lengkapnya kami menyediakan ebook bom asap yang bisa di download disini Ebook Bom Asap
    Cara membuat bubuk mesiu silahkan ke halaman 2

    ReplyDelete
  78. 65
    dikenal dengan "Molotov Cocktail" atau "Bom Molotov".

    Meski sederhana, senjata ini cukup ampuh baik dalam perang khususnya dikalangan gerilyawan bahkan teroris.

    Cara Mudah Membuat Bom Molotov

    Bom Molotov merupakan bom berdaya ledak ringan namun daya bakarnya dahsyat. Daya ledakannya tidak sedahsyat Implosion Bomb atau Vacuum Bomb tetapi daya bakarnya lumayan hebat. Bom molotov dibuat dari bahan yg sederhana dan mungkin telah tersedia disekitar kita.


    Bahan :

    1. Botol kaca berukuran sedang.
    2. Sumbu kompor minyak atau kain.
    3. Bensin.
    4. Korek api.

    Cara Membuat :

    1. Masukan sumbu ke dalam lubang tutup botol.
    2. Isi botol dengan bensin sampai 2/3 botol penuh.
    3. Tutup botol dengan tutup yang sudah bersumbu.

    Untuk meledakkan bom bisa di tempatkan kemudian sulut sumbunya atau bisa juga dilempar setelah di sulut.Dalam percobaan silahkan di lapangan luas yang terbuka agar tidak menyebabkan keruskan dan luka jangan ruangan tertutup, rumah atau kamar. Apabila tidak
    Molotov cocktail (bom molotov, atau biasa disebut molotovkoktor di Iran) sangatlah efektif untuk melawan kendaraan lapis baja dan tank. Bom molotov tidak bisa menghancurkan kendaraan lapis baja, tetapi dapat menyebabkan suhu yang sangat panas dan berasap di dalam kendaraan tersebut, memaksa crew yang berada di dalam kendaraan tersebut untuk keluar. Hal itu juga dapat menyebabkan tank menjadi tidak berguna dengan menghalangi penglihatannya.

    Semua orang tahu bagaimana cara membuat bom molotov. Yang tidak diketahui oleh semua orang adalah ada berbagai macam bom molotov, dan semua mempunyai kegunaan masing- masing. Berikut ini adalah jenis-jenis dari bom molotov:

    ReplyDelete
  79. lunas
    1. Bom Molotov Klasik Semua orang mengetahui bom molotov klasik. Mengisi botol kaca dengan bensin. Isi dari botol tidak harus penuh. Masukkan sepotong kain di leher botol, itu untuk menjaga bensin yang ada di dalamnya.
    Potongan kain yang digunakan sebaiknya direndam terlebih dahulu dengan sesuatu yang mudah terbakar. Potongan kain tersebut tidak boleh direndam di dalam bensin, lebih efektif jika direndam dengan minyak tanah (paraffin) atau diesel.

    2. Bom Molotov Lengket Bom molotov jenis ini dibuat untuk melekat/menempel pada sasaran. Hal ini juga menghasilkan asap hitam yang tebal, menghalangi pandangan di dekat lokasi sasaran. Molotov jenis ini sangat ideal untuk tank, karena dapat melekat pada logam, dan menyebabkan suhu panas di dalam tank.

    ReplyDelete
  80. Hutan memainkan peran penting
    dalam menjaga keberlangsungan
    sumber daya alam di bumi dan
    mendukung kehidupan di bumi .
    Petama,hutan adalah sebagai
    penyedia dari produk-produk yang
    berharga . hutan mengandung
    sumber daya alam yang berguna
    untuk bahan makanan,obat-
    obatan,serat,bahan bakar,bahan
    industri dan lainnya .
    Kedua, dihutan kita masih mungkin
    bisa menjumpai kehidupan hayati
    dan keseimbangan dari kehidupan
    hewan dan pertumbahan makanan.
    Ilmu pengetahuan misalnya
    "sistem" digunakan untuk
    meningkatkan hasil panen dan
    hewan ternak dan merangsang
    penelitian bidang industri dan
    pengembangan obat-obatan alami.
    Ketiga, hutan juga mempunyai
    fungsi ekologi , hutan mencegah
    erosi pengikisan air dan bahaya
    banjir , hutan juga mengatur
    kondisi iklim lokal dan regional.
    Dari alasan tersebut diatas, kita
    seharusnya ambil bagian dalam
    pelestarian hutan bahkan kita harus
    melundunguli hutan kita.

    ReplyDelete
  81. Bom adalah alat yang menghasilkan ledakan
    yang mengeluarkan energi secara besar dalam
    rentang waktu singkat. Kata bom berasal dari
    bahasa Yunani βόμβος ( bombos ), sebuah
    istilah yang meniru suara ledakan 'bom' dalam
    bahasa tersebut.
    Ledakan yang dihasilkan bom dapat
    menyebabkan kehancuran dan kerusakan
    terhadap benda mati dan benda hidup
    disekitarnya, yang diakibatkan oleh pergerakan
    tekanan udara dan pergerakan fragmen-
    fragmen peledak yang terdapat di dalam bom,
    maupun serpihan fragmen benda-benda
    disekitarnya. Selain itu, bom juga dapat
    membunuh manusia hanya suara yang
    dihasilkannya saja. Bom telah dipakai selama
    berabad-abad dalam peperangan konvensional
    maupun non-konvensional.
    Istilah "bom" jarang digunakan untuk
    menyebut bahan peledak yang dipergunakan
    untuk keperluan sipil, misalnya dalam
    pembangunan dan penambangan. Alat peledak
    dalam militer juga banyak yang tidak disebut
    "bom". Pemakaian kata "bom" dalam bidang
    militer biasanya digunakan untuk menyebut
    senjata peledak yang dijatuhkan tanpa
    pemandu dari pesawat udara sementara jenis
    senjata peledak militer lainnya misalnya
    granat , ranjau, peluru kendali , peluru , dan
    peledak kedalaman tidak disebut "bom".

    ReplyDelete
  82. Bom adalah alat yang menghasilkan ledakan
    yang mengeluarkan energi secara besar dalam
    rentang waktu singkat. Kata bom berasal dari
    bahasa Yunani βόμβος ( bombos ), sebuah
    istilah yang meniru suara ledakan 'bom' dalam
    bahasa tersebut.
    Ledakan yang dihasilkan bom dapat
    menyebabkan kehancuran dan kerusakan
    terhadap benda mati dan benda hidup
    disekitarnya, yang diakibatkan oleh pergerakan
    tekanan udara dan pergerakan fragmen-
    fragmen peledak yang terdapat di dalam bom,
    maupun serpihan fragmen benda-benda
    disekitarnya. Selain itu, bom juga dapat
    membunuh manusia hanya suara yang
    dihasilkannya saja. Bom telah dipakai selama
    berabad-abad dalam peperangan konvensional
    maupun non-konvensional.
    Istilah "bom" jarang digunakan untuk
    menyebut bahan peledak yang dipergunakan
    untuk keperluan sipil, misalnya dalam
    pembangunan dan penambangan. Alat peledak
    dalam militer juga banyak yang tidak disebut
    "bom". Pemakaian kata "bom" dalam bidang
    militer biasanya digunakan untuk menyebut
    senjata peledak yang dijatuhkan tanpa
    pemandu dari pesawat udara sementara jenis
    senjata peledak militer lainnya misalnya
    granat , ranjau, peluru kendali , peluru , dan
    peledak kedalaman tidak disebut "bom".

    ReplyDelete
    Replies
    1. good,fajar, jml baris hanya berlaku 1/2 karena tidak full

      Delete
  83. 5.Badai:Storm
    10.Kilat:lightning
    12.Petir:thunder
    14.Meletakkan:laid

    ReplyDelete
  84. 14.meletakkan:laid
    15.melalui:through

    ReplyDelete
  85. 10.kilat =lightning
    12.petir =thunder
    14.meletakkan =laid

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. 49.C:cells in the airways may make less mucus than normal

    ReplyDelete
  88. 49.C cells in the airways may make less mucus than normal

    ReplyDelete
  89. 49.C:cells in the airways may make less mucus than normal

    ReplyDelete
  90. TIPS DAN MOTIVASI MENGHAFAL AL QURAN
    * lkhlaskan niat dan bersabar
    * Jangan lupa baca basmillah dulu
    * Berdoa kepada Allah swt
    * Bersih dari hadas kecil dan besar
    * Sebaiknya menghadap kiblat
    * Memakai pakaian putih yang bersih dan menutup aurat
    * Jangan banyak berkata dan ketawa ketika membaca dan menghafal
    * Memberikan perhatian sepenuhnya
    * Jangan membaca ketika mengantuk atau menguap
    * Berhenti membaca ketika ingin buang angin
    * Salat dua rakaat sebelum memulai

    ReplyDelete
  91. Manfaat Yang Didapat Ketika Kita Disiplin

    1. Menumbuhkan percaya diri
    Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri.

    2. Disiplin dapat Mengajarkan Kita Teratur
    Jika kamu sudah terbiasa disiplin akan hal-hal yang kecil, makan kamu mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktu dengan baik.

    3. Disiplin akan Menumbuhkan Rasa Kepedulian
    Dengan disiplin kamu akan peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin juga akan membuat kamu memiliki intergritas, selain dapat memikul tangga jawab, kamu juga mampu memecahkan masalah dengan baik, cepat dan mudah.

    4. Disiplin akan Menumbuhkan Ketenangan pada Jiwa
    Dengan disiplin kamu akan menumbuhkan ketenangan pada jiwa, menurut penelitian menunjukan bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya bahkan ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain.

    5. Disiplin akan Menumbuhkan kepekaan
    Kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Jadinya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.

    ReplyDelete
  92. Disiplin adalah suatu sikap mematuhi semua peraturan atau tata tertib, sikap disiplin itu diperintah oleh Allah SWT dan rosulnya agama islam dapt ditegakkan karna pemeluknya disiplin dalam menjalankan syariat-syariat islam. Disiplin merupakan modal utama untuk meraih kemajuan, semua kejayaan dan kesuksesan dimulai dengan perilaku disiplin. Sebaliknya, kegagalan atau kehancuran merupakan akibat dari tidak disiplin dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.
    Demikian pula dalam kehidupah sehari-hari kita harus melakukan segala hal dengan disiplin, misalnya, setiap pagi bangun jam empat karna kita harus solat subuh. Maka walaupun rasanya malas sekali kita harus paksakan bangun dan mengerjakan solat, hal itu harus kita kerjakan setiap hari terus menerus karna merupakan peraturan yang wajib kita patuhi.
    Apakah keuntungan bagi orang yang dsiplin itu? Diantaranya adalah timbul rasa percaya diri, merasa tenang, selalu efektiv dalam segala hal dll. Sebaliknya orang yang tidak disiplin akan memperoleh banyak keaguan dan kekecewaan misalnya santri yang tidak disiplin dalam belajar tidak akan mendapat nilai yang memuaskan.
    Salah satu sikap disiplin yang paling utama adalah disiplin waktu, semua ibadah dalam islam berkaitan dengan waktu contohnya puasa walaupun sangat lapar dan haus tetap tidak boleh makan dan minum apabila belum tiba waktunya.
    Manusia akan selalu beruntung apabila senantiasa bisa menggunakan waktu untuk berbuat kebaikan. Dan sebaliknya manusia akan sangat rugi apabila dalam hidupnya hanya menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat sepeti dalam firman Allah dalam surat Al Asr yang artinya: (1) Demi waktu (2) sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
    Sikap disiplin harus dilakukan dalam setiap kegiatan terutama ketika beribadah karna ketika ibadah sudah kita lakukan dengan disiplin maka dalam hidup sehari-haripun akan tebiasa disiplin.

    ReplyDelete
  93. Cara Mudah Menghafal Al-Qur'an Bagi Orang Sibuk

    Berikut adalah metode yang Alhamdulillah telah kami buktikan sendiri dalam kurun waktu yang belum genap setahun ini:

    Mulailah menghafal dari Juz 30 atau juz 29 atau juz 28, setelah itu silahkan mulai dari Juz 1 dan seterusnya.
    Gunakan Mushaf Al Qur'an Huffadzh, yakni Al Qur'an cetakan standard international, di mana setiap juz-nya rata-rata terdiri dari +/- 10 lembar (20 halaman; di mana setiap halaman maksimal terdiri dari 15 baris), usahakan istiqamah dengan satu mushaf, tapi bukanlah alasan untuk tidak menghafal ketika suatu ketika antum lupa membawa mushaf antum, tetaplah menghafal meski dengan mushaf yang berbeda, ini hanya untuk lebih memudahkan antum dengan sebuah kebiasaan.
    Persiapkan diri dengan mengatur 5 waktu khusus untuk menghafal dalam sehari, dan kami sangat menyarankan bahwa waktu tersebut adalah setiap antum selesai menunaikan shalat fardhu.
    Setiap waktu tersebut, hafalkanlah 1 baris, jika hal tersebut masih terlalu berat bagi antum maka cukup hafal setengah baris saja setiap selesai shalat fadhu, dan jika setengah baris ini masih memberatkan bagi antum, maka 'afwan karena kami hanya mampu menyarankan kepada antum PERBANYAKLAH ISTIGHFAR...!!! (Ikhwan dan Akhwan sekalian, dengan menghafal 1 baris setiap selesai shalat fardhu, berarti insyaa Allah

    ReplyDelete
  94. 1.learnt
    3.mean
    4.without
    6.beside
    7.blessed
    9.strength
    11.pages
    12.mess
    14.trust
    15.afraid
    16.truth
    17.call
    18.lift
    20.feel

    ReplyDelete
  95. 1. mencontek (C-G)= cheating
    2. menyediakan(P-G)=providing
    3. mengganggu(D-S)=disrupts
    4. beralasan(R-E)=reasonable
    5. tidak diketahui(U-D)=unnoticed
    6. memiliki(O-N)=own
    7. membolehkan(A-D)=allowed
    8. lebih murah(C-R)=cheaper
    9. alat(D-E)=device
    10.sering(I-Y)= intentionally

    ReplyDelete
  96. 6.Tidak bertanggung jawab(IY)=Irresponsibly
    11.Membolehkan(AD)=Allowed
    16.Tugas(AT)=Assignment
    19.Sering(IY)=Intentionaly

    ReplyDelete
  97. lunas
    Mungkinm mendengar berita tentang bom sarinah kemarin adalah hal ayng mengejutkna bagi sebagian orang, dan mungkin membuat takut abgi sebagian orang di Jakarta. Pasalnya kejadian itu terjadi di pusat kota jakarta yang merupakan salah satu pusat keeramaian warga jakarta. Kejadian yang sempat membuat gemppar itu kini sudah berhasil di kuasai sepenuhnya oleh etuga yang berwenang. Patut diapresiasi memang akan kegesitan dan kecekatan para petugas yang disiagakan. Kabarnya kejaian itu memakan beberapa korban baik dari penduduk jakarta ataupun dari pelaku sendiri. Kejadian di pos polisi sarinah itu sempat membuat saya tercengang, karena menurut berita yang beredar salah satu pelakunya adalah orang pekalongan. Tempat saya tinggal sekarang ini.

    ReplyDelete
  98. lunas
    Home»Umum»Senjata Pemusnah Massal yang Paling Mematikan
    Senjata Pemusnah Massal yang Paling Mematikan
    by endra | category Umum
    Jika berbicara mengenai senjata pemusnah massal, kita pasti sudah mengenal akan senjata nuklir, biologi maupun kimia. Karena pada saat ini senjata yang bisa memakan jutaan orang yang terbunuh tersebut justru dianggap sebagai senjata yang konvensional. Bom cluster, napalm, dan depleted uranium ( DU ), serta juga ranjau darat justru banyak di kenal pada saat ini. Karena untuk pembuatan senjata tersebut tidak di butuhkan biaya yang sangat banyak, sehingga banyak kaum militer yang menggunakannya di saat perang terjadi.
    Hal tersebut bukan karena hanya biaya murah saja, akan tetapi efek dari kerusakannya pun juga hebat. Selain itu dari waktu ke waktu, senjata ini ternyata semakin berkembang dan tentunya memiliki efek yang lebih hebat daripada sebelumnya. Bahkan beberapa dari senjata tersebut dilarang digunakan oleh PBB. Dan berikut adalah senjata pemusnah massal yang kontroversial tersebut.

    ReplyDelete
  99. 11 Kekuatan Dunia Pemilik Bom Nuklir Pemusnah Massal
    By Elin Yunita Kristanti
    on 02 Sep 2014 at 20:12 WIB
    12Shares
    /
    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Email
    • Copy Link
    Obama dan Putin (Reuters)
    30
    Liputan6.com, Jakarta - Nuklir masih dianggap tabu meski sejumlah negara berlomba-lomba mempercanggih sistem persenjataan mereka. Bagaimana tidak, sekali digunakan, bom nuklir bisa meluluhlantakkan sebuah kota, mencabut nyawa jutaan orang, dan dampaknya bahkan bisa dirasakan beberapa generasi mendatang.

    Senjata nuklir baru digunakan 2 kali sepanjang sejarah. Di Hiroshima dan Nagasaki, di penghujung Perang Dunia II pada 1945. Kala itu daya ledak bom nuklir yang dijatuhkan di dua kota di Jepang itu sebesar 20 kilo (ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega (jutaan) ton TNT.

    Saking mengerikannya efek bom nuklir, pemimpin dunia secara kolektif bersumpah untuk tidak pernah menggunakannya lagi. Namun, pekan ini potensi ancaman kembali muncul. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, dunia sebaiknya tak 'mengganggu' Rusia.

    "Saya mengingatkan bahwa Rusia adalah salah satu negara nuklir terkemuka," kata dia di depan pemuda pro-Kremlin di sebuah danau di luar kota Moskow, seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au, Selasa (2/9/2014).

    Pernyataan Putin dikeluarkan menyusul aksi agresif Rusia pada Ukraina, yang dianggap serius oleh pemimpin Barat. Tak hanya memberlakukan sanksi keras, para anggota NATO bahkan menyiapkan pasukan "ujung tombak" berkekuatan 4.000 tentara yang dapat dengan cepat dikerahkan ke wilayah konflik. Perang besar dikhawatirkan meletus.

    ReplyDelete
  100. 60
    Diperkirakan, ada 22 ribu senjata nuklir di dunia. Demikian menurut UN Office for Disarmament Affairs. Namun, itu baru sebatas perkiraan, tak bisa diverifikasi. Sebab, mayoritas negara menutup rapat-rapat program nuklir mereka.

    Negara mana saja yang punya senjata nuklir?

    1. Amerika Serikat

    Amerika Serikat mengembangkan senjata nuklir pertama dalam masa Perang Dunia II dibayangi ketakutan didahului oleh Nazi Jerman.

    AS adalah satu-satunya negara di muka Bumi yang pernah memakai senjata nuklirnya. Di Jepang pada 1945. Pengadaan senjata nuklir Negeri Paman Sam memuncak pada 1967, yakni 31.255 hulu ledak Namun jumlah tersebut sudah jauh berkurang.

    Pada September 2013, menurut Nuclear Threat Initiative (NTI) -- organisasi non-profit yang berupaya mengurangi penyebaran senjata nuklir -- jumlah hulu ledak milik AS menjadi 4.804 buah.

    Meski demikian, masih ada 'ribuan' yang belum dibongkar atau dinonaktifkan dan sekitar 200 senjata disimpan di Belgia, Italia, Jerman, Belanda, dan Turki.

    2. Rusia

    Federation of American Scientists menyebut, ada ketidakpastian tentang situs-situs nuklir Rusia.

    Namun, NTI memperkirakan, negara yang mewarisi nuklir dari Uni Soviet itu memiliki 1.512 hulu ledak strategis yang bisa langsung dikerahkan -- dari total 8.500 sampai 10.000 hulu ledak. Sementara 3.000 lainnya dalam proses penonaktifan.

    3. China

    Tiongkok menutup rapat-rapat soal senjata nuklirnya, meski diduga bahkan menggunakan fasilitas penyimpanan bawah tanah untuk menyembunyikan senjata pemusnah massal itu. Diperkirakan negara tersebut memiliki 250 hulu ledak yang disimpan di 12 lokasi. Demikian menurut Federation of American Scientists.

    4. Prancis

    Prancis punya 290 hulu ledak, yang diduga disimpan di 6 lokasi di negara tersebut. Menguji coba senjata nuklirnya pertama kali pada 1960, serta bom hidrogen pada 1968.

    5. Inggris

    Inggris punya kurang dari 225 hulu ledak nuklir, yang semuanya dapat diluncurkan melalui laut.

    ReplyDelete
  101. 68
    Britania Raya melakukan uji coba senjata nuklir pertamanya ("Hurricane") pada 1952, dengan data yang sebagian besar didapat dari hasil kerja sama dengan Amerika Serikat dalam Proyek Manhattan. Motivasi utamanya adalah agar dapat melawan Uni Soviet secara independen.

    Di luar yang dianggap sebagai "negara dengan senjata nuklir", sebuah status yang diberikan oleh Perjanjian Nonproliferasi Nuklir (Nuclear Non-Proliferation Treaty atau NPT) -- sejumlah negara juga dilaporkan menyimpan nuklir. Apa saja?
    Selanjutnya: Israel Versus Iran ...
    11 Kekuatan Dunia Pemilik Bom Nuklir Pemusnah Massal

    ReplyDelete
  102. lunas
    9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbesar
    69 Komentar
    Share:
    Amelia | Nov 15, 2011 | Kategori Sains dan Teknologi
    Pengembangan senjata Nuklir ini dimulai sejak perang dunia ke Dua, yang akhirnya telah menghancurkan Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945. Hingga sekarang beberapa negara masih berlomba – lomba untuk mengembangkan nuklir.
    Dua negara yang sejak dulu telah saling berlomba – lomba untuk mengembangkannya adalah Rusia dan Amerika serikat.
    Semoga saja tidak ada orang – orang yang berusaha menyulut perang dunia. Karena jika terjadi perang, Anda pasti bisa bayangkan bagaiamana dasyatnya perang itu. Berikut ini daftar 9 Negara yang paling banyak memiliki BOM Nuklir di dunia.
    1. Amerika Serikat ( United States Of America)
    Test Pertama 1945
    Ukuran Persediaan Nuklir 5.113
    Test Nuklir Terakhir 1992
    Amerika telah melakukan total 1.054 kali percobaan nuklir dan memiliki jangkauan Bom sejauh 13.000 KM. Test nuklir US yang pertama kali,”Trinity”, tahun 1945 merupakan ledakan bom nuklir pertama kali di dunia. Yang kemudian seorang Ilmuwan yang sangat terkenal, Albert Einstein mengusulkan pada Presiden Amerika Franklin Rosevelt untuk membuat senjata bom nuklir. Hingga akhirnya digunakan untuk melumpuhkan Jepang saat itu, dengan menjatuhkan “little boy” di kota Hiroshima dan Nagasaki, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.
    Saat ini Amerika memiliki 20 pusat pengembangan nuklir. Walaupun demikian, Amerika pernah melakukan beberapa kesalahan pada saat melakukan percobaan bom nuklirnya, antara lain di kota Atlantic, New Jersey pada tahun 1957, di daerah Thule Air Base, Greenland pada 1968, Savannah, Georgia pada 1958, Goldsboro, North Carolina pada 1961, di perairan dekat Palomares, Spanyol pada 1966 dan di dekat Okinawa pada 1965. Untungnya tidak ada yang benar – benar menyebabkan bencana nuklir yang parah.
    2. Russia
    Test Pertama 1949
    Ukuran Persediaan Nuklir 2,825, Rekor Stok terbanyak mencapai: 41,000
    Test Nuklir Terakhir 1992
    Russia menjadi negara kedua yang meledakan bom nuklir di dunia, yaitu pada tahun 1949. Pada tahun 1990 Russia melakukan sedikitnya 715 test nuklir termasuk juga penggunaan 969 peralatan nuklir. “Joe-1” adalah nama dari ledakan pertama nuklir Rusia. Ledakan ini berkekuatan hingga 20 Kilo Ton.

    ReplyDelete